SISTEM AIR CONDITIONING (AC) MOBIL

(Kode MK PTM323)
Jurusan Program Studi SKS / Semester Standar Kompetensi : : : : Teknik Mesin Pendidikan Teknik Mesin 2/5 Menguasai sistem Air Conditioning (AC) Mobil yang meliputi komponen AC, Cara kerja, diagnosa kerusan dan perbaikan, perawatan pada sistem AC konvensional dan higth tech. : 16 x 2 x 50 menit

Alokasi Waktu

SISTEM REFRIGERASI THERMO-ELECTRO .SISTEM PENYEMPROTAN UAP 4.SISTEM KOMPRESOR 2.SISTEM PENYERAPAN 3.SISTEM PENDINGINAN MACAM SISTEM PENDINGINAN PADA AC MOBIL TERDIRI DARI: 1.

Refregerant yang masuk ke dalam evaporator menguap dan mengambil panas laten dari udara yang dihembuskan oleh blower motor ke ruang mobil melalui celah antara fin-fin dan pipa-pipa evaporator. diexpansi oleh expansion valve dan refrigerant yang menjadi kabut (gas) di dalam evaporator. Gas refrigerant akan menjadi cair di dalam kondensor. .SISTEM KOMPRESOR ‡ Refrigerant yang berwujud gas dialirkan ke kondensor dengan bantuan kompresor.

Gas refrigerant yang keluar dari evaporator diserap didalam alat penyerapan dan berubah menjadi cairan. tanpa tekanan kompresor. timbul gas refrigerant yang tinggi tekanan dan suhunya.SISTEM PENYERAPAN ‡ Sistem ini meningkatkan tekanan gas refrigerant dengan cara memanaskan refrigerant. . Cairan larutan ini disalurkan ke alat penguapan dengan pompa. Bila alat penguapan yang diisi obat penyerap yang mengandung bahan refrigerant dipanaskan. Gas ini mengalir menurut saluran yang sama dengan system kompresor. kemudian menghasilkan gas refrigerant yang tekanannya tinggi.

SISTEM PENYEMPROTAN UAP ‡ Dengan alat penguapan yang dipanaskan menghasilkan uap refrigerant yang tinggi suhu dan tekananya. Uap refrigerant yang dihasilkan dari alat penguapan tersebut disemprotkan di dalam injector dan uap refrigerant yang ditiupkan dengan penyemprotan tersebut disalurkan ke klep ekspansi untuk mengalirkan refrigerant yang sudah berubah menjadi cairan ke dalam evaporator .

sedangkan pada sebelah lain dari tempat sambungan tersebut terjadi penyerapan panas ke udara. ‡ Sifat elektro demikian dimanfaatkan dalam system refrigerasi thermo-elecro. pada sebuah tempat penyambungan kedua logam terjadi penyerapan panas dari uadara sekitarnya. . Bila kita mengalirkan strom listrik DC ke saluran tersebut.SISTEM REFRIGERASI THERMO-ELECTRO ‡ Dua jenis logam yang berlainan kandungan zat masing-masing dibuat saluran arus listrik.

PENDINGINAN DENGAN SYSTEM KOMPRESOR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful