Print Soal: Kami ingin mengetahui dengan jelas bagaiman seorang muslim memandang orang non muslim.

Bagaimana ia bergaul dengan mereka, sesuai dengan ajaran Islam?

Jawab: Al-Hamdulillah. 1. Islam adalah agama rahmat dan agama keadilan. 2. Kaum muslimin diperintahkan untuk mendakwahi kalangan non muslimin dengan cara yang bijaksana, melalui nasihat dan diskusi dengan cara yang terbaik. Allah berfirman: "Janganlah engkau berdebat dengan Ahli Kitab melainkan dengan cara yang terbaik, kecuali orang-orang yang zhalim di antara mereka.." 3. Allah hanya menerima Islam sebagai agama. Allah berfirman: "Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS.Ali Imraan : 85) 4. Kaum muslimin harus memberi kesempatan kepada orang-orang kafir untuk mendengar Kalamullah. Allah berfirman: "Dan jika seseorang dari orang-orang musyirikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.." (QS.At-Taubah : 6) 5. Kaum muslimin harus membedakan antara masing-masing orang-orang kafir dalam pergaulan; membiarkan saja, orang-orang itu yang tidak perduli dengan kaum muslimin, memerangi di antara orang-orang itu yang memerangi mereka, mengenyahkan di antara orang-orang kafir itu yang sengaja menghalangi tersebarnya dakwah Islam dan berlakunya hukum Islam di muka bumi. 6. Sikap kaum muslimin terhadap non muslim dalam soal cinta kasih dan kebencian hati, didasari oleh sikap mereka terhadap Allah. Orang yang beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan Allah dengan segala sesuatu, akan dihidupkan oleh Allah. Tetapi karena orang-orang kafir itu tidak beriman kepada Allah dan menyekutukan-Nya dengan sesuatu, menyimpang dari agama Allah dan membenci kebenaran, maka kaum muslimin juga harus membenci mereka. 7. Kebencian hati bukan berarti bersikap menzhalimi, dalam kondisi apapun. Karena Allah

berfirman kepada Nabi-Nya tentang sikap yang wajib terhadap Ahli Kitab: "Aku diperintahkan untuk berbuat adil di antara kalian; Allah adalah Rabb kami dan Rabb kalian, bagi kami amalan kami dan bagi kalian amalan kalian.." Rasulullah adalah muslim, sementara mereka adalah orang-orang Yahudi dan Nashrani. 8. Kaum muslimin harus berkeyakinan, bahwa dalam kondisi bagaimanapun seorang muslim tidak boleh bersikap zhalim kepada non muslim. Sehingga tidak boleh menganiaya mereka, menakut-nakuti mereka, tidak boleh menggertak mereka, tidak boleh mencuri harta mereka, tidak boleh mencopetnya, tidak boleh bersikap curang terhadap hak mereka, tidak boleh mengkhianati amanah mereka, tidak boleh tidak membayar upah mereka, membayar mereka harga barang jualan mereka kalau kita membelinya dari mereka, memberi untung dalam usaha patungan dengan mereka. Firman Allah: "dan aku diperintahkan supaya berlaku adil di antara kamu.Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu.Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah kembali (kita)". (QS.Asy-Syuraa : 15) 9. Kaum muslimin harus berkeyakinan bahwa seorang muslim harus menghormati perjanjian yang dilakukan antara dirinya dengan orang non muslim. Kalau ia sudah setuju dengan persyaratan yang mereka ajukan misalnya untuk masuk negeri mereka dengan visa, dan ia sudah berjanji untuk menaati perjanjian tersebut, maka ia tidak boleh merusaknya, tidak boleh berkhianat atau memanipulasi, membunuh atau melakukan perbuatan merusak lainnya. Demikian seterusnya. 10. Kaum muslimin harus berkeyakinan bahwa kalangan orang-orang kafir yang memerangi mereka, mengeluarkan mereka dari negeri mereka dan menolong orang-orang itu memerangi kaum muslimin, darahnya halal bagi kaum muslimin. 11. Kaum muslimin harus berkeyakinan bahwa seorang muslim boleh berbuat baik kepada orang non muslim dalam suasana damai, dengan bantuan finansial, memberi makan mereka yang kelaparan, memberi pinjaman bagi mereka yang membutuhkan, menolong mereka dalam perkara-perkara yang mubah, berlemah-lembut dalam tutur kata, membalas ucapan selamat mereka (seperti selamat belajar), dan lain sebagainya. Allah berfirman: "Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil." (QS. Al-Mumtahanah : 8) 12. Kaum muslimin hendaknya tidak menahan diri untuk bekerjasama dengan kalangan non muslim dalam menegakkan kebenaran, memberantas kebatilan, menolong orang yang dizhalimi, memberantas segala bahaya terhadap kemanusiaan seperti perang memberantas kotoran, memperoleh barang bukti dan memberantas penyakit-penyakit menular dan lain-lain.

13. bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Ilah selain Allah. warisan. pernikahan. tidak menyekutukan Allah dengan segala sesuatu. " Barangsiapa yang mengira bahwa Islam itu sama saja dengan agama-agama lain. Sehingga tidak mungkin disamaratakan antara orang yang beriman kepada Allah semata. Allah berfirman: "Maka apakah orang yang beriman seperti orang yang fasik (kafir) Mereka tidak sama. kaum muslimin tidak boleh mengijinkan kalangan non muslim untuk menyebarkan para dai atau misionaris mereka. (QS. Para ulama membuka pintu dialog dengan kalangan non musliom. dengan orang yang kafir kepada Allah saja. atau membangun gereja-gereja di negeri-negeri Islam. masuk kota Mekkah dan lain-lain.Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka:"Saksikanlah. Sebagai penutup. Kaum muslimin harus berkeyakinan bahwa kalangan non muslim yang memiliki agama samawi dan non samawi semuanya tidaklah benar. bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)". Kaum muslimin diperintahkan untuk berdakwah mengajak ke jalan Allah di seluruh negerinegeri Islam dan di negeri-negeri lain. 15. dan mengirimkan para dai ke tengah masyarakat non muslim. serta mengajak berdialog dengan para pemimpin mereka untuk masuk ke dalam agama Allah. marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu. serta bersedia menjelaskan kebenaran kepada mereka. tentulah itu lebih baik bagi mereka. Mereka juga memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan saling bertukar pandangan dengan orang-orang kafir. Semua hukum tersebut dijelaskan dalam buku-buku fikih Islam. 14. dan dengan orang yang kafir kepada Allah dan menyekutukan-Nya dengan sesuatu.. lalu berpaling dari agama Allah yang benar." (QS. Mereka harus menyampaikan kebenaran kepada semua orang. mendirikan masjid-masjid di berbagai penjuru dunia. perwalian dalam nikah. maka ia keliru besar.Ali Imraan : 64) Demikian juga firman Allah: "Sekiranya Ahli Kitab beriman. bila si pembunuh tidak diqishah). seperti diyat (ganti rugi untuk pihak keluarga terbunuh. Oleh sebab itu. Allah berfirman: "Katakanlah:"Hai Ahli Kitab. Kesemuanya itu didasari oleh perintah-perintah dari Allah dan Rasul-Nya Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Kaum muslimin harus meyakini bahwa ada perbedaan antara muslim dengan non muslim dalam beberapa ketentuan hukum.Ali Imran : 110) .

"Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan. Namun jika yang mengucapkan salam tersebut orang Islam. Laki-laki memberi salam kepada wantia dan wanita jangan memberi salam kepada laki-laki. maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik. atau minimal sama. Ath-Thabrani) 11. dan bila berpisah maka berpisahlah dengan ucapan istighfar. Firman Allah.Ayat 86) 6. Ad-Dainuri dan Tirmidzi) 2. Seorang tamu yang masuk ke rumah suatu kaum hendaklah duduk di tempat yang ditunjuk kaum itu sebab mereka lebih mengenal tempat-tempat aurat rumah mereka. Ad-Dainuri) 4. Ibnu Hibban) 3. "Kami disuruh oleh Rasulullah Saw agar jawaban kami tidak lebih daripada "wa'alaikum". maka kita harus membalasnya dengan ucapan yang lebih baik. Menyendiri lebih baik daripada berkawan dengan yang buruk. atau balaslah (dengan yang serupa). Apabila seorang bertamu lalu minta ijin (mengetuk pintu atau memanggil-manggil) sampai tiga kali dan tidak ditemui (tidak dibukakan pintu) maka hendaklah ia pulang. Apabila seorang datang langsung berbicara sebelum memberi salam maka janganlah dijawab. Lakukanlah ziarah dengan jarang-jarang agar lebih menambah kemesraan. Apabila berkumpul tiga orang janganlah yang dua orang berbisik-bisik (bicara rahasia) dan meninggalkan orang yang ketiga (karena hal tersebut akan menimbulkan kesedihan dan perasaan tidak enak baginya).Hadits tentang pergaulan muslim dan nonmuslim 1. (HR. (HR. (HR. Bukhari) 10. dan kawan bergaul yang sholeh lebih baik daripada menyendiri. Apabila dua orang muslim saling berjumpa lalu berjabatan tangan dan mengucap "Alhamdulillah" dan beristighfar maka Allah 'Azza Wajalla mengampuni mereka. Ath-Thahawi) 5. (HR. (HR. (HR." (Surat 4. AN NISAA' ." artinya: "Dan juga bagimu". Ad-Dainuri). Penjelasan: Yakni ketika orang non muslim (Yahudi. dan lain-lain) memberi salam kepada seorang muslim maka jawabannya tidak boleh lebih dari: "Wa'alaikum. Apabila kamu saling berjumpa maka saling mengucap salam dan bersalam-salaman. (HR. Berbincang-bincang yang baik lebih baik daripada . Abu Dawud) 7. (Mashabih Assunnah) 8. (HR. (HR. Bukhari) 9. Senyummu ke wajah saudaramu adalah sodaqoh. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. Nasrani. Sahabat Anas Ra berkata.

(HR." Mereka bertanya. maka hendaklah kamu berhati-hati dalam memilih kawan pendamping. maka peliharalah kelangsungannya.berdiam dan berdiam adalah lebih baik daripada berbicara (ngobrol) yang buruk. Al Hakim) 12. (HR. saling menyadarkan (menasihati) satu sama lain. Muslim) 21. tidak menzaliminya dan tidak mengecewakannya (membiarkannya menderita) dan tidak merusaknya (kehormatan dan nama baiknya). Barangsiapa mengintip-intip rumah suatu kaum tanpa ijin mereka maka sah bagi mereka untuk mencolok matanya. "Kalau memang harus duduk-duduk maka berilah jalanan haknya. Ad-Dailami) 14. yaitu berzikir kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi. (HR. (HR. Janganlah kamu duduk-duduk di tepian jalan. Seorang mukmin yang bergaul dan sabar terhadap gangguan orang. Amal perbuatan yang paling disukai Allah sesudah yang fardhu (wajib) ialah memasukkan kesenangan ke dalam hati seorang muslim. "Apa haknya jalanan itu. Para sahabat berkata. (HR. Apabila melihat aib padanya dia segera memperbaikinya. Bukhari) 18. lebih besar pahalanya dari yang tidak bergaul dengan manusia dan tidak sabar dalam menghadapi gangguan mereka. kami memerlukan duduk-duduk untuk berbincang-bincang. menjawab ucapan salam (dari orang yang lewat). (HR. Rasulullah Saw menerima pemberian hadiah dan mendoakan ganjaran atas pemberian hadiah . Seseorang adalah sejalan dan sealiran dengan kawan akrabnya. dan menyantuni saudarasaudaranya (yang memerlukan). Ahmad dan Tirmidzi) 15." Rasulullah kemudian berkata. (HR. Ad-Dailami) 19. ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab. AlBaihaqi) 24. (HR. (HR. "Memalingkan pandangan (bila wanita lewat). Termasuk sunnah bila kamu menghantar pulang tamu sampai ke pintu rumahmu. Ath-Thabrani) 22. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kelestarian atas keakraban kawan lama. Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. "Ya Rasulullah. Rasulullah Saw melarang mendatangi undangan orang-orang fasik. Muslim) 17. (HR. Tiga perbuatan yang termasuk sangat baik. Ath-Thabrani) 16." (Mutafaq'alaih) 23. Ahmad) 13. Ar-Rabii') 20. dan beramar ma'ruf nahi mungkar. (HR. (HR. Jibril Alaihissalam yang aku cintai menyuruhku agar selalu bersikap lunak (toleran dan mengalah) terhadap orang lain. menghindari gangguan.

Tirmidzi dan dan Ahmad) 27. (HR. (HR. Tiada beriman seorang dari kamu sehingga dia mencintai segala sesuatu bagi saudaranya sebagaimana yang dia cintai bagi dirinya. Ahmad) 35. (HR. Seorang pemuda yang menghormati orang tua karena memandang usianya yang lanjut maka Allah mentakdirkan baginya pada usia lanjut orang akan menghormatinya. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah menghormati tamunya. Jiwa-jiwa manusia ibarat pasukan. (HR. Jangan menolak hadiah dan jangan memukul kaum muslimin. Bukhari) 34. niscaya Allah akan menyelamatkannya dan akan menimpakan (musibah) kepadamu. (HR. Belalah (tolonglah) kawanmu baik dia zalim maupun dizalimi. (HR. (HR. Muslim) 33. Ahmad) 26. (HR. Sesungguhnya itu adalah rezeki yang disalurkan Allah untuknya. Bukhari) 36. Bukhari) 25. Hindarkan dirimu dari orang yang menzalimi kamu (Artinya. Hubungilah orang yang memutus hubungannya dengan kamu dan berilah (sesuatu) kepada orang yang enggan memberimu. Kewajiban menjamu tamu hanya satu hari satu malam. jangan menghiraukan orang yang menzalimi kamu). Hendaknya kamu saling memberi hadiah. Aththusi dan Tirmidzi) . Apabila kawan muslim seseorang digunjing dan dia tidak menyanggah (membelanya) padahal sebenarnya dia mampu membelanya maka Allah akan merendahkannya di dunia dan di akhirat. (HR. Tidak halal bagi si tamu tinggal lebih lama sehingga menyulitkan tuan rumah. cegahlah dia dari perbuatannya dan bila dia dizalimi upayakanlah agar dia dimenangkan (dibela). Apabila dia zalim. Abu Dawud) 37. Barangsiapa membela (nama baik dan kehormatan) saudaranya tanpa kehadirannya maka Allah akan membelanya di dunia dan di akhirat. Bila saling mengenal menjadi rukun dan bila tidak saling mengenal timbul perselisihan. Jangan menunjukkan kegembiraan atas penderitaan saudaramu. Barangsiapa tidak memperhatikan (mempedulikan) urusan kaum muslimin maka dia bukan termasuk dari mereka. Al-Baihaqi) 31. Masa bertamu adalah tiga hari dan sesudah itu termasuk sedekah. (HR. Barangsiapa menerima kebaikan (pemberian) dari kawannya (saudaranya) tanpa diminta hendaklah diterima dan jangan dikembalikan. Tirmidzi) 28. (HR. Al Baghowi dan Ibnu Babawih) 32. Sesungguhnya pemberian hadiah itu dapat melenyapkan kedengkian. Al Hakim) 30.tersebut. Al-Baihaqi) 29. (HR. (HR. (HR.

Barangsiapa meniru-niru tingkah laku suatu kaum maka dia tergolong dari mereka. (HR. Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling cinta kasih dan belas kasih seperti satu tubuh. (HR. Tidak boleh ada gangguan (akibat yang merugikan dan menyedihkan) dan tidak boleh ada paksaan. kecuali dengan ketakwaannya. Tidak akan masuk surga orang yang suka mencuri berita (suka mendengar-dengar berita rahasia orang lain). (HR. Ahmad dan Abu Dawud) 44. hindarilah wajah. (HR. Muslim) 46. Bukhari) . Cukup jahat orang yang menghina saudaranya. kamu akan mencium keharumannya. kamu akan terkena asapnya. Apabila kepala mengeluh (pusing) maka seluruh tubuh tidak bisa tidur dan demam. (HR. (HR. Wahai segenap manusia. Tidak halal bagi seorang muslim menjauhi (memutuskan hubungan) dengan saudaranya melebihi tiga malam. Malik) 41. Hendaklah mereka bertemu untuk berdialog mengemukakan isi hati dan yang terbaik ialah yang pertama memberi salam (menyapa). Bukhari) 43. Apakah aku sudah menyampaikan hal ini? (HR. Muslim) 42.38. Bukhari) 45. (HR. (HR. Apabila kamu memukul. Bila dia tidak memberimu minyak wangi. Sedangkan kawan pendamping yang buruk ibarat tukang pandai besi. Bila kamu tidak terjilat apinya. Tidak ada kelebihan bagi seorang Arab atas orang Ajam (bukan Arab) dan bagi seorang yang bukan Arab atas orang Arab dan yang (berkulit) merah atas yang hitam dan yang hitam atas yang merah. Mashabih Assunnah) 39. Kawan pendamping yang sholeh ibarat penjual minyak wangi. Ahmad) 40. sesungguhnya Robbmu satu dan bapakmu satu.

" (HR. anak yatim dan orang yang ditawan. pada hari yang tidak ada perlindungan. Karena itu beliau Shalallaahu alaihi wasalam mengingatkan agar kita cermat dalam memilih teman. muslim maupun non muslim. bila ia seorang yang buruk akhlaknya dan suka melanggar ajaran agama. 'Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini akan Aku lindungi mereka dalam lindungan-Ku. sehingga disebut sebagai makhluk sosial. teman adalah personifikasi diri. jabatan atau sejenisnya. ³Yang dimaksud dengan jangan memakan makananmu. Karena itu. lebihlebih berteman dengan orang-orang kafir dan munafik. orang merasa senang dengan banyak teman. pandangan. kecuali dengan orang mukmin. maka persahabatan pun putus. Manusia memang tidak bisa hidup sendiri. Bila ia seorang yang shalih. kita harus menjauhinya." (QS. Orang yang semacam inilah yang kelak pada Hari Kiamat akan mendapat janji Allah. selain untuk mendapatkan ridha Allah." (HR. Allah berfirman. kecuali orang yang bertakwa adalah dengan cara mengundang mereka dalam suatu jamuan makan. jual beli dan sebagainya. Tetapi itu bukan berarti. materi. Memilih Teman Yang Baik Teman memiliki pengaruh yang besar sekali. Sebab jamuan makan bisa melahirkan rasa kasih sayang dan cinta di antara yang hadir´. di mana kita boleh bermuamalah dengan siapa saja. Ahmad dan Tirmidzi). maka hukumnya masuk dalam hukum mua-malah. Makna hadits di atas adalah seseorang akan berbicara dan ber-perilaku seperti kebiasaan kawannya. kecuali per-lindungan-Ku. Bila keuntungan tersebut telah sirna. Islam memberi batasan-batasan yang jelas dalam soal pertemanan. Dan yang ditawan bisa saja adalah orang-orang kafir. "Jangan berteman. Persahabatan yang dijalin untuk saling mendapatkan keuntungan duniawi sifatnya sangat sementara. artinya. Sebaliknya. Muslim) . tidak ada tujuan apa pun dalam persahabatan mereka. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya. dan jangan memakan makan-anmu kecuali orang yang bertakwa. Khathabi berkata. Adapun makanan yang memang dibutuhkan oleh mereka. ia boleh kita temani. Manusia selalu memilih teman yang mirip dengannya dalam hobi. Cinta Karena Allah Persahabatan yang paling agung adalah persahabatan yang dijalin di jalan Allah dan karena Allah. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. Sebab. "Seseorang itu tergantung agama temannya. seseorang boleh semaunya bergaul dengan sembarang orang menurut selera nafsunya." (HR. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. pemikiran. Ahmad dihasankan oleh al-Albani) Termasuk dalam larangan di atas adalah berteman dengan pelaku dosa-dosa besar dan ahli maksiat. Al-Insan: 8). "Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin. kecenderungan. bukan untuk mendapatkan manfaat dunia. Berbeda dengan persahabatan yang dijalin karena Allah. Demikian juga dalam pergaulan yang sifatnya umum seperti bertetang-ga. Rasulullah bersabda.Secara umum. maka tidak apa-apa diberikan. Kita harus kenali kualitas beragama dan akhlak kawan kita. "Sesungguhnya Allah pada Hari Kiamat berseru.

" (HR. al-Bukhari). "Ada seorang laki-laki di sisi Nabi Shalallaahu alaihi wasalam. ³Ya Rasulullah. Maka Nabi Shalallaahu alaihi wasalam bertanya ³Apakah engkau telah memberitahukan kepadanya?´ ³Belum´. dihasankan oleh Al-Albani). meskipun bertentangan dengan keinginan teman. niscaya kalian saling mencintai dan hilang (dari kalian) kebencian. . Termasuk di dalamnya adalah amar ma'ruf nahi mungkar. ³Maka bangkit dan beritahukanlah padanya. 'Ke mana anda hendak pergi? Saya akan mengunjungi teman saya di desa ini'. Tiba-tiba ada sahabat lain yang berlalu. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. Imam Malik). Laki-laki tersebut lalu berkata." Ungkapkan Cinta Karena Allah Anas Radhiallaahu anhu meriwayatkan.´ Lalu ia bangkit dan memberitahukan. Adakah sesuatu yang mengotori kecintaan tersebut dari berbagai kepentingan duniawi? Lemah Lembut. menjelaskan kebenaran dan tidak menipu serta berbasa-basi dengan mereka dalam urusan agama Allah. "Sesungguhnya saya ini adalah utusan Allah kepadamu (untuk menyampaikan) bahwasanya Allah telah mencintaimu sebagaimana engkau telah mencintai temanmu karena Dia. Muslim dan Tirmidzi). Ahmad). "Wajib untuk mendapatkan kecintaan-Ku orang-orang yang saling mencintai karena Aku dan yang saling berkunjung karena Aku dan yang saling berkorban karena Aku. ³Semoga Allah mencintaimu. Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman. Saling Memberi Nasihat Dalam Islam. Lalu ditanyakan kepadanya. Dalam hadis lain riwayat Muslim disebutkan ³Bahwa Allah itu Maha Lemah-Lembut." (HR. Maka orang yang bertanya ini mengaku.´ Maka orang ini berkata. selain bahwa saya mencintainya karena Allah Azza wa Jalla'. Bermuka Manis dan Saling Memberi Hadiah Paling tidak. yang engkau mencintaiku karena-Nya." (HR. juga tidak diberikan kepada selainnya. "Dahulu ada seorang laki-laki yang berkunjung kepada saudara (temannya) di desa lain. Ahmad. "Jangan sepelekan kebaikan sekecil apapun. jawab laki-laki itu. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam hadits Abu Hurairah Radhiallaahu anhu . prinsip menolong teman adalah bukan berdasar permintaan dan keinginan hawa nafsu teman." (HR. Saling memberi hadiah lah kalian. jawabnya. diceritakan. sungguh saya mencintai orang itu (karena Allah)´. ³Sungguh saya mencintai anda karena Allah. meski hanya dengan menjum-pai saudaramu dengan wajah berseri-seri. Dalam sebuah hadis riwayat Aisyah Radhiallaahu anha disebutkan." (HR. niscaya akan mengokohkan kasih sayang di antara kalian. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda.Dari Mu'adz bin Jabalzia berkata. jawabnya. ³Aku mendengar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. Ia memberikan kepada kelembutan sesuatu yang tidak diberikan-Nya kepada kekerasan. 'Adakah suatu kenikmatan yang anda harap darinya?' 'Tidak ada. bahwasanya "Allah mencintai kelemah-lembutan dalam segala sesuatu. senang kepada kelembut-an. Nabi bersabda. niscaya akan hilang kedengkian. "Saling berjabat tanganlah kalian. saat bertemu dengan teman hendaknya kita selalu dalam keadaan wajah berseri-seri dan menyungging senyum." Termasuk yang membantu langgengnya cinta dan kasih sayang adalah saling memberi hadiah di antara sesama teman. Hal yang harus diperhatikan oleh orang yang saling mencintai karena Allah adalah untuk terus melakukan evaluasi diri dari waktu ke waktu. Tetapi prinsip menolong teman adalah keinginan untuk menunjukkan dan memberi kebaikan.

mereka akan menjadi saudara yang saling mengasihi dan saling membantu. dan persaudaraan itu tetap akan berlanjut hingga di negeri Akhirat. karena buruk sangka adalah pembicaraan yang paling dusta´ (HR. "Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orangorang yang bertakwa. Menjaga Rahasia Setiap orang punya rahasia. rahasia itu disampaikan kepada teman terdekat atau yang dipercayainya. Al-Bukhari). atau berbasa-basi dengan mereka atas nama persahabatan. supaya mereka tidak lari dan meninggalkan kita. Teman dan saudara sejati adalah teman yang bisa menjaga rahasia temannya. Bila manfaat duniawi sudah tidak diperoleh biasanya mereka dengan sendirinya berpisah bahkan mungkin saling bermusuhan. Amin.ku. Biasa-nya. Persahabatan yang dijalin karena kepentingan duniawi tidak mungkin bisa langgeng. Anas Radhiallaahu anhu berkata. Al-Albani berkata ³hasan´) Karena itu Nabi Shalallaahu alaihi wasalam mengajarkan agar kita berdo¶a dengan: "Dan lucutilah kedengkian dalam hati. juga tidak iri dan dengki kepada orang lain. tidak ditafsirkan negatif. Yang dimaksud dengan berburuk sangka di sini adalah dugaan yang tanpa dasar. baik yang menyenangkan maupun yang menjengkelkan. HR." (HR. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. anugerahilah kami hati yang bisa mencintai teman-teman kami hanya karena mengharap keridhaan-Mu. Orang yang membeberkan rahasia temannya adalah seorang pengkhianat terhadap amanat. Abu Daud. Saya tidak menceritakan tentang rahasia itu kepada seorang pun setelah beliau (wafat). artinya. sedang orang yang fajir (tukang maksiat) adalah orang yang bersiasat untuk kejahatan dan buruk akhlaknya. tetapi aku tidak memberitahukannya." (QS. Allah berfirman. Al-Albani berkata 'shahih') Termasuk bumbu pergaulan dan persaudaraan adalah berbaik sangka kepada sesama teman. Berlapang Dada dan Berbaik Sangka Salah satu sifat utama penebar kedamaian dan perekat ikatan persaudaraan adalah lapang dada. "Seorang mukmin itu tidak punya siasat untuk kejahatan dan selalu (berakhlak) mulia. Nabi Shalallaahu alaihi wasalam bersabda. Berkhia-nat terhadap amanat adalah termasuk salah satu sifat orang munafik. Ummu Sulaim pernah menanyakannya. (Ibnu Umar) . Az-Zukhruf: 67) Ya Allah.Bukhari dan Muslim). Berbeda dengan persahabatan yang dijalin karena Allah.Adapun mengikuti kemauan teman yang keliru dengan alasan solidaritas." (HR. Tirmidzi. Orang yang berlapang dada adalah orang yang pandai memahami berbagai keadaan dan sikap orang lain. yaitu selalu berfikir positif dan memaknai setiap sikap dan ucapan orang lain dengan persepsi dan gambaran yang baik. ³Jauhilah oleh kalian berburuk sangka." (HR. Ia tidak membalas kejahatan dan kezhaliman dengan kejahatan dan kezhaliman yang sejenis. Anas Radhiallaahu anhu pernah diberi tahu tentang suatu rahasia oleh Nabi Shalallaahu alaihi wasalam. " Nabi Shalallaahu alaihi wasalam merahasiakan kepadaku suatu rahasia. maka yang demikian ini bukanlah tuntunan Islam.

Yaitu kaum kafir yang tidak memerangi Islam dan umat Islam. Maka Islam tidak membatasi pergaulan hanya dengan sesama muslim. Barangsiapa membunuh jiwa orang kafir yang terikat perjanjian ia tidak akan mencium bau sorga. dalam bergaul dengan orang non-muslim tidak boleh menumbuhkan rasa cinta kepada mereka. Hanya saja memang dalam pergaulan ini ada beberapa catatan. damai kepada siapa saja. kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. dan janganlah memakan makananmu kecuali orang yang bertaqwa (HR Abu Dawud) Jangan berkawan kecuali dengan mukmin di dalam hadis di atas maknanya adalah berkawan hingga saling mempercayai sepenuh hati dan tumbuh rasa saling mencintai. Pertama. bersabda. non-Islam yang dipergauli adalah non-Islam yang bukan kafir harbi.Apa pandangan Islam tentang adanya persahabatan antara muslim dengan non-muslim? (Rani 3 ipa) Jawab. Janganlah berkawan kecuali dengan orang mukmin. dari Nabi saw. Janganlah orang-orang mu¶min mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orangorang mu¶min. Dari Abdullah bin Amr. niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah. Islam mengizinkan umatnya bergaul dengan non-muslim. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. tidak mengusir kaum muslimin dari tanah air mereka Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. (al-Mumtahanah:8) : . Firman Allah [2 : 8 ]. Islam adalah agama damai. Kedua. Di antara konsekuensi tauhid adalah mencintai Allah dan pengikut agama Tauhid serta membenci berhala dan penyembah-penyembahnya.(Ali Imran:28) Sabda Rasulullah saw Dari Abu Sa¶id. dari Nabi saw bersabda. Barang siapa berbuat demikian. meskipun bau sorga dapat dirasakan dari jarak perjalanan 40 tahun (HR al-Bukhari) .

dan sikap baik. hubungilah ibumu´ (HR Muslim) . aku kedatangan ibuku sedangkan dia ingin bertemu denganku. ´Ya. Aku tanyakan. Aku kedatangan ibuku sedangkan dia masih musyrik di masa kaum Quraisy menjalin perjanjian dengan kaum muslimin. seperti shilaturrahmi. Jika mereka kerabat maka mereka berhak diperlakukan sebagai kerabat. ´WahaiRasulullah. Jika mereka tetangga maka mereka pun berhak diperlakkan sebagai tetangga seperti menghormati dan seterusnya.Kepada mereka yang tidak memerangi islam dan tidak mengusir dari tanah air itu berhak dipergauli sejauh hak-hak mereka. : : :« » Dari Asma¶ binti Abu Bakar. ia bertanya. Salah satu sikap bentuk pergaulan dengan non muslim yang dicontohkan oleh Rasulullah saw diriwayatkan di dalam hadis berikut. Lalu aku bertanya kepada Nabi saw. apakah aku boleh menyambung hubungn dengan ibuku? Beliau menjawab. saling memberi hadiah.

tidak jarang. Sebuah ideologi dan cara pandang yang muncul dari asas sekulerisme (memisahkan agama dari kehidupan dunia). Ide HAM adalah salah satu topik yang seringkali pula digunakan oleh mereka yang menolak penerapan syariah. Kata-kata diatas adalah sebuah pernyataan yang seringkali digunakan individu-individu ataupun sekelompok gerakan tertentu untuk menolak. ³Syariah akan memecah belah kesatuan dalam hidup antar agama´. HAM atau yang identik dengan kebebasan individu tidaklah pernah menggunakan kaidah-kaidah Islam.Islam dan Non-Muslim ³Syariah cuma milik umat Islam´. Sehingga tak aneh. Kebebasan Kepemilikan 4. Dengan berargumen bahwa syariah akan memojokkan dan men-diskreditkan non muslim dari kancah kehidupan bermasyarakat. ³Syariah hanya akan membuat non-muslim terzalimi dan terasing´. Kebebasan Beragama 2. atau paling tidak ³meragukan´ Islam untuk diterapkan. pernyataan ini juga seringkali terlontar dari mulut seorang muslim yang semestinya tidak pada tempatnya ia meragukan apalagi menolak aturan Islam untuk diterapkan. Setidaknya ada 4 buah ide dasar dalam HAM : 1. Mirisnya lagi. mereka tetap bersikukuh menolak Islam dengan argumen-argumen di atas. KONTRADIKSI HAM DAN OMONG KOSONG DEMOKRASI Ide HAM adalah sebuah pemikiran yang lahir dari ideologi kapitalisme dan anak cucunya : demokrasi. ³Syariah akan mengadu domba antara muslim dengan non-muslim´. baik halal atau haram dalam konteks kebebasan yang digunakannya. meski solusi yang ditawarkan Islam untuk mengatasi masalah negeri ini sungguh sangat sangat menjanjikan. Kebebasan Berekspresi atau Bertingkah-laku Jika mau lebih jernih dan objektif dalam menilai tentang HAM. HAM selalu menjadi senjata utama yang mereka gunakan untuk menyerang Islam dan penerapannya. Kebebasan Berpendapat 3. anda akan menemukan bahwa ide ini sesungguhnya adalah ide yang rancu. Akibatnya. tidak punya standar atau patokan dalam menilai .

kebenaran dan selalu condong mendis-kreditkan salah satu pihak dan menjadi alat pembenaran bagi pihak yang lain. Lalu jika yang dimaksud adalah definisi kedua. Dan lebih penting lagi. . Artinya. Palestina? Dimana suara HAM mereka atas tindak penindasan yang terjadi pada minoritas muslim di China? Kebohongan HAM atas kebebasan untuk menjalankan ajaran agama masing-masing semakin terlihat di bagian bumi yang lain. Saya pernah membaca sebuah fakta yang cukup unik tentang kebebasan beragama dalam kacamata HAM. maka dimanakah kebebasan beragama yang dimaksud bagi ummat Islam ! Ketika ummat Islam diperintahkan Tuhannya untuk berhukum dengan Al-Qur-an. ketika ummat Islam diperintahkan Tuhannya untuk mengatur ekonomi dengan Syariah.. Tapi apa suara mereka terhadap ummat Islam yang ajarannya telah dihinakan. tidak dibenarkan untuk eksis. Bahkan kedok atas apa itu HAM semakin terbuka jika kita mau menilik kasus Ahmadiyah yang terjadi beberapa waktu silam. dsb. Inilah HAM. Afganistan. Sebab. dapat disimpulkan. Bahkan di negara liberal sekalipun. Apakah yang dimaksud kebebasan beragama dalam HAM adalah ´setiap manusia bebas untuk MEMELUK AGAMA APAPUN BAHKAN TIDAK BERAGAMA ?´ ataukah yang dimaksud kebebasan beragama adalah ´Si pemeluk agama BEBAS menjalankan apapun ajaran agamanya?´ Jika yang dimaksud adalah definisi pertama. dilarang bahkan diancam akan ditangkap. semua memilik batasan-batasan serta ajaran apa saja yang diakui boleh ada di negaranya. hanya ada 5 agama + Konghucu yang dibenarkan untuk eksis. Perancis. Misal Amerika. Ingat bagaimana para pejuang dan aktivis HAM yang berkoar-koar membela dan memperjuangkan paham Ahmadiyah? dengan alasan : HAM. ketika ummat Islam diperintahkan Tuhannya untuk mengatur sistem pergaulan dengan Islam. Di Indonesia juga begitu. muslimah yang ingin menutup aurat dengan sempurna. poin pertama : Yakni kebebasan beragama. nyatanya beragama tetaplah punya batasan. definisi pertama ini telah nyata tereliminasi sebagai definisi kebebasan beragama dalam HAM. tidak sedikitpun definisi itu ada untuk ummat Islam. anda akan menemukan bahwa ide ini semata-mata dirancang dan ditanamkan dalam benak kaum muslim hanya untuk menjauhkan mereka dari ajaran agamanya yang haq ! Ambil contoh. mereka adalah kaum minoritas yang terzalimi dan harus dilindungi. Sungguh sebuah ide yang tidak memiliki konsep dan pandangan yang jelas. Ia hanya sebuah alat yang ditanamkan oleh kaum liberal agar ummat Islam jauh dari ajaran agamanya yang sesungguhnya. negara yang sangat mengagung-agungkan HAM. HAM hanyalah sebuah ide yang penuh ketidak konsisten-an. dilecehkan bahkan dikotori oleh tindakan Ahmadiyah? Apa pembelaan mereka terhadap pembantaian yang terjadi pada ummat Islam di Iraq. mereka bebas untuk beragama. yakni ´Si pemeluk agama BEBAS menjalankan apapun ajaran agamanya´. sebuah sekte yang mengajak pengikutnya untuk bunuh diri beramai-ramai. Tidak bebas sama sekali. Dengan alasan. memakai jilbab dan menutup aurat mengganggu ketertiban umum ! Akhirnya. Pakistan. toh nyatanya di setiap negara penganut HAM.

Tidak ada paksaan bagi mereka untuk memasuki agama Islam. sebab itulah syarat agar mereka memperoleh perlindungan dan hal-hal yang di tulis di atas. minuman. serta masih banyak lagi. Warga non-muslim wajib membayar jizyah dan taat pada hukum Islam yang berlaku pada kehidupan umum. berikut beberapa gambarannya : 1. *** . maupun pakaian. Islam dengan Syariah-Nya memiliki suatu konsep. hak pelayanan kesehatan. 2. Misal. 4. semua warga negara wajib tunduk pada aturan Islam. Karena di dalam kehidupan umum selain konteks ibadah. Warga non-muslim akan mendapat hak serta kewajiban yang sama dengan kaum muslim dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Namun mereka tidak dilarang untuk berpartisipasi. Allah berfirman : ³hingga mereka menyerahkan jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk´ (TQS. hak dalam mendapat pelayanan dan fasilitas. maka ia telah melanggar perlindungan Allah²yakni mengkhianati perjanjian²dan dia tidak akan mencium baunya syurga. 6. Non-muslim juga akan memperoleh perlindungan serta keadilan hukum yang sama dengan warga muslim. Non-muslim dibiarkan untuk tetap berpegang pada agamanya jika mereka mau. Warga non-muslim tidak wajib ikut berjihad sebagaimana warga muslim. Dalam hal makanan.´ 3. pendidikan. MUSLIM MAUPUN NONMUSLIM Sangat bertolak belakang dengan konsep demokrasi dengan HAM-nya yang sangat inkonsistensi dan pada akhirnya hanya men-diskreditkan Islam bahkan meminoritaskan ummat Islam (padahal jumlahnya mayoritas). mereka dipersilakan untuk tetap mengikuti ajarannya dengan berpatokan pada apa saja yang diperbolehkan syariah. Hak untuk mendapat penghidupan yang layak. 5. meskipun bau syurga dapat tercium dari jarak sejauh perjalanan yang lamanya 40 musim gugur. dilarang berjualan minuman keras pada umum. Tidak ada keistimewaan bagi individu-individu di depan hukum. Serta beribadah sesuai ajaran agamanya masing-masing. tatanan serta standar yang jelas tentang perlakuan terhadap non-muslim yang berstatus warga negara daulah Islam. Darah mereka sama dengan darah muslim yang wajib dilindungi dan haram ditumpahkan. Hal ini bahkan ditegaskan Rasulullah dalam sabda beliau : ³Barangsiapa membunuh seseorang (kafir) yang sedang terikat perjanjian (mu¶aahadah) yang telah mendapat perlindungan dari Allah dan Rasul-Nya. ataupun wanitanya berpakaian membuka aurat di hadapan umum. dan bersedia tunduk pada hukum yang berlaku. At-Taubah [9]: 29) Ayat ini mengandung arti bahwa non-muslim akan memperoleh hak mereka jika mereka membayar jizyah dan taat pada hukum Islam yang berlaku.ISLAM : RAHMAT UNTUK SELURUH MANUSIA.

Bahkan mereka menolak untuk keluar dari wilayah khilafah serta turut membela khilafah ketika warga muslim turun berjihad.. suku maupun agama. selain Islam? Sungguh sebuah hal yang sangat tidak wajar jika seorang muslim justru lebih memilih untuk menjunjung tinggi dan memperjuangkan ide HAM dan demokrasinya yang telah terbukti tidak memiliki sebuah konsep dan standar kebenaran yang jelas. Ideologi mana yang bisa ¶Me-manusiakan´ manusia. Yang hal itu sangat kontras dengan perlakuan sistem kehidupan selain Islam. Wajarlah ratusan tahun silam. ketika Islam mengatur dunia. ´Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad) melainkan sebagai rahmat bagi sekalian alam´ [Al-Anbiya : 107] . Kini telah terbukti. kaum yahudi yang tak memiliki tempat tinggal dan akhirnya menetap dalam daulah Khilafah. selain Islam? Ideologi mana yang mampu menjaga keharmonisan dan kerukunan hidup antar-agama selama lebih dari 1000 tahun. dengan menggunakan alasan ini sebagai argumen. sangatlah mengada-ngada mereka yang menolak Islam.Inilah gambaran umum bagaimana Islam akan memuliakan seluruh warganya termasuk nonmuslim. Dan sungguh sebuah pernyataan yang tiada punya dasar bahkan bukti jika Islam dikatakan sebagai pemecah belah dan hal yang harus ditakuti. sangat merasa ´dimanusiakan´. Inilah Islam. Sebab Islam adalah rahmat bagi seluruh ummat manusia. selain Islam? Ideologi mana yang mampu menyatukan berbagai macam manusia dari berbagai latar belakang.

SH. Kemudian kegiatan ini terus berlanjutk di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan yang dibimbing oleh KH. Dengan berbekal niat baik dan memenuhi panggailan agama maka yayasan BISMILLAH yang memiliki kepanjangan Bina Insan Muallaf Menuju Hidayah diresmikan di Notaris Negara Niniek Rustinawati Wibisono. maka tercetus ide untuk membentuk komunitas pembinaan muallaf ini yang diawali di Bandung dengan berkumpulnya beberapa muallaf pada 30 Mei 2010 dan kemudian berlanjut dengan mengadakan pembinaan rutin untuk muallaf ditiap minggunya di bawah bimbingan Ustadzah Athia Tsafitri. MA.1. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya zakat-zakat itu. Ideologis Al Qur¶an y 60. bahkan adakalanya bagi sebagian masyarakat atau ras tertentu menerima ajaran dan memeluk agama Islam adalah sangat tabu. banyak sekali masyarakat non Muslim yang secara tidak langsung tersentuh oleh akhlak atau ajaran Islam. hanyalah untuk orang-orang fakir. Para mu'allaf yang dibujuk hatinya. orangorang miskin. oleh karenanya upaya untuk mewujudkannya adalah suatu keniscayaan. sehingga tentulah sangat sulit bagi mereka untuk bisa lebih lagi memahami hidayah yang mereka terima. Perkantoran Mitra Matraman blok A-2 No Jl Raya Matraman No 148 Jakarta Timur pada tanggal 10 Agustus 2010 A. harta.SWT. sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah.perhatian dan bimbingan untuk menjadi muslim yang kuat dan kaaffah. LC. Mereka para calon Muallaf dan Muallaf ini memerlukan bantuan . Landasan-landasan 1. pengurus-pengurus zakat. ( QS. Untuk mereka kalangan non Muslim sangatlah tidak mungkin mereka bisa langsung menyadari bahwa itu adalah sentuhan hidayah Allah. Namun ada juga sebagian dari mereka dengan yakin dan mantap menyatakan untuk memeluk agama Islam meskipun ada penolakan dan pertentangan dari lingkungan nya bahkan orang-orang terdekat mereka. Hamzah Hasan. hal ini bisa terjadi disebabkan pergaulan sehari hari dengan orang terdekat yang Muslim. At-Taubah:60 ) . Terdorong dengan gambaran nyata diatas. orang-orang yang berhutang. Latar Belakang Di luar pengetahuan kita. sehingga diambil suatu kesimpulan kegiatan ini harus memiliki legalisasi hukum guna menghindari fitnah sehubungan dengan menjamurnya aliran sesat di tanah air. Mkn. Agenda tersebut terus berlangsung. keluarga mereka dengan resiko kehilangan kehidupan mereka yang sebelumnya berkecukupan harta dan kasih sayang yang ditukarnya dengan kehidupan yang terkucil dan masa depan yang seakan suram.SWT. LC. lingkungan yang mayoritas Muslim atau juga kebenaran ajaran Islam yang dapat diterima dengan logika bahkan dari mimpi. karena mereka belum mengenal Allah.Tidak sedikit dari mereka yang rela meninggalkan pekerjaan. untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan. untuk (memerdekakan) budak.

Bukhari) Atsar Shahabah Kebenaran yang tidak teratur dan terencana akan dikalahkan oleh kebathilan yang terencana dan rapi (Imam Ali bin Abi Thalib Radhiallâhu 'anhu). UUD 45 Pasal 28E : Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat. Dari Abi Musa bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : Mukmin satu bagi mukmin lainnya ibarat bangunan yang saling menguatkan satu sama lainnya dan beliau merapatkan jemarinya (HR. Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan tunduk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. berkumpul dan mengeluarkan pendapat UUD 45 Pasal 29: 1. 1. Negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Bukhari).y 4. As-Shaff : 4 ) As-Sunah Telah disampaikan kepada kami dari Musa bin Ismail yang telah disampaikan oleh Wuhaib yang telah disampaikan oleh Amru bin Yahya dari Abbad bin Tamim dari Abbullah bin Zaid bin Ashim berkata : ketika Allah mengkaruniakan kepada rasulnya harta rampasan dalam perang hunain beliau membagikannya ( harta tersebut) kepada para mualaf dan tidak membagikannya kepada kaum anshar sama sekali ( HR. . ( QS. Landasan Konstitutional.

. karena Allah Swt telah menjadikan manusia sebagai khalifah yang mempunyai tanggung jawab kolektif dan menyeluruh untuk membangun bumi ini. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa . . Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain. dan memberikan perlindungan keamanan bagi kaum musyrik atau non muslim. tapi juga melengkapinya dengan kasih sayang. bangsa. dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. . bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri. ( qs : Al Hujuraat : 13 ) Islam adalah agama universal yang ajarannya ditujukan bagi umat manusia secara menyeluruh.. suku. Hai manusia. Karena manusia pada dasarnya berasal dari asal yang satu dan sama. . sehingga mereka benar-benar merasa aman.. . ( qs : An Nisa : 1 ) Islam mendorong para pengikutnya agar bersikap tolerasi dengan pengikut agama dan bersikap positif terhadap sosial dan budaya.? . . dan dari padanya Allah menciptakan isterinya. pekerjaan. . . Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. perhatian. Tidak hanya pula sekedar membimbing mereka kepada kebenaran dan menemukan arti kebaikan serta kebenaran. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. juga meletakan pilar-pilar perdamaian yang diiringi dengan himbauan kepada umat manusia agar hidup dalam suasana persaudaraan dan toleransi tanpa memandang perbedaan ras. Inti ajarannya selain memerintahkan pada penegakan keadilan dan eliminasi kezaliman. menampung. Apakah ada prinsipprinsip lain yang lebih baik atau lebih manusiawi atau lebih adil dari prinsip toleransi yang ditetapkan dan di ajarkan Islam ini. dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. baik secara moril maupun materil..Muslim Dalam Pergaulan kambing relegi HUBUNGAN MUSLIM DAN NON DALAM PERSFEKTIF ISLAM . dan agama.. dan perlindungan. Kita sebagai umat Islam tidak hanya sekedar diminta memberi rasa kedamaian.bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Hai sekalian manusia. .

agama. toleransi. Imigran Eropa ke Amerika di masa lalu yang berupaya mengeleminir penduduk setempat atau suku Indian dengan pembantaian masal. termasuk konflik keagamaan di berbagai negara seperti di Israel dan Palestina. Nilai-nilai Qur ani inilah yang direkomendasikan Islam sebagai landasan utama bagi hubungan kemanusiaan yang berlatar belakang perbedaan ras. juga merubah konflik ekonomi dan ideologi sebagai konflik budaya. Hubungan tidak harmonis antara muslim dengan kelompok non muslim telah melahirkan sejumlah salah pengertian. suku bangsa. budaya. ( qs : Al Hajj : 17 ) . Ia selain mengkonfrontasikan kebudayaan barat dengan kebudayaan lain. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu. Karena nilai-nilai Qur ani diatas terkait dengan hubungan muslim dengan non muslim. Prinsip hubungan muslim dengan orang lain dijelaskan Allah Swt dalam Al Qur an dan melalui Utusan Nya Nabi Muhammad Saw. ( qs : Huud : 61 ) Samuel P. Dari sini terlihat urgensi topik prinsip hubungan muslim dan non muslim dalam Islam untuk menjelaskan petunjuk Allah Swt dan Utusan Nya Nabi Muhammad Saw tentang hal tersebut. sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Ini disebabkan pencambur adukkan antara Islam sebagai agama yang berdasar Al Qur an dan Hadist dengan aksi segelintir orang Islam yang ekstrim dan tidak bertanggung jawab. orang-orang Yahudi. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya). dimana konflik mendatang sangat terkait dengan konflik budaya ini. mengandung ajaran membunuh orang secara membabi buta dan merupakan ancaman bagi keberlangsungan kebudayaan sosial budaya modren. Sesungguhnya orang-orang yang beriman. kemerdekaan. Hal yang sama juga dilakukan di Australia. keadilan. tapi akan mencakup sejumlah agama dengan segala bentuk kepercayaan dan bebagai variasi ritualnya. dan persaudaraan kemanusiaan. dan bangsa. Tentu saja maksudnya tidak mengarah pada suatu kelompok agama saja.Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. orang-orang Majusi dan orang-orang musyrik. sehingga timbul opini yang keliru dan pernyataan yang berisi provokatif dan penyebar sikap kebencian dan permusuhan terhadap Islam. dimana harus terjalin atas dasar nilai persamaan. orang-orang Shaabi-iin. suku. karena itu mohonlah ampunan-Nya. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya. bahasa dan budaya. Huntington dalam teori Clash Civilization menghimbau konflik antar suku bangsa dan negara. Islam dituduh sebagai agama teroris. tentu timbul pertanyaan apa yang dimaksud dengan non muslim dalam pandangan dan persfektif Islam. sembahlah Allah. Allah akan memberi keputusan di antara mereka pada hari kiamat. Shaleh berkata : Hai kaumku. yaitu orang yang tidak menganut agama Islamn atau di luar Islam. orang-orang Nasrani. kemudian bertobatlah kepadaNya. Arti Non-muslim sangat sederhana. pembantaian juga dilakukan bagi bangsa lain yang berbeda ras dengan imigran. ras. . Bagaimana para sabahat Nabi dan umat Islam dari masa ke masa menerapkan prinsip dan nilai Ilahi dalam menciptakan kehidupan yang damai di tengah-tengah masyarakat yang berbeda agama. .

Pertama. yang bahagia dan yang celaka dan seterusnya. Al-Majus. atau bawahan. yang disebut Al-Dahriyah. Hak non muslim lainnya adalah kehidupan yang layak di hari tua dan merupakan fardu kifayah bagi umat Islam. tidak obahnya seperti gigi. semua harus dianggap sama dan terjamin kehormatan. adalah para penyembah api yang mempercayai bahwa jagat raya dikontrol oleh dua sosok Tuhan. Hadist diatas secara tegas menyatakan bahwa di depan kebenaran dan hukum. Menurut mereka alam ini eksis dengan sendirinya. Jihad. Kelebihan seseorang hanya dilihat dari sejauh mana konsistensinya terhadap kebenaran serta sebesar apa antusiasnya untuk berbuat kebajikan dan menjauhi diri dari tindakan melanggar hukum. Kelompok non muslim ini disebut juga dengan Ahli Zimmah. dan muslim. yaitu kelompok yang mempercayai pengaruh planet terhadap alam semesta. Injil . Persamaan adalah prinsip mutlak dalam Islam dalam membina hubungan sesama manusia tanpa beda seperti ditegaskan Rasulullah Saw dalam hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik : " " (Asal usul) Manusia adalah sama. kejahatan dan kezaliman. dan kebebasannya. bila keduanya menjadi sirna. selama tidak terkait langsung dengan ajaran Islam seperti Imam . pengertian Ahli Kitab terbatas pada kaum Yahudi dan Nasrani. kelompok ini selain tidak mengakui bahwa dalam Alam semesta ini ada yang mengaturnya. Ash-Shabi ah. Menurut ajaran Islam siapa saja harus memperoleh keadilan. kelompok yang mengakui ketuhanan Allah Swt. matahari. tapi dalam ritual mempersekutukannya dengan yang lain seperti penyembahan berhala. Ahli Kitab. Stabilitas sosial dan masyarakat tidak akan tercapai. dalam hal ini terdapat dua pendapat ulama. Kelebihan seseorang hanya terletak pada ketaqwaannya kepada Allah Swt. dan sebagainya. Ketiga. Al-Musyrikun. dan lainnya. Kelima. . dan menduduki jabatan publik. Untuk itu merupakan suatu keharusan untuk memberlakukan keadilan kepada semua pihak tanpa melihat perbedaan strata status sosial. atasan. Tapi menurut Imam Syafii dan Hanbali. maupun jelata.Kelompok yang di kategorikan sebagai non muslim diantaranya : Pertama. Zabur. Kelompok ini agaknya identik dengan kaum atheis masa kini. karena manusia pada dasarnya adalah sama. mazhabi Hanafi berpendapat bahwa yang termasuk Ahli Kitab adalah orang yang menganut salah satu agama Samawi yang mempunyai kitab suci seperti Taurat. atau non muslim. Suhuf. juga menolak adanya Tuhan Pencipta. pembebasan bila ditawan musuh. harga diri. Persamaan dan keadilan itu ibarat dua sisi uang logam yang bila salah satu sisinya hilang. dan malaikat. Keempat. sisi yang lain tidak ada artinya. baik raja. yaitu Tuhan Cahaya dan Tuhan Gelap yang masing-masingnya bergerak kepada yang baik dan yang jahat. Kedua. yaitu komunitas Yahudi atau Nasrani yang berdomisili di wilayah umat Islam dan mendapat perlindungan pemerintah muslim.

Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik. maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Berbeda dengan Perancis. ( qs : Fushilat : 34-35 ) Bahkan Al Qur an tidak sekedar menghimbau umat Islam agar bersikap toleransi yang dianggap sebagai syarat mutlak bagi kehidupan yang damai. Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. tapi tidak untuk komunal. Implementasi nilai-nilai universitalitas itu berbeda dari suatu negara ke negara lain. tetapi meminta komitmen mereka agar bersikap adil. persamaan hak. Di Jerman dan Jepang misalnya. agaknya masih jauh panggang dari api. Secara individual semua warga negara mempunyai hak yang sama. juga menegaskan prinsip tolerasi yang tidak kalah pentingnya dengan prinsip persamaan dan keadilan. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. Negara ini menganut prinsip perbedaan mutlak antara kehidupan umum dan kehidupan pribadi. Islam selain menetapkan persamaan dan keadilan sebagai dasar utamanya. Seperti juga terjadi di sebagian negara Arab. Karena nilai-nilai lokal dan domistik yang telah terbentuk oleh lingkungan. tetapi harus menghormati budaya. kepercayaan. tidak diakui persamaan hak dalam masalah kewarga-negaraan dan terbatas bagi penduduk asli. tapi tetap tidak berhak menyandang kebangsaan Jerman. Bukan dalam arti dapat menerima orang lain saja. Meski migran Turki sudah tiga keturunan di sana. Ajaran toleransi ini sangat mendasar dalam Islam terutama bila terjadi perbedaan pendapat atau perselisihan atau konflik. . Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. ini sebagai salah satu contoh. dan agama. atau sesuai dengan simbolnya. . ( qs : Al Mumtahanah : 8 ) Hubungan tidak saja berkembang atas dasar prinsip keadilan dalam artian siapa saja harus memperoleh haknya. termasuk kelompok budaya. Sebagai contoh masalah persamaan hak berwarga-negara di masing-masing negara di barat tidak sama. Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. juga meningkat ke level al-ihsan atau memberi santunan. Al-Ihsan ini lebih tinggi nilainya dari perolehan hak. . Artinya negara ini tidak mengakui hak berkelompok.Kalau dilihat dari realita prinsip persamaan dan keadilan yang terjadi di negara barat yang dianggap sebagai simbol pembela HAM. Dalam konteks hubungan dengan non-Muslim. Tapi kapan dan apa penyebab terjadinya perselihan atau konflik . pandangan hidup dan budaya setempat terkadang masih menyelimuti nilai-nilai tersebut. dan distinksi peradabannya. dan keadilan masa kini. . . .

Bahkan untuk menghormati hubungan yang berdasarkan persaudaraan kemanusiaan dan prinsip tolerasi tadi. Antara lain adalah perjanjian-perjanjian yang dilakukan nabi Muhammad Saw dengan kabilah Tughlub yang isinya membiarkan mereka menganut agama sendiri di luar Islam. Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al Quran) sesuatu Kitab pun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu.? Dalam konteks menghadapi anggapan dan sikap kelompok non muslim. . perjanjian dengan masyarakat Nasrani di Najran dan Yahudi di beberapa kawasan sekitarnya yang intinya memberikan kebebasan beragama. menampung dan memberikan perlindungan keamanan bagi kaum musyrik. karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. bahkan ada sahabat Nabi tidak sependapat waktu itu.yang tidak jarang memunculkan sikap kebencian dan permusuhan terhadap lain dan bertentangan dengan prinsip toleransi. lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan. tapi juga melengkapinya dengan kasih sayang. Perjanjian yang hanya menguntungkan pihak musyrik. . benarbenar ragulah orang yang mengingkari (mu).. ( qs : Al Ankabuut : 48 ) Secara historis. dengan mencela ajaran agama. Allah Swt melarang umat Islam melukai perasaan non-muslim. ( qs : Al An am : 108 ) Kita sebagai umat Islam tidak hanya sekedar diminta memberi pekerjaan. Sikap toleransi luar biasa yang ditunjukkan Rasulullah terlihat ketika perjanjian Hudaibiyah yang antara lainnya berisi peryaratan kaum Quraiys yang sangat tidak fair. perhatian dan . terdapat sejumlah bukti sejarah yang menunjukkan bahwa Rasulullah Saw dan para sahabat menerapkan prinsip toleransi yang disebut Al Qur an tadi dalam hubungan dengan kelompok non muslim. Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah. meskipun animisme seperti yang dimaksud dalam Al Qur an. . Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka.. melaksanakan ritual peribadatan dan mendirikan gereja dan sebagainya. . Bila seorang muslim datang kepada Nabi tanpa seizin walinya atau yang berwenang harus dikembalikan. . Islam telah menggaris metode yang dipakai dalam menghadapi mereka seperti dijelaskan Allah Swt : . Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka. Tidak pula sekedar membimbing mereka kepada kebenaran dan menemukan arti kebaikan. diterima nabi Muhammad Saw. tidak dipermasalahkan dan tidak disuruh kembali. Termasuk juga perjanjian dengan kaum musyrik Makkah waktu itu yang pada dasarnya menunjukkan sikap tolerasi yang luar biasa. yaitu umat Islam yang datang kembali ke pangkuan Quraisy atau kembali kepada musyrik. andaikata (kamu pernah membaca dan menulis).

perlindungan dalam perjalanan... Apakah ada prinsip lain yang lebih baik atau lebih manusiawi atau lebih adil dari prinsip toleransi yang ditetapkan Islam ini...? . sehingga mereka benar-benar merasa aman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful