You are on page 1of 10

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI BENGKEL 21 MOTOR
JL.SUKARAJA I

PENGGANTIAN OLI

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mengikuti
Ujian Akhir Nasional Dan Ujian Akhir Sekolah
(UAN dan UAS)
T.P.2010/2011

Disusun Oleh

Nama : Medy Herianto
NIS : 5655/M/08
Tingkat : III
Bidang Keahlian : Teknik mesin
Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif

PEMERINTAH KABUPATEN PRINGSEWU
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI I
GADINGREJO

wb Puji syukur atas kehadirat ALLAH swt karma berkat rahmatnya saya dapat menyelesaikan tugas laporan ini dengan baik yang berjudul”CARA PENGANTIAN OLI”pada kendaraan sepeda motor.maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran agar saya dapat memperbaikinya. Guna melengkapi tugas di semester genap ini.KATA PENGANTAR Assalammualaikum wr. Saya mohon maaf apabila di dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan. Wassalammualaikum wr.Untuk itu saya ucapkan terima kasih.wb Penyusun Medy Herianto .semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

. . . . . . . . . . . . . . . . . .2 Akibat. . .4 2. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .ii Daftar Isi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1 I. . . . . . . . . . . .DAFTAR ISI Kata Pengantar. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .3 Metode Penelitian. . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .2 I. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .3 Cara pencegahan. . .3 2..2 BAB II PEMBAHASAN 2. . . . . . . . . .. . . . . . . .iii Abstrak. . . . . . . . . . . . .. .iv BAB I PENDAHULUAN I. . . . . . . . . . . .I Latar Belakang masalah. . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . .I Kesimpulan. . . . . . . .2 Tujuan Penelitian.I Cara Penggantian. . . . . . . . . . . . .4 BAB III PENUTUP 3. . .2 Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..5 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN BIODATA . . . . . . .5 3. . . . . . . . . . . .

. Metode yang digunakan adalah observasi atau praktek langsung. ABSTRAK Laporan ini yang berjudul “PENGANTIAN OLI” membahas tentang Masalah-masalah pengantian oli. serta bagaimana cara pemecahannya. Tujuan penulis laporan ini adalah untuk menjelaskan apa dan bagaimana cara penggantian oli.

BAB I PENDAHULUAN I.mempersiapkan peserta diklat untuk bekerja secara mandiri.I Latar Belakang Prakerin adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta diklat.sehingga peserta diklat mampu berinteraksi dan memiliki tanggung jawab yang tinggi.serta dampak bagi pihak industri mereka tidak mendapat tenaga kerja yang handal.Dampak lain yang dialami peserta diklat ialah tidak mempunyai pengalaman dalam bekerja. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menghasilkan tenega kerja yang professional. Apabila prakerin ini tidak dilakukan oleh peserta diklat maka maka secara otomatis mereka tidak dapat mengikuti UAN dan UAS. .karna prakerin merupakan salah satu syarat untuk mengikuti UAN dan UAS.

3 METODE PENELITIAN Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pemilik diharapkan dapat menggunakan cara sebagai berikut: *Cara Pemilihan Pada hal ini pengguna dituntut untuk memilih oli terbaik untuk kendaraan.I. *Menjelaskan akibatnya *Agar pengguna tidak salah dalam merawat kendaraan *Agas pengguna paham akan hal ini I. *Cara Pengecekan Pengguna diharapkan rutin untuk mengecek/mengontrol setiap bulannya.2 TUJUAN PENELITIAN Penelitian tentang penggantian oli diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengguna kendaraan.Khususnya pada kendaraan roda 2”SEPEDA MOTOR”. .

Biarkan oli yang ada dalam mesin kendaraan mengalir keluar pada Tempatnya. E. C.I Cara Penggantian A. Lalu tutup lubang bagian atas.Biarkan mesin kendaraan dalam keadaan dingin. .Lalu buka tutup oli atas menggunakan kunci/tang.Setelah itu bersihkan sisa-sisa oli dengan menggunakan kompresor. BAB II PEMBAHASAN 2. D.Jika sudah tutup lubang bagian bawah lalu masukan oli Baru.Lepaskan tutup oli bawah dengan menggunakan kunci”14/17”. B. F.

maka dengan cara ini kerusakan pada mesin dapat berkurang serta kendaraan bias bertahan lebih lama.Maka kekentalan oli yang berada didalam kendaraan akan habis/hilang.maka petaran mesin akan mudah panas saat kendaraan itu bekerja.misalkan dalam 1 bulan 4000km.2 Akibat/Efek Apabila oli dalam kendaraan tidak diganti pada waktu yang telah ditentukan. .2. 2.3 Cara Pencegahan Cara untuk mencegah hal tersebut :Pengguna diharapkan mengganti oli dengan waktu yang sudah ditentukan.

3.I Kesimpulan Setelah penulis menyelesaikan kegiatan pengolahan data. Secara keseluruhan dapat nyatakan baik jika didalam pengujian dapat berhasil maka laporan ini selain salah satu untuk mencapai kelulusan juga berperan untuk menjadi seorang tenaga kerja yang handal dan berguna. 2.2 Saran 1. . BAB III PENUTUP 3.Bagi semua siswa persiapkanlah dirimu sejak dini b.Penulis dapat menyimpulkan bahwa didalam memeriksa/meneliti.Untuk adik kelas a.Untuk Pihak Sekolah Lengkapi semua sarana penunjang praktek agar tidak mempersulit peserta prakerin saat menghadapi kegiatan ujian praktek.Perhatikan dan pahami semua pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru.

DAFTAR PUSTAKA Laporan ini dikutip dari hasil prakerin selama 3 bulan dan bimbingan dari bengkel. .