P. 1
Model – Model evaluasi kurikulum pwr point

Model – Model evaluasi kurikulum pwr point

|Views: 200|Likes:
Published by Dewi Mulyani

More info:

Published by: Dewi Mulyani on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2014

pdf

text

original

By.

Dewi Mulyani

1. Evaluasi Model Penelitian
Model evaluasi kurikulum yang menggunakan model penelitian yang didasarkan atas teori dan metode tes psikologis serta eksperimen lapangan

2 bentuk tes psikologis ;
1. Test Eligensi

mengukur kemampuan bawaan

2. Test hasil belajar

Mengukur prilaku skolastik

Eksperimen Lapangan
Merupakan metode yang biasa digunakan dalam berbagai macam kegiatan percobaaan dalam pendidikan. Pendekatan dalam evaluasi yang menggunakan eksperimen lapangan adalah mengadakan perbandingan antara 2 macam kelompok belajar.

2. Evaluasi Model Objektif ( Model Tujuan )
Perbedaan model objektif dengan model komperatif ( model perbandingan ) : 1. Dalam model obyektif, evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dari proses pengembangan kurikulum. 2. Kurikulum tidak dibandingkan dengan kurikulum lain tetapi diukur dengan seperangkat obyektif (tujuan khusus).

Ada Beberapa Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Oleh Tim Pengembang Model Objektif :
Kesepakatan Tentang Tujuan-Tujuan Kurikulum. 2. Merumuskan Tujuan-Tujuan Dalam Perbuatan Siswa. 3. Menyusun Materi Kurikulum Yang Sesuai Dengan Tujuan Tersebut. 4. Mengukur Kesesuaian Antara Perilaku Siswa Dengan Hasil Yang Diinginkan.
1. Ada

3. Model Campuran Multivariasi
Evaluasi Model perbandingan ( Comparative approach) dan Model evaluasi Tylor dan Bloom (Model Objektif) melahirkan evaluasi model campuran multivariasi, yaitu Strategi evaluasi yang menyatukan unsure unsure dari kedua pendekatan tersebut. Strategi yang memungkinkan pembandingan lebih dari satu kurikulum dan secara serempak keberhasilan tiap kurikulum diukur berdasarkan criteria khusus dari masingmasing kurikulum.

Langkah langkah Model multivariasi
Mencari Sekolah Yang Berminat Untuk Dievaluasi/Diteliti. 2. Pelaksanaan Program. 3. Tim Menyusun Tujuan Yang Meliputi Semua Tujuan Dari Pengajaran Umpamanya Dengan Metode Global Dan Metode Unsure Dapat Disiapkan Tes Tambahan. 4. Bila Semua Informasi Yang Diharapkan Telah Terkumpul, Maka Mulailah Pekerjaan Computer. 5. Tipe Analisis Dapat Juga Digunakan Untuk Mengukur Pengaruh Bersama Dan Beberapa Variable Yang Berbeda.
1.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->