PETEMUAN I

lmu Kimia a/: Ilmu yang mempelajari bagaimana benda atau materi yang ada di dalam alam raya ini dapat diubah dari bentuk yang ada dengan sifat tertentu menjadi bentuk yang lain dengan sifat-sifat yang berbeda. Misal : Minyak alami/mentah minyak bahan bakar Obat-oabatn Pestisida Biji jarak bahan bakar Sampah Pupuk Organik Air Sungai Air Mineral

Materi a/: Suatu Objek atau bahan yang membutuhkan ruang yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Massa : Massa: Hanya salah satu dari banyak sifat dari materi yang dapat dikenal dan dibedakan dengan yang lainnya. Atau Menunjukkan jumlah bahan dalam suatu objek. Definisi asli Kilogram (Kg) a/ massa dari 1000 (cm3) air pada 4oC dari tekanan atmosfer normal. Satuan pada ilmu kimia dipakai gram (gr). menunjukkan kekuatan gaya tarik bumi pada sutau objek dan berbanding langsung dengan massa. W = g.m (walaupun massa tetap (m) berat dapat beragam karena gaya grafitasi bumi berbeda).

Berat :

Sifat-Sifat Materi:
1.Sifat Fisis : Suatu keadaan yang dapat dilihat tanpa mengubah sifat kimia dari zat tersebut. Misal : - warna - kilap - kekerasan - titik leleh - berat jenis.

Pembusukkan kayu .Perubahan kertas . Kecenderungan dari suatu zat untuk mengalami perubahan kimia tertentu Misal : .2.Korosi .Sifat Kimia .

. bobot dan temperature. bentuk. panjang. Contoh : Zat ‡ Sifat Ekstrinsik : Sifat yang tidak khas dari zat itu sendiri. Contoh : ukuran.‡ Sifat Intrinsik : Kuliatas yang bersifat khas tak peduli bentuk dan ukuran.

Es mencair . Misal : .Perubahan Materi : Perubahan Fisis : Suatu proses perubahan suatu bahan tanpa merubah sifat dasar.Baja yang di roll .Air mendidih .

Perubahan kertas . Misal : . sehingga materi dirubah secara sempurna menjadi bahan yang berbeda.Korosi .Perubahan Kimia : Suatu proses perubahan yang tidak hanya perubahan fisis tetapi sifat dasarnya.Pembusukkan kayu . Perubahan kimiawi yang dialami suatu bahan ditentukan olah sifat kimianya.

energi listrik. Bentuk Energi:Energi Panas. energi kimia. energi potensial.Perubahan Energi : Energi suatu benda a/ : Kemampuan benda atau sistem untuk melakukan usaha. energi radiasi. . energi kinetik. dan energi nuklir.

Unsur Zat Senyawa Klasifikasi Materi Homogen Campuran Heterogen .

Penjelasan : Unsur : Zat yang paling sederhana yang tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana lagi oleh reaksi kimia biasa. Fungsinya sebagai zat pembvangun untuk semua zat yang kompleks. Pada saat ini ada 108 unsur. .

Unsur yang memiliki huruf awal yang sama lambang dibedakan dengan menambahkan 1 huruf yang kecil Misal : Karbon . .Aturan Penulisan Lambang Unsur Berdasarkan aturan John Jacob Barzelius penulisan lambang unsur mempunyai aturan sebagai berikut: 1. Setiap atom dilambangkan dengan 1 huruf besar. 2.Carbonium (C) Kalsium Calsium (Ca) Ferro Besi (Fe) Fluor Fluor (F) Dst. yaitu huruf awal dari nama latin unsur.

Senyawa a/: Gabungan unsur-unsur. 1 g Hidrogen dan 8 gram Oksigen . komposisi tetap Misal : Air / H2O H2O terdiri dari Hidrogen dan Oksigen dimanapun sampel air akan mempunyai perbandingan yang tetap yaitu.

Misal : Minyak dalam air Air kopi dst . ‡ Campuran Homogen : Satu fasa (larutan) fasa (mempunyai sifat dan komposisi sama) Misal : Sirup Gula Garam ‡ Campuran Heterogen : Mempunyai lebih dari 2 fasa.Campuran a/: Gabungan 2 atau lebih senyawa.

Hukum-hukum mengenai Materi: ‡ Hukum Pelestarian Massa: Massa tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan dalam perubahan materi apa saja. .

10-19 coul  Jumlahnya terlihat pada nomor atom unsur misal : 11 Na = jumlah elektronnya 11 . Elektron  Merupakan partikel yang paling sederhana  Bermuatan negatif massa = 0.11 .PERTEMUAN 1 DAN 2 ‡ STRUKTUR ATOM Atom al: Partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi (diuraikan) Partikel Dasar Atom : 1.00055 sma berat = 9.

Proton  Bermuatan positif massa : 1.0087 sma  Jumlahnya merupakan hasil selisih massa dan nomor atom misal : 11 Na23 = Neutron 23 .00728 sma berat : 1873 kali berat elektron  Kekuatan (+) tergantung jumlah elektron pada unsur misal : 11 Na = muatan positifnya 11 3.2. Neutron  Muatan = nol. massa = 1.11 = 12 .

Isotop Suatu deret unsur yang memiliki nomor atom yang sama. nomor massa berbeda misal : 6 C13 . 6 C15 dst . 6 C14 .4.

‡ Penemuan Elektron .

.

.

‡ Eksperimen pertama yang menunjukkan adanya electron dilakukan seorang ahli fisika bangsa inggris yang bernama J. Ketika dua pelat elektroda tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan tinggi. Sinar katoda tidak terlihat oleh mata.J. . dari elektroda negative (katoda) menjalar sinar menuju elektroda positif (anoda). ‡ Sinar katoda dibelokkan oleh muatan medan magnet kearah kutub positif (Gambar 2) dan tarik menarik kearah kutub negative (Gambar 3). Sinar yang keluar dari katoda itu disebut sinar katoda dan tabung vakum tadi dinamakan tabung sinar katoda. Thomson sekitar tahun 1900. Fakta ini menjadi landasan bagi Thomson untuk menyimpulkan bahwa sinar katoda sebagai sebagai arus partikel yang bermuatan negative. tetapi keberadaannya dapat diketahui karena mampu memendarkan ZnS yang terdapat pada kaca dinding tabung sinar katoda (Gambar 1). Ia mengamati dua pelat elektroda dalam tabung vakum. yang dinamakan electron.

Penemuan Proton

Sinar terusan merupakan sinar bermuatan positif (yang berasal dari atom gas bermuatan positif).

‡ Setelah mencetuskan sinar katoda, di tahun 1886 Eugene Goldstein mengisyaratkan adanya muatan positif dalam atom. Ia menggunakan tabung sinar katoda dimana plat katoda telah di lubangi. Sewaktu sinar katoda merambat menuju anoda, ia mengamati adanya sinar lain yang bergerak dengan arah berlawanan melewati lubang pada plat katoda. Oleh karena arahnya berlawanan, maka sinar tersebut haruslah tersusun dari partikel-partikel bermutan positif.

‡ Sewaktu sinar katoda bergerak menuju anoda, partikel-partikel sinar katoda (elektron) melewati ruang dalam tabung yang mengandung partikel-partikel gas. Sebagian partikel sinar katoda akan bertumbukkan dengan partikel/atom gas. Tumbukkan tersebut menyebabkan elektron dalam atom gas terlempar keluar. akibatnya, atom gas menjadi bermuatan positif. Pada tahun 1906, Ernest Rutherford dari Inggris menggunakan spektrofotometer massa (modifikasi tabung sinar katoda) untuk membuktikan keberadaan partikel bermuatan positif. Rutherford mendapati bahwa atom Hidrogen (H) menghasilkan partikel bermuatan positif yang paling ringan. massa partikel positif dari atom-atom lainnya merupakan kelipatan massa partikel positif atom H. Baru pada tahun 1919, partikel bermuatan positif dari atom H diberi nama Proton. Proton dari bahasa yunani "Proteios" artinya "yang terpenting". Massa proton sekitar 1,672 x 10-27 kg, jauh lebih besar dari massa elektron ( setara 1835 kali massa elektron). meski istilah proton belum digunakan, penemuan partikel positif (proton) telah mendorong lahirnya model atom Rutherford.

Penemuan Neutron .

Rontgen (1895) dan penemuan zat Radioaktif (1896). Ernest Rutherford melakukan penelitian penembakan lempeng tipis. . Ernest Rutherford dibantu oleh Hans Geiger dan Ernest Marsden (1911) menemukan konsep inti atom didukung oleh penemuan sinar X oleh WC.‡ Setelah penemuan proton dan elektron. Jika atom terdiri dari partikel yang bermuatan positif dan negatif maka sinar alpha yang ditembakkan seharusnya tidak ada yang diteruskan/menembus lempeng sehingga muncullah istilah inti atom. Percobaan Rutherford dapat digambarkan sebagai berikut.

.‡ Hasil percobaan ini membuat Rutherford menyatakan hipotesanya bahwa atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif. Untuk mengimbanginya sehinga atom bersifat netral. Massa inti atom tidak seimbang dengan massa proton yang ada dalam inti atom. sehingga dapat dipredisi bahwa ada partikel lain dalam inti atom.

Komposisi tetap bagian-bagian unsur yang menyusun persenyawaan tidak tergantung dari sumber senyawanya. Hukum kekelan Massa Dalam reaksi kimia. untuk merumuskan teorinya dia memakai 2 hukum yang telah ditemukan sebelumnya: 1. . zat tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan 2. Dalton ini mengamati suatu bahan dia memberikan gagasan bahwa suatu bahan/benda terdiri dari partikel trerkecil yang tidak dapat dibagi lagi. John Dalton mengemukakan model atom pertama kali yaitu : Atom adalah partikel yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.‡ Teori Atom 1.

Atom a/ suatu materi berbentuk bola bermuatan (+) dan didalamnya tersebar elektron-elektron. Atom besifat netral. yaitu muatan positif dan muatan (-) jumlahnya sama. (Roti kismis) 2. .2. Teori Atom Thomson Setelah Thomson menemukan bahwa dalam atom terdapat elektron. maka ia membuat model atom sebagai berikut : 1.

Model atom Thomson .

Teori Atom Rutherford Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geigerdan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa ( ) terhadap lempeng tipis emas.3. berdaya tembus besar sehingga dapat menembus lembaran tipis kertas. yaitu partikel yang bermuatan positif dan bergerak lurus. Sebelumya telah ditemukan adanya partikel alfa. .

000 partikel alfa akan membelok sudut 90° bahkan lebih. maka sebagian besar partikel alfa diteruskan (ada penyimpangan sudut kurang dari 1°). . Dari pengamatan mereka. yakni apakah atom itu betul-betul merupakan bola pejal yang positif yang bila dikenai partikel alfa akan dipantulkan atau dibelokkan. didapatkan fakta bahwa apabila partikel alfa ditembakkan pada lempeng emas yang sangat tipis. tetapi dari pengamatan Marsden diperoleh fakta bahwa satu diantara 20.‡ Percobaan tersebut sebenarnya bertujuan untuk menguji pendapat Thomson.

. karena hampir semua partikel alfa diteruskan ‡ Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisan atom-atom emas. maka didalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi. diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut: Atom bukan merupakan bola pejal.

berdasarkan fakta bahwa 1 dari 20.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan.‡ Partikel tersebut merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom.000 partikel alfa akan dibelokkan.000 merupakan perbandingan diameter. Bila perbandingan 1:20. . maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.

.

.

Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom. Jari-jari inti atom atau jari jari atom sudah dapat ditentukan . Atom bersifat neutral 3. 2.Dengan penemuan inti atom ini Rutherford membuat model atom sebagai berikut : 1.

Model atom Rutherford .

sebagai berikut: . pakar fisika Denmark bernama Neils Bohr memperbaiki kegagalan atom Rutherford melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen. Teori Atom Bohr Pada tahun 1913. diungkapkan dengan empat postulat. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom.4. Penjelasan Bohr tentang atom hidrogen melibatkan gabungan antara teori klasik dari Rutherford dan teori kuantum dari Planck.

Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti. .‡ Hanya ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom hidrogen. ‡ Selama elektron berada dalam lintasan stasioner. energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap.

‡ Elektron hanya dapat berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain. besarnya sesuai dengan persamaan planck. sejumlah energi tertentu terlibat. terutama sifat yang disebut momentum sudut. ‡ Lintasan stasioner yang dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu. Pada peralihan ini. . dengan n adalah bilangan bulat dan h tetapan planck. Besarnya momentum sudut merupakan kelipatan dari h/2 atau nh/2 . E = hv.

semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.‡ Menurut model atom bohr. . ‡ Kelemahan: Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam. elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi.

Elektron-elektron yang mengitari inti atom berada pada tingkat energi tertentu yang bergerak secara stasioner . Atom terdiri dari inti atom yang mengandung proton bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom 2.Model Atom Neils Bohr Niels Bohr membuat model atom sebagai berikut: 1.

Lintasan elektron yang paling jauh dari inti atom mempunyai tingkat energi tertinggi.3. . Elektron dapat berpindah dari lintasan yang satu ke lintasan yang lain dengan menyerap dan melepaskan energi (elektron tereksitasi). Tingkat energi atau lintasan elektron yang dekat dengan inti atom mempunyai tingkat energi terendah. 4.

Model atom Niels Bohr .

Namun demikian. atau mekanika kuantum. model elektron yang bergerak dalam orbit yang terkuantisasi mengelilingi inti ini kemudian digantikan oleh model gerak elektron yang lebih akurat sekitar sepuluh tahun kemudian oleh fisikawan Austria Erwin Schrodinger dan fisikawan Jerman Werner Heisenberg .‡ Arti penting model ini terletak pada pernyataan bahwa hukum mekanika klasik tidak berlaku pada gerak elektron di sekitar inti. menggambarkan gerak elektron di sekitar inti. Bohr mengusulkan bahwa satu bentuk mekanika baru.

Point-point penting lainnya adalah: ‡ Ketika sebuah elektron meloncat dari satu orbit ke orbit lainnya. . perbedaan energi dibawa (atau dipasok) oleh sebuah kuantum tunggal cahaya (disebut sebagai foton) yang memiliki energi sama dengan perbedaan energi antara kedua orbit.

L menurut persamaan = mVr dimana. .‡ Orbit-orbit yang diperkenankan bergantung pada harga-harga terkuantisasi (diskret) dari momentum sudut orbital. dan disebut sebagai bilangan kuantum utama. dan h adalah konstanta Plank.2.3. m : massa elektron v : frekuensi r : jari-jari lintasan dimana n = 1.

‡ Point (2) menyatakan bahwa harga terendah dari n adalah 1. Radius ini dikenal sebagai radius Bohr. dia tidak akan mungkin bertambah lebih dekat lagi ke proton.0529 nm. Sekali elektron berada pada orbit ini. Ini berhubungan dengan radius terkecil yang mungkin yaitu 0. .

demikian pula dengan model atom yang dikemukakan oleh Ernest Rutherford. Fisika klasik menyatakan bahwa apabila terdapat suatu partikel bermuatan yang bergerak menurut lintasan lengkung maka energinya akan hilang dalam bentuk radiasi. .‡ Percobaan Niels Bohr dengan spectrum unsure/spectrum Atom ‡ Model atom yang dikemukakan oleh Joseph John Thompson mempunyai banyak kelemahan. Model atom Rutherford tidak dapat menjelaskan alasan mengapa elektron tidak dapat jatuh kedalam inti.

Gaya tarik inti atom terhadap elektron akan menjadi lebih besar daripada gaya sentrifugal lintasan elektron dan menyebabkan lintasan menjadi spiral dan akhirnya elektron jatuh kedalam inti atom. maka elektron akan kehilangan energinya dan energi kinetik elektron akan terus berkurang. Hal ini bententangan dengan pernyataan umum bahwa atom stabil. Apabila elektron jatuh kedalam inti atom. maka atom menjadi tak stabil. .‡ Pernyataan fisika klasik ini menjadi persoalan bagi model atom yang dikemukakan oleh Rutherford karena jika elektron bergerak mengelilingi inti.

Lintasan spiral elektron .

Sedangkan kuantisasi/kuanta energi digunakan oleh Niels Bohr dalam momentum sudut elektron untuk pengembangan teorinya tentang atom hidrogen. Diskontinyuitas radiasi elektromagnetik dikuatkan oleh efek fotolistrik yang dikembangkan oleh Albert Einstein.‡ Spektrum garis ‡ Menurut Max Planck radiasi elektromagnetik bersifat diskontinyu atau dalam bentuk kuanta. .

‡ Apabila berkas cahaya polikromatis seperti lampu listrik dan sinar matahari dilewatkan melalui prisma maka akan diperoleh spektrum kontinyu yang terdiri dari berbagai warna penyusunnya. . Spektrum yang tidak kontinyu berupa sederetan garis berwarna yang disebut spektrum garis tak kontinyu. Spektrum garis dihasilkan apabila sumber cahaya polikromatik seperti lampu listrik dan sinar matahari diganti oleh busur listrik berisi gas hidrogen maka akan dihasilkan spektrum yang tidak kontinyu.

.Jika seberkas cahaya dari sumber cahaya listrik atau sinar matahari dilewatkan melalui prisma maka akan diperoleh spectrum yang kontinu. Maka pada layar terbentuk sinar warna pelangi.

.Jika sinar melalui prisma berasal dari gas. Garis ini adalah hasil cahaya yang melalui celah yang sempit dan karena spektrumnya seperti garis maka disebut spectrum garis. maka spectrum yang terjadi sangat berbeda buka lagi warna pelangi melainkan hanya beberapa garis yang berwarna yang terlihat. missal uap Hidrogen atau natrium. Karena sinar yang dihasilkan berasal dari atom yang mengeluarkan energy maka sinar itu disebut emisi atom atau spectrum Atom atau spectrum emisi.

Max Planck menurunkan persamaan untuk pernyataan tersebut sebagai berikut: .‡ Teori Bohr ‡ Seperti telah diketahui bahwa menurut Max Planck radiasi elektromagnetik bersifat diskontinyu atau dalam bentuk kuanta.

‡ Untuk mengatasi perbedaan tersebut. . Bohr menggunakan pendekatan Max Planck untuk menjelaskan spektrum garis hidrogen.‡ Pernyataan tersebut bertentangan dengan pandangan fisika klasik yang mengemukakan bahwa energi bersifat kontinyu. Niels Bohr melakukan penelitian dan mencoba menjelaskan dengan pendekatan pemecahan spektrum garis hidrogen.

Setiap elektron yang mengorbit mempunyai momentum sudut sebesar ‡ .‡ Beberapa hasil penelitian Bohr diantara adalah ‡ Elektron mengorbit pada lintasan tertentu dan dengan tingkat energi tertentu ‡ Lintasan orbit elektron berbentuk lingkaran dan disebut kulit ‡ Momentum sudut elektron yang mengorbit berharga kelipatan .

‡ yang merupakan bilangan bulat positif dan disebut sebagai bilangan kuantum ‡ utama.Bilangan kuantum utama menyatakan kulit .

Teori ini tak pernah berhasil memberikan spektrum atom selain Hidrogen 2.‡ Kelemahan Niels Bohr: 1.Tidak mampu menerangkan kemampuan atom membentuk molekul melalui ikatan kimia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful