TIFA Request for Proposal 2011 Yayasan Tifa, melalui tiga program dijalankannya: Hak Asasi Manusia & Keadilan

, Demokrasi & Tata Kelola Pemerintahan, serta Media dan Informasi senantiasa mendukung inisiatif yang inovatif dan orisinal. Pada tahun 2010 silam, Yayasan Tifa mendukung lebih dari delapan puluh inisiatif baru, dengan anggaran berkisar antara Rp. 100-600 juta. Pada tahun 2011 ini, Yayasan Tifa kembali mengundang LSM, Universitas dan Organsiasi Masyarakat Sipil lainnya di seluruh Indonesia untuk mengirimkan gagasannya dalam bentuk proposal, untuk program-program berikut ini:
Program Demokrasi & Tata Kelola Pemerintahan

Mendorong pemerintahan yang akuntabel dan responsif. Upaya untuk memperkuat keterlibatan warga untuk mendorong akuntabilitas pemerintahan di tingkat nasional dan daerah, sudah dilakukan Tifa sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2010 silam, Tifa mendukung berbagai upaya penguatan forum-forum deliberatif, literasi dan upaya advokasi anggaran serta audit sosial untuk sektor-sektor pembangunan. Tahun 2011, Tifa kembali memberi dukungan untuk:

Pengembangan forum-forum yang memungkinkan terjadinya dialog, kesepakatan antara pemimpin dan konstituen, termasuk dengan jaringan masyarakat sipil untuk mendorong akuntabilitas dan regenerasi kepemimpinan. Advokasi transparansi dan prioritas anggaran pemerintah untuk kesejahteraan warga.Termasuk advokasi perbaikan hubungan fiskal, sektor penerimaan dan belanja sosial. Praktek-praktek audit sosial dan evaluasi penilaian kinerja prioritas program pembangunan nasional dan daerah, sektor pelayanan publik dasar (seperti kesehatan, pendidikan, dll ) serta praktek evaluasi kinerja lainnya yang memberi umpan balik dan kemungkinan adopsi oleh satuan-satuan kerja pemerintah.

Pemilihan Umum yang Bebas dan Adil Pemilihan Umum yang bebas dan adil menjadi titik perhatian Tifa sejak tahun 2004. Pada tahun 2010 dukungan diberikan untuk berbagai upaya voter education pada Pemilihan Kepala Daerah. Pada tahun 2011, program ini bertujuan memperbaiki sistem pemilihan umum, sehingga tidak hanya menjadi bebas dan adil, namun benar-benar mencerminkan aspirasi pemilih. Kali ini, dukungan Tifa akan diberikan kepada upaya pengembangan model inisiatif penyelenggara Pemilu untuk penguatan kapasitas partisipasi politik warga dalam Pemilukada.
Hak Asasi Manusia dan Keadilan

Akses kepada Keadilan Tifa senantiasa mendukung upaya penguatan inisiatif bantuan hukum bagi kelompok rentan sejak tahun 2005. program diarahkan untuk mendorong terbangunnya sistem peradilan yang adil (legal justice) di Indonesia terutama bagi kelompok marjinal. Advokasi penghapusan kebijakan diskriminatif dan praktek diskriminatif termasuk pembatasan akses kelompok rentan terhadap pelayanan publik. Prioritas akan diberikan kepada proposal yang langsung terkait dengan strategi pembangunan di tingkat nasional maupun daerah. Kesetaraan dan Pencegahan Diskriminasi Sejak awal berdirinya. . non formal dan dalam ranah konflik komunal maupun struktural. Tahun ini. Pada tahun 2011 ini. Pada tahun 2011. menerima dan memiliki kemampuan untuk mengelola perbedaan dalam damai. pangan. Promosi Hak-Hak Ekonomi. Pengungkapan kebenaran dan kampanye penyelesaian kejahatan atau pelanggaran berat HaM masa lalu. penghidupan (livelihood) serta penanganan bencana alam. terutama terkait dengan isu-isu terkini dalam bidang sosial ekonomi budaya. sekaligus mendorong terbentuknya lingkungan pendukung (enabling environment) bagi kebebasan media. Tifa akan mendukung: • • Upaya membangun kesadaran atas budaya toleransi dan penyelesaian konflik tanpa kekerasan baik melalui pendidikan formal. seperti persoalan kemiskinan. kembali mendorong promosi Hak-Hak Ekonomi Sosial dan Budaya (Ekosob). dukungan Tifa akan diberikan untuk advokasi pemenuhan hak-hak ekosob. & Informasi Media Kebebasan Media Program ini bertujuan untuk mendorong adanya sistem hukum yang melindungi kebebasan media. korban pelanggaran HAM dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Program ini bertujuan untuk mendorong penerapan hak-hak ekosob dalam kebijakan pembangunan pemerintah. Pada tahun 2011 ini Tifa akan memberikan dukungan pada: • • Inisiatif pengembangan model-model bantuan hukum berbasis komunitas yang dapat terintegrasi ke dalam sistem bantuan hukum nasional. Tifa senantiasa mendorong budaya masyarakat yang menghormati. Sosial dan Budaya Tifa. Dukungan Tifa tahun ini akan diberikan kepada upaya mendorong meluasnya advokasi dan perlindungan kebebasan media di pusat dan daerah. melanjutkan inisiasi awal yang sudah berlangsung di tahun 2010.

dengan durasi program maksimal satu tahun.Pemantauan Media dan Professionalisme Media Tahun 2010.tifafoundation. Upaya mendorong diakomodirnya prinsip-prinsip dalam UU KIP dalam praktek penyediaan informasi di lembaga penegak hukum. Tifa hanya menerima proposal yang dikirimkan via email. Bagi pengaju yang belum dihubungi sampai tanggal 15 September 2011. begitu juga dengan upaya-upaya peningkatan kualitas dan kinerja jurnalistik serta promosi isu-isu strategis yang diusung Tifa. Pada tahun 2011 inisiatif serupa kembali dijalankan. Status proposal bisa dilihat di www. Upaya penyebaran informasi tentang isu-isu strategis lewat berbagai bentuk media. program ini bertujuan untuk mendorong penghapusan peraturan perundangan yang mengacam kebebasan berekspresi. Proposal harus ditulis dengan format Tifa. Dukungan Tifa akan diberikan kepada advokasi penghapusan kebijakan yang tidak melindungi kebebasan berekspresi. Setiap lembaga hanya boleh mengirimkan satu proposal saja. termasuk pemantauan infotainment.org menggunakan nomer registrasi yang akan dikirimkan. kemungkinan besar proposal yang diajukan ditolak. dan dukungan Tifa akan diberikan kepada • • • Upaya penguatan literasi media dan pemantauan media. Advokasi perubahan kebijakan yang pro-akses informasi di badan publik yang strategis: air. kesehatan. Kebebasan Informasi Program ini bertujuan untuk mendukung penyediaan dan permintaan informasi oleh dan kepada badan publik. inisiasi literasi media sudah dilakukan. Upaya memetakan permasalahan dalam implementasi UU KIP di badan publik di tingkat nasional. Penguatan inisiatif self regulation dan peningkatan kapasitas untuk profesionalisme media dan jurnalis . akan memberikan dukungan kepada: • • • • Upaya advokasi prinsip kerahasiaan terbatas dan adopsi informasi yang dikecualikan di badan publik dan perundang-undangan terkait. lingkungan. pendidikan dan legislatif. Proses Pengkajian Proposal Pengkajian proposal memakan waktu sekitar 6 bulan. Kebebasan Berekpresi Mengingat semakin rentannya kebebasan berekspresi di Indonesia. Proposal hardcopy hanya . dan sinetron. tata ruang. Tifa.

Menteng Dalam Jakarta Selatan-12870 Email: proposal[at] tifafoundation. Jaya Mandala II/14 E.org Informasi: public [at] tifafoundation.org .diterima apabila lembaga memiliki akses internet terbatas. dan dikirimkan kepada: Yayasan Tifa Jl. Tenggat waktu penerimaan proposal adalah 7 Maret 2011.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.