y

Biang keringat (Ruam Panas) Jaga agar bayi tetap sejuk guna mencegah biang keringat

Ruam panas, juga dikenal sebagai "biang keringat" atau "keringet buntet" (bhs. Jawa) adalah munculnya bintil-bintil kecil (atau kadang lepuhan kecil) pada kulit kalau si kecil kepanasan. Bintilbintil tersebut kelihatan merah terutama pada kulit yang terang. Anak usia berapa pun dapat mengalami biang keringat, tapi umumnya terjadi pada bayi.

Jika si kecil mengalami biang keringat, Anda biasanya akan menemukannya pada lipatan kulit dan pada bagian badan yang tertutup rapat oleh pakaian, misalnya dada, perut, leher, selangkangan, dan bokong. Jika si kecil mengenakan topi, biang keringat dapat menyebar sampai ke kulit kepala atau dahi.

Apa penyebab biang keringat? Si kecil berkeringat untuk mendinginkan tubuh. Jika si kecil berkeringat sangat banyak dan poriporinya tersumbat sehingga keringatnya tidak dapat keluar, maka akan muncul biang keringat. (Bayi dan balita biasanya mudah berbiang keringat karena mereka memiliki pori-pori yang lebih kecil daripada orang dewasa).

Udara panas dan lembap adalah kondisi utama yang menimbulkan biang keringat. Biang keringat juga muncul di musim dingin/hujan jika si kecil memakai baju berlapis-lapis atau terkena demam. Terkadang si kecil dapat terkena biang keringat setelah Anda mengoleskan salep penghangat/pereda batuk di dadanya.

Apakah biang keringat sesuatu yang serius? Tidak, biang keringat hanyalah tanda si kecil terlalu panas. Panas berlebih dapat menimbulkan masalah yang serius seperti kelelahan atau serangan panas. Beberapa studi menyatakan bahwa bayi yang terlalu panas pada saat tidur dapat memicu Sindroma Kematian Bayi Tiba-tiba (SIDS).

Apakah biang keringat menyakitkan untuk si kecil? Tidak, biasanya biang keringat tidak menyakitkan, tapi dapat terasa gatal. Beberapa benjolan juga terasa lunak jika disentuh.

2 sendok teh per galon air. juga dapat membantu. atau letakkan agak jauh sehingga si kecil hanya merasakan tiupan angin lembut. Biarkan kulit yang basah diangin-anginkan. jangan kenakan pakaian yang kasar seperti wol karena dapat mengiritasi kulit. Mandi dengan air suam kuku yang dibubuhi sedikit soda kue. Hal ini dapat memperburuk biang keringat karena akan membuatnya menjadi lembap. Buat si kecil nyaman. Ketika menggendong. Tempelkan kain seka yang basah dan dingin pada bagian yang terkena biang keringat. Jika udara malam panas. Anda juga dapat mengenakan sarung tangan pada si kecil di malam hari sehingga ia tidak menggaruk ketika tidur.Bagaimana cara merawat biang keringat? Mulailah dengan mendinginkan si kecil. Serat alam seperti katun menyerap keringat dengan baik dan memungkinkan si kecil berkeringat lebih baik daripada serat sintetis. Hindari penggunaan bedak bayi karena berbahaya bagi pernapasan si kecil. Arahkan kipas angin ke dekat si kecil tapi tidak langsung ke arahnya. jangan sampai kedinginan. Jangan oleskan salep atau krim pada biang keringat. jangan digosok dengan handuk. Potong kuku secara rutin agar ia tidak mencakar dirinya sendiri jika biang keringat mulai terasa gatal. usahakan menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin di kamar si kecil. Anda juga dapat meletakkannya di atas handuk katun yang dapat membantu menyerap keringatnya. terutama pada cuaca yang panas dan lembap. Bagaimana cara mencegah biang keringat? Biarkan si kecil merasa sejuk nyaman dengan mengenakan pakaian yang longgar dan ringan. Taburan sedikit tepung jagung dapat membantu mencegah biang keringat pada lipatan kulit si kecil. dan pindahkan si kecil ke ruangan yang berangin atau teduh. Buka pakaiannya atau kenakan pakaian yang longgar. . Hindari celana plastik dan alas popok plastik.

Pada hari terik. Jika Anda tidak yakin. Periksa si kecil secara rutin untuk memastikan ia tidak kepanasan. sentuh kulitnya. . atau si kecil demam. artinya si kecil kepanasan. Anda harus ke dokter apabila ruam tidak juga hilang setelah beberapa hari. Apakah saya perlu membawa si kecil ke dokter karena biang keringat? Ada baiknya periksa ke dokter untuk memastikan kulit si kecil terkena biang keringat. Pastikan si kecil tidak kekurangan cairan dengan cara menyusuinya atau sering-sering memberinya susu formula. Jika lembap dan panas. biarkan si kecil berada di dalam ruangan atau carilah tempat yang teduh atau tempat yang sejuk untuk duduk dan bermain di luar. semakin memburuk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful