Panduan Lengkap Nikah (dari "A" sampai "Z

")
... Ringkasan Buku ... http://buku-islam.blogspot.com

Judul : Panduan Lengkap Nikah (dari "A" sampai "Z") Penulis : Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin 'Abdir Razzaq Penerjemah : Ahmad Saikhu Pengedit Isi : Arman Amri, Lc Penerbit : Pustaka Ibnu Katsir Cetakan : Keempat - Juli 2006 Halaman : xxiv + 481

Untuk menikah memang diperlukan ilmu. Banyak hal yang perlu diketahui dalam masalah pernikahan. Dari mulai tuntunan memilih pendamping hidup, meminang, mahar, sampai masalah adab-adab dalam bercampur. Dengan ilmu tersebut seseorang mengetahui apa-apa yang dibolehkan oleh agama dan apaapa yang tidak dibolehkan. Dengan ilmu itu pula, seorang suami atau istri dapat menjadikannya sebagai panduan dalam mengarahkan biduk rumah tangganya sesuai dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam. Yang pada akhirnya seseorang bisa mengharap pernikahannya mencapai kebahagiaan yang sejati. Buku ini menjelaskan banyak hal tentang masalah pernikahan. Mulai dari keutamaan-keutamaan menikah, penjelasan tentang wanita yang halal dan haram untuk dinikahi, panduan memilih istri yang shalehah, nazhor (melihat wanita yang dipinang), sampai adab-adab pernikahan dalam mencampuri istri. Juga membahas mengenai hak-hak seorang istri dan juga suami. Pada bagian akhir memuat juga kisah-kisah para salafush shaleh dalam kehidupan pernikahannya. Perhatikan bagaimana kesabarannya, kemuliaannya, kesetiaannya, dsb, yang menjadi contoh teladan buat kita semua. Pembahasan yang begitu luas dalam buku ini insya Allah cukup menjadi bekal bagi kita untuk

menuju pernikahan yang barakah sesuai dengan Sunnah Nabi Shallallahu'alahi wa sallam. Dari membaca buku ini insya Allah kita bisa semakin sadar bahwa untuk menikah memang diperlukan ilmu.

Berikut saya kutipkan sebagian dari buku tersebut dengan meringkasnya. Sebagian dari hak-hak isteri, hak-hak suami dan mutiara kisah dari para salafush shaleh.

[H A K I S T E R I] -------------------1. Wasiat Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam tentang wanita. Al Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu dari Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, janganlah ia mengganggu tetangganya, dan berbuat baiklah kepada wanita. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya, maka engkau mematahkannya dan jika engkau biarkan, maka tetap akan bengkok. Oleh karena itu, berbuat baiklah kepada wanita." (HR. Al Bukhari no. 5158).

8. Diantara hak isteri adalah dipergauli dengan cara yang ma'ruf. Ketika menafsirkan firman Allah Subhanahu wa ta'ala: "... Dan bergaullah dengan mereka secara patut .." (QS. An Nisaa': 19). Ibnu Katsir mengatakan: "Yakni perbaguslah ucapan kalian kepada mereka, dan perbaguslah perbuatan kalian dan keadaan kalian sesuai kemampuan kalian, sebagaimana kalian menyukai hal itu dari mereka. Oleh karena itu lakukanlah yang sama terhadap mereka, sebagaimana Allah berfirman:

"... Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf..." (QS. Al Baqarah: 228). * Diantara mempergauli dengan baik adalah berakhlak baik terhadapnya * Dari Abu Hurairah ia menuturkan, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Kaum mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik kepada isterinya." (HR. At Tirmidzi no. 1162. Dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahiihah no. 284). Al Hasan al Bashri berkata, "Hakikat akhlak yang luhur ialah mencurahkan kebaikan, menahan diri dari menyakiti dan berwajah manis."

9. Diantara haknya, engkau mengajarkan kepadanya tentang perkara agamanya. Ali radhiyallahu'anhu berkata mengenai firman Allah "Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka..." (QS. At Tahriim: 6) "Yakni ajarkanlah dirimu dan keluargamu kebajikan serta didiklah mereka." Qatadah berkata: "Yaitu dengan memerintahkan mereka agar mentaati Allah dan mencegah mereka dari bermaksiat kepada Nya, serta memimpin mereka dengan perintah Allah. Memerintahkan mereka dengan perintah Allah dan membantu mereka atas hal itu. Apabila engkau melihat kemaksiatan kepada Allah, maka hentikan dan cegahlah mereka dari perbuatan tersebut." (Tafsiir ath Thabari (XXVIII/ 166)). Allah memuji Nabi Nya, Ismail 'Alaihissalam dengan firman Nya: "Dan ia menyuruh keluarganya untuk shalat dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Rabb nya." (QS. Maryam: 55).

11. Diantara hak isteri adalah diberi nafkah. Isteri dan anak-anak mempunyai hak untuk mendapatkan nafkah, yaitu nafkah yang tidak berlebihan dan tidak pula terlalu kikir; berdasarkan firman-Nya: ".. Dan kewajiban ayah adalah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma'ruf..." (QS. Al Baqarah: 233). Nafkah tersebut tidak cukup berupa makanan dan minuman saja, tetapi mencakup tempat tinggal, makanan dan pakaian, sebagaimana firman Nya: "Tempatkanlah mereka (para isteri) dimana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka ..." (QS. Ath Thalaaq: 6). Tetapi, saudaraku yang budiman, usahamu itu haruslah dari yang halal, tidak mengandung dosa dan syubhat. Dari Ka'ab bin 'Ujrah radhiyallahu'anhu, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Wahai Ka'ab bin 'Ujrah! Sesungguhnya tidak akan masuk Surga daging dan darah yang tumbuh dari keharaman. Maka Neraka lebih pantas untuknya." (HR. Ahmad no. 14032. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahiih at Targhiib wat Tarhiib no. 861). Karenanya, isteri dari Salafush Shalih berkata kepada suaminya ketika pergi menuju pekerjaannya: "Bertakwalah kepada Allah! Hati hati dengan usaha yang haram. Sebab, kami tahan terhadap kelaparan dan kesulitan, tetapi kami tidak tahan terhadap api Neraka."

[H A K S U A M I] ------------------1. Kepemimpinan laki laki atas wanita 4. Hak suami atasnya ialah isteri tidak mengizinkan seseorang memasuki rumah

suaminya kecuali dengan seizinnya. Al Bukhari meriwayatkan dalam kitab Shahiihnya dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Tidak halal bagi seorang wanita berpuasa padahal suaminya berada di rumah, kecuali dengan seizinnya, ia tidak pula mengizinkan (seseorang masuk) ke dalam rumahnya kecuali dengan seizinnya. Dan tidaklah ia nafkahkan sesuatu tanpa perintahnya, maka separuhnya diserahkan kepadanya." (HR. Al Bukhari no. 5159). 5. Suami lebih besar haknya atas isterinya dibanding kedua orang tuanya. 7. Suami berhak ditaati oleh isterinya selama tidak dalam kemaksiatan. 12. Hak suami atas isterinya ialah dia berterima kasih kepada suaminya atas apa yang diberikan kepadanya berupa makanan, minuman, pakaian, dan selainnya yang sanggup dia berikan. 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu'anhuma mengatakan: "Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: 'Allah tidak memandang seorang wanita yang tidak berterima kasih kepada suaminya, padahal dia butuh kepadanya.' "(Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam as Silsilah ash Shahiihah no. 289).

[CONTOH - CONTOH UNTUK DITELADANI] ---------------------------------Diantara tanda-tanda kesetiaan banyak wanita shalihah kepada suami mereka setelah kematiannya bahwa mereka tidak menikah lagi. Tidak ada yang dituju melainkan agar tetap menjadi isteri mereka di dalam Surga. Dari Maimun bin Mihran, ia mengatakan: "Mu'awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu'anhu meminang Ummud Darda', tetapi ia menolak menikah dengannya seraya mengatakan, 'Aku mendengar Abud Darda' mengatakan: 'Aku

Barat jauh. Aljazair. juga Mesir. Irak. Yaman.' atau beliau mengatakan. Libya. Diantara teladan yang pantas disebutkan sebagai teladan utama para wanita tersebut adalah Fathimah binti 'Abdil Malik bin Marwan. 'untuk suaminya yang terakhir. bahkan dia juga saudara empat khalifah Islam terkemuka: al Walid bin 'Abdil Malik. Sepasang liontin ini saja setara dengan harta karun. Puteri khalifah. Lebih dari itu dia adalah isteri Khalifah terkemuka yang dikenal Islam setelah empat khalifah di awal Islam.' " (As Silsilah Ash Shahiihah. Amirul Mukminin 'Umar bin 'Abdul 'Aziz wafat meninggalkannya tanpa meninggalkan sesuatu pun untuk diri dan anak-anaknya. diantara perhiasan ini adalah dua liontin Maria yang termasyhur dalam sejarah dan sering disenandungkan para penya'ir. Sulaiman bin 'Abdil Malik. Wanita agung ini -lebih dari itu. Qarim dan wilayah di balik sungai hingga Bukhara dan Janwah bagian timur. Konon. Sudan. Syaikh al Albani no. Yazid bin 'Abdil Malik dan Hisyam bin 'Abdil Malik.ketika suaminya. Fathimah binti 'Abdil Malik bin Marwan ini pada saat menikah. Iran. Qafqasiya. kemudian pengurus Baitul Mal datang kepadanya dan . dan Spanyol bagian barat. dia tidak menolak dan tidak membantahnya sedikit pun. Tunisia. Hijaz. 1281. ayahnya memiliki kekuasaan yang sangat besar atas Syam. Amirul Mukminin. shahih). dan khalifah adalah kakeknya Saudara khalifah. Ketika suaminya. memerintahkannya agar membawa semua perhiasannya ke Baitul Mal. dan khalifah adalah suaminya Wanita mulia yang merupakan puteri khalifah dan saudara empat khalifah ini keluar dari rumah ayahnya menuju rumah suaminya pada hari dia diboyong kepadanya dengan membawa harta termahal yang dimiliki seorang wanita di muka bumi ini berupa perhiasan. yaitu Amirul Mukminin 'Umar bin 'Abdil 'Aziz.mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: 'Wanita itu bersama suaminya yang terakhir. Fathimah ini bukan hanya puteri Khalifah Agung.

Hal-hal seperti inilah yang seharusnya diperbaiki. masih banyak para suami yang melupakan pengajaran agama kepada istri dan keluarganya. "Perhiasanmu. Tidak ada jalan lain kecuali dengan melihat dan merujuk bagaimana aturan Islam menjelaskan tentang masalah pernikahan. Pun demikian dengan para isteri. aku datang meminta izin kepadamu untuk membawa (kembali) perhiasan tersebut (kepadamu). "Apakah aku akan mentaatinya semasa hidupnya. Maka dari itu -sekali lagi.yang perlu kita ketahui tentang masalah pernikahan. Agar kehidupan pernikahannya bisa selaras dengan aturan Islam. dll. Bila kita perhatikan.bahwa untuk menikah memang diperlukan ilmu. Dan sekarang. masih tetap seperti sedia kala. Ada sebagian lagi tidak mentaati suami.mengatakan. wahai sayyidati. dan aku mendurhakainya setelah kematiannya?" [PERSONAL VIEW] --------------Banyak hal -dan bahkan sangat banyak." Fathimah memberi jawaban bahwa perhiasan tersebut telah dihibahkannya untuk Baitul Mal bagi kepentingan kaum muslimin. dan aku menilainya sebagai amanat (titipan) untukmu serta aku memeliharanya untuk hari tersebut. karena mentaati Amirul Mukminin. dll. Padahal itu merupakan hak isteri. Ada yang tidak berterima kasih kepada suaminya. . Kemudian dia mengatakan. semisal berlaku kasar. Buku ini dengan keluasan bahasannya memang perlu untuk dipelajari bagi mereka yang akan atau telah menikah. Ada sebagian lagi yang tidak mempergauli isteri dengan cara yang ma'ruf.

Cemburu adalah perasaan mulia dari cinta sejati yang mendorong seorang hamba melindungi istrinya. . mendorong istri untuk menjaga suaminya. curiga terhadap istri 4. Meski perlu diingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Cemburu yang didasarkan pada akal sehat. Mei 2005 Halaman : xii + 229 Buku ini menyebutkan kekeliruan-kekeliruan yang biasa dilakukan oleh seorang suami. Saya sebutkan dengan meringkas penjelasannya. cinta kasih dan saling percaya. Juga sebaliknya.Ringkasan buku ini dibuat oleh Chandraleka di Depok. Miskin cemburu terhadap istri Cemburu yang sehat sangat dianjurkan. Tetapi alangkah baiknya bila suami tetap terus memperbaiki diri. Mengabaikan orang tua setelah menikah 2. Harus terus memperbaiki diri. 1. Inilah kekeliruan kekeliruan yang disebutkan dalam buku tersebut. Demikian juga dengan seorang istri.Jakarta Cetakan : I. Membiarkan hubungan antara istri dan mertua menjadi renggang 3. 19 November 2007 Agar Suami Disayang Istri Judul asli : Min Akhtha'i al Azwaj Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al Hamd Edisi Indonesia : Agar Suami Disayang Istri Penerjemah : Ahmad Syaikhu Penerbit : Pustaka At Tazkia . Dengan maksud sebagai bahan introspeksi agar rumah tangga menjadi lebih harmonis.

Ia pun tidak beribadah pada Rabb nya dengan cara yang Dia ridhai. Jika istri bodoh dalam urusan agamanya. 5. Menyerahkan komando rumah tangga pada istri Suami adalah pemimpin.. baik secara umum maupun rinci? . Suami malas mengajar. tidak mampu mendidik anak anaknya dan merawat rumahnya dengan baik. seorang istri sangat terpengaruh . takut dan harapan kepada Nya. Mencintai bukan berarti mengikuti semua kemauan istri. Syaikh Muhammad Rasyid Ridha mengatakan. jinabat. " Suami hendaknya berupaya mengokohkan dalam hati istrinya rasa cinta pada Allah. selama perempuan tersebut berstatus istrinya. hadats. menumbuhkan. dan memelihara perasaan cinta. Perasaan itu tidak boleh pudar dalam diri seorang pria. bertawakal dan senantiasa bertaubat pada Nya. nifas dan lainnya. Kecemburuannya tetap kokoh. dengan penuh cinta dan saling mengerti. Bahkan ketika ia tidak lagi mencintai istrinya. Selanjutnya yang juga patut diperhatikan. merasakan pengawasan Nya. Meremehkan istri 6. 7. "Kewajiban atas suami. Malas mengajari istri tentang Islam Ini salah satu kekeliruan yang dilakukan oleh banyak suami." Syaikh Ridha melanjutkan.Cemburu adalah salah satu sifat pria yang mulia. dan karenanya jadi tanggung jawabnya. ia tidak mengetahui hak suaminya. mendidik dan memahamkan istrinya dalam urusan agamanya. apa pun situasinya. Mencintai berarti bersama sama mengayuh sampan rumah tangga. Merampas harta istri 8. sebagai pemimpin rumah tangga adalah mendidik istri istrinya semaksimal mungkin agar mereka melaksanakan kewajibannya. Masing masing lalu berusaha memperbarui. haid. Perasaan cemburu membuat kedua belah pihak merasa dicintai.. Ia ajarkan hukum hukum bersuci dengan berbagai ragamnya. "Bagaimana mungkin wanita dapat menunaikan kewajiban dan hak jika mereka tidak mengetahuinya.

maka yang paling besar pahalanya adalah apa yang engkau nafkahkan pada keluargamu. Semua itu hendaknya dilakukan dalam batas batas kesanggupan. Abu Hurairah menuturkan sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam: "Satu dinar yang engkau nafkahkan di jalan Allah. dan lain lainnya. dan ijma'. Ini dilalaikan oleh banyak orang. Dengan begitu. Maksud nafkah disini adalah harta yang diwajibkan atas suami untuk diberikan pada istrinya. As Sarakhsi berkata." (Ath Thalaq: 7). Muslim no. 995). satu dinar yang engkau nafkahkan kepada orang miskin. seperti tempat tinggal. pengasuhan. sang istri pun bersegera melakukannya. ia pun mengikuti suaminya demi menyenangkan hatinya." Memberikan nafkah kepada istri lebih didahulukan daripada memberi nafkah pada orang lain. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Dan orang yang disempitkan rizkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. dan satu dinar yang kamu nafkahkan pada keluargamu. pakaian. Ia terdorong oleh semangat memenuhi perintah Rabb nya dan mencari ridha suaminya. atau membebani . kesehatan pun terjaga. "Memberikan nafkah pada istri adalah kewajiban. As Sunnah. Istri tidak boleh menuntut nafkah melebihi kebutuhannya. satu dinar yang engkau nafkahkan untuk membebaskan budak. "Suami wajib memberikan nafkah menurut kadar kecukupan dan dinilai ma'ruf. iffah (menjaga kesucian diri). Allah berfirman: "Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. 9. berakhlak dan rajin beribadah.dengan perilaku suaminya. Ibnu Qudamah berkata. yakni tidak kikir dan tidak berlebih lebihan. kehormatan istri selamat dari pelecehan. Pelit terhadap istri Salah satu hak istri atas suaminya adalah diberi nafkah secara ma'ruf. makanan." (HR. Sebaliknya jika ia melihat suaminya meninggalkan hukum hukum agama dan adab berkeluarga. berdasarkan Al Qur'an. Jika ia melihat suaminya sangat menyukai auratnya tertutup.

suami tidak semestinya datang menjumpai istrinya secara tiba tiba setelah bepergian jauh.hingga ia menyisir rambut yang kusut. No. kami pergi untuk menemui istri kami. 1172). adalah agar hasrat terhadap istri tetap kuat. Saat ini. dan agar wanita yang ditinggal bepergian itu bisa berdandan. . suami dapat melihat istrinya tetap cantik karena telah berhias. Itu berarti menyusahkan dan membebani. Misalnya. Ketika istri diuji oleh suami yang kikir terhadapnya. Hatinya pun tetap gembira. Rasulullah bersabda.suaminya di luar kesanggupannya. berbagai sarana tersedia. 10. Hobi mencela dan mengkritik istri 12. Muslim. dan lainnya. Niscaya hasrat dan kasih sayang lebih bertahan lama.. Ringkasnya. walaupun itu . jangan masuk pada malam hari -yakni Isya'. Mengejutkan istri setelah lama bepergian Berikan kesempatan kepada istri untuk bersolek setelah Anda bepergian lama. suami tidak melihat suatu aib pada istrinya atau sesuatu yang mengurangi keindahannya. Sebab. rambut acak acakan. Seorang suami bisa berkomunikasi lewat telepon dan memberitahu istrinya bahwa ia akan datang pada hari dan waktu tertentu. Hal ini dalam rangka mengikuti sunnah. lalu ia bersabar dan mengharapkan pahala. Setelah mengetahui waktu kedatangan suaminya. Hikmah dilarangnya perbuatan ini. maka ia akan mendapat pahala dari Allah." (HR. Ketika kami telah tiba di Madinah. dan At Tirmidzi no. istri pun berkewajiban untuk berdandan dan bersiap siap dengan sempurna untuk menyambutnya. tidak berhias. "Kami bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dalam suatu peperangan. 715. Dengan memberi tahu terlebih dulu. "Perlahan. Kurang berterima kasih kepada istri Apa ruginya jika Anda memuji istri Anda karena kecantikannya dan kerajinannya? Apa ruginya jika Anda berterima kasih padanya atas suguhan yang ia siapkan untuk tamu Anda? Apa pula ruginya jika Anda menyatakan terima kasih Anda karena telah mengurus rumah dan anak anakmu. Dalilnya adalah hadits riwayat Jabir. Abu Daud No. 11. Hasratnya pun tetap terjaga. 2776..

Jika ia tidak paham hal hal seperti ini. Bersikap kasar terhadap istri 17. Dengan memahami kondisi istri. Karena itu. membantu suami bersikap secara tepat. semestinya ia bertanya. dengan menceraikan istrinya.merupakan tugasnya. 22. obat kebodohan adalah bertanya. Mengabaikan kesantunan dan etika bercinta 20. atau hal hal lain. Pada saat itu. Malas berhias untuk istri 18. Menggauli istri lewat dubur 24. Terlalu sibuk hingga jarang menemani keluarga 16. nifas. suami lantas bersikap keras. kadang ia merasakan kesulitan dan kegelisahan. Saat itu. Ketika mengalaminya. istri menginginkan banyak hal. sehingga tidak tahan melihatnya atau menciumnya. Mengabaikan sunnah sebelum bercinta 19. walaupun ia melakukannya sebagai kewajibannya? Semua itu dapat memperkuat kasih sayang antara suami istri. suaminya. ia bisa saja beranggapan bahwa istrinya telah membencinya dan bosan dengannya. Kadang pula ia tidak menyukai sesuatu. penyesalan tak lagi berguna. Lama meninggalkan istri tanpa alasan 15. Menggauli istri ketika haid 23. Mengumbar rahasia ranjang 21. Ada juga suami yang tidak tahu problem problem alamiah wanita. Jika suami tidak mengerti hal itu. Terkadang ia tidak menyukai rumahnya. haidh. Kadang pula. Apalagi ketika mengandung dan mengidam. Memukul istri tanpa alasan . Sebab. Ia tidak tahu sikap istrinya itu di luar keinginannya. suami sepatutnya memahami masalah masalah ini agar tidak jatuh dalam kekeliruan kemudian menyesal. baik ketika mengandung. Sering bertengkar 14. dan lainnya. 13. Buta terhadap kondisi kejiwaan istri Suami dituntut peka terhadap kondisi psikis sang istri.

Hendaknya memberi kabar dulu tentang kedatangannya. Untuk kesekian kalinya -Alhamdulillah. Maksudnya mungkin baik -menurut perkiraan mereka. Tidak adil pada para istri 27. yaitu mengejutkan istri setelah lama bepergian. Memandang hijau kebun tetangga. Dengan begitu.saya semakin yakin pentingnya ilmu agama dalam beramal. saya terdiam dan berpikir. Inilah yang bisa menambah rasa cinta diantara suami istri. Terburu buru memutuskan cerai 28. seorang istri punya waktu yang cukup untuk bersiap siap menyambut suaminya dengan baik. Ketika membaca buku ini. niatan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahma atas dasar aturan aturan Islam bisa dilakukan dari dua arah. Semoga Anda semakin yakin bahwa menuntut ilmu agama itu penting dan memang perlu. Yaitu suami dan istri sekaligus. Mengabaikan anak usai bercerai 31.. Enggan menceraikan setelah mustahil berdamai 29. Sebagian dari para suami mungkin mengira akan membuat 'surprise' (kejutan) dengan tiba tiba hadir dihadapan istrinya.25. Dengan itu. Harus dibarengi juga dengan upaya memperbaiki diri istri. Tetapi upaya memperbaiki rumah tangga bukan hanya dari sisi suami saja. Poligami dengan niat buruk 26. Habis manis sepah dibuang 32. bisa dengan menelpon atau sms. Tidak semestinya seorang suami menjumpai istrinya secara tiba tiba setelah bepergian jauh. [PERSONAL VIEW] --------------Buku ini bagus dibaca agar kita bisa mengetahui bagaimana menjadi suami yang baik.. Mencela mantan istri 30.yaitu agar semakin bertambah rasa cinta diantara keduanya. Contoh yang menarik adalah kekeliruan sebagian suami sebagaimana dijelaskan pada point 10. Tetapi ini malah suatu kekeliruan. . Bahkan untuk berumahtangga pun kita harus punya ilmunya agar tidak banyak kekeliruan kekeliruan yang kita buat.

. Terlalu memilih milih pasangan . 29 Desember 2006 Aku Ingin Menikah. Reputasi sebagai jejaka dan perawan .disebutkan oleh penulis. Judul : Aku Ingin Menikah. .menuju pernikahan .. Tapi . Kemiskinan suami dan ketergantungannya . Tapi .. Menyelesaikan studi .. Pandangan sinis masyarakat . ::.Solo Cetakan : Halaman : 80 halaman Buku ini menjelaskan hambatan hambatan atau batu sandungan dalam melangkah ke jenjang pernikahan.Ringkasan buku ini dibuat oleh Chandraleka di Depok. Cacat . yaitu : . Ada 20 batu sandungan yang disebut dalam buku itu.. Menolak kawin dengan pria yang punya istri . Tingginya mahar . Berlebih lebihan dalam menetapkan syarat dan biaya pernikahan . Tidak ada keinginan menikahi duda atau janda . Gambaran negatif terhadap lembaga perkawinan yang disebarkan oleh musuh musuh Islam .. Tidak semua penghalang . Abu Ihsan Al Atsary Penerbit : At Tibyan . Pengarang : Salman bin Shafir Abdullah Asy Syahri Penerjemah : Ust. Ambisi mendapat bagian dari penghasilan seorang wanita .:: Aku Ingin Menikah... tetapi hanya sebagiannya saja. Tapi .

aku ingin bisikkan ke telinga orang tua seperti ini: Bukankah puterimu yang miskin ini adalah buah hatimu? Bukankah engkau akan dimintai pertanggungjawaban tentangnya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala? Lalu mengapa engkau tidak menjalankan hukum Allah dalam mengurus dirinya? Tidakkah engkau tahu bahwa tuntutan mahar yang tinggi itu akan membuat umurnya terbuang percuma? Apalagi menunda nunda pernikahan dapat membuatnya terjangkit penyakit penyakit kejiwaan yang biasa menimpa para perawan tua? Keberhasilan puterimu dalam membangun rumah tangga bukan dengan menuntut mahar yang tinggi. Keinginan menikah dengan penampilan yang mewah dan glamour . Takut mengemban tanggung jawab . Ketahuilah bahwa engkau berdiri bersamanya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hari tiada lagi berguna harta dan anak keturunan kecuali yang . Suka melancong ke luar negeri . apalagi dengan mengorbankan kemaslahatannya. Taklid kepada orang lain . Menyerahkan keputusan dalam urusan ini kepada kaum wanita . Janganlah sampai ia menjadi penyebab dirimu masuk naar. Kemandulan . [Tingginya Mahar] ----------------Banyak orang tua yang memasang tarif mahar yang sangat tinggi untuk puterinya dengan harapan ia memperoleh uang yang banyak.. Oleh karena itu. ini sebagian isi yang bisa saya bawakan di ringkasan buku ini. Tidak ada reaksi dari pihak yang berkompeten melakukan perbaikan untuk memperbaiki atau menyelesaikan atau meringankan masalah ini . taat beragama dan baik akhlaknya. Jangan jadikan puterimu sebagai barang dagangan untuk mengejar keuntungan materi. Kondisi kesehatan Kemudian. Namun dengan memilih suami yang shalih. Ia jadikan pernikahan puterinya sebagai lahan mencari keuntungan dengan mematok mahar yang sangat tinggi kepada paralelaki yang datang meminangnya.

menemui Allah dengan membawa hati yang salim. bintang bintang film dan lain sebagainya. sementara umur terus bertambah. demikian pula dalam memilih suami. Mereka terkungkung dalam khayalan dan ilusi. Sibuk mengikuti perkembangan berita para aktor dan artis. tentu memadai dengan jerih payah kita dan niscaya kita akan mencapai tujuan dengan jalan yang paling mudah. permainan. [Terlalu Memilih milih Pasangan] -------------------------------Banyak pemuda dan pemudi yang terlambat menikah karena terlalu berlebihan dalam memilih pasangan. Yang terpikir oleh mereka hanyalah sebatas urusan makan. hal ini merupakan akibat pengaruh budaya luar yang bertentangan dengan nilai nilai ajaran Islam. Sebagaimana yang telah kami sebutkan. media cetak atau media media lainnya. Ditambah lagi dengan langkanya tarbiyah yang baik yang diterima oleh muda mudi tersebut dari keluarga mereka yang menyebabkan mereka hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan dan lemah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menggariskan kepada kita manhaj yang lurus dalam memilih istri. Beliau tidak membiarkan para pemuda dan pemudi tenggelam dalam khayalan dan lamunan yang telah menjadi salah satu penghambat langkah menuju jenjang pernikahan yang sangat mereka butuhkan itu. mengikuti berita berita yang menyibukkan pikirannya seperti berita para selebritis atau membaca majalah majalah cabul. Apakah . minum. dan beban. Kalaulah kita kembali kepada tata cara yang benar yang telah digariskan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kita. yang masuk melalui berbagai macam media. [Takut Mengemban Tanggung Jawab] -------------------------------Banyak muda mudi Islam yang menghindari pernikahan karena anggapan buruk yang menggelayut dalam diri dan benak mereka bahwa pernikahan itu adalah tanggung jawab. baik audio visual. ikatan.

Diantaranya tidak mempersulit dalam masalah kriteria pasangan ideal. Dan masih banyak lagi contoh contoh lain bagi muda mudi Islam supaya mampu mengemban tanggung jawab dengan sempurna sebagai hasil dari tarbiyah hasanah yang diberikan kepada mereka.muda mudi seperti mereka mampu mengemban tanggung jawab rumah tangga? Sesungguhnya ulama tarbiyah menegaskan pentingnya peran keluarga dalam mendidik generasi muda. Dan bagi para wali. dll. Ada saja hambatan hambatan yang pada intinya ingin mementahkan niat baik seseorang untuk menikah. Semoga dengan itu bisa diperoleh wawasan yang dapat membantu menepis halangan untuk menikah. boleh jadi tidak selamanya mulus. barengi juga dengan upaya mempermudah jalan untuk menikah. Beliau mentarbiyah para sahabat agar mempunyai tanggung jawab. Saya kira buku ini perlu dibaca oleh siapa saja yang ingin menikah tetapi menghadapi batu sandungan. syarat . Kemudian.yang pada saat itu masih berusia tujuh belas atau delapan belas tahun sebagai pemimpin pasukan yang di dalamnya terdapat para shahabat senior. pasrah dan acuh tak acuh. Sehingga sejalan dengan doa yang sering kita dengar diantara ikhwan dan akhwat yang akan menikah yaitu "semoga dimudahkan Allah". pentingnya mengemban amanah dan adanya rasa tanggung jawab. Beliau sengaja memilih Usamah bin Zaid radhiyallahu 'anhu . hendaklah mendidik generasi muda dengan tarbiyah Islamiyah yang benar. Bila kita ingin dimudahkan Allah dalam masalah pernikahan ini. maka sudah seharusnya kita berupaya juga dengan mempermudah diri dan tidak malah mempersulit diri. Dengan itu kita telah membuat jalan agar turun . menanamkan pada diri mereka sifat mandiri agar mereka tidak menjadi orang yang pemalas. ----------------- [PERSONAL VIEW] --------------Jalan untuk menikah. Sunguh pada diri Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam terdapat contoh dan suri tauladan yang baik bagi kita semua.syarat. masalah mahar.

pertolongan Allah. Untuk masalah pernikahan. Dan Apa Yang Dilihat Ketika Nazhar Masalah 191 Apa Yang Dilarang Dan Dibolehkan Dalam Masalah Meminang Pinangan Orang Lain Sesama Muslim? Masalah 192 . ada banyak masalah yang diulas yang umumnya terjadi di masyarakat dan perlu diketahui oleh ummat Islam. sebagiannya yaitu : Masalah 190 Disyariatkannya Nazhar (Melihat Perempuan Yang Akan Dipinang)...Oktober 2006 Halaman : 312 halaman Al Masaail 7 hadir dengan membahas masalah masalah seputar muamalah dan hukum hukum seputar masalah pernikahan.:: Al Masaa il 7 ::. Judul : Al Masaa'il 7 Pengarang : Abdul Hakim bin Amir Abdat Penerbit : Darus Sunnah Jakarta Cetakan : Pertama .. Ringkasan ini dibuat oleh Chandraleka Di Depok 8 Oktober 2006 .:: Al Masaa il 7 :: Memilih Pasangan .

Setelah Nazhar atau Dinazhar Tidak Jadi Meminang (Khitbah) Atau Tidak Jadi Nikah Masalah 193 Membatalkan Pinangan Masalah 194 Seorang Wanita Menawarkan Dirinya Untuk Dinikahi Oleh Laki Laki Yang Menjadi Pilihannya Masalah 195 Seorang Menawarkan Anak Perempuannya Atau Saudara Perempuannya Kepada Laki Laki Shalih Yang Dia Pilih Untuk Dinikahi Oleh Laki Laki Itu Walaupun Laki Laki Pilihannya Itu Telah Mempunyai Istri Masalah 196 Tidak Sah Nikah Tanpa Wali Bagi Gadis Maupun Janda Masalah 197 Sulthan Adalah Sebagai Wali Bagi Wanita Yang Tidak Mempunyai Wali Masalah 198 Apabila Walinya Yang Menikahinya Sendiri Masalah 199 Apabila Wali Tidak Mau Mewalikan Atau Menghalangi Pernikahan Masalah 200 Hukum Khotbah Nikah Tidak Wajib Masalah 201 Perintah Kepada Para Pemuda Yang Telah Mampu Untuk Segera Menikah Masalah 202 .

" Hadits Shahih. 1466) dan yang selain keduanya. karena kalau tidak niscaya engkau akan merugi. Abdul Hakim bin Amir Abdat -------------------------------------------------------Dari Abi Hurairah. Lalu aku bertemu Nabi shallallahu'alaihi wa sallam.Orang Yang Tidak Mampu Menikah Masalah 203 Memilih Pasangan Masalah 204 Kawin Paksa Salah satu topik bahasan yang menarik diantara topik topik lain yang memang menarik untuk diketahui adalah [M A S A L A H 2 0 3 : M E M I L I H P A S A N G A N] Oleh Ust. 5090) dan Muslim (no. Hadits yang lain: Dari Jabir bin Abdullah. ia berkata: Aku pernah menikahi seorang wanita pada zaman Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam. karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah yang beragama. maka beliau bertanya (kepadaku): "Ya Jabir. Telah dikeluarkan oleh Bukhari (no. karena kemuliaan keturunannya. dari Nabi shallallahu'alaihi wa sallam beliau bersabda: "Wanita itu biasa dinikahi karena empat perkara: karena hartanya. apakah engkau telah menikah?" Aku menjawab : "Ya" Beliau bertanya lagi : "Dengan perawan atau janda?" .

" Beliau bertanya lagi: "Kenapa tidak perawan saja yang engkau dapat bermain dengannya?" Aku menjelaskan : "Wahai Rasulullah." Hadits Shahih. Kemudian Nabi shallallahu'alaihi wa sallam telah memberikan petunjuk kepada kita untuk memilih yang tertinggi dan yang termulia yang akan memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. maka aku khawatir dia masuk diantaraku dan di antara saudara saudara perempuanku. Tidak demikian! Ini adalah sebuah kesalahan di dalam memahami hadits. FIQIH HADITS -----------Di dalam dua buah hadits yang mulia ini Nabi telah menjelaskan kepada kita akan adat atau kebiasaan laki laki menikahi wanita karena salah satu dari empat perkara yang tersebut di atas. karena hartanya. yaitu pilihlah yang beragama."[1] Beliau bersabda: "Kalau begitu (alasanmu) bagus. karena kecantikannya. Akan tetapi maksudnya -Insya . Yang dimaksud dengan yang beragama ialah wanita yang shalihah sebagaimana hadits selanjutnya setelah ini dari hadits 'Abdullah bin 'Amr. sesungguhnya aku mempunyai beberapa orang saudara perempuan. Sesungguhnya perempuan itu biasanya dinikahi karena agamanya. maka hendaklah engkau memilih yang beragama pasti engkau akan beruntung. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa laki laki tidak boleh memilih wanita yang cantik dan seterusnya sebagaimana yang tersebut di hadits. Telah dikeluarkan oleh Muslim sesudah hadits Abu Hurairah.Aku menjawab : "Dengan janda.

Atau ketika akan memilih dia menentukan sesuai dengan apa yang dia mau -atau katakanlah olehmu sesuai dengan seleranya. apakah pilihannya seorang wanita shalihah? Apakah agamanya dan akhlaqnya secantik wajahnya? Kalau jawabannya adalah "ya". Padahal sebaik baik kesenangan. karena memang berjalan bersama dengan adat atau kebiasaan yang berlaku pada manusia. maka dia boleh melanjutkan pilihannya. Oleh karena itu Nabi kita yang mulia shallallahu'alaihi wa sallam mengatakan : "Wanita itu biasa dinikahi karena empat perkara :. kalau pilihanmu jatuh kepada wanita shalihah. berarti dia telah mendahulukan keshalihan (yakni agama) dari kecantikan. Maknanya. yang begini dan begitu dan seterusnya. Imma dia melanjutkan pilihannya. Kiaskanlah dengan keistimewaan yang lainnya! Tetapi kalau jawabannya "tidak". kemewahan. yang tinggi." Akan tetapi tetap saja penentuan akhirnya ada pada agama sebagaimana Nabi shallallahu'alaihi wa sallam mengakhiri dan menutup sabdanya: Maka pilihlah yang beragama! Dari sini Nabi yang mulia shallallahu'alaihi wa sallam telah memberikan pengarahan dan petunjuk serta nasehat yang sangat besar. berarti dia telah mendahulukan kecantikan dari keshalihan.seperti ini: Misalnya ada seorang laki laki memilih seorang wanita yang cantik parasnya. Imma dia membatalkan pilihannya.. harta benda dunia dalah wanita shalihah.Allah Ta'ala. Kemudian dia melihat. Demikian juga hukum ini berlaku kepada setiap muslimah yang akan menjatuhkan pilihannya kepada laki laki . yang putih.. bahwa: Janganlah kau kalahkan agamamu dengan segala macam kecantikan dan harta benda duniawi. berarti engkau telah memiliki harta benda dan kesenangan dunia yang terbaik. Istimewa kalau wanita shalihah pilihanmu itu adalah seperti yang kau ingini.: Saya akan memilih wanita yang cantik. Pilihan yang seperti ini dibolehkan dan agama tidak pernah melarangnya. maka dia dihadapkan kepada dua pilihan yang salah satunya harus dia tentukan dan tetapkan.

dan kalau dia meminta tolong (pasti) tidak akan ditolong. Perhatikanlah sabda Nabi shallallahu'alaihi wa sallam di bawah ini: Dari Sahl bin Sa'ad As Saa'idiy. dan sebaik baik kesenangan dunia ialah wanita shalihah." . dan kalau dia meminta tolong (pasti) akan ditolong. 1467). (Orang) ini. layak sekali kalau dia meminang (pasti) akan (diterima pinangannya kemudian) dinikahkan. maka hendaklah dia memilih laki laki yang shalih yang akan menuntunnya ke jannah dan menjaganya dari api jahannam. Demikian juga dengan wanita." Sahl bin Sa'ad As Saa'aidiy berkata: "Maka Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam diam (tidak menjawab). maka Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam kembali bertanya kepada laki laki yang sedang duduk di sisi beliau: "Bagaimana pendapatmu tentang orang ini?" Maka laki laki itu menjawab: "Wahai Rasulullah. Telah dikeluarkan oleh Muslim (no. ia berkata: Ada seorang laki laki lewat dihadapan Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam maka beliau bertanya kepada laki laki yang sedang duduk di sisi beliau: "Bagaimana pendapatmu tentang orang ini?" Maka laki laki (yang lagi duduk di sisi beliau itu) menjawab: "Dia adalah seorang laki laki dari orang yang paling mulia (yakni karena kekayaannya). demi Allah. dan kalau dia berkata (pasti) akan didengar. Dari 'Abdullah bin 'Amr (ia berkata): Sesungguhnya Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam telah bersabda: "Dunia ini adalah kesenangan. (Orang) ini patut kalau dia meminang (pasti) tidak akan dinikahkan. Hadits yang mulia ini sebagai tafsir dari apa yang dimaksud dengan sabda beliau shallallahu'alaihi wa sallam: Pilihlah yang beragama! Yaitu wanita yang shalihah. ini adalah seorang laki laki dari orang orang faqir kaum muslimin. dan kalau dia berkata (pasti) tidak akan didengar." Hadits shahih.muslim. Kemudian lewat lagi seorang laki laki (yang lain).

Mengingat pentingnya pembahasan tentang pernikahan ini. yang membahas hal hal yang perlu diketahui sebelum pernikahan. agar kita tidak merugi nantinya. maka perlu juga dibuat suatu buku khusus pra pernikahan. ------------------Demikian masalah 203 yang ditulis oleh Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat menuliskan suatu buku khusus yang memuat panduan bagi para ikhwan dan akhwat yang membahas jalan menuju pernikahan. dst. 5091 & 6447). Karena inilah yang paling penting. Yaitu apa apa yang perlu dipersiapkan dan ditempuh untuk menuju pernikahan sesuai Al Qur'an dan Sunnah Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam. alangkah baiknya bila suatu saat Ust. Wassalamua'alaikum Ringkasan buku ini dibuat oleh : . tema pembahasan adalah seputar persiapan dan pendidikan anak. Telah dikeluarkan oleh Bukhari (no. Abdul Hakim bin Amir Abdat. Bila pada buku beliau Menanti Buah Hati. sepanjang tidak melupakan masalah agama orang yang kita pilih. [PERSONAL VIEW] Dari pembahasan tersebut kita mengetahui bahwa tidak terlarang bila kita mencari pendamping hidup yang cantik / ganteng." Hadits shahih.Maka Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Orang ini lebih baik sepenuh bumi dari yang seperti orang itu (yakni orang yang sebelumnya).

Penjelasan Penting Seputar Penyelenggaraan Pesta Pernikahan Alih Bahasa : Hidayat Joko W Penerbit : Al Qowam Solo Cetakan : Pertama. September 2005 Halaman : x+86 Buku yang ringkas ini. pengertiannya adalah hidangan yang khusus diperuntukkan untuk pesta pernikahan. Sedangkan walimah. waktu pelaksanaannya. bila ditinjau dari aspek istilah. . hikmahnya.. Semuanya disusun dalam 13 bab.Chandraleka Independent IT Writer Hukum .Hukum Walimah . Hukum . dikemas dalam bentuk buku saku.. hukum memenuhi undangan. Judul Asli : Min Ahkaami 'l-Waliimah min Syarhi Manaari's Sabiil Penulis : Kholid bin Ibrohim Ash Shoq'abii Judul Indonesia : Hukum . Inilah sebagian pembahasannya yang bisa saya kutip dengan meringkasnya: [PERMASALAHAN KE-1] PENGERTIAN WALIMAH DITINJAU DARI ASPEK BAHASA DAN SYARA' -------------------------------------------------------Walimah ditinjau dari aspek bahasa artinya adalah sempurna dan berhimpunnya sesuatu.Hukum Walimah . Yaitu hukumnya. Isinya seputar masalah penyelenggaraan walimah atau pesta pernikahan.Hukum Walimah . dst.

[PERMASALAHAN KE-5] WAKTU PELAKSANAAN PESTA PERNIKAHAN ---------------------------------Berkaitan dengan permasalahan ini. Untuk memberi makan para fakir miskin. terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ulama. mayoritas ulama berpandangan bahwa menyelenggarakan pesta pernikahan hukumnya adalah sunnah muakkadah. serta bisa menjadikan hati menjadi lega. [PERMASALAHAN KE-3] HUKUM MENYELENGGARAKAN PESTA PERNIKAHAN --------------------------------------Dalam kaitannya dengan hal ini. Untuk melaksanakan perintah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan meneladani perbuatan beliau. Pendapat pertama. Untuk mensyukuri Allah atas limpahan nikmat bisa menikah tersebut.[PERMASALAHAN KE-2] HIKMAH DIADAKANNYA PESTA PERNIKAHAN ----------------------------------1. Untuk mengumumkan akad nikah. 4. 5. wajib. Mengumumkan akad nikah adalah diwajibkan. demi untuk membedakannya dari perzinaan. karena bisa menikah merupakan suatu nikmat. Pendapat kedua. Untuk menampakkan nikmat bisa menikah. [PERMASALAHAN KE-4] BATASAN SEDIKIT BANYAKNYA HIDANGAN PADA PESTA PERNIKAHAN -------------------------------------------------------Tidak ada batasan bagi penyelenggaraan pesta pernikahan dari segi banyak atau sedikitnya hidangan yang dihidangkan. terdapat dua pendapat. senang dan tentram 6. . Adanya silaturahmi jika mereka yang menyelenggarakan pesta pernikahan tersebut masih kerabat dekat. 2. 3.

Orang yang diundang itu tidak punya udzur. Pendapat kedua. Jika ia mempunyai udzur.Para ulama pengikut madzhab Hambali berpendapat. Rentang waktu pada hari hari itu adalah saat saat bisa diselenggarakan pesta pernikahan. Pendapat ketiga. "Waktunya setelah terjadinya persetubuhan. Undangan itu adalah yang pertama kali. Sedangkan undangan pesta pernikahan pada hari keduanya tidaklah wajib untuk dihadiri. sebagian pengikut madzhab Syafi'i dan Hambali berpendapat bahwa menghadiri undangan pesta pernikahan hukumnya adalah fardhu kifayah. Dalam pesta pernikahan itu tidak ada kemungkaran. Pesta pernikahan bisa saja diselenggarakan setelah terjadinya akad sampai terjadinya persetubuhan. tidak wajib [PERMASALAHAN KE-7] BERBAGAI SYARAT DARI KEWAJIBAN MENGHADIRI UNDANGAN ----------------------------------------Menghadiri undangan untuk bisa sampai pada taraf wajib. karena penyebabnya masih ada. "Waktunya setelah dilangsungkan akad." Para ulama pengikut madzhab Maliki berpendapat. [PERMASALAHAN KE-6] HUKUM MEMENUHI UNDANGAN PESTA PERNIKAHAN ---------------------------------------Pendapat pertama. . karena tidak semua undangan wajib untuk dihadiri." Yakni setelah suami bersetubuh dengan istrinya. 2. maka tidak diwajibkan untuk menghadiri pernikahan itu. 3. sebagian pengikut madzhab Hambali dan Syafi'i lagi berpendapat bahwa hukumnya adalah sunnah. haruslah ada berbagai syaratnya. Adapun berbagai syaratnya tersebut adalah: 1. mayoritas ulama berpendapat bahwa menghadiri undangan pesta pernikahan hukumnya wajib. Maksudnya pada pesta pernikahan di hari pertamanya. yakni adanya kebahagiaan yang masih berlangsung. Yang lebih mendekati kebenaran dalam hal ini adalah bahwa cakupan permasalahan ini amatlah luas.

Menghadiri undangan yang seperti ini hukumnya adalah diharamkan dan memang tidak diperbolehkan untuk menghadirinya. Bila Anda penasaran. kemudian ia berkata kepadanya.4. 7. Sebagai dalilnya adalah Nabi shallallahu'alaihi wa sallam pernah menghadiri undangan seorang Yahudi. Orang yang mengundang mempunyai sumber mata pencaharian yang baik (halal). 5. . ia dibolehkan dihadiri jika memang ada maslahat syar'inya. tidaklah terlepas dari dua hal berikut ini: 1. Hendaknya orang yang mengundang adalah seorang muslim yang mana ia diharamkan untuk mendiamkannya. undangan yang seperti ini tidak boleh dihadiri. Undangan itu berkaitan dengan urusan duniawi. Undangan itu berkaitan dengan simbol simbol agama mereka. silahkan baca buku ini selanjutnya. Dari membaca buku ini kita juga bisa mengetahui bahwa ada beberapa bagian dari masalah walimah yang diserahkan / dikembalikan kepada kebiasaan masyarakat setempat. seperti jika orang yang mengundang itu mendatangi atau menelpon orang yang diundang. "Datanglah engkau!" [PERMASALAHAN KE-8] HUKUM MENGHADIRI UNDANGAN ORANG KAFIR ------------------------------------Masalah menghadiri undangan orang kafir. Hendaknya undangan itu disampaikan secara khusus. seperti jika ada momen pernikahan pada mereka. [PERSONAL VIEW] Buku ini cukup ringkas dan global dalam membahas permasalahan seputar walimah. Saya kira baik untuk dijadikan sebagai pengantar untuk mengetahui hal hal yang umum seputar walimah. dan kemudian mereka mengundangmu. 6. Misalnya saja dalam masalah biaya pesta pernikahan. Sedangkan menurut pendapat Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyah). Maka menurut pendapat yang masyhur. 2. Orang yang mengundang adalah seorang muslim.

Solo Cetakan : (Tidak tertulis) Tahun : (Tidak tertulis) [ISI BUKU] .Contoh istri shalihah . Karena ia lebih bisa menjaga pandangan dan menjaga kemaluan. Inilah dia : .sebagai buah yang bisa didapat karena memiliki istri shalihah.Gadis itu dari kalangan mereka ." (Muttafaq 'alaih).Mukaddimah .Seruan Buku ini dimulai dengan satu sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam (yang artinya) :"Wahai sekalian pemuda.Dimana Anda mendapatkan wanita shalihah? .Pengalaman nyata .ada 36 point .Buah yang dipetik karena memiliki istri shalihah .Bernilai taat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam karena Nabi .Istri Shalihah Anugrah Terindah Resensi Buku Judul : Istri Shalihah Anugrah Terindah Penulis : Abdul Malik Al Qosim Penerbit : At Tibyan .Keteguhan . Sebagiannya akan saya kutip di sini. barangsiapa di antara kalian telah mampu. [BUAH YANG DIPETIK KARENA MEMILIKI ISTRI SHALIHAH] Kemudian sang penulis menurunkan puluhan point point .Buah memperistri wanita shalihah . maka hendaknya segera menikah.

Dia mengetahui hak kepemimpinan suami. maka putuslah seluruh amalnya kecuali tiga perkara. (yang artinya) "atau anak shalih yang mendoakannya. . bukan orang yang hobi keluar masuk rumah sebagai realisasi dari firman Allah (yang artinya) : . Dia juga akan mengucapkan terima kasih atas usahamu. sebaik baik perhiasan adalah istri yang shalihah. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam (yang artinya) "Jika anak Adam mati. fajir atau prasangka buruk lainnya.Menikah dengan wanita shalihah akan mendukungnya untuk melakukan ketaatan dan memudahkan baginya untuk menekuni ibadah." Nabi menyebutkan diantaranya.Istri shalihah akan mendoakan suaminya ketika shalat. Dia tidak akan mendurhakai suami atau membangkang kepadanya. mengucapkan kata kata yang baik dan menyingkirkan gangguan." (HR. . .Pahala yang akan diperoleh oleh pasangan suami istri setiap kali berinfak. Karena tanda wanita shalihah adalah berterima kasih kepada suami yang telah berlaku baik kepadanya. . keelokannya dan keindahannya. . dengannya dia bisa mendapatkan pahala. . atas nafkah yang telah engkau berikan kepadanya dan kebaikanmu.. Muslim). menolong. ." (HR.. .Pahala yang besar sebagai konsekuensi mendidik anak anak dengan baik. Muslim) .Istri shalihah senantiasa berorientasi padala setiap kali bekerja.Menjauhkan prasangka orang bahwa dia seorang yang lemah (syahwat).Menikah dengan istri shalihah lebih dekat (mudah) untuk mendatangkan kebahagiaan. Sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam (yang artinya) : "Dunia itu adalah perhiasan. .Menghasilkan keturunan yang baik dan menyambung nasab.menganjurkan untuk menikah.Wanita shalihah menjadi teman yang betah tinggal di rumah. .Sesungguhnya menikahi wanita shalihah adalah merupakan perhiasan dunia. berdiri maupun duduk. .Mentaati Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam yang memberikan arahan agar menikah dengan wanita shalihah.

masing masing mencengkeram leher yang lain dan bermaksud untuk memukulnya. Selanjutnya dia menghilang dari Madinah dalam jangka waktu yang sangat lama."Dan hendaklah kamu tetap tinggal di rumahmu. yang cukup menarik. Farrukh meninggalkan untuk istrinya Ummu Rabi'ah 30 000 dinar. memohonkan rahmat dan maghfirah serta berusaha meninggikan derajatmu di akhirat. Sang penulis menjelaskan kiprah wanita . Al Ahzaab : 33) . baik ketika anaknya masih hidup maupun setelah wafat. Dia mengendarai kuda dengan membawa tombak di tangannya. [BUAH MEMPERISTRI WANITA SHALIHAH] Buah dan akibat pernikahan dengan wanita shalihah. putra beliau masih menjadi janin di rahim ibunya. Inilah kisahnya." (QS. Ketika dia sampai di Madinah langsung menuju ke rumahnya dan membuka pintu dengan tombaknya. yaitu kisah Rabi'ah Ar Ra'yi. Mereka segera ingin membantu gurunya (Rabi'ah) untuk mengalahkan musuh yang memasuki rumahnya. Abdul Wahhab bin Atha' Al Khaffaf berkata: Para masyayikh di Madinah bercerita bahwa Farrukh Abu Abdurrahman ayahanda Rabi'ah rahimahullah keluar untuk berperang ke Khurasan di masa pemerintahan Bani Umayyah. Lalu sampailah kabar tersebut kepada Malik bin Anas rahimahullah dan beberapa syeikh. Rabi'ah sampai . para ulama dan tokoh tokoh islam.Jika suatu ketika musibah kematian menimpa seorang suami. Kemudian baru kembali setelah dua puluh tujuh tahun kemudian.wanita muslimah dalam membina pemimpin umat. Saya kutip salah satunya. engkau yang hendak mengganggu istriku di rumahku. Rabi'ah berkata : "Wahai musuh Allah. Tiba tiba Rabi'ah keluar menemui dia sedangkan beliau tidak tahu bahwa dia adalah ayahnya. lalu masuk rumah." Lalu keduanya saling terkam. apakah engkau hendak menyerang rumahku?" Farrukh menyahut : "Wahai musuh Allah. Suara keduanya makin keras hingga para tetangga berkumpul. ketika Allah mewafatkannya. maka istri shalihah akan setia mendoakanmu. Ketika itu Rabi'ah. salah satunya adalah terjaganya anak anak. gurunya Imam Malik bin Anas.

Rabi'ah menundukkan kepala sehingga Farrukh tidak melihatnya. Kemudian Rabi'ah keluar menuju masjid dan duduk di halaqahnya. aku melihat anakmu berada dalam kedudukan yang belum pernah aku melihat ahli ilmu dan ahli fikih yang seperti itu!" Istrinya berkata : "Manakah yang lebih Anda suka. Lalu Malik berkata kepada Farrukh: "Wahai syeikh. Farrukh keluar menuju masjid dan melihat suatu majlis ilmu yang dipenuhi oleh para penuntut ilmu. Sementara itu Ummu Rabi'ah berkata kepada Farrukh suaminya: "Keluarlah dan shalatlah di Masjid Rasulullah. orang yang paling menguasai ilmu. Akan tetapi ketika sang ayah mendengar suara syeikh yang berbicara. dan ini adalah anakku yang dia tinggalkan ketika saya masih mengandungnya. karena engkau mengganggu istriku!" Perdebatan semakin ramai. juga komentar orang orang: "Dia adalah Rabi'ah bin Abi Abdirrahman!" diapun berkata: "Sungguh Allah telah mengangkat derajat anakku!" Diapun bergegas pulang dan berkata kepada istrinya: "Demi Allah. Ketika itu. Setelah itu Farrukh masuk rumah dan berkata kepada istrinya: "Inikah anakku yang aku tinggalkan ketika masih janin?" Istrinya menjawab: "Benar. begitupun Al Hasan bin Yazid dan Ibnu Abi Ali yang dikenal sebagai tokoh tokoh penduduk Madinah. Lalu Imam Malik mendatanginya." Lalu keduanya saling berpelukan. mereka pun diam. Istrinya berkata : "Aku telah menabungnya dan aku akan mengeluarkannya untukmu beberapa hari lagi". Ketika mereka melihat Imam Malik. Saya juga masih membawa uang sebanyak 4000 dinar". istrinya mendengar suaranya. dia berkata : "Aku tidak akan melepaskanmu kecuali di hadapan Sulthan. Anda memiliki bukti selain rumah ini?" Farrukh berkata: "Ini adalah rumahku dan saya adalah Farrukh. 30 ." Ketika itu." Farrukh berkata: "Keluarkanlah harta yang pernah aku tinggalkan kepadamu. lalu dia bergegas keluar dan berkata: "Ini suamiku. Dia mendatanginya dan ikut di dalamnya. Mereka menyisihkan sedikit tempat untuknya lalu ikut mendengarkan kajian. Begitupun Farrukh. Mereka hendak menuntut ilmu kepada Rabi'ah. yakni Farrukh dan putranya Rabi'ah dan keduanya pun menangis haru.berkata : "Demi Allah aku tidak akan melepaskanmu sampai melaporkannya kepada Sulthan".

"Hendaklah engkau memilih wanita yang baik agamanya. niscaya engkau akan beruntung." Lalu istrinya berkata: "Sesungguhnya aku telah membelanjakan seluruh harta yang engkau tinggalkan untuk pendidikan anakmu." (Muttafaq 'alaihi). Dan tidak tertutup juga buat mereka yang sudah menikah." (Hal. termasuk juga dalam mendidik anak anaknya. Karena bila tidak. Saya kira buku ini patut sekali dibaca dan dipahami oleh mereka yang akan menikah. 81).." (Hal. Barang siapa hendak melamar wanita baik baik maka tidak perlu memberikan mahar yang terlalu mahal. Baik para ikhwan dan juga akhwat. mentaati Allah Subhanahu wa ta'ala dan perintah Rasul Nya yang mulia. Syaikh Abdul Malik Al Qosim berkata. Benarlah apa yang dikatakan Rasulullah (yang artinya). [PERSONAL VIEW] Ini satu buku yang memberikan jawaban kenapa harus menikahi wanita shalihah." Farrukh berkata : "Sungguh engkau tidak menyia nyiakan harta itu. Dijelaskan puluhan manfaat di buku tersebut. [SERUAN] Pada halaman terakhir. 64 ... Yang perlu Anda pikirkan pertama ketika hendak menikah dengan wanita shalihah adalah memikirkan upaya untuk memperbaiki dirimu sendiri.67). Banyak manfaat yang diperoleh dengan menikahi wanita shalihah. . Yakni hendaknya Anda berupaya menjadi laki laki yang shalih yang berakhlak dengan akhlak Al Qur'an. Sehingga engkau sukses bersama seorang istri yang shalihah. Dilanjutkan dengan banyak kisah yang menggambarkan kiprah para wanita shalihah dalam berbakti kepada suaminya. "Sudah seharusnya Anda menyempurnakan syarat istiqomah dalam pribadimu. Adalah sia sia jika seorang yang lalai ingin melamar wanita baik baik.000 dinar ataukah kemuliaan yang diraih oleh anakmu?" Farrukh menjawab: "Demi Allah keadaan anakku lebih aku sukai daripada uang 30 000 dinar. doa mereka pun tidak bisa diharapkan .

BAB I Berbicara tentang kisah seorang istri yang meminangkan seorang wanita untuk suaminya. diantaranya adalah kisah Sarah yang meminang Hajar untuk Ibrahim Alaihissalam. BAB II Pada bab ini pembahasan seputar keutamaan poligami. Nasrani. hukum poligami. 3. bahaya dilarangnya poligami. sebab sebab wanita menerima poligami.Istriku Menikahkanku Resensi Buku Judul : Istriku Menikahkanku Penulis : As Sayyid bin Abdul Aziz As Sa'dani Penerbit: Darul Falah Cetakan : I Tahun : Agustus 2004 M Halaman : xxii + 173 [ISI BUKU] Buku ini berbicara panjang lebar tentang ta'addud (poligami). Buku ini terdiri dari tiga bagian besar: 1. dan juga untuk suami yang berpoligami. Dilanjutkan dengan sebab sebab ketakutan para wanita terhadap poligami. Masa Jahiliyah. dan dalam Islam. yaitu poligami dalam Yahudi. Termasuk juga dibahas tentang bagaimana membuat para istri menerima poligami. . 2. dan juga sebab sebab keberhasilan dan kegagalan sebagian laki laki dalam berpoligami. Diikuti dengan contoh contoh lain dari wanita wanita yang meminangkan untuk suami suami mereka. faedah faedah poligami. dan tidak kalah menariknya tentang poligami sepanjang sejarah. BAB III Pembahasan seputar nasihat nasihat untuk istri pertama. dll. kedua.

Tidak adanya kecocokan kecenderungan dan tujuan hidup 4.[SEBAB SEBAB KETAKUTAN WANITA TERHADAP POLIGAMI] Berikut saya kutipkan point point penting dan menarik dari Bab I Pasal 6. Keinginan mereka mendapatkan pahala di sisi Allah yang besar bagi orang . saya akan tuliskan sebagian sebab sebagian wanita menerima ta'addud : 1. Begitu juga pertanyaan pertanyaan yang disebarkan dalam bentuk angket. Dari hasilnya disimpulkan bahwasanya wanita wanita takut suami mereka menikah lagi karena: 1. Perasaan takut disia siakan ketika suaminya menikah lagi. Menolak ta'addud walaupun suami berlaku adil [SEBAB SEBAB SEBAGIAN WANITA MENERIMA TA'ADDUD] Sang penulis menurunkan 11 sebab. Mereka minta cerai ketika suami ingin menikah lagi 4. Mereka meminta suami membatalkan keinginan untuk menikah lagi 3. Istri istri meminta suami berlaku adil ketika telah memiliki anak anak 2. yang diberikan pada 100 orang dari kedua jenis. Kebutuhan kebutuhan emosi dan pemikiran yang tidak terpenuhi pada laki laki 3. Perbedaan dalam tingkat kehidupan sosial 5. Berkurangnya keberadaan suami di rumah dan tidak adanya perhatian terhadap anak anak 3. Buruknya kondisi kesehatan istri Angket tersebut juga menjelaskan bagaimana kondisi istri ketika suami memberitahukan keinginannya menikah lagi: 1. menjelaskan penyebab yang mendorong keinginan untuk menikah lagi dengan wanita lain : 1. Meningkatnya tingkat ekonomi suami 2. Koran 'Ukazh telah menyebarkan angket tentang ta'addud. Takut perhatian suaminya terhadap dirinya akan berkurang 2.

maka sungguh ia telah mendapatkan keberuntungan yang besar. "Menikahlah! Sesungguhnya sebaik baik umat ini adalah yang paling banyak istrinya. Wanita percaya terhadap agama suaminya bahwa ia akan berlaku adil diantara istri istrinya 6. 5. serta dampak dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap kehidupan masyarakat 4. Dia berkata. Barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul Nya. saya kutip beberapa ayat dan haditsnya : Diriwayatkan dari Sa'id bin Jubair Radhiyallahu anhu bahwasanya Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma bertanya kepadanya. Meningkatnya taraf ekonomi suami di antara perkara yang membuatnya tenang [KEUTAMAAN TA'ADDUD] Pada halaman 78 dimuat keutamaan poligami. cintanya terhadap saudari saudarinya dari kalangan perawan tua dan janda. sungguh ia telah tersesat dengan kesesatan yang nyata." (Diriwayatkan Bukhari . "Tidak". lalu mereka memiliki pilihan lain dari urusan mereka. Memiliki ilmu tentang hukum hukum syar'iyyah dan penyerahan diri yang sempurna terhadap qadha' Allah membuat mereka menerima syariat ta'addud dengan jiwa yang ridha dan tenang karena mengamalkan firman Nya. "Apakah kamu telah menikah?" Sa'id bin Jubair menjawab." (Al Ahzab : 36) 3.yang mentaati Allah dan Rasul Nya. Allah Ta'ala berfirman : ". "Dan tidaklah patut bagi seorang Mukmin dan mukminah apabila Allah dan Rasul Nya telah memutuskan satu perkara.." (Al Ahzab : 71) 2. Rasa tanggung jawab wanita. Barangsiapa yang bermaksiat kepada Allah dan Rasul Nya. tapi belum menikah. Kepahaman mereka terhadap bahaya bertambahnya jumlah wanita yang menua..

'Demi (Allah) Yang jiwaku berada di tangan Nya. Daud . . yang melahirkan setengah manusia. [FAEDAH FAEDAH TA'ADDUD] Sesungguhnya ta'addud memiliki faedah faedah yang agung. kalau ia mengucapkan insya Allah.menikah dengan seribu wanita... tiga. 'Aku pasti akan menggilir seratus atau sembilan puluh sembilan wanita (istrinya) malam ini. 'Berkata Sulaiman alaihissallam. atau empat..(9/140). Seluruhnya pasti melahirkan pahlawan yang berperang dijalan Allah'. Dalam ta'addud ada bentuk ketaatan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan meneladani sunnahnya. Ibrahim alaihissalam menikahi dua istri. dua.sebagaimana disebutkan dalam Taurat . diantaranya (pasal 3 hal.. niscaya mereka akan berperang di jalan Allah sebagai pahlawan seluruhnya'. "Sungguh bagi kalian pada diri Rasulullah itu ada suri tauladan yang baik . 88 .93): 1. Mengentaskan permasalahan bertambahnya jumlah wanita wanita yang menjadi perawan tua karena banyaknya kaum lelaki yang terbunuh di dalam peperangan. kecuali seorang. Sulaiman menikah dengan seratus wanita. Bukhari Muslim). ". Dia lupa mengucapkannya. Sahabatnya berkata kepadanya."(Al Ahzab : 21) Juga perlu diingat bahwa ta'addud merupakan sunah para nabi dan rasul sebelumnya. Telah berkata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Maka nikahilah wanita wanita (lain) yang kamu senangi."(An Nisaa : 3) Ayat ini menunjukkan bahwa HUKUM ASAL dalam pernikahan itu adalah TA'ADDUD. Oleh karena itu tidak satu pun dari istrinya yang hamil..' Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda. 'Insya Allah'.. 'Ucapkanlah. . (HR.

4. tidak cukup dengan seorang wanita. Sebab sebab wanita membenci poligami. Misalnya. Diantara laki laki ada yang memiliki syahwat yang kuat.2. Ta'addud adalah jalan untuk menjaga kesucian. 5. sedangkan suami terus memiliki kemampuan untuk memiliki anak sampai berumur lebih 70 tahun. wallahu'alam. dan mencegah tersebarnya kekejian. ia takut jatuh pada perbuatan zina. maka masalah tidak hilang. 3. gadis dan perawan tua yang tidak dapat merasakan kehidupan suami istri. mendapatkan kebaikan. Jika diceraikannya. Setelah pernikahan bisa jadi terungkap bahwa istri mandul. termasuk saran saran bagi istri. dll. Apabila ia memiliki kemampuan untuk menikah lagi dengan wanita lain dan tanpa menceraikannya. Cukup . Merupakan suatu ketetapan secara ilmiah bahwa kesuburan wanita untuk melahirkan berhenti setelah berumur 50 tahun. Ta'addud mewujudkan keadilan dan persamaan karena ia membuat wanita tidak memonopoli seorang laki laki. faedah faedahnya. Dia juga seorang yang bertakwa. Oleh karena itu ta'addud adalah cara untuk menjaga kesucian. hukum poligami. Ta'addud merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. menutup pintu zina. 7. ia akan memisahkan antara dirinya dan diri anak anaknya. dan rejeki yang banyak. Kita tidak boleh membatasi suami yang masih ingin memiliki anak. sementara banyak janda. orang tua dan juga suami yang akan berpoligami. Jika suami menahannya dan tidak menikah lagi. Ta'addud adalah salah satu sebab untuk menjadi kaya. istri telah lanjut usia atau sakit dan ia mempunyai anak anak. "menceraikannya adalah lebih baik". jalan keluarnya adalah dengan ta'addud. jalan keluarnya adalah menceraikannya. Sehubungan dengan itu. 6. kecuali dengan ta'addud. maka seorang yang berakal tidak akan mengatakan. [PERSONAL VIEW] Buku yang ditulis oleh As Sayyid bin Abdul Aziz As Sa'dani ini merupakan buku yang cukup lengkap membahas tentang poligami. bersih dan takut zina.

Ketika diutusnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Abu Daud (2/242)) Perlu diingat." (HR. Para nabi berpoligami. maka sang suami boleh menikah lagi. adalah hukum asal pernikahan itu adalah poligami. tidak melarang poligami dan tidak . lalu mereka memiliki pilihan lain dari urusan mereka. para raja raja berpoligami. Bila tidak mampu berlaku adil maka menikahlah satu saja. Membantu wanita agar lebih bisa berkonsentrasi untuk ibadah dan mengawasi anak anak 2. Barangsiapa yang bermaksiat kepada Allah dan Rasul Nya.Ada kesalahpahaman di masyarakat kita. Ini adalah pola pikir yang terbalik. Memberi peluang baginya untuk menyiapkan diri untuk suaminya dan menantinya dengan kerinduan 3. Inilah yang tengah tengah. dengan syarat adil. yaitu : 1. Pada bagian lain di buku tersebut ada juga manfaat / faedah yang didapat bagi istri yang suaminya menikah lagi. ingatlah hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ini "Barangsiapa yang memiliki dua orang istri lalu ia condong pada salah satunya. Maka sangat salah sekali orang orang yang menuduh Islam yang melakukan poligami. Menginapnya suami dengan istri yang lain berarti meringankan beban istri yang belum sampai jadwalnya dalam menginap dari beratnya beban berkhidmat kepada suami Bagi para wanita yang membenci poligami. bahwa poligami sudah ada sejak agama agama terdahulu. sungguh ia telah tersesat dengan kesesatan yang nyata. Islam datang membatasi poligami hanya sampai empat saja. maka ia akan datang pada hari kiamat sedangkan bahunya miring.lengkap. termasuk orang orang besar juga berpoligami. sebelum diutusnya Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam. poligami DIBATASI sampai hanya EMPAT saja. kecuali bila sang istri sakit. ingatlah ayat berikut ini "Dan tidaklah patut bagi seorang Mukmin dan mukminah apabila Allah dan Rasul Nya telah memutuskan satu perkara. Yang benar." (Al Ahzab : 36) Bagi kaum laki yang berpoligami. mereka memandang bahwa pernikahan itu asalnya monogami (satu istri).

http://buku-islam. 2. secara garis besar buku ini berfokus pada dua hal: 1.blogspot... Hukum shalat di masjid masjid yang didirikan di atas kuburan.." (Ali Imran : 132) Semoga bermanfaat. Ringkasan Buku . Hukum pendirian masjid di atas kuburan. Lebih detailnya pembahasan pada masing masing bab adalah: BAB SATU Hadits-hadits tentang larangan menjadikan kuburan sebagai masjid BAB DUA Arti menjadikan makam sebagai masjid BAB TIGA .com Judul : Larangan Shalat di Masjid yang dibangun di Atas Kubur Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani Penerbit : Pustaka Imam Asy Syafi'i Cetakan : I .April 2004 M Halaman : xviii + 275 Ini adalah satu buku ilmiyah yang perlu dan penting untuk dipelajari oleh kaum muslimin. Larangan Shalat di Masjid yang dibangun di Atas Kubur . "Dan taatilah Allah dan Rasul supaya kalian diberi rahmat..membebaskan poligami sebebas bebasnya. Karena memuat pokok permasalahan yang mendasar dalam kaitannya dengan penegakan tauhid dan menutup jalan menuju kemusyrikan.

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam pernah bersabda ketika beliau sakit dan dalam keadaan berbaring: "Allah melaknat orang orang Yahudi dan orang orang Nasrani.Membangun masjid di atas kuburan termasuk dosa besar BAB EMPAT Beberapa syubhat dan jawabannya BAB LIMA Hikmah diharamkannya membangun masjid di atas kuburan BAB ENAM Dimakruhkan shalat di masjid yang dibangun di atas kubur BAB TUJUH Semua ketentuan hukum ini mencakup seluruh masjid kecuali masjid Nabawi Berikut akan saya kutipkan sebagian dari isi buku tersebut yang semoga bermanfaat buat pembaca. hanya saja beliau takut kuburannya itu akan dijadikan sebagai masjid." (HR. semata mata demi ringkasnya tulisan ini. [HADITS HADITS TENTANG LARANGAN MENJADIKAN KUBURAN SEBAGAI MASJID] ----------------------------------------------------------------[] Dari 'Aisyah radhiyallahu'anha dia bercerita. Mereka telah menjadikan kuburan Nabi Nabi mereka sebagai tempat ibadah." 'Aisyah berkata: "Kalau bukan karena takut (laknat) itu. . Dengan meringkasnya dan tidak menyertakan takhrij lengkap dari hadits yang saya kutip. 198 dan VIII/114). Bukhari (III/156. niscaya kuburan beliau akan ditempatkan di tempat terbuka.

Sesungguhnya aku melarang kalian melakukan hal tersebut." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah (II/83/2 dan II 376). Ibnu Hajar al Haitami mengatakan di dalam kitab. KEDUA: Sujud dengan menghadap ke arahnya dan menjadikannya kiblat shalat dan do'a. Maka. Beliau bersabda: "Ketahuilah. janganlah kalian menjadikan kuburan sebagai masjid. dengan pengertian sujud di atasnya." (HR. sesungguhnya orang orang sebelum kalian telah menjadikan makam Nabi Nabi mereka dan orang orang shalih di antara mereka sebagai masjid. KETIGA: Mendirikan masjid di atas makam dan tujuan mengerjakan shalat di dalamnya. aku pernah mendengar Nabi shallallahu'alaihi wa sallam menyampaikan lima hal sebelum wafat. [] Mengenai pengertian yang pertama. dia bercerita. dan sanadnya shahih menurut syarat Muslim). [ARTI MENJADIKAN MAKAM SEBAGAI MASJID] -------------------------------------Yang mungkin dipahami dari kalimat 'menjadikan kuburan sebagai masjid' adalah tiga pengertian: PERTAMA: Shalat di atas makam. Al Bukhari II/422).[] Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu. [] Dari al Harits an Najrani. karena mereka telah menjadikan makam Nabi Nabi mereka sebagai tempat bersujud. az Zawaajir (I/121): "Menjadikan makam sebagai masjid berarti . dia bercerita. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Allah memerangi orang orang Yahudi.

Dan ini sudah sangat jelas. Dan hal itu tidak akan di dapat oleh orang yang tidak melakukan ." Dengan demikian." Pengertian pertama ini didukung oleh beberapa hadist berikut ini: "Janganlah kalian shalat menghadap ke arah makam dan jangan pula shalat di atasnya.shalat di atasnya atau dengan menghadap ke arahnya." (Diriwayatkan oleh Muslim (III/62)). Imam al Bukhari telah menyampaikannya. [] (Untuk pengertian yang kedua). maka akan tampak jelas olehnya dan tanpa ada keraguan sama sekali bahwa membangun masjid di atas kuburan itu adalah haram. di mana dia telah menerjemahkan hadits pertama dengan mengatakan. [MEMBANGUN MASJID DI ATAS KUBURAN TERMASUK DOSA BESAR] -----------------------------------------------------Setiap orang yang memperhatikan secara seksama hadits hadits mulia tersebut." (Diriwayatkan oleh ath Thabrani dalam al Mu'jamul Kabiir (III/145/2)). di mana Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian duduk di atas kuburan dan jangan pula shalat menghadap ke arahnya. bahkan merupakan salah satu perbuatan dosa besar. Dapat saya (syaikh Albani) katakan. [] Sedangkan makna ketiga. pengertian itulah yang secara jelas dilarang. dia telah mengisyaratkan bahwa larangan menjadikan kuburan sebagai masjid berkonsekuensi pada larangan membangun masjid. karena adanya laknat Allah dan penyifatan para pelakunya sebagai makhluk paling jahat (buruk) di sisi Allah Tabaaraka wa Ta'ala. "BAB MAA YUKRAHU MIN ITTIKHAADZIL MASAAJID 'ALAL QUBUUR (BAB DIMAKRUHKAN MEMBANGUN MASJID DI ATAS KUBURAN).

ketujuh. 'Diharamkan bagi kaum muslimin untuk menjadikan makam para Nabi dan ulama sebagai masjid.' " 4. kedelapan. di dalam bukunya al Aatsaar (hal. menjadikannya sebagai berhala. keenam. menyemen kuburan dan membangun masjid di sekitarnya. setelah menyebutkan hadits kelima. 3. al Qurthubi mengemukakan : "Ulama ulama kami mengatakan. MENURUT MADZHAB HANAFI. berjalan berputar putar mengelilinginya. dan yang kesembilan puluh adalah menjadikan kuburan sebagai masjid. MADZHAB SYAFI'I MENYATAKAN BAHWA PERBUATAN TERSEBUT TERMASUK DOSA BESAR Di dalam kitab az Zawaajir 'an Iqtiraafil Kabaa ir (I/20). ahli fiqih.perbuatan dosa besar. keempat. di mana Imam Muhammad. MADZHAB HAMBALI JUGA MENGHARAMKAN . Ibnu Hajar al Haitami mengatakan: "Dosa besar ketiga. kelima. MADZHAB MALIKI MENGHARAMKAN Di dalam Tafsirnya (X/38). sebagaimana yang sudah sangat populer di kalangan mereka. dan shalat menghadapnya. PEMBANGUNAN MASJID DI ATAS MAKAM ITU MAKRUH DENGAN PENGERTIAN HARAM Makruh dengan pengertian syari'at ini telah dikemukakan oleh madzhab Hanafi. 1. murid Abu Hanifah. menyalakan obor di atasnya." Makruh menurut pandangan penganut madzhab Hanafi ini adalah dengan pengertian haram. Dan kami memakruhkan mengecat." 2. 45) mengatakan: "Kami tidak memandang perlu adanya penambahan dari apa yang ada pada kuburan.

dan ulil amri diantara kamu. Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam pernah bersabda ketika beliau sakit dan dalam keadaan berbaring: "Allah melaknat orang orang Yahudi dan orang orang Nasrani. Dari 'Aisyah radhiyallahu'anha dia bercerita. Dengan demikian tidak boleh mendirikan masjid di kuburan. Ini merupakan suatu konsekuensi yang jelas dalam hal ini. Dengan demikian pula. Kemudian jika kamu BERLAINAN PENDAPAT TENTANG SESUATU. ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul(Nya). Mereka telah . Tetapi perlu kita ingat. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. dan juga kitab lainnya. "Hai orang orang yang beriman." (An Nisaa': 59). Kesimpulan ini tentu saja akan berseberangan dengan kenyataan yang ada pada sebagian masyarakat. masjid dan kuburan tidak boleh dihimpunkan.Madzhab Hambali juga mengharamkan pembangunan masjid di atas makam. [PERSONAL VIEW] --------------Dari ringkasan ini dan dari membaca buku karya Syaikh Albani tersebut. Maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul Nya. jika kamu benar benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Sedangkan Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam telah bersabda dalam hadits haditsnya diantaranya. Bahkan sebagian mereka menetapkan tidak sahnya shalat di masjid yang di bangun di atas makam. insya Allah kita bisa mengetahui bahwa dalam Islam itu dilarang menjadikan kuburan sebagai masjid atau tempat sujud atau tempat ibadah. sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab Syarhul Muntahaa. I/353. maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (Sunnahnya).

Tetapi hanya sebagiannya saja yang dia dimudahkan oleh Allah Jalla wa 'Ala untuk mengumpulkannya. niscaya kuburan beliau akan ditempatkan di tempat terbuka. Juni 2004 M Halaman : xii + 102 Buku ini menerangkan tentang sebab sebab turunnya rizqi. maka sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Maka ta'atilah Rasul Nya. Tidak semua sebab sebab turunnya rizki dituliskan oleh sang penulis buku." (An Nisaa': 80). "Barang siapa yang mentaati Rasul." 'Aisyah berkata: "Kalau bukan karena takut (laknat) itu.Jakarta Cetakan : VII. hanya saja beliau takut kuburannya itu akan dijadikan sebagai masjid. karena dengan begitu kita telah menta'ati Allah. 198 dan VIII/114). Fadhl Ilah Edisi Indonesia : Kunci Kunci Rizqi Menurut Al Qur'an dan as Sunnah Penerjemah : Ainul Haris Arifin. Dalam buku tersebut diterangkan sepuluh pasal yang menjadi sebab turunnya rizki. Kunci Kunci Rizqi Menurut Al Qur'an dan as Sunnah :: Ringkasan Buku :: Judul asli : Mafatihur Rizq Fi Dhau'il Kitab wa Sunnah Penulis : Dr. Bukhari (III/156. Yaitu : . LC Penerbit : Darul Haq ." (HR.menjadikan kuburan Nabi Nabi mereka sebagai tempat ibadah. Demikian semoga bermanfaat.

Memberi nafkah kepada orang orang yang sepenuhnya menuntut ilmu syariat (agama) 9. Imam Al Qurthubi menyebutkan dari Ibnu Shabih. Berbuat baik kepada orang orang lemah 10. bahwasannya ia berkata: "Ada seorang laki laki mengadu kepada Al Hasan Al Bashri tentang kegersangan (bumi) maka beliau berkata kepadanya. Melanjutkan haji dengan umrah atau sebaliknya 6. Yaitu apa yang disebutkan Allah Subhanahu wa Ta'ala tentang Nuh Alaihi salam yang berkata kepada kaumnya. Istighfar dan taubat 2." (Nuh : 10 . Bertawakkal kepada Allah 4. saya kutipkan sebagiannya yang ada di buku tersebut dan tentunya juga dengan meringkasnya. Beribadah kepada Allah sepenuhnya 5. "Maka aku katakan kepada mereka.12). Taqwa 3.. 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu'. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. "Beristighfarlah kepada Allah!" Yang lain mengadu kepadanya tentang kemiskinan maka beliau berkata kepadanya.1. Silaturrahim 7. [ISTIGHFAR DAN TAUBAT] ---------------------Dalil syar'i bahwa istighfar dan taubat termasuk kunci rizki.Hijrah di jalan Allah Pada ringkasan buku ini. Berinfak di jalan Allah 8. dan membanyakkan harta dan anak anakmu dan mengadakan untukmu kebun kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai sungai'. "Beristighfarlah kepada Allah!" . sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Inilah dia.

" (Al Musnad no. Dalam hadits diterangkan. "Beristighfarlah kepada Allah!" Dan yang lain mengadu kepadanya tentang kekeringan kebunnya maka beliau mengatakan (pula) kepadanya." (Ath Thalaq: 2-3). "Beristighfarlah kepada Allah!" (hal. [TAQWA] ------------Dalil syar'i bahwa taqwa merupakan kunci rizki. yang berbicara berdasarkan wahyu. Salah satunya yaitu. 2234. "Jikalau sekiranya penduduk negeri negeri beriman dan bertaqwa. Menafsirkan firman Allah (yang artinya) . bahwa Allah Yang Maha Memberi rizki. tetapi mereka mendustakan (ayat ayat Kami) itu. "Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya." (Al A'raf: 96). agar ia memberiku anak!" Maka beliau mengatakan kepadanya. maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka sendiri. "Do'akanlah (aku) kepada Allah. "Barang siapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah). niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah akan memberinya rizki (yang halal) dari arah yang tiada disangka sangka. mengabarkan tentang tiga hasil yang dapat dipetik oleh orang memperbanyak istighfar. pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.Yang lain berkata lagi kepadanya. 4/55-56). 14). Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka sangkanya. Dalam hadits yang mulia ini. yang Memiliki kekuatan akan memberikan rizki dari arah yang tidak disangka sangka dan tidak diharapkan serta tidak pernah terbetik dalam hatinya. Nabi yang jujur dan terpercaya.

Ibnu Majah. (hal. Ibnu Al Mubarak. niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). [BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH] -------------------------Dalil syar'i bahwa bertawakkal kepada Allah termasuk kunci rizki. 3/253). Mereka berangkat pagi pagi dalam keadaan lapar. At Tirmidzi." Dan beliau bersabda: ." (Tafsir Abu As Su'ud. Imam Ahmad."Pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berbagai berkah dari langit dan bumi"." (Ath Thalaq: 3) APAKAH TAWAKKAL ITU BERARTI MENINGGALKAN USAHA? ----------------------------------------------Imam Ahmad pernah ditanya tentang seorang laki laki yang hanya duduk di rumah atau masjid seraya berkata. "Sungguh. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap tiap sesuatu. Al Hakim. ia adalah laki laki yang tidak mengenal ilmu. 25). Maka beliau berkata. Sunnguh Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah telah menjadikan rizkiku melalui panahku. niscaya kalian akan diberi rizki sebagaimana rizki burung burung. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) nya. 'Aku tidak mau bekerja sedikit pun. Al Qudha'i dan Al Baghawi meriwayatkan dari Umar bin Al Khaththab radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda. sampai rizkiku datang sendiri'." Allah berfirman. Ibnu Hibban. Abdullah bin Abbas mengatakan: "Niscaya Kami lapangkan kebaikan (kekayaan) untuk mereka dan Kami mudahkan bagi mereka untuk mendapatkannya dari segala arah. "Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah. dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang. seandainya kalian bertawakkal kepada Allah sebenar benar tawakkal.

no. 11/305 306). "Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaknyalah ia menyambung (tali) silaturrahim. "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rizki yang sebaik baiknya. [SILATURRAHIM] -------------Dalil syar'i bahwa silaturrahim termasuk kunci rizki." (Saba': 39)." (Al Musnad. niscaya Allah memberimu rizki sebagaimana yang diberikan Nya kepada burung burung berangkat pagi pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang. 5985. (sebab) banyaknya harta dan bertambahnya usia. Hartanya akan hilang tanpa . no." (Fathul Bari. Maka. Kitabul Adab. "Belajarlah tentang nasab nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim. Dan mereka itulah teladan kita. [BERINFAK DI JALAN ALLAH] ------------------------Dalil syar'i bahwa berinfak di jalan Allah adalah termasuk kunci rizki." (HR. 36-37). (Hal. 8855). Bukhari. burung burung itu berangkat pagi pagi dan pulang sore hari dalam rangka mencari rizki."Sekiranya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar benar tawakkal." Dalam hadits tersebut dikatakan. siapa yang tidak berinfak maka hartanya akan lenyap dan ia tidak berhak mendapatkan ganti. Selanjutnya Imam Ahmad berkata: "Para shahabat juga berdagang dan bekerja dengan pohon kurmanya. Sebaliknya. Karena sesungguhnya silaturrahim adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat). 10/415). barangsiapa berinfak berarti dia telah memenuhi syarat untuk mendapatkan ganti.

Hal hal seperti inilah yang banyak kaum muslimin tidak / belum mengetahuinya. no.ganti. berinfaklah. Nabi shallallahu'alaihi wa sallam memberitahukan kepadanya: "Allah Tabaraka wa Ta'ala berfirman. 2/690-691). [PERSONAL VIEW] --------------Buku ini memuat sebab sebab turunnya rizki yang perlu sekali diketahui oleh kaum muslimin. Al Hasan Al Bashri menasehatinya untuk bertaubat dan beristighfar berdasar firman Allah Jalla wa 'Ala dalam Surat Nuh. 4 Desember 2006 . Dan saya berharap semoga Allah menjadikan rizkiku melalui penaku. Dengan membaca buku ini kita jadi mengetahui jalan jalan agar Allah menurunkan rizkinya kepada kita.. artinya lenyap begitu saja. niscaya Aku berinfak (memberi rizki) kepadamu. Buku ini mengungkap bagaimana agar Allah berkenan memberikan rizki kepada kita. Semoga ringkasan ini bermanfaat buat kaum muslimin. Sebagai contoh yang menarik untuk kita garisbawahi nasehat Al Hasan Al Bashri ketika ada orang yang mengeluh tentang kekeringannya. 'Wahai anak Adam." (Shahih Muslim. kemiskinannya dan keinginannya untuk mempunyai anak. Dalil lain adalah hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu. 36 (993). Ringkasan buku ini dibuat oleh Chandraleka di Depok. kitab Az Zakah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful