REPRODUKSI PRIA

SISTEM REPRODUKSI PRIA

Dr. Dani Ramdhani

SISTEM REPRODUKSI
Bertujuan :  Menghasilkan gamet (sel telur dan sperma)  Menjamin fertilisasi  Menyediakan tempat bagi perkembangan embrioembrio-janin

Satu sel dengan jumlah kromosom diploid (46) membelah dua kali untuk membentuk empat sel. 2.MEIOSIS : PEMBELAHAN SEL YANG MENGHASILKAN GAMET 1. masing-masing masingdengan jumlah kromosom haploid (23) Spermatogenesis terjadi dalam testis. merupakan proses yang kontinu dari pubertas dan berlanjut sepanjang hidup .

SPERMATOGENESIS  Masing-masing Masing- sel memproduksi empat sperma fungsional  FSH dan testosteron diperlukan secara langsung .

GAMBAR : SPERMATOGENESIS .

SPERMA .

SISTEM REPRODUKSI PRIA Terdiri atas :  Testis  Duktus  Kelenjar yang membantu pembentukan semen .

SISTEM REPRODUKSI PRIA (POTONGAN MIDSAGITAL MELALUI KAVITAS PELVIS) .

.

5 C.TESTIS (SEPASANG)  Terletak di dalam skrotum di antara paha atas. flagela (untuk motilitas) dan akrosom pada ujung kepala (untuk mencerna membran sel telur) . bagian tengah yang mengandung mitokondria. yang memungkinkan produksi sperma yang baik  Sperma diproduksi di dalam tubulus seminiferus  Sebuah sel sperma terdiri atas kepala yang mengandung 23 kromosom. suhu dalam skrotum 35.

Skrotum .

EPIDIDIMIS (SEPASANG)  Suatu pipa panjang yang berliku-liku pada berlikupermukaan posterior masing-masing testis masing Sperma mencapai kematangannya di sini .

POTONGAN MIDSAGITAL BAGIAN TESTIS (A) & POTONGAN MELINTANG MELEWATI TUBULUS SEMINIFERUS (B) .

DUKTUS DEFERENS (SEPASANG)  Memanjang dari epididimis ke dalam kavitas abdominis melalui kanalis inguinalis. di atas dan di bawah bagian belakang vesika urinaria untuk bersatu menjadi duktus ejakulatorius  Otot polos pada dindingnya berkontraksi dalam bentuk gelombang peristaltik .

bermuara ke dalam uretra .DUKTUS EJAKULATORIUS (SEPASANG)  Menerima sperma dari duktus deferens dan sekresi dari vesikula seminalis.

VESIKULA SEMINALIS (SEPASANG)  Terletak posterior terhadap vesika urinaria  Duktus masing-masing bermuara ke dalam masingduktus ejakulatorius  Sekresinya mengandung fruktosa untuk memberi makan sperma dan bersifat basa untuk meningkatkan motilitas sperma .

.

PROSTAT (TUNGGAL)  Di bawah vesika urinaria. membungkus satu inci pertama uretra  Sekresinya bersifat basa untuk mempertahankan motilitas sperma  Otot polos turut berperan memberi kekuatan yang diperlukan untuk ejakulasi .

GLANDULA BULBOURETRALIS (SEPASANG)  Di bawah prostat  Bermuara ke dalam uretra  Sekresinya bersifat basa untuk melapisi uretra sebelum ejakulasi .

URETRA (TUNGGAL)  Di dalam penis  Membawa semen ke luar  Penis terdiri atas tiga massa jaringan erektil yang mengandung sinus-sinus darah sinus Stimulasi seksual dan rangsang parasimpatis menyebabkan dilatasi arteri penis dan ereksi penis  Ejakulasi semen meliputi peristaltik seluruh saluran reproduksi. kontraksi prostat. dan dasar pelvis .

Structur penis .

ANATOMI GENITAL PRIA .

prostat.SEMEN  Terdiri atas sperma dan sekresi vesikula seminalis.4) berfungsi untuk menetralisasi pH asam dalam vagina . dan glandula bulbouretralis  pH basa (7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful