P. 1
makalah jantung

makalah jantung

|Views: 1,392|Likes:
Published by Ulatun Nikmah

More info:

Published by: Ulatun Nikmah on Feb 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

MAKALAH ANATOMI SISTEM KARDIOVASKULER

Oleh: KELOMPOK 5
1.

Nidiananda Amelina Putri (0906553974)

2. Siti Annisa (0906514216) 3. Tika Rostika (0906514241) 4. Ulatun Nikmah (0906514254)

Basis jantung menghadap ke bahu kanan.Sistem Kardiovaskuler Sistem kardiovaskular terdiri dari : 1. Jantung Jantung terletak antara kedua paru-paru di bagian tengah rongga thoraks. Jantung 2. Batas-batasnya: 1. Pembuluh darah 1. lebar 8-9 cm. dan tebal 6 cm. Berukuran kurag lebih sebesar kepalan tangan pemiliknya. truncus pulmonalis) . Atas : pembuluh-pembuluh besar (aorta. Ukuran jantung panjangnya kira-kira 12 cm. apex jantung menghadap ke panggul kiri. Jantung tersusun oleh otot jantung. Mempunyai berat sekitar 250-300 gr ( sebesar kepalan genggam tangan pemiliknya).

Atrium kanan Merupakan salah satu sisi kanan dari jantung dan sebagian besar membentang di belakang sternum. Endokardium : lapisan jantung yang paling dalam dan terdiri dari jaringan endotel. Diantara kedua lapisan tersebut terdapat lender sebagai pelicin untuk menjaga jantung dari gesekan. esophagus.571 liter darah Lapisan Jantung 1. Sisi-sisi: paru-paru 4. Belakang: aorta descending. Miokardium : lapisan inti dari jantung yang terdiri dari otot jantung.000 kali dan dalam periode tersebut jantung memompa 2. Bawah : diafragma 3. dan sinus koronaria yang membawa . Bagian-bagian jantung: 1. dan columna spinalis Setiap harinya jantung berdetak 100. vena cava inferior pada ujung bawahnya. 3. Epikardium : lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus. Terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan parietal dan visceral.000 galon darah atau 7. 2.2. Darah memasuki atrium melalui vena cava superior pada ujung atasnya.

Ini disebabkan oleh fungsi ventrikel kiri yang harus mendorong darah menuju ke seluruh tubuh. 3. . Terdapat valvula semilunaris pulmonalis yang menghubungkan ventrikel kanan dan arteri pulmonalis. Ventrikel kiri Ventrikel kiri memiliki dinding tiga kali lebih tebal dari ventrikl kanan. dimana darah akan dibawa menuju ke paru-paru. Atrium kanan dan ventrikel kanan dihubungkan oleh katub trikuspidalis yang terdiri dari tiga helai jaringan fibrosa yang diindungi endotelium. 4. Pada atrium kanan terdapat tonjolan kecil yang disebut auricula kanan yang membentang di depan dari asal aorta dan arteri pulmonalis. Dasar dari masing-masing katub melekat pada ujung ostium. Katub ini terdiri dari tiga buah daun semilunar. Antara ventrikel kiri dan atrium kiri terdapat katub mitral (bikuspidalis) yang terdiri dari dua katub. Katub ini juga terdiri dari tiga buah daun semilunar. Atrium kiri Atrium kiri merupakan ruangan dengan dinding tipis yang terletak di sebelah belakang jantung. 2. Perbatasan bebas dari masingmasing katbu dilekatkan oleh corda tendinae ke tonjolan konikal kecil dari jaringan otot yang timbul dari miokardium dan menonjol ke dalam ventrikel. Ventrikel kanan Memiliki dinding tebal yang membentuk sebagian besar jantung depan.darah dari jantung itu sendiri. Ventrikel kanan dihubungkan ke aorta melalui valvula semilunaris aorta yang akan membawa jantung menuju ke seluruh tubuh. Katub ini memiliki tiga katub. Atrium kiri menerima darah dari dua vena pulmonalis yang berasal dari paru-paru.

Terdiri dari 3 lapisan : a. c. • Arteriola merupakan arteri terkecil yang langsung berhubungan dengan venolus. Tunika eksterna/adventisia : jaringan yang paling luar dan terdiri dari jaringan AORTA . : jaringan tengah yang terdiri dari jaringan otot yang elastis. • • • Mempunyai dinding yang tebal dan kuat tetapi elastis. b.ARTERI • Merupakan pembuluh darah yang ke luar dari jantung yang membawa darah ke seluruh bagian dan alat tubuh. Tunika media ikat gembur. Tunika intima/interna : lapisan yang paling dalam dan terdiri dari jaringan endotel. Arteri dapat mengecil dan melebar.

aorta desending melewati ostium aorta dari diafragma untuk membentuk aorta abdominalis. c. Aorta torakalis mulai pada orifiium aorta dari ventrikel kiri. Diameternya 1-3 cm. Aorta desending: memanjang ke bawah di belakang thorak. Ciri-ciri vena : • • • Membawa darah kotor kecuali vena pulmonalis Mempunyai dinding yang tipis Jaringannya kurang elastis . diantara jantung dan bagian torakik pada medulla spinalis. Aorta asending: panjangnya sekitar 5 cm dan menjalar ke atas dan ke kanan. Aorta abdominalis dimulai pada ostium aorta dan memanjang ke bawah di sebelah depan bagian lumbar dari kolumna vertebra untuk berakhir pada korpus vertebra lumbalis ke-4 dengan membagi menjadi dua yaitu arteria iliaka kommnuis kanan dan kiri. Vena yang ukurannya besar diantaranya vena cava dan vena pulmonalis. yang kemudian bermuara di atrium kanan. Terdiri dari tiga bagian: a. Arkus aorta: membengkok ke arah belakang dan ke kiri melewati bronkus kiri untuk sisi kiri vertebra torakalis. b. Vena mempunyai cabangcabang yang lebih kecil yang disebut venolus yang selanjutnya menjadi kapiler.Aorta merupakan arteri terbesar di dalam tubuh. VENA Vena jantung mengalirkan darah dari miokardium ke sinus koroner. Yang terdiri dari aorta torakalis di dalam dada dan kelanjutannya serta aorta abdominalis di dalam abdomen. Membawa darah dari ventrikel sinistra ke seluruh tubuh.

• Mempunyai katup-katup sepanjang jalannya mengarah ke jantung .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->