Bagaimana Menulis Makalah Ilmiah untuk Jurnal Internasional

Mikrajuddin Abdullah KK Fisika Material Elektronik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung

PRODI FISIKA – FMIMA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 29 November 2010

Apa Itu Makalah Ilmiah?
Laporan hasil riset yang ditulis dan dipublikasi oleh satu atau beberapa orang: Dalam jurnal ilmiah Dokumen ilmiah lain yang tersedia dalam komunitas ilmiah Isi harus orisinal Penemuan yang benar-benar baru Penyempurnaan penemuan yang sudah ada Tidak hanya koleksi data, tetapi juga menuntut analisis intelektual

Makalah Ilmiah Yang Baik
1) Bahasa yang baik 2) Singkat dan jelas 3) Banyak informasi & sedikit kata-kata

Physical Review Letters (4 hal.) Applied Physics Letters (3 hal.) Letters to Nature (3 hal.)

Bagian-bagian Makalah Ilmiah Title Authors Affiliation Abstract Introduction Materials and Method Results Discussion Conclusion References .

Title 1) Abstraksi tertinggi 2) Sedikit kata-kata tetapi menjelaskan isi makalah 3) Tidak bermakna ganda Judul = “Nama” suatu makalah. Ditulis paling akhir Bagian makalah yang paling banyak dibaca!! .

.

Abstract
Ringkasan makalah yang memungkinkan pembaca 1) Menyimpulkan apa tujuan dari penelitian 2) Bagaimana metode/pelaksanaan penelitian 3) Apa hasil-hasil yang diperoleh 4) Apa signifikansi/nilai manfaat/impact dari penelitian

Bagian makalah yang paling banyak dibaca setelah judul

Abstract

Pendahuluan (kadang-kadang)

Apa yang dilakukan (wajib)

Apa yang dihasilkan (wajib)

Apa manfaat/signifikansi/ impact (kadang-kadang)

P A H .

A H I .

A H .

setelah seluruh tubuh makalah selesai ditulis. .Tujuan abstrak: Menyediakan informasi kepada pembaca untuk mengambil keputusan apakah dia perlu membaca atau tidak keseluruhan isi makalah Ditulis terakhir kali.

.Introduction 1) Undangan pada pembaca untuk menginvestasikan waktu membaca makalah 2) Batasi hanya pada hal-hal yang berkaitan langsung dengan kajian yang sedang dilakukan dan kontribusi khas yang dihasilkan.

Isi Pendahuluan Mengapa penelitian dilakukan (topik menarik) Sampai di mana pemahaman hingga saat ini Apa permasalahan yang masih ada Apa hipotesis anda Apa yang akan dilakukan (agenda) .

Menarik Pemahaman sampai saai ini Masalahan yang masih ada Hipotesis Agenda .

.

.

.

.

Materials and Method Segala sesuatu yang dilakukan untuk membuktikan hipotesis: Eksperimen. survei. dll Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan: 1) Material apa yang digunakan 2) Bagaimana cara menggunakannya 3) Di mana dan kapan pekerjaan dilakukan . questioner. pengambilan sampel statistik. pengembangan program komputer.

the content of each was 25 mL.Yang harus diperhatikan!! 1) Harus menulis secara detail.5 g was completely dissolved in 100 mL of pure water using a magnetic stirrer. bukan daftar instruksi seperti di cook-book 1) Put 0. NaCl of 0. 3) Separate the resulted solution into four chemical glasses. 2) Stir the mixture using a magnetic stirrer until the NaCl dissolved completely. Jika orang lain ingin mengulang. the content of each is 25 mL.5 g of NaCl into 100 mL of pure water. Ingat!!!! Pembaca paper ilmiah adalah para pakar yang tingkat keilmuannya sudah tinggi . The resulted solution was then separated into four chemical glasses. tidak ada informasi yang hilang 2) Harus ditulis secara naratif.

.

.

.

dll harus memiliki penjelasan di text. 3) Pilih bentuk yang paling informatif bagi pembaca. foto. grafik. 2) Tabel.Results 1) Meringkas data dari ekperimen tanpa mendiskusikan implikasinya. 4) Data dalam tabel tidak diduplikasikan di gambar atau grafik. 5) Gambar dan tabel harus dinomor secara terpisah . dan sebaliknya.

8) Kolom dan baris dalam tabel maupun sumbu dalam grafik harus diberi label . 7) Gambar atau tabel sedapat mungkin bersifat self-explanatory. singkatansingkatan atau metode khusus yang digunakan.6) Setiap gambar dan tabel harus memiliki judul atau penjelasan dan memuat legenda untuk menjelaskan simbol.

.

.

Grafik .

Tabel .

.

Discussion 1) Tidak melulu merupakan pernyataan ulang dari bagian Hasil. 4) Menjelaskan logika yang memungkinkan anda menerima atau menolak hipotesis awal anda. 5) Menjelaskan apa arti dari hasil yang anda peroleh dan mengapa berbeda dengan hasil orang lain. 2) Harus memuat interpretasi dari data. 3) Mengaitkan dengan teori dan pemahaman yang ada sampai sekarang . .

.

.

. di mana kandungan elemen asing berada di bawah ambang deteksi ICP. Walaupun secara tidak langsung. di mana konduktivitas sample murni bertambah dengan naiknya suhu. Perbedaan tersebut kemungkinan muncul akibat perbedaan kemurnian sample yang kami hasilkan dan yang dibuat Budiono dkk [8]. Budiono dkk membuat sample dari precursor dengan kemurnian lebih rendah dan proses pembuatan dan pengukuran tidak dilakukan dalam clean room. Prekursor yang digunakan dalam pekerjaan ini memiliki level kemurnian yang sangat tinggi dan proses pembuatan sample serta pengukuran dilakukan dalam ruang ultra clean sehingga diyakini tidak ada bahan pengotor yang masuk dalam sample. Walaupun tidak ada laporan analisis elemental. hasil yang diamati juga bersesuaian dengan pengamatan Karyadi dkk [10] pada sample XX murni yang dibuat dengan metode sputtering. Dugaan ini didukung oleh pengamatan langsung kandungan elemen-elemen dalam sample menggunakan induced couple plasma (ICP). di mana konduktivitas listrik meningkat cukup berarti terhadap suhu. ada kekhawatiran unsur pengotor ikut masuk ke dalam sample.Jika anda mendapatkan hasil yang tidak sesuai atau bertentangan dengan hasil pengamatan yang dilaporkan orang lain anda harus menjelaskannya mengapa? Kami mengamati peningkatan kondustivitas listrik sample secara signifikan jika suhu dinaikkan. hasil yang kami peroleh juga bersesuaian dengan teori yang dikembangkan Darsono dkk [9]. Lebih lanjut. Hasil tersebut tampaknya tidak sejalan dengan pengamatan Budiono dkk di mana konduktivitas sample hampir tidak dipengaruhi oleh suhu [8]. yang berefek pada tidak berubahnya konduktivitas listrik sample terhadap perubahan suhu.

Hasil dan diskusi bisa juga dijadikan satu bagian: Menampilkan hasil sekaligus mendiskusikannya. .

.

Conclusion 1) Merupakan pembuktian hipotesis anda 2) Ditulis ringkas yang memuat informasi yang cukup sehingga pembaca mengetahui bahwa anda telah membuktikan hipotesis anda dan mengetahui kelebihan dan kekurangan metode anda 3) Catatan-catatan lain: kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam metode anda. potensi-potensi yang dimiliki metode anda dapat dimasukkan . kemungkinan penelitian lebih lanjut.

.

.

.

.

Acknowledgements (jika ada) Terima kasih pada yang berkontribusi langsung pada riset dan penulisan makalah (bukan co-peneliti): 1) Sponsor 2) Orang yang memberikan saran. pengukuran . bahan 3) Membantu pengecekan bahasa.

.

.

3) Adanya referensi baru atau lama juga memunculkan kepercayaan yang berbeda pada makalah anda. referensi ± 20 adalah jumlah yang wajar. 2) Untuk makalah biasa. . 6) Usahakan mendapatkan satu copy makalah yang terbit dalam jurnal Tersebut.References 1) Harus menulis semua publikasi yang direfer langsung. 4) Adanya makalah kita di referensi sangat berpengaruh pada tingkat acceptance paper kita 5) Cara penulisan referensi bervariasi menurut jurnal.

ACS .

AIP .

SCIENCE .

IOP .

Hal-Hal Lain yang Penting Diperhatikan .

Dari Mana Kita Mulai Menulis? 1) Materials and Method 2) Results 3) Discussion 4) Introduction 5) Conclusion 6) References 7) Abstract 8) Title .

Panjang Makalah Ketika akan mengirim makalah ke suatu jurnal perhatikan benar instruksi tentang panjang halaman makalah yang diijinkan Beberapa jurnal sangat ketat dalam membatasi panjang halaman paper Physical Review Letters ( maksimum 4 hlm cetak) Applied Physics Letters (maksimum 3 hlm cetak) .

ukuran font. . Hitung jumlah huruf pada makalah anda.Memperkirakan Panjang Makalah 1) Print makalah yang dibuat dengan menggunakan format tampilan jurnal (style. dsb) 2) Hitung perkiraan jumlah huruf maksimum pada makalah yang terbit.

Memasukkan Unsur Seni Gambar yang tidak bagus!! .

0 10.0 6.0 4.Gambar lebih baik 6400 4800 Cacahan [-] 3200 1600 0 0.0 .0 2.0 Energi [keV] 8.

4 0.Posisi kurva tidak seimbang 1.2 0.0 300 400 500 600 700 800 900 Wavelength [nm] .6 0.8 Absorbance [-] 0.0 0.

8 Absorbance [-] 0.6 0.Posisi kurva seimbang 1.4 0.0 0.0 250 300 350 400 450 500 Wavelength [nm] .2 0.

8 Absorbance [-] 0.2 0 300 400 500 600 Wavelength [nm] .4 0.Posisi kurva tidak seimbang 1.6 0.0 0.

06 0.0 300 400 500 600 Wavelength [nm] .08 Absorbance [-] 0.04 0.10 0.Posisi kurva seimbang 0.02 0.

dan di mana pun di seluruh dunia .Apakah Originalitas? Belum pernah dilakukan oleh siapa pun. kapan pun.

Hasil orang lain: Konduktivitas listrik fungsi suhu material X yang disintesis dengan cara Y range suhu pengukuran: 300 – 500 K Electrical conductivity [S/cm] 300 500 Temperature [K] .

Beberapa originalitas Konduktivitas listrik fungsi suhu material X yang disintesis dengan cara Y pada suhu kurang dari 300 K dan lebih dari 500 K Konduktivitas listrik fungsi suhu material Z yang disintesis dengan cara Y pada suhu 300 – 500 K Konduktivitas listrik fungsi suhu material X yang disintesis dengan cara U pada suhu 300 – 500 K .

Kaji makalah teori yang belum ada bukti eksperimennya. Cari masalah yang belum diselesaikan peneliti dalam makalah tersebut. Kaji makalah eksperimen yang belum ada landasan teorinya. 4) Pikirkan metode-metode alternatif. 2) Untuk orang teori.Mencari Topik Original 1) Selalu mengikuti publikasi terbaru. 3) Untuk orang eksperimen. .

Sekali dua kali menulis langsung bagus adalah mimpi. 2) Jika perlu. Dapat mereduksi kesalahan bahasa. minta bantuan teman untuk membaca. .Yang Tidak Kalah Penting 1) Lakukan koreksi puluhan kali.

Terima kasih. Thank you. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful