P. 1
MISSISSIPIAN

MISSISSIPIAN

|Views: 92|Likes:

More info:

Published by: Frans Edward Ricardo on Feb 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2011

pdf

text

original

MISSISSIPIAN

5 juta tahun yang lalu hingga awal periode Perm sekitar 299.2 ± 2.Karbon adalah suatu periode dalam skala waktu geologi yang berlangsung sejak akhir periode Devon sekitar 359.0 ± 0.8 juta tahun yang lalu. .

sedangkan batuan dari Pennsylvania (atau Karbon atas) adalah batubara-bearing strata.Periode Mississippian. 320-284 juta tahun yang lalu. adalah divisi dari Era Paleozoikum. Di Amerika Utara. 360-320 juta tahun yang lalu. . dan Periode Pennsylvania. karena dari cadangan batubara yang besar ditemukan di batuan zaman ini di seluruh dunia. batuan dari Mississippian (Karbon Bawah) kebanyakan batugamping. Kedua periode tersebut merupalan pembagian dari Zaman Karbon.

Gondwana diputar searah jarum jam relatif terhadap Euramerica.Paleogeographic Mississipian Selama Karbon. lautan kecil mulai menutup. menyatukan setengah bagian barat dari Pangea. Siberia split dari margin utara Euramerica dan mengambil busur pulau Kazakhstan saat mendekati margin timur Baltica. deformasi yang terranes di antara yang akan membentuk banyak Tengah dan Eropa Selatan. Pada masa Mississipian samudera Paleozoikum diantara Euramerica dan Gondwana mulai menutup Tumbukan kontinental membentuk pegunungan Appalachian dan Variscan. .

Terjadi glasiasi di Gondwana bagian timur. Selama Karbon Dini (Mississippian) batu gamping. Dataran tinggi sepanjang East Coast modern terkikis sampai Akhir Karbon (Pennsylvania). Pegunungan Ouachita dari Oklahoma. serpih. . Tabrakan itu menyebabkan terangkatnya Rocky Mountains Purba. jatuh ke daratan yang lainnya yaitu Gondwanaland (sekarang Afrika dan Amerika Selatan). dan evaporites diendapkan di laut dangkal yang menutupi sebagian besar Amerika Utara. yang melekat pada waktu itu. ketika Amerika Utara mulai berbenturan dengan Gondwana. Appalachian dari Kanada timur dan Pantai Timur dari Maine ke Alabama. batupasir.Pegunungan Appalachian terbentuk ketika Amerika Utara dan Eropa.

.

Paleoklimatologi Iklim panas dan lembab. . yang paling signifikan di zaman ini adalah pertumbuhan pohon2 purba yang tampaknya menyedot banyak sekali karbon dioksida dari atmosfer. Level oksigen di zaman ini adalah yang tertinggi selama sejarah planet bumi. menghasilkan oksigen yang melimpah ruah. munculnya benua dan proliferasi tanaman darat menciptakan gradien besar suhu musiman. Hutan rawa berbatu bara dan munculnya serangga.

Di lautan. munculnya vertebrata daratan. binatang amfibi dan sea-scorpions.Paleontologi Mississipian Pohon primitif raksasa. ikan hiu sangat umum dijumpai dengan jenis yang beraneka ragam. . dsb) sangat umum. Corals. bryozoa. goniatites dan brachiopoda (Productida. Rhizodonts merupakan predator air tawar terbesar. Spiriferida. echinoderms (khususnya crinoide dan blastoide) berlimpah. Tetapi trilobites dan nautiloide menurun populasinya.

Di dorong oleh atmosfer yang kaya oksigen. memiliki bentang sayap 60 hingga 75 cm. laba2 dan arthropoda lainnya. limpahan makanan dari dedaunan kompos. sementara beberapa jenis kalajengking mencapai 50 atau 70 cm. Meganeura yang mirip capung.Menghuni rimba yang begitu luas adalah beragam jenis serangga. dan tiadanya vertebrata darat yang besar. dan eurypterid dan Hibbertopterid sama besarnya.8 meter. banyak mahluk ini mencapai ukuran mengerikan. . sejenis predator udara. Arthropleura yang mirip kaki seribu mencapai panjang 1.

.

Gigantoproductus giganteus Amphoracrinus gigas Archegonus laevicauda Archegonus twistonensis .

belut. dan rawa dari rimba karbon adalah buaya. namun tidak signifikan hingga akhir era karbon. dan salamender. beradaptasi untuk hidup di darat. yang mencapai ukuran 7 meter. .Di perairan tetrapoda melimpah. Sementara itu. dan menjadi dominan. Banyak jenis yang menghuni sungai. reptil pertama muncul. Pemburu terbesar saat ini adalah ikan rhizodont. kolam.

TERIMA KASIH OLEH: ANDREAS CAHYO DAN FRANS EDWARD RICARDO .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->