Rochester Manufacturing¶s Process Decision

and intermittent manner. low-volume.000 dollar). Mengurangi luas gudang penyimpanan dari 20. kita juga harus mengeluarkan biaya startup dan transisinya.000 dollar). Dengan penggunaan mesin ini. Sistem yang baru akan menggunakan mesin yang baru dan diperkirakan akan membutuhkan investasi sekitar 3 juta dollar.Pembahasan kasus ‡ Rochester manufacturing s corporation sedang mempertimbangkan untuk mengubah sistem produksinya dari sistem tradisional menjadi flexible manufacturing system.000 square feet(menghemat 750. dan bisas meng-handle sekitar 30% kerja RMC. penggunaan mesin sekitar 10% yang dimana merupakan ciri-ciri strategi proses dari process-focus yang ditandai juga dengan beroperasinya mesin dengan varietas produk yang tinggi. ‡ . dengan menggunakan sistem yang lama dapat menghasilkan ROI lebih dari 15% dengan payback 5 tahun. ROI dari sistem yang baru ini diperkirakan antara 10-15%. jumlah pekerja dari 15 menjadi 3 (menghemat 300. dan kuantitas produk yang rendah.000 square feet menjadi 6. Sistem terdahulu beroperasi dengan menghasilkan output with high-variety. Jumlah mesin yang dipakai bisa dikurangi dari 15 unit menjadi 4. tentu dengan menggunakan mesin dan sistem baru ini. Sedangkan dari pengalaman yang ada. Waktu untuk memproses dari 7-10 hari menjadi 1-2 hari.

FC tinggi. aktivitas yang berulag-ulang mengurangi kebutuhan untuk men training pekerja . varietas banyak. kebanyakan finished good merupakan barang yang sudah dipesan sebelumnya sehingga tidak ada yang disimpan. varietas kecil. ‡ Contoh : dell computer ‡ Flexible Manufacturing System: suatu sistem yang menggunakan sel kerja (work cell) otomatis yang dikendalikan oleh sinyal elektronik dari fasilitas komputer umum terpusat . WIP tinggi. ‡ Mass costumization: kuantitas besar. VC tingggi. fleksiibel. steel. operator memiliki skill yang rendah. ‡ Contoh: perabotan rumah tangga ‡ Product focus: kuantitas besar. varietas besar. ‡ Contoh: bir. gelas. rumah sakit ‡ Repetitive focus: just-in-time inventory. finished good merupakan barang build-to-order.Landasan Teori ‡ Process focus : kuantitas kecil. VC rendah. ‡ Contoh: mesin. FC rendah. mempunyai standarisasi.

Isi .

kita bisa menghemat jumlah mesin. menyangkut ROI kami lebih memilih sistem lama yang menghasilkan ROI yang lebih tinggi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya.jumlah pekerja. what do you recommend? ‡ Jika mempertimbangkan efisiensi dan produktivitas dari sistem yang ada. Akan tetapi. ruang penyimpanan.Pertanyaan ‡ As a production manager for RMC. waktu untuk memproses dan lain-lain. kami memilih penggunaan mesin dan sistem baru. karena dengan penggunaan mesin baru kita bisa menghemat banyak hal seperti yang telah disebutka pada kasus di atas. .

‡ Pandangan manajer perusahaan yang konservatif: Jika return on investment yang dihasilkan dari memilih mesin baru tidak sesuai dengan target dan atau jumlah uang yang dihasilkan mesin baru tidak bisa me-recover pengeluaran yang telah dikeluarkan(payback).Pertanyaan ‡ Prepare a case by a conservative plant manager for maintaining the status quo until the return are more obvious. maka conservative manager akan cenderung memilih tetap menggunakan mesin tradisional(status quo) .

semakin sedikit mesin yang dipertahankan (di-maintain). meningkatkan throughput/output) dan meningkatkan kualitas mungkin menghasilkan pangsa pasar yang lebih tinggi. ‡ Pandangan manajer perusahaan yang optimis: peningkatan waktu pengiriman (yakni.Pertanyaan ‡ Prepare the case for an optimistic sales manager that you should move ahead with the FMS now.sangat bagus untuk profitabilitas. tugas manajemen akan menjadi lebih mudah (misalnya. Selain itu. maka ROI akan lebih tinggi dari yang diproyeksikan (pertumbuhan penjualan biasanya tidak termasuk dalam perhitungan ROI). . semakin sedikit kebutuhan orang (karyawan) untuk mengawasi). serta ada tambahan ruang lantai yang akan tersedia pada saat dibutuhkan. yang mana jika perusahaan sudah di atas titik impas (BEP)-.

namun jika kita mempertimbangkan return on investment dari sistem yang baru tidak menghasilkan pertumbuhan yang cukup signifikan. . karena walaupun dengan penggunaan mesin baru kita bisa menghemat banyak hal seperti yang telah disebutkan pada kasus di atas.Penutup Kesimpulan ‡ Berdasarkan informasi yang ada. ‡ Kami berpendapat menghindari resiko yang ada dari perubahan sistem lama ke sistem yang baru lebih baik. kami cenderung memilih penggunaan mesin dan sistem lama. hal ini dilakukan untuk menjaga agar investor tidak beralih ke perusahaan yang lain karena hal yang paling penting yang dicari investor adalah return on investment.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful