GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) MATA KULIAH KREDIT SEMESTER PENANGGUNGJAWAB MATA KULIAH DESKRIPSI SINGKAT

: DINAMIKA KELOMPOK : 3 SKS : V (GANJIL) : DADANG SUGIANA, Drs., M.Si NINDI ARISTI, S.Sos. : Perkuliahan Dinamika Kelompok membahas mengenai konsep dasar dinamika kelompok, keanggotaan kelompok, hakikat kohesifitas kelompok, hakikat kekuasaan dan kepemimpinan dalam kelompok, serta aplikasi dinamika kelompok.

KODE MATA KULIAH : K1C

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Setelah menyelesaikan mata kuliah dinamika kelompok, mahasiswa diharapkan mengetahui, memahami dan menganalisa dinamika kelompok dari tataran filosofis hingga penerapannya.

NO

TUJUAN KHUSUS

01

INSTRUKSIONAL POKOK BAHASAN DALAM MATA KULIAH Setelah mengikuti pokok bahasan Konsep dasar konsep dasar dinamika kelompok, dinamika kelompok mahasiswa akan dapat menjelaskan perbedaan dinamika kelompok dengan komunikasi kelompok dengan benar. (C2)

SUB BAHASAN

POKOK METODE

MEDIA

WAKTU

DAFTAR PUSTAKA BW : 1

o Pengertian dinamika kelompok o Sejarah perkembangan dinamika kelompok o Karakteristik dinamika kelompok o Definisi kelompok o Hubungan individu dengan kelompok o Proses pembentukan kelompok o Pengertian kohesifitas kelompok o Pendekatan dalam mengukur kohesifitas kelompok o Konsekuensi logis atas kohesifitas kelompok

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

45’ 45’ 60’

02

Setelah mengikuti pokok bahasan kelompok dan keanggotaan kelompok, mahasiswa akan dapat menjelaskan hakikat kelompok dan keanggotaannya dengan benar. (C2) Setelah mengikuti pokok bahasan kohesifitas kelompok, mahasiswa akan dapat menjelaskan aspek kohesifitas kelompok dengan benar. (C2)

Kelompok dan keanggotaan kelompok

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

30’ 45’ 60’

BW : 1

03

Kohesifitas kelompok

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

30’ 60’

BW: 1

60’

NO

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Setelah mengikuti pokok bahasan konformitas kelompok, mahasiswa akan dapat menguraikan aspek penting yang membangun konformitas kelompok dengan benar. (C3) Setelah mengikuti pokok bahasan kekuasaan dan wewenang dalam kelompok, mahasiswa akan dapat menunjukan pengaruh kekuasaan dan wewenang dengan benar. (C3)

04

POKOK BAHASAN DALAM MATA PELAJARAN Konformitas kelompok

SUB POKOK BAHASAN o Hakikat dasar konformitas o Fungsi konformitas terhadap kelompok o Konsekuensi logis atas konformitas kelompok o Konsep dasar kekuasaan dan wewenang o Jenis-jenis kekuasaan dan wewenang o Pengaruh kekuasaan dan wewenang o Konsep dasar kepemimpinan o Kepemimpinan dan kekuasaan o Korelasi kepemimpinan dengan performansi kelompok

METODE

MEDIA

WAKTU

DAFTAR PUSTAKA BW : 1

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

30’ 30’ 45’

05

Kekuasaan dan wewenang dalam kelompok

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

30’ 45’ 60’

BW : 1

06

Setelah mengikuti pokok bahasan Kepemimpinan dan kepemimpinan dan performansi, performansi mahasiswa akan dapat menunjukkan hubungan antara kepemimpinan dan performansi dalam kelompok dengan benar. (C4)

Ceramah Diskusi

OHP Papan tulis

30’ 45’ 75’

BW : 1

NO TUJUAN INSTRUKSIONAL
KHUSUS

07

Setelah mengikuti pokok bahasan analisa dinamika kelompok, mahasiswa akan dapat menunjukkan hubungan yang terjadi baik di dalam maupun di luar kelompok dengan benar. (C4)

POKOK BAHASAN DALAM MATA PELAJARAN Analisa dinamika kelompok

SUB POKOK BAHASAN

METODE

MEDIA

WAKTU

DAFTAR PUSTAKA

o Konsep dasar analisa dinamika kelompok o Prosedur dan proses analisa o Elemen analisa

Ceramah Presentasi Diskusi

OHP In-focus Papan tulis

30’ 75’ 90’

BW : 1

DAFTAR PUSTAKA BUKU WAJIB 1. Cartwright, Dorwin. & Zander, Alvin. 1968. Group Dynamics: Research and Theory. Harper & Row. New York.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful