REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)/ Software Engineering

Tujuan Mata Kuliah
1. Mampu memahami konsep konsep serta metodologi dalam rekayasa perangkat lunak. 2. Mampu melakukan analisis, perancangan, pengujian serta membuat dokumentasi pengembangan perangkat lunak baik dengan pendekatan terstruktur maupun yang berorientasi objek .

Materi
- Definisi perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak - Definisi dan sejarah ilmu rekayasa perangkat lunak - Model model proses dalam rekayasa perangkat lunak analisis - Rekayasa sistem - Analisis dan desain dengan menggunakan pendekatan terstruktur dan berorientasi objek beserta alat bantu pemodelannya (Data Flow Diagram, Data Dictionary. Process Specification, Structure Chart, UML Diagram)\ - Pendokumentasian hasil Analisis dan Disain - Sekenario pengujian perangkat lunak.

Buku Acuan ‡ Janner Simarmata. Andi: Yogyakarta. . Rekayasa Perangkat Lunak.

Selamat Datang Di Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak .

. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer.Pendahuluan Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software Engineering. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan tahun 1968 pada Software Engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO.

menentukan fungsi hardware dan menjalankan sistem. .Apakah Software itu? Software adalah kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah. memberikan informasi tentang hardware.

Apakah software itu? Agar komputer dapat membaca. menghitung. menyortir. membuat keputusan (membandingkan). . Program adalah bahasa mesin atau yang dpt dibaca oleh komputer yang dirancang untuk tujuan tertentu. . komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya.mengingat. dan menghasilkan keluaran.

Apakah software itu ??? Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer. . Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh komputer. Pengolahan data ini melibatkan beberapa hal.Data yang disimpan ini bisa berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah. maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. yaitu: sistem operasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dirancanglah suatu susunan logika yang disusun dan diolah melalui perangkat lunak yang disebut juga program beserta datadata yang diolahnya. program dan data.

dll b. Business & Office Application ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Microsoft Office Koffice StarOffice Abiword Open Office MS-Office for MAC. Operation Sistem ± ± ± ± ± ± ± ± ± MS-DOS LINUX UNIX FREE BSD OS/2 SUN OS (JAVA) WINDOWS MACINTOSH NOVELL. Aplication software a. .Beberapa contoh software: 1. Data Base Application ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ MS SQL FoxBase Oracle MySQL PostgresSQL SQLServer. dll 2. dll.

video editing. Maya. suara hingga gambar 3 dimensi untuk pembuatan animasi. After Effect. audio. Corel Photo Paint Ulead Media Studio GIMP (in Linux) Cool Edit Pro. Sound Force Macromedia Flash. ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Adobe Photoshop. Pengolah citra. Graphic Design ‡ AutoCad ‡ Pro Design ‡ CorelDraw ‡ Adobe Ilustrator. Director 3D Studio Max. dll. photo.Beberapa contoh software: c. d. pengolahan image. Corel RAVE. Premiere. dll. & Audition Corel Draw. dll. .

dan Utilitas eksternal. Internet Utilities. sudah termasuk dalam paket yang diinstalasi dalam sistem operasi seperti scandisk di Windows atau perintah fsck (file system check) di OS Linux. Grisoft. yang harus diinstalasi kemudian pada OS. dll.Beberapa contoh software 3. Norton System Work. 4. Hardware Repair. Registry Clean & Repair. Data/File Recovery. dll. PC Maintenance. PC Tools. Sementara untuk proteksi virus atau antivirus. Antivirus & Utility Tools ‡ ‡ Utilitas internal. Norton. Development Tools ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ QuickBasic Clipper Visual Basic Turbo Pascal Visual C++ Turbo Assembler GCC Phyton KDEvelopt Gdesktop. contohnya adalah antivirus produk Me Affee. seperti System Optimizer. PandaSoft. .

ICQ. Remote Access YM. Communication Application ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ E-mail & Fax Appl.MSN Terminal Emulation Instant Messaging Voice Recognition Web Browser Internet Telephony.Beberapa contoh Software 4. dll 5. Device driver (pengendali perangkat keras) .

2. 5. Malware (perangkat lunak perusak) . Firmware (perangkat lunak menetap) Propierity software (perangkat lunak berbayar) Free software (perangkat lunak bebas) Freeware (perangkat lunak gratis) Shareware/trialware (perangkat lunak uji coba) Open source software (perangkat lunak sumber terbuka) 7. 3.Berdasarkan sifatnya. software dibagi menjadi: 1. 6. 4.

Bagaimana membuat/ mengembangkan software?? Menggunakan bahasa pemrograman. Procedural language (3GL) . Assembly language (2GL) 3. Machine language (1GL) 2. diantaranya: 1.

‡ Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. ‡ Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer. sedangkan ‡ prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi .Pendahuluan ‡ Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi.

serta pengoperasian kerangka. dan sistem yg ekonomis dan efisien)  Rekayasa atau teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalah .Apakah RPL itu?  Rekayasa : penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan (spt perancangan. pembuatan konstruksi. peralatan.

‡ Bekerja secara tim dan dana yang terukur ‡ Mampu beradaptasi (melakukan perubahan jika diperlukan) untuk menyesuaikan dengan batasan yang ada ± Tidak selalu harus best solution namun appropriate solution .Disiplin Rekayasa ‡ Menjamin bahwa produk dapat bekerja dengan baik ‡ Menggunakan teori. metode dan tool bantu yang sesuai (selektif) untuk menyelesaikan masalah.

pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan . pengkodean. desain.???? RPL atau disebut juga dengan istilah software engineering adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak.. menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna. mulai dari tahap awal yaitu analisis kebutuhan pengguna.Jadi RPL itu apa .

Konstruksi perangkat lunak 4. Metode dan tools perangkat lunak 10. Kualitas perangkat lunak . Proses perangkat lunak 9. Kebutuhan perangkat lunak 2. Pengujian perangkat lunak 5. Perancangan perangkat lunak 3. Pemeliharaan perangkat lunak 6. Manajemen perangkat lunak 8.The software Engineering Body Knowledge (SWEBOK) membagi: 1. Manajemen konfigurasi perangkat lunak 7.

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK Perhatikan gambar berikut: dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi. biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat .

Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform. . Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah. RPL bertujuan: a.TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK Secara khusus. b. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi. d. c. andal dan tepat waktu.

RUANG LINGKUP RPL .

.Software design mencakup proses penentuan arsitektur.Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak. dan pencarian kesalahan. komponen. antarmuka. dan karakteristik lain dari perangkat lunak. . pengujian. .Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan. pengkodean. termasuk algoritma.Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak. .Ruang Lingkup RPL . .

pengelolaan. termasuk perencanaan proyek perangkat lunak. .Software engineering process berhubungan dengan definisi. pengukuran.Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL. .Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL. perubahan dan perbaikan proses RPL.Ruang Lingkup RPL (lanjt ) .Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak . . implementasi. .

REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN DISIPLIN ILMU KOMPUTER Disiplin ilmu komputer (Computer Science) lahir pada awal-awal tahun 1940-an yang merupakan integrasi dari teori algoritma. logika matematika dan ditemukannya cara penyimpanan program secara elektronik pada komputer. Sejak itu ilmu komputer mengalami perkembangan yang terus menerus sehingga cakupannya menjadi semakin meluas. .

Klasifikasi disiplin ilmu komputer menurut ACM (Association of Computer Machinery) .

Klasifikasi disiplin ilmu komputer menurut Denning .

RPL merupakan bagian dari Section D (Perangkat Lunak). Bahasa Pemrograman. terutama sub-bidang Algoritma dan Struktur Data. namun dalam penerapannya. Basis Data. Sistem Operasi dan Jaringan. dan Sistem Informasi. subbidang RPL selalu membutuhkan dukungan dari subbidang lain. RPLmerupakan sub-bidang ilmu komputer yang setara dengan sub-bidang lainnya. Meskipun terlihat terpisahpisah. Sedangkan menurut ACM (Association for Computing Machinery). .Berdasarkan pengelompokkan Denning (2000) dan Wikipedia (2007).

REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN DISIPLIN ILMU LAIN .

Bidang ilmu manajemen meliputi akutansi. . proses dan operasi bisnis. . peluang. manajemen resiko. analisis numerik dan matematika diskrit. simulasi. analisis kuantitatif. kebijakan dan strategi bisnis. statistik. ekonomi. anggaran.Bidang ilmu rekayasa sistem meliputi teori sistem. dan metode-metode kuantitatif. manajemen sumber daya manusia. dan penjadwalan proyek. . manajemen operasi. . kualitas. analisis biayakeuntungan. kalkulus. .Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek. . pemasaran.REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN DISIPLIN ILMU LAIN . tenaga kerja.Bidang ilmu ergonomika menyangkut hubungan (interaksi) antara manusia dengan komponen-komponen lain dalam sistem komputer.Bidang ilmu manajemen kualitas meliputi pengembangan sistem kualitas.Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier. perbaikan kualitas. manajemen resiko dan keandalan. finansial. seperti ruang lingkup proyek. pemodelan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful