P. 1
Askep keluarga ibu hamil

Askep keluarga ibu hamil

|Views: 890|Likes:
Published by Ainun Badriah

More info:

Published by: Ainun Badriah on Feb 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

Oleh Ns.

Rogayah, Skep

Menjadi orang tua adalah salah satu krisis matuarasi dalam kehidupan sekaligus merupakan masa perkembangan tanggung jawab dan perhatian terhadap orang lain. . baik secara fisik yaitu pertumbuhan janin dan adaptasi maternal. 2000). Hamil merupakan tugas perkembangan keluarga secara normal tapi dapat menimbulkan krisis jika tidak mendapat dukungan yang adequat.Š Š Š Periode kehamilan adalah periode persiapan. maupun secara psikologis yakni adaptasi menjadi orang tua (Klien.

Š Š Periode ini juga merupakan masa intensif bagi orang tua dan orang terdekat dengan mereka dan juga merupakan kesempatan untuk mengembangkan persatuan keluarga (FIK. Asuhan keperawatan keluarga pada masa prenatal idealnya dilakukan segera setelah ibu dinyatakan hamil agar wanita atau calon ibu dan keluarganya mendapatkan dukungan untuk mengatasi stres dan mempelajari keterampilan menjadi orang tua (Klien. 2000) . 2000).

Persiapan menjadi orang tua. Membina hubungan dengan keluarga lain. . Membina hubungan dan kepuasan bersama b. Merencanakan memiliki anak e. Prenatal Care g. Menetapkan tujuan bersama c. Rencana KB atau pengaturan anak f.Tugas perkembangan keluarga pada masa menanti kelahiran anak pertama (Duval) adalah a. teman dan kelompok sosial d.

Š Pengkajian Proses pengkajian dilakukan selama periode prenatal yang meliputi wawancara. pemeriksaan fisik. dan pemeriksaan laboratorium. Saat wawancara tanyakan riwayat kesehatan komprehensif yang menekankan pada : .

keluhan utama atau keluhan yang dirasakan selama hamil. usia kehamilan sekarang. tanggal perkiraan melahirkan. hamil keberapa. kebutuhan selama kehamilan. persiapan persalinan dan persiapan awal menjadi ibu .Š Kehamilan saat ini: alasan mencari perawatan.

Riwayat psikososial & budaya: pekerjaan wanita dan pasangan. riwayat kehamilan dan pengalaman persalinan sebelumnya. status pekawinan. riwayat kehilangan (abortus) janin. riwayat menstruasi.Š Š Kehamilan sebelumnya: jumlah anak saat ini. latar belakang budaya dan etnik. . dan riwayat medis yang meliputi: riwayat pembedahan. penggunaan obat. persepsi tentang kehamilan saat ini. status sosial ekonomi. pendidikan. penyakit yang menyertai.

Š Keadaan keluarga: kaji sistem dukungan keluarga. ibu. anak. . dan saudara. saudara kandung. orang tua. keluarga ayah. hubungan ibu hamil dengan suami. hubungan dengan keluarga suami. riwayat cacat dan kelainan genetik Riwayat keluarga memberi informasi tentang keluarga pasien.

dan pemeriksaan yang menyangkut keluhan utama dan riwayat kesehatan atau penyakit yang pernah diderita pasien. payudara. inspeksi luar. pemeriksaan dalam. abdomen. . palpasi luar.Š Pengkajian fisik: pemeriksaan ginekologi. pemeriksaan panggul.

1. Kemampuan keluarga mengenal masalah kesehatan Hal yang perlu dikaji adalah . gejala kehamilan normal dan penyimpangan dari normal . tanda kehamilan.Persepsi keluarga terhadap kehamilan .Pengetahuan pasien dan keluarga tentang fakta dari masalah yang meliputi pengertian.

Apakah keluarga mempunyai sikap negatif terhadap anggota keluarga yang sedang hamil dan kehamilannya .Apakah kehamilan yang dialami dianggap suatu masalah .2.Apakah keluarga takut dengan akibat perubahan yang terjadi akibat kehamilan . Kemampuan keluarga mengambil keputusanMengenai tindakan kesehatan yang tepat Hal yang perlu dikaji: .

Kemampuan keluarga merawat anggota keluarga yang sakit Hal yang perlu dikaji adalah: ..Sejauh mana keluarga mengetahui kehamilannya: kebutuhan.Apakah keluarga dapat menjangkau fasilitas kesehatan yang ada .Apakah keluarga percaya terhadap petugas kesehatan yang ada 3.Sejauh mana keluarga mengetahui kebutuhan dan perkembangan perawatan yang diperlukan . perubahan dan perawatan .

sumber keuangan. fasilitas fusik.Bagaimana sikap keluarga terhadap anggota keluarga yang sedang hamil 4. kemampuan keluarga memelihara lingkungan rumah yang sehat .. psikososial.Sejauh mana keluarga mengetahui sumber sumber yang ada dalam keluarga (penanggung jawab. dukungan keluarga) .

Sejauhmana keluarga mengetahui sumber sumber yang dimiliki .Hal yang perlu dikaji : .Sejauhmana keluarga melihat keuntungan/manfaat pemeliharaan lingkungan .Sejauhmana keluarga mengetahui pentingnya higiene sanitasi .Sejauhmana kekompakan antar anggota keluarga .Sejauhmana keluarga mengetahui upaya pencegahan .

Hal yang perlu dikaji adalah . Kemampuan keluarga menggunakan fasilitas/pelayanan kesehatan di masyarakat.5.Sejauh mana keluarga tahu keberadaan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan untuk perawatan wanita hamil .Sejauhmana keluarga mengetahui keuntungan yang dapat diperoleh dari fasilitas kesehatan .Sejauhmana keluarga mempercayai petugas dan fasilitas kesehatan .

Apakah keluarga mempunyai pengalaman yang kurang baik dengan petugas kesehatan .Apakah fasilitas kesehatan yang ada terjangkau oleh keluarga ..

pola peran. status kesehatan.Š Ansietas yang berhubungan dengan: · Kekhawatiran terhadap diri sendiri dan janin · Krisis situasional/maturasional · Perubahan fisik selama hamil · Rasa tidak nyaman selama krhamilan · Ancaman terhadap konsep diri · Stres · Perubahan status peran. keadaan ekonomi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->