Surat Al-Waqi ah : - Ubay bin ka b berkata bahwa Rasullulah saw bersabda: barang siapa yang membaca su rat Al-Waqi

ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai. - Abdullah bin Mas ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda barang siapa yang membac a surat Al-Waqi ah,ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya - Imam Ja far Ash- Shadiq berkata : barang siapa yang membaca surat Al-Waqi ah pada ma lam jum at ,ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia,tidak melihat kesen gsaraan, kefakiran,kebutuhan,dan penyakit dunia,surat ini adalah bagian dari sah abatAmirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertand ingi oleh yang lain. - Imam Ja far Ash-Shadiq (sa)berkata: barang siapa yang merindukan surga dan sifatn ya, maka bacalahsurat Al-Waqi ah; dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka ,maka bacalah surat As-Sajadah. - Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: barang siapa yang membaca surat Al-Waqi ah se belum tidur,ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan p urnama.

Surat Al-Mulk: - Ibnu Abbas berkata: Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas k uburan dan dan ia tidak tahu bahwa tempat itu adalah kuburan, ia membaca surat A l-Mulk, kemudian ia mendengar suara jeritan dari dalam kuburan itu: inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian kejadian itu diceriterakan kepada Rasullulah SAW,lal u beliau bersabda : surat Al-Mulk dapat menyelamatkan penghuni kubur dari azab k ubur. - Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam taurat, barang siapa yang membacanya di mala m hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya da lam shalat sunnah sesudah Isya dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada sian d an malam. Barang siapa yang membacanya, maka ketika malaikat Munkar dan Nakir ak an masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada merek a: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini berpijak kepadaku lalu ia m embaca surat Al-Mulk pada siang dan malam hari; ketika mereka datang kepadanya d ari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; ketika mereka datang kep adanya dari arah lisannya, lisannya berkaya kepada mereka: kalian tidak ada jala n ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku. - Imam Muhammad Al-Baqir (sa) : enyelamat dari siksa kubur. bacalah surat Al-Mulk, karena surat ini menjadi p

Surat Ar-Rahman:

jika ia mati pada hari it u. maka hari itu sampai sore hari ia tergolong pada o rang-orang yang terjaga dan dikaruniai rizki. bersabda: Barangsiapa yang mendat angi pekuburan lalu membaca surat Yasin. sehingga ia tidak memb utuhkan telaga para nabi sampai masuk ke surga dalam keadaan tidak haus. .Imam Ja far Ash-Shadiq (sa): barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman. dan ketik a membaca kalimat Fabiayyi alai Rabbikuma tukadzdziban ia mengucapkan La bisyay-in mi n alaika rabbi akadzibu (tidak ada satupun nikmat-Mu duhai tuhanku yang aku dust akan).Rasullulah SAW bersabda : barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman. dan bagi yang membacanya mendapat kebaikan sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu. jika saat membacanya itu pada malam dan siang hari kemudian ia mati. setelah minum ia mati dalam keadaan tidak haus. Allah akan memasukkannya ke surga. Allah akan mengampuni dosanya dan memberinya pahala seperti membaca Al-Qur an dua belas kali. maka pada hari itu Allah meringankan si ksaan mereka. 2.com . ketika ia dimasukkan ke liang lahatnya para malaikat itu beribadah kepada Allah di dalam liang lahatnya dan pahalanya dihadiahkan kepadanya. Jika surat Yasin dibacakan di dekat orang yang sedang s akit. menyaksikan saat ruhnya dicabut. dan hat i Al-Qur an adalah surat Yasin. Imam Ja far Ash-Shadiq (sa): Sesungguhnya setiap sesuatu mempunyai hati. tiga ribu malaikat hadir untuk memandikann ya. mengantarkan ke kuburnya sambil memohonkan ampu nan untuknya. (Tafsir Nur Ats-tsaqalayn 4/372). hlm 111).. dan dipancark an ke dalam kuburnya cahaya dari langit sampai Allah membangkitkannya dari kubur nya (Kitab Tsawabul A mal.maka matinya seperti matinya orang yang syahid. Para malaika t itu berdiri dan berbaris di depannya. Barangsiapa yang membaca di malam hari sebelum tidur. diamankan dari siksa kubur. Sumber : syamsuri149. mengantarkan jezanahnya. Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya. Surat Yasin 1. Rasulullah SAW. bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Yasin karena Allah Az za wa Jalla. Allah menurunkan untuknya setiap satu huruf sepuluh malaikat.wordpress. kemudian meminumkan padanya saat ia masih berada di ra njangnya. Barangsiapa yang membacanya sebelum tidur atau di siang hari sebelum bepergian. kubur an-nya diluaskan sejauh batas pandang. (Tafsir Nur Ats-tsaqalayn 4/373). maka datanglah padanya malaikat Ridhwan penjaga surga dengan me mbawa minuman dari surga. 3. Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW. memohonkan ampunan untuknya. menyaksikan saat penguburannya. Allah mengutus seribu malaikat untuk menjaganya dari keburuk an semua setan yang terkutuk dan dari setiap penyakit. Jika surat ini dibacakan saat sakaratul maut atau menjelang sakaratul maut. bershalawat untuknya. memohonkan ampunan untuknya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful