KONSEP EKOSISTEM

Pada awalnya konsep ekosistem merupakan satu kesatuan antara mahluk hidup dengan lingkungannya yg saling terkait dan saling mempengaruhi serta tidak terpisahkan, dan membentuk suatu sistem yaitu sistem ekologi atau ekosistem. Ekosistem dapat dipelajari secara struktural dan fungsional. Secara struktural ekosistem terdiri dari 6 anasir yg dikelompokan menjadi 2 anasir pokok, yaitu: 1. Anasir abiotik (bahan anorganik, organik, & kisaran parameter iklim) 2. Anasir biotik (produsen, makrokonsumen, dan mikrokonsumen) Secara fungsional ekosistem dpt dipelajari menurut proses-proses yang terjadi di dalamnya (lintasan energi, rantai makanan, pola keanekaragaman menurut ruang & waktu, siklus biogeokimia, perkembangan dan evolusi, serta sibernitika/ pengendalian)

Hubungan jenis organisme dgn lingkungannya dpt difahami dan dianalisis sebagai suatu sumberdaya ruang yg multudimensial. Pertumbuhan organisme secara individual dipandang sebagai suatu fungsi dari berbagai macam faktor pembatas. yang disebut sebagai relung atau niche. Adaptasi tumbuhan dan binatang merupakan hasil dari seleksi alami. Pertumbuhan populasi adalah logistik.Konsep ekosistem kemudian menjadi suatu konsep dasar yang sangat penting dalam ekologi dan dalam menangani pengelolaan lingkungan hidup. Dua jenis atau lebih organisme dgn adaptasi serupa tdk dpt berada bersama (koeksis) dalam habitat yg sama utk selamanya. . Jenis-jenis tumbuhan dan hewan berada bersama sebagai populasipopulasi yg membentuk komunitas dgn kekhasan struktur dan polanya. dan dalam hal ini akan proporsional terhadap terhadap besarnya populasi hingga mencapai daya dukung.

ASPEK RELUNG EKOLOGI ‡ Relung spasial/habitat ‡ Relung trofik ‡ Relung multidimensi/hipervolume . dan kondisi lain untuk eksistensinya. posisi gradien lingkungan tempe ratur.‡ Habitat organisme adalah tempat dia hidup atau tempat yang dikehendakinya ‡ Relung ekologi lebih inklusif bukan hanya secara fisik organisme itu didapat kan tetapi peranan didalam komunitasnya contoh: posisi trofik. pH. tanah. kelembaban.

Pembagian klasifikasi ekosistem secara mendasar (odum. Ekosistem ini tdk mendapatkan energi lain selain dari natahari. Ekosistem alami dgn suplai energi tenaga matahari. dan ini merupakan struktur ekosistem. b) pengaturan pertukaran merupakan mekanisme utama dari sistem tersebut. .Jenis-jenis tumbuhan dan hewan cenderung akan berubah dgn berubahnya komunitas berdasar waktu. Komunitas biotik dan lingkungannya membentuk ekosistem yg berfungsi utk menjaga agar energi internal maupun eksternal serta pertukaran materi (jaring-jaring makanan serta materi). dgn organisasi trofik yg jelas. dan ini merupakan suksesi ekologi. c) seleksi alami berlangsung pada aras spesies. contohnya lautan dan hutan. dan ekosistem ikut serta dalam beberapa proses pengaturan tersebut. 1975): 1. Aliran energi dan pertukaran materi yg berlangsung di dlm ekosistem diatur oleh suatu sistem keterkaitan dimana: a) laju pertukaran lebih penting artinya dari pada jumlah yang ada.

arus. Di dalam ekosistem inilah stiap hari udara dibersihkan. perkebunan. Ekosistem ini selain dari matahari juga mendapat subsidi energi dari alam. iklim dikendalikan. dan akuakultur. Ekosistem urban dan industrial dengan suplai energi bahan bakar minyak. yaitu sebagai penyangga kehidupan di muka bumi. cuaca ³dijinakan´. 4. air didaur-ulangkan. 3. serta tergantung sepenuhnya pada ketiga ekosistem lainnya. atau angin. dan masih banyak lagi proses yang penting yang terjadi didalamnya. Contonya kota besar dan kawasan industri.2. yaitu berupa ombak. Ekosistem alami mempunyai arti yang sangat penting. Ekosistem ini dibentuk dan dipelihara oleh manusia. hujan. Ekosistem dgn suplai energi matahari dan mendapat subsidi alami. Contohnya ekosistem muara. Contohnya: ekosistem pertanian. . Ekosistem dgn suplai energi matahari dan memperoleh subsidi energi dari manusia.

Dengan diterimanya konsep ekosistem sebagai konsep dasar ekologi. maka pendekatan holistik semakin menjadi tuntutan. sehingga implementasi dari studi-studi ekologi dpt bermanfaat utk mengatasi masalahmasalah manusia dalam mengelola lingkungan hidup. .

6. 14. 2. 7. Konsep Ekosistem Lingkungan Non-Biotik Ekologi Manusia Dampak Pembangunan terhadap Lingkungan Dinamika Sistem ekologi dan Restorasi Konsep Restorasi Lingkungan Karakteristik Lingkungan Terestorasi Ekosistem Rujukan Restorasi Lingkungan Akuatik I Restorasi Lingkungan Akuatik II Restorasi Lingkungan Terestrial I Restorasi Lingkungan Terestrial II Pengelolaan Proyek Restorasi I Pengelolaan Proyek Restorasi II . 5. 4. 3. 13. 12. 10. 9. 11. 8.SILABUS RESTORASI LINGKUNGAN 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful