PENDAHULUAN

I.

Latar Belakang Negara Indonesia termasuk negara Kelima yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar

di dunia. Dimana seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka meningkat pula jumlah tenaga kerja yang akan di hasilkan nantinya. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor terpenting dalam perusahaan manufaktur, karena dengan tenaga kerja dan peranan para karyawanlah maka kegiatan perusahaan dapat dijalankan demi menghasilkan tenaga kerja yang nantinya dapat diharapkan, maka pihak manajemen perlu mengadakan pembinaan dan pengendalian yang baik serta mengadakan program-program yang dapat menunjang keamanan kerja para karyawan. Pemeliharaan atas kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan merupakan hal yang penting guna menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif serta akan membuat karyawan menjadi produktif dan lebih loyal terhadap peruahaan. Sebagai salah satu perusahaan manufaktur terkemuka di Indonesia, Panasonic Gobel Indonesia selalu berusaha untuk menjaga hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan untuk mencapai kesejahteraan baik kesejahteraan karyawan maupu kesejahteraan perusahaan. Lingkungan kerja yang kondusif ini diciptakan dengan pemenuhan standar kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan serta adanya program-program kesejahteraan bagi karyawan. Berdasarkan pada Kunjungan Kerja Lapangan kami di Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia (PEWGMID), Gobel Industrial Complex EJIP Industrial Parks Plot 3D, Lemah Abang, Bekasi, 17550, jawa Barat, maka kami membahas tentang “Penerapan Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada PT. Panasonic Gobel Indonesia”.

II. Rumusan Masalah Sesuai dengan latar belakang yang penulis uraikan diatas maka masalah pokok yang disajikan dengan penulisan ilmiah ini adalah bagaimana penerapan dari program Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada PT. Panasonic Gobel Indonesia.

III. Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :

Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif. sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004. 8015710 Fax: (+62-21) 8015706. Thayeb Moh. AC. hadirnya brand National di tahun 1970. Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Mengetahui bagaimana program K3 diterapkan di lingkungan industri PT. Panasonic Gobel Indonesia. operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 9 negara (termasuk Indonesia) dengan total 75 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 82. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) melakukan kegiatan penjualan . Gobel pada tahun 1954. Panasonic muncul pertama kalinya dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Mesin Cuci. Jakarta 13630 Indonesia. Dewi Sartika 14 Cawang. Panasonic Gobel Indonesia : Jl.1. khususnya untuk kebutuhan konsumen awam. Panasonic Corporation yang berpusat di Osaka. Di Indonesia sendiri. bisnis dan industri . Dimulai dengan kehadiran radio ‘tjawang’ oleh Almarhum Drs. Garis Besar Panasonic Gobel Indonesia Nama Perusahaan Alamat terdaftar Presiden Direktur Tanggal Pendirian : PT. National Gobel 1991 – PT. Kamera. atau sama dengan 26% dari total penjualan luar negeri Panasonic Corporation.000 orang dan mencapai total penjualan sebesar 9. Telephone: (+62-21) 8090108. 80882620 : Ichiro Suganuma : 1970 – PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA Melalui brand-nya yang dikenal secara umum dengan nama Panasonic. Kulkas. Di Asia Pasifik. H. Kegiatan Bisnis : PT. PROFIL PT. dan lainnya. Jepang ini. merupakan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik. TV pertama di tahun 1962. National Panasonic Gobel 2004 – PT Panasonic Gobel Indonesia . mulai dari TV plasma.457 juta US Dollar untuk tahun fiskal 2005. Beberapa tahun berikutnya.

Business Solutions . Communications • • DECT Phone Personal Fax 5. Home Appliances • • • • • • Split Air Conditioner Washing Machine Refrigerator Microwave Vacuum Cleaner Air Purifier 3.dan purna jual kepada para konsumen di Indonesia. yaitu Digital AV dan Home Appliances. Produk-produk Panasonic Gobel Indonesia 1. Konsentrasi PGI terletak pada produk-produk ‘consumer electronic’ yang terdiri dari 2 kategori besar. Health & Beauty • • Beauty Care Hair Dryer & Styler 4. Digital AV • • • • • • • 3D Full HD Plasma TV & LCD TV Digital Camera DVD Recorder Mini DV Camcoder Home Theatre Digital Audio Player 2.

Bekasi 17520. Jakarta Timur 13710 : 021-8710221 : 021-8710851 Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia (PEWGMID) Address : Gobel Industrial Complex EJIP Industrial Parks Plot 3D. 44. Dewi Sartika (Cawang II).• • Interactive Whiteboard Multi-Function Copier 6. Pasar Rebo. Teuku Umar Km.14. West Java Indonesia : 021-88324919 : 021-88325033 . No. Pekayon. West Java : 021-8970044 : 021-8970040 Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI) Address Telephone Fax. Cibitung. : Jl. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Address Telephone Fax : Jl. Indonesia 021-80883504 021-80883504 http://www. 17550.id . Raya Bogor Km. Professional AV • • • Broadcast Camera Projector Security System Kelompok Perusahaan di Indonesia Panasonic Indonesia Group Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Address Telephone Fax Website : : : : Jl.co. Jakarta 13630. 29. Lemah Telephone Fax Abang. Bekasi.panasonic.

Raya Narogong Km.Cikampek KM 47. Indonesia : 021-8980005 : 021-8981487 PT. Kawasan Industri KIIC Lot A1~4. 2 Blok 0-1. Indonesia : 021-8015666 : 021-8015665 Panasonic Shikoku Electronics Indonesia (PSECI) Address Telephone Fax : Kawasan Industri MM 2100. Pasuruan 67152. Jl. Rembang. : Kawasan Industri Menara Permai. Dewi Sartika (Cawang II).8. Cibitung. 17520.14. Karawang 41361.Gobel International (GI) Address Telephone Fax : Jl. No. Tol Jkt . Industri Raya 47. Indonesia : 0343-740230 : 0343-740239 Panasonic Electric Works Mitra Indonesia (PEWMID) Address Telephone Fax. Rembang. Panasonic Semiconductor Indonesia (PSCID) Address Telephone Fax : Jl. Lombok. Bekasi. 23. Jakarta 13630. Jawa Telephone Fax Timur. Cileungsi. Jl. Teluk Jambe. West Java. Indonesia : 021-8904248/50 : 021-8904254 Panasonic Lighting Indonesia (PLI) Address : Jl. Bogor. 16820 : 021-8230054 : - .

. Kesehatan kerja memiliki sifat sebagai berikut : a.PENERAPAN PROGRAM KESEHATAN DA KESELAMATAN KERJA PADA PT. baik fisik. maupun sosial. agar pekerja/masyarakat pekerja beserta memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Keselamatan kerja sama dengan Hygiene Perusahaan. terhadap penyakitpenyakit/gangguan –gangguan kesehatan yang diakibatkan faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja. atau mental. Bersifat medis. serta terhadap penyakit-penyakit umum. PANASONIC GOBEL INDONESIA Pengertian dan tujuan kesehatan dan keselamatan kerja 1. dengan usaha-usaha preventif dan kuratif. Menurut Sumakmur (1988) kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan/kedokteran beserta prakteknya yang bertujuan. Sasarannya adalah manusia b.

Keselamatan kerja memiliki sifat sebagai berikut : a. Pengertian Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor : 03 /MEN/1998 tentang Tata Cara Pelaporan dan Pemeriksaan Kecelakaan bahwa yang dimaksud dengan kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak diduga semula yang dapat menimbulkan korban manusia dan atau harta benda. dan dalam istilah asing dikenal Occupational Safety and Health. Sasarannya adalah lingkungan kerja b. Pengistilahan Keselamatan dan Kesehatan kerja (atau sebaliknya) bermacam macam . ada yang menyebutnya Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hyperkes) dan ada yang hanya disingkat K3. pesawat. dan proses pengolahannya. Agar sumber-sumber produksi dapat berjalan secara lancar tanpa adanya hambatan Kecelakaan kerja 1. 1993).2. Tujuan hyperkes dapat dirinci sebagai berikut (Rachman. Tujuan K3 Tujuan umum dari K3 adalah menciptakan tenaga kerja yang sehat dan produktif. Bersifat teknik. Penyebab kecelakaan kerja . 2. bahan. 1990) : a. Agar tenaga kerja dan setiap orang berada di tempat kerja selalu dalam keadaan sehat dan selamat. landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan (Sumakmur. b. 3. alat kerja. Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan mesin.

antara lain karena : a) kurangnya kemampuan fisik. a. misalnya (Budiono. perlengkapan dan berang-barang/bahan-bahan. mental. dan psikologis b) kurangny/lemahnya pengetahuan dan ketrampilan/keahlian. antara lain karena : a) tidak cukup kepemimpinan dan atau pengawasan b) tidak cukup rekayasa (engineering) c) tidak cukup pembelian/pengadaan barang d) tidak cukup perawatan (maintenance) e) tidak cukup alat-alat. f) tidak cukup standard-standard kerja g) penyalahgunaan b.Secara umum. Sugeng. Penyebab Dasar 1) Faktor manusia/pribadi. . ada dua sebab terjadinya kecelakaan kerja. c) stress d) motivasi yang tidak cukup/salah 2) Faktor kerja/lingkungan. Penyebab Langsung 1) Kondisi berbahaya (unsafe conditions/kondisi-kondisi yang tidak standard) yaitu tindakan yang akan menyebabkan kecelakaan. 2003) : a) Peralatan pengaman/pelindung/rintangan yang tidak memadai atau tidak memenuhi syarat. yaitu penyebab langsung (immediate causes) dan penyebab dasar (basic causes).

dll h) Bising i) Paparan radiasi j) Ventilasi dan penerangan yang kurang Tindakan berbahaya (unsafe act/tindakan-tindakan yang tidak standard) adalah tingkah laku. b) Gagal untuk memberi peringatan. c) Gagal untuk mengamankan. e) Menyebabkan alat-alat keselamatan tidak berfungsi. d) Bekerja dengan kecepatan yang salah. uap. f) Memindahkan alat-alat keselamatan. Sugeng. . h) Menggunakan alat dengan cara yang salah. g) Menggunakan alat yang rusak. tindak-tanduk atau perbuatan yang akan menyebabkan kecelakaan. i) Kegagalan memakai alat pelindung/keselamatan diri secara benar. asap. alat-alat/peralatan rusak c) Terlalu sesak/sempit d) Sistem-sistem tanda peringatan yang kurang mamadai e) Bahaya-bahaya kebakaran dan ledakan f) Kerapihan/tata-letak (housekeeping) yang buruk g) Lingkungan berbahaya/beracun : gas. debu. 2003) : a) Mengoperasikan alat/peralatan tanpa wewenang.b) Bahan. misalnya (Budiono.

Pemajanan di tempat kerja sangat menentukan d. Populasi pekerja b. antrakosilikosis.” Jenis penyakit akibat kerja tersebut adalah . Beberapa ciri penyakit akibat kerja adalah : a. Contohnya adalah keracunan Pb. c. Silikosis (Budiono. Pengertian Peraturan Menaker No Per 01/MEN/1981 tentang Kewajiban Melapor Penyakit Akibat Kerja menyebutkan bahwa Penyakit Akibat Kerja (PAK) adalah setiap penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan atau lingkungan kerja. Sugeng. ‘penyakit yang disebabkan bahan kimia lainnya termasuk bahan obat. Pneumokoniosis yang disebabkan oleh debu mineral pembentukan jaringan parut (silikosis. Kompensasi ada e. Penyebab spesifik c. sedangkan Keputusan Presiden RI No 22/1993 tentang Penyakit yang Timbul Karena Hubungan Kerja memuat jenis penyakit yang sama. Asbestosis. Penyakit paru dan saluran pernafasan (bronkhopulmoner) yang disebabkan oleh debu kapas. henep dan sisal (bissinosis) . 2003) 2. vlas.Penyakit akibat kerja 1. a. asbestosis) dan silikotuberkulosis yang silikosisnya merupakan faktor utama penyebab cacat atau kematian.01/MEN/1981 mencantumkan 30 jenis penyakit. ditambah . b. Jenis Penyakit Akibat Kerja Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER. Penyakit paru dan saluran pernafasan (bronkhopulmoner) yang disebabkan oleh debu logam keras.

h. Penyakit yang disebabkan oleh arsen atau persenyawaannya yang beracun. Penyakit yang disebabkan oleh karbon disulfida. Penyakit yang disebabkan oleh derivat nitro dan amina dari benzena atau homolognya yang beracun.d. f. o. Penyakit yang disebabkan oleh berillium atau persenyawaannya yang beracun. . Penyakit yang disebabkan oleh kadmium atau persenyawaannya yang beracun. Penyakit yang disebabkan oleh derivat halogen dari persenyawaan hidrokarbon alifatik atau aromatik yang beracun. j. Penyakit yang disebabkan oleh krom atau persenyawaannya yang beracun. m. Penyakit yang disebabkan oleh fosfor atau persenyawaannya yang beracun. s. Alveolitis allergika yang disebabkan oleh faktor dari luar sebagai akibat penghirupan debu organik. Penyakit yang disebabkan oleh benzena atau homolognya yang beracun. k. Penyakit yang disebabkan oleh timbal atau persenyawaannya yang beracun. q. Penyakit yang disebabkan oleh alkohol. glikol atau keton. n. i. Penyakit yang disebabkan oleh raksa atau persenyawaannya yang beracun. t. e. p. g. l. Penyakit yang disebabkan oleh nitrogliserin atau ester asam nitrat lainnya. r. Penyakit yang disebabkan oleh flour atau persenyawaannya yang beracun. Asma akibat kerja yang disebabkan oleh penyebab sensitisasi dan zat perangsang yang dikenal yang berada dalam proses pekerjaan. Penyakit yang disebabkan oleh mangan atau persenyawaannya yang beracun.

pic. hidrogen sulfida atau derivatnya yang beracun. dapat kami simpulkan bahwa PT. kimiawi atau biologik. bitumen. y. å. Kelainan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan w. atau persenyawaan. aa. bb. hidrogensianida. tulang persendian. ä. Kanker kulit epitelioma primer yang disebabkan oleh ter. Lemah Abang. antrasena. Penyakit kulit (dermatosis) yang disebabkan oleh penyebab fisik. seng. Penyakit yang disebabkan oleh bahan kimia lainnya termasuk bahan obat. Penyakit yang disebabkan oleh gas atau uap penyebab asfiksia atau keracunan seperti karbon monoksida.u. jawa Barat. Panasonic Gobel Indonesia merupakan perusahaan yang menerapakan peraturan K3 secara baik dan . Penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dalam udara yang bertekanan lebih. produk atau residu adri zat tersebut. urat. minyak mineral. Penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Bekasi. pembuluh darah tepi atau syaraf tepi). 17550. braso dan nikel. Penyakit yang disebabkan oleh radiasi elektromagnetik dan radiasi yang mengion. Gobel Industrial Complex EJIP Industrial Parks Plot 3D. atau parasit yang didapat dalam suatu pekerjaan yang memiliki resiko kontaminasi khusus. Kanker paru atau mesotelioma yang disebabkan oleh asbes ö. amoniak. Penyakit yang disebabkan oleh getaran mekanik (kelainan-kelainan otot. Penerapan Program K3 pada PT. x. Panasonic Gobel Indonesia Dari kunjungan di lapangan yang kami lakukan pada tanggal 26 Januari 2011 ke Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia (PEWGMID). bakteri. v. z. Penyakit yang disebabkan oleh suhu tinggi atau rendah atau panas radiasi atau kelembaban udara tinggi.

para pekerja diharuskan untuk meninggalkan barang-barang yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan kerja dan mengganggu jalannya kerja. Selain itu. Pelindung kepala . Di pabrik tersebut. Ukuran baju disesuaikan dengan masing-masing pekerja. Bekerja di tempat seperti itu. Sebagian besar pekerjaan memang sudah menggunakan mesin tetapi tenaga manusia juga masih sangat diperlukan. Panasonic Gobel Indonesia melengkapi pabriknya dengan alat-alat modern yang aman bagi karyawan serta melengkapi karyawannya dengan perlengkapan sesuai prosedur keamanan kerja. Hal ini bertujuan untuk melindungi pekerja dari bahanbahan kiia berbahaya yang mengkin tumpah atau terbakar. kami mengunjungi bagian pembuatan AC (Air Conditioner). Perusahaan ini tidak semata-mata profit orriented tetapi juga tetap menjaga keamanan kerja dari para pekerjanya. Untuk mengantisipasi hal tersebut. Di pabriknya tersebut kami melihat standar kerja yang cukup matang dengan peralatan keamanan yang memadai. Seragam / pakaian kerja Berdasarkan dari apa yang kami lihat dilapangan. Untuk para pekerja bertugas di laboratorium. tentunya rawan terhadap terjadinya kecelakaan kerja baik yang akibatnya dapat dirasakan langsung ataupun yang akan dirasakan di waktu yang akan datang. sebelum masuk ke dalam pabrik. Penggunaan seragam ini selain untk keamanan juga untuk menyeragamkan anggota serta memberikan identitas jabatan bagi para karyawan. Bahan baju yang digunakan terbuat dari bahan yang nyaman dan cukup tebal untuk menghindari dari kemungkinan terluka atau kecelakaan kerja serta tidak menghalangi kerja. para pekerja di pabrik Panasonic Gobel Indonesia mengenakan segaram yang sewarna berbentuk jumpsuit dengan lengan pendek. PT. Alat pelindung diri yang diberikan kepada karyawan adalah : 1.benar. 2. diwajibkan untuk mengenakan jas laboratorium.

perusahaan mewajibkan para pekerjanya untuk meggunakan masker. dan batas paparan. dan juga radiasi. pelindung kepala yang digunakan adalah helm yang pada umumnya tebuat dari kevlar. kosentrasi. debu. Penggunaan kaca mata pelindung dimaksudkan untuk menghindari mata dan wajah dari kecelakaan akibat percikan api. 3. Pemakaian helm lebih dianjurkan mengingat saat bekerja sangat mungkin terjadi kecelakaan seperti terjatuhnya material keras dan menimpa kepala kita. serat resin. 4. Lazimnya. Filter masker tersebut memiliki masa pakai. Kaca mata pelindung Penggunaan kaca mata pelindung amat disarankan dalam melakukan pekerjaanpekerjaan tertentu di dalam pabrik seperti mengelas ataupun pekerjaan-pekerjaan lain yang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan mata. Banyak sekali partikel-partikel udara. Pemilihan masker yang sesuai didasarkan pada jenis kontaminasi. uap kimia. Alat pelindung telinga . modern plastic yang berguna untuk melindungi kepala kita dari benturan benda-benda keras. Masker Kontaminasi bahan kimia yang paling sering masuk ke dalam tubuh manusia adalah lewat pernafasan. Apabila tidak dapat menyaring udara yang terkontaminasi lagi. 5. maka filter tersebut harus diganti. fiberglass. uap dan gas yang dapat membahayakan pernafasan. Beberapa jenis perlindungan pernafasan dilengkapi dengan filter pernafasan yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Secara umum perlindungan mata terdiri dari : • Kacamata pelindung • Goggle • Pelindung wajah • Pelindung mata special (goggle yang menyatu dengan masker khusus untuk melindungi mata dan wajah dari radiasi dan bahaya laser).Alat pelindung kepala yang digunakan adalah topi pengaman. Alat ini digunakan untuk menyeragamkan anggota dan juga melindungi kepala dari bahaya seperti terjatuhnya material-material kecil. Untuk menghindari terjadinya kerusakan paru-paru atau efek-efek negatif bagi pernafasan. tumpahan bahan kimia.

dan material yang panas . Disini kita harus selektif dan menggunakan sepatu yang mempunyai ujung yang sangat keras dan alas yang tebal itu dimaksudkan agar kaki para pekerja telindungi dari kecelakaan yang akan terjadi seperti halnya barang berat yang jatuh menimpa kaki para pekerja dan benda tajam yang dapat menciderai kaki pekerja. Lingkungan kerja seperti di bengkel. jika seseorang berada pada lingkungan tersebut terlalu lama dan berulang-ulang. Sarung tangan menjadi solusi bagi Anda. permukaan benda yang kasar atau tajam. sarung tangan juga dapat memberi perlindungan dari peralatan gelas yang pecan atau rusak. Umumnya kerusakan fungsi telinga sebagai alat pendengaran adalah permanent. Sarung tangan Kontak pada kulit tangan merupakan permasalahan yang sangat penting apabila Anda terpapar bahan kimia yang korosif dan beracun. Sepatu pengaman Dalam setiap perusahaan pemilihan penggunaan sepatu sangatlah penting. 7. 6. gangguan pendengaran yang terjadi akibat terpapar bising dikenal sebagai gangguan pendengaran akibat bising. Oleh karena itu perlindungan terhadap organ yang satu ini sangat diperlukan untuk mencegah rusaknya fungsi pendengaran akibat lingkungan kerja. Dengan tingkat kebisingan yang tinggi. telinga tidak luput dari risiko kerusakan akibat kerja. Sejaun yang kami lihat. rata-rata di atas 95 d B vs 80 d B batas aman bagi pendengaran manusia. maka resiko kerusakan fungsi pendengaran akan bertambah. Hal ini terlihat dari pemakaian alat tersebut pada seluruh pekerja yang kami temui di dalam pabrik. pembangkit tenaga listrik dan lainnya sering dijumpai kebisingan yang cukup tinggi. Kebisingan yang melebihi ambang pendengaran dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama serta berulang-ulang dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang menetap. Tidak hanya melindungi tangan terhadap karakteristik bahaya bahan kimia tersebut.Telinga merupakan organ vital dari manusia yang sangat berguna dan sensitive. pabrik. karena dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang akan menciderai kaki para pekerja. Untuk itu sebagai pekerja di lingkungan kerja seperti itu harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk melindungi telinga mereka. Sebagai organ tubuh yang vital. Sehingga proses rehabilitasinya bisa dikatakan sangat kecil kemungkinannya. perusahaan telah mengharuskan para pekerja untuk menggunakan pelindung telingan.

atau dingin. banyak pekerja mengeluhkan terkena penyakit Hernia. Perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk tidak bekerja apabila ditemukan ketidak beresan pada mesin. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dan memperlancar proses produksi. pengangkutan barang-barang berat. Sarung tangan harus secara periodik diganti berdasarkan frekuensi pemakaian. Selain melengkapi para pekerja dengan alat pelindung diri. Sebelum kebijakan itu diterapakan. dilakukan dengan mesin. seperti proses penyusunan barang jadi. perusahaan juga menetapkan prosedur keamanan dalam menggunakan mesin-mesin produksi. Pengecekan terhadap mesin dilakukan setiap hari sebelum proses produksi berjalan. . Selain pengecekan dan perawaan mesin. Adanya bantuan alat pengangkut tersebut memperkecil adanya penyakit tersebut pada para pekerja. untuk menjaga kesehatan dan keselamata kerja para pekerja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful