Konsep Dasar Timbulnya Masalah Gizi

Dosen Kopertis Wilayah IV Dpk di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Ahmad Yani Cimahi 2008

Susilowati, S.KM.

Agent (zat gizi.Konsep • Masalah: kesenjangan antara harapan dan kenyataan • Masalah gizi: kesenjangan antara keadaan gizi yang diharapkan dengan kenyataan yang ada • Tiga faktor yang berkaitan dengan masalah gizi: 1. Host (pejamu) 2. penyakit) 3. Environment .

kelompok etnik 5. jenis kelamin 4. fisiologis 6. umur 3. imunologik 7.Host (Pejamu) Faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh manusia: 1. kebiasaan seseorang . genetis 2.

Riwayat Alamiah Penyakit .

Riwayat Alamiah Penyakit pada Penyakit Gizi .

INTAKE ZAT GIZI KEBUTUHAN ZAT GIZI STATUS GIZI GIZI KURANG GIZI BAIK GIZI LEBIH .

Gizi Seimbang = Gizi Baik Intake zat gizi Kebutuhan zat gizi Asupan zat gizi SESUAI kebutuhan gizi .

Contoh Jenis Gangguan Gizi Kekurangan Energi dan Protein (KEP) Kekurangan Vitamin A (KVA) Kekurangan Zat Besi (KGB) Kekurangan Yodium (GAKY) Gangguan Gizi Lebih KUALITAS SDM RENDAH .

Patogenesis Penyakit Gizi Faktor Lingkungan Persediaan jaringan Ketidakcukupa n Kemerosotan jaringan Perubahan biokimia Perubahan fungsi Perubahan anatomi Faktor manusia Malnutrisi ditandai Penurunan BB & TB terhambat Malnutrisi melalui Pemeriksaan lab. 1977 .S dan Rodolfo. Tampak tanda khas Tanda klasikal Sumber: Solon F.

Faktor Penyebab Gizi Kurang GIZI KURANG Asupan makanan Penyakit infeksi Penyebab langsung Persediaan makanan di rumah Perawatan anak dan ibuhamil Pelayanan kesehatan Penyebab tidak langsung Kemiskinan. kurang keterampilan Pokok masalah Krisis ekonomi langsung Sumber: Unicef. 1999 Akar masalah . kurang pendidikan.

daya tahan tubuh GIZI (NUTRITURE/NUTRITION) Adalah keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh (intake) dan yang digunakan untuk keperluan proses pertumbuhan. aktivitas dan lainnya (dari segi kuantitas maupun kualitas) Habicht (1979) . penyembuhan penyakit.Status Gizi ZAT GIZI (NUTRIENT) Adalah zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk berbagai proses pertumbuhan. pemeliharaan proses biologi. aktivitas.

Status Gizi STATUS GIZI (NUTRITION STATUS) Adalah keadaan yang diakibatkan oleh keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zat gizi oleh tubuh INDIKATOR STATUS GIZI Adalah tanda-tanda yang dapat memberikan indikasi tentang status gizi seseorang Habicht (1979) .

dan Infeksi STATUS GIZI M a gg en tg za iz i gu ng m ut u Keseimbangan Antara ASUPAN ZAT GIZI dan KEBUTUHAN GIZI oleh tubuh er ny pe da n an ap Ju m la h Asupan Zat Gizi Pengaruh terhadap nafsu makan Penyakit Infeksi Daya tahan tubuh terhadap infeksi za iz tg i .Hubungan Status Gizi. Asupan Gizi.

Ketersediaan bahan makanan yang kurang di pasaran: .Tingkat pengetahuan yang kurang .Keadaan sosial ekonomi kurang memadai .Faktor-faktor yang Mengakibatkan Gangguan Gizi 1.Daya beli yang kurang/ menurun .Kegagalan produksi pertanian Ketersediaan bahan makanan yang kurang di tingkat rumah tangga/ individu .Kebiasaan/ budaya yang merugikan 5.Krisis ekonomi yang berkepanjangan . 11. Penyakit-penyakit infeksi .

Gambaran status gizi masyarakat dapat menjadi indikasi tentang keadaan sosial ekonomi. ketersediaan pangan ataupun keadaan kesehatan lingkungan yang bersangkutan .

misal pap smear. radiologi. Biofisik Memeriksa bagian tubuh (jaringan tubuh) tertentu. Antropometri Mengukur keadaan tubuh manusia Ukuran: BB. LLA.Cara Penilaian Status Gizi A. darah. penglihatan dll. Klinik Memeriksa bagian tubuh dengan bantuan perabaan. feces) 3. Biokimia Mengukur status dengan peralatan kimia (misal urin. pengetokan. pendengaran. Misal: dokter memeriksa pasien . Lika. Lida 2. METODE LANGSUNG 1. rontgen 4. TB/PB.

kematian. dll . Ekologi berdasar pada lingkungan. budaya. METODE TIDAK LANGSUNG 1. 3.Cara Penilaian Status Gizi B. Mengukur konsumsi makanan 2. Statistik vital: data-data kesakitan. sosial. ekonomi.

Indikator Status Gizi • Tanda-tanda yang memberikan indikasi tentang keseimbangan antara intake dan kebutuhan gizi (nutriture) • Didasarkan pada dampak dari nutriture (pertumbuhan fisik. • Metode pengukuran yang digunakan ada yang mudah. • Dapat diukur secara kuantitatif maupun kualitatif dengan metode pengukuran/ observasi yang baku dan tersedia rujukannya. murah dan secara luas. Ada pula yang memerlukan keahlian khusus dan mahal biayanya. perkembangan mental. motorik dan perilaku serta proses biologis). .

Indikator Status Gizi Beberapa contoh indikator status gizi: • Antropometri (gambaran pertumbuhan fisik) • Kadar Hb darah • Pembesaran kelenjar gondok • Kadar vitamin A dalam darah • Aktivitas (gambaran motorik) • Perkembangan mental dan perilaku (psikologis) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful