SUNGAI SUNTER DI DEPAN KOMPLEKS TNI

.

Pengecilan sungai karena pembangunan tol dan komplek TNI .Lebar Sungai Sunter yang berada di depan Komplek TNI ± 27 meter.

Namun sudah terdapat solusi pada sungai ini untuk menangani banjir. 2011 3m 22 m 3m 2m Parit penangulang banjir Sungai Sunter Keadaan sungai sunter pada dewasa ini. yaitu dibuat parit untuk menampung kelebihan air pada saat musim hujan.GAMBARAN SUNGAI SUNTER DI DEPAN ARTHA GADING Thn.dll. . semakin dipersempit karena pembangunan jalan.

2011 Jalan Raya (Aspal) Tangga Jalan Raya (Aspal) Pondasi pembatas Rumah susun Pondasi pembatas Pondasi tanggul yang digunakan adalah pondasi pembatas antara tanah dan air sehingga tidak terjadi pengikisan. Terdapat jembatan selebar ± 6 m untuk menghubungakan jalan raya dengan jalan masuk ke artha gading .MATERIAL SERTA KEADAAN DI DEPAN SUNGAI SUNTER Thn.

Jembatan Sambungan jembatan Pinggiran jembatan Terdapat trotoar di bagian samping .

.Tanggul Pembatas Lebarnya 5 meter.

KEADAAN DI SEBELAH KANAN SUNGAI SUNTER DI DEPAN ARTHA GADING Thn.2011 Peninggi tanggul 5m G A P U R A 3m MALL ARTHA GADING 2m Jalan aspal Bila sesuai gambar di atas maka mall artha gading terdapat di sebelah kanan sungai. Pelebaran jalan juga dapat menyempitnya aliran Sungai Sunter. .

jalan raya serta jalan t lingkar dalam jakarta.KEADAAN SEBELAH KIRI SUNGAI SUNTER DI DEPAN ARTHA GADING Thn. Pembangunan-pembangunan ini juga merupakan salah satu faktor mengecilnya Sungai Sunter .2011 Jalan Tol Jalan Raya (Aspal) Trotoar 8m pembatas Jembatan (Aspal) Disebelah kiri suangai terdapat parit penanggulangan banjir.

TAMPAK ATAS KEADAAN SEKITAR SUNGAI SUNTER DI DEPAN ARTHA GADING TNI Thn.2011 T R O T O A R S U N G A I JEMBATAN S U N T E R J A L A N 5m 6m P E M U K I M A N J A L A N T O L 8m J A L A N R A Y A P A R I T P E M U K I M A N G A P U R A K O M P L E K T N I K E C I L Arah aliran Sungai Sunter berasal dari arah MOI ke komplek TNI .

PENCEMARAN G A P U pemukiman Ko R m A pl ek T NI Jalan Raya (Aspal) Jalan Tol Trotoar Peninggi tanggul Jembatan (Aspal) 5m pembatas 2m 3m Pencemaran yang terjadi: 1. Pencemaran tanah (banyak terdapat sampah) 3. Pencemaran udara (dari jalan raya dan jalan tol) 2. Pencemaran air (dari pembuangan kotoran pemukiman) .

SAMPAH SAMPAH SAMPAH .

Dinding Pembatas Sungai .

.Keadaan di pinggir sungai Pembangunan bangunanbangunan liar yang terdapat dipinggir sungai langsung tanpa jarak. Peraturan garis sepadan sungai tanpa tanggul adalah 10-15 meter.

karena banyak tumpukan sampah yang membuat air tidak mengalir dengan baik Parit penampungan kelebihan air dari sungai Sunter bila musim hujan yang juga mempersempit aliran sungai ke laut. Lebar parit 3 meter kedalamannya 2 meter.Parit ini tidak berfungsi dengan baik sebagai penampungan air. .

padalah peraturan garis sepadan jalan yang terdapat tanggul adalah minimal 5 meter.Jalan raya di sebelah parit penampungan air yang tidak berjarak ± 5 meter. Lebar jalan raya 8 meter. .

.Sebab => sungai mengecil Jalan tol lingkar jakarta yang merupakan salah satu penyebab mengecilnya sungai Sunter.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful