DINDING DAN KOLOM

K E L O M P O K 2

SITI MUNAWARAH (100406014) DONI TRI HARIANSYAH (100406015) NOVI ISTIGFARINI (100406016) REVINDA KARTIKA CAHYA (100406017) PUTRI HASRIDA (100406018) AGUNG TRI PUTRA (100406019) DWI RATIKA WULANDARI (100406020) AMINI FADILLA (100406021) CANDRA KIRANA NADEAK (100406022) MELIANA (100406023) SHERLY CHANDRA (100406024) JENNY (100406025) MELIA OKTIVA (100406026)

RANGKA DINDING
Dinding-dinding rumah konvensional memiliki rangka bagian dalam yang terbuat dari kayu. Namun, sebagian rumah yang lebih modern dibangun dengan rangka dari bahan metal. Kedua jenis rangka ini mungkin tidak menyokong beberapa bagian dari rumah. Namun semua rangka dinding harus menyokong semua bagian dinding, jendela dan pintu. Rangka dinding juga harus menyediakan ruang untuk jalur kabel listrik, saluran air, saluran pemanas, penyekatan (insulation), dan fungsi-fungsi lainnya yang harus ditanam ke dalam dinding.

1. 2. 3.

Rangka Pokok Rangka Jendela Rangka Pintu

Sebagian dinding dibuat dengan rangka kayu vertikal dan horizontal setebal 2 x 4 inci, sementara rangka kayu 2 x 6 inci digunakan untuk dinding yang lebih kokoh dan membutuhkan ketebalan ekstra. Misalnya, untuk dinding kamar mandi yang memerlukan ruang yang lebih besar untuk menanam pipa saluran air di dalamnya. Rangka vertikal dipasang di sepanjang sisi pada setiap jarak 16-24 inci, sementara rangka horizontal untuk bagian atas dibuat dari 2 lapis rangka kayu 2 x 4 inci tadi (double top plate) juga untuk bagian bawah dinding (sole plate).

RANGKA JENDELA
Untuk jendela, biasanya memiliki rangka ganda untuk ambang bawahnya yang terbuat dari kayu setebal 2 x 4 juga yang diletakkan secara horizontal. Rangka jendela ini akan memotong kayu rangka pokok dinding. Rangka jendela dibuat sesuai dengan bentuk jendela, berarti 2 horizontal (bagian atas atau header, dan ambang bawah jendela tadi) juga untuk kedua sisi samping (trimmer stud). Rangka samping jendela dipasang melekat dengan rangka pokok dinding (king stud) sebagai penyokongnya.

baik itu pintu atau jendela. kecuali untuk pintu tidak diperlukan rangka penyokong ambang bawah pintu.RANGKA PINTU Rangka pintu juga hampir mirip dengan rangka jendela. . di antara rangka pokok yang dipasang vertikal sebaiknya dipasang rangka horizontal di tengah-tengahnya (bukan termasuk rangka pokok atas dan bawah) untuk menutup jarak antar balok kayu dan membuatnya lebih kokoh. Untuk setiap sisi dinding yang memiliki bukaan.

. Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kadang melindungi suatu area.PENGERTIAN DINDING Tembok merupakan suatu dinding dari bangunan.

sehingga kepribadian dan martabat manusia terjamin. Dan lagi dinding dapat sebagai perlindungan terhadap bunyi atau suarasuara yang mengganggu atau sebaliknya agar suasana dalam ruangan jangan sampai keluar/kedengaran oleh tetangga yang lain.FUNGSI DINDING Dinding-dinding bangunan dari segi fisika bangunan mengemban fungsi antara lain: 1. . FUNGSI PENUTUP ATAU PEMBATAS RUANG Pembatasan menyangkut segi penglihatan (visual). Disini dinding berfungsi sebagai penutup dan pembatas pendengaran. dan berkat dinding tersebut manusia dapat terlindung dari pandangan orang lain yang tidak sepantasnya.

FUNGSI KEAMANAN Dinding diartikan manusia selaku unsur bangunan demi keamanan. . seolah-olah seperti dinding benteng jaman dahulu sehingga rumah kita dengan sendirinya aman.2. Tetapi bagaimanapun juga keadaannya. ternyata dalam masyarakat dindingdinding merupakan salah satu unsur keamanan yang wajar untuk dibuat. Hal ini mudah dimengerti tetapi harus diingat bahwa keamanan rumah tidak hanya tergantung dari kekuatan.

2. DINDING PENAHAN (RETAINING) Dinding penahan berfungsi sebagai penghadang gerakan tanah.3 JENIS UTAMA DINDING STRUKTURAL 1. dinding penanda batas. atau air dan dapat berupa bagian eksternal ataupun internal suatu bangunan . 3. serta dinding kota. batuan. serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca. membagi ruangan. DINDING PEMBATAS (BOUNDARY) Dinding pembatas mencakup dinding privasi. yaitu menyokong atap dan langit-langit. Dinding jenis ini kadang sulit dibedakan dengan pagar. DINDING BANGUNAN Dinding bangunan memiliki dua fungsi utama.

FAKTORFAKTOR-FAKTOR DALAM MEREKABENTUK PEMBUATAN DINDING 1. 3. Kestabilan Kekuatan Tahan cuaca Rintangan kebakaran Rintangan kepada pengaliran dan penyerapan bunyi . 5. 4. 2.

. Kerusakan pada dinding 3. Keretakan awal pada dinding tembok 1.Kerusakan pada bangunan 2.

2. KONDISI TANAH DAN GEOLOGI Kondisi tanah mempengaruhi kerusakan pada bangunan. 3. denah bangunan berbentuk persegi teratur dan simetris terhadap sumbu bangunannya. Kegagalan sering terjadi pada sudut bukaan . BUKAAN (PINTU DAN JENDELA) Kekakuan bangunan ditentukan juga oleh banyaknya bukaanbukaan. penurunan tanah dan likuifaksi (pelulukan). kegagalan tanah dapat terjadi dalam bentuk tanah longsor. Jenis tanah pasir sangat halus dan tanah liat yang sensitif harus dihindari karena akan rusak jika digoncang oleh gempa bumi. Intensitas goncangan berhubungan langsung dengan jenis lapisan tanah tempat bangunan. KONFIGURASI BANGUNAN Teratur dan simetris adalah yang baik.PENYEBAB KERUSAKAN PADA BANGUNAN 1.

Kegagalan dinding pada sudut bukaan. 6. Dinding cenderung runtuh akibat beban permukaan. 2. retak pada dinding berbentuk horizontal. 3. Kegagalan akibat beban geser.PENYEBAB KERUSAKAN PADA DINDING 1. tidak mampu menahan momen guling. 7. 4. Dinding cenderung retak pada arah diagonal akibat beban tarikan. Kegagalan dinding amping yang tidak diperkuat. Kegagalan pada sudut-sudut dinding. . kehancuran setempat. 5. Dinding-dinding cenderung untuk berpisah akibat hubungan dinding yang tidak benar.

Retak pada daerah bukaan . Pelaksanaan konstruksi 4. Retakan pada dinding atas karena beban terpusat 5. Susut bahan 2. Tebal plesteran dan acian 3.PENYEBAB KERETAKAN AWAL PADA DINDING TEMBOK 1.

2.BAHAN DASAR DINDING 1. 5. 3. Bata merah Batako Semen portland Pasir Adukan pasangan tembok . 4.

bebas dari debu dan kotoran yang menempel. Sesaat belum dipakai. Metode serta pengawasan proses pengolahan dan percetakan 3.BATA MERAH Ukuran dan bentuk bata harus benar. Kualitas tanah lempung sebagai bahan mentah 2. sudut-sudutnya sikusiku. Kualitas bata merah yang rendah disebut "bata rakyat" dan kualitas yang menengah dan baik disebut "bata pabrik". Hasil produksi bata merah tidak lazim diuji.8 menit dalam air bersih. bata harus dibasahi dulu dengan air dengan merendamnya 2 . bila diketuk ringan dengan benda keras berbunyi nyaring. Tinggi rendahnya kualitas bata merah ini bergantung pada: 1. sebelumnya pada tumpukan paling bawah diberi alas papan. . tumpukan diberi penutup plastik. tidak mudah patah atau pecah. Proses pembakaran Penyimpangan tumpukan bata sedemikian rupa sehingga terlindung dari kelembaban tanah dan hujan.

sudut-sudutnya siku-siku dan tidak mudah direpihkan dengan jari.Ukuran dan bentuk harus benar. tidak mudah pecah. batako perlu dibawahi dengan menyapukan kuas basah. Pada lapisan paling bawah tumpukan diberi alas yang kering. Pada saat hendak dipakai. . Dari hasil penelitian sebaiknya dipakai batako yang berumur lebih dari 2 bulan. tumpukan batako dilindungi kemungkinan menjadi basah atau lembab dengan ditutupi lapisan plastik. jangan merendam batako kedalam air. bebas dari debu dan kotoran lain yang menempel.

Tempat penyimpanan semen harus terlindung dari kelembaban atau terlindung dari keadaan cuaca yang merusak. jarak minimal dasar penyimpanan 30 cm dari permukaan tanah. .Harus memenuhi Standar Industri Indonesia (SII) dan dihasilkan dari pabrik yang mempunyai riwayat kualitas yang baik.

bahan organik dan kotoran lain yang merusak. maka pasir tersebut harus dicuci.Tempat penimbunan pasir harus dibersihkan. zat alkali. pasir harus bersih dan bebas dari gumpalan tanah liat. Pasir tidak boleh mengandung lumpur lebih dari 5%. PASIR . apabila kadar lumpur melampaui 5%.

bahan pengisi dan air. Fungsi adukan dalam pemasangan adalah pengikat antara bata atau batako juga meratakan permukaan atas pasangan tembok. Untuk mendapatkan kekuatan geser dan kekuatan lentur yang cukup dibutuhkan adukan yang mempunyai kekuatan tekan minimal harus sama dengan kekuatan tekan bata maupun batako pasangannya. sedangkan bahan pengisi adalah pasir atau trass. . Bahan pengikat adalah semen atau kapur.ADUKAN ASANGAN TEM OK Adukan adalah campuran dari bahan pengikat.

Berdasarkan pengalaman komposisi adukan untuk pemasangan batako adalah ¼PC : 1Kp : 5Trs. daya ikat semen tinggi sedangkan penyusutannya termasuk rendah. Kapur sebaiknya direndam dulu sebelum digunakan selama 18 .24 jam. Sedangkan air untuk adukan dipakai air bersih. Bahan pengikat semen mempunyai proses pergeseran relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan bahan pengikat lain. Bahan pengisi agregat harus keras dan bergradasi baik. atau ¼PC : 1Kp : 6Trs memenuhi persyaratan teknis dan sedikit retakannya.KOMPOSISI Berdasarkan pengalaman penelitian komposisi campuran adukan 1PC : 5PS dan 1PC : 6PS memenuhi persyaratan teknis pasangan bata. dan penyusutannya besar yang menyebabkan retak-retak. Bahan pengikat kapur mempunyai proses pengerasan lama. .

Kuat lentur dan modulus elastis 5. Kuat geser . Bentuk dan ukuran 2.PENGUJIAN Pengujian yang dilakukan terhadap bahan dan pasangan. adalah sebagai berikut: 1. Kuat tekan 4. Penyerapan (absorbsi) 3.

pada pemasangan digunakan tali pelurus. cukup untuk satu buah. dengan variasi 3 mm. pasangan tembok diberi plesteran yang gunanya untuk melindungi tembok dari pengaruh cuaca. Pasangan harus tetap datar dan tegak lurus. Semua siar vertikal.PEKERJAAN PEMASANGAN 1. atau disirami/diperciki air tiap hari selama 1 . Kecakapan pekerja Ketrampilan kerja atau kecakapan tukang yang melaksanakan pekerjaan pasangan adalah sangat penting karena merupakan penentu terhadap kualitas pekerjaan pasangan.2 minggu. pengaruh mekanik dan untuk meratakan permukaan pasangan. Bila tukang yang mengerjakan mempunyai pengetahuan cukup tentang sifatsifat bahan dan mempunyai keterampilan yang baik maka biarpun bahan jelek akan menghasilkan pasangan yang relatif baik. untuk penyesuaikan posisi cukup digeser kedepan dan belakang secara mendatar. Sebagai penutup. Dengan cara ini kita meletakannya pada posisi yang dituju sekaligus ujungnya menggaruk/mendorong sedikit adukan. Pasangan bata/batako yang baru selesai perlu dilindungi dari hujan dan terik matahari. atau cara perlindungan lainnya. 2. tebal adukan siar ± 1 cm. 4. 3. dengan jalan ditutup dengan lembaran plastik. Adukan diletakan. . bata/batako diletakan dengan cara seolaholah pesawat udara mendarat. siar antara dinding dan kolom maupun balok harus terisi penuh.

Salah satu yang memakan biaya dan waktu dalam pembuatan rumah adalah pembuatan dinding. Dinding merupakan suatu elemen penting sebuah rumah yang berfungsi untuk memisahkan atau membentuk ruang.Sebelum membangun rumah atau renovasi kita perlu membuka wawasan kita seluasluasnya tentang material bangunan. . Ini dimaksudkan agar kita bisa mendapatkan material yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kita punya.

Batu Bata 2. Kayu 4. Tripleks 9. Papan Fiber Semen . Bata ringan 6.MATERIAL DINDING Dinding dapat dibuat dari bermacam-macam material sebagai berikut : 1. Anyaman bambu 8. Kaca 5. Seng 10. Batako 3. Gypsum 11. Lembaran (Cladding) 7.

Kemudian lempung tadi dicetak dalam cetakan bata. baik bata biasa maupun bata press.DINDING BATU BATA bata merupakan material bangunan yang paling banyak bisa kita jumpai. pembuatannya melalui proses yang sama. Batu bata yang bisa diekspose memang adalah batu bata hias atau yang lebih dikenal dengan bata press yang mempunyai ukuran yang lebih presisi. Proses terakhir ada adalah pengeringan dan kemudian pembakaran. lebih padat. Semakin baik mutu lempung semakin kecil pori pada hasil akhir bata. Semakin kecil pori semakin kuat bata dan tidak mudah patah atau getas. Proses pembakaran juga mempengaruhi mutu bata. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua batu bata bisa nampak indah bila diekspose. Bahannya adalah lempung. Jika dibakar dengan kayu atau sabut kelapa maka hasil akhirnya lebih baik daripada bata yang dibakar dengan bahan sekam. Pada umumnya. Dan mengekspose batu bata pada dinding adalah inovasi yang paling mungkin. pori lebih kecil. ukuran tidak presisi dan bentuk tidak rapi. lebih kuat. Batu . mudah pecah. karena bukannya bahan dinding tersusun dari susunan batu bata. permukaan halus dan warnanya lebih indah serta tentunya lebih mahal daripada batu bata biasa. Sedangkan batu bata biasa pori lebih besar. Bata yang baik adalah bata yang memenuhi setiap sudut cetakan dan terasa kenyal karena tidak terlalu banyak air sehingga hasil akhir bata terasa lebih berat dan padat.

Panjang bata = 2 x lebar bata + satu tebal lapisan perekat vertikal Lebar bata = 2 x tebal bata + satu tebal lapisan perekat mendatar Tebal bata = Lebar bata ² 1 cm 2 Selain di atas ada yang menentukan ukuran bata dengan mengambil terlebih dahulu ketentuan tebalnya bata.Bata kecil 4 x 10 x 20cm Bata sedang 5 x 11 x 22cm Bata besar 6 x 12 x 24cm Di Indonesia mengenai ukuran bata merah belum ada ukuran yang pasti (standar). Walaupun demikian ada persyaratan yang mutlak. .

5 cm Lebar bata = (2 x 5.5) + 1 cm = 12 cm Panjang bata = (2 x 12) + 1 cm = 25 cm .Contoh: Tebal bata (t) diambil = 5.

½ panjang bata d. ¾ panjang bata c.MACAM-MACAM BENTUK BATA Batu bata yang dibuat di perusahaan besar yang menggunakan tenaga mesin. Bata utuh b. ¼ panjang bata dengan lebar utuh e. lebarnya ± 11²12 cm Tebal bata ± 5²5. ½ lebar bata dengan panjang utuh Catatan: Panjang bata = bujur = b. terdiri dari macam-macam ukuran yaitu: a. panjangnya ± 23²25 cm Lebar bata = kepala = k.5 cm .

1 Portland Cement (PC) : 4 pasir (5 pasir atau 6 pasir) d. .5 cm dan pada umumnya 1 cm. 1 Portland Cement (PC) : 1 tras : 3 pasir Tras sebagai bahan tambahan supaya tahan lama bila tembok berhubungan dengan zat asam atau garam. Kapur dan semen PC berfungsi sebagai bahan pengikat sedang pasir dan tras sebagai bahan pengisi.PENYUSUNAN BATU BATA Batu bata disusun menggunakan adukan (spesi). Adapun campuran yang digunakan tergantung kesediaan bahan campuran yang ada di daerah masing-masing. yaitu antara lain: a. 1 kapur : 3 tras c. Setiap lapisan apabila bata akan disusun menggunakan adukan (spesi) tebalnya 0. Adukan ini terdiri dari campuran agregat dengan perbandingan campuran isi (biasa dilakukan seharihari). maka dapat bervariasi. 1 kapur : 1 semen merah: 2 pasir b.8 1.

Arah memanjang disebut siar bujur atau siar datar (bed joint). 3.Tiap-tiap 1 m2 tebal dinding ½ bata diperlukan bata merah 60²65 buah. 2. Dalam ikatan bata (tebal ½ bata) harus berselisih ½ panjang bata dan terdiri dari dua lapisan ikatan yaitu lapisan kesatu dan lapisan kedua. Arah vertikal disebut siar tegak (prepend). yaitu: 1. . Arah yang dipasang ke lebar bata disebut siar lintang. Pada penyusunan bata ini ada tiga istilah bentuk pemasangan adukan (spesi).

Jangan menggunakan ukuran bata yang besarnya kurang dari ½ bata. 3. Semua siar harus terisi penuh seluruhnya setebal tembok. Siar tegak tidak boleh dibuat terus menerus sehingga merupakan satu garis lurus. hubungan bata merah harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 1. 2. sedapat mungkin menggunakan bata yang utuh seluruh tembok. Hubungan harus dibuat sesederhana mungkin yaitu lapisan-lapisannya terdiri dari dua macam lapisan saja yaitu lapisan melintang dan membujur (lapisan kop dan strek).Untuk mendapatkan dinding yang kuat. . 4.

Pada sudut-sudut. tembok 2 bata 4 kop 7. dan persilangan tembok lapisan-lapisannya saling gantiberganti. Misalnya : tembok 1 bata 2 kop. . 6. Di sekeliling sudut yang ada di sebelah luar harus dapat dilihat adanya lain-lain jenis lapisan. diteruskan dan dihentikan. Lapisan yang diteruskan harus lapisan strek dan yang dihentikan lapisan kop.5. pertemuan-pertemuan. Semua lapisan strek dihentikan/diakhiri dengan bata ¾ yang banyaknya tergantung dengan tebalnya yaitu diukur dengan kop. tembok 1 ½ bata 3 kop.

jarang digunakan . Hubungan ¾ bata 2. Hubungan tegak (1 bata atau lebih) terdiri dari 2 lapis 3. Hubungan silang (1 bata atau lebih) terdiri dari 4 lapis 4. antara lain: 1.IKATAN Selain ketentuan untuk ikatan ½ bata ada jenis ikatan lainnya yang tebalnya lebih dari ½ bata. Hubungan vlams (1 bata atau lebih).

IKATAN SETENGAH BATA .

.

IKATAN TEGAK .

.

.

Dinding rumah yang mengalami kerusakan kecil apabila tidak diperbaiki akan mengurangi keindahan rumah Anda. . Namun ini hanya berlaku jika kerusakan yang terjadi berkisar pada 1-4 buah bata yang berdampingan. cukup mengganti bata-bata yang mengalami kerusakan saja. tidak perlu repot merombak seluruh sisi dinding. Jika sebagian kecil bata di dinding mengalami kerusakan. Perbaikan minor ini juga hanya bisa dilakukan jika dinding yang rusak bukan merupakan dinding yang merupakan bagian dari rangka struktural bangunan.

Langkah pertama dan paling penting adalah mengenakan perangkat pengaman sebelum Anda melakukan apapun. 4. Bor di beberapa titik untuk memudahkan pembobokan menggunakan alat pahat dan palu. gunakan sikat kawat dan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa-sisa mortar yang rontok atau debu-debu di sekitar bata. . Setelah bata dibobok. (Anda dapat menggunakan bor untuk membobok potongan bata. 2. pecahkan bata yang rusak satu per satu. Jika Anda hendak mengganti lebih dari satu bata. 5. bersihkan juga sambungan mortar di sekelilingnya agar ruang kosong untuk bata penggantinya benar-benar bersih. mulailah dari bagian atas. 3. Dengan bantuan alat pahat dan palu berat. kemudian ke bawah. Jika perlu. Siapkan pelindung mata dan sarung tangan kulit untuk melindungi Anda dari kemungkinan terburuk.1. Kemudian bersihkan ruang kosong tersebut dengan air.) Jangan lupa untuk tidak ikut merusak bata-bata lain di sekelilingnya yang masih dalam kondisi baik.

kemudian pasang bata ke ruang kosong yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebelum dipasang. Setelah itu. 6. Saat memasang bata. karena tekanan yang Anda berikan. Mulailah dengan membuat adukan. Selain untuk membersihkan dari debu dan kotoran. basahi bata terlebih dahulu. . Ratakan juga sambungan mortar sehingga tidak ada bagian yang berjatuhan karena berlebihan pada pasangan bata. Jika pasangan bata baru tadi sudah hampir kering. sejajar dengan bata-bata lainnya. 4. 3. 5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. dengan cara mencampurkan mortar kering dengan air. 7. 2. µoleskan¶ mortar ke bagian atas dan sisi samping bata. juga membantu merekatkan adukan dengan bata.Langkah 2: Memasang bata baru 1. Ratakan sambungan mortar hingga rapi dan tidak menggumpal di permukaan dinding. gunakan sikat kawat untuk membersihkan mortar yang berlebih. Tekan terus hingga bata baru tadi rata. sebaiknya celah kosong yang akan diisi oleh bata dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran. mortar akan berceceran ke luar.

.Semprotkan air sedikit demi sedikit dan biarkan selama tiga hari hingga dinding bisa digunakan secara normal.

PERAWATAN Perawatan rutin untuk menjaga kebersihan. dinding bata bisa disikat dengan air dan sabun atau menggunakan alat water gun. dibersihkan dari kotoran dan lumut yang melekat. coating bisa dilakukan ulang setiap tiga tahun sekali. dinding bata ekspos bisa lebih awet dan hemat dibanding dengan perawatan dinding yang dicat biasa. Untuk memberi warna pada plesteran dapat dipakai kapur atau cat tembok.5 ± 2 cm. Tebal plesteran antara 1. Jika dilihat dari segi perawatan. TIPS Untuk membuat dinding pasangan bata menjadi halus. PERAWATAN DAN TIPS . Bahan campuran untuk plesteran dibuat sama dengan bahan untuk pasangan batanya. Agar tidak terlihat kusam. Pada plesteran tepi atau sponneng harus dibuat dengan campuran 1 semen : 2 pasir agar kuat dan tidak mudah rusak. rapi dan bersih dapat ditutup dengan lapis penutup yang disebut plesteran. Pasangan bata yang akan diplester harus dibasahi. Pada dinding luar harus digunakan cat tembok yang tahan terhadap pengaruh cuaca luar agar tidak mudah mengelupas dan luntur.

Untuk pasangan ½ batu selisih perekat tegak ½ batu dan untuk pasangan 1 batu selisih perekat tegak ¼ batu. Bata harus dibasahi sampai gelembung udara dalam bata ke luar semua 2. Tidak boleh ada perekat tegak yang merupakan satu garis lurus dari bawah sampai ke atas. 3. dipakai bantuan batang kayu yang dipasang berdiri tegak lurus pada kedua tepinya. Ketinggian pemasangan bata setiap harinya tidak lebih dari 1 m agar perekat mengering sempurna 5.HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN Selain mengatasi permasalah dinding agar tidak rembes. Untuk memperoleh pasangan bata yang tegak dan lurus. ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan pada saat pemasangan bata yaitu : 1. . Potongan bata yang kurang dari ½ batu sebaiknya tidak dipergunakan lagi 4.

dapat juga dibuat dari pasangan batatras-kapur (batako). Selain harganya lebih murah per meternya. . Batako hanya digunakan sebagai dinding yang tidak mendukung beban. Batako dalam perdagangan terdapat berbagai bentuk dan ukuran. tras. Batako yang berkualitas rendah akan mudah pecah karena kadar semen yang sedikit. alternatif pemakaian batako banyak digunakan di banyak tempat. pasir dan air atau juga dapat semen portland. dimensi yang lebih besar dan berlubang dapat menghemat 75% plesteran dan 50% beban dinding. Untuk menghemat biaya pembangunan rumah. Kekuatannya tentu lebih rendah dari pada batu bata. Kekerasannya tergantung dari campuran yang digunakan. Bata tras ini merupakan batu buatan yang tidak dibakar.DINDING BATAKO Tembok kecuali dibuat dari pasangan bata. Bata tras ini campuran dari kapur. tras dan air. tras dan air atau kapur.

MACAM UKURAN BATAKO ‡ Ukuran 20 x 20 x 40 cm berlubang digunakan untuk pasangan dinding tebal 20 cm ‡ Ukuran 20 x 20 x 40 cm berlubang digunakan untuk sudut-sudut dan pertemuan-pertemuan dinding tebal 20 cm ‡ Ukuran 10 x 20 x 40 cm berlubang digunakan untuk dinding pemisah tebal 10 cm dan dinding tipis lainnya .

JENISJENIS BATAKO .

BENTUK IKATAN DINDING BATAKO

DINDING KAYU
Kayu digunakan untuk membina rangka dinding dan pelapisan dinding (weather board)sebagai dinding luar sementara papan lapis digunakan sebagai dinding dalam. Kayu banyak digunakan sebagai dinding sekat dalam pembinaan yang berangka konkrit. Namun disamping kelebihan-kelebihannya, kayu memiki kelemahan diperawatannya yang sulit. Kayu lebih mudah lapuk jika terkena panas dan hujan. Belum lagi serangan rayap untuk daerah tropis seperti negara kita ini.

PEMASANGAN DINDING KAYU
Pemasangan dinding kayu melibatkan 2 proses, yaitu: 1. Pemasangan rangka kayu 2. Pemasangan penutup kayu

Satu rangka mempunyai tiang tegak. Kebanyakan sambungan antar bagian-bagian kayu disambung secara temu dan dipakukan serong dan menggunakan tanggam tertentu. Kaedahnya diubah mengikuti keadaan. stad. alas tiang. tutup tiang.PEMASANGAN RANGKA KAYU Dinding jenis ini boleh didirikan sebagai rangka bangunan kayu ataupun dinding sekat yang berasingan. . belebas dan rembat yang didirikan dengan kukuh.

dikemaskan dengan menggunakan papan jalur. papan lapis. papan gypsum. dan papan serpih. papan panel dan papan gentian seperti kepingan asbestos. .PEMASANGAN PENUTUP KAYU Penutup menggunakan papan jalur ataupun papan tindih untuk dinding luar manakala penutup dinding dalam pula.

menanggung beban sendiri 2. Merintangi masuknya angin 5. Berupaya meredam bunyi 7. Menahan cuaca (panas dan sejuk) 6. Berdaya . Memberi rintangan kepada resapan air hujan 3. Ukuran yang sesuai 1. Berupaya menanggung tekanan angin yang positif dan negatif 4. Merintangi kebakaran 8. Ventilasi yang cukup untuk cahaya dan udara 9.

Dinding kaca memberikan efek serupa cermin. Kaca-kaca transparan berukuran besar dapat membawa nature flow ke dalam ruang. Tak mudah ratak atau pecah. . batas antara ruang luar dan dalam seolah hilang. Dengan dinding transparan. teknologi modern membuat kaca bisa lebih kuat. namun lebih pada "meniadakan" batas antarruang. Fungsinya bukan untuk memantulkan bayangan ruang.DINDING KACA Tak seperti yang terlintas di benak. Bahkan bisa juga untuk diinjak. Jika terdapat taman hijau di seputar rumah. dinding kaca akan menyajikan pemandangan tersebut ke dalam ruang. Kaca yang seperti ini memiliki ketebalan rata-rata di atas 1cm.

. jadi tugas tukang yang berpengalaman. tidak diperlukan lampu pada ruang-ruang yang berbatasan langsung dengan ruang luar. butuh keahlian khusus dalam pemasangan. menerangi ruang di dalam rumah.Kaca memungkinkan banyak cahaya alam masuk. kerapian dan keamanan. Keunggulan yang ditawarkan oleh material kaca. Pada malam hari. tidak lantas mudah pengaplikasiannya. energi listrik untuk penerangan ruang pun dapat dihemat. Menjamin akan presisi. pada siang hari misalnya. Pelapis dinding berbahan kaca. Sehingga. Dengan demikian. kaca juga dapat menghadirkan pemandangan alam ke dalam ruangan dan menjadikan ruang lebih romantis.

dan penggunannya pun tak membahayakan. karena kaca tertanam pada dinding. . bisa memilih yang frameless atau tanpa frame.APLIKASI KACA PADA DINDING Ada banyak cara pengaplikasian dinding kaca. cobalah melukis di atas kaca. bening. Selain sebagai pembatas dengan ruang luar. Kaca jadi indah. Agar tampilannya tidak polos. kaca juga bisa diaplikasikan sebagai pembatas antarruang. Atau jika Anda memiliki hobi melukis. Bagi yang tidak menyukai dinding kaca berbingkai. Gunakan cat khusus kaca. dan mungkin malah membahayakan. yang bisa ditemukan di pasaran. Konsep pemasangan ini agak merepotkan dalam hal pemeliharaan. cobalah beri motif bunga atau sulur pada permukaan kaca menggunakan cutting sticker. Bingkai (frame) dapat memberikan tampilan dinding kaca yang lebih kuat dan rapi.

KACA CERMIN Kaca cermin jelas memberikan efek pantul dan mengesankan lapang pada ruang. dan laminate. Namun kita dapat memesannya dengan ukuran yang lebih kecil. . sandblast. Jenis dari kaca bening antara lain tempered. 2. yaitu: 1. Ukuran standar kaca 120x240cm.JENIS-JENIS KACA Kaca umumnya tersedia dalam dua jenis. KACA BENING TEMBUS PANDANG Tebal yang layak digunakan jenis kaca bening adalah 5-18mm.

Kaca dipasang tepat di cerukan dinding. . Cara lain dengan sistem dinabolt (sejenis murbaut).Pemasangan kaca yang paling banyak dipakai menggunakan dudukan karet dan sealant (lem perekat). Membutuhkan struktur tambahan untuk menahan bingkai kaca jadi alasannya. Cara kedua jarang digunakan karena cukup rumit.

. atau bahkan kertas koran yang dibasahi air.Berbanding terbalik dengan pemasangan. Cukup dengan cairan pembersih kaca. Justru perawatan dinding kaca sangat mudah.

.EFEK NEGATIF PEMAKAIAN DINDING KACA Mengingat banyaknya cahaya matahari yang mungkin masuk melalui dinding kaca. Akibatnya ruangan akan terasa panas. Sebaiknya hindari memasang kaca dalam ukuran besar pada dinding rumah sebelah timur. perlu diperhatikan peletakan dinding kaca ini. dinding kaca ditempatkan pada area bangunan yang menghadap ke utara atau selatan. Kedua sisi ini rawan memasukkan banyak cahaya matahari pada pagi dan sore hari. Idealnya. terlebih lagi sebelah barat.

Dari segi harga sampai saat ini masih lebih mahal dari batu bata. Ukurannya yang presisi juga hanya membutuhkan speci yang sangat tipis. Biasa digunakan untuk bangunan bertingkat untuk mengurangi pembebanan sehingga biaya pondasi menjadi lebih kecil.Bata ringan adalah salah satu jenis beton ringan aerasi yang mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1995. Kelebihannya adalah bobotnya yang jauh lebih ringan dari batu bata ataupun batako.7 cm menjadikan pekerjaan dinding cepat selesai. Dimensi yang besar yaitu 60 x 20 x 10/7. . Kelebihan yang lain adalah kemamampuannya untuk menahan panas dan suara. Namun pekerjaan pemasangan yang cepat dapat menghemat upah tukang.

contohnya. . Macamnya juga banyak. anda bisa mengganti dinding konvensional dengan dinding partisi lembaran. GRC atau Fiber Cement (Kalsiboard) untuk dinding bagian luar. Karena bobotnya yang lebih ringan sistem dinding ini cocok digunakan pada bangunan yang berdiri di atas tanah berdaya dukung rendah. Keuntungan lainnya adalah tahan gempa dan harganya pun lebih murah dari dinding konvensional. Rangkanya terbuat dari besi hollow atau baja ringan. metal cladding. dan gypsum atau multiplex untuk dinding bagian dalam.DINDING LEMBARAN (CLADDING) Bila anda menginginkan pembuatan dinding dengan cepat.

Agar tampak rapi dan tidak terlihat murahan. Anda bisa memesan khusus ke pembuat gedhek agar dibuatkan gedhek yang anyamannya bermotif. gedhek bermotif yang cukup indah dan rapi ini kebanyakan untuk plafon. serta elemen-elemen anyaman seragam. . bisa digunakan untuk dinding dalam maupun luar. Ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan dinding yang ada. dan teksturnya bagus (licin dan mengkilap). Di pasaran. Motif ini diperoleh dari penggunaan bambu yang berbeda warna aslinya. yang tentunya lebih tebal dan kuat. dan juga segmen rangka kayu yang dipakai. Finishingnya bisa dengan plitur atau vernis. sebab ia cukup kuat terhadap cuaca. sehingga jika untuk dinding Anda sepertinya harus memesan khusus. Gunakan bambu bagian kulitnya.Anyaman bambu (gedhek) cukup familiar bagi kita. Pesanlah agar anyamannya cukup rapat.

Jadi. ukurannya seragam. karena jika diusahakan menutup sambungan tripleks. tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. atau dicat (cat kayu). Pemasangan sebaiknya jangan mepet sambungan. bukan seperti pasang gypsum). dimelamin. Untuk finishing. tapi diberi nat tali air saja (seperti pasang plafond zaman dulu. harus diberi rangka di dalamnya. dan tidak bergelombang atau melengkung. lalu tinggal pengaplikasian bahan cat Anda sesuatu petunjuk pemakaian. Gunanya agar tripleks yang ditempelkan nanti terlihat rapih permukaannya. . Agar tidak jeblong. satu lembar triplex bisa dibagi empat atau enam bagian. Sebabnya.Bahan tripleks mudah ditemukan. bisa diplitur. dan permukaan rata (baik juga diserut dulu). Rangka terbuat dari kayu usuk yang lurus. akan tetap berbekas walaupun didempul sekalipun. apakah dinding tersebut dirasa membutuhkan tripleks yang paling tebal atau sedang-sedang saja. Untuk pemasangan. divernis. sambungan dibiarkan saja tanpa harus didempul. Beberapa bulan kemudian bekas sambungan akan bergaris dan belang. Harganya antara 40-an ribu (tebal 3 mm) hingga 200-an ribu (tebal 18 mm). lalu dipasang pada rangka tadi. Sebelumnya diamplas dulu biar halus permukaannya. dan harganya cukup terjangkau. Jadi.

Seng bisa digunakan untuk dinding dalam maupun luar. SENG .Seperti halnya tripleks. gunakan seng plat. Untuk dinding. Pemasangan bisa saling mepet sambungannya. Aplikasi seng juga seperti tripleks. Bisa juga diberi nat tali air. sebab ia cukup tipis sehingga tidak mencolok batasnya. material seng juga mudah diperoleh dan cukup murah. hujan).40 mm). yang di pasaran harganya kisaran 20-an ribu (seng plat tebal 0. sebab cukup kuat terhadap perubahan cuaca (panas. yakni diberi rangka.20 mm) hingga 65-an ribu (seng plat tebal 0. Finishing dicat kayu/besi (berbasis minyak).

dan Knauf. cukup sesuai ukuran bahan saja. dengan harga 40 hingga 50-an ribu (ukuran 120×240. dan setelah dicat maka tidak terlihat sambungannya. Gypsum bisa sangat rapi hasilnya. Elephant. Seperti tripleks. Pemasangannya memakai rangka yang tidak sebanyak pada tripleks atau seng. Star. tebal 9 mm). sebab sambungan bisa didempul dan diratakan.GYPSUM Gypsum cukup mudah diperoleh. . Merek yag ada di pasaran misalnya Jaya. gypsum sebaiknya untuk dinding dalam saja alias interior.

dan 90-an ribu (tebal 9 mm). Adapun pemasangan dan finishing sama dengan gypsum. Fiber semen bisa digunakan untuk dinding dalam ataupun dinding luar. Harganya 40-an ribu (tebal 4 mm). dengan ukuran 122 x 244 cm.Banyak tersedia di pasaran. . 70-an ribu (tebal 8 mm).

Dinding massif . yaitu: 1.Terdapat 2 jenis dinding sebagai pembatas ruang.Dinding partisi 2.

seperti antara ruang keluarga dan ruang makan.DINDING PARTISI Sebagai pembatas ruang. . pembatas pandangan ke arah titik atau sudut tertentu dalam ruang. karena biasanya tidak menutupi ruang secara penuh. dinding partisi memiliki sifat yang lebih lentur. Kegunaan dinding partisi bisa untuk memisahkan ruang-ruang yang berbeda fungsi.

Hal ini menjadikannya tidak hanya berfungsi sebagai penyekat ruang semata.€ Partisi biasanya tampil dengan olahan yang variatif. baik dari segi material maupun bentuknya. jenis ini berguna untuk memisahkan ruang. Selain itu juga ada yang berupa bidang padat yang tak bercelah. Bentuknya ada yang berupa sekat transparan. namun tetap menjaga kesatuan visual. . melainkan juga sebagai elemen dekoratif yang dapat menambah nilai estetika.

Pembatas ruang atau zona tidak melulu harus tembok. Apalagi. Akibatnya rumah terasa panas. Tetapi dinding di ruang tamu. Kegunaan dinding masif bisa untuk memisahkan ruang-ruang yang berbeda fungsi. Untuk ruang tidur dan kamar mandi. keluarga dan ruang makan mungkin bisa dikurangi agar rumah terasa lega dan nyaman. sumpek dan lembab. Situasi itu tidak ideal untuk rumah beriklim tropis. Hunian berukuran mungil semakin terasa sempit bila terlalu banyak dinding pemisah. . dinding masif dalam rumah dapat mengorbankan sirkulasi udara dan pencahayaan. dinding masif mungkin terbilang mutlak.DINDING MASIF Dinding masif menutupi ruang secara penuh.

Kolom meneruskan beban-beban dari elevasi atas ke elevasi yang lebih bawah hingga akhirnya sampai ke tanah melalui fondasi. dan juga merupakan batas runtuh total (ultimate total collapse) seluruh strukturnya. . Oleh karena itu dalam merencanakan kolom perlu lebih teliti. Karena kolom merupakan komponen tekan. maka keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan keruntuhan (collapse) lantai yang bersangkutan. yaitu dengan memberikan kekuatan cadangan yang lebih tinggi daripada yang dilakukan pda balok dan elemen struktur horisontal lainnya. terlebih lagi keruntuhan tekan tidak memberikan peringatan awal yang cukup jelas.KOLOM Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka (frame) struktur yang memikul beban dari balok.

serta beban hembusan angin. Bila diumpamakan. Kolom berfungsi sangat penting. .Sebagai penerus beban-beban dari balok dan lantai dari lantai paling atas sampai lantai paling bawah sampai ke tanah melalui pondasi. kolom itu seperti rangka tubuh manusia yang memastikan sebuah bangunan berdiri. agar bangunan tidak mudah roboh. Kolom termasuk struktur utama untuk meneruskan berat bangunan dan beban lain seperti beban hidup (manusia dan barang-barang).

Regangan maksimum yang dapat dipakai pada serat tekan ekstrim beton adalah 0.003) 4. 2. Kekuatan unsur-unsur harus didasarkan pada perhitungan yang memenuhi syarat keseimbangan dan kompatibilitas regangan.Kekuatan suatu kolom dievaluasi berdasarkan prinsip-prinsip berikut: 1. Kurva tegangan-regangan baja bi-linier .003 (ecu = 0. 3. Regangan di dalam baja tulangan dan beton diasumsikan berbanding lurus dengan jarak terhadap garis netral.

Namun. terutama untuk konstruksi rumah bertingkat. karena itu pondasinya juga harus kuat. Seluruh beban yang diterima kolom didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya. Beban atap akan meneruskan beban yang diterimanya ke kolom. kondisi tanah pun harus benar-benar sudah mampu menerima beban dari pondasi. harus diperiksa kedalaman tanah kerasnya agar bila tanah ambles atau terjadi gempa tidak mudah roboh. .BEBAN BANGUNAN Beban sebuah bangunan dimulai dari atap. Kesimpulannya. Kolom menerima beban dan meneruskannya ke pondasi. sebuah bangunan akan aman dari kerusakan bila besar dan jenis pondasinya sesuai dengan perhitungan.

sedangkan beton adalah material yang tahan tekanan. Besi adalah material yang tahan tarikan. Keduanya merupakan gabungan antara material yang tahan tarikan dan tekanan. Gabungan kedua material ini dalam struktur beton memungkinkan kolom atau bagian struktural lain seperti sloof dan balok bisa menahan gaya tekan dan gaya tarik pada bangunan. .STRUKTUR KOLOM Struktur dalam kolom dibuat dari besi dan beton.

.

.

sesuai dengan beban bangunan yang didukungnya makin ke atas juga makin kecil. Ukuran kolom makin ke atas boleh makin kecil. karena hal ini akan menghilangkan sifat kekakuan dari struktur rangka portalnya. Jadi harus dihindarkan denah kolom portal yang tidak sama untuk tiap-tiap lapis lantai. artinya letak kolom-kolom portal tidak boleh digeser pada tiap lantai. Perubahan dimensi kolom harus dilakukan pada lapis lantai. . y Tulangan kolom dibuat berkait dengan sloof tulangan ini memiliki besi utama (yang tegak) dan besi begel (yang kotakkotak untuk mengikat besi utama. agar pada suatu lajur kolom mempunyai kekakuan yang sama. Jarak antar begel/ sengkang berkisar antara 10 hingga 20 cm.LETAK KOLOM DALAM KONSTRUKSI y Kolom portal harus dibuat terus menerus dan lantai bawah sampai lantai atas.

Kolom dapat diklasifikasikan berdasarkan pada: ` Bentuk dan susunan tulangannya ` Posisi beban pada penampangnya ` Panjang Kolom dalam hubungannya dengan dimensi lateralnya .

Kolom persegi dengan sengkang Kolom segi-empat atau kolom bujur sangkar dengan tulangan memanjang dang sengkang. . 2.BENTUK DAN SUSUNAN TULANG 1. Kolom bundar dengan spiral Kolom bundar dengan tulangan memanjang dan tulangan lateral berupa sengkang (spiral) 3. Kolom komposit Kolom Komposit yang terdiri atas beton dan profil baja struktur didalamnya.

.

Kolom Sentris Beban bekerja sentris pada penampang. Kolom Eksentris Beban bekerja eksentris pada penampang.POSISI BEBAN PADA PENAMPANG 1. . 2.

Beban eksentris dengan momen uniaksial 3. Beban sentris 2.Jenis kolom berdasarkan posisi beban pada penampang melintang: 1. Beban eksentris dengan momen biaksial .

Pengerjaan Tulangan Kolom Bersama Pembuatan Dinding .

.

Selain menerima limpahan beban dari kolom.HUBUNGAN KOLOM DENGAN PONDASI DINDING Berat atap diterima secara merata oleh ring balok dan beban disalurkan ke pondasi melalui media kolom. pondasi juga menahan berat dinding yang ada di atasnya sehingga secara keseluruhan menahan beban bangunan. .

.

Balok menerima seluruh beban dari plat lantai dan meneruskan ke kolom-kolom pendukung. boleh ditambah tebalnya.PRINSIP PENERUSAN GAYA PADA KOLOM PONDASI Balok portal merangkai kolom-kolom menjadi satu kesatuan. . di bagian pangkal pada pertemuan dengan kolom. Untuk menambah kekakuan balok. Hubungan balok dan kolom adalah jepitjepit. gaya vertikal dan gaya horisontal. yaitu suatu sistem dukungan yang dapat menahan momen.

Bentuk. jenis.Konstruksi penutup dinding termasuk pekerjaan pasangan batu hias atau tempel. dan penggunaannya tergantung selera atau dikaitkan dengan fungsi ruangan tetapi tidak dapat mendukung beban di atasnya. . Fungsi utama penempelan batu hias untuk memperbaiki muka dinding.

Tekukan. KERUNTUHAN KOLOM .Keruntuhan pada kolom biasa terjadi karena tekukan. suatu kolom dapat terjadi walaupun tegangan maksimum pada balok lebih rendah dari titik lelah bahan. yaitu deformasi arah lateral dari suatu batang. dan juga keruntuhan. Sebagai perbandingan perlu dicatat bahwa keruntuhan suatu balok pendek terjadi karena kelelahan bahan.

.

. dimana daun pintu dipasang tetap pada kusen dengan tujuan sebagai pencahayaan saja. Kedua bagian ini sangat penting.Bagian rumah yang memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan alami adalah pintu dan jendela. Suatu pintu dan jendela terdiri dari bagian kusen atau gawang dan daun nya. Pemasangan kusen bersifat tetap (permanen) di dalam tembok. dan bahannya. baik dalam hal. bentuk. jenis. sedangkan daun pintu dan jendela digantungkan pada kusen dengan menggunakan engsel. posisi. Namun pada penerapannya ada jenis pintu atau jendela mati.

7 m.PINTU Pintu pada rumah biasanya menggunakan standar 0. Tinggi pintu standar untuk rumah antara 2. .3 ² 1. Untuk kamar mandi dipakai pintu dengan lebar 0.4 m.9 m dengan satu daun pintu.3.8 ² 0.1 ² 2. sedangkan untuk pintu lebar dengan dua daun biasanya memiliki lebar 1.2 m dan untuk garasi 2. Tinggi pintu dapat dikolaborasi tergantung keinginan pemilik.

JENISJENIS-JENIS PINTU BERDASARKAN BAHAN PEMBUATAN .

Pintu jenis ini biasanya dilapisi dengan warna kesukaan anda. Bisa cocok di kebanyakan desain interior kontemporer. Pintu aluminium secara umum dibuat dari bahan kaca yang dibingkai aluminium. .

.PINTU KAYU Kebanyakan pintu kayu dibuat bukan dari bahan kayu solid alias padat. Beberapa pintu dibuat dengan kepadatan medium fibreboard inti. Pilihan paling ringan adalah pintu yang menggunakan bahan inti honeycomb yang terbuat dari karton. Ada juga yang dibuat dari bahan polyboard.

.Pintu jenis ini mempunyai irisan-irisan horizontal yang dapat dibuka untuk aliran udara apabila menginginkan privasi dan keamanan.

. Pintu flush biasanya digunakan untuk bagian dalam rumah dan dibuat dari fiberglass atau kayu.PINTU FLUSH Ini adalah pintu paling sederhana dari pintu-pintu yang ada. Ini karena permukaan pintu rata seluruhnya.

Sebutannya tergantung pada komponen-komponennya. Untuk komponen vertikal disebut stiles dan komponen horizontal disebut rel.PINTU REL Gaya pintu yang lebih tua ini dibuat dari serpihan kayu atau kompresan kayu. .

pintu dapat berputar satu putaran sudut. .Pintu swing atau lebih sering disebut pintu kupu-kupu adalah jenis paling umum. dan kadang-kadang digunakan sepasang seperti pintu-pintu ditempat minum kecil yang anda dapat temukan didapur.

Dorong yang padat dapat digunakan didalam rumah apabila ruang terbatas dan tidak cukup untuk pintu satu sayap. Pintu geser sering disebut pintu kantung karena digeser kedalam kantung dibalik dinding ketika pintu dalam posisi dibuka. Sangat bermanfaat didalam kamar mandi. Kaca yang besar ventilasi bagus bila dibuka.Pintu ini biasanya digunakan untuk menuju taman belakang. .

.

Biasanya jendela memiliki cara untuk diatur besar kecil bukaannya sesuai kebutuhan akan penghawaan dan pencahayaan alami.Jendela pada dasarnya merupakan akses udara dan cahaya di dalam rumah. .

Bentuk dan konstruksi jendela dapat menentukan tampilan sebuah rumah tinggal dipadukan dengan bagian-bagian lain dari sebuah rumah. estetika. . Ukuran jendela yang baik dalam sebuah ruangan sebaiknya 12%-15% dari luas lantai ruangan. dan fungsi utama jendela penting untuk dipikirkan sebelum membuat jendela. Standar Nasional Indonesia (SNI) menyarankan agar jendela tidak kurang dari 5% dari luas lantai.PEMBUATAN JENDELA Pertimbangan konstruksi.

.Jendela berfungsi sebagai sumber masuknya cahaya dan penghawaan alami. Selain itu juga merupakan bagian rumah yang memberikan unsur estetika pada suatu tampilan bangunan rumah.

JENDELA BOOP .

'Bop Window' pada intinya merupakan bentuk jendela dengan frame bundar. kayu. tapi bisa dibuat dari besi yang dilengkungkan. bukan kotak seperti biasa yang bisa dibuat dengan frame/bingkai beton. Karena bentuknya yang bundar. Bop Window tidak bisa dibuat dari bahan yang pabrikan seperti alumunium. atau material lainnya. .

. tapi memang sebaiknya tidak lebih dari dua buah jendela bop window karena bentuk jendela ini sangat khas dan langsung tertangkap oleh mata begitu melihatnya. kita hanya perlu membuat satu jendela pada desain rumah yang berbentuk bundar. disebabkan oleh bentuk lengkung yang merupakan bentuk yang jarang digunakan.Untuk mengaplikasikan jendela Bop window ini cukup sederhana.

PEMBAGIAN JENDELA BERDASARKAN CARA PEMBUKAAN .

.

.

.

.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful