Bab.

Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Nama : Kelas :Enam(A/B/C)

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi Tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di bawah ini!
1. Politik luar negeri Indonesia adalah . . . . a. bebas aktif b. demokratis c. terbuka d. aktif dan terbuka 2. Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan perdamaian dunia terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea . . . . a. alinea pertama b. alinea ke dua c. alinea ke tiga d. alinea ke empat 3. APEC adalah kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik bidang . . . . a. politik b. Ekonomi c. social d. budaya 4. Politik luar negeri Indonesia dijiwai oleh . . . . a. UUD 1945 b. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri c. Pancasila d. pembukaan UUD 1945 5. Di bawah ini yang bukan tujuan politik luar negeri adalah . . . . a. meningkatkan persaudaraan antarbangsa b. melaksanakan ketertiban dunia c. menjalin kerja sama yang baik dengan negara lain d. agar bangsa lain mengetahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang baik 6. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah . . . . a. Pancasila b. UUD 1945 c. pasal 11 ayat 1 UUD 1945 d. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri 7. Perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri dapat berupa . . . . a. kedutaan besar b. konsul c. menteri luar negeri d. departemen luar negeri 8. Contoh peran politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional, kecuali . . . . a. bangsa Indonesia mengirimkan Pasukan Garuda ke Timur Tengah

b. bangsa Indonesia aktif dalam organisasi ASEAN c. bangsa Indonesia meminta bantuan negara lain setiap ada bencana d. bangsa Indonesia terlibat dalam organisasi PBB 9. Dalam membina kerja sama dengan bangsa lain kita harus menerapkan prinsip-prinsip di bawah ini, kecuali . . . . a. mengakui persamaan kedudukan dan martabat b. menghormati semua bangsa c. tidak merugikan negara lain d. mencampuri urusan negara lain 10. Organisasi regional yang diikuti bangsa Indonesia salah satunya adalah . . . . a. UNESCO b. PBB c. APEC d. ASEAN 11. Salah satu persoalan yang sedang diperjuangkan oleh setiap Negara sebagai akibaat dari globalisasi ddalam bidang politik adalah a. isu perdagangan bebas c. demokrasi b. perang dingin d. komunisme 12. Hubungan luar negeri yang melibatkan 2 negara disebut hubungan . a. bilateral b. multilateral c. perdagangan d. diplomasi 13. Dalam menyelesaikan konflik Indonesia lebih memilih menggunakan cara . a. diplomasi b. kekerasan c. kekeluargaan d. frontal 14. kekerasan terhadap manusia harus ditolak berhubungan dengan sila a. pertama b. kedua c. ketigad. kelima 15. Secara resmi pemerintah Indonesia menyatakan bahwa politik luar negerinya bebas dan aktif pada tanggal . a. 17 Agustus 1945 c. 27 juli 1950 b. 2 september 1948 d. 8 agustus 1967 16. Keikutsertaan Indonesia dalam menjaga keamanan dan perdamaian dunia diwujudkan dalam bentuk .. a. pengiriman pasukan garuda atas permintaan PBB b. pengiriman garuda untuk membantu salah satu Negara c. pengiriman diplomat ke Negara yang bersengketa d. pengiriman utusan yang membawa misi perdamaian 17. Indonesia pernah mengirimkan pasukan Garuda ke Timur Tengah tahun 1956 ketika terjadi .. a. Perang antara Irak dan iran c. Konflik masalah terusan Suez b. Perang antara Irak dan Kuwait d. Perang Teluk antara Libia dan Amerika Serikat 18. Menjelang tahun 1977 Indochina kembali memanas, terutama karena semakin meluasnya perang saudara antara . a. Vietnam dan Kamboja c. khmer merah dan Saigon b.khmer merah dan tiga kekuatan lain d. kamboja dan Laos 19. latar belakang berdirinya gerakan Non-blok adalah ..

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. kebebasan mengibarkan bendera di kedutaan dan tempat tinggalnya d. Sekretaris jenderal KTT Gerakan Non Blok ke-10 d. a. Pengamat KTT Gerakan Non Blok ke 10 21. Pada tahun 1970-an . 1971 22. a. memberikan paspor. 1960 b. adanya pernag dingin antara blok barat dan blok timur b. konsulat jenderal c. melindungi warga negaranya di tempat ia bertugas b. Apa yang dimaksud politik luar negeri bebas aktif? 2. embargo minyak terhadap Negara-negara yang bersengketa c. Tahun 1992 Indonesia memegang peranan penting dalam gerakan Non Blok karena Indonesia mendapat kesempatan sebagai . Yang tidak termasuk kekebalan diplomatic yang dimiliki duta besar adalah .a. a. sering terjadi perang antara negara-negara di Timur Tengah 20.. peserta aktif KTT Gerakan Non Blok ke 10 c. duta besar b. mengirim laporan secara berkala kepada pemerintahnya mengenai keadaan di Negara penerima d. 1969 d. embargo minyak terhadap Negara industry maju b. Yang bukan merpakan tugas seorang duta besar adalah . Indonesia bergabung dengan Negara-negara pengekspor minyak sejak tahun . penetapan kuota bagi masing-masing Negara OPEC d. kebebasan jangkauan hokum yang berlaku di Negara penerima b. dan dokumen perjalanan kepada wara Negara penerima yang ingin berkunjung ke Negara pengirim 25. kebebasan menggunakan komunikasi dengan menggunakan sandi II. pembatasan produksi bagi Negara-negara anggota OPEC 23.diplomat 24. 1962 c. mewakili Negara yang mengirimnya untuk meningkatkan hubungan kedua Negara c. Berikan contoh bentuk peran politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional? . Sebutkan organisasi-organisasi dunia di mana Indonesia terlibat sebagai anggota dari organisasi tersebut 4. Jelaskan peranan utama Departemen Luar Negeri berkaitan dengan Politik Luar negeri Indonesia? 5. a. visa. penyelenggara KTT Gerakan non Blok ke -10 b. sering terjadi perang saudara antara Negara-negara Indochina d. Sebutkan apa saja yang menjadi landasan politik luar negeri Indonesia? 3. Tingkat teringgi dalam perwakilan diplomatik di luar negeri adalah a. adanya perang dingin antara blok utara dan blok selatan c. OPEC pernah mempergunakan minyak sebagai senjata politik dan ekonomi melalui a. menteri luar negeri d. kebebasan membuka perusahaan di Negara penerima c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful