KOMPETENSI

Memahami Algoritma Pemrograman

Sub Kompetensi
1. Memahami Algoritma dan Diagram Alir 1. Memahami Struktur Algoritma dan Diagram Alir • • • Memahami Algoritma File Berurutan Memahami Array dan Matriks Memahami dan menerapkan algoritma dengan metoda pencarian (searching)

1. Memahami dan menerapkan algoritma dengan metoda pengurutan • Memahami dan menerapkan algoritma dengan metoda penggabungan (merging)

1. Memahami dan menerapkan algoritma dengan metoda pemrograman terstruktur

Memahami Algoritma dan Diagram Alir

Definisi
PROGRAM
Sekumpulan interuksi, prosedure, routine, yang diberikan kepada komputer berdasarkan algoritma yang telah disusun sebelumnya untuk mencapai suatu tujuan.

Contoh Program
- Program komputer untuk kasir swalayan - Program komputer untuk nasabah bank - Program komputer untuk tiket pesawat - Program komputer untuk rumah sakit - Program microsoft word - Program microsoft excel - Dan lain-lain

Definisi
ALGORITMA langkah-langkah pengerjaan pemecahan masalah

secara sistematis, runtun dan benar, menggunakan simbol-simbol khusus, ataupun dengan kata-kata yang dikenali oleh manusia

Algoritma Dapat Dianggap Sebagai Blue Print Dari Sebuah Program

Sifat Algoritma
1. Harus sederhana 2. Tahapan harus tidak bermakna ganda (ambigu) sehingga komputer bisa memahaminya secara baik 3. Efektif dalam memecahkan masalah 4. Universal dan mengarah ke solusi yang unik 5. Memiliki kapabilitas untuk menangani situasi yang tidak diinginkan, misalnya devide by zero

JENIS ALGORITMA
• Flowchart : aliran logika pemrograman yang diungkapkan melalui simbol-simbol tertentu. Pseudocode : gambaran aliran logika pemrograman yang diungkapkan dengan bahasa manusia.

FLOWCHART
Input/Output (I/O)
Pemrosesan Sederatan pemindahan data atau operasi aritmatika Keputusan (Penyeleksian Kondisi) Perbandingan logika; digunakan ketika kita ingin komputer minta sebuah pertanyaan Terminal Titik mulai atau akhir program Proses yang didefinisikan sebelumnya Subprogram atau modul yang dieksekusidi titik ini. Instruksi nyatanya diisikan di modul ini yang ditunjukkan di tempat lain di dalam flowchart

Pembacaan data/input dengan punch card Konektor satu halaman Titik rujukan lain yang biasanya diberi nomor Konektor beda halaman Garis aliran Arah aliran logika

KONSEP PEMROSES
1
Sequential structure (struktur urut)
Proses dilakukan langkah demi langkah secara berurutan hingga selesai, tanpa adanya suatu keputusan atau perulangan.

KONSEP PEMROSES
2
Decision structure (struktur keputusan)
Proses dikerjakan tergantung pada kondisi-kondisi tertentu

KONSEP PEMROSES
3
Perulangan (Looping)
Proses dikerjakan berulang hingga selesai tergantung pada kondisi yang ditentukan.

VARIABEL
Adalah nama yang diberikan untuk mewakili sebuah nilai (angka, kata, huruf, atau karakter lainnya) dengan sifat nilai dapat berubah.

VARIABEL
Setiap kali ingin menggunakan sebuah atau lebih variabel, maka nama variabel dan tipe datanya harus dideklarasikan di dalam struktur program.

VARIABEL
CONTOH :
F(x) = 2x2 + 5x + 3; dengan nilai “x” dapat berisi sembarang nilai.

VARIABEL
Var sisi : integer; begin read sisi ; Volume := sisi*sisi*sisi; Write (Volume); End.

Deklarasi variabel

KONSTANTA
Adalah nama yang diberikan untuk

mewakili sebuah nilai (angka, kata, huruf, atau karakter lainnya) dengan sifat tetap. Sama seperti variabel, terkadang nama sebuah konstanta harus disebutkan tipe datanya di dalam struktur program.

KONSTANTA
CONTOH :
F(x) = 2x2 + 5x + 3; dengan nilai x = 5.

KONSTANTA
Const sisi = 5; begin read sisi ; Volume := sisi*sisi*sisi; Write (Volume); End.

Nilai yang sudah ditetapkan

Konsep Pembacaan dan Penulisan
Dalam membuat suatu program dibutuhkan adanya statemen untuk memasukkan data dengan tujuan mendapatkan keluaran seperti apa yang diinginkan, tidak perduli apapun jenis bahasa yang digunakan.

Konsep Pembacaan
Dalam bahasa pemrograman PASCAL pembacaan data menggunakan statemen Read dan readln.

Konsep Pembacaan
Statemen Read akan membaca seluruh data tanpa memperdulikan di baris mana data tersebut di tempatkan.

Konsep Pembacaan
Var sisi : integer; begin write (‘Masukkan nilai sisi’); read (sisi ); Volume := sisi*sisi*sisi; Write (‘Hasilnya adalah : ‘,Volume); End.

Masukkan nilai sisi : 2 Hasilnya adalah : 8

Konsep Pembacaan
Statemen readln akan membaca data pada posisi baris saat itu, dan memindahkan ke awal baris berikutnya setelah selesai.

Konsep Penulisan

Dalam bahasa pemrograman PASCAL penulisan data menggunakan statemen write dan writeln.

Var sisi : integer; begin write (‘Masukkan nilai sisi’); read (sisi ); Volume := sisi*sisi*sisi; Write (‘Hasilnya adalah : ‘,Volume); End.

Masukkan nilai sisi : 2

Hasilnya adalah : 8

TIPE DATA
•Pada bahasa pemrograman PASCAL tipe data diantaranya adalah : •Shortint : - 128 s/d 127 •Integer : - 32768 s/d 32767 •Longint : - 2147483648 s/d 2147483647 •Byte : 0 s/d 255 •Word : 0 s/d 65535 •String : gabungan karakter, simbol, angka, huruf •Char : karakter (angka, huruf, simbol) •Boolean : True dan False •Real : 2.9 x 10 - 39 s/d 1.7 x 10 38 •Single : 1.5 x 10 - 45 s/d 3.4 x 10 38 •Double : 5.0 x 10 - 324 s/d 1.7 x 10 308 •Extended : 3.4 x 10 - 4932 x 1.1 x 10 4932 •Comp : -2 63 + 1 s/d a2 63 - 1

DEKLARASI
Deklarasi sangat dibutuhkan oleh program untuk menjelaskan sifat atau tipe dari sebuah variabel. Dengan demikian tipe dari variabel tersebut akan tetap berlaku sampai akhir program.

Var sisi : integer; begin write (‘Masukkan nilai sisi’); read (sisi ); Volume := sisi*sisi*sisi; Write (‘Hasilnya adalah : ‘,Volume); End.

Masukkan nilai sisi : 2 Hasilnya adalah : 8

Uses crt; Var Vol, p, t, l : integer; begin Clrscr; Write (‘Masukkan nilai p : ‘); readln(p); Write (‘Masukkan nilai t : ‘); readln(t); Write (‘Masukkan nilai l : ‘); readln(l); Vol := p * t * l; Write (‘Volume balok adalah : ‘, vol); readln; End.

Masukkan nilai p : Masukkan nilai p : 8 Masukkan nilai t :7 Masukkan nilai l :8 Volume balok adalah : 448

ALGORITMA MENCARI LUAS PERSEGI PANJANG
• Tentukan rumusnya  L = p x l

1. Tentukan nilai/harga dari panjang persegi panjang, misal p=6 cm 1. Tentukan nilai/harga dari lebar persegi panjang, misal l=5 1. Cetak hasilnya

Contoh
Buatlah algoritma mencari nilai dari fungsi f(x) = 5x + 6 jika diketahui x=3

Jawab
Start x=3 f(x)=5x + 6 Print f(x) End

Flowchart
Start p=6 l=5 L=pxl Print L End

LOGIKA
Tugas rumah : 2. Mencari bilangan prima 3. Mencari volume bola

21 Juli 2008

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful