Pengadilan Internasional

Compulsory (Contentious issues) (Contentious issues) NonNon- Compulsory (Advisory Opinions) (Advisory Opinions)

NonNon-Compulsory Compulsory (Contentious Issues) Advisory Opinions ) Issues
1. Pengadilan hanya memiliki kekuasaan menghakimi bertindak sebagai penasihat 2. Pengadilan yang memberikandapat melakukan penolakan thdp: 2. Pada tahap awal keberatan , nasihat yang berpengaruh dan : thdp dihormati * Yurisdiksi 3.*Pengadilan sengketa non-kompulsori dari penasihat hanya non Kebenaran dari kasus konsultatif dalam karakter 4. Contoh : Kasus Senjata Nuklir

Home

ICJ -> penerus dari PCIJ (Permanent Court of International Justice) yang dikenal dalam Liga Bangsa-Bangsa Bangsa- ´Akhirnya 1942 theFirstkomite inimengundang beberapa Court ´Akhirnya padamengenai pembentukan International ahli ´Tahun 1943 demikian Session of Secretary of State dan the ´´Namun pemerintah Inggris the United Nations General Tahun usulan United States tetap memiliki beberapa pertanyaan yang untuk pada perjalanannyasuatu bagian of Justice London mana membentuk sebagai pertanyaanAssembly and of the Council pada suatu informal InterpertanyaanForeign Secretarybaru resmi diusulkan bulan April 1946. PCIJ hukum ke yangSecurityUnited Kingdom mengeluarkan suatu Inter pertanyaan inidibubarkandibawa ke pertemuan San Fransisco atau organ yang termasuk dalam badan internasional yang secara resmi deklarasi dan International Court of Justice statement ataukemudian bahwa mereka berkeinginan untuk Allied Committee untuk membahas lebih lanjut mengenai baru sebagai pengganti LBB yang diusulkan dibentuk melakukan pertemuan jawabannya.µ Court of Justice ´ menghidupkan menghidupkan kembali suatu International International berdasarkan hasil pertemuan Justiceµ tersebut di Moskow Court of 4 negara sebagaimana dipublikasikan pada 30 Oktober 1943.µ kalinyaµ untuk suatu untuk pertama kalinyaµ keinginan untukkembalidicari jawabannya.µ .

. Court sendiri terdiri atas 15 hakim yang dipilih untuk masa jabatan 9 tahun oleh United Nations General Assembly dan Security Council. hukum internasional yang berlaku 2. Tugas utama dari Court adalah untuk menyelesaikan.Kompisisi ICJ Wakil Badan Peradilan (The Court) The Registry (Organ administrative The Court) The Court (Badan Peradilan) (Badan Peradilan) 1. sesuai dengan menyelesaikan.

Untuk menjamin kenetralan dari anggota. . tahun. anggota. hakim anggota.µ hakim anggota.Members of The Court Terdiri atas 15 hakim yang menjabat untuk masa 9 tahun. Syarat menjadi Hakim badan ini: Memperoleh mayoritas suara dari pemilihan. tidak ada satupun hakim anggota the Court yang dapat dipecat terkecuali terdapat suatu keputusan bulat dari anggota-anggota lainnya bahwa dirinya anggota´Pemilihan lagi memenuhi 3 tahun sekali untuk 1/3menjadi tidak dilakukan setiap persyaratan untuk dari hakim Court guna menjamin keberlangsungan dari the Court.

oleh anggota dari Court .Presidency Presiden dan wakil presiden dari Court Tugas utama dari wakil presiden akan dipilih setiap 3 tahun presiden adalah untuk menggantikan dalam suatu pemilihan yang bersifat rahasia jikalau dirinya berhalangan.

. Total negara yang menjadi dan/ dan/atau committee masalah-masalah yang berupa Chamber ad hoc anggota cases maupun yang berupa contentious dari Statuta ICJ termasuk anggota PBB berjumlah 192. advisory proceedings.Chambers The Court And Committe Chamber of Summary Procedure Chamber 3 hakim theTugas dari the court: anggota dari Anggota PBB membentuk chambers court dapat adalah menangani statuta ICJ.

Committee Presiden (chair) Wakil Presiden 4-5 judges Library Committee Rules Committee .

Tugasnya tidak hanya meliputi Linguistic Matters (Masalah Linguistik) urusan administratif mengenai peradilan judisial antar negara saja tetapi juga menjadi sekretariat dari ICJ ´Tugasnya diatur di dalam pasal 26 Information sendiri. dari Rules of Court dan pasal 1 dari Instruction for Registry ´ . oleh Deputy Registrar.Registrar(Badan Administratif) Registry (Kepala Badan Administratif) Registry merupakan badan urusan administrative dari Legal Matters (Masalah Legal) 3Menjabat selama 7 tahun dan dapat departemen ICJ yang dikepalai oleh seorang Registrar dan dibantu dipilih kembali oleh anggota Court.

‡Suara terbanyak yang disyaratkan adalah 8 (delapan) suara. ‡Mahkamah Internasional terdiri dari 15 orang hakim. Home .Komposisi Hakim Mahkamah Internasional. (delapan) suara.(pasal statuta) PBB. Internasional. ‡Pemungutan suara untuk pemilihan hakim di DK PBB hak veto tidak berlaku. ‡Dipilih berdasarkan suara mayoritas mutlak oleh DK PBB dan MU PBB. didunia. ‡Hakim dipilih tanpa memandang kebangsaannya. ‡Hakim yang dipilih mempunyai moral yang tinggi (telah memenuhi syarat yang ditetapkan negaranya) negaranya) ‡Diakui kepakarannya/ kompetensinya. tetapi kebangsaannya. berlaku. mempertimbangkan pembagian geografis dan sistem hukum yang ada didunia. kepakarannya/ kompetensinya.(pasal 4 statuta) ‡Apabila ada hakim yang meninggal/mengundurkan diri maka meninggal/ diadakan pemilihan khusus dengan catatan hakim terpilih hanya untuk masa jabatan sisa waktu. waktu.

.

Second Phase (contentious case) case) b. peserta. bukan anggota PBB dapat juga menjadi peserta. Memerikasa perselisihan/sengketa antara negara-negara perselisihan/ negaraanggota PBB yang diserahkan kepada Mahkamah Internasional. . Internasional. Untuk memutuskan perkara-perkara perdebatan perkara Case. Mahkamah memutuskan dengan suara mayoritas Kewenangannya : dalam South West Africa a. Untuk memberi opini-opini nasihat (advisory juridiction) opinijuridiction) c. akan negara yang untuk memberikan suatu dasar bagi abstrak. kontroversi. berdasarkan syarat ² syarat keputusan politis b.Home PembatasanPembatasan-Pembatasan Penting: Penting: Anggota Mahkamah Internasional Semua anggota PBB ipso facto yang berarti oleh faktanya sendiri.adalah peserta statutaputusan tetapi statuta. abstrak. Mahkamah tidak boleh memberikan . Yang banyak menimbulkan kontroversi. a.

. Karang tengah. Lalu. memenangkan sengketa Sipadan-Ligitan. 1. sementara kepemilikan Blok Ambalat miliknya. Asalnya Indonesia ingin membawa ke sebagai wilayahnya dan Indonesia menganggapnya Hasil : Mahkamah Internasional menangkan Dewan Tinggi ASEAN namun Malaysia tidak sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan Singapura atas Malaysia Namun. Kalimantan mealui peta terbitan 1979 Ligitan. miliknya. Sipadan-Ligitan.mengklaim Singapura menyebut pulau pemilikan terhadap kedua pulau yang berada di yang terletak di perairan Laut Sulawesi di sebelah tersebut Pedra Branca dan mengklaim sebagai Selat Makassar yaitu pulau Sipadan dan Pulau timur Pulau miliknya. Lalu.Contoh Kasus: Kasus: 2. Malaysia mendapat menyetujuinya.satu dari dua karang yang terdapat hadapan ICJ dan akhirnya Malaysia yang di Pulau Batu Puteh. menyetujuinya. masalah ini dibawa ke Indonesia. Ligitan. Sengketa Pulau Batu Puteh SengketaAmbalat Sipadan-Ligitan 3. Kasus : Kasus : Malaysia mengklaim Pulau Batu sebagai P ersengketaan Indonesia dan Malaysia atas Malaysia miliknya.

Home .

‡Putusan Mengikat para pihak. ‡Separate Opinion:Pendapat yang menyatakan dukungan hakim terhadap putusan Mahkamah Internasional. Internasional mempunyai wewenang untuk menafsirkan isi ‡Tidak dilanjutkan persidangan(discontinu ance) putusan dangan catatanseperti berikut: ‡Dikeluarkan Putusan (Judgment) seperti berikut ‡Atas permohonan salah satu ‡Putusan diterbitkan untuk masyarakat luas.Sengketa yang diperiksa Mahkamah berakhir dengan halhal seperti berikut: Apabila terjadi perbedaan penafsiran maka Mahkamah ‡Adanya kesepakatan dari para pihak. ‡Salah satu pihak dapat minta perubahan ‡Pendapat para hakim terdiri dari: ‡Bila terdapat suatu fakta atau hal baru diketahui kemudian ‡Dissenting Opinion:Pendapat hakim yang tidak setuju hari dengan satu atau beberapa hal dari putusan Mahkamah Internasional. ‡Penafsiran dan perubahan putusan .

‡Contoh nyata yaitu menyelesaikan kasus Sipadan-Ligitan dengan membawnya ke Mahkamah Internasional.Dukungan terhadap keputusan Mahkamah Internasional ‡Seperti dalam falsafah pancasila. .hubungan kerja sama Indonesia dan Malaysia pun tetap berjalan lancar. ‡Pasca keputusan tersebut. ‡Dasar tersebut membuat negara Indonesia mendukung keputusan Mahkamah Internasional. bangsa Indonesia adalah bangsa demokratis. ‡Indonesia bersedia menerima hasil putusan mahkamah internasional : menyerahkan 2 pulau tersebut ke Malaysia.

Untuk mengatasinya PBB yang bertujuan untuk Penyelesaian Masalah dibentuklah Hukum kedamaian dan keamanan internasional tercantum di dalam pasal 1 Piagam. yang ditegaskan dalam pasal 2 ayat (4).µ . yang berbunyi : ´Kedamaian dan keamanan Diplomatik internasional hanya dapat diwujudkan apabila tidak ada kekerasan yang digunakan dalam menyelesaikan sengketa.

terhadap semua jenis sengketa hukum ‡Beberapa keputusan masih harus didaftarkan di pengadilan ‡Beberapa sulit mencari pihak ketiga yang dipercayai . ‡Tidak dikenal legal precedent. karenanya sulit fleksibel ‡Lebih memuaskan.Dan Kelemahannya: ‡Dapat timbul situasi pemahaman yang tidak merata. antar para pihak Beberapa keuntungan yaitu: ‡Membutuhkan upaya bersama antar para pihak guna merealisir ‡Lebih cepat Penyeles i n sengket sec r mekanisme yanglomatik adalah waktu ‡Lebih murahdisepakatisecara negosiasi. i dan pasti ‡Tidak semua arbitrase atau mediator asing diakui ‡Lebih efisien secara biaya dan konsiliasi mediasi. demikian pula ekspektasi berbeda. healing ‡Tidak selalu bisa memberikan jawaban definitif tailor made ‡Lebih bisa divariasikan sesuai kesepakatan. enquiry.

´Penyelesaian masalah secara diplomatik terdiri dari lima macam yaitu negosiasi. good offices dan konsiliasi. enquiry. K lima macam penyelesaian sengketa tersebut memiliki cirri khas. mediasi.µ . kelebihan dan kekurangan masing-masing.

ada dua bentuk prosedur Negosiasi Konsultasi . Dalam praktek negosiasi.Negosiasi Cara yang pertama kali ditempuh oleh para pihak yang bersengketa.

yang kemudian diteruskan pada tahun 1907. . Dalam praktek negosiasi. ada dua bentuk prosedur Negosiasi Konsultasi Telah dikenal dalam menyelesaiakan sengketa Semenjak lahirnya The Hague Convention pada tahun 1899.Enquiry atau Penyelidikan enquiry yang dimaksud adalah sebuah badan yang dibentuk oleh negara yang bersengketa.

Intervensi dapat dilakukan antara lain The Hague dalam beberapa bentuk. ex aequo et bono dalam menyelesaikan sengketa yang ada. . UN Charter. Convention 1907.Mediasi intervensi yang dilakukan oleh pihak ketiga adalah sebuah cara yang mungkin untuk keluar dari jalan buntu perundingan Diatur dalam beberapa perjanjian internasional. The European Convention for the Peaceful Settlement of Mediator dapat menggunakan asas Disputes.

namun bisa juga sebuah komisi yang dibentuk oleh para pihak Terlembaga atau bersifat ad hoc Perbedaan yang dapat diketahui dari kedua cara ini adalah konsiliasi memiliki hukum acara yang lebih formal jika dibandingkan dengan mediasi .Konsiliasi Pihak ketiga yang melakukan intervensi ini biasanya adalah negara.

µ jasa baik dapat dibedakan dalam dua bentuk. dan jasa baik politis (political good offices) .Good Offices atau Jasa-jasa Baik cara penyelesaian sengketa melalui bantuan pihak ketiga (dengan negosiasi) uala Adolf. jasa baik dapat didefinisikan sebagai berikut: ´the in ol ement of one or more States or an international organization in a dispute bet een states ith the aim of settling it or contributing to its settlement. yaitu jasa baik teknis (technical good offices).

Penyelesaian masalah secara Hukum terdiri dari dua macam Arbitrase: Penyelesaian sengketa. dan cara ini telah diterima oleh umum sebagai cara penyelesaian sengketa yang efektif dan adil ´Putusan Arbitrase bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum tetap dan mengikat para pihak. sekalipun Putusan tersebut tidak ditandatangani oleh seorang Arbiterµ .

dan lainnya.Penyelesaian masalah secara Hukum terdiri dari dua macam Judicial settlementa Beberapa pengadilan internasional dan pengadilan internasional regional yang hadir untuk menyelesaikan berbagai macam sengketa internasional. yaitu melalui Permanent Court of International Justice (PCIJ). International Tribunal on the Law of the Sea. . European Court for Human Rights. Kehadiran pengadilan internasional sesungguhnya telah dikenal sejak eksisnya Liga Bangsa-Bangsa. Misalnya International Court of Justice (ICJ). International Criminal Court.

Dimulailah proses peradilan sampai dijatuhkan sanksi . pemeriksaan dan penyidikan.Prosedur: Terjadi pelanggaran HAM Ada pengaduan dari korban Pengaduan disampaikan ke Komisi Tinggi HAM PBB Pengaduan ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

mengikat. Selalu berdasarkan keputusan suara mayoritas hakim apabila jumlah suara sama maka keputusan ditentukan oleh Presiden Mahkamah Internasional. dan tanpa banding. Pasal 57 statuta. Keputusan Mahkamah Internasional bersifat final. hakim mahkamah internasional dapat mengemukakan pendapat terpisah atau dissenting opinion Keputusan Mahkamah Internasional mengikat pihak yang bersengketa sehigga negara yang bersangkutan wajib memenuhi keputusan tersebut .Mahkamah Internasional memutuskan setiap sengketa berdasarkan hukum.

Home . ‡Kebiasaan Internasional. ‡Putusan-putusan peradilan dan ajaran-ajaran para sarjana ´Memberikan kekuasaan bagi Pengadilan untuk memutuskan kasus secara pantas dan adil (ex aequo et bono) berdasarkan prinsip-prinsip umum. yaitu dengan menggunakan prinsip ex aequo et bono. ‡Prinsip-prinsip hukum umum.‡Perjanjian Internasional.µ Ketika pasal 38 ayat 1 dalam proses penyelesaian masalah atau sengketa dalam Mahkamah Internasional itu sendiri mengalami kesulitan maka dasar yang dipakai oleh para hakim yang ada adalah pada ayat 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful