ENVIRONMENTAL IMPACT ASSESSMENT GROUP PROJECT

I. b. Uraian tentang tujuan dan kegunaan rencana usaha dan/atau kegiatan yang memberi gambaran manfaat terhadap pembangunan lokal. regional maupun nasional. Peraturan perundangan beserta alasan penggunaannya sebagai acuan dalam penyusunan ANDAL. . Pendahuluan Dalam Bab Pendahuluan perlu diperhatikan aspekaspek sebagai berikut: a.

II. Komponen lingkungan yang berpotensi terkena c. Komponen rencana kegiatan yang harus dikaji. Ruang lingkup studi Aspek-aspek yang harus dinilai dalam ruang lingkup studi ini adalah kejelasan tentang: a. Kegiatan lain di sekitarnya dan interaksinnya dengan rencana kegiatan yang diusulkan. . b.

dan lain-lain. batas sosial maupun batas administrasi. Kerangka konseptual analisis dan isu-isu pokok yangharus dikaji sesuai dengan hasil pelingkupan yang digambarkan antara lain dalam bentuk diagram alir. . e.setelah mempertimbangkan berbagai kendala teknis dan kejelasan batas waktu sesuai dengan tahapan kegiatannya. batas ekologis.matrik.d. Batas wilayah studi (spatial). baik batas proyek.

d. analog. c. Penggunaan model matematis. jumlah sampel (contoh) dan jenis alat beserta alasanalasannya. judgement untuk prakiraan dampak penting. Penggunaan metode-metode evaluasi dampak penting . b. Pengambilan contoh dan parameter yang akan diukur.III.Metode pengumpulan dan analisis data: ƒ ƒ primer: lokasi. Metode studi Aspek-aspek yang harus dinilai dalam metode studi ini adalah kejelasan dan ketepatan tentang: a. profesional. sekunder: jenis dan sumber data.

Buatlah proposal kegiatan berdasarkan panduan diatas. Diskusikan draft awal proposal kegiatan dengan tutor tanggal 10 Maret 2011 Pengumpulan draft awal termasuk dalam penilaian. UTS EMS : tanggal 17 Maret 2011 . Proposal kegiatan dikumpulkan dan dipresentasikan pada tanggal 24 Maret 2011 setelah UTS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful