MARKAS BESAR KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

KEPALA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN POLRI AMANAT PADA UPACARA PENUTUPAN DIKBANGSPES BRIGADIR LIDIK SOSEK, BRIGADIR LIDIK SOSPOL, BRIGADIR LIDIK KAM, BRIGADIR PAM INTEL, BRIGADIR KONTRA INTEL DAN BRIGADIR INTELTEK GEL.I TA.2010

ASSALAMUALAIKUM WR.WB SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN PERTAMA-TAMA MARILAH KITA MENGUCAPKAN PUJI

SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA BERKAT RAHMAT DAN RIDHONYA PADA HARI INI KITA DAPAT BERKUMPUL BERSAMA UNTUK MENGHADIRI UPACARA PENUTUPAN DIKBANGSPES BRIGADIR LIDIK SOSEK, BRIGADIR LIDIK SOSPOL, BRIGADIR LIDIK KAM, BRIGADIR PAM INTEL, BRIGADIR KONTRA INTEL DAN BRIGADIR INTELTEK GEL.I TA.2010 DI PUSDIK INTELKAM POLRI.

DI BIDANG EKONOMI. PENYELUNDUPAN. MENUNJUKKAN ANGKA KEJAHATAN ADANYA BAIK TERHADAP KECENDERUNGAN KEJAHATAN KEKAYAAN NEGARA SERTA KEJAHATAN YANG BERIMPLIKASI . HAL PERMASALAHAN BARU. KORUPSI DAN KASUS YANG PALING MENYITA PERHATIAN PUBLIK YAITU KASUS BANK CENTURY YANG BELUM BERAKHIR PENANGANANNYA. PADA TAHUN 2010 MULAI DIBERLAKUKANNYA PERDAGANGAN ASEAN-CINA YANG PERLU DIANTISIPASI DAMPAKNYA TERHADAP SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA DISAMPING MASIH BANYAKNYA KASUS-KASUS PENYELEWENGAN SEPERTI BBM.2 SEBAGAIMANA KITA SADARI BERSAMA BAHWA ANCAMAN GANGGUAN KAMTIBMAS YANG TERJADI AKHIR-AKHIR INI CENDERUNG MENINGKAT DAN SEMAKIN KOMPLEKS SECARA KUALITAS MAUPUN KUANTITAS BAIK YANG DITIMBULKAN OLEH ALAM SEPERTI BENCANA ALAM PAUPUN YANG DITIMBULKAN OLEH ULAH MANUSIA SEPERTI KEJAHATAN DI BAHKAN PILKADA BIDANG MUNCUL SECARA POLITIK. WACANA PADA AKAN TAHUN 2010 AKAN BERLANGSUNG PILKADA DI BEBERAPA WILAYAH DI INDONESIA DISELENGGARAKANNYA INI MEMUNCULKAN SERENTAK. DI YANG BIDANG BERSIFAT KEAMANAN PENINGKATAN KONVENSIONAL.

. MENYIKAPI ANCAMAN GANGGUAN KAMTIBMAS TERSEBUT DI ATAS SERTA MEMPERHATIKAN PARADIGMA BARU POLRI DAN SEMAKIN TINGGINYA TUNTUTAN MASYARAKAT AKAN RASA AMAN. KHUSUSNYA YANG BERNUANSA TERORISME DAN KASUS TERAKHIR YANG TERJADI YAITU PEMBOBOLAN ATM MILIK NASABAH DIBEBERAPA BANK. HAL TERSEBUT TENTU AKAN SEMAKIN MENJAUHKAN TAMPILAN POLRI SEBAGAI POLISI SIPIL SEBAGAIMANA DIAMANATKAN OLEH TUNTUTAN REFORMASI. PENCULIKAN DAN PENIPUAN. DI BIDANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI DENGAN SEMAKIN MUDAHNYA MASYARAKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET DENGAN BIAYA YANG MURAH MENIMBULKAN PERMASALAHAN TERSENDIRI DENGAN TERJADINYA TINDAK PIDANA SEPERTI PENCURIAN. APABILA KITA TIDAK BISA MENYESUAIKAN DENGAN TUNTUTAN MASYARAKAT TERSEBUT MAKA TIDAK MENGHERANKAN APABILA DALAM PRAKTEK DI LAPANGAN KITA MASIH SERING MENERAPKAN POLA REPRESIF SEHINGGA BERBENTURAN DENGAN KEPENTINGAN MASYARAKAT ITU SENDIRI BAHKAN MENIMBULKAN KONFLIK ANTARA APARAT KEPOLISIAN DENGAN MASYARAKAT. MAUPUN TRANSNASIONAL. MAKA SUDAH BARANG TENTU MENUNTUT KESIAPAN PERSONIL POLRI DALAM MENGANTISIPASINYA.3 KONTIJENSI.

INTELIJEN POLRI DITUNTUT KEPEKAANNYA UNTUK MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN KERAWANAN YANG BERKEMBANG DI LINGKUNGAN MASYARAKAT MELALUI TAKTIK DAN TEHNIK INTELIJEN YANG BERLAKU SEHINGGA BAHAN KETERANGAN ATAU INFORMASI YANG DIHASILKAN DISAMPING MERUPAKAN TERJAMIN INFORMASI AKURASINYA. APABILA ANGGGOTA SISTEM INTELIJEN EARLY POLRI TIDAK DAN BISA EARLY MENGEMBANGKAN WARNING DETECTION. TIDAK BISA MEMBACA TREND PERKEMBANGAN SITUASI DAN GEJALA-GEJALA YANG ADA DALAM MASYARAKAT MAKA RESIKO YANG HARUS DIPIKUL OLEH POLRI AKAN SANGAT .4 HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI INTELIJEN KEAMANAN POLRI DALAM MELAKSANKAN TUGAS POKOKNYA DIHARAPKAN DAPAT MEMBERIKAN MASUKANMASUKAN INTELIJEN KEPADA PIMPINAN POLRI MULAI DARI TAHAP PERENCANAAN SAMPAI DENGAN PENGENDALIAN DARI ORGANISASI POLRI DAN MENDUKUNG SERTA MENGAMANKAN SEMUA KEBIJAKAN YANG AKAN MAUPUN TELAH DITETAPKAN OLEH PIMPINAN POLRI. YANG BERNILAI DAN TINGGI. TEPAT JUGA WAKTU LENGKAP SEHINGGA RELEVAN DENGAN KEPENTINGAN DAN KEBUTUHAN PIMPINAN SEBAGAI BAHAN PENGAMBIL KEPUTUSAN.

DALAM LEMBAGA TUGAS PENDIDIKAN DI INI HANYA MEMBERIKAN DASAR-DASAR SEDANGKAN PENGEMBANGAN DAN APLIKASINYA OPERASIONAL KESATUAN MASING-MASING TERHADAP PENGETAHUAN YANG TELAH . PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA PERLU SAYA TEGASKAN LAGI BAHWA DIKBANGSPES INI MERUPAKAN SALAH SATU UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN INTELIJEN YANG HANDAL MELALUI UPAYA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SERTA PROSES PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI DEMI TERWUJUDNYA SUMBER DAYA MANUSIA INTELIJEN POLRI YANG MEMILIKI MORAL. TIDAK HANYA DARI SISI JIWA DAN MATERIAL TETAPI BIAYA POLITIKNYA AKAN LEBIH BESAR. CERDIK DAN CEKATAN. BERWAWASAN. KETIDAK TERSEBUT MAMPUAN KARENA KITA MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SISTEM DAN KURANGNYA PENGUASAAN INTELIJEN YANG HANDAL MULAI DARI TEHNIK DAN TAKTIK PENYELIDIKAN SAMPAI PADA KELEMAHAN MENILAI TERHADAP INFORMASI. NAMUN DEMIKIAN SEMUA ITU TIDAK AKAN BISA TERCAPAI DI LEMBAGA INI SECARA OPTIMAL TANPA ADANYA MOTIVASI DAN KERJA KERAS. PENGABDIAN.5 BESAR.

.. ...... Dirbindik Lemdiklat Polri ………… INSPEKTUR JENDERAL POLISI 3...6 DIDAPATKAN DI SINI SEBELUMNYA TERGANTUNG PADA KEMAMPUAN DAN YANG LEBIH PENTING ADALAH KEMAUAN SUNTUK BERUBAH MENUJU YANG LEBIH BAIK.. SELAMAT JALAN. BIMBINGAN DAN PETUNJUKNYA KEPADA KITA SEKALIAN.WB JAKARTA.. SEKIAN DAN TERIMA KASIH WASSALAMUALAIKUM WR.. Ka TU Lemdiklat Polri ……. SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA KAPUSDIK INTELKAM POLRI BESERTA STAF YANG TELAH BEKERJA KERAS DAN SUNGGUH-SUNGGUH MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN DIKBANGSPES INI SEHINGGA TERLAKSANANYA PENDIDIKAN INI DENGAN BERHASIL. SRI SOEGIARTO 2.. SELAMAT BERTUGAS SEMOGA TUHAN YME SENANTIASA MEMBERIKAN KEMUDAHAN... PARA PESERTA UPACARA SEKALIAN SEBELUM SAYA AKHIRI AMANAT INI... PEBRUARI 2010 KALEMDIKLAT POLRI Paraf : 1... KEPADA PARA MANTAN SISWA SAYA UCAPKAN SELAMAT ATAS KEBERHASILAN DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN INI. Konseptor/Kabag Bin Gadik . Drs.