Oxalis corniculata Linn Semanggi Gunung

Klassifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Ordo: Geraniales Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan) Genus: Oxalis Spesies: Oxalis corniculata Linn
Gambar: Oxalis corniculata Linn (Dokumen pribadi)

Oxalis corniculata Linn ini atau sering disebut Semanggi Gunung adalah tanaman yang banyak kita jumpai disekitar pekarangan rumah kita. Bentuk hidupnya sebagai tanaman herba berukuran kecil, membuatnya mudah hidup dimana saja, bahkan pada lahan yangsempit. Meskipun terlihat sebagai tanaman yang biasa saja, semanggi gunung ini sebenarnya memiliki beberapa keunikan.dari cara ia hidup dan dari struktur morfologinya. Jika kita perhatikan klassifikasi ilmiahnya, tanaman ini digolongkan pada Divisi Magnoliophyta, dapat dilihat dari banyaknya petal pada bunganya yang kecil. Bunga kecil tersebut berpetal 5, salah satu cirri dari Divisi Magnoliophyta. Namun, ketika kita perhatikan daunnya, sama-sekali tidak bisa digolngkan sebagai daun yang bertipe menj ri, menyirip dan sebagainya. sebagai ciri khas Divisi a Magnoliophyta. Inilah salah satu keunikan yang dimiliki oleh tumbuhan semanggi ini. Daunnya merupakan daun majemuk dengan bentuk mirip petal bunga, pangkal daun tidak begitu terlihat dan memiliki simetris radial. Tumbuhan ini tumbuh secara menyebar kesamping dan ketinggian bisa mencapai beberapa centimeter dari permukaan tanah. Pertumbuhan meneyebar ini juga sesuai dengan adaptasi batangnya yang tumbuh secara stolon. Keunikan lain dari bunga ini adalah ketika malam dateng. Daun yang semula membuka seperti petal bunga akan menutup mirip payung tertutup. Adaptasi ini kemungkinan besar di pengaruhi oleh ada tidaknya cahaya matahari yang diterima oleh daun. Selain keunikan dari morfologi dan cara tumbuhan ini hidup, tumbuhan ini juga memiliki banyak fungsi, satu fungsinya adalah sebagai tanaman obat. Seluruh tanaman ini mengandung vitamin C, an d berasa melon yang kuat ketika dimakan. Seluruh bagian dari tumbuhan ini bisa dimakan, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan jiak makan tumbuhan ini dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan kalsium oleh tubuh (terdapat kandungan asam oksalat yang dalam jangka waktu lama dapat berubah menjadi racun) Tumbuhan ini juga bisa dipakai untuk penyembuha . n beberapa penyakit, diantaranya, mengobati demam, flu, hepatitis, diare, infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, kelemahan badan, menghentikan pendarahan, peluruh haid(Oktavianto, 2011).

dan sintesis asam lemak. dan RNA yang membentuk koloid. asam lemak. molekul besar seperti protein. Pembawa informasi genetik. Pengendali seluruh kegiatan sel.ardianrisqi.com. misalnya dengan memasukkan RNA dan unit ribosom ke dalam sitoplasma. sintesis protein.2010) Pengatur pembelahan sel. (http://www. gas.2010) Membran y Sebagai reseptor (penerima) rangsang dari . nukleotida.com. (http://www. asam amino.Gambar Organel Sitoplasma y y Nukleus y y y Fungsi Sumber bahan kimia penting bagi sel karena di dalamnya terdapat senyawasenyawa organik terlarut. Tempat terjadinya reaksi metabolisme. seperti glikolisis.ardianrisqi. ion-ion. molekul kecil seperti garam.

thinkquest.edu .magnet. (http://www. baik dari lingkungan luar maupun dari bagian lain dalam organisme itu sendiri. Hal inilah yang menyebabkan membran plasma bersifat semipermeabel (selektif permeabel).gif Dinding sell y luar.library.miami. fosforilasi oksidasif. dehidrogenasi.com. respirasi sel.org Mitokondria y Mitokondria berfungsi dalam oksidasi makanan. seperti reaksi oksidasi dan respirasi. seperti hormon dan bahan kimia lain.fsu.micro. Sebagai tempat terjadinya kegiatan biokimiawi.edu/dana/pix/plasm a_membrane. memperkuat sel dan sebagai pelindung sel http://www.ardianrisqi.bio.2010) y Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.com. dan sistem transfer elektron. Peran pigmen klorofil untuk menangkap cahaya matahari yang akan diubah menjadi energi kimia Kloroplast http://www. Oksidasi zat makanan di dalam mitokondria menghasilkan energi dan zat sisa.2010) Memberi bentuk pada sel. Melindungi agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.plasma y y y www. (http://www. Mengontrol zat-zat yang boleh masuk maupun keluar meninggalkan sel.ardianrisqi.

selulosa.com.com. dan lemak. karbohidrat. misalnya RE yang ada di dalam sel sel hati.ardianrisqi.pbworks. kuning telur pada sel telur. y Membentuk membran plasma.2010) y Tempat sintesis polisakarida seperti mukus.liquidbio. y Berperan dalam pembentukan vakuola. dan lisosom. y Transportasi molekul molekul dari bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain (RE kasar dan RE halus).mrel erteachi . membentuk membran pada badan Golgi (diktiosom). (http://www.Lysosome htt :// . glikoprotein. y Membentuk kantong sekresi untuk membungkus zat yang akan dikeluarkan sel.ca Badan Golgi y Melakukan pencernaan intrasel y Autofagi yaitu menghancurkan struktur yang ti ak dikehendaki misalnya organel lain yang sudah tidak berfungsi y Eksositosis yaitu pembebasan enzim keluar sel misalnya pada pergantian tulang rawan pada perkembangan tulang keras y Autolisis yaitu penghancuran diri sel dengan membebaskan isi lisosom ke dalam sel misalnya terjadi pada saat berudu menginjak dewasa dengan menyerap kembali ekornya y Menghancurkan senyawa karsinogenik (http://www. hemiselulosa. dan pektin (penyusun dinding sel tumbuhan).ardianrisqi.com . y Menetralkan racun (detoksifikasi).ardianrisqi. y Menampung protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks Golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel (RE kasar).britannica. seperti protein. y Membentuk akrosom pada sperma.20 10) http://www.com.com/ Retikulum endoplasma http://www.2010) y Mensintesis lemak dan kolesterol (RE kasar dan RE halus).(http://www.

edu Sitoskeleton y Memberi bentuk pada sel.micro.fsu. dan mengikat organel organel yang ada didalam sel.com.ardianrisqi. senyawa toksis dan hasil samping metabolisme y Mempertahankan tekanan turgor dalam sel y Penyimpanan senyawa dan makromolekul sementara y Tempat penghancuran senyawa tertentu oleh enzim hidrolase y Bentuk vakuola berbeda. y Membantu sel dalam bergerak y Berperan dalam pembelahan sell ketika reproduksi selular.ardianrisqi.2010) . pigmen. (http://www.com. minyak. (http://www. air.Ribosom y Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein http://www.com y penyimpanan cadangan makanan.ardianrisqi.magnet.2010) http://www.