STAIIDAN

PERUSAHAANLISTRIK NEGARA

SPLN l12: 1994
Lampiran I(eputusan Direksi No. : o4l .KJO594/DIR./1994, P.T. PLN (PERSERO) tangSal 8 Nopembcr 1994

AMBANG BATAS KUAT MEDAN LISTRIK DAN INDUKSI MEDANI MAKNIT DI RAWAH SALURAN TEGANGAN TII{GGI DAN EKSTRA TII\GGT

P.T. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO)
JALAN TRUNOJOYO NO. 135 - KEBAYORAN BARU - JAKARTA I2t6O

115. Diterbitkan oleh : P. Kelompok Pembakuan Bidang Transmisi dengan Surat Keputusan Direksi Pemsahaan Umum Listrik Negara No. M94lPPNIKI tanggal 16 Desember 1992.: 077IDIR/88 tanggal 21 September 1988. 2.T.TrunojoyoBtokM V135 Kebayoran JAKARTA 12160 1994 -i- . PERUSAHAANLISTRIK NEGARA (PERSERO) Baru JIn. Kelompok Kerja Medan Elektromagnetik dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Penyelidikan 1992 Masalah Ketistrikan No.SPLN ll2zl994 AMBANG BATAS KUAT MEDAN LISTRIK DAN INDUKSI MEDAN MAKNIT DI BAWAH SALURAN TEGANGAN TINGGI DAN EKSTRA TINGGI Disusun oleh : t .

SPLN ll2 z 1994 (kosong) -ll- .

Ir. IskandarKasim. TJahyoSasmoyo l7 . Ir. (exofficio) (*) : SebagaiKetua merangkap Anggota Tetap 2. Hasim Soerotaroeno 6. Gumirang 10. Iskandar. M. Ir. Ir. -lll- . Ir.Basri 15. Ir. Hoedolo : SebagaiWakil Sekretaris merangkap Anggota Tetap 5. BEE 12. Sebagai Anggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota TetaP . Ir.SPLN ll2 21994 Susunan Anggota Kelompok Pembakuan Bidang Transmisi Berdasarkan Surat Keputusan Direksi PerusahaanUmum Listrik Negara No. Marsahala Samosir 20.: 077lDIRy88tanggal 21 September 1988 Kelistrikan Masalah FusatPenyelidikan 1. Ir. Ir. Soewadji 9. Sambodho Sumani 7. Rosid : SebagaiKetua Harian merangkap Anggota Tetap 3. J. Ir. Soena{o Sastrosewojo 13.Agus Djumhana 18. H.BEE 16. Ir. Ir. Moch. Ir. Ir. Ir. Wayan Delim 19. Pieter Mabikafola : Sebagai Anggota Tetap : Sebagai Anggota Tetap : Sebagai Anggota Tetap . Adiwardojo Wanito 8.Soekarto 14. Ir. SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap : Sebagai Anggota Tetap : SebagaiAnggota Tetap (*) Masgunarto Budimarq MSc. Ir. KepalaDirns Pembakuan. Bambanghawadi : SebagaiSekretarismerangkap Anggota Tetap 4. Imam Mashud 11.

Sirnga SebagaiSekretaris merangkap Anggota 3. Syarifudin Gozali L2. Risuni Tridaya 11. Ir. Ir.SPLN ll2:1994 Susunan Anggota Kelompok Kerja Medan Elektromagnetik Surat Keputusan Kepala Pusat Penyelidikan Masalah Kelistrikan No.Kl494lPPMI(1992 tmggal 16 Desember 1992 1. Ir. Sahat Pasaribu 9. Ir. Ir. Dipl. Chusnul Hidayat 15. Bambang Hermianto SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota SebagaiAnggota -lv- .Ing. Syahril Muluk 16. Eden Napitupulu 10. Komari 6. Ir. Ir.: ll5. Ir. Gultom 13. Kadim Basyari 7. Ir.Th. Made Sudiarta 8. Ir. Ir. Rosid 4. A. Ir. Ir.H Lumbantoruan SebagaiKetua merangkap Anggota 2. E. Edi Iskanto 5. Hadi Pramono 14. Ir. Sahala T. Ir.

KALIBRASI.INSTRUMENTASI. 6.I 4. DEFINISI -. AMBANG BATAS KUAT MEDAN LISTRIK DAN INDUKSI MEDAN MAKNIT UNTUK MELINDUNGI MANUSIA 4. RUANG LINGKUP DAN TUJUAN l. 2. 7. Instrumenpengukur kuat medan listrik dan induksi medan maknit Kalibrasi Pengukurankuat medan listrik dan induksi medan maknit 5 3 3 -v- . Ruanghngkup Tujuan PASAL 2.2 2 2 3 langsung Ambangbatasuntukpengaruh Ambang batas pengaruh tak langsung (dalam persiapan) PASAL 4 . Ambangbataskuat medanlistrik dan induksimedanmaknit untukmelindungimanusia 4.SPLN ll2 z 1994 DAFTAR ISI Halaman: PASAL 1. J Definisi PASAL 3 . METODE PENGUKURAN 5.

SPLN ll2 z 1994 -vl- .

2 Kuat medan listrik Kuat medan listrik adalah nilai maksimum vektor medan listrik yang berputar membentuk ellips. Nilai medan listrik yang ddak terganggu digurnkan dalam menentukan kuat medan listrik. Definisi 2 . besar serta arahnya digambarkan oleh sumbu-mayor ellips. PASAL 3. hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa medan listrik di atau dekat permukaan benda pada umunurya benrbah besar dan arahnya. Medan maknit umuilrnya tidak terganggu oleh kehadiran benda lain yang bukan bahan magnetik. 2 Tirjuan Tujuan standar ini ialah untuk memberikan patokan bagi perencaruun pembangurnn dan pengoperasian Saluran Tegangan Tinggi dan Ekstra Tinggi sedemikian rupa sehingga pengaruh medan listrik dan induksi medan maknit dari Saluran Tegangan Tinggi dan Ekstra Tinggi yang akan ataupun sedangberoperasi tidak mengganggu kesehatanmanusia yang berada di bawahnya. Ruang lingkup Standar ini menetapkan kuat medan listrik dan induksi medan maknit dengan maksud melindungi manusia dari pengaruh langsung medan listrik dan induksi medan maknit di bawah Saluran Tegangan Tingg dan Ekstra Tinggr Catatan: Di samping penitamh lanesung dari medan. Tanda nrmus : E. Satuan : kV/m.RUANG LINGKUP DAN TUJUAN 1. mungkin juga terjadi pengaruh tidak langsung *) akibat dekat alau menyentuh benda lain yang dapat n':etrgakibatkanpelepasanmuatan dalam waktu pendek atau arus alih badan. x) Nilai-nilai batas untuk pengaruhtidak langsung sedang dalam peniapan. -1- . 3.1 Medan yang tidakterganggu Medan yang tidak terganggu adalah medan yang ada di suatu titik di ruang tanpa kehadiran benda lain di titik tersebut. DEFINISI Dalam standar ini berlaku definisi-definisi berikut: 3.SPLN ll2:1994 AMBANG BATAS KUAT MEDAN LISTRIK DAN INDUKSI MEDAN MAKNIT DI BAWAH SALURAN TEGANGAN TINGGI DAN EKSTRA TINGGI PASAL 1.

PASAL 3.4 Pengaruh medan pada manusia Pengaruh medan pada manusia adalah pengaruh medan listrik dan medan maknit yang dapat mengakibatkan gangguanbagi manusia.4. 4. Nilai yang diberikan adalah nilai efektif.3 Induksi medan maloit Induksi medan maknit adalah nilai maksimum vektor kerapatan fluksi maknit yang berputar membentuk ellips. berlaku untuk pematraanperlindungan manusia terliadap pengaruhlangsung *) medan listrik dan medan maknit.I.SPLN ll2:1994 3. 4. 3. Dalam hal ini dibedakan antarapengamhlangsung dan pengamh tidak langsung. Satuan : mili Tesla (mT) 3. *) Nilai batas untuk pengaruh tak langsung masih dalam persiapan. Tanda rumus : B.2 Pengaruh tidak langsungpado manusia Penganrh tidak langsung pada manusia adalah gangguan pada manusia oleh medan listrik atau medan maknit karena mendekat atau menyentuh benda lain.1 Ambang batas untukpengar'uh langsung Ambang batas yang disebut di sini hanya berlaku bila terpapar pada medan di bawah Saluran Tegangan Tinggi dan Ekstra Tinggl. AMBANG BATAS KUAT MEDAN LISTRIK DAN INDUKSI MEDAN MAKNIT UNTUK MELINDUNGI MANUSIA 4.4.l Ambang batas kuat medan listrik Ambang batas nilai efektif kuat medan listrik Eu secaraterus menerus adalah : Eu = l0 kV/m Diukur/dihitung padaketinggian I m di atas tanah pada medanyang tidak terganggu. besar serta arahnya digambarkan oleh sumbu mayor ellips.I Pengaruh langsungpada manusia Pengamh langsung pada manusia adalah gangguan pada manusia oleh medan listrik atau medan maknit secara langsung melalui udara tanpa melibatkanbenda lain 3. -2- . Ambang batas kuat medan listrik dan induksi medan maknit untuk melindungi manusia Ambang batas ditetapkan untuk kuat medan listrik maksimum dan induksi medan maknit maksimum.

dengan maknitsesuai listrik daninduksimedan medan Carapengukurankuat -3- .L2 Ambangbatasinduksimedanmaknit adalah: terusmenerus Ambang batas nilai efektif induksi medanmaknit Bt secara Bb :0. Kalibrasi Kalibrasi irutnrmen pengukur kuat medan listrik dan induksi medan maknit sesuai dengan IEC 833 dan 644. Diukur/dihitung padaketinggianI m di atastanahpadamedanyang 4.ISI/IEEE644.2 persiapan)./IEEE 7.INSTRUMENTASI. Instrumen pengukur kuat medan listrik dan induksi medan maknit dipakai untuk mengukurkuat medanlistrik dan induksi medanmaknit sesuaidenganIEC 833 Instnrmen y3y11g danAI. Pengukurankuat medanlistrik dan induksi medanmaknit IEC 833danANSI/IEEE644. Ambang batosuntukpengaruhtak langsung(dalam PASAL 4 . KALIBRASI' METODE PENGUKURAN S. 6.5 mT tidak terganggu.SPLN ll2:199+ 4. ANSI.