Moluska (filum Mollusca, dari bahasa Latin: molluscus = lunak) merupakan hewan triploblastik selomata yang bertubuh lunak

. Ke dalamnya termasuk semua hewan

Cangkang pada gastropoda berbentuk seperti konus atau kerucut. [sunting] Strukur dan fungsi tubuh Tubuh hewan ini terdiri dari tiga bagian utama. kiton. sedangkan yang tidak mempunyai cangkang relatif tidak banyak spesiesnya. ada juga cumi-cumi raksasa dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18m.lunak dengan maupun tanpa cangkang. Namun. terutama Cephalopoda. Sistem saraf moluska terdiri dari cincin saraf yang memiliki esofagus dengan serabut saraf yang menyebar. [sunting] Ukuran dan bentuk tubuh Ukuran dan bentuk tubuh moluska sangat bervariasi. Cangkang tersebut tumbuh secara spiral. . Moluska merupakan filum terbesar kedua dalam kerajaan binatang setelah filum Arthropoda. dan darat. Hal ini menyebabkan banyak ahli memperkirakan bahwa vertebrata dan moluska masih memiliki kedekatan hubungan evolusi. air tawar. Simetri bilateral. Kaki dipakai dalam beradaptasi untuk bertahan di substrat. menggali dan membor substrat. dengan kepala yang berkembang beragam menurut kelasnya. Sistem pencernaannya lengkap. usus. Misalnya. esofagus. Hal ini diperkuat pula dengan kenyataan bahwa moluska. dan anus. Anatomi moluska relatif mirip dengan vertebrata. payau. bahkan mudah saja ditemukan di sekitar rumah kita. yaitu kaki. badan. kerangkerangan. ditambah 35 ribu jenis dalam bentuk fosil. Moluska hidup di laut. siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur. Arah pertumbuhan cangkang dibedakan atas sinistral (kiri) dan dekstral (kanan). dan mantel. Tubuhnya terdiri dari "kaki" muskular. Gastropoda sebagian besar memiliki cangkang. seperti berbagai jenis siput. Ciri khas gastropoda adalah kaki yang sebenarnya adalah perut. memiliki otak yang berkembang baik dan beberapa di antaranya terbukti memiliki kemampuan mengingat yang kuat. terdiri dari mulut. serta cumi-cumi dan kerabatnya. atau melakukan pergerakan. GASTROPODA Gastropoda adalah kelompok mollusca terbesar. Dari palung benua di laut sampai pegunungan yang tinggi. lambung. Saat ini diperkirakan ada 75 ribu jenis. Moluska dipelajari dalam cabang zoologi yang disebut malakologi (malacology). [sunting] Ciri tubuh Tubuh tidak bersegmen. sehingga sering dinamakan dengan hewan kaki perut.

Contoh gastropoda adalah Achatina fulica atau bekicot. . Hewan ini memiliki ciri tubuhnya berbentuk pipih memanjang. Spesiesspesies yang berada di terestrial memiliki paru-paru. melania(sumpil). Hewan ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia. P erkawinan secara silang 3.pendek panjang ~urutan system pencernaan:mulut-esofagus-ventrikulususus-anus . 8. hewan betina mengeluarkan telur yang sudah dibuahi. Amphineura Semua anggota kelas Amphineura hidup di laut dan pada umumnya melekat pada dasar perairan. dan pada bagian punggungnya terdapat cangkang yang tersusun atas beberapa (biasanya belapan) lempeng terlapis yang saling tumpang tindih seperti genting. perairan tawar. Contoh : achatina fulica (bekicot). O varium dan testis menjadi Satu. Pembuahan terjadi di dalam tubuh si betina 7. 4. Reproduksi gastropoda 1. M emerlukan hewan pasangan untuk berlangsungnya perkawinan silang 6.lymnaea(siput sawah). Di dalam mulutnya terdapat radula. yaitu ovotestis.Habitat dari gastropoda dimulai dari laut. K eturunan dihasilkan oleh satu alat tubuh. 5. tidak bertentakel. Contoh kelas Amphineura ialah Chiton. dan terestrial. Bersifat hemafrodit (ada juga yang berfungsi sebagai betina jika menghailkan ovum dan ada yang berfungsi sebagai jantan jika menghasilkan sperma) 2. melainkan hewan introduksi dari benua Afrika. tidak berkepala. Kelas gastropoda (berkaki perut ~bergerak dengan kaki perut ~pada kepala terdapat dua pasang tentakel. Setelah terjadif erti lisa s i . Kebanyakan dari gastropod laut adalah predator yang selalu bergerak.

tetapi ada sel-sel ganglion pada cabang saraf. Contohnya siput. dan sebuah sinus. aorta. . System reproduksi Reproduksi secara seksual. System peredaran darah System peredaran darah lakunair (terbuka) terdiri dari jantung. antara lain beberapa jenis Mollusca yang menjadi inang perantara penyakit dan jenis yang merusak tanaman budidaya. Yang merugikan manusi. System saraf System saraf berupa cincin esophagus dan 2 cabang saraf yang disarafi matel dan daerah kaki. Kelenjar pencernaannya adalah hati yang berhubungan dengan perut.Sistem organ dalam tubuh Amphineura System organ Keterangan System pencernaan Organ pencernaan dimualai dari mulut yang dilengkapi radula dan gigi – faring – perut – usus halus – anus. yaitu dengan pertemuanovum dan sperma. Peranan mollusca Peranan mollusca bagi kehidupan manusia ada yang merugikan dan ada beberapa yang menguntungkan manusia. Yang menguntungkan manusia antara lain cumi-cumi dan kerang sebagai bahan makanan serta kerang mutiara sebagai penghasil perhiasan. Terdapat individu jantan dan betina. Tidak terdapat ganglion yang jelas. Darah mendapat oksigen dari insang. System ekskresi Ekskresi dilakukan oleh sepasang ginjal yang bermuara kea rah posterior.