TIPS menangani alarm yang ³ngadat´

Berikut ini ada beberapa kejadian yang bisa membuat pemilik mobil was-was:

1.

Sirine tidak berbunyi kalau membuka pintu/mengunci menggunakan remote

Logikanya adalah sirine mengalami kerusakan, tapi nanti dulu. Karena ada fitur dari alarm yang memang bisa membuat sirine tidak berbunyi kalau digunakan untuk membuka/mengunci dengan menggunakan remote, yaitu fitur ³Standby Valet mode´. Sejatinya fitur ini adalah menonaktifkan alarm untuk sementara waktu, tetapi remote masih berfungsi untuk membuka/mengunci pintu. Jadi kalau terjadi hal seperti diatas, periksa dulu lampu LED alarm yang ada didalam mobil apakah menyala terus atau tidak. Jika menyala terus artinya alarm masuk kedalam fitur ³Standby Valet mode´ mungkin karena tidak sengaja. Tetapi jika lampu LED tidak ada maka cara mengetesnya adalah: Kunci pintu dengan menggunakan remote, tunggu sekitar 5 detik dan buka pintu mobil dengan cara manual. Jika lampu parkir/sein berkedip-kedip tandanya sirine anda rusak.

2.

Sirine berbunyi 3 kali kalau mengunci pintu menggunakan remote

Biasanya sirine akan berbunyi pendek (chirp) 1 kali pada saat mengunci pintu dengan remote. Jika bunyi chirp 3 kali, menandakan bahwa salah satu pintu mobil ada yang belum tertutup dengan benar. Jadi sebaiknya cek keadaan pintu dan jika pintu sudah tertutup rapat masih berbunyi 3 kali, sebaiknya bawa kebengkel alarm terdekat untuk mengeceknya.

3.

Remote kadang susah digunakan untuk membuka/mengunci pintu

Karena semua alarm mobil yang menggunakan remote pasti beroperasi pada frekwensi tertentu, menyebabkan adanya gangguan dari frekwensi yang berdekatan atau lebih kuat. Coba perhatikan apakah kejadian tersebut hanya terjadi pada daerah tertentu saja atau tidak. Jika terjadi pada satu daerah saja, coba lekatkan remote kontrol anda dengan dagu atau pergelangan tangan anda. Hal ini dapat menguatkan sinyal transmisi karena mendapatkan tambahan ³ground´ dari tubuh kita. Adakalanya umur dari komponen pada remote (seperti tombol switch tau baterei) membuat hal tersebut terjadi, jadi coba periksa komponen tersebut secara berkala paling tidak 3 bulan sekali.

4.

Membuka pintu manual karena remote rusak

Dari sekian banyak hal aneh yang terjadi pada alarm mobil, saya kira ini adalah yang tersulit karena tidak semua pemilik mobil yang tahu/mengerti bagaimana caranya jika remote rusak tapi alarm sedang aktif, sehingga akan menimbulkan suara sirine yang bising jika pintu mobil dibuka secara manual. Umumnya standar alarm mobil yang baik ada cara/prosedur tertentu unutk mematikan alarm

tetapi digunakan metode baru yang menggunakan kunci kontak dengan sistim password. Jika tidak tahu segera hubungi took penjual atau membaca buku manualnya. Keterangan: Saat ini ada juga teknologi baru yang tidak menggunakan switch untuk mematikan alarm dalam keadaan darurat.dalam keadaaan darurat. Pada dasarnya hampir semua alarm menggunakan switch yang terletak didalam mobil dengan penempatan yang tersembunyi. . Switch ini berfungsi untuk mematikan alarm dalam keadaan darurat. tetapi tentunya diperlukan alat pengenal bagi alarm untuk mengetahui bahwa yang berusaha menonaktifkan alarm adalah pemiliknya yaitu dengan menggunakan bantuan kunci mobil itu sendiri. Jadi pastikan anda tahu lokasi switch tersebut sehingga bila terjadi hal tersebut diatas anda tidak panik dan gugup. VOODOO dan Mystic. Alarm yang menggunakan metode baru ini ada pada GUARDIAN. Teknologi ini diciptakan untuk mempermudah dan memberdaya pencuri dari usaha mendapatkan lokasi switch alarm.

jika hal tersebut tidak dilakukan pasti mobil tidak dapat dihidupkan/starter. Jadi jika switch tidak digeser/ditekan dalam waktu tertentu setelah pintu dibuka maka suara sirine akan berbunyi. dari Malaysia. Awalnya alarm yang berasal dari benua Asia sudah dikenal luas disini karena harganya yang murah dan lagi perlengkapan yang sudah bisa digabungkan dengan central lock mobil. Jika anda pengguna kendaraan bermotor khususnya mobil tentunya sudah mengenal alat elektronik ini yaitu alarm. Pada perkembangannya. baik dari bentuk fisik dan perlengkapannya apalagi fitur-fiturnya. Nah produk alarm yang menggunakan remote ini masuk dari beberapa negara. Perangkat ini adalah hasil asli karya orang Indonesia dan sampai sekarang masih ada juga orang yang menggunakannya. Singapura. saat itu kalau alarm berbunyi belum ada limit waktunya alias akan berbunyi terus sampai aki anda tekor. Hanya bermodalkan sebuah switch Dulu pada masa awal keluarnya apa yang disebut alarm mobil tidaklah sama seperti sekarang ini. Ditambah juga dengan adanya alat tambahan yaitu sensor getar. Pendek kata alarm jaman ³batu´ tersebut sangat ringkas. Memang sejarah alarm mobil tidak seumur dengan sejarah mobil itu sendiri. Fitur tambahan untuk kenyamanan dan keamanan Setelah era remote control maka praktis alarm mobil berkembang hanya pada fitur tambahan saja seperti adanya fasilitas passive arming (aktif sendiri dalam 30 detik setelah pintu ditutup). Alarm yang dari Amerika sudah mempunyai time limit yaitu alarm hanya berbunyi selama 30 detik. Dengan hanya berupa switch yang dihubungkan ke sebuah relay akan jadilah yang dinamakan alarm mobil.Teknologi Alarm dulu dan sekarang. Pada waktu itu sensor getar ini masih menggunakan sistim jarum yang sangat sensitive buangeeet sehingga kadang-kadang membuat mobil sering berbunyi sendiri alarmnya. mari kita simak ulasan berikut ini. . Dengan menggunakan sebuah remote yang berfungsi sebagai on/off alarm maka pengguna tidak perlu bersusah payah mencari lokasi switch/saklar untuk menghidupkan & mematikan sistim alarm. Oh yah hamper lupa. karena alarm mobil di Indonesia ³baru´ dikenal sekitar pertengahan tahun 80-an. Taiwan dan Amerika. akhirnya sistim switch/saklar tersebut dikombinasikan dengan timer dan sirine. Mungkin dahulu pencuri belum secanggih sekarang. pengoperasiannya mudah dan tidak ada fitur kenyamanan yang dapat dijejalkan pada alat tersebut. Pengoperasian yang mudah menjadi ciri khas alat ini karena kita harus mematikan switch/saklar sebelum menghidupkan mesin. Lebih trendi dengan remote Ini adalah mainan baru pemilik mobil berduit kala itu. Seperti apa sih alarm ³tempoe doloe´ itu dan sampai sejauh mana perkembangannya hingga sekarang?.

code logic jump. Anti-Scan Merupakan kombinasi kode digital dari frekwensi alarm. Alhasil dengan ditemukannya teknologi ini berakhir pula ³pesta´ pencurian mobil dengan alat code grabber.remote sistim program dan menstarter mesin melalui remote. Code Learning Pemprograman remote yang menggunakan basis RAM (Random Access Memory) yaitu kode . Anti code grabbing. Dengan kombinasi kode frekwensi alarm yang ³sudah juta-an´ memerlukan waktu paling cepat beberapa jam untuk ditemukan oleh alat scanner. Catatan: Anti-Scan bukan berarti kode frekwensi tidak bisa dibaca oleh alat scanner tetapi akan memperpanjang waktu penemuan kode tersebut. Produsen alarm mengakalinya dengan memperbanyak kombinasi kode digital alarm sebanyak mungkin untuk menangkal usaha pembacaan kode tersebut oleh alat scanner. Pencuri sudah menggunakan alat canggih seperti scanner. code grabbing. Pencuri menciptakan alat canggih code grabber (penangkap kode remote alarm) untuk menjebol sistim alarm yang menggunakan remote yang hasilnya sangat efektive karena pada saat teknologi ini digunakan banyak mobil yang hilang di Amerika walau menggunakan alarm. Hasil dari Teknologi tersebut dapat dilihat dengan adanya fitur-fitur ini: 1. REVOLUSI ALARM MOBIL BESAR-BESARAN Jika pada masa awalnya alarm dari benua asia merajalela disini tatapi pada tahun 90-an sudah mulai bergeser. Karena rupanya perkembangan kejahatan dan pencurian mobil di Amerika sangat gila dan pintar. 3. penggandaan remote dan sampai perampasan mobil. Dari logika alat super canggih itulah kemudian diciptakan suatu teknologi yang membuat remote memancarkan kode digital yang selalu berubah dan sistim penerimaan alarm yang juga enggan menerima kode digital yang sama untuk menonaktifkan /mengaktifkan sistimnya. Jika alarm dimobil tersebut tidak ada fitur Anti-Scan maka dipastikan alarm akan lumpuh hanya dalam hitungan menit. Pencuri disana lebih menggunakan otak dari pada tenaga dalam melakukan aksinya. Pencuri yang tidak gaptek pasti menggunakan alat scanner dalam aksinya bila bertemu dengan mobil sasaran yang sudah dipasang alarm. code hoping. 2. rolling code (kode berubah) dan istilah lainya tetapi sama fungsi Pencuri berpacu dengan teknologi alarm dan biasanya pencuri menemukan penyakitnya dahulu baru produsen alarm menemukan obatnya tercemin dari lahirnya teknologi ini. Dari kecerdasaan pencuri tersebut maka perusahaan alarm di Amerika melakukan riset dan menelurkan penangkalnya yaitu teknologi yang merubah sistim alarm dari sistim biasa menjadi sangat pintar dan canggih hingga saat ini.

jalan atau berkomunikasi dengan yang mengendarai mobil tersebut. sedang dalam kecepatan berapa dan mencari lokasi yang diinginkan. 6. mobil ditabrak ataupun dapat menghidupkan mesin mobil. menghidupkan mesin. karena dengan menekan tombol pada remote maka sistim akan merespon balik dengan memberikan informasik status mobil tersebut jika masih dalam jangkauan remote. 5. Teknologi ini membuat pemilik mobil lebih dulu tahu jika ada hal-hal yang mengganggu mobil. walaupun ada tampaknya itu hanya perkawinan dua system yang dicoba untuk dimaksimalkan penggunaannya.aman dan memudahkan. Dengan sistim GPS anda dapat memonitor lokasi mobil sedang berada dimana. . Pengembang sistim GPS harus mampu membuat maping setiap kota berikut tempat-tempat khusus. Maksudnya belum ada sistim alarm yang sudah include dengan fasilitas GSM maupun GPS. Two-Way Alarm Setiap pemilik mobil pasti selalu mau tahu status mobilnya. seperti pintu dibuka secara paksa. Anti Car Jacking Fitur anti perampasan mobil yang bekerja jika terjadi perampasan mobil atau penodongan. mematikan mesin jika mobil dicuri dan lain sebagainya. Tampaknya teknologi ini akan menjadi trend dimasa mendatang dan sangat berguna sekali. Dengan GSM pula kita dapat melakukan perintah-perintah seperti membuka pintu. Pengembang GSM harus lebih menguatkan jaringan areanya agar tidak terjadi blank spot yang mana akan berakibat kehilangan control pada mobil yang dipasangi alarm teknologi GSM.public area dan sebagainya. Tapi sekali lagi ini masih dibatasi dengan jangkauan remote yang kenyataan didapat tidak sejauh 1 km karena frekwensi di Indonesia sangat tidak teratur. Semoga hal ini dapat direalisasikan. GSM & GPS Teknologi paling GRESS dan 100% BARU!!! Saat ini teknologi ini masih berdiri sendirisendiri. tetapi hal ini tidak terlepas dari kesiapan dan infrastruktur yang mendukung. password code. Diyakini dimasa-masa mendatang akan tercipta suatu teknologi alarm yang benar-benar menyatu dengan sistim GSM dan GPS tersebut. Dengan Teknologi 2-Way ini pemilik dapat mengontrol mobil hingga radius 1 km. Fitur yang dikombinasikan dengan teknologi engine cut off.digital frekwensi remote dapat diprogram dan diganti untuk mengantisipasi jika remote hilang atau dicuri. memory function hingga wireless immobilizer membuat fitur ini sangat berguna. 4. Dengan sistim GSM dapat memonitor status kendaraan baik selagi parker. Tapi teknologi ini memang membuat orang lebih merasa nyaman.

Pada alarm yang berkualitas biasanya informasi yang diberikan oleh lampu LED cukup banyak dan sangat mendetail.Pentingnya Lampu LED alarm pada mobil. Informasi alarm bahwa sistim anti-bajak (anti carjacking) aktif . 9. 4. 8. maka pencuri tersebut akan berpikir untuk tidak mengambil resiko karena mobil tersebut diproteksi oleh alarm dan kemungkinan akan mencari sasaran mobil yang lain. Dari hal yang di informasikan oleh lampu LED pada alarm (saya mengambil contoh merk GFORCES) adalah sebagai berikut: 1. 7. Hal ini saya rasa juga akan dipertanyakan oleh sebagian orang/pembaca apa maksud dari warning (peringatan) bagi pencuri. Sebagai pusat informasi kegiatan alarm. lampu LED-nya memberikan informasi yang terinci yaitu misalnya alarm pernah berbunyi yang disebakan dari pintu. Mungkin sebagian orang bahkan toko penjual tidak memperhatikan fungsi dan kegunaan dari lampu LED ini. sensor getar. Apa maksudnya?. Dengan melihat lampu LED alarm. Alarm G-FORCES seri MATRIX dan VEGA misalnya. 3. Informasi alarm aktif Informasi alarm non-aktif Informasi alarm sedang menghitung passive arming Informasi pintu tidak rapat Informasi alarm berbunyi di sebabkan dari pintu Informasi alarm berbunyi di sebakna dari sensor getar Informasi alarm berbunyi di sebakna dari sensor bayang/ microwave sensor Informasi alarm berbunyi di sebakna dari kunci kontak Informasi alarm dalam keadaan valet mode 10. misalnya ada 10 mobil yang diparkir dipelataran parkir dimana dari sepulug mobil tersebut ada enam mobil yang menggunakan alarm dengan dipasang lampu LED pada dashboard mobil. 6. Lampu LED mempunyai fungsi yang banyak dan sangat berguna bila kita cermati. biasanya dia (pencuri ±red) akan mengamati mobil incarannya dengan pura-pura mendekat dan melihat isi dalam mobil. Coba bayangkan. 2. padahal banyak informasi yang dapat kita peroleh dari lmapu LED tersebut. Warning untuk pencuri. 5. sensor bayang atau dari kunci kontak dan bahkan jika sistim anti-bajak aktif (lihat edisi sebelumnya). Secara logika ketika ada pencuri yang mau beraksi. Dari informasi tersebut kita akan lebih mengtahui dan dapat mengecek keadaan mobil langsung tertuju pada bagian yang dilaporkan oleh alarm melalui lampu LED tersebut. Lampu LED alarm merupakan salah satu komponen yang mutlak dan selalu disertakan dalam setiap paket penjualan alarm mobil.

Selain itu dikarenakan fungsinya sangat penting. Jadi kenapa takut menggunakan lampu LED? . maka dari itu penempatan dari lampu LED pada dashboard mobil haruslah gampang/mudah terlihat. oleh karma itu design lampu LED yang bagus dan bercahaya terang sangat disarankan. Sebagai informasi kedipan lampu LED tidak memakan/boros aki karena arus yang dibutuhkan tidak lebih besar dari jam digital mobil anda.

Alarm dapat dilumpuhkan dengan magnet Mitos ini memang sering ditanyakan oleh beberapa orang. . ‡ Untuk mematikan sensor getar ataupun sirine dibutuhkan kekuatan magnet yang sangat besar (tentunya ukuran magnet juga menjadi besar) dan hal ini sangatlah sulit karena jika si pencuri membawa magnet sebesar ³ember´ maka setiap berjalan jika kedapatan ada unsur besi di sekelilingnya akan terjadi tarik menarik. saya cukup terkejut mendengarnya tetapi karena tidak mau mencampuri maka saya biarkan saja penjelasan yang ³salah´ dari pramuniaga tersebut.TETAPI hal tersebut jika digunakan untuk melumpuhkan alarm yang telah dipasang dimobil sangatlah riskan dan sangat sulit untuk dilaksanakan bahkan cenderung mustahil. sang pencuri tetap mengalami kesulitan jika ingin masuk melalui pintu mobil. ‡ Selain sensor getar. karena: ‡ Letak posisi sensor getar ada didalam mobil dan dibawah dashboard sehingga kekuatan medan magnet biasa sulit untuk menembusnya. proteksi alarm ada juga pada switch pintu sehingga kalau toh sensor alarm dapat dilumpuhkan.Alarm Mobil antara MITOS dan Kebenarannya Saya dalam suatu pameran pernah mendengar penjelasan seorang pramuniaga kepada seorang pengunjung di salah satu stand alarm yang menjelaskan tentang keunggulan dari produk alarm mobilnya. Berikut ini adalah MITOS yang beredar dimasyarakat: 1. Memang secara logika hal ini dapat diterima karena ada bagian pada alarm mobil yang menggunakan magnet sebagai komponennya (seperti sirine dan sensor getar) dan tentu saja jika sensor tersebut di dekatkan dengan maget tentu akan lumpuh karena sensor telah dikunci oleh kekuatan magnet yang lebih besar sehingga tidak dapat memberikan trigger kepada unit alarm demikian juga dengan sirine yang memang jika terlalu dekat atau ditempelkan ke magnet akan membuat sirine tidak bisa berbunyi. bahkan ketika saya menjadi pembicara dalam sebuah acara di salah satu TV Swasta ada penelpon yang menanyakan hal ini. Salah satunya adalah frekwensi pada remote yang berubah-ubah sebagai proteksi agar remotenya tidak dapat di copy dengan alat scan elektronik. Disini saya ingin memberikan suatu pengertian kepada pengguna alarm khususnya yang awam terhadap istilah teknis dari alarm sehingga banyak sekali konsumen atau masyarakat yang mempunyai persepsi yang salah terhadap alarm mobil yang kemudian berubah menjadi mitos. Anda bisa membayangkan bukan??? ‡ Sensor pada alarm sekarang tidak semua terbuat dari magnet melainkan sudah terbuat dari piezo dan ceramic. Terus terang saja.

3. jika pengerjaan dan pemasangan yang benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik hal tersebut dapat di hindari. Khusus untuk alarm. Biasanya hal ini ada pada mobil-mobil canggih yang bersistim komputer. Sensor getar alarm tidak perlu dipasang Dulu pada saat alarm menggunakan sensor getar pertama kalinya memang banyak menimbulkan masalah yaitu sering berbunyi karena terlalu sensitive (dulu menggunakan bahan dasar jarum). Anggapan dengan penggunaan alarm mengakibatkan aki mobil boros sebetulnya adalah .000. Contoh: mobil sedan yang sudah dilengkapi central lock sebagai standarnya setelah dipasang alarm terjadi kerusakan pada pintu belakangnya. mobil suka terjadi korsleting Terjadinya korsleting pada mobil tidak semua berasal dari alarm. Memakai alarm dapat membuat aki mobil boros. Jadi jika mobil terjadi kerusakan pada bagian yang tidak dijamah oleh pemasangan alarm sangatlah terburu-buru jika langsung menvonis alarm sebagai penyebabnya. Jadi anti-starter bekerja bila kondisi dan situasi mendukung. 4. Jadi bahwa sensor getar tidak perlu dipasang adalah suatu hal yang mubazir. memang sebagian besar terjadi karena adanya pemasangan tambahan pada mobil yang dapat mengganggu sistim pada mobil jika pekerjaan pemasangannya tidak benar atau memang pada mobil tertentu sangat tidak dianjurkan memasang alat tambahan yang notabene dapat merusak sistim mobil. Jika dipasang alarm. Pemasangan anti-starter dapat membuat mobil mogok Sebelum pada pokok bahasan ada lebih baik kita memahami dahulu apa itu anti-starter. Hal ini tidaklah berhubungan dengan alarm karena alarm hanya menghubungkan ke sistim pengendali central locknya (biasanya bagian kanan depan atau ada penambahan anak motor sebagai penggeraknya). Dalam hal menyebabkan mogok bila mobil sedang berjalan adalah suatu hal yang tidak masuk akal dan logika. jadi sebetulnya penggunaan sensor getar tetap sangat diperlukan karena dapat mendeteksi getaran yang terjadi pada mobil (bisa jadi kaca dipukul dengan benda keras atau mobil ditabrak). yaitu alarm sedang aktif dan mesin dicoba dihidupkan melalui kunci kontak. Antistarter adalah suatu rangkaian relay pemutus arus yang bekerja pada saat alarm sedang aktif dan mendapat trigger dari kunci kontak yaitu pada saat mobil dicoba dihidupkan melalui kunci kontak. hendaknya permasalah itu di lihat kerusakannya karena walaupun alarm dipasang pada mobil tetapi menggunakan sistim pemasangan tersendiri dan hanya meminjam arus sebagai sarana input dan outputnya. Pertanyaan ini sering terlontar atau terpikir oleh banyak pengguna alarm yang masih awam. walaupun hal tersebut dapat terjadi karena kesalahan alarm tapi presentasinya adalah 1: 100.2.000 atau boleh dibilang mustahil. tetapi suatu alat diciptakan untuk digunakan bukan?. Kalaupun terjadi permasalahan pada mobil yang dipasang alarm. 5.

karena jika hal ini terjadi memang sudah pasti dapat memboroskan pemakaian arus listrik pada aki mobil.kesalahan yang sangat kecil dari alarm dan bahkan lebih banyak unsur manusianya. tetapi harus juga diingat factor manusia juga menentukan apakah baik dari pemasangan ataupun pengguna itu sendiri. atau sirine selalu sering dibunyikan dalam waktu yang lama. . Demikianlah hal-hal yang sering kita dengar dan sudah menjadi mitos dalam dunia alarm. Aki menjadi boros bisa disebabkan alarm terlalu sering berbunyi.06A yang mana bila ditinggal dalam waktu yang cukup lama (misalnya 1 minggu) tidak akan memboroskan / membuat aki lemah. Memang namanya suatu barang elektronik ada kemungkinan bis arusak diluar dugaan kita. pemakaian arus listrik pada saat alarm sedang aktif (stand by) adalah tidak lebih besar dari jam digital pada mobil itu sendiri yaitu sekitar 0. Marilah kita berhitung. Tetapi dalam hal ini yang terpenting adalah memahami prinsip kerja dari alarm dan menggunakan logika sehingga bila terjadi ³sesuatu´ pada mobil untuk tidak langsung menuduh alarm sebagai biang keladinya.

.

Juga ditambahkan modul Alarm System yang umumnya sudah menyatu dengan Remote Controlnya. atau sering disebut dengan Keyless Entry. sama halnya saat membuka kunci pintu. maka pintu yang lain akan ikut mengunci. Cukup kunci pintu dari satu pintu.Panduan Pemasangan Central Lock System Hampir setiap mobil baru sudah dilengkapi sistem Central Lock. Pengembangan dari fungsi Central Lock System adalah dipadu dengan remote control sebagai pengontrol penguncian pintu dari jauh. . Komponen yang umumnya digunakan pada Remote Control + Alarm System + Central Door Lock System. Yang kesemua fungsi tersebut adalah untuk memudahkan dan meningkatkan kenyamanan kita dalam berkendara.

dapat dibeli satuan dengan harga sekitar 30ribu ± 35ribu rupiah. . Di pasaran. kok. umumnya satu set Central Lock System dijual seharga 120ribu ± 150ribu tergantung merek dan model. dsb.Pintu mobil belum dilengkapi Central Lock System? Bisa pasang sendiri. Komponen ini yang akan menarik/mendorong tuas pengunci pintu. Lock Actuator Lock Actuator adalah mekanik penarik/pendorong. Yang umumnya berisi antara lain sebagai berikut: 1 set kabel untuk 4 pintu 4 batang (rod) penarik/pendorong 4 batang dudukan Lock Actuator 1 unit Central Lock Module 1 set sekrup. Lock Actuator ini dikontrol oleh Central Lock Module. baut. Jika Lock Actuator rusak.

Selain sebagai aktuator. Lock Actuator Tambahan : . Coklat. Putih & Hitam. jadi ketika kita mengunci pintu dengan menekan knob pengunci dengan tangan. Biru. maka aktuator ini akan memberi informasi kepada Central Lock Module untuk juga mengatur Lock Actuator yang lain untuk bergerak sama.Lock Actuator ada 2 macam: Lock Actuator Utama : Umumnya memiliki 5 kabel: Hijau. komponen ini juga berfungsi sebagai pengatur penguncian.

Umumnya hanya memiliki 2 kabel: Hijau dan Biru.4N) dan Jarak gerak sekitar 18mm ( +/.1mm) . Umumnya Lock Actuator yang dijual di pasaran mempunyai kekuatan dan jarak gerak yang hampir sama. yaitu kekuatan dorong/tarik sebesar 32N (+/. Digunakan untuk pintu-pintu atau tutup tangki bensin.

Begitu juga dengan penempatan Lock Actuator pada rangka pintu.Cara pemasangan Lock Actuator adalah dengan menyambung batang (rod) dengan batang (rod) / tuas pengunci yang ada di tiap pintu. jadi silahkan disesuaikan teknik pemasangannya dengan desain konstruksi yang ada. Central Lock Module . Setiap model mobil memiliki desain tuas/batang (rod) yang berbeda-beda.

NOS akan tersembur selama waktu tertentu tadi. IDE-IDE: Beberapa teman menggunakan module ini untuk mengaktifkan NOS sehingga cukup tekan sekali tombol. . yang mengatur agar Lock Actuator hanya bekerja (diberi tegangan listrik) hanya sekitar 1-2detik saja untuk membuka atau menutup. sekalipun tekan tombolnya lama. dosis NOS tetap tidak berubah. bisa dibeli satuan seharga sekitar 30ribu-50ribu rupiah. Jika Central Lock Module rusak.Central Lock Module adalah unit utama yang mengatur/mengontrol seluruh Lock Actuator. Berisi rangkaian elektronik.. Hal ini berguna untuk mencegah rusaknya / terbakarnya motor yang ada di dalam Lock Actuator.

SKEMA PEMASANGAN: .