Angin dari Gunung

Cerpen ³Angin dari Gunung´ ini berkisah tentang patriot wanita yang berpegang teguh pada prinsipnya, berjiwa besar, dan rela mengorbankan dirinya, serta menyediakan waktunya untuk memberikan semangat kepada para prajurit perang pada masa itu. Dia adalah Uni Nun. Cerita berlanjut pada kehidupan Uni Nun. Uni Nun mempunyai teman kecil, ia adalah Har. Pada suatu ketika mereka bertemu dan berbincang pada suatu tempat dimana tempat itu persis seperti tempat dimana mereka dulu pernah datangi pada masa kanak-kanak. Mereka saling bercerita mengenai kehidupan masing-masing. Pada suatu saat Uni Nun bertanya pada Har mengenai masa lalu mereka. Dulu Uni Nun adalah seorang patriot wanita yang cantik dan di kagumi oleh prajurit perang pada masa itu. Semuanya mau mati-matian bekerja berat dan mau berjuang membunuh musuh demi mendekati Uni Nun. Tapi itu dulu ketika keadaan Uni Nun masih dalam kondisi fisik yang sempurna. Tapi kini semuanya berubah sesaat setelah perang itu terjadi dan mengakibatkan jari-jari Uni Nun dan kedua tangannya buntung dan ia tak bisa merasakan kebahagiaan seperti dulu lagi. Uni Nun merasa ia sudah tidak bisa lagi berbuat apa-apa dengan keadaannya yang seperti itu. Dahulu ia yang selalu disanjung orang, tapi kini ia menjadi orang yang seolah di abaikan, di anggap tak berguna dan bahkan tak ada.

Setiap orang pasti akan merasakan kehilangan . Suatu masa kesempurnaan itu kelak akan berakhir juga. Pantang menyerah. karena roda kehidupan itu selalu berputar.Unsur intrinsik : Tema : Harga Diri Amanat : jangan terlena dengan apa yang telah kita miliki untuk sekarang ini. Padang ( di kaki gunung ). Yang bisa kita lakukan adalah tetap bertahan dan bersemangat dalam menjalani hidup. tidak putus asa. mengharukan Sudut Pandang Uni Nun : orang pertama pelaku utama Har : orang pertama pelaku sampingan . serta menerima keadaan. Tidak selamanya kita berada di atas. Tokoh : Uni Nun : Pesimis Har : berjiwa motivator Gadis kecil : tidak beretika Latar : Siang hari. dan tetap optimis dalam melanjutkan hidup karena hidup akan tetap berlanjut. Alur : Campuran Bukti alur mundur terdapat pada halaman 88 paragraf kelima Bukti alur maju terdapat pada halaman 91 paragraf pertama.

Unsur ekstrinsik yang paling menonjol dari cerpen tersebut adalah psikologis. . Di dalam cerpen tersebut tokoh Uni Nun mengalami tekanan batin karena keadaan fisiknya yang tidak sempurna seperti dulu.

Related Interests