Nama / judul tarian : Tarian Kecak (pelafalan: /'ke.t ak/ ,pengejaan : Ketjak, Ketjack ) .

Pencipta / koleografer : Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies ( pada tahun 1930-an ). Sejarah / latar belakang penciptaannya : tarian kecak diciptakan berdasarkan tradisi Sanghyang yang ada di bali . tarian kecak diciptakan sebagai tarian pengiring untuk melakonkan berbagai kisah-kisah seperti kisah Ramayana sehingga dapat menarik perhatian dunia luar terhadap kisah-kisah tersebut . Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari

Sinopsia cerita :

Nilai filosofi dan pesan moral : Pemilihan cerita ramayana pada tarian Ramayana miliki pesan moral yang hendak disampaikan oleh pencipta tari kecak, bahwa kejahatan pasti akan kalah. Tokoh baik dalam cerita ramayana seperti Rama, Shinta, Hanoman, dan Sugriwa pasti akan menang melawan Rahwana dan kawan kawan sebagai tokoh yang jahat. Jumlah penari dan tokoh : Tari Kecak adalah sebuah dramatari Bali yang penarinya puluhan orang laki-laki berkisar antara 50 sampai 150 orang ( atau diatasnya ) , namun tidak di tetapkan batasan maksimalnya tentang banyaknya penari kecak . penari yang sebagian besar adalah pria, mereka menari dengan membuat paduan suara, cak, cak, cak yang irama ditata sedemikian rupa, sehingga menghasilkan suatu paduan yang sangat harmonis, diselingi dengan beberapa aksen dan ucapan-ucapan lainnya.

sehingga menghasilkan suatu paduan yang sangat harmonis. tidak menggunakan alat musik. Tata rias dan kostum : Selain para penari pemeran tokoh Ramayana. cak. Selain itu mereka menari dengan membuat paduan suara. cak. Sinta. Tarian kecak. diselingi dengan beberapa aksen dan ucapan-ucapan lainnya. Hanya menggunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari pemeran tokoh Ramayana. Bentuk iringan : Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. tari kecak juga memiliki penari yang duduk melingkar yang jumlahnya puluhan mengenakan kain kotak kotak seperti papan catur melingkari pinggang. Hanuman dan Rahwana yang berperan sebagai tokoh antagonis. cak yang irama ditata sedemikian rupa. Setting panggung dan properti : Tata pencahayaan : Durasi pementasan : Keunikan dan ciri khas tarian : .Cerita dalam tari Kecak biasanya mengambil lakon Ramayana dengan beberapa tokoh pewayangan yang terkenal seperti Rama.

Related Interests