Nama NIM

: Herliena Dyah Indriani : 2010/298821/KG/8652

Membandingkan Sekuens Genom Memberikan Bukti Tentang Evolusi dan Perkembangan

Pada zaman sekarang ini bisa dibilang hampir semua sektor mengalami perubahan yang sangat cepat. Mulai dari trasportasi sampai bioteknologi pun sekarang telah berkemabnga dengan laju yang cepat.. Hal ini juga didorong oleh keinginan manusia yang ingin menjadi lebih baik lagi dari sekarang ini sehingga manusia berusaha untuk membuat suatu terobosan terbaru untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satunya manusia mengembangkan dalam bidang biologi yaitu bioteknologi. Melalui bioteknologi kita dapat menemukan contoh konkret yang dapat meningkatkan kehidupan manusia yaitu kultur jaringan. Kultur jaringan ini dapat kita dapatkan melalui proses pengkloningan. Kita bisa melakukan semua itu berkat kerja keras para peneliti yang sangat berjasa dalam peningkatan mutu hidup manusia. Bioteknologi pun sekarang semakin meningkat kemajuannya dengan penelitian mengenai genom. Telah terjadi adanya peningkatan yang signifikan sejak abad ke -15 hingga 20 tahun terakhir ini mengenai sekuensing genom dan pengumpulan data , teknik – teknik baru untuk menyelidiki aktivitas gen pada keseluruhan genom, serta pendekatan untuk memahami bagaimana gen – gen beserta berbagai produk yang dihasilkan bekerja sama dalam sistem yang kompleks. Perkembangan sekuens genom dari berbagai spesies berbeda mengungkapkan banyak hal mengenai evolusi.

walaupun memiliki rupa yang sangat berbeda dengan manusia.sekuens yang dimiliki manusia dengan lalat buah memiliki banyak kemiripan. Seutas sekuens yang dimiliki oleh gen homeotik disebut juga homeobox. Berdasarkan beberapa penelitian. Pada perbandingan spesies – spesies yang berkerabat dekat dapat dilakukan dengan faktor transkripsi yang menunjukan perubahan yang cepat dalam garis keturunan manusia adalah FOXP2. Oleh karena itu lalat buah dianggap sebagai manusia mungil. Semakin mirip sekuens genomnya semakin dekat pula kekerabatan antara spesies yang dibandingkan. . Berdasarkan penelitian yang ada sekuens . dan membandingan genom dalam satu spesies. Dengan membandingkan genom pada spesies – spesies yang berkerabat dekat kita dapat mengetahui sejarah evolusi yang terjadi belum lama. Hubungan antarspesies dapat digambarkan dengan bentuk seperti pohon yang akan bercabang bila terjadi penyebaran atau divergensi. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada mencit homozigot yang gen FOXP nya diambil mengalami otak yang cacat dan gagal menghasilkan vokalisasi ultrasonic normal. Berdasarkan kemiripan ini kita dapat mendeduksi bahwa sekuens DNA homeobox dievolusikan sangat dini dalam sejarah kehidupan dan cukup berharga bagi organisme sehingga dilestarikan pada hewan dan tumbuhan tanpa perubahan yang berarti selama ratusan tahun. Dengan menggunakan hal itu kita dapat melihat terjadinya hubungan evolusi dari sejumlah kelompok dan spesies. sementarai itu bila kita melakukan perbandingan antara genom dari spesies – spesies yang berkerabat jauh kita dapat mengetahui tentang evolusi yang terjadi pada waktu yang sudah sangat lama. FOXP2 diyakini berfungsi dalam vokalisasi pada vertebrata dan mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam perkembangan sistem komunikasi yang fungsional. membandingkan spesies yang berkerabat dekat. Sedangkan hasil dari penelitian yang merusak satu salinan gen FOXP pada mencit juga menunjukan hal yang sama.Perbandingan genom dalam sekuens genom dilakukan untuk membandingkan spesies yang berkerabat jauh.

yakni : 1. Evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam (natural selections) Pengertian dan arti definisi seleksi alam adalah seleksi yang terjadi pada individu . sedangkan yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan alam lingkungan sekitarnya akan musnah dan hilang dimakan waktu. Charles Darwin mengeluarkan dua buah buku yang memberikan andil yang cukup penting bagi perkembangan teori evolusi. walaupun gen-gen yang mengarahkan perkembangan mungkin berbeda-beda antara organisme satu dengan yang lain. Kesatuan kehidupan tercermin dalam berbagai kemiripan mekanisme molekular dan selular yang digunakan untuk memantapkan pola tubuh. Tumbuhan berevolusi dengan dinding sel kaku.individu yang hidup di alam.Diperkirakan eukariota bersel tunggal yang hidup ratusan juta tahun lalu adalah nenek moyang dari hewan dan tumbuhan yang ada saat ini. On the origin of species by means of natural selections yang muncul pada tahun 1859 2. Spesies yang hidup di masa sekarang berasal dari makhluk hidup yang berasal dari masa lampau. 2. The descent of man yang muncul pada tahun 1857 Dua inti pokok dari teori darwin : 1. . Perbedaan tersebut juga penting untuk menciptakan keanekaragaman yang luar biasa dari berbagai macam organism yang telah berevolusi. yang menghalangi pergerakan morfogenetik sel dan jaringan yang sangat penting bagi hewan. sehingga individu yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut akan terus hidup dan beranak pinak. Organisme mengandalkan serangkaian regulator transkripsi yang berperan dalam menyalakan dan mematikan gen-gen dalam urutan yang sangat teliti.

Menurut saya pribadi. Hasilnya perkembangan kupu kupu bersayap gelap meningkat tajam dan sayap cerah berkurang drastis. Sehingga tinggal menyisakan spesies – spesies yang dapat hidup bertahan di alam seperti sekarang ini. Sesuai dengan teori Darwin yang mengindikasikan seluruh spesies berasal dari asal yang sama kemudian melakukan suatu perkembangan yang berbeda – beda.Contoh peristiwa seleksi alam adalah pada kupu . .kupu biston betularia di Inggris. Telah banyak ditemukan berbagai fosil yang menunjukkan pada kehidupan zaman purba dengan mahluk yang sama sekali berbeda dengan spesies sekarang ini. Dunia terus berputar dan seleksi alam pun terus berlanjut. Meski kita sebagai manusia bisa terus bertahan seperti saat ini tidak menutup kemungkinan kita juga akan mengalami evolusi seperti spesies dahulu kala. yaitu yang bersayap terang cerah dengan yang bersapap gelap. Kupu . Seperti yang diterangkan di atas karena dengan menggunakan spesies yang memiliki sekuens yang sama kita bisa menyebutkan bahwa fungsinya pun bisa sama dengan manusia. Lalat buah pun bisa diibaratkan sebagai manusia yang kecil meski dengan rupa dan bentuk yang berbeda.kupu biston betularia terdapat dua jenis. memang telah muncul berbagai evolusi pada berbagai spesies tak terkecuali manusia itu sendiri. Banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari zaman es sampai sekarang ini. Hal ini dapat kita lihat pula pada kesamaan sekuens genom antara lalat buah dengan manusia.kupu yang bersayap cerah. Awal mulanya lingkungan Inggris yang bersih sangat baik untuk adaptasi kupu . Namun karena limbah industri di Inggris yang semakin banyak dan mengotori pepohonan sehingga pohon menjadi gelap yang akhirnya menjadi lebih adaptif untuk kupu kupu yang bersayap gelap daripada yang terang. Hal ini juga dapat disebabkan oleh teori tentang seleksi alam sehingga terjadi perubahan pada struktur gen pada tiap spesies. Hal lain yang bisa menjadi bukti. kita bisa menggunakan spesies lain untuk melakukan percobaan obat untuk suatu penyakit sebelum dicobakan kepada manusia secara langsung.