P. 1
MENGURUSI KOTA ITU TERNYATA TIDAK SUSAH

MENGURUSI KOTA ITU TERNYATA TIDAK SUSAH

|Views: 110|Likes:
Published by Andri Zulfikar
Mengurusi Kota tidak serumit yang kita bayangkan. Asalkan tahu kuncinya
Mengurusi Kota tidak serumit yang kita bayangkan. Asalkan tahu kuncinya

More info:

Published by: Andri Zulfikar on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

MELIHAT GAMBAR 5-10 TAHUN KE
DEPAN BERHATI-HATILAH
MENETAPKAN LANGKAH!

The winner live for the future. The looser live for today. - Anonym

Potret masa depan sudah dapat
dilihat 5 atau 10 tahun
sebelumnya. Maka
merencanakan gambaran kota di
masa depan sudah dapat disusun dari hari ini.
Orang bijak mengatakan bahwa orang yang
menang adalah mereka yang hidup untuk masa
depan, dan orang yang gagal adalah orang yang
hidupnya hanya untuk hari ini saja, hari esok tidak

39

perlu difikirkan. Padahal kalam suci telah
mengajarkan kepada kita, “Hai orang-orang yang
telah beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan
hendaklah setiap diri melihat apa yang telah dia
persiapkan untuk hari esok, bertaqwalah kepada
Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa
yang kamu khabarkan. [QS. Al-Hasyr : 19]. Jadi
orang yang berjaya di muka bumi ini selalu melihat
ke depan, dengan memperhatikan kondisi yang
terjadi hari ini. Maka Pemerintah Malaysia punya
visi 2020. Apa jadinya Malaysia di tahun itu sudah
dibahas 40 tahun sebelumnya. Kecerdasan kita
akan diuji disini. Maka langkah keenam dalam
program anda adalah MEMOTRET MASA DEPAN!

Barangkali saya tidak salah memilih bahasa,
sengaja saya gunakan kata-kata MEMOTRET. Ya!
Kita ingin potret itu kita lihat 10-20 tahun lagi.
Itulah mimpi kita akan kota yang kita pimpin.
Potretlah ia hari ini dan anda akan melihat
gambarnya 20 tahun lagi. Untuk itu saya akan

40

uraikan kepada Anda, apa yang harus anda lakukan
hari ini, setelah kota Anda terang benderang
dengan lampu di malam hari, bermandikan cahaya,
air bersih mengalir tak putus-putusnya, bau busuk
sampah nyaris tak pernah tercium di kota anda.
Masyarakat sangat antusias untuk berbagi sesama
arena meniru perilaku Anda. Inilah langkah
berikutnya buat anda :
PERTAMA : BUAT JALAN DAN KANAL BARU DAN
MAKSIMALKAN BIAYA PEMELIHARAAN JALAN
DAN KANAL
KEDUA : BANGUN JEMBATAN
KETIGA : BUAT MASS RAPID UNTUK KOTA ANDA
KEEMPAT : BENAHI PELABUHAN ANDA
KELIMA : PERMAK BANDARA ANDA
KEENAM : CIPTAKAN ZONA BARU UNTUK
PERUMAHAN, PERKANTORAN DAN INDUSTRI

Keenam langkah ini adalah tugas berat anda
berikutnya, namun segalanya Insya Allah akan
selesai. Kuncinya hanya lah satu. Anda tidak

41

bermain di dalamnya! Ya! Tak satupun yang boleh
anda sentuh. Tak satupun keluarga atau kolega
anda yang boleh menggarapnya. Semuanya
serahkan kepada mekanisme murni. Tender! Anda,
kolega anda, saudara, sepupu, paman, bibi bahkan
istri, anak maupun orang tua anda tidak boleh ikut!
Sebegitu tegasnya kah? Tentu saja! Anda bekerja
bukan untuk hari ini saja, tapi untuk masa depan!
Alangkah mudahnya anda memperkaya diri, cukup
anda buat saja semua proyek itu PL (Penunjukan
Langsung) maka semuanya akan beres, namun
anda tidak sehina itu, harga anda tidak seharga
proyek tersebut. Anda tidak bisa dihargai
sebagaimana harga proyek itu. Value anda adalah
manfaat proyek tersebut bagi rakyat anda 5, 10
atau 20 tahun lagi. Kelihatannya ngga mungkin
deh, masak kita ngga kebagian se-sen pun. Ya,
mudah saja anda meminta jatah dari semua proyek
itu dan proyek itupun takkan pernah mencapai
sasarannya, jauh sebelum ia selesai. Sia-sia anda

42

jika mengambil keuntungan dari proyek-proyek
rakyat tersebut. Sebentar memang anda akan
kaya, dan orang-orang di lingkar kekuasaan anda
juga kecipratan, namun itu hanya sementara, esok
lusa anda tidak lagi dipakai. Rakyat tidak lagi
mempercayai anda, dan akhirnya anda sendiri yang
akan menuai akibatnya. Anda sudah berlelah-lelah
mencari penyandang dana untuk proyek tersebut,
dan setelah anda dapatkan yang anda inginkan,
kini anda yang menjadi korbannya. Apa anda mau?
Tentu saja tidak. Ini langkah konyol namanya!

Oke! Karena anda sudah komit tidak se-sen
pun mengambil keuntungan, kini anda bisa
memainkan kekuatan anda itu, umumkan se-
transparan mungkin rencana anda, saya yakin,
anda tidak perlu menunggu lama, para investor
sudah menunggu anda, tatkala anda
mengumumkannya hari ini, keesokan harinya
mereka sudah tiba untuk antri. Mengapa? Karena
anda telah mempersiapkan segalanya. Listrik yang

43

melimpah, air bersih yang tak putus-putus, kota
yang bersih dari sampah. Wow! Apa lagi?
Kebutuhan yang paling pokok yakni makanan
berada pada posisi harga yang sangat murah!
Rakyat anda tidak rakus, mereka sangat bahagia
untuk berbagi dengan yang tidak mampu. Bagi
para investor, semua fasilitas dan kondisi sosial
yang demikian itu adalah tambang emas buat
mereka, masyarakat tidak lagi pusing memikirkan
kebutuhan pokok mereka sebab telah dicukupi
kebutuhannya oleh kebijakan anda yang luar biasa
tersebut.

Nah sekarang anda tinggal berhati-hati saja.
Anda susun masterplan-nya. Jangan korbankan
alam, jangan korbankan hutan, jangan korbankan
air, semuanya harus hati-hati, tidak boleh ada satu
tanaman atau airpun yang tercemar, buat
segalanya mulus, rapih dan terencana dengan baik.
Jalan-jalan baru harus dibuat, jalan-jalan lama mesti
tertata rapi, lebarkan jalan-jalan anda, buat satu

44

arah untuk mengatasi macet, buat jalan layang di
persimpangan, bangun jalan lingkar, lebarkan
kanal, parit dan sungai, bangun mass rapid
(angkutan massal), busway, kereta api, monorail,
subway, ferry penyeberangan, hubungkan masing-
masing daratan dengan jembatan, benahi total
pelabuhan anda, jadikan ia pelabuhan teraman,
termurah dan tercepat pelayanannya, permak
bandara anda, jadikan ia airport yang mampu
didarati oleh pesawat-pesawat besar dari seluruh
dunia. Siapkan zona-zona baru untuk perumahan,
perkantoran dan industri. Jika semuanya sudah
selesai, maka ambillah kamera digital anda,
potretlah ia hari ini dan simpan gambarnya untuk
anak cucu anda 10-20 tahun lagi. Saya yakin mereka
akan selalu mengingat anda, setiap kali mereka
melewati tempat yang telah anda bangun. ☻

45

7

THE SEVENTH KEY

MENGISI RUANG-RUANG YANG
MASIH KOSONG, SEKALI LAGI ANDA
HARUS CERDAS MENGALOKASIKAN
DANA

Sebaik-baik harta adalah yang berada di tangan orang yang
bertaqwa [HR. Bukhari-Muslim]

Rakyat juga seperti kita, butuh rasa
aman dari penjahat, rasa aman dari
kebakaran, butuh pendidikan,
kesehatan dan tentu saja hiburan.
Maka disini lah anda perlu mengisi kota dengan
pos polisi, pemadam kebakaran, sekolah dari TK-

46

PT, Klinik ataupun rumah sakit yang meng-cover
semua wilayah. Jadikan masyarakat merasa selalu
aman di rumahnya sendiri sebagaimana anda juga
ingin agar rumah anda tidak kemalingan. Rakyat
juga membutuhkan tempat-tempat seperti balai
sidang untuk acara berupa konferensi besar,
stadion, tempat pemakaman umum yang tertata
indah, taman, plasa terbuka untuk bertemu banyak
orang, jika dibuatkan daftarnya seperti ini nih :
1. Kebutuhan rasa aman dari kejahatan
a. Pos polisi kecil
b. Kantor polisi kecil dengan radius
terbatas
c. Kantor polisi besar dengan radius
luas
d. Penjara kota
e. Penjara besar dengan pengamanan
maksimal
f. Markas militer
2. Kebutuhan rasa aman dari kebakaran

47

a. Pemadam kebakaran kecil dengan
radius terbatas
b. Pemadam kebakaran besar dengan
radius luas
c. Pemadam kebakaran lengkap
dengan pesawat terbang untuk
memadamkan api
3. Kebutuhan akan pendidikan
a. Playgroup
b. Taman Kanak-kanak
c. Sekolah Dasar
d. Sekolah Tinggi (SMP – SMK – SMA)
e. College (Akademi)
f. University (Universitas)
g. Museum
4. Kebutuhan akan kesehatan
a. Klinik dengan ambulans dan radius
terbatas
b. Hospital, rumah sakit dengan
ambulans dan radius luas

48

c. Pusat riset akan penyakit di
masyarakat anda
d. Pohon-pohon besar untuk
penghijauan kota
5. Kebutuhan akan hiburan
a. Taman kecil di lingkungan
perumahan
b. Taman ukuran sedang
c. Taman ukuran besar
d. Plasa kecil
e. Plasa medium
f. Plasa besar
g. Kebun binatang (zoo)
h. Pantai yang tertata baik
i. Marina (tempat untuk memancing
di pinggir laut lengkap dengan kapal
pesiarnya)
j. Gedung pertunjukan seni
k. Tempat bermain anak-anak dan
keluarga di tempat terbuka

49

Wah… sepertinya rakyat kalau sudah
diperhatiin kayak begini, disediakan sarana komplit
buat mereka dari kebutuhan rasa aman hingga
kebutuhan akan hiburan, saya yakin seyakin-
yakinnya, anda ngga perlu lagi kampanye untuk
pemilihan yang kedua kalinya, karena saya haqqul
yakin rakyat akan mencolos gambar anda.
Bagaimana cara mewujudkan segala
kebutuhan di atas? Gampang saja jawabannya,
anda cukup dengan melihat anggaran yang ada,
investor saya yakin waduh…sudah penuh antri di
depan kantor anda. Mereka sudah kadung yakin
anda ngga akan mengambil se-sen pun dari proyek
yang ada di atas, maka mereka pun berlomba-
lomba menanamkan uangnya untuk
membahagiakan rakyat anda, sebagaimana anda
selalu berbagi bahagia setiap pekan dengan rakyat
anda. Inilah langkah anda yang ketujuh
MEMBUAT RAKYAT MERASA AMAN DAN BETAH
DI KOTA ANDA!

50

8

EIGHT KEY

MENANGANI KELEBIHAN-KELEBIHAN
DANA ANDA, ANDA PUN DAPAT
MELAKUKANNYA SAMBIL SANTAI

Pemimpin yang adil akan masuk syurga bersama para Nabi dan
Rasul [HR. Bukhari]

Pagi ini anda sedang
menikmati teh hangat di
rumah anda, dengan tiga
potong roti yang diolesi
mentega dan mesis coklat
berwarna di dalamnya. Sementara tangan kanan
anda memegang roti, tangan kiri anda membaca
koran daerah yang terbit dan diantarkan selalu

51

setiap pagi ke rumah anda yang sangat sederhana
untuk ukuran seorang walikota atau bupati yang
mendapatkan sederet penghargaan mulai dari
Adipura hingga penghargaan lainnya dari dalam
dan luar negeri. Anda selalu menelfon pemimpin
redaksi yang memuji langkah anda, dan
mengatakan bahwa anda belum pantas menerima
pujian dan sanjungan seperti itu. Setiap hari anda
menolak pujian dan sanjungan yang mengalir
kepada diri anda, buat anda pujian dan sanjungan
bukanlah segala-galanya. Yang pantas dipuji hanya
lah Allah yang Maha Terpuji. Anda bukanlah orang
yang sempurna, bahkan setiap malam anda selalu
memohon ampun atas semua dosa-dosa dan
kesalahan anda. Anda selalu meminta kepada Allah
agar Dia mengampuni semua dosa-dosa anda.
Seperti Abu Bakar ash-Shiddiq yang tatkala dipuji
orang lain dia berkata, “Maha Terpuji Engkau Ya
Allah yang telah menutupi aib-aib-ku sehingga
orang lain tidak mengetahui kekurangan-

52

kekuranganku”. Duh! Langka banget orang kayak
anda nih, tapi anda ngga mau dipuji tatkala masih
menjabat dan dimaki-maki tatkala turun jabatan.
Atau dipuji tatkala masih hidup, tatkala wafat
disyukuri banyak orang. Na’udzubillahi min dzalik.
Jangan deh… Atau anda maunya seperti itu? Tidak
kan. Anda kan ingin setelah nggak menjabat tidak
dikejar-kejar KPK atau Timtastipikor kan. Maunya
sih dikejar-kejar sama uang. Sehingga anda bisa
alirkan uang tersebut untuk sekali lagi
membahagiakan rakyat anda sebagaimana
program pekanan anda, berbagi bahagia bersama
rakyat, dan ini dilakukan juga oleh orang-orang
yang diberikan kelebihan harta oleh Allah di kota
anda, saya yakin program yang terus berjalan
tersebut telah membuat rakyat anda CINTAAAA
BANGET sama anda. Sampai-sampai ada rakyat
yang pengen banget berfoto dengan anda dimana-
mana. Ya, memang itulah resiko menjadi pemimpin

53

yang rakyat-nya mencintai mereka, kemanapun
perginya selalu menjadi bahan berita.

TINGKATKAN SUBSIDI ANDA! Ya itulah
langkah kedelapan buat anda!
Uang pembangunan
anda yang selalu surplus sudah saatnya
dialokasikan untuk menambah subsidi bagi rakyat.
Apa saja subsidinya? Banyak banget! Nih dia.
1. Subsidi untuk menekan angka kejahatan :
Program pembatasan jam malam bagi
kawula muda, mereka amat rawan menjadi
sasaran kejahatan, maka jam malam bagi
mereka mesti diberlakukan, mereka adalah
asset kota anda yang mesti dilindungi,
bukan.
2. Subsidi untuk menekan jumlah kebakaran :
Program alat pendeteksi dini kebakaran,
biasanya dipasang alat ini di kantor-kantor,
hotel dan pabrik, ada alat sensor yang
langsung merespon dimana saja ada asap
yang mengepul

54

3. Subsidi untuk mendorong pencerdasan
pendidikan : Program peningkatan minat
baca, dari tukang becak sampai tukang
bubur harus melek huruf 100%, kalo perlu
diadakan lomba serta kontes membaca.
4. Subsidi untuk meningkatkan pelayanan
kesehatan : Program ini berupa
pembebasan biaya klinik di seluruh kota
anda dan program bagi pembentukan
komunitas P3K, untuk mengantisipasi
setiap ada bencana yang datang, seluruh
rakyat anda punya skill menghadapi
bencana
5. Subsidi untuk kelancaran pelayanan
transportasi, menekan angka kemacetan
dan polusi di jalan raya : Pemberian Insentif
bagi mereka yang memakai lahan parkir
khusus, lahan parkir ini biasanya dipakai
bagi mereka yang rumahnya jauh, mereka
memakai kereta biar cepat lalu memarkir

55

kendaraannya di stasiun terdekat, nah
mereka ini perlu diberikan insentif sebab
mengurangi kemacetan, pelayanan tiket
murah bagi para pengguna jasa
transportasi umum (bis, kereta api, trem),
ini sama juga, mereka berjasa mengurangi
kemacetan di jalan, pengurangan emisi
pembuangan dari kendaraan, nah kalo ini
untuk mengurangi polusi dan terakhir
program insentif daur ulang ban
kendaraan, sebab ban yang gundul jelas
membahayakan pengguna transportasi,
maka pemerintah perlu memberi insentif
kepada mereka yang mendaur ulang
bannya, sebab ban baru jelas mahal kan.
6. Subsidi untuk mendorong bangkitnya
dunia usaha : Program promosi bagi para
turis, banyak yang bisa anda lakukan untuk
menggaet para turis, seperti menyediakan
tempat penginapan yang representatif,

56

mempercantik kota, duh, pokoknya kalo
kota dan rakyat anda udah bahagia,
mereka akan dengan senang hati
menyambut program ini, namun jangan
menjual wisata kota anda dengan maksiat,
malah jadi ngga berkah deh, kejahatan
akan meningkat, perjudian juga, pelacuran
apalagi, maka bangun wisata yang religius
buat kota anda, agar bencana tidak selalu
menghampiri kota anda. Oke Gampang
kan…
7. Subsidi terhadap pertumbuhan Industri :
aksi udara bersih dari polusi, memang kota
anda terus tumbuh, tapi anda ngga mau
mengorbankan udara kota yang penuh
asap pabrik bukan, maka aksi ini adalah
untuk selalu mengingatkan pihak industri
agar membangun industri mereka yang
ramah terhadap lingkungan. Wow. Asik
banget!

57

8. Subsidi terhadap energi yang terus
berkurang : Aksi konservasi energi listrik,
jangan dianggap energi listrik akan terus
ada sampai kapanpun, anda perlu sisihkan
dana untuk mempersiapkan energi listrik
masa depan bagi kota anda, sebab kota
anda akan terus tumbuh, maka energi yang
ada suatu saat akan habis, nah anda mesti
siap-siap tuh!
9. Subsidi terhadap air baku yang terus
menurun : Aksi konservasi air, air juga
seperti energi listrik, sumber air bakunya
akan makin berkurang, maka terus fikirkan
cadangan air masa depan buat kota anda,
sebab hutan di sekeliling anda lama
kelamaan akan habis juga, oleh karenanya
anda mesti mengantisipasi jangan sampai
kota anda jadi sumur kering.
10. Subsidi untuk mengurangi sampah :
program pengurangan pemakaian kertas,

58

sampah kertas dapat didaur ulang, maka
kumpulkanlah kertas yang ada dan daur
ulang lah, nah langkah ini perlu dukungan
pemerintah. Insya Allah sampah di kota
anda akan berkurang.
11. Subsidi program untuk memantau
kebijakan kota tetangga atau kota lainnya,
program ini bermanfaat sebagai langkah
untuk membandingkan kebijakan anda
dengan para walikota/bupati di daerah
lainnya.
12. Subsidi lainnya dapat anda pergunakan
untuk perawatan pelayanan standar yang
sudah ada, tujuannya untuk lebih
meningkatkan kembali pelayanan kepada
rakyat anda. Penambahan anggaran untuk
energi listrik, air, peralatan sampah,
kepolisian, pemadam kebakaran, fasilitas
pendidikan, kesehatan, jalan, tempat
rekreasi. Peningkatan anggaran ini akan

59

meningkatkan rating anda.. wah anda
sudah kayak selebritis deh… ☻

60

9

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->