PENTINGNYA BERJALAN KAKI BAGI KESEHATAN

Tubuh Manusia Sangat Membutuhkan Penyergaran

Makalah Ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Dosen : Prof. Dr. Manajer Alias Punik

oleh : NAMA :ANAK SISA BOM NOMOR MHS : 00014 FAKULTAS : MENGAMEN JURUSAN : BERTERIAK

NIVERSITAS JALANAN YOGYAKARTA 2010

Bab I. I.1 Pendahuluan Jaman semaking maju, kehidupan manusia mengalami serba ada di berbagai aspek kehidupan, lebih khusus transportsi yang membuat hampir semua orang lupa bahkan tidak perna membiasakan diri berjalan kaki yang adalah salah satu bagian dari olah raga yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. I.2. Rumusan masalah. Saya melihat kehidupan semua orang dengan meningkatnya pendapatan merubah gaya hidup berjalan kaki, sehingga banyak orang sakit obesitas, sesak napas, jantungan dan ada beberapa penyakit lain yang membahayakan bahkan pada akhirnya menghakiri hidup.

I.3. Tujuan penulisan. Dari tulisan ini diharapakan untuk mengingatkan pentingnya berjalan kaki dan memberi pemahaman dari pada manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh, sehingga mengguragi angka penderita beberapa penyakit dan jumlah kematian di Indonesia.

Bab II. Pembahasan II.1. Pengertian Berjalan Kaki. Berjalan kaki merupakan salah satu bagian dari olah raga yang sangat penting dan sangat memberi pengaruh terhadap kesehatan yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh guna kelancaran seluruh organ tubuh selain dari pada beberapa bentuk olah raga yang biasa dilakukan. Bejalan kaki biasa dilakukan setiap orang (berajung-ajung kedua kaki antara kaki kanan dan kaki kari) saat beraktivitas.

Berjalan kaki tentunya biasa dilakukan oleh setiap orang, namun apakah setiap orang yang melakukan berjalan kaki sudah memenuhi kebutuhan yang ditubuhkan oleh setiap organ tubuh dan dapat mempengaruhi kesehatan? Sejauh mana kita berjalan kaki mengingat kesehatan kita? Pertanyaan itu saya tidak dapat memberi jawaban, karena saya tidak tahu dan memastikan kegiatan setiap orang. Dan saya harap kesadaran setiap kita akan pentingnya berjalan kaki sangat berguna dan membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Berjalan kaki jauh atau dekat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Saya melihat sekarang sangat jarang setiap orang melakukan kegiatan berjalan kaki, perkembangan globalisasi dan kemajuan di berbagai bidang membuat hampir semua memiliki kendaran beroda empat, beroda dua dan sejenis lainnya,

sehingga kegiatan berjalan kaki yang biasa dilakukan semakin berkurang dan semakin tidak terlihat di jalan seperti jaman-jaman sebelumnya.

II.2. Bentuk Berjalan Kaki. Berjalan kaki dapat diyabarkan beberapa bentuk, diantara: a. Berjalan kaki biasa.

Berjalan kaki biasa ini biasanya dilakukan tanpa bermaksud apa-apa dan karena dituntut pekerjaan yang harus dilakukan dengan berjalan kaki baik berjarak dekat maupun jauh. b. Jalan santai.

Jalan santai biasanya dilakkukan bermaksud olah raga yang juga merupakan salah satu olah raga. Biasanya pada pagi hari dan pada sore hari. c. Jalan cepat.

Yang saya maksud dari pada jalan cepat adalah berjalan kaki cepat atau sibgkatnya lari, baik bermaksud olah raga atau karena dituntut pekerjaan yang mendadak atau harus diselesaikan dalam waktu singkat. Paling sedikitnya tiga bentuk kegiatan berjalan kaki di atas penting dan dapat membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh dan kesehatan yang dapat menghidarkan tubuh dari berbagai macam jenis serangan penyakit, singkatnya dari kegiatan berjalan kaki dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang berperan penting untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Kesadaran setiap orang akan pentingnya berjalan kaki sangat memberi nilai bagi yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk tubuh.

Ketika kita merevew pada jaman sebelum kita beberapa tahun silam, kita dapat mengetahui bagamana kesehatan saa itu, daya tahan tubuh kakek-nenek moyang kita yang mayoritasnya melakukan aktivitas dengan berjalan kaki? Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya ambil contoh simple di pengunungan tengah papua, jaman itu mereka beraktivitas dengan berjalan kaki karena belum ada kendaraan apapun, kecuali Kuda sehingga tubuh mereka terlihat gagah, kuat, tinggi dan besar. Hal ini bukan secara fisiolosi saja, tetapi begitu pula dengan morfologi tubuh, dalam arti kekebalan tubuh mereka kuat dan tetap bertahan terhadap berbagai serangan penyakit apapun meskipun tidak mandi hingga lima hari. Dari contoh simple ini menjadi pembelajaran kita untuk membiasakan diri berjalan kaki. Berikut kita membahas beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh ketika kita belum terbiasa berjalan kaki