P. 1
bab I

bab I

|Views: 392|Likes:
Published by Andicha Permana

More info:

Published by: Andicha Permana on Mar 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Masalah Penelitian ini ditulis untuk menganalisis dampak krisis keungan Irlandia terhadap stabilitas ekonomi Uni Eropa tahun 2010. Krisis moneter yang terjadi tahun 2008, lalu menyebar ke Daratan Eropa dan kawasan Asia Pasifik. Krisis yang dimulai dari Amerika Serikat tahun 2008 itu akhirnya menghantam seluruh kawasan Eropa. Keterkaitan erat antara institusi finansial dan moneter negara negara Eropa dengan AS, dan seluruh dunia menyebabkan negara-negara Eropa terutama negara yang lebih lemah kelabakan menghadapi gelombang deras krisis finansial global. Negara-negara Eropa mengucurkan dana talangan milyaran euro untuk menyelamatkan bank-bank dan institusi finansial yang terancam bangkrut. Besarnya dampak krisis ekonomi yang melanda Eropa menyebabkan negaranegara Eropa harus menyuntikkan dana lebih besar ke pasar-pasar keuangan dan finansial. Kebijakan ekonomi ini malah menjebak negara-negara itu pada pembengkakan defisit dan hutang negara. Pada akhirnya, negara-negara Eropa itu mengalami kemunduran ekonomi.
Tabel 1. Besarnya Dana Talangan Negara -negara Terkena Krisis
No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Negara Inggris AS Jerman Irlandia Perancis Rusia Norwegi UEA Portuga Jumlah (miliar US$) 865 700 680 544 492 200 57 33 27

Sumber: Majalah Tempo 9 Oktober 2008

1

Salah satu negara di Eropa yang cukup besar mengeluarkan dana talangan pemerintah atau bailout adalah Irlandia dengan total 544 miliar dolar atau 400 miliar Euro.Hal ini dilakukan untuk mendukung rekapitalisasi pada lembaga keuangan, termasuk untuk investor asing dan juga pemegang saham.Irlandia

merupakan salah satu negara yang merespon krisis finansial global dengan memberikan skema jaminan keuangan tanpa batas pada perbankan dengan pajak yang rendah.Akibat dari itu Pada tahun 2009, menurut riset Quarterly Economic Commentary, tingkat produk domestik bruto Irlandia mengalami kontraksi (turun) sebesar 14 persen dan tingkat pengangguran melonjak jadi 12 persen. Bagan 1. Pertumbuhan PDB negara-negara dikawasan eropa

Sumber:Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Bagan 2. Tingkat Pengangguran eropa Tahun 1998-2009.

Sumber: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

2

Bulan November tahun 2010 perekonomian negara Irlandia mulai menampakan masalah yang serius. Selain itu pemerintah juga telah mengeluarkan program "penyelamatan" yang disebut program NAMA (National Asset Management Agency). 3 . Ada dampak yang lebih hebat dari kombinasi krisis internasional dengan pemerintahan yang korup sebagaimana yang terjadi di Irlandia. Dana talangan sebesar ¼34.8 miliar Euro1 hampir setara pendapatan pajak nasional Irlandia merupakan sebuah ironi bagi 5 juta rakyat Irlandia yang tengah menderita kesulitan ekonomi. Rakyat Irlandia melihat bank perampok terbesar uang nasabah masyarakat mendapatkan dana bailout terbesar yang tidak pernah mereka bayangkan. Defisit anggaran negara tersebut tercatat 32 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) mereka. yield obligasi 1 ³Krisis anggaran ancam Eropa´ Bisnis Indonesia. Hanya dalam tiga minggu. Krisis ekonomi yang baru saja terjadi di kawasan Eropa yaitu yang dialami oleh Yunani kini mulai melanda negara irlandia. 24 November 2010. Rakyat Irlandia hanya bisa melihat miliaran Euro yang dikumpulkan pemerintah dari pajak mereka menghilang tidak tahu kejelasannya.3 miliar Euro yang diberikan kepada bank yang salah urus seperti Anglo Irish Bank dan juga Allied Irish Bank (AIB) sebesar ¼1. Penyebab dari krisis ekonomi Irlandia adalah kerugian dalam usaha sektor property dan kegagalan dalam pengelolaan bank. Defisit anggaran tersebut tercatat sebagai defisit anggaran terbesar di kawasan Eropa. Melalui program ini pemerintah akan membeli aset-aset 5 bank bermasalah terbesar di Irlandia.

2010.pemerintah tenor 10 tahun telah melonjak menjadi 9 persen dari sebelumnya hanya 6 persen2. koran jakarta. 4 . November. Kronologis terjadinya krisis keuangan irlandia Sumber: Bisnis Indonesia 24 November 2010 2 Ryan Kiryanto ³ mewaspadai krisis irlandia´.

Defisit anggaran Uni Eropa tahun 1998-2010 Sumber: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. 3 http://www.com/berita/1291020624/euro-jatuh-pasca-bailout-irlandia. 5 . menyeret Euro ke level terendah1.antaranews.3232 terhadap dolar namun Euro masih belum bisa untuk menjaga kestabilanya dan sebaliknya Euro secara bertahap kehilangan kekuatan dan merosot ke level terendah sejak akhir September yang mengakibatkan turunnya perdagangan saham yang ada di bursa Eropa3. diakses pada 5 maret 2011. Pengaruh yang signifikan krisis keungan Irlandia terhadap ekonomi Uni Eropa yaitu.3181 pada tanggal 29 November 2010 sebelum pulih ke 1.Bagan 3.

mendapat tekanan dari Uni Eropa supaya menyeimbangkan anggaran dengan pendapatan.Sumber: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. pemerintah Eropa memberikan peluang kepada pemilik pabrik untuk lebih mudah mengeluarkan para pekerja.penarikan masal oleh nasabah bank karena nasabah bank ketakutan bahwa bank-bank itu akan segera bangkrut serta pelepasan surat utang 6 . Inggris dan Jerman selama bertahun-tahun terbiasa mendapat fasilitas sosial dan kesejahteraan. Negara-negara Eropa yang menghadapi pembengkakan defisit anggaran.Dalam revisi undang-undang. Penentangan kebijakan pengetatan ekonomi dan pengurangan dana kesejahteraan dan sosial. bahkan dilakukan bersamaan dengan revisi undang-undang kerja yang justru dinilai membahayakan masyarakat negara-negara bersangkutan. Semua itu tiba-tiba diputus. Masyarakat Perancis. Pada sisi lain. Dampak lainya. kebijakan pengetatan ekonomi menuai kritikan dari opini umum di berbagai negara. kian meluas di Eropa.

defisit pemerintahnya tinggi. bahkan negara besar seperti Perancis dan Jerman bisa terkena krisis dikarenakan tingginya persentase utang negara-negara tersebut. italia. dan Italia sebesar 116% pada tahun lalu4. dan pengangguran terus melonjak. Negara-negara seperti Portugal. perekonomiannya lesu. 4 Ibid. hal yang sama mungkin akan terjadi pada obligasi yang dikeluarkan oleh negara Spanyol dan Portugal. Irlandia 66% dari PDB. Spanyol 53% dari PDB.ini berarti uang pajak Portugal dan Spanyol hanya akan dibayarkan untuk membayar bailout bank lagi. karena bisa memaksa Uni Eropa dan IMF berebut untuk menyediakan dana darurat dalam beberapa hari saja. Spanyol. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi zona Euro. jika hasil (suku bunga) obligasi pemerintah Irlandia terus meningkat. Spanyol dan Portugal jelas langsung menghadapi masalah anggaran. Negara-negara dikawasan Uni Eropa mengalami situasi ekonomi menuju keadaan krisis moneter yang ditandai dengan. 7 .Utang pemerintah Portugal mencapai 76% dari PDB.negara (SUN) oleh investor yang mengharuskan pemerintah negara Irlandia maupun negara yang rawan terkena krisis di Uni Eropa menyiapkan dana yang besar.

Sumber: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Langkah pertama yang dilakukan menteri keuangan negara-negara Uni Eropa menyetujui paket stimulus sebesar 85 milyar euro (Rp1. Sumber: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.013 triliun) sebagai 8 .

5 Lembaga keungan internasional dalam hal ini IMF mencoba untuk ikut serta dalam menangani masalah eknomi yang terjadi di irlandia. Kita kini menghadapi situasi sangat serius.013 Triliun´. "Kita harus mendiskusikan respon sistemik terhadap krisis. IMF telah mempersiapkan dana mencapai 100 miliar Euro.Hal ini dilakukan oleh IMF agar krisis tidak menjadi krisis ekonomi dunia sepertim yang terjadi di amerika tahun 2008 dengan penyebab yang hampir sama seperti yang terjadi di Irlandia. Republika. 9 . Kita harus melakukan yang terbaik untuk melindungi landasan pemulihan ekonomi dan lapangan kerja. Kesepakatan itu dijadwalkan akan diratifikasi dalam pertemuan tingkat menteri yang lebih besar. 2011. Olli Rehn. Februari. Dana talangan sudah disiapkan untuk Irlandia sambil menunggu permintaan resmi dari pemerintah Irlandia.upaya penyelamatan ekonomi Irlandia. Masalah ekonomi yang terjadi di negara Irlandia akan mempengaruhi perekonomian Uni Eropa disebabkan oleh Uni Eropa memiliki mata uang tunggal yang menyebabkan 5 ³Uni Eropa Sepakat Talangi Irlandia Rp1. terdiri dari 27 negara UE. Hubungan saling ketergantungan yang terjadi diantara negara Uni Eropa membuat rentannya masalah satu negara dan masalah negara tersebut akan mempengaruhi negara-negara yang ada di sekitarnya. Para pakar ekonomi menyatakan Portugal dan Spanyol dalam kondisi rawan terserang krisis.". Pertemun darurat di Brusel bertujuan mencegah krisis hutang Irlandia menyebar ke negara lain. Komisi Urusan Ekonomi UE. mengatakan percabangan lebih lebar dari krisis saat ini" akan dihadang. terutama ke 16 anggota negara zona Eropa.

Satu hal yang menjadi korelasi antara satu negara yang terkena krisis di Uni Eropa akan mengakibatkan dampak negatif bagi negara lainnya di kawasan Uni Eropa adalah mata uang tunggal Euro. Dengan sistem mata uang tunggal ini maka diharapkan akan ada pengalihan kekuasaan pengambilan keputusan dalam bidang kebijakan moneter dan manajemen ekonomi makro dari masing masing Negara ke Pemimpin Uni Eropa. adanya kebijakan perbankan dari bank uni eropa untuk menanggulangi setiap bank pemerintah yang bermasalah dengan dana talangan yang berasal dari pajak negara Uni Eropa yang membuat para bankir menjadi ketagihan dan juga khususnya bagi Irlandia yang memiliki total hutang lebih dari 60% dari PDB melebihi yang ditetapkan negara Uni Eropa.Sebagaimana diketahui belum semua Negara Uni Eropa menyatu dalam satu kebijakan Uni Eropa khsusunya tentang mata uang tunggal Euro. Masing masing Negara memiliki permasalahan ekonomi dan memiliki fundamental dan kekuatan ekonominya yang berbeda beda. Bahkan banyak kebijakan yang seharusnya masuk dalam kebijakan moneter disatukan dan diputuskan oleh Uni Eropa tetapi kenayataannya masing 10 . Masalah lain yang menjadi penyebab timbulnya krisis yang berhubungan dengan mata uang Euro adalah jumlah Negara yang masuk Uni Eropa. perdagangan bursa saham di bidang property yang besar. Negara Eropa yang awalnya ingin mendirikan Uni Eropa hanya 12 anggota setelah runtuhnya Uni Sovyet dan tembok Berlin maka anggota potensial menjadi bergabung ke Uni Eropa menjadi 27 negara.hubungan keungan satu negara dengan negara lain. Diharapkan berbagai biaya yang sifatnya overlapping akan menjadi dihemat dengan adanya mata uang tunggal ini.

9 januari. 6 Sofyan Syafri Harahap.6 1. kebijakan moneter misalnya masih dominan dikuasai masing masing negara sehingga Uni Eropa tidak bisa efektif melaksanakan fungsinya dengan baik untuk menjaga stabilitas Uang Euro apalagi stabilitas ekonomi masing masing negara. Hubungan ketergantungan antara satu negara dengan negara lain dikawasan Uni Eropa membuat sebuah permasalahan yang terjadi pada sebuah negara di kawasan uni eropa akan dirasakan juga oleh negara lainnya dikawasan tersebut dan menjadikan masalah tersebut menjadi masalah sistemik. perpajakan.masing negara masih mandiri dan bebas menentukan kebijakannya. Krisis ekonomi Irlandia sangat dirasakan pengaruhnya oleh negaranegara Uni Eropa dan mengakibatkan kepanikan bagi negara-negara eropa lainnya yang merasakan dampak tersebut akan mempengaruhi perkembangan ekonomi negara Eropa. Berbagai kelemahan yang dialami mata uang tunggal Euro ini harus dapat direview pada tahun 2013 jika tidak ingin halhal yang dihadapi Euro selama ini akan datang berulang ulang. Fenomena euro pasca krisis Eropa. kebijakan anggaran.2011. Jika Euro ini gagal maka akan juga berpengaruh pada kegagalan Uni Eropa. then Europe fails.´ kata Kanselir Jerman Angela Merkel.Uni Erop harus a bersatu padu menyelamatkan Euro karena: ³If the Euro fails. 11 . waspada online. Permasalahan Penelitian Krisis keungan yang dialami oleh negara irlandia menimbulkan dampak negatif bagi negara irlandia itu sendiri serta uni eropa yang merupakan kawasan yang terintegrasi satu sama lainnya.2. Kebijakan fiskal.

12 . Tujuan Penelitian Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada masyarakat terutama sekali masyarakat dalam konteks studi hubungan internasional. Selain itu penelitian ini dimaksudkan sebagai manifestasi dari penerapan teori maupun konsep yang pernah penulis peroleh di bangku kuliah. krisis keungan ini bisa membuat negara eropa dengan karakter yang sama dengan Irlandia (tingkat utang yang tinggi.1. defisit keungan yang tidak stabil. Tujuan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa penelitian ini akan dijadikan skripsi sebagai syarat memperoleh gelar S-1 pada jurusan Ilmu Hubungan Internasional.3. inflasi yang tinggi) mengalami nasib yang serupa dengan Irlandia yang secara nyata akan menambah kemerosotan perekonomian Uni Eropa. Universitas Riau. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.Untuk mengetahui fakta yang nyata dari dampak atau pengaruh krisis keungan Irlandia terhadap stabilitas ekonomi kawasan Uni Eropa serta seberapa besar dampak serta masalah yang akan timbul atau lebih tepatnya ditimbulkan oleh krisis keungan Irlandia maka pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah BAGAIMANADAMPAK KRISIS KEUNGAN IRLANDIA TERHADAP STABILITAS EKONOMI UNI EROPA TAHUN 2010? 1.3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. karena hal ini merupakan fenomena hubungan internasional dimana krisis keungan yang sedang dialami irlandia berdampak pada perekonomian Uni Eropa yang merupakan sebuah kawasan yang terintegrasai dengan satu mata uang tunggal.

negara uni 13 . teori dan tingkat analisa yang terdahulu yang berkaitan dengan apa yang terjadi dalam ketidakstabilan perekonomian Uni Eropa saat ini yang disebabkan krisis keungan yang terjadi di negara. dan tingkat analisa yang relevan terhadap kondisi yang terjadi dalam perekonomian Uni Eropa saat ini. 1.2. kemudian diikuti dengan teori dan pemaparan tingkat analisa dari penelitan ini. hasil penelitian ini diharapkan menjadi sebuah bacaan yang menggambarkan bahwa krisis keungan ancaman baru bagi sebuah negara yang sangat ampuh dalam mematikan kehidupan perekonomian sebuah negara.1. Secara khusus. Fenomena hubungan yang terjadi antara krisis keungan irlandia terhadap ketidakstabilan perekonomian Uni Eropa dapat dianalisa dengan berbagai pendekatan-pendekatan serta perspektif. teori. bisa kita setarakan dengan ancaman perperangan dan ada kemungkinan mereka akan meluas ketingkat regional mengancam negara yang berada disatu kawasan dengan indikator bahwa negara tersebut mimiliki perekonomian yang lemah serta bagaiman pengaruh dari penggunaan mata uang tunggal dari sebuah kawasan yang mempunyai fundamental ekonomi yang berbeda. Penelitian ini memaparkan paradigma. Manfaat Penelitian Pada akhirnya. Krisis keungan yang tidak bisa diprediksi kedatanganya serta sulitnya untuk mengembalikan stabilitas ekonomi setelah krisis keungan melanda sebuah negara akan menjadi pembahasan menarik bagi studi hubungan internasional saat ini.3.Landasan Teori Pembahasan kerangka dasar teori ini dikemukakan dengan menjelaskan perspektif (paradigma). hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi sebuah bacaan ilmiah yang menggambarkan fenomena ekonomi politik internasional yang cukup mendominasi abad ke-20 ini secara umum.4.

seperti kajian-kajian yang menyangkut perekonomian. Tingkat anlisa kelompok dalam pembahasan ini merupakan aktor utama sebagai pemeran perekonomian negara. militer. kesetaraan gender. perusahaan multinasional (MNC). Tingkat analisa dalam pembahasan ini menggunakan tingkat analisa individu atau kelompok. aktor non-negara (NGO). dan J. Kelompok-kelompok yang berperan dalam penelitian ini adalah kelompok sebagai aktor maksimalisasi perekonomian. Kaum liberal mempunyai pandangan bahwa politik global adalah sesuatu hal yang kompleks. isu keamanan. Thomas Malthus. Mill pada akhir abad ke-18. Kaum liberal mengemukakan bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan kekayaan nasional adalah justru dengan membiarkan pertukaran antar individu dalam ekonomi 14 .Eropa saat ini guna untuk memberikan gagasan dan kerangka berfikir yang relevan dengan topik penelitian ini. dan kelompok sosial lainnya. Dimana pola-pola yang terjadi dalam dunia internasional tidak lagi didominasi oleh perang. akan tetapi dunia internasional pada saat sekarang mempunyai kajian yang kompleks. kemiskinan dan pengangguran. penulis akan memaparkan terlebih dahulu mengenai tinggkat analisa yang digunakan dalam penelitian ini. dan peran suatu negara saja. isu lingkungan. sehingga melahirkan paham liberal yang dipelopori Adam Smith dan kawan-kawan seperti David Ricardo. Perspektif yang diambil untuk mengambarkan krisis keungan Irlandia adalah perspektif liberalisme. S. Sebelum memahami lebih dalam mengenai teori yang digunakan dalam penelitian ini. Kaum liberal juga mengutarakan isu-isu sosial seperti hak azasi manusia. Berbagai pemahaman tersebut terus berkembang.

Keohane dan Joseph S. Karena ketika dalam hubungan tersebut terjadi suatu permasalahan. Kant mengungkapkan bahwa ´perdamaian dan stabilitas dunia tidak mesti dicapai melalui balance of power tetapi kerjasama dan interdependensi global´8. Tokoh-tokoh dari teori interdependensi adalah Robert O. hal 41 8 Aleksius Jemadu. (Yogyakarta. maka kedua negara akan mengalami hal yang dapat merugikan keduanya. hal. 2003). Teori interdependensi secara sederhana dapat dipahami sebagai sebuah hubungan timbal-balik atau hubungan saling 7 Mohtar Mas¶oed. akan tetapi hal tersebut dapat diwujudkan dengan kerjasama dan interdependensi global. Teori Interdependensi Dari perpektif yang telah dikemukakan diatas mengenai paham liberalisme.7 domestik dan internasional berjalan secara bebas dan tidak usah dibatasi . Ekonomi-Politik Internasional dan Pembangunan. Jeremy Betham. karena terkait dan memberikan imbas satu sama lain. (Bandung. dapat dipahami bahwa peran aktor non-negara sangat berpengaruh terhadap perolehan modal suatu negara. 45 15 . Ketika suatu negara sudah merasa saling tergantung satu sama lain. Pustaka Pelajar. maka negara-negara yang saling tergantung satu sama lain tersebut akan selalu menjaga stabilitas dan harmonisasi hubungan diantara keduanya. Perdamaian dan kondisi dunia yang stabil tidak hanya dapat terwujud dengan adanya perimbangan kekuatan. Politik Global dalam Teori dan Praktek. Para pelopor-pelopor paham liberal diatas diteruskan oleh berbagai ilmuwan-ilmuwan setelahnya seperti Jhon Locke. teori yang digunakan dalam permasalahan yang terjadi dalam krisis keungan Irlandia serta dampaknya terhadap stabilitas ekonomi Uni Eropa adalah teori interdependensi. dan Immnuel Kant. Nye. Dari pendapat yang dikemukakan diatas. 2000).

Kedua. ada banyak isu yang berkembang dalam politik global dan tidak selalu isu militer dan keamanan mendominasi isu-isu yang lain.ketergantungan satu sama lain dalam hubungan internasional. termasuk kaitan transnasional di antara perusahaan-perusahaan bisnis. Dalam teori interdependensi dikemukakan bahwa negara secara utuh tidak akan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karenanya politik internasional sesungguhnya tidak secara penuh bersifat anarkis. 64 16 . yang berperan dalam politik global (transnational). organisasi internasional. ada banyak aktorlain seperti perusahaan multinasional. Interdependensi memandang bahwa kerjasama antara aktor-aktor Internasional sudah ada sejak dahulu dalam hubungan internasional. Sebagai aktor dalam politik global negara juga tidak selalu bertindak sebagai aktor yang unitary dan kelompok kelompok yang ada didalamnya tidak selalu bertindak secara koheren(transgovernmental). Tiga ciri dari complex interdependence. Pengantar Studi Hubungan Internasional. Ada juga ´ketiadaan hierarki di antara isu-isu´. seperti keamanan militer tidak mendominasi agenda lagi. 2005). Pertama. oleh karena itu butuh peran negara lain sebagai complement untuk melakukan suatu hubungan. Kekuatan militer tidak lagi digunakan sebagai instrumen kebijakan luar negeri (Robert Keohane dan Joseph Nye)9. Ketiga. (Yogyakarta. kekuatan militer 9 Robert Jacson & Georg Sorensen. Hubungan internasional atau politik global dilksanakan melalui multiple chanels atau banyak jalur disamping jalur pemerintahan (interstate). internasional NGOs. ada banyak bentuk hubungan antar masyarakat sebagai tambahan pada hubungan politik pemerintahan. Hubungan antara negara-negara barat dicorakkan oleh Interdependensi kompleks (complex interdependensi). Selain negarapun.pada suatu keadaan tertentu isu ekonomi bisa mendominasi hubungan internasional antara dua negara atau lebih dan pada saat yang lain isu lingkungan hidup juga menjadi agenda yang dominan. hal.

Anak Agung Bayu Perwita dan Yayan Mochamad Yani. Karena itu kebijakan yang dikeluarkan oleh suatu negara akan memberikan akibat yang cepat dan serius pada negara lain.78 17 . dalam megatasi konflik dalam bidang perdagangan dan investasi. (Bandung. Kekhawatiran akan spill over effect kepada negara-negara Eropa lain bisa dibenarkan dengan konsep interdependensi di atas. Dunia yang semakin terinterdependensi membuat sebuah kejadian yang terjadi di luar sana akan memberikan dampak pada yang lain. Kawasan Eropa yang terinterdependensi menjadi satu salah satu faktor penguat spill over effect mengenai krisis yang terjadi. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. banyak dana yang biasanya beredar di Eropa. Dampak yang terburuk terjadi di Eropa yaitu pemutusan hubungan kerja. meskipun negara-negara yang terlibat terkait dalam suatu kerjasama atau liansi militer. Melihat kondisi yang terjadi di Eropa saat ini akan banyak investor yang mengalihkan pandangan investasinya keluar Eropa untuk menghindari kerugian yang lebih besar dan otomatis ini akan memperburuk secara nyata perekonomian Eropa.11 Mengacu pada pemaparan serta ungkapan yang disampaikan diatas. masing-masing tergantung pada sumberdaya dan produk dari negara lainnya.tidak selalu relevan sebagai instrumen dalam politik global. Misalnya. 2006).10 Tidak ada satu negarapun yang secara keseluruhan dapat memenuhi sendiri kebutuhannya. kekuatan militer tidak menjadi relevan. terjadi gelombang eksodus pencari kerja ke berbagai negara Eropa dan 10 11 Ibid. hubungan yang terjadi antara negara. hal. sekarang akan berpindah ke tempat lain.negara di kawasan Uni Eropa menunjukan sutau pola hubungan yang interdependesi. bahkan kebijakan domestikpun bisa memiliki implikasi yang lebih luas kenegara lain. Saling tergantung satu sama lainnya.

Seperti jatuhnya nilai kurs Euro pasca dana talangan Irlandia. dan proses ini akan berlanjut hingga ke keping domino terakhir. Tetapi jika dibaca tanda-tandanya bisa jadi ada benarnya. misalnya terletak dalam satu kawasan. Euro menyentuh nilai terendah karena paket penyelamatan resmi untuk Irlandia yang dilit utang gagal meredakan kekhawatiran pasar tentang kesehatan ekonomi zona Euro. dalam konferensi persnya pada 7 april 1954 sebagai respon terhadap perebutan hegemoni antara blok barat dan blok timur (komunisme) di Indochina. eisenhower mengkhawatirkan fenomena ³falling domino´ principle yang akan 18 . pola perubahan dianalogikan seperti domino China (mahyong) yang berdiri tegak. dimana jika keping domino paling awal dijatuhkan. efek domino dikenali sebagai fenomena perubahan berantai berdasarkan prinsip geo-politik dan geo-strategis. Pola hubungan yang saling ketergantungan (interdependensi) digambarkan dari fenomena inilah yang dikemukakan oleh kaum liberal pada abad ke-20 ini lebih dekat dirasakan oleh masyarakat internasional. Dwight Eisenhower. maka obyeknya adalah negara-negara yang secara geografis berdekatan. hanya tinggal menunggu waktu saja apakah krisis ekonomi tersebut terus berdampak pada negara-negara sekitar atau tidak.memaksa pemerintahan di sana menyediakan uang untuk menanggung para pengangguran. ia akan menimpa keping domino terdekat. istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh presiden AS. Dalam hubungan internasional. karena teori ini lahir dari konsideran geografis. Sistim keungan negara di Eropa yang saling berkaitan satu sama lain menyebabkan mudahnya terjadi perpindahan masalah ekonomi dari satu negara dengan negara lain.

Kedua negara ini mengalami defisit fiskal yang besar.Hatinger menelaah proses-proses integrasi regional yang terjadi di banyak kawasan dan menjadi trend ekonomi politik internasional pada dekade 1980-an. Greece (Yunani).13 Domino effect (teori efek domino) berkaitan dengan suatu perubahan kecil yang menjadi besar karena ada reaksi berantaiyang berjalan menggelinding bagai bola salju. asia tenggara. 12 Teori Domino dan Gelombang Demokratisasi. dan Spanyol. Italia. Efek domino mengenai krisis keungan yang terjadi di kawasan eropa yang di mulai dari yunani dan sekarang negara irlandia akan menjalar pada negara-negara pinggiran (peripheral) Eropa. pola ini diterjemahkan dalam perspektif ³angsa terbang´ (flying geese). Banyak pihak khawatir satu demi satu negara tersebut runtuh secara financial terkena efek domino dari dari krisis keungan Irlandia dan mengkawatirkan negara-negara Eropa akan risiko sistemik yang dibawanya dapat menyeret Eropa dalam krisis yang makin parah. negaranegara lain di kawasan akan bergerak untuk mengikuti pola tersebut dan bergabung dengan proses integrasi. Jikabeberapa negara berhasil melakukan integrasi. hingga asia selatan. Irlandia. tetapi lebih dalam formula kemitraan strategis (strategic partnership).mypagerank.1]. dimana formula pergerakan ekonomi negara-negara tidak dilihat dalam konteks pertarungan hegemoni (sebagaimana dipahami oleh negaranegara barat). memang masih menyimpan banyak masalah. seperti Portugal.net/seomonitor[75339-75339. diakses dari www.html 6 maret 2011 13 Ibid 19 . Selain pada isu keamanan strategis.melanda negara-negara di asia timur. Lemahnya perekonomian negara Portugal dan Spanyol membuat rentan diserang krisis ekonomi. efek domino juga diidentifikasi dalam bidang ekonomi seperti yang dijelaskan (Benjamin Hatinger)12 dalam fenomena integrasi regional terdapat gejala efek domino. sampai akhirnya terjadi perubahan besar. di Jepang.

kelompok-kelompok. jika satu saja ketimpangan atau ketidakstabilan yang dialami oleh satu sisi. maka kondisi tersebut juga akan mempengaruhi kestabilan disisi lain. investasi dan investor menjadikan keadaan ekonomi Eropa sangat rentan untuk diserang krisis keungan. Keadaan saling ketergantungan antara investasi dan modal diantara negara-negara Eropa. bahkan individu dapat menimbulkan dua sisi keadaan yang sangat berpengaruh. Begitu juga dengan permasalahan mengenai dampak krisis keungan Irlandia terhadap stabilitas perekonomian Eropa. lembaga-lembaga keuangan. Begitu juga dengan keadaan perekonomian eropa saat ini. Kemudian arah negatif dari interdependensi ini adalah ketika satu sisi mempunyai masalah. Begitu juga hubungan saling ketergantungan antara pasar modal dan lembaga investasi di Eropa.Kerangka Analisis Paham liberalisme dan teori interdendensi serta efek domino yang telah dipaparkan diatas dapat dijadikan sebagai acuan untuk dapat menyederhanakan permasalahan dari penelitian ini. hanya satu negara yang terkena krisis keungan akan 20 . Arah positif dari interdependensi ini adalah kestabilan peputaran perekonomian di eropa akan dirasakan setiap negara. maka perutaran roda perekonomian akan terus berjalan seimbang. ketika ekonomi dalam suatu keadaan yang stabil. Namun jika sebaliknya. maka sisi lain akan ikut terpengaruh. Dua sisi keadaan tersebut adalah keadaan kearah yang positif dan negatif. Teori ini juga dapat menjelaskan dan menjawab kondisi tersebut. Saling ketergantungan yang amat besar dan yang terjadi diantara negaranegara.

1.5. penulis merumuskan hipotesis (jawaban sementara) bahwa krisis keungan Irlandia berdampak pada jatuhnya nilai tukar mata uang Euro terhadap dollar. 21 . penulis kemudian merumuskan dua variabel yang diperlukan untuk dapat memahami permasalahan ini yaitu variablel independent dan veriabel dependent.Allied irish bank.Bank of ireland. Hipotesis Dari permasalahan yang telah dipaparkan diatas. Penggunaan mata uang tunggal dikawasan Eropa yang membuat permasalahan ekonomi sebuah negara akan dirasakan negara lain yang akan mempengaruhi nilai tukar Euro terhadap mata uang lain. EBS building society akibat dari kesalahan dalam pengelolaan yang membutuhkan dana penyelamatan atau bailuot sebesar ¼50 miliar euro.Irish nationwide. Variabel independent dari penelitian ini adalah krisis keungan irlandia. Variabel dependen dari penelitian ini adalah jatuhnya nilai mata uang Euro terhadap dolar yang mengakibatkan peningkatan defisit anggaran negara-negara di Uni Eropa. Bangkrutnya 5 bank besar negara Irlandia. Hutang pemerintah Irlandia yang mencapai 66% dari PDB negara tersebut.lansung dirasakan dan krisi tersebut menjadi krisis keungan baru bagi negara negara yang berada disekitarnya. 2. Berdasarkan hipotesis yang telah penulis kemukakan diatas. Anglo irish bank. dengan indiktor sebagai berikut: 1. Indikator dari krisis keungan irlandia: 1.

atau suatu fenomena tertentu. Pelepasan surat utang negara (SUN) Irlandia dan negara-negara Uni Eropa oleh investor akibat dari ketakutan dari penurunan nilai mata uang Euro. (jakarta: LP3ES 1990). 4. sifat suatu objek. Definisi Konsepsional Dalam tulisannya. pengangguran. Mohtar Mas¶oed berpendapat bahwa konsep adalah suatu abstraksi yang mewakili suatu objek. dan moneter. bahwa konsep sebenarnya adalah sebuah kata atau susunan kata yang melambangkan suatu gagasan atau penyederhanaan kenyataan yang kompleks dengan mengkategorikan hal-hal yang ciri-cirinya relevan dengan gagasan atau kenyataan tersebut. kebijakan fiskal. 14 Krisis keungan merupakan gambaran kerugian sebuah negara yang menyebabkan defisit keungan yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara yang bersangkutan.6. 3. defisit anggaran. Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi. Penuruna perdagangan saham pada bursa saham dikawasan Eropa yang mengakibatkan penurunan nilai transaksi. 22 .2. Masing masing Negara di Uni Eropa memiliki permasalahan ekonomi dan memiliki fundamental kekuatan ekonominya yang berbeda-beda menyebabakan tidak bisa efektif melaksanakan fungsinya dengan baik untuk menjaga stabilitas Uang Euro. 1. 14 Mohtar mas¶oed. dan membuat investor berpikir menanamkan saham di Eropa. Krisis keungan akan langsung berdampak pada sektor vital dalam bidang ekonomi sebuah negara seperti.perbankan.

dimana penelitian ini berusaha 15 Ibid.1. Peran institusi-institusi internasional. 23 . dan penerimaan yang berkembang luas terhadap sejumlah prinsip operasional dalam sistem internasional. penurunan defisit anggaran.7. Definisi Operasional Defenisi Operasional menurut Mohtar Mas¶oed adalah serangkaian prosedur yang mendeskripsikan kegiatan yang harus dilakukan kalau kita hendak mengetahui eksistensi empirik suatu konsep.8. dan juga angka pengangguran.8. memperkukuh ide-ide bahwa hubunganhubungan dikarakterkan oleh interdependensi.Stabilitas ekonomi dapat diartikan adanya keseimbangan yang terjadi dalam faktor-faktor ekonomi yang meliputi bidang finansial. Para penyokong pendapat ini menunjuk pada meningkatnya globalisasi.penurunan inflasi. tingkat pertumbuhan ekonomi. 15 Berbicara tentang krisis keungan Irlandia sangat erat kaitannya dengan interdepensi sistem keungan eropa yang saling berkaitan satu sama lainnya. 1. Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat eksplanatif. terutama dalam hal interaksi ekonomi internasional. Metodologi Penelitian 1. 1. Banyak orang yang menyokong bahwa sistem internasional sekarang ini dikarakterkan oleh meningkatnya interdepedensi atau saling ketergantungan: tanggung jawab terhadap satu sama lain dan dependensi (ketergantungan) terhadap pihak-pihak lain.

2004) hal. Data yang diperoleh nantinya akan dianalisa dengan menggunakan kerangka dasar teori ataupun konsep-konsep yang ditetapkan. Teknik Pengumpulan Data Data-data dalam sutau penelitian mempunyai peranan penting dalam mencari jawaban serta membuktikan hipotesa dalam sebuah penelitian. penulis memberi 16 Lexy J.2 24 . Dimana dalam penelitian kualitatif mempunyai konsep dasar penelitian yang tidak mengadakan perhitungan. (Bandung. jurnal dan berita-berita yang berasal dari berbagai mediacetak dan tulis yang valid serta informasiinformasi yang penulis peroleh melalui internet.literatur-literatur. dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data melalui teknik library research. 1. Agar penelitian ini tidak meluas dari apa yang telah dirumuskan.untuk menjelaskan tentang dampak yang ditimbulkan krisis keungan irlandia terhadak stabilitas perekonomian uni eropa implikasi-implikasi lain yang ditimbulkan oleh krisis keungan ini akan juga dijelaskan. maka peneliti menentukan ruang lingkup yang mencakup dalam penelitian ini. penulis memanfaatkan buku-buku. Oleh karena itu. akan tetapi memanfaatkan data-data yang sudah ada dari berbagai sumber. 1. hingga hasil dari penelitian ini nantinya akan memperoleh hasil yang maksimal.9.2.Moleong. artikel-artikel. Dimana dalam teknik pengumpulan data library research.16 Dalam peneltian ini metode kualitatif tersebut tidak mengadakan perhitungan murni dan mengolah data-data angka. Ruang Lingkup Penelitian Untuk dapat menjadikan penelitian ini lebih terfokus kesatu arah.8. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Untuk dapat menjadikan tulisan ini tersistematis. Namun tidak menutup kemungkinan data yang penulis gunakan melebihi jangkauan waktu yang di fokuskan. Metodologi Penelitian. penulis membagi penjelasan sebagai berikut: BAB I: Pendahuluan Merupakan pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang Masalah. yaitu semenjak dimulainya krisis keuangan global pada tahun 2008 saat negara irlandia ikut memberikan dana talangan untuk penyelamatkan perbankan negara tersebut hingga krisis keungan melanda negara Irlandia dan bergejolak pada perekonomian Uni Eropa.yang berfungsi sebagai data pelengkap karena fenomena krisis keuangan ini masih merupakan permasalahan yang tidak diprediksi kapan datangnya dan hilangnya. Sistematika Penulisan. BAB II: Krisis Keungan Irlandia. Definisi Konsepsional. Definisi Operasional. Sistematika Penulisan Untuk dapat menjadikan tulisan ini mudah dipahami dan dimengerti.batasan waktu jangkauan penelitian. Hipotesis. Yang akan dijelaskan dalam bab ini adalah awal mula terjadinya krisis keungan irlandia. Permasalahan Penelitian. Landasan Teori. faktor yang menyebabkan. Tujuan Dan Mamfaat Penelitian.10. 25 . jalan yang ditempuh pemerintah menanggulangi krisis. 1. pada bagian ini penulis menjelaskan mengenai apa saja yang selanjutnya menjadi ulasan dalam setiap pembahasan. Ruang Lingkup Penelitian.

Bab ini akan menjelaskan kejatuhan mata uang Euro serta faktor yang menyebabkannya. BAB IV: Defisit Anggaran Uni Eropa. 26 . BAB V : Kesimpulan. Bab ini merupakan kesimpulan dari seluruh bab.BAB III: Jatuhnya Nilai Tukar Mata Uang Euro Terhadap Dolar.

2003) Moleong. Ekonomi Politik. Dana Talangan Negara -negara Terkena Krisis. (Bandung. Anak Agung Bayu dan Yayan Mochamad Yani. Kartu Domino dari Eropa. Metodologi Penelitian Kualitatif. 9 januari. Antara news. Bandung. Pelajaran dari Krisis Fiskal Yunani. Kompasiana. 2011.Referensi Book: Deliarnov. Pengantar Ilmu Hubungan Internasiona. Setelah Yunani. Remaja Rosdakarya. Ekonomi-Politik Internasional dan Pembangunan. Ryan Kiryanto ³ mewaspadai krisis irlandia´.. 2008. Politik Global dalam Teori dan Praktek (Graham Iilmu. Remaja Rosda Karya 2004) Perwita. P. februari 2010. Routledge Taylor and Francis Group. Krisis anggaran ancam Eropa´ Bisnis Indonesia. Februari. ³Uni Eropa Sepakat Talangi Irlandia Rp1. Ilmu Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologi. Republika. Pengantar Studi Hubungan Internasional. November 2010. (Yogyakarta. Sofyan Syafri Harahap. Parahiayangan) Mas¶oed. november 2010. Oktober. Giliran Irlandia Sakit .2006) Mass Media Dr Anwar Nasution.013 Triliun ´. and Georg Sorensen. koran jakarta. International Relation: The Key Concepts. (Bandung. (Jakarta:LP3ES 1990) Mas¶oed. Edisi Terjemahan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. November. Tempo.T. (New York. 2002) Jacson. 2006) Griffiths.T. Mohtar. Pustaka Pelajar. 2005) Jemadu. 24 November 2010. Aleksius. Mohtar. Media indonesia. 27 . Robert. 2010. P. Martin and Terry O¶Challaghan. waspada online. (Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Lexy J. Fenomena euro pasca krisis Eropa.2011.

Kementerian PerencanaanPembangunanNasional/Bappenas.mypagerank.net/seomonitor-[75339-75339.Internet and Journal TeoriDominodanGelombangDemokratisasi. Perkembangan Ekonomi MakroSampaiDengan18Februari2011. Bambangprijambodo. 28 .diaksesdari www.Diaksestanggal6 maret 2011.html 6 maret 2011.1].

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->