Introduction to Information Technology

1

Tentang mata kuliah PTI
 Deskripsi  Tujuan: Memahami konsep dasar teknologi informasi, internet, hardware, dan software  SKS: 3  Dosen:
 


Dr. Satwiko Darmesto Ir. Edi Irianto, MT Ir. Bachdi Ruswana, MM Yunarso Anang, M.Eng

2

Tentang mata kuliah PTI
 Text book  Simarmata, Janner; Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi Edisi 1; Penerbit ANDI; 2006  McLeod, Raymond; Management Information System 7th Ed.; Prentice Hall; 1997  Williams/Sawyer; Using information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications 7th Ed; McGraw Hill; 2007 Terjemahan: Penerbit ANDI; 2007
3

Tentang mata kuliah PTI
 Sistem perkuliahan  Penekanan pada hal-hal praktis dan terkini  Metode pembelajaran – Taksonomi tujuan pembelajaran (Benjamin Bloom):
  

Mengingat Memahami Mengaplikasikan, menganalisis, menyintesis, dan mengevaluasi

4

Perkenalan
 Saya…  Nama lengkap?  Nama panggilan?  Asal daerah?  Kapan mulai mengenal dan sejauh mana anda “mengenal” komputer atau teknologi informasi?

6

Dunia Digital Anda 7 .

rumah pintar. ponsel multifungsi. arloji multifungsi. siapa sih yang menggunakannya?  Inti dari semua ini adalah internet.  Dampak:  Informasi berlebih (overload)  Berkurangnya penggunaan otak  Multitasking  Berkurangnya kehati-hatian 8 . dokter gigi canggih.Hal-hal baru perkembangan TI  Perkembangan personal digital technologies: mesin cuci canggih. dll…  Tapi. alat-alat rumah tangga internet.

email. dan dunia elektronik Mesin serbaguna: Berbagai jenis komputer Mengenal komputer anda: Bagaimana cara mengustomasi (atau membuat) PC milik sendiri? Ke mana arah perkembangan TI? 9 . internet.Topik dan pertanyaan kunci  Mengapa belajar dan mendalami komputer      bermanfaat bagi anda? Teknologi Informasi (TI) dan kehidupan anda: The future now TI memasuki segala lini: Ponsel.

Maksud dan tujuan  Apa yang dimaksud dengan belajar dan mendalami komputer dan apa yang bisa didapat?  Mengetahui apa yang mampu dan tidak mampu dilakukan oleh komputer  Mengetahui bagaimana komputer bisa bermanfaat atau justru malah membahayakan  Mengetahui kapan anda bisa menyelesaikan masalah komputer sendiri dan kapan harus meminta bantuan 10 .

Manfaat praktis  Dapat membuat keputusan membeli dengan lebih baik  Mengetahui cara mengatasi masalah-masalah komputer     yang biasa terjadi Mengetahui cara mengupgrade sistem dan mengintegrasikannya dengan produk baru Mengetahui bagaimana cara menggunakan internet secara efektif Mengetahui bagaimana melindungi diri sendiri dari penjahat online Mengetahui beragam penggunaan komputer untuk meningkatkan karir 11 .

yang memungkinkan komunikasi antarkomputer (online. dan karir 12 .Tentang Teknologi Informasi  Maksud TI: Dua komponen teknologi  Teknologi Komputer: Teknologi untuk menerima data dan memroses dan mengubahnya ke dalam bentuk informasi yang bisa kita manfaatkan  Teknologi Komunikasi: Teknologi untuk berkomunikasi jarak jauh. keuangan. pemerintahan. hiburan. jaringan)  Pengaruh TI di bidang pendidikan. kesehatan.

Pengaruh TI di bidang pendidikan  Tawaran pembelajaran yang lebih interaktif dan bersifat individual  Banyak mahasiswa (saat ini) mengenal komputer sejak kecil dan lebih dari separuh *) memiliki komputer sendiri  Email dan internet  Presentasi digital dan WebCT (Web Course Tool) atau e-learning 13 .

Pengaruh TI di bidang kesehatan  Telemedicine (pengobatan jarak jauh)  Informasi medis digital: rontgen. atau robot 14 . hasil tes laboratorium. pengganti(surrogates). detak jantung. radiologi  Konsultasi kesehatan online  Alat pembantu.

Pengaruh TI di bidang kesehatan 15 .

Pengaruh TI di bidang kesehatan 16 .

Pengaruh TI di bidang keuangan  Pembayaran tanpa uang tunai: digital. universal  Online shopping  Pembayaran gaji elektronik  Micropayment 17 . virtual.

com.archive.Pengaruh TI di bidang hiburan  Mulai videogames dan telegambling sampai seni menggambar dan fotografi  Music download  Music online gratis dan legal : www.com. www.team-love.epitonic. www.com.org  Dunia perfilman: animasi dan penyuntingan digital 18 . www.furthurnet.

Pengaruh TI di bidang hiburan 19 .

6/2001. media. dan informatika)  Pajak.Pengaruh TI di bidang pemerintahan  Komunikasi online horisontal dan vertikal  E-government  Instruksi Presiden No. 24 April 2001 tentang telematika (telekomunikasi.com  Perubahan proses politik  Yang baik: komunikasi menjadi lebih mudah  Yang buruk: penyalahgunaan/manipulasi hasil perhitungan pemilu 20 .

Pengaruh TI di bidang karir  Dituntut penguasaan penggunaan komputer di hampir semua pekerjaan  Perubahan cara pencarian pekerjaan  Bursa kerja online  CV digital 21 .

000 25.000 10.000 3.000 9.500 12.com .500 18.300 3.500 6.000 6.000 8.000 6.000 6.000 POSITION INFORMATION TECHNOLOGY Analyst Programmer Systems Programmer/Software Engineer IT Administrator Network Administrator Business/Systems Analyst Database Administrator Software QA/Test Analyst CRM Consultant ERP Consultant Data-warehousing Consultant IT Manager SALES & MARKETING Customer Service Executive Market Researcher Brand/Product Manager Marketing Manager MIN MAX ribu rupiah 4.500 10.000 3.500 7.000 17.500 6.000 2.000 17.000 12.000 11.000 30.500 3.kellyservices.000 22 © 2007 Kelly Services www.000 8.000 13.500 5.500 8.000 2.000 8.000 7.000 8.000 9.000 2.000 2.000 5.000 4.000 3.000 17.000 10.000 15.000 3.000 20.000 15.000 28.Salary Guide 2007 POSITION BANKING & FINANCE Bank Teller Customer Service Officer Accounts Clerk Accounts Supervisor Financial Analyst Finance Manager ENGINEERING & TECHNICAL Electrical/Mechanical Engineer Process Engineer Planning Engineer HUMAN RESOURCES HR Clerk/Assistant HR Officer/Executive Training Executive Training Manager HR Manager MIN MAX ribu rupiah 1.000 7.000 10.000 28.000 20.000 6.500 4.000 4.000 5.000 4.500 6.000 3.750 2.

Tentukan komunikasi yang cocok untuk tiap-tiap media 23 .Pemahaman materi  Apa artinya online  Jelaskan secara singkat tentang cyberspace  Apa yang dimaksud dengan multimedia  Apa yang dimaksud dengan proses download  Berikan beberapa contoh bagaimana teknologi informasi dapat digunakan untuk membantu kita dalam mencari pekerjaan dan agar pekerjaan bisa “menemukan” kita!  Bandingkan penggunaan email. dan surat konvensional lewat pos. telepon.

TI memasuki segala lini ENIAC (Electronic Numeric Integrator and Calculator) Angkatan Darat Amerika Serikat 1946 Ukuran: berat 30 ton. jaringan dan penggunaan internet serta web. panjang 24m. apa arti “cyberspace” atau dunia maya? 24 . tinggi 2 lantai  Bagaimana TI bisa memfasilitasi email.

world wide web.TI memasuki segala lini  Telepon yang berkembang pesat  Dampak email: “You’ve got mail!”  Kemajuan yang sangat singkat: telepon 40 tahun. email hanya 1 tahun lebih. mengapa?  Internet. fax 20 tahun. PC 5 tahun. dan cyberspace  Cyberspace lebih dari sekedar internet  World wide web adalah salah satu komponen internet  Dampak internet  Mahasiswa dan dunia elektronik 25 .

Langkah praktis: mengelola email  Batasi isi email anda sehingga tidak berukuran besar  Bijaklah dalam mengirim lampiran (attachment) email  Berhati-hatilah ketika membuka lampiran yang tidak     anda kenali Waspadalah terhadap email yang anda kirim Beri perhatian lebih terhadap email untuk atasan. teman sekerja. dan pelanggan Jangan menggunakan email untuk mengekspresikan kritik dan sarkasme Ingatlah bahwa email yang anda terima di kantor adalah milik atasan anda juga 26 .

Mesin serbaguna: Berbagai jenis komputer  Mesin serbaguna (all purpose machine) kemampuan untuk mengerjakan banyak tugas  Apa saja lima macam ukuran komputer dan apa yang dimaksud dengan client dan server? FLOPS: Floating-point Operations Per Seconds. Contoh: kalkulator saku 10 FLOPS. Digunakan untuk mengukur kinerja komputer terutama di bidang saintifik. manusia miliFLOPS Info! 27 .

Superkomputer  Harga: 1 sampai 350 juta dolar  Kemampuan: bisa mengerjakan lebih dari beberapa triliun perhitungan setiap detik  Aplikasi:  Sensus penduduk  Ramalan cuaca  Desain pesawat  Demografi  Animasi 28 .

Komputer mainframe  Harga: 5 ribu sampai 5 juta dolar  Kemampuan: bisa memroses jutaan transaksi per detik  Ukuran: kecil (minicomputer). sedang (midsize conputer). perguruan tinggi 29 . besar  Aplikasi: perbankan dan asuransi. penerbangan.

teknik dan manufaktur. matematika dan statistik.Workstation  Mulai muncul tahun 1980  Kemampuannya seragam dengan midsize mainframe  Aplikasi: perhitungan saintifik. grafik dan animasi 30 .

Mikrokomputer  Atau disebut Personal Computer (PC)  Lebih mudah didapatkan dibanding workstation  Variasi:  PC Desktop  PC Tower  Notebook  Netbook  PDA 31 .

kamera. mobil. 32 . music player. alat rumah tangga elektronik. dll.Mikrokontroler  Atau disebut embedded computer  Aplikasi: ponsel.

Client and Server  Server adalah komputer sentral (atau terpusat) yang menangani kumpulan data (database) dan program untuk menghubungkan dan memberi layanan ke PC/workstation dan alat-alat lain yang disebut client  Client dan server terhubung melalui kabel atau wireless – jaringan client/server 33 .

Mengenal komputer anda  Tiga konsep penting  Tujuan komputer  Perbedaan hardware dan software  Operasi dasar  Empat operasi dasar  Input (input)  Pemrosesan (process)  Penyimpanan (storage)  Output (output) 34 .

suara kandidat pemilu. jumlah penduduk per wilayah atau per kelompok umur. Misalnya.Tujuan komputer  Mengubah data ke dalam bentuk informasi  Data: Terdiri dari fakta-fakta dan gambar mentahan yang akan diproses menjadi informasi. 35 . data survei dan sensus. Misalnya. jumlah suara untuk setiap kandidat.  Informasi: Data yang telah dirangkum atau dimanipulasi dalam bentuk lain untuk tujuan pengambilan keputusan.

Open Office. dan alat pemroses itu sendiri (processor).  Software: Terdiri dari instruksi-intruksi elektronik yang meminta komputer untuk mngerjakan tugastugas tertentu. printer. Contohnya Microsoft Windows. Linux. iTunes. layar. 36 . MacOS. Microsoft Office.Perbedaan hardware dan software  Perbedaan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)  Hardware: Semua mesin dan peralatan pada sistem komputer. casing. termasuk keyboard.

 Output: Hasil apa pun yang “keluar” dari sistem komputer – hasil pemrosesan berupa informasi seperti gambar di layar. suara. musik di speaker.Operasi dasar komputer  Semua komputer mempunyai empat operasi dasar  Input: Segala sesuatu yang “dimasukkan” ke sistem komputer.  Pemrosesan: Manipulasi yang dilakukan komputer untuk mengubah data menjadi informasi. warna. tekanan.  Penyimpanan: Menyimpan data untuk sementara waktu (= Primary Storage atau memory) dan secara permanen (= Secondary Storage atau storage). dll. angka. simbol. suhu. cahaya. yang terdiri dari data huruf. dll. Pusat pemrosesan ada di CPU (Central Processing Unit). katakata di kertas.  Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi dengan koneksi kabel atau wireless – empat operasi di atas bisa dilakukan secara terpisah 37 .

Operasi Dasar Komputer 38 .

dll. dan karakter lainnya ke prosesor. Del. Termasuk beberapa tombol khusus yang bisa diprogram sendiri. angka.Input: Keyboard dan Mouse Keyboard Harga: 22-70 dolar Fungsi: Mengirimkan sinyal data huruf. Alt. Mouse Harga: 25-100 dolar Fungsi: Mengirimkan sinyal tentang posisi cursor dan operasinya ke prosesor. Termasuk beberapa tombol khusus seperti Ctrl. 39 .

hard-disk drive.Pemrosesan: Sistem internal Casing Harga: 80-160 dolar Fungsi: Sebagi kotak yang mewadahi chip prosesor (CPU). dan motherboard. chip memoryi. 40 . serta dilengkapi dengan power-supply dan kipas pendingin. Kadang termasuk juga alat penyimpan sekunder – floppy disk drive. CD/DVD drive.

kepingan silikon untuk melakukan pemrosesan data. Chip Memori Harga: 20-150 dolar Fungsi: Chip memory (RAM = Random Access Memory). Kemampuan (juga harganya) ditentukan oleh kecepatan pemrosesan dan teknologinya. Umumnya hanya untuk penyimpanan sementara (primary). 41 . untuk menyimpan data yang akan/sedang/sudah diproses.Pemrosesan: Sistem internal – 2 Chip Prosesor Harga: 65-900 dolar atau lebih Fungsi: Chip prosesor (CPU = Central Processing Unit).

Pemrosesan: Sistem internal – 3 Motherboard Harga: 100-180 dolar 42 .

CD/DVD drive Harga: 50 dolar Fungsi: Untuk membaca data yang terekam di CD/DVD. Software juga umumnya disimpan di sini. 43 .Penyimpanan: HD dan CD/DVD drive Hard-disk drive Harga: 100 dolar ke atas Fungsi: Untuk menyimpan data dan informasi secara permanen (secondary).

44 .Output: Sound dan Video card Sound card Harga: 30-200 dolar Fungsi: Untuk mengirim data/informasi dalam bentuk sinyal suara ke perangkat audio seperti speaker. Juga berfungsi sebagai penerima sinyal dari perangkat audio seperti microphone. Juga berfungsi sebagai penerima sinyal tv/video jika dilengkapi dengan fungsi tersebut. Video Card Harga: 50-500 dolar Fungsi: Untuk menampilkan data/informasi dalam bentuk teks/gambar ke monitor atau perangkat visualisasi lainnya.

Printer Harga: 50-700 dolar atau lebih Fungsi: Menerima dan mengubah sinyal elektrik dari komputer menjadi teks/gambar.000 dolar Fungsi: Menerima dan mengubah sinyal elektrik dari video card menjadi teks/gambar.Output: Monitor dan Printer Monitor Harga: 100-200 dolar. 200-1. 45 .

46 .). atau gelombang radio (3G dsb. Network Interface Card (NIC) Harga: 20-80 dolar Fungsi: Mengirim dan menerima data melalui kabel jaringan (LAN) atau jaringan via gelombang radio (wireless LAN). kabel TV.Komunikasi: Modem dan NIC Modem Harga: 40-100 dolar Fungsi: Mengirim dan menerima data melalui kabel telepon.

Open Office.  Contoh: Microsoft Office. *nix  Aplication Software  Membantu pengguna komputer untuk mengerjakan tugas tertentu – memecahkan masalah. MacOS. dll. Adobe Photoshop.Perangkat Lunak  System Software  Berfungsi membantu komputer mengerjakan tugas utamanya serta memungkinkan software aplikasi bisa berjalan  Contoh: Windows. hiburan. AutoCad 47 .

Apakah merakit PC sendiri menyenangkan?  Lebih kurang bisa berhemat  Pengetahuan bertambah  Bisa memperoleh konfigurasi komputer yang “selangkah dua langkah lebih maju” 48 .

misalnya suara.Ke mana arah perkembangan TI?  Tiga arah perkembangan komputer:  Miniaturisasi: Semua menjadi lebih kecil  Kecepatan: Pemrosesan menjadi lebih cepat  Keterjangkauan: Lebih mudah untuk didapatkan  Tiga arah perkembangan komunikasi  Konektivitas: Semua terhubung secara online  Interaktivitas: Komunikasi dua arah  Multimedia: Komunikasi dengan berbagai media. video. teks. gambar. dll 49 .

Komputer dan Komunikasi  Konvergensi: Gabungan beberapa industri dengan beragam peralatan yang bisa saling bertukar data. dan media massa.  Kolaborasi: Kemudahan untuk “berbagi-pakai” berbagai data dan informasi. Misalnya komputer. 50 .  Portabilitas: Semua perangkat komputer dan komunikasi menjadi portable dan mobile. hiburan. komunikasi. elektronik.  Personalisasi: Penyajian informasi sesuai dengan keinginan pengguna (personalization/customization).

 Etika dan keamanan: Komputer yang aman menjaga manusia tetap beretika dan jujur. atau biaya di luar perkiraan. TI lebih sulit diprediksi. 51 .“E” juga berarti Etics  Kecepatan dan skala: Banyak informasi bisa disimpan. misalnya TV dan mobil.  Kompleksitas: Berkembang menjadi sulit dipahami bahkan oleh pembuatnya. dan ditransmisikan pada kecepatan dan skala yang dulu tidak mungkin. Sulit dikontrol sehingga bisa mengakibatkan masalah. kecurangan.  Tidak bisa diprediksi: Dibandingkan dengan tekonologi lain. diambil.

Organisasi dan manajemen waktu yang lebih baik Menghadapi banjir informasi di kampus & kehidupan seharihari 52 .

seminggu.Cara belajar  Gunakan “waktu belajar utama” – gunakan waktu anda dalam sehari. di mana energi anda berada di puncak  Buat jadwal belajar selama satu semester  Carilah tempat yang nyaman untuk belajar  Hindari waktu yang terbuang percuma  Perbaiki kemampuan mengingat anda  Jauhi gangguan – dari luar dan dalam  Bersikaplah rileks ketika belajar dan jangan memaksakan diri – hindari sistem SKS  Review secara berulang-ulang – meskipun telah beberapa kali memperlajarinya  Gunakan kiat-kiat khusus dalam menghafal 53 .

Cara belajar – lanjutan  Tingkatkan keterampilan membaca – metode SQ3R (survey. read. question. review)  Survey: Cari ringkasan bab sebelum anda membaca  Question: Buat pertanyaan pada setiap segmen di bab yang hendak and baca  Read: Mulai baca segmen yang sudah dibuat pertanyaannya  Recite: Bacalah dengan suara keras (atau pelan-pelan bersuara)  Review: Setelah selesai satu bab ulangi lagi dari awal 54 . recite.

P. (New York: Harper & Row. 1970) 55 . Effective Study 4th Ed. Robinson.Cara belajar – lanjutan  Belajar dari kuliah – Riset membuktikan bahwa mahasiswa yang memiliki nilai minimal B masuk kuliah lebih sering dibandingkan yang memiliki nilai C 1)  Buatlah catatan dengan cara mendengar aktif     Pahami penjelasan pengajar – baca materi sebelumnya bila ada Dengarkan kata-kata kunci Buat catatan dengan kata-kata sendiri Bertanyalah  Review catatan anda secara rutin 1) F.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.