Febby Febrino Ibnu / 0810852029 Global Social Movements

Global Social Moverment merupakan sebuah gerakan untuk memperjuangkan hal-hal yang bersifat penting menyangkut kepentingan global, seperti: gerakan feminist dan environmentalis yang telah efektif telah menggunakan strategi reformasi radikal untuk mentransformasi globalisasi. Dalam memahami GSM kita perlu untuk memahami perbedaan-perbedaan yang ada dan motivasi dari masing-masing GSM itu. Kita juga harus memahami globalisasi top down dan juga globalisasi bottom up atau dalam bahasa yang lebih mudah global sama dengan buruk dan lokal sama dengan baik. Jadi dalam hal ini saya melihat bahwa global social movement ini dalam mendorong kosmopolitanisme tidak harus dengan adanya keseragaman tetapi unity in diversity persatuan dalam perbedaan. Karena setiap orang, individu mempunyai latar belakang yang berbeda-beda dan mempunyai kebutuhan yang berbeda pula. Gerakan sosial ternyata memiliki akar-akar sejarah yang panjang dalam berbagai masyarakat di berbagai negara. Di Inggris misalnya, gerakan buruh yang bertujuan untuk memperbaiki nasib para pekerja ini dalam menghadapi majikan akhirnya berbentuk partai politik. Di bawah Tony Blair, Partai Buruh mengalahkan dominasi Partai Konservatif pada tahun 1997. Kemenangan dicapai setelah ia membawakan arus reformasi yang mengubah tatanan dan pemikiran Buruh lama menjadi Buruh baru. Jika diamati secara seksama jelas bahwa gerakan sosial akan senantiasa muncul dalam masyarakat apakah bentuknya kecil atau besar, lama atau sebentar. Namun yang jelas sebagai sebuah aktivitas kemasyarakatan gerakan sosial tidak berhenti pada suatu titik, akan selalu datang susul menyusul dari satu gerakan ke gerakan lain. Semua itu bisa terjadi karena, sifat masyarakat sendiri yang terus berubah. Perubahan itu terjadi karena arus baru dalam diri masyarakat itu sendiri yang menginginkan perubahan. Perubahan itu juga terjadi kalau ada tekanan internasional. Faktor eksternal dari sistem masyarakat itu sendiri melahirkan masukan yang kemudian mempengaruhi pola pikir dan budaya masyarakat. Semakin terbuka suatu masyarakat maka semakin besar peluang tumbuhnya gerakan-gerakan sosial yang memperjuangkan kepentingan masyarakat. 1. GSM yang bertujuan merubah kebijakan Gerakan anti nuklir adalah sebuah gerakan sosial yang menentang penggunaan teknologi nuklir . Banyak aksi langsung kelompok, lingkungan kelompok, dan profesional organisasi telah mengidentifikasi diri mereka dengan gerakan di, nasional, dan internasional tingkat lokal. Mayor -kelompok anti nuklir termasuk Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir , Friends of the Earth ,

Baru-baru ini. penelitian akademis dan penulisan. isu tenaga nuklir telah kembali ke dalam kebijakan energi diskusi di beberapa negara. Berbagai komunitas telah bekerja tidak hanya bersama. atau bekerja menuju pembebasan bagi masyarakat yang lebih luas dari penindasan seksual . setelah hubungan masyarakat kegiatan oleh industri nuklir. dan bahkan kegiatan usaha. seperti lobi dan pawai jalanan . film dan literatur. meskipun boleh dibilang dua organisasi datang . InterPride oleh koordinasi dan jaringan gay pride eksis di seluruh dunia. majalah. dan kekhawatiran tentang perubahan iklim . tetapi juga independen satu sama lain dalam berbagai konfigurasi. beberapa juga berfokus pada pembangunan komunitas LGBT. Sikap Publik terhadap tenaga nuklir tetap ambigu di negara maju banyak. 2. juga disebut hak-hak gay dan hak-hak gay dan lesbian. dan sosial saling berbagi tujuan gerakan terkait transgender penerimaan sosial seksual dan gender minoritas . dan Informasi Nuklir dan Sumber Daya Jasa . dan International Gay dan Lesbian Komisi Hak Asasi Manusia (IGLHRC) yang membahas hak asasi manusia pelanggaran terhadap kaum LGBT dan HIV orang positif dan bekerja dengan PBB dianggap sebagai masyarakat luas termasuk LGBT semua dan kepentingan. Dokter Internasional untuk Pencegahan Perang Nuklir .sikap nuklir. Di Amerika Serikat. Gerakan LGBT Lesbian.Greenpeace . kelompok pendukung dan acara komunitas. aktivisme transgender . feminisme lesbian . bagaimanapun. LGBT gerakan terorganisir saat ini terdiri dari berbagai aktivisme politik dan kegiatan budaya. gay. ada protes tentang. kelompok sosial. dengan oposisi yang signifikan bahkan ketika pendapat mayoritas adalah mendukung. Pada saat yang sama beberapa lingkungan telah mengadopsi lebih pro. dan kritik. beberapa reaktor nuklir proposal baru beberapa keberatan terhadap lisensi perpanjangan untuk pembangkit nuklir yang ada. LGBT dan sekutu mereka memiliki sejarah panjang kampanye untuk apa yang umumnya disebut hak-hak LGBT. Pentingnya belajar GSM bagi seorang sarjana HI . meskipun fokus telah bergeser untuk menyertakan oposisi terhadap penggunaan tenaga nuklir . Sebuah pernyataan tujuannya biasanya adalah kesetaraan sosial bagi orang-orang LGBT. Ada laporan tentang kebangkitan-gerakan anti nuklir di Jerman dan protes di Perancis tahun 2004 dan 2007. Tidak ada satu organisasi yang mewakili orang LGBT semua dan kepentingan. kemajuan teknologi tenaga nuklir . Tujuan awal gerakan itu perlucutan senjata nuklir . biseksual. termasuk pembebasan gay .

karena dapat memberikan pengetahuan. sistem. Di samping itu dapat memperdalam gambaran mengenai arti penting dari sebuah usaha mencapai perubahan yang secara tidak langsung mengubah struktur. . kebijakan dan bahkan pemerintahan dalam kaitannya dengan hubungan internasional antar negara. wawasan dan pemahaman mengenai pergerakanpergerakan global yang telah dan sedang terjadi yang dapat memberikan pengaruh yang nyata pada dunia internasional.Gerakan Sosial Global atau Global Sosial Movement sangatlah penting untuk dipelajari oleh seorang sarjana HI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful