BAB I PENDAHULUAN I.

1 Latar Belakang Masalah Musik selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Manusia sebagai penikmat dan pelaku musik tidak bisa memungkiri bahwa musik adalah bagian dari keseharian mereka. Dengan musik, manusia dapat mengekspresikan dan mengeluarkan isi hati mereka. Musik mempunyai pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. Di zaman yang semakin modern ini, musik tidak hanya digunakan sebagai hiburan semata, tetapi juga digunakan di dalam aspek kehidupan lain seperti pengobatan. Musik juga memberikan pengaruh bagi kejiwaan seseorang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Stuart Cadwallader dan Jim Campbell dari National Academy for Gifted and Talented Youth University of Warwick di Coventry, Inggris, musik dapat mempengaruhi kejiwaan dan semangat seseorang dalam menghadapi masalah dan kesehariannya. Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan. I.2 Identifikasi Masalah Sesuai dengan judul makalah ini “Musik dan Pengaruhnya Terhadap Manusia”, terkait dengan bertambah majunya industri musik di Indonesia. Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut : 1. Bagaimana sejarah perkembangan musik. 2. Bagaimana pengaruh musik terhadap kehidupan manusia. 3. Fungsi musik bagi kehidupan manusia

1

I.3 Pembatasan Masalah Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah : a. Sejarah perkembangan musik sejak abad pertengahan; b. Pengaruh musik terhadap suasana hati manusia. c. Fungsi musik secara umum d. Fungsi musik sebagai alat politik e. Fungsi musik bagi kesehatan manusia I.4 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Bagaimana sejarah perkembangan musik? 2. Apa pengaruh yang diberikan musik terhadap kehidupan manusia? 3. Apa fungsi musik selain untuk hiburan semata?

2

tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi. yang menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang. termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik adalah bahwa musik tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi.1 Sejarah Perkembangan Musik Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. perkembangan Musik pada Zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat. contohnya bunyi derap langkah sepatu seseorang yang sedang berjalan ataupun bunyi air hujan yang jatuh ke tanah. bass. sebagai sarana hiburan. Hampir tidak mungkin manusia tidak pernah mendengar musik seumur hidupnya. atau alat musik lainnya. Musik tidak hanya bunyi yang dikeluarkan melalui alat-alat musik seperti gitar. piano. drum. Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050 M) 3 . II. PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA TERBAGI DALAM ENAM ZAMAN : II. Musik juga dikeluarkan melalui bunyi-bunyi yang beraturan. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan.disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat.BAB II PEMBAHASAN Musik adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.11. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan. Zaman Abad Pertengahan Zaman Abad Pertengahan sejarah kebudayaan adalah Zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572M).

2. 2. Galilei (1533 – 1591) dari Italia. 4 . Sebaliknya musik Gereja mengalami kemunduran. Opera adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oleh para penyanyinya. nyanyian keperwiraan. II. sehingga munculah musik Instrumental. 4. 3. Komponis-komponis pada Zaman Renaisance diantaranya : 1. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal. Di kota Florence berkembang seni Opera. Adam de la halle dari Jerman. Jean Baptiste Lully (1632 – 1687) dari Prancis.2. Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) dari Italia. Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi. Zaman Renaisance (1500 – 1600) Zaman Renaisance adalah zaman setelah abad Pertengahan.1.Musik dengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. Musik dipelajari dengan ciri-ciri khusus. Claudio Monteverdi (1567 – 1643) dari Venesia. Pelopor Musik pada Zaman Pertengahan adalah : 1. contoh nyanyian percintaan. Musik Greogrian disempurnakan oleh Paus Gregorius. Gullanme Dufay dari Prancis.

Misa dalam b minor. meninggal tanggal 28 Juli 1750 di Leipzig Jerman. Komponis-komponis pada Zaman Barok dan Rokoko : A. St. Hasil karyanya yang amat indah dan terkenal: 1. yaitu adanya pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik). 2.3. 6 buah Konserto Brandenburg Gubahan-gubahannya mendasari musik modern. Sebastian Bach menciptakan musik Koral (musik untuk Khotbah Gereja) dan menciptakan lagu-lagu instrumental. 3.II. 13 buah konser piano dengan orkes 4. Kedua aliran ini hampir sama sifatnya. Zaman Barok dan Rokoko Kemajuan musik pada zaman pertengahan ditandai dengan munculnya aliran-aliran musik baru. Pada akhir hidupnya Sebastian Bach menjadi buta dan meninggal di Leipzig 5 . Johan Sebastian Bach Lahir tanggal 21 Maret 1685 di Eisenach Jerman. diantaranya adalah aliran Barok dan Rokoko. Perbedaannya adalah bahwa musik Barok memakai Ornamentik yang deserahkan pada Improvisasi spontan oleh pemain. Mathew Passion. sedangkan pada musik Rokoko semua hiasan Ornamentik dicatat.1.

Zaman Klasik (1750 – 1820) Sejarah musik klasik dimulai pada tahun 1750. 2.B. Crassendo dan Decrasscendo. Tahun 1712 ia kembali mengunjungi Inggris. Fire Work Music (Musik Petasan). Water Musik (Musik Air). Pemakaian Ornamentik dibatasi 6 . meninggal di London tanggal 14 April 1759. Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut). yang merupakan Oratorio (nama sejenis musik) yang terkenal. Ciri-ciri Zaman musik Klasik: a.4. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut. c. 1. Semasa kecilnya dia sudah memperlihatkan bakat keahlian dalam bermain musik. George Fredrick Haendel Lahir di Halle Saxony 23 Februari 1685 di London. Dia meninggal di London dan dimakamkan di Westminster Abbey. II. setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. Pada tahun 1703. Water Musik dan Fire Work Music merupakan Orkestranya yang paling terkenal. ia pindah ke Hamburg untuk menjadi anggota Orkes Opera. Hasil ciptaannya yang terkenal adalah . 3. Messiah.1. b.

1. tapi ia sangat miskin dan dalam keadaan yang sengsara. Musik bukan saja 7 . Hasil karyanya adalah : Requiem Mars. Konserto Piano. 40 buah Simfony. Di Wina ia diakui sebagai Komponis Austria yang handal. Biarpun memperoleh banyak sukses. Zaman Romantik (1820 – 1900) Musik romantis sangat mementingkan perasaan yang subyektif. Pada usia 3 tahun ia telah dapat menghasilkan melodi dan menerapkan accor pada hrpsikord. Wolfgang Amandeus Mozart (1756 – 1791) Lahir pada tanggal 27 januari 1756 di Salzburg Austria. Frans Joseph Haydn (1732 – 1809). Penggunaan Accord 3 nada. Kuintet Biola Alto. Opera Don Geovani. Pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina dan mengarang ciptaan-ciptaannya yang termahsur.5. yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony. 87 buah kuartet. Pada usia 5 tahun ia telah mulai menciptakan lagu dan muncul didepan umum pada usia 6 tahun. Karya ciptaannya yaitu : Sonata Piano. ia meninggal tanggal 31 Mei 1809 di Wina Austria. 2. ia meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. Lahir di Rohrau Austria. Joseph Haydn termashur sebagai Bapak Simfony yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang kita kenal sekarang. II. Komponis-komponis pada Zaman Klasik antara lain : 1. Dalam sejarah musik. Permainannya sangat menakjubkan. 100 buah simfoni. kemudian bersama saudara perempuannya mengadakan Tour keliling Eropa. 24 buah opera.d. Ia menulis banyak komposisi dalam bentuk yang berbeda-beda tetapi berpegang kuat pada gaya klasik murni. meninggal tanggal 5 Desember 1791 di Wina Austria. sehingga dijiluki Anak Ajaib.

dipergunakan untuk mencapai keindahan nada-nada. akan tetapi digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Pada tanggal 26 Maret 1827. Ludwig Von Bethoven dari Jerman. ia meninggal tanggal 26 Maret 1827 di Wina Austria. e. Francois Fredrick Chopin dari Polandia d. Ludwig Von Beethoven (1770 – 1827) Lahir Desember 1770 di Bonn Jerman. Sejak usia 4 tahun dia belajar musik dibawah asuhan ayanhnya.9 buah symfoni 8 . Riwayat Haidup Komponis Zaman Romantik : A.5 buah sonata cello dan piano. Robert Alexander Schumann dari jerman. Pada waktu ciptaannya Ninth Symphonies lahir. dan usia 50 tahun pendengarannya tuli sama sekali. Oleh karena itu. Hasil ciptaannya antara lain : . c. ia tidak mampu lagi mendengarkan hasil karyanya itu. . b. Johanes Brahms dari Hamburg Jerman. Pada usia 30 tahun pendengarannya mulai berkurang. kemudian Mozart memberi bimbingan musik kepadanya. dinamika dan tempo banyak dipakai. Pada usia 17 tahun ia pergi ke Wina menemui komponis Mozart. sehingga ia dapat menjadi pemain musik yang baik danm komonis yang berbakat. dia meninggal di Wina. Franz Peter Schubert dari Wina. Ia hidup dengan sangat menderita. Komponis-komponis pada Zaman romantis adalah : a. Ia menamakan dirinya sebagai Pujangga Nada. tetapi mampu menciptakan Sonata dunia yang paling indah.

Ia tidak dikenal orang banyak dan berpesan agar dikuburkan dekat makan Beethoven. Lohengrin. meninggal 13 Februari 1883 di Venesia. Gretchen At The Spining Sheel. The Wild Rose. misalnya penemuan dibidang teknik seperti Film. ia meninggal 3 April 1897 di Wina Austria. Kebanyakan lagu-lagu solo. Franz Peter Scubert (1797 – 1828) Lahir di Wina 31 Januari 1797. Die Maistersinger Von Hurberg. dan Televisi. Kemudian ia memperdalam pengetahuan musiknya dibidang komposisi. Hasil ciptaannya antara lain : Tannhauser.6. karyanya sangat indah. B. Radio. Hasil ciptaannya : Hungarian Dance. Schubert mempunyai suara yang merdu dan menjadi penyayi paduan suara Imperial Choir. Der Fliegende Holander. Komponis-komponis pada Zaman Modern : 9 .. pada usia 14 tahun ia telah menjadi pianis yang baik. Muskoor Ein Deusches Requiem. Pada masa ini orang ingin mengungkapkan sesuatu dengan bebas.1. Antinghed Symphony. Wilhelm Richard Wagner (1813 – 1883) Lahir tanggal 22 Mei 1813 di Leipzig Jerman. Kuartet gesek.32 sonata piano. dia meninggal tanggal 19 Desember 1828. C. Dia meninggalkan 100 buah hasil karyanya.. Zaman Modern (1900 – sekarang) Musik pada Zaman ini tidak mengakui adanya hukum-hukum dan peraturanperaturan. karena kemajuan ilmu dan teknologi yang semakin pesat. Johannes Brahms (1883 – 1897) Lahir 7 Mei 1883 di Hamburg Jerman. The Erl King. D. Dia adalah seorang komponis terakhir dari aliran Romantik. II. Pada waktu meninggal. Ciptaannya antara lain : Ave Maria.

10 . cinta. orang juga bisa belajar dari pengalamannya sendiri. 3. II. suka-duka.2.1.2 Fungsi Musik Sebagai bagian dari kesenian yang merupakan salah satu dari tujuh unsur kebudayaan universal. Di Barat musik digunakan untuk menstimulasi perilaku sehingga dalam masyarakat mereka ada lagu-lagu untuk menghadirkan ketenangan.2 Fungsi Penikmatan Estetis Pada dasarnya setiap orang telah dikaruniai oleh Tuhan dengan berbagai kemampuan belajar (ability to learn) dan bakat (talent) tentang apa saja.1 Fungsi Ekspresi Emosional Pada berbagai kebudayaan. Edward Benyamin Britten dari Inggris. dan bahkan mereka telah mulai dengan cara-cara mengotak-atik nada-nada sesuai dengan suasana hatinya. 4. Selain bisa belajar dari lingkungan alam dan sosialnya. Para pencipta musik dari waktu ke waktu telah menunjukkan kebebasannya mengungkapkan ekspresi emosinya yang dikaitkan dengan berbagai objek cerapan seperti alam. Bella Bartok dari Honggaria. musik memiliki fungsi sosial yang secara universal umumnya dapat ditemukan di setiap kebudayaan suku bangsa manapun di seluruh dunia. musik memiliki fungsi sebagai kendaraan dalam mengekspresikan ide-ide dan emosi. Igor Fedorovinsky dari Rusia 5. pikiran. II. Setiap orang memiliki kemampuan dan kecepatan berbedabeda dalam hal mencerap atau memahami keindahan tentang apa saja termasuk pula keindahan musik. Maurice Ravel dari Prancis.2. amarah. II. Claude Achille Debussy dari Prancis 2.

melodi yang menyentuh kalbu. Seseorang bisa saja tidak memahami teks musik. Jika para penikmat musik klasik sangat senang dengan kompleksitas bangun musik dan orkestrasinya. II.4 Fungsi Komunikasi Musik sudah sejak dahulu digunakan untuk alat komunikasi baik dalam keadaan damai maupun perang. dan harmonis. Komunikasi bunyi yang menggunakan sangkakala (sejenis terompet). 11 . Setiap jenis musik memiliki keunikan melodis. tetapi ia cukup terpuaskan atau terhibur hatinya dengan pola-pola melodi.2. maupun terkait dengan komposisi dan instrumentasinya. Musik sebagai salahsatu cabang seni juga memiliki fungsi menyenangkan hati. Komunikasi elektronik yang menggunakan telepon semakin hari semakin banyak menggunakan bunyi-bunyi musikal. bahasa melodi. maka orang perlu belajar dengan cara membiasakan diri mendengarkan musik-musik kesukaannya sendiri. membuat rasa puas akan irama. ritmis. kentongan juga digunakan sebagai alat komunikasi keamanan di Jawa. maka pencinta musik pop lebih terhibur dengan teks syair. atau bahkan hanya popularitas penyanyinya saja. atau keteraturan dari harmoninya. II. terompet kerang juga digunakan dalam suku-suku bangsa pesisir pantai. Kini musik bahkan ditengarai lebih berfungsi hiburan karena industri musik berkembang dengan sangat cepat.3 Fungsi Hiburan Hiburan (entertainment) adalah suatu kegiatan yang menyenangkan hati bagi seseorang atau publik.2.Untuk menikmati rasa indah (estetis). Bunyi-bunyi teratur. atau polapola ritme dalam irama musik tertentu. dan teriakan-teriakan pun dikenal dalam suku-suku asli yang hidup baik di pegunungan maupun di hutan-hutan. dan menggunakan alur-alur melodi itu menandakan adanya fungsi komunikasi dalam musik. atraksi panggung. berpola-pola ritmik. Kemudian ia bisa mulai mencoba mendengarkan musik-musik jenis lain yang baru didengarnya dan kemudian akan menyukainya.

AT Mahmud. sayangi tanaman dan binatang.II. Mereka menciptakan lagu-lagu populer yang menggunakan syair-syair menyentuh perhatian publik seperti yang dilakukan oleh Bimbo. dan lain sebagainya. II. hormat kepada orangtua. Ade. rasa bangga.5 Fungsi Representasi Simbolik Dalam berbagai budaya bangsa.7 Fungsi Pendidikan Norma Sosial Musik banyak pula digunakan sebagai media untuk mengajarkan norma-norma. misalnya lagu yang bertema PNS. dan masih banyak lagi. Pada umumnya para pencipta lagu itu melakukan kritik sosial dan bahkan protes keras terutama ditujukan kepada pemerintah. kenyamanan hidup. suku-suku. Iwan Fals. generasi muda yang tanpa arah. Ebiet G. atau perasaan-perasaan khas mereka disimbolkan melalui musik baik secara sendiri maupun menjadi bagian dari tarian. kepatuhan. kesejahteraan sosial. Pak Kasur.6 Fungsi Respon Sosial Para pencipta lagu nasional Indonesia sangat peka terhadap adanya kondisi sosial. Kesenangan.2. dan semua norma-norma kehidupan bermasyarakat telah mendapatkan perhatian yang sangat penting dari para pencipta lagu tersebut. Keindahan alam. cinta keindahan. kesedihan. II. penderitaan anak jalanan.2. Pak Daljono. Ibu Sud—semua berupaya mengajarkan anak-anak berperilaku sopan. Harry Roesli. dan upacara-upacara. patuh pada guru. penghormatan. Gombloh.2. aturan-aturan yang sekalipun tidak tertulis namun berlaku di tengah masyarakat.2. kesetiaan. dan kegelisahan masyarakat. syair-syair. halus. dan lain sebagainya. II. Para pencipta lagu anak seperti Bu Kasur. tingkat kesejahteraan rakyat.8 Fungsi Pelestari Kebudayaan Lagu-lagu daerah banyak sekali berfungsi sebagai pelestari budayanya. Para pengamen jalanan juga tak kalah seru mengumandangkan lagulagu protes sosialnya. karena tema-tema dan cerita di dalam syair menggambarkan budaya secara jelas. Ully Sigar Rusady. dan rasa memiliki. atau daerah-daerah yang masih mempertahankan tradisi nenek-moyang mereka. musik digunakan sebagai sarana mewujudkan simbol-simbol dari nilai-nilai tradisi dan budaya setempat. Syair12 .

Bagimu Negeri. Musik Sunda dan sekitarnya di Propinsi Jawa Barat memiliki rasa yang sangat khas adalah bagian dari upacara-upacara sosial dan keagamaan masyarakatnya. Keaneka-ragaman budaya yang sangat banyak jumlahnya harus dirangkum dalam satu kesatuan budaya nasional tanpa meninggalkan budaya-budaya lokal. mulai dari yang klasik hingga kini yang berwarna populer seperti musik campursari. contohnya antara lain Berkibarlah Benderaku. dan bahasa. melodi-melodi yang bernuansa Jawa dari karawitan. Rayuan Pulau Kelapa. Dalam kesatuan tanah air. Indonesia Pusaka. Sulawesi. Tetapi. Bali. Ada budaya Jawa yang dilestarikan melalui syair-syair berbahasa Jawa. Mars Pancasila. dan Syukur. Lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Soepratman adalah lagu atau musik yang diciptakan untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang mendiami daerah-daerah di wilayah Nusantara yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil. digemari masyarakat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melengkapi musik kroncong yang lebih dahulu berkembang.10 Fungsi Promosi Dagang Musik yang dikreasi untuk kepentingan promosi dagang kini banyak berkembang seiring dengan laju pertumbuhan iklan yang disiarkan melalui radio-radio siaran dan 13 . Halo-Halo Bandung. II. lagu-lagu nasional Indonesia juga tidak sedikit yang bisa berfungsi sebagai pemersatu bangsa sekalipun bukan sebagai lagu kebangsaan. II. bangsa. dan watak dari budaya masing-masing. Satu Nusa Satu Bangsa. Lagu-lagu Jawa. semangat kebangsaan. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan terutama musiknya seperti termasuk yang paling dikenal dunia seperti Jawa Timur.syair lagu sering juga berasal dari pantun-pantun yang biasa dilantunkan oleh masyarakat adat dan daerah-daerah di Indonesia. dan bahkan Papua. Budaya Minangkabau dapat dipertahankan keberadaannya dengan berbagai cara.2. tetapi musik Minang sangat jelas karakteristiknya yang mudah mewakili daya tarik terhadap tempat berkembangnya budaya itu ialah Propinsi Sumatera Barat dan sekitarnya. Hari Merdeka. Indonesia diperkenalkan kepada dunia melalui Indonesia Raya.2.9 Fungsi Pemersatu Bangsa Setiap bangsa memiliki lagu kebangsaan (national anthem) yang mewakili citarasa estetik. Bangun PemudiPemuda. Kalimantan.

Hal tersebut dilakukan karena Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia. ketika rakyat Indonesia bersemangat mengatur keamanan dan mempersiapkan kemerdekaannya. bahkan lagu yang dulu dibuat demi pemerintah Jepang kini diubah demi kepentingan perjuangan bangsa. Musikmusik iklan bisa saja dirancang oleh penciptanya secara baru. Ketika Indonesia merdeka seniman Indonesia tergerak jiwa patriotisme dan mulai menciptakan lagu-lagu perjuangan. Pada bulan April tahun 1942. sudah populer. 4 yang mewajibkan rakyat Indonesia memperdengarkan lagu kebangsaan Jepang Kimigayo dan melaksanakan upacara pengibaran bendera Himomaru. Ketika Jepang menduduki Indonesia lagu Indonesia Raya kembali diperdengarkan.televisi-televisi swasta terutama di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia. secara sepihak Perdana Menteri Jenderal Tojo Hideki mengeluarkan pengumuman melalui radio Hosyo Kanri Kyoku melarang pemutaran lagu Indonesia Raya dan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Oktober 1942. Berbeda dengan pemerintahan kolonial Belanda. Pemerintah Jepang lalu mengeluarkan Undang-Undang no. Jepang mendirikan Badan Pusat Kesenian Indonesia (BPKI) diketuai 14 . pada jaman pendudukan Jepang banyak musisi Indonesia yang direkrut untuk mengambil hati rakyat Indonesia. Pada Maret 1942.2. dan digemari segmen pasar yang dituju. Jepang mendirikan Radio Hosyo Kanri Kyoku yang disiarkan dari Tokyo dan untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya (versi 3 stanza) dikumandangkan secara luas dengan iringan Orkes Simfoni Nippon Kosyo Kanri. tetapi juga ada yang berbentuk penggalan lagu yang sudah ada.11 Fungsi Politik Ketika Belanda menguasai Indonesia lagu Indonesia Raya dilarang. Kemudian lagu-lagu Jepang seperti Sakura dan Aikoku no Hana disosialisasikan secara luas untuk menghapuskan budaya barat dari bumi Indonesia. II. namun saat itu Jepang memanfaatkannya untuk kepentingan propaganda. Pada masa itu rekaman lagu Indonesia Raya dibuat sangat terbatas dan judulnya diubah menjadi Indoness Indoness.

Bekerja. Menanam Jagung. Presiden Soekarno mencanangkan irama lenso sebagai musik yang sesuai dengan budaya bangsa didukung oleh Jack Lesmana. Asia Sudah Bangun. Hasilnya. Bikin Kapal. keris dan rencong.oleh Sanusi Pane. Berawal dari masuknya musik rock n roll ke Indonesia. Berdasarkan pengalamannya sebagai pimpinan Angkatan Pemuda Indonesia (API) cabang Tanah Tinggi (bermarkas di Menteng 31). Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan hengkang dari bumi Indonesia. Jepang kembali merekrut seniman Indonesia dibawah bimbingan komponis Nobuo Lida untuk melatih mereka mensosialisasikan lagu-lagu propaganda dengan pendidikan semangat Jepang (Nippon Seishin). Maju Putra-Putri Indonesia. Di era kemerdekaan. Cornell Simandjuntak mengubah lagu Maju Putra-Putri Indonesia yang diciptakannya di tahun 1944 menjadi Maju Tak Gentar. Mereka berhasil menyemangati Tentara Pelajar Yogyakarta yang berjuang selama revolusi hingga tahun 1949. Itulah Inggris dan Amerika” yang menjadi slogan perjuangan dan sangat populer pada masa itu. bahkan lagu yang sebelumnya merupakan ‘pesanan’ pemerintah Jepang diubah fungsinya sesuai dengan kondisi jaman. Dengan sendirinya lagu-lagu Jepang tidak lagi diperdengarkan. Buta Huruf. pemerintah Indonesia pun tidak luput memanfaatkan musik sebagai alat. Lilis Suryani. Pada tahun 1946 para alumni Hollandsch Inlandsche Kweekschool (HIK) membentuk paduan suara Pemuda Nusantara yang secara rutin menyanyikan lagu-lagu perjuangan di RRI Kotabaru. dan lain-lain. bersatu. Bagimu Negri. Bintang Sudibyo dan Ismail Marzuki. Cornell Simandjuntak menciptakan lagu “Hancurkanlah Musuh Kita. Ia ingin membangkitkan semangat perjuangan bagi rakyat Indonesia walau hanya bersenjatakan bambu runcing. Pendirian organisasi itu dimaksudkan sebagai siasat untuk memanfaatkan para seniman Indonesia agar mau ikut mensukseskan Negara Kesatuan Asia Timur Raya. Sayang. Kereta Apiku. Kusbini. Lagu-lagu yang dihasilkan antara lain Menanam Kapas. Fajar. Mereka yang tergabung diantaranya Cornell Simandjuntak. Ketika Amerika menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Yogyakarta. 15 . Menabung. dan Bing Slamet. Di tahun 1943. Titiek Puspa.

Mars Keluarga Berencana. dan sebuah lagu yang mengajak semua pemimpin bangsa untuk bersama membangun negeri. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan bentuk baru Partai Keadilan yang tidak lolos electoral treshold pada Pemilu 1999. salah satunya dengan menggunakan medium musik. Di saat itu Lilis Suryani. Mars Pemilu. Tapi masih ada Dorce Gamalama yang beromantisme ke masa lalu dengan membuat lagu Dwi Tunggal. Di era reformasi para pemimpin justru menggunakan musik untuk memoles citranya. seperti penetapan Hari Musik Nasional oleh Presiden Megawati dan peluncuran album musik Rinduku Padamu berisi karya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Demi menyukseskan jalannya perhelatan akbar ini berbagai macam cara dijalankan. Djarot Saiful Hidayat . Sebagai partai yang bernafaskan Islam. GPMK menggunakan lagu Perangi Kemiskinan dalam versi dangdut dan bossanova sebagai alat kampanye. Di tingkatan lokal.Menyusul pernyataan Bung Karno tersebut para personil Koes Bersaudara ditangkap karena dianggap memainkan musik dari budaya barat. Namun ada pula Titiek Puspa yang menciptakan lagu Bapak Pembangunan bagi Soeharto. PKS banyak menggunakan lagu-lagu nasyid yang dibawakan oleh kader-kadernya yang terkenal 16 . seperti: ACI.SH) dengan Gerakan Perang Melawan Kemiskinan (GPMK)nya. penyanyi yang dekat dengan Bung Karno. Sementara di era Soeharto. dan lain-lain. musik lebih banyak digunakan untuk mensukseskan program-program pemerintah. merupakan salah satu partai yang berkampanye dengan musik. Untuk pertama kalinya rakyat Indonesia memilih presidennya secara langsung di Pemilu 2004. musik juga digunakan oleh Pemerintah Kota Blitar (di bawah Drs. lagu Aku Anak Sehat dalam serial Unyil. juga menciptakan lagu Oentoek Padoeka Jang Mulia yang mengkultuskan figur Bung Karno dan lagu propaganda Pergi Perdjoeang dalam konfrontasi Indonesia-Malaysia. yang diperuntukkan bagi Bung Karno dan Bung Hatta.

namun sejarah membuktikan SBY berhasil menjadi presiden RI pertama yang dipilih langsung oleh rakyat. Nama Edo Kondologit dan Novia Kolopaking pernah ikut mewarnai kancah musik Indonesia. kedua artis ini tidak hanya datang sebagai anggota. Dalam beberapa kali PDI-P mengadakan acara. Lagu ini memang tidak sepopuler lagu Pelangi di Matamu yang dinyanyikan SBY dan Amien Rais pun gagal meraih perolehan suara dan langkahnya terhenti di pemilu presiden putaran pertama. bahkan dari corak vokal mulut yang menghasilkan karakter tersendiri.2. Mereka hanya segelintir dari barisan artis yang akan bertarung bersama PDI-P dalam Pemilu 2009. Terlepas efektif atau tidaknya usaha ini. musikalitas pada zaman dahulu kerap dihasilkan dari alat musik sederhana dari alam seperti daun-daunan atau bebatuan.12 Fungsi Musik Bagi Kesehatan Di dunia ini karya seni musik sudah ada dalam beratus juta tahun yang lalu. Musik memiliki sejumlah peranan dalam kesehatan manusia. tentang alam atau kehidupan. II. Beberapa fungsi tersebut yang berguna untuk kesehatan manusia adalah musik dapat mencerdaskan kemampuan otak janin ketika si Ibu sedang mengalami masa 17 . lagu-lagunya pun cukup populer di masyarakat. senang. dengan beberapa pilihan karakteristik atau dalam seni musik sering disebut aliran tertentu. baik itu susah. namun juga tampil membawakan lagu. Saat ini mereka berdua bisa ditemui sebagai aktifis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).militan. Di ajang Pemilu 2004 SBY capres dari Partai Demokrat (PD) tampil memikat ketika membawakan lagu Pelangi di Matamu bersama band Jamrud di hadapan ribuan massa pendukungnya. Lantunan Musik biasanya diciptakan untuk menggambarkan keadaan tertentu. Namun lain halnya dengan Amien Rais. capres Partai Amanat Nasional (PAN) ini secara khusus meminta Nomo Koeswoyo untuk dibuatkan lagu. Hasilnya lagu Putra Nusantara pun diciptakan sesuai pesanan Amien. Hasilnya? PKS pun mendapat peningkatan suara yang sangat signifikan dan masuk ke dalam 5 besar pemenang pemilu.

Musik untuk kecerdasan janin ini juga terbatas. Kinerja otak yang terlalu berat atau dapat menimbulkan rasa penat bahkan akan berujung pada kondisi pikiran dan emosi yang labil. dari tingkat anak-anak sampai orang tua juga tak luput dari kesenangan mendengarkan musik. karena musikalitas sifatnya juga tak terbatas dalam artian suara seseorang berbicarapun juda dapat dikategorikan sebagai musik. Fungsi musik dalam situasi ini yakni dapat memberikan stimulus untuk memperingan atau me-refresh kinerja otak tersebut. sehingga dapat mengurangi tingkat stress secara berkelanjutan. musik bisa dijadikan sebagai media relaksasi sehingga tingkat stress atau kepenatan dapat dikurangi. tidak semua jenis musik bisa diperdengarkan.kehamilan. musik juga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi. Pada seseorang yang mengalami masa-masa perubahan terutama untuk para pekerja dengan jumlah waktu yang padat. Sebastian Bach dll. Hal ini dimaksudkan bahwa kekuatan serta kesehatan gigi juga dapat dibantu dengan unsur musik. bahkan dentuman geledekpun juga memilki nada. Janin dalam perut si Ibu akan mendapat stimulus yang kemudian dilanjutkan pada otak. II.5 Pengaruh Musik Terhadap Suasana Hati Seseorang Musik dapat mengubah suasana hati seseorang dengan ajaib. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tak pernah mendengarkan musik. sehingga nantinya akan berdampak pada kecerdasan janin. Dalam beberapa penelitian. oleh karena itu akan tercipta simbiosis mutualisme yang selalu terjaga dengan baik. Musik memang sudah menjadi bahasa yang universal. Bayangkan sebuah film thriller model 'The Bone Collector' tanpa iringan musik yang membuat bulu 18 . Dalam hal ini manusia memang tidak jauh dari musik dan musik juga diciptakan dari karya pemikiran seseorang. Hormon tertentu dalam tubuh seseorang akan bekerja maksimal dengan mendengarkan musik (terutama untuk anak-anak) sehingga kinerja hormonal tersebut akan berlanjut pada proses pembentukan fosfor atau kalsium dan dapat memperkuat gigi. Salah satunya yakni lantunan-lantunan musik karya Mozart. Tentunya hal ini juga harus didukung dengan menjaga kesehatan gigi seperti teratur membersihkan gigi dengan baik.

kuduk berdiri. Hasilnya. Selebihnya tergantung tekad Anda. musik memiliki pengaruh besar tapi tidak demikian dengan video. Sebuah penelitian lain yang dilakukan para biarawan di Brittany juga menunjukkan bahwa musik berpengaruh besar pada hewan. psikolog Lewis. Schefft dan Radenhausen sengaja menyelidiki hubungan antara musik dengan suasana hati tahun 1995. Sebaliknya. meneliti pengaruh musik terhadap akurasi memori seseorang terhadap kata-kata. Hasilnya. Musik memang tidak serta-merta mengubah kepribadian Anda. Karena itu. Dalam laboratorium risetnya. Taniguchi.6 Pengaruh Musik Terhadap Kepribadian Seseorang Benarkah musik berpengaruh pada perkembangan anak? Penelitian ini masih banyak dilakukan orang. sementara kata yang negatif diingat lebih baik saat mendengar musik yang sedih. tapi musik dapat membantu menciptakan suasana hati yang tepat. Mereka memperdengarkan alunan musik Mozart kepada sapi-sapi di sana. mereka yang bertemperamen melankolik dan introvert misalnya. sapi-sapi tersebut memproduksi susu lebih banyak dibanding sapi-sapi yang tidak mendengarkan alunan musik. sementara dua kelompok mempelajari sebuah tulisan yang memuat kata berkategori positif dan negatif. Musik dengan kategori positif menghasilkan peningkatan suasana hati yang positif dan sebaliknya. ia memutar musik yang sedih dan yang gembira. bisa memakai musik yang positif untuk membantu Anda lebih ceria dan ekstrc ert. Hambar bukan? Untuk memastikan kedahsyatan pengaruh musik pada seseorang. Meskipun demikian para ahli mempercayai bahwa ada 19 . psikolog dari Universitas Tokyo. Dember. Bayangkan adegan konyol dalam Friends tanpa iringan musik ringan atau bayangkan Meteor Garden tanpa "Ni Yao Te Ai"-nya. musik yang positif akan membawa kita kepada suasana hati yang positif dan sebaliknya. mereka yang cenderung bertemperamen super aktif dan ekstrovert bisa mendengarkan lagu-lagu bernada tenang dengan lirik yang menyiratkan kedamaian hati. kata yang positif diingat dengan lebih baik saat mendengar musik yang gembira. Mereka memilah musik dan juga video dalam kategori positif dan negatif. T. Hasilnya. Dengan kata lain. Empat tahun sebelumnya. II.

Pengaruh musik terhadap perkembangan anak tidak hanya dimulai setelah anak lahir dan mendengar saja. fisik dan psikis seorang. Kj. seorang subjek diperdengarkan beberapa lagu. tetapi sejak anak masih berada di dalam kandungan ibu. "Musik mampu meningkatkan pertumbuhan otak anak. artinya berlaku untuk semua orang. Teddy Hidayat Sp. Usut punya usut ternyata lagu itu adalah lagu yang sering disenandungkan oleh ibunya ketika mengandung subjek. Demikian dr. Pada penelitian itu.hubungan antara musik dengan perkembangan kepribadian. pengaruh musik terhadap janin yang masih dalam kandungan. tetapi ditentukan pula oleh frekuensi dan amplitudo getaran-getaran suara. maka akan terjadi perubahan yang sangat mendasar terhadap proses belajar seorang anak. Diperkirakan proses pembelajaran pada anak di dalam kandungan terjadi melalui neurotransmitter dan kimia darah lain lewat darah ibu. tentu tidak melalui rangsangan syaraf pendengaran. Menurut Teddy. subjek merasa pernah mendengar lagu tersebut. Pada sebuah lagu." jelasnya. berdasarkan teori bahwa pengaruh musik terhadap seseorang bukan hanya dari keindahan nada-nadanya saja.Psi. padahal "baru" kali itu dia mendengarnya. Hal itu. kepada "PR". karena musik itu sendiri merangsang 20 ." papar Teddy. tetapi melalui mekanisme yang berbeda. sudah harus dimulai sejak masih dalam kandungan. tambah Teddy. Alfa Handayani S. Orang yang tidak pernah mendengar musik klasik akan mempunyai efek yang sama. "Bukti bahwa pengaruh musik sudah terjadi sejak dalam kandungan antara lain pada suatu penelitian. Subjek pun lebih mudah untuk mempelajari lagu tersebut dibandingkan lagu lainnya. ditemui di kediamannya yang asri di Kompleks Pilar Mas. musik klasik adalah musik yang terbaik pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Hal senada dituturkan oleh seorang psikolog. Itu karena musik klasik bersifat universal. kemudian "dilarikan" ke otak. Bila pernyataan ini dapat diterima. Leuwigajah. "Sementara musik rock dan heavy metal kurang. Dan berdasarkan jenisnya.

di sekolah yang ia pimpin. bahkan kerap kali dipandang remeh. Musik bisa membuat kita rileks dan senang hati. Dan ketika hamil dulu. musik memiliki fungsi terapik." jelasnya. Menurut Alfa. Musik yang disetel adalah musik-musik klasik intrumental. ibu satu orang anak itu." celoteh Alfa." jelasnya." tuturnya. jika didengarkan musik lembut. biasa didengarkan musik. yang juga Kepala Sekolah SD 9 Mutiara di Perumahan Taman Hijau. tergantung musik yang dipasang. ketika dalam perkembangan pertumbuhannya nanti. musik dipakai sebagai background." ujarnya. "Di rumah. Fungsi terapi musik dirasakan Alfa di rumahnya. Selain itu. Alfa memasukkan unsur musik dalam proses belajarmengajar. Biasanya. "Misal. Sayangnya. seorang anak yang sejak dalam kandungan." jelasnya. dan disetel mengiringi pelajaran. kalau musik yang riang. biasanya minta disetelkan lagu klasik. musik tidak banyak dilibatkan dalam kurikulum sekolah. dan antusiasme untuk belajar mereka sangat tinggi. musik juga bagus untuk emosional anak. Kebetulan saya memang suka sekali musik. yaitu Mozart. terutama pada putrinya yang baru berusia 9 tahun. maka anak akan tenang. kami melihat semangat belajar anak-anak. Dan saya lihat semangat belajarnya jadi tinggi. Situ Aksan. saya pun sering menyetel musik yang secara tidak langsung juga didengar oleh bayi dalam kandungan saya. "Di sekolah itu. saya selalu memasang musik. anak itu dapat dengan mudah beradaptasi dan belajar soal musik. yang merupakan emosi positif. Alfa merasakan manfaat yang baik tentang musik terhadap anaknya. Dan sejauh ini. "Oleh karena itu kalau kita sebagai orang tua mau memanfaatkan fungsi musik di rumah.pertumbuhan sel otak. Dari kebiasaan itu. Berangkat dari pemahaman betapa musik berfungsi terapi. karena membuat atmosfer rumah lebih bersemangat. Mereka pun terlihat menikmati pelajaran yang diajarkan gurugurunya. dan kini duduk di kelas 3 SD. "Dia kalau mau belajar. 21 . sebelum ada wacana seperti ini. anak pun akan terlihat gembira. Emosi positif inilah membuat fungsi berpikir seseorang menjadi maksimal. akan sangat bagus bagi perkembangan anak.

fisiologis. pengelolaan nyeri dan mengurangi stres. mengurangi perilaku yang tidak selaras. Terapi musik bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi. terapi musik bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri. pusat pengobatan. social worker. Kegiatannya dapat berupa bernyanyi. menambah perhatian. penderita penyakit stadium akhir (tidak ada harapan hidup). seperti pada penderita kanker ganas stadium terminal akhir pada penderita kanker payudara. mereka yang sebaiknya mengikuti terapi musik diantaranya ialah orang yang mengalami gangguan jiwa. Tim musik terapi terdiri dari dokter. 22 . jadi lebih mandiri. dan kesehatan jiwa serta kesejahteraan. ginjal. Teddy. memperbaiki prestasi anak didik. Teddy. adalah menggunakan atau interfensi dengan musik untuk memulihkan dan meningkatkan kondisi fisik emosi. Musik terapi. Terapi musik untuk mereka yang mengidap penyakit di stadium terminal (akhir). lanjut usia (lansia). atau menjadi "komposer". kelompok-kelompok terapi dan dokter praktek swasta. bermain musik. mengurangi perasaan cemas dan stress. meningkatkan rasa pecaya diri. otak. paru-paru. dan yang mengalami kesulitan kesulitan belajar. lebih mampu berkomunikasi. memperbaiki hubungan interpersonal. sekolah. mengurangi rasa takut. ada di rumah sakit. serta mampu mengatasi perasaan murung dan sedih. "Tempatnya macam-macam. jelas dr. "Disini. perkembangan yang terhambat. degradasi mental. mampu mengekspresikan perasaannya. prostat. guru dan orang tua. fungsi terapi musik bersifat paliatif. psikolog. mendengar.Kini di beberapa rumah sakit di luar negeri. memperbaiki gerakan psikomotorik. Teddy. telah melakukan "terapi musik" dalam proses penyembuhan pasiennya." sebutnya." jelas dr. tempat perawatan. Banyak hal yang bisa diperoleh dari terapi musik. cacat fisik. Lalu siapa saja yang perlu mengikuti musik terapi? Menurut dr. Musik juga merupakan alat yang utama dalam memperbaiki rasa saling percaya.

3. 2.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian tentang sejarah. 3 Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar d’ Arezzo (1050 M) Perkembangan selanjutnya ketika ada perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori d’Arezzo pada tahun 1050 Masehi. Hendaknya para orangtua tidak melarang anaknya untuk bermusik karena musik tidak memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak.1 No Kalimat Salah 1 Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan. III. III. Pembetulan Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan. teori musik yang dikembangkan oleh Guido musik yang dikembangkan oleh Guido 23 . tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi. 2.3 Koreksi Kalimat III. dapat disimpulkan bahwa : 1. Perubahan dalam sejarah musik ketika musik tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan. 3. penulis memberikan saran sebagai berikut : 1. fungsi. sebagai sarana hiburan. musik juga mempunyai fungsi lain yang sangat beragam. Musik dapat mempengaruhi karakter dan suasana hati seseorang. dan pengaruh musik terhadap kehidupan manusia. Masyarakat harus menghargai perkembangan musik yang ada sekarang ini.1 Koreksi Kalimat pada pembahasan II. Musik telah ada sejak zaman prasejarah dan dipakai dalam perhelatanperhelatan tertentu. tetapi juga dipergunakan untuk urusan duniawi sebagai sarana hiburan.2 Saran Berdasarkan perkembangan musik yang semakin signifikan.BAB III PENUTUP III. Musik mempunyai fungsi selain sebagai hiburan. 2 Perubahan dalam sejarah musik adalah bahwa musik tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi. tetapi juga untuk urusan duniawi.

Austria Hasil karyanya adalah Requiem Mars. 100 buah simfoni. contoh nyanyian percintaan. Biarpun memperoleh banyak sukses. contohnya nyanyian percintaan dan nyanyian keperwiraan. Permainannya sangat menakjubkan. Penggunaan dinamika keras menjadi lembut. yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony meninggal tanggal 5 Desember 1791 di Wina Austria. ia telah menciptakan lagu dan tampil di depan umum pada usia 6 tahun. alat musik piano dan organ sudah dikenal sehingga munculah musik instrumental. 24 opera. Opera Don Geovani. 87 buah kuartet. Semasa kecilnya. nyanyian keperwiraan. Pada tahun 1781. sehingga munculah musik Instrumental. Konserto Piano. tapi ia sangat miskin dan dalam keadaan yang . Sebaliknya musik Gereja mengalami kemunduran. dia sudah memerlihatkan bakat dan keahliannya dalam bermain musik. Kemudian ia mengadakan tur keliling Eropa bersama saudara perempuannya. Crassendo dan Decrassendo Perubahan tempo dengan Accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut). Pada usia 5 tahun ia telah mulai menciptakan lagu dan muncul didepan umum pada usia 6 tahun.4 Musik dipelajari dengan ciri-ciri khusus. 87 kuartet. Sonata Piano. 40 simfoni. Semasa kecilnya dia sudah memperlihatkan bekat keahlian dalam bermain musik. 24 buah opera. Pada usia 5 tahun. Musik dipelajari dengan ciri-ciri khusus. ia 24 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 sehingga dijiluki Anak Ajaib. Hasil karyanya adalah : Requiem Mars. Permainannya sangat menakjubkan sehingga ia dijuluki Anak Ajaib. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal. Konserto Piano. Karyanya yaitu. Sebaliknya. Opera Don Geovani. Karyanya yang paling terkenal adalah The Surprise Symphony. Dalam keadaan sengsara. 40 buah Simfony. ia pindah ke kota Wina dan mengarang lagu-lagu ciptaannya yang termasyhur. 100 simfoni. Walaupun memperoleh banyak kesuksesan. Crassendo dan Decrasscendo Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut). Kuintet Biola Alto. Karya ciptaannya yaitu : Sonata Piano. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut. musik gereja mengalami kemunduran Pada zaman ini. Kuintet Biola Alto. kemudian bersama saudara perempuannya mengadakan Tour keliling Eropa Pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina dan mengarang ciptaan-ciptaannya yang termahsur. Meninggal tanggal5 Desember 1791 di Wina. ia sangat miskin.

ia meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan 14 15 16 fakir miskin.2 No Kalimat Salah 1. Hasil ciptaannya antara lain Tannhauser. bakat (talent) tentang apa saja Lagu-lagu daerah banyak sekali berfungsi tema dan cerita di dalam syair 4 menggambarkan budaya secara jelas. Pada 17 tahun. The Spining Sheel.3. menghadirkan ketenangan. Sejak usia 14 tahun. ia pergi ke Wina menemui komponis Mozart. Pada usia 17 tahun ia pergi ke Wina menemui komponis Mozart. Lohengrin. ia memperdalam pengetahuan musiknya dibidang komposisi. The Wild Rose. Sejak usia 4 tahun dia belajar musik dibawah asuhan ayanhnya. ia tuli sama pendengarannya tuli sama sekali. Kemudian. Pada usia 30 tahun pendengarannya mulai berkurang. Gretchen At King. Budaya Minangkabau dapat dipertahankan keberadaannya dengan berbagai cara. karena tema dan cerita di dalam syair . Di Barat musik digunakan untuk menstimulasi perilaku sehingga dalam masyarakat mereka ada lagu-lagu untuk 2. Die Maistersinger Von Hurberg. dan usia 50 tahun 17 meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di perkuburan fakir miskin. Antinghed Symphony. karena tema. Kemudian ia memperdalam pengetahuan musiknya dibidang komposisi. The Wild Rose. sekali. setiap orang telah dikaruniai Tuhan dengan berbagai kemampuan belajar dan bakat dalam bidang apa saja. Gretchen At The Spining Sheel. Pada dasarnya setiap orang telah dikaruniai oleh Tuhan dengan berbagai kemampuan belajar (ability to learn) dan 3. Budaya Minangkabau dapat dipertahankan keberadaannya dengan berbagai cara. Pada usia 30 tahun.sengsara. tetapi musik Minang sangat jelas Pembetulan Di Barat. Pada dasarnya. The Erl King. The Erl Ciptaannya antara lain Ave Maria.2 Koreksi Kalimat pada Pembahasan II. Der Fliegende Holander. Der Fliegende Holander. Lagu-lagu daerah berfungsi sebagai pelestari menggambarkan budaya secara jelas. Lohengrin. Die Maistersinger Von Hurberg. pendengarannya mulai berkurang dan pada usia 50 tahun. Ciptaannya antara lain : Ave Maria. 18 19 II. musik digunakan untuk menstimulasi perilaku sehingga dalam masyarakat mereka ada lagu-lagu untuk menghadirkan ketenangan. tetapi musik Minang sangat jelas karakteristiknya 25 sebagai pelestari budayanya. Hasil ciptaannya antara lain : Tannhauser. dia belajar musik di bawah asuhan ayahnya.budaya. Antinghed Symphony.

karakteristiknya yang mudah mewakili daya tarik terhadap tempat berkembangnya budaya itu ialah Propinsi 5 Sumatera Barat dan sekitarnya Musik yang dikreasi untuk kepentingan promosi dagang kini banyak berkembang seiring dengan laju pertumbuhan iklan yang disiarkan melalui radio-radio siaran 6 dan televisi-televisi swasta. Bayangkan sebuah film thriller seperti 'The Bone Collector' tanpa iringan musik yang membuat bulu kuduk berdiri. Ketika Belanda menguasai Indonesia lagu Indonesia Raya dilarang. Pada masa itu. 8 Fungsi musik dalam situasi ini yakni dapat memberikan stimulus untuk memperingan 9 atau me-refresh kinerja otak tersebut. Ketika Belanda menguasai Indonesia. seniman Indonesia tergerak jiwa patriotisme dan mulai menciptakan lagu-lagu perjuangan. Fungsi musik dalam situasi ini yakni dapat memberikan stimulus untuk memperingan atau menyegarkan kinerja otak tersebut. berdasarkan teori bahwa pengaruh musik terhadap seseorang bukan hanya dari keindahan nada-nadanya saja untuk mudah mewakili daya tarik terhadap tempat berkembangnya budaya itu. Musik yang dikreasi untuk kepentingan promosi dagang kini banyak berkembang seiring dengan laju pertumbuhan iklan yang disiarkan melalui radio-radio dan televisitelevisi swasta. Bayangkan sebuah film thriller model 'The Bone Collector' tanpa iringan musik yang 10 membuat bulu kuduk berdiri. Ketika Indonesia merdeka seniman Indonesia tergerak jiwa patriotisme dan mulai menciptakan lagu-lagu perjuangan. bahkan lagu yang dulu dibuat demi pemerintah Jepang kini diubah demi kepentingan perjuangan bangsa. rekaman lagu Indonesia Raya dibuat sangat terbatas dan judulnya diubah menjadi Indoness Indoness. Ketika Indonesia merdeka. lagu Indonesia Raya dilarang. Hal itu. Pada masa itu rekaman lagu Indonesia Raya dibuat sangat terbatas dan judulnya diubah 7 menjadi Indoness Indoness. Bahkan. Propinsi Sumatera Barat dan sekitarnya. lagu yang dulu dibuat demi pemerintah Jepang kini diubah demi kepentingan perjuangan bangsa. 26 . Hal itu berdasarkan teori bahwa pengaruh musik terhadap seseorang bukan hanya dari keindahan nada-nadanya saja. tambah Teddy.

”Pengaruh Musik Dalam Kepribadian.” Dalam http://sayapimaji. Kedahsyatan Pengaruh Musik. 27 September 2007 Triyono.com/journal/item/19.myartmusic.multiply. Nixon.co.htm.id/kesehatan/fungsi-musik-untuk-kesehatan.” Dalam http://nison23rd. “Fungsi Musik. 2005. Dalam majalah Get Life (edisi 14/2005). “Perkembangan Musik Dunia”.” Dalam http://www.DAFTAR PUSTAKA Bloer.cc/2009/10/fungsi-musik. “Fungsi Musik Bagi Kesehatan.com/journal/item/18/SEJARAH_PERKEMBANGAN_MUSIK _DUNIA. 29 Oktober 2009 Sangkoyo. Mandriva.resep.multiply. Nanok. 10 Februari 2008 27 . Dalam http://justrangga. Aribowo.” Dalam http://www.multiply. “Fungsi Musik Sebagai Alat Politik. David.com/journal/item/14 Rangga. Roy.web.html.