PANORAMA TEORI HUKUM DAN KEADILAN
Zainal Arifin Mochtar (Pengajar Hukum FH UGM Direktur PuKAT Korupsi FH UGM)

Yogyakarta, 10 Januari 2009

STRUKTUR/SUSUNAN ILMU
STRUKTUR ILMU DIILUSTRASIKAN SEBAGAI SEBUAH LIMAS ATAU PIRAMID. PADA BAGIAN DASAR TERDIRI ATAS FAKTA-FAKTA, KEMUDIAN KE BAGIAN ATAS TERDIRI ATAS: KLASIFIKASI, DEFINISI, HIPOTESA, HUKUM, DAN TEORI PADA BAGIAN PUNCAKNYA.

TEORI
MEMAHKOTAI SISTEM ILMIAH TERDIRI ATAS HUKUM-HUKUM ILMIAH. PERNYATAAN-PERNYATAAN UMUM YANG MEMAUT HUBUNGAN TERATUR ANTAR FAKTA/GEJALA. BERFUNGSI UNTUK MEMBERI EKSPLANASI, PREDIKSI DAN PEMAHAMAN TERHADAP BERBAGAI FAKTA/GEJALA.

TEORI HUKUM ALAM
MENGAKUI ADANYA NORMA-NORMA HUKUM YANG LEBIH TINGGI (HIGHER LAW) ATAS NORMA-NORMA HUKUM YANG BERLAKU DI BERBAGAI NEGARA (HUKUM POSITIF). NORMA-NORMA HUKUM ALAM BERFUNGSI SEBAGAI PEMBENARAN MAUPUN PENOLAKAN ATAS NORMA-NORMA HUKUM POSITIF.

LANJUTAN NORMA-NORMA HUKUM ALAM BERASAL DARI TUHAN. . AKAL BUDI MANUSIA DAN GEJALA-GEJALA ALAM HUKUM POSITIF SEMESTINYA BERASAL DARI HUKUM ALAM.

. TEORI HUKUM MODERN: FOKUS PADA FUNGSI-FUNGSI HUKUM.TEORI HUKUM ALAM KLASIK DAN MODERN TEORI HUKUM ALAM KLASIK: FOKUS PADA TELAAHAN THD MUATAN MORAL DARI HUKUM POSITIF.

LON FULLER: DUA ASPEK MORALITAS SISTEM NORMA: EKSTERNAL DAN INTERNAL .

ASPEK EKSTERNAL MEMUAT/MENGANDUNG NILAI-NILAI IDEAL: MEWUJUDKAN KEADILAN MENCEGAH KETIDAKADILAN .

NORMA HUKUM HARUS DIMENGERTI.ASPEK INTERNAL: 8 PRASYARAT SISTEM NORMA HUKUM: NORMA HUKUM BERLAKU UMUM NORMA HUKUM HARUS DIUNDANGKAN. . NORMA HUKUM TIDAK BOLEH BERLAKU SURUT.

LANJUTAN DALAM SEBUAH SISTEM HUKUM. TIDAK MEMUAT PERINTAH ATAU LARANGAN PERILAKU YANG MELAMPAUI KEMAMPUAN MANUSIA. NORMA HUKUM TIDAK BOLEH SALING BERTENTANGAN. NORMA HUKUM BERSIFAT KONSTAN KONSISTENSI ANTARA NORMA HUKUM DAN PELAKSANAAN/PENEGAKAN .

 PERINTAH DITUJUKAN KEPADA MASYARAKAT PADA UMUMNYA.  DIBUAT OLEH OTORITAS YANG BERDAULAT.POSITIVISME : JOHN AUSTIN: LAW AS COMMAND HUKUM ADALAH:  PERINTAH BERBUAT ATAU TIDAK BERBUAT YANG DIPATUHI OLEH WARGA SEBAGAI SEBUAH KEBIASAAN (HABIT). .

LANJUTAN YANG BERDAULAT ADALAH YANG DIPATUHI OLEH WARGA/PENDUDUK. YANG BERDAULAT TIDAK TUNDUK PADA PIHAK LAINNYA SANKSI MENJADI UNSUR PENTING .

JOHN AUSTIN: DUA KATEGORI ATURAN/KETENTUAN ATURAN/KETENTUAN YANG DISEBUT SEBAGAI HUKUM (LAWS PROPERLY SO CALLED) ATURAN/KETENTUAN YANG TIDAK DISEBUT SEBAGAI HUKUM (LAWS IMPROPERLY SO CALLED). MISALKAN MATAHARI TERBIT DI TIMUR TENGGELAM DI BARAT. . SETIAP HUJAN PASTI DIDAHULUI OLEH ADANYA AWAN HITAM. MISALKAN KETERATURAN DALAM ALAM.

ATURAN YANG DISEBUT SEBAGAI HUKUM: MEMUAT/MENGANDUNG PERINTAH DAN LARANGAN YANG DITUJUKAN KEPADA MASYARAKAT KESELURUHAN. DIBEDAKAN ATAS DUA KATEGORI: NORMA DARI TUHAN DAN NORMA BUATAN MANUSIA .

. DISEBUT JUGA POSITIVE MORALITY MISALKAN ATURAN SEBUAH ORGANISASI ATAU PERKUMPULAN. NORMA HUKUM YANG TIDAK DITETAPKAN OLEH OTORITAS POLITIK. YAITU NORMA-NORMA HUKUM YANG DITETAPKAN OLEH OTORITAS POLITIK.NORMA BUATAN MANUSIA HUKUM POSITIF.

HART: CONCEPT OF LAW KOREKSI THD PEMIKIRAN AUSTIN.POSTIVISME H.L.A. TEORI AUSTIN TIDAK DAPAT MENJELASKAN KEBERLANJUTAN HUKUM YANG TELAH ADA PADA GENERASI BERIKUT. BAHWA HUKUM ADALAH PERINTAH (COMMAND) DAN KEPATUHAN TERHADAP HUKUM SEBAGAI SEBUAH KEBIASAAN (HABIT). .

HART: PRIMARY RULES DAN SECONDARY RULES PRIMARY RULES: NORMA HUKUM YANG MEMUAT KEWAJIBAN-KEWAJIBAN SECONDARY RULES: NORMA HUKUM YANG MEMUAT KEWENANGAN KEPADA SUBJEK HUKUM. .

RULES OF ADJUDICATION: ATURAN-ATURAN PENYELESAIAN SENGKETA/KASUS HUKUM RULES OF RECOGNITION: ATURAN YANG MEMBERI PEDOMAN/KRITERIA UNTUK MENENTUKAN BAHWA SUATU NORMA ADALAH NORMA HUKUM. EKSEKUTIF ATAU JUDIKATIF UNTUK MENGUBAH PRIMAIRY RULES. .TIGA JENIS SECONDARY RULES RULES OF CHANGE: ATURAN-ATURAN YANG MEMFASILITASI LEMBAGA LEGISLATIF.

.JOHN RAWLS: TEORI KEADILAN (A THEORY OF JUSTICE) TIGA BENTUK KONSEPSI KEADILAN: 1. MAKSIMALISASI KEBEBASAN (MAXIMISATION OF LIBERTY). KEBEBASAN HANYA TUNDUK PADA PEMBATASAN YANG DIMAKSUDKAN UNTUK MELINDUNGI KEBEBASAN ITU SENDIRI.

KONSEPSI KEBEBASAN MENGAKUI ADANYA HAK-HAK DASAR HAK BEBAS BERBICARA DAN BERORGANISASI. HAK UNTUK MEMILIKI HARTA BENDA PRIBADI. KEBEBASAN DARI PENANGKAPAN/PENAHAN SECARA SEWENANG-WENANG HAK-HAK TERSEBUT TIDAK BOLEH DIKORBANKAN ATAS ALASAN KEPENTINGAN MASYARAKAT/NEGARA . HAK KEBEBASAN BERFIKIR. HAK MEMILIH DAN DIPILIH UNTUK MENDUDUKI JABATAN PUBLIK.

HANYA TUNDUK PADA PENGECUALIAN BAHWA KETIDAKSETARAAN DIBOLEHKAN JIKA HAL ITU MENGHASILKAN MANFAAT PALING BESAR BAGI MEREKA YANG PALING TIDAK SEJAHTERA DALAM MASYARAKAT.LANJUTAN 2. KESETARAAN UNTUK SEMUA (EQUALITY FOR ALL). . DALAM HAL KEBEBASAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN DALAM DISTRIBUSI (PEMBAGIAN) SUMBER DAYA SOSIAL (SOCIAL GOODS).

.KESETARAAN DALAM KESEMPATAN DAN PENGHAPUSAN KETIDAKSETARAAN DALAM KESEMPATAN BERDASARKAN KEKAYAAN DAN KELAHIRAN.LANJUTAN 3.

JOHN FINNIS: TEORI KEADILAN TIGA UNSUR-UNSUR KEADILAN: 1. 3. HUBUNGAN ANTAR ORANG. 2. ADANYA KEWAJIBAN (DUTY) PADA SESEORANG UNTUK MEMENUHI HAK PIHAK LAIN. KESETARAAN (EQUALITY). KETERKAITAN DENGAN PIHAK LAIN. .

KEADILAN DISTRIBUTIF (DISTRIBUTIVE JUSTICE): KESETARAAN. MISALKAN KONTRAK. .JENIS-JENIS KEADILAN KEADILAN UMUM (GENERAL JUSTICE): MEWUJUDKAN KEBAIKAN BERSAMA BAGI MASYARAKAT (COMMON GOOD OF ONE S COMMUNITY). KEADILAN KOMUTATIF (COMMUTATIVE JUSTICE) KEADILAN DALAM HUBUNGAN HUKUM ANTAR PARA PIHAK. GANTI RUGI DALAM PERISTIWA PERBUATAN MELAWAN HUKUM.

NOZICK:TEORI NEGARA MINIMAL NEGARA TIDAK BOLEH TERLALU CAMPURTANGAN DALAM URUSAN WARGA. NEGARA HANYA PERLU CAMPUR TANGAN UNTUK PERLINDUNGAN WARGA DARI KEJAHATAN SEPERTI: PEMERKOSAAN. PENGINGKARAN PERJANJIAN/KONTRAK. PERAN NEGARA SEBATAS MENJAGA AGAR JANGAN TERJADI ANARKI. . PENCURIAN.

. KAKEK ELMER BERWASIAT.LANJUTAN UNDANG-UNDANG NEGARA BAGIAN NEW YORK MENYATAKAN: SEORANG PEMBUNUH TIDAK KEHILANGAN HAK ATAS BENDA/KEKAYAAN YANG DIPEROLEH MELALUI WASIAT. WASIAT BARU BELAKU JIKA KAKEK TELAH MENINGGAL. BAHWA ELMER MEMPEROLEH BEBERAPA HARTA SI KAKEK.

TETAPI JUGA PRINSIP-PRINSIP (PRINCIPLES). DOKTRINDOKTRIN.DWORKIN: TEORI HAK HUKUM TIDAK HANYA TERDIRI ATAS ATURAN-ATURAN (RULES). TETAPI MEMILIKI BOBOT YANG BEDA. . ATURAN DAN PRINSIP SAMA-SAMA MENGATUR PERILAKU.

HAK LAWAN KEBIJAKAN PEMERINTAH PRINSIP/ASAS MENGANDUNG HAK-HAK. HAK KEBEBASAN BERBICARA MEMILIKI BOBOT YANG LEBIH DIBANDINGKAN HAK KEBENDAAN. HAK TIDAK DAPAT DIKALAHKAN OLEH PRINSIP EFISIENSI. HAK-HAK MEMILIKI BOBOT YANG BERBEDA. . JIKA SEBUAH HAK BERHADAPAN/KONFLIK DENGAN KEBIJAKAN PEMERINTAH. MAKA HAKIM HARUS MEMENANGKAN HAK.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PEMBENTUKAN SUATU PRODUK HUKUM .TEORI-TEORI HUKUM SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK FUNGSI: MENJELASKAN LATARBELAKANG.

KEBIJAKAN PUBLIK: PENDIDIKAN. TRANSPORTASI. LINGKUNGAN HIDUP. KESEHATAN. PERTANAHAN.KEBIJAKAN PUBLIK? WHAT GOVERNMENT CHOOSE TO DO OR NOT TO DO. PERTAHANAN. KEHUTANAN. INVESTASI PERUMAHAN. LUAR NEGERI. .

HUKUM SEBAGAI LEGITIMASI KEBIJAKAN PUBLIK UNDANG-UNDANG PERPU PP PERATURAN PRESIDEN PERATURAN DAERAH DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI LEGITIMASI KEBIJAKAN PUBLIK .

TETAPI TIDAK MEMPUNYAI KEKUASAAN. KELOMPOK ELIT JUMLAHNYA KECIL.TEORI ELIT DALAM SETIAP NEGARA/MASYARAKAT TERDAPAT: KELOMPOK ELIT DAN KELOMPOK MASSA. . TETAPI MEMILIKI KEKUASAAN POLITIK EKONOMI DAN SOSIAL. SEDANGKAN KELOMPOK MASSA PASSIF. SEDANGKAN KELOMPOK MASSA JUMLAHNYA BANYAK. KELOMPOK ELIT YANG MENENTUKAN PEMBUATAN DAN ARAH KEBIJAKAN PUBLIK.

TERKECUALI TERJADI REVOLUSI. PERPINDAHAN DARI KELOMPOK MASSA KE KELOMPOK ELIT SANGAT SULIT. KELOMPOK ELIT MEMILIKI PERSAMAAN PANDANGAN: MEMPERTAHANKAN SISTEM YANG BERLAKU. . JARANG TERJADI.LANJUTAN KELOMPOK ELIT BERASAL DARI STRATA SOSIAL EKONOMI ATAS.

. IDEOLOGI.TEORI GROUP ‡ DALAM SETIAP NEGARA ATAU MASYARAKAT SELALU TERDAPAT DUA ATAU LEBIH KELOMPOK KEPENTINGAN. ‡ KEBIJAKAN PUBLIK MERUPAKAN HASIL PERTARUNGAN/KONFLIK POLITIK BERBAGAI KELOMPOK/IDEOLOGI. ‡ INTERKASI ANTARA BERBAGAI KELOMPOK TITIK SENTRAL KEBIJAKAN PUBLIK.

PERPRES. ‡ MENJALANKAN/MENEGAKKAN KEBIJAKAN PUBLIK YANG TELAH DILEGITIMASI OLEH HUKUM .FUNGSI SISTEM POLITIK DAN HUKUM ‡ MENGELOLA KONFLIK AGAR TIDAK TIMBUL KEKERASAN. PP. PERDA. ‡ MENJADIKAN KOMPROMI SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK DAN DIBERI LEGITIMASI MELALUI PRODUK HUKUM: UU.

LINGKUNGAN MEMBERIKAN TEKANAN. FUNGSI-FUNGSI. MASUKAN. ASPIRASI. PENGARUH. TUNTUTAN YANG KEMUDIAN DIPROSES MELALUI SISTEM. .TEORI SISTEM ADA LINGKUNGAN DAN ADA ISTEM POLITIK/HUKUM. SISTEM TERDIRI ATAS LEMBAGALEMBAGA.

TEORI SISTEM JUGA DAPAT MENJELASKAN SISTEM PERADILAN. .LANJUTAN PROSES-PROSES DALAM SISTEM POLITIK MENGHASILKAN KELUARAN ATAU KEBIJAKAN PUBLIK.

KORUP. . PENYALAHGUNAAN KEKUASAAN.RULE OF LAW FUNGSI RULE OF LAW: MENCEGAH PENGGUNAAN KEKUASAAN NEGARA SECARA SEWENANG-WENANG.

UNSUR-UNSUR RULE OF LAW PROSEDURAL SUBSTANTIF KONTROL INTERNAL/INSTITUSI PENJAGA .

ADAKAH BANYAK PENGECUALIAN DALAM ATURAN HUKUM? APAKAH PEMERINTAH SECARA EMPIRIS MENDASARKAN PERBUATANNYA PADA HUKUM? .UNSUR PROSEDURAL HUKUM MESTI TERTULIS: SEBERAPA SERING PEMERINTAH MEMBUAT KEBIJAKAN TANPA LANDASAN HUKUM? SEBERAPA SERING PEMERINTAH MENGGUNAKAN LANDASAN INSIDENTAL DIBANDINGKAN ATURAN UMUM? PERBUATAN/TINDAKAN NEGARA/APARAT NEGARA HARUS TUNDUK PADA HUKUM: SEBERAPA LUAS ADA DISKRESI.

TIDAK SEIRNG BERUBAH-UBAH. RELATIF KONSTAN.LANJUTAN SUBSTANSI HUKUM MESTI JELAS DAN PASTI. . ATURAN HUKUM DISOSIALISASIKAN. MEKANISME PERANSERTA PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN PEMERINTAH YANG BERSIFAT INDIVIDUAL. ATURAN HUKUM BERLAKU UMUM. TERSEDIA MEKANISME PERANSERTA RAKYAT DAN PERANSERTA EFFEKTIF. PERSETUJUAN RAKYAT MENENTUKAN DAN MEMPENGARUHI ISI HUKUM DAN PERBUATAN HUKUM NEGARA (PRINSIP DEMOKRASI).

GENERASI MENDATANG.UNSUR SUBSTANTIF TUNDUKNYA SEMUA ATURAN HUKUM DAN INTERPETASI ATURAN HUKUM PADA PRINSIPPRINSIP KEADILAN DAN DUE PROCESS. . KEBERADAAN NEGARA BERMANFAAT BAGI KESEJAHTERAAN INDIVIDU: EKONOMI DAN SOSIAL. PERLINDUNGAN HAK-HAK INDIVIDUAL: NORMATIF DAN PELAKSANAANNYA. PERLINDUNGAN KEPENTINGAN HAK-HAK KELOMPOK. NORMATIF DAN PELAKSANAANNYA. NORMATIF DAN PELAKSANAANNYA.

BEBAS DARI PENGARUH DALAM MENAFSIRKAN/MENERAPKAN HUKUM. SETIAP ORANG MEMILIKI AKSES KE PENGADILAN.UNSUR KONTROL INTERNAL DAN INSTITUSI PENJAGA ADA TIDAKNYA PROSEDUR PEMERIKSAAN/PENGUJIAN INTERNAL UNTUK PENCEGAHAN PERBUATAN APARAT PEMERINTAH/PEJABAT PUBLIK YAN MELAWAN HUKUM. . ADA TIDAKNYA LEMBAGA PERADILAN YANG MANDIRI.

KOMISI KEJAKSAAN. MAJELIS PENGAWAS NOTARIS. . DI INDONESIA: KOMISI KEPOLISIAN.LANJUTAN ADA TIDAKNYA LEMBAGA-LEMBAGA YANG MEMILIKI KEWENANGAN MENJAGA RULE OF LAW: NORMATIF DAN PELAKSANAANNYA. MAJELIS KODE ETIK. KOMISI YUDISIAL.

TEORI PENDEKATAN EKONOMI TERHADAP HUKUM TOKOH-TOKOH: JEREMY BENTHAM. MENGANALISIS LOGIKA DAN EFEK EKONOMI DARI PRANATA HUKUM. NORMA. . UNDANG-UNDANG DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH MISAL ADAKAH PENGARUH HAK MILIK PRIBADI DAN HAK MILIK KOMUNAL TERHADAP PERTUMBUHAN INVESTASI. GARY BECKER. RICHARD POSNER.

MENGANJURKAN PARA PEMBUAT HUKUM UNTUK MEMBUAT HUKUM YANG EFISIEN. . MENDORONG PARA HAKIM UNTUK MEMBUAT PUTUSAN YANG EFISIEN.LANJUTAN MENGIDENTIFIKASI ALASAN-ALASAN EKONOMI YANG MENDORONG TERJADINYA PERUBAHAN HUKUM. FUNGSI HUKUM SEBAGAI FASILITATOR PASAR EKONOMI.

. TUJUAN HUKUM ADALAH MEWUJUDKAN EFISIENSI EKONOMI YANG JUGA DISEBUT DENGAN ISTILAH: PARETO EFFICIENCY.KONSEP-KONSEP DASAR PENDEKATAN EKONOMI THD HUKUM MANUSIA ADALAH MAKHLUK YANG SENANTIASA MEMAKSIMALISIR KEBUTUHAN/KEPENTINGANYA. EFISIENSI DIARTIKAN: KEADAAN DIMANA KESEJAHTERAAN SESEORANG/KELOMPOK ORANG MENINGKAT TANPA MENGAKIBATKAN PENURUNAN KESEJAHTERAAN SESEORANG/KELOMPOK LAIN.

.LANJUTAN SEBUAH KEBIJAKAN/HUKUM ATAU PUTUSAN HAKIM DINILAI ATAS PENGARUHNYA UNTUK MENDORONG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BAIK ATAU BURUK SEBUAH KEBIJAKAN DIUKUR DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA COST BENEFIT (BIAYA DAN MANFAAT) COST BENEFIT DIUKUR DENGAN NILAI MATA UANG.

SISTEM HUKUM: OLEH L. FRIEDMAN SEBUAH SISTEM HUKUM TERDIRI ATAS KOMPONEN-KOMPONEN:  KELEMBAGAAN  SUBSTANSI  FUNGSI  BUDAYA .

. KELEMBAGAAN MERUPAKAN KERANGKA DASAR BAGI SISTEM HUKUM.KELEMBAGAAN DIUMPAMAKAN KALAU DALAM SISTEM TUBUH MANUSIA: SEBAGAI SEBUAH TULANG KERANGKA.

.SUSBTANSI ATURAN-ATURAN SUSBTANSIAL/MATERIIL DAN ATURANATURAN PROSEDURAL.

FUNGSI SISTEM HUKUM  PENYELESAIAN SENGKETA  PEMBERIAN HUKUMAN BAGI PERILAKU MENYIMPANG  PENDORONG PERUBAHAN SOSIAL PERILAKU MANUSIA  PENCATATAN/DOKUMENTASI .

.BUDAYA HUKUM NILAI-NILAI ATAU PANDANGAN MASYARAKAT . NILAI-NILAI ATAU PANDANGAN MAUPUN PERILAKU PARA PELAKU DALAM SISTEM HUKUM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful