A.

Proses berpikir dan penelitian
Hasrat ingin tahu memang sudah menjadi kodrat sebagai manusia yang di bawa sejak bayi.Berbagai pertanyaan muncul dari seorang anak karena di dorong dengan rasa ingin tahu yang muncul dari diri anak tersebut.Dengan perkembangan pola pikir anak maka anak akan mendapat kan jawaban sari pertanyaan nya. Salah satu cara manusia untuk memperoleh pengetahuan baru adalah dengan melakukan proses berpikir dan di terap kan dengan adanya penelitian.

Proses Berpikir
Manusia menggunakan nalar untuk mengembang kan pengetahuan dan menemukan hal baru ,mengembang kan kebudayaan,memberi makna pada kehidupan,dan memanusia kan diri dalam kehidupan nya.

Proses berpikir di sebab kan oleh 2 hal:
‡ Manusia mempunyai bahasa yang mampu mengomunikasikan informasi dan jalan pikiran yg melatarbelakangi informasi tersebut. ‡ Manusia memiliki kemampuan berpikir menurut suatu alur kerangka berpikir tertentu.Secara garis besar,kerangka berpikir demikian disebut penalaran.Misal nya manusia berpikir mengapa gunung bisa meletus,faktor ap yang menyebab kan nya dan bagaimana solusi nya.

Ciri-ciri penalaran:
‡ Suatu pola pikir yang di sebut logika(proses berpikir logis).Pola berpikir ini adalah pengkajian untuk berpikir secara benar berdasar kan logika.Berbagai hal di timbang secar objektif berdasarkan data dan analisis akal sehat. ‡ Sifat analitik dari proses berpikir.Sifat analitik merupakan konsekuensi dari adanya suatu pola pikir tertentu.

*Jenis-jenis penalaran yang sangat penting dalam penalaran*
1. Deduksi Berpikir deduksi adalah menarik kesimpulan berdasar kan alasanalasan tertentu. Induksi Induksi merupakan metode berpikir yang bertolak dari hal-halatau peristiwa khusus untuk menentukan hukum umum.Dalam induktif kesimpulan ditarik dari satu atau lebih fakta atau bukti. Gabungan induksi dan deduksi Proses penggabungan dari kedua tersebut d pakai dalam penalaran secara berurutan.

2.

3.

*Penelitian sosial*
‡ Penelitian sosial adalah suatu metode analisis situasi yang merumus kan berbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek yang baru,memahami sebab musabab beserta interrelasi nya,mengoreksi,mengadakan vertifikasi,dan memperluas pengetahuan.

Berikut beberapa ahli berbicara tentang penelitian:
‡ Menurut Marzuki,penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpul kan,mencari,dan menganalisis fakta-fakta mengenai suatu masalah. ‡ Menurut Supranto,penelitian dari suatu bidang ilmu pengetahuan adalah kegiatan yang dijalankan untuk fakta-fakta atau prinsipprinsip dengan sabar,hati-hati,dan sistematis. ‡ Menurut Sutrisno Hadi,penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan sesuatu mengisi kekosongan atau kekurangan,mengembangkan atau memperluas,dan menggali lebih dalam apa yang telah ada,serta menguji kebenaran terhadap apa yang sudah ada,tetapi masih di ragukan kebenaran nya.

*Kegunaan penelitian*
1. Memperkuat ilmu pengetahuan. 2. Membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan. * Pengetahuan tidak akan maju tanpa adanya penelitian *

Berikut syarat-syarat penelitian: 
Sistematis.Artinya,penelitian di laksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.  Terencana.Artinya,penelitian di laksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelum nya sudah di pikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.  Mengikuti konsep ilmiah.Artinya,mulai dari awal sampai akhir kegiatan,penelitian di lakukan menurut cara-cara yang sudah ditentukan,yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.

Berikut cara berpikir seorang peneliti: 
Berpikir skeptis,artinya si peneliti harus selalu menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung suatu pernyataan.  Berpikir analistis,artinya peneliti harus selalu menganalisis setiap pernyataan atau persoalan yang di hadapi.  Berpikir kritis,artinya peneliti harus selalu mendasar kan pikiran dan pendapat nya pada logika serta menimbang berbagai hal secara objektif berdasarkan data dan analisis.  Jujur,artinya seorang peneliti tidak memasukkan keinginan nya sendiri ke dalam data.  Terbuka,artinya seorang peneliti bersedia memberikan bukti penelitian dan siap menerima pendapat pihak lain tentang hasil penelitian nya. *Cara berpikir seperti ini di sebut cara berpikir ilmiah (reflective thingking)*

Berikut sikap-sikap seorang peneliti:
‡ Objektif,artinya seorang peneliti harus dapat memisahkan perasaan pribadi dan fakta. ‡ Kompeten,artinya seorang peneliti yang baik memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. ‡ Faktual,artinya seorang peneliti harus bekerja berdasar kan fakta yang diperoleh.

Urutan dalam penelitian:
‡ Penelitian di hadapkan pada suatu objek tertentu. ‡ Merumuskan masalah sehingga batasan,kedudukan,dan alternatif cara pemecahan masalah tersebut menjadi jelas. ‡ Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak dalam mengada kan tindakan untuk menemukan alternatif pemecahan masalah yang dipilih. ‡ Mengumpul kan data untuk menguji hipotesis (collection of data as evindence). ‡ Mengambil kesimpulan berdasar kan hasil pengolahan data dan dikembalikan kepada hipotesis yang sudah di rumus kan. ‡ Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasi dari kesimpulan tersebut serta implikasi nya di masa yang akan datang.

Prosedur penelitian
Secara garis besar,langkah-langkah penelitian di bagi dalam pembuatan rancangan penelitian,pelaksanaan penelitian,dan pembuatan laporan penelitian.

Pembuatan rancangan penelitian:
Menentukan masalah yang akan diteliti. Studi pendahulu. Merumuskan suatu maslah. Merumuskan tanggapan dasar. Memiliki pendekatan terhadap objek.Pendekatan di bagi menjadi 2 yaitu pendekatan kuantitatif digunakan bila data yang hendak dikumpulkan adalah dalam bentuk angka.Dan yang kedua yaitu penelitian kualitatif digunakan apabila data yang hendak di kumpul kan dalm bentuk kata atau kalimat. 6. Menentukan variabel dan sumber data. 1. 2. 3. 4. 5.

Langkah-langkah pelaksanaan penelitian
1. 2. 3. 4. Menentukan dan menyusun instrumen. Mengumpulkan data. Analisi data. Menarik kesimpulan.

Pembuatan laporan penelitian
Susunan
‡

Bagian isi
1. 2. 3. 4. 5. 6. 1. 2. 3. 4. Latar belakang masalah, Identifikasi masalah, Pembatasan masalah, Perumusan masalah, Tujuan penelitian secara umum dan, Kegunaan penelitian. Pengkajian teori yang di pergunakan, Pembahasan penelitian, Penyusunan kerangka berpikir,dan Perumusan hipotesis.

Pendahuluan.

‡

Penyusunan kerangka teoritis dan pengajuan hipotesis.

Pembuatan laporan penelitian
Susunan ‡ Metodologi penelitian Bagian isi 1. Tujuan penelitian secara operasional, 2. Tempat dan waktu penelitian, 3. Metode penelitian, 4. Teknik pengambilan sampel(contoh), 5. Teknik pengumpulan data,dan 6. Teknik analisis data.

Pembuatan laporan penelitian
Susunan ‡ Hasil penelitian. Bagian isi Variabel yang diteliti, Teknis analisi, Kesimpulan analisi data, Penafsiran kesimpulan analisis data,dan 5. Kesimpulan pengujian hipotesis. 1. 2. 3. 4.

Pembuatan laporan penelitian
Susunan ‡ Kesimpulan dan saran. Bagian isi 1. Deskripsi singkat mengenai masalah hipotesis dan hasil penelitian, 2. Kesimpulan penelitian dari seluruh aspek tersebut,dan 3. Pengajuan saran.

Pembuatan laporan penelitian
Susunan ‡ Laporan Bagian isi ‡ Dapat menambah kan daftar pustaka dan lampiran lampiran.

Jenis-jenis penelitian
Secara umum , penelitian dapat di bagi dalam enam kelompok besar,yakni berdasar kan tujuan,metode atau pendekatan,taraf penjelasan,data yang terkumpul,tujuan umum,dan tempat pelaksanaan.

Penelitian menurut tujuan nya
1. Penelitian Dasar (basic research) yaitu mengumpulkan informasi untuk menyusun konsep dan hubungan,serta penjalinan teoritik untuk menemukan prinsip-prinsip umum mengenai suatu topik permasalahan tertentu. 2. Penelitia Terapan (applied research) yaitu mengumpulkan informasi untuk usaha memecahkan masalah atau suatu persoalan di dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian menurut metode nya
1. Penelitian Historik,berusaha mengkaji peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. 2. Penelitian Survei,bertujuan memperoleh informasi yang sama atau sejenis nya dari berbagai kelompok atau orang dengan angket atau wawanxara secara pribadi. 3. Penelitian Eksperimen,merupakan jenis penelitian yang memanipulasi situasi alamiah menjasi situasi buatan sesuai dengan tujuan peneliti. 4. Penelitian Observasi,tujuan nya memperoleh informasi secara langsung dari tingkah laku orang yang di amati.

Penelitian menurut taraf pemberian informasi
1. Penelitian deskriptif menghasil kan penelitian yang taraf nya memberikan penjelasan mengenai gambaran tentang ciri-ciri suatu gejala yang di teliti. 2. Penelitian eksplanasi menghasil kan penelitian yang lebih lengkap di banding kan penelitian deskriptif. 3. Penelitian eksplorasi menghasil kan penelitian yang sangat dalam.Penelitian ini dapat menjawab pertanyaan kenpa,mengapa,bahkan pertanyaan bagaimana dari suatu fenomena.

Penelitian menurut pendekatan dan data yang di kumpul kan 
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menekan kan pada jumlah data yang di kumpulkan.  Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekan kan pada kualitas data atau kedalaman data yang dapat di peroleh.

Penelitian menurut tempat pelaksanaan nya
1. Penelitian laboratorium.Dilakukan dalam suatu tempat khusus untuk mengada kan studi ilmiah dan kerja ilmiah. 2. Penelitian lapangan.Dilakukan dalam kehidupan sebenarnya. 3. Penelitian perpustakaan.Bertujuan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang terdapat perpustakaan.

B.Rancangan Penelitian
Untuk memulai suatu penelitian,kita harus mengetahui bahwa hal pertama yang dilakukan adalah membuat perancangan penelitian. Dalam rancangan penelitian,terdapat gambaran umum tentang penelitian itu sendiri.Umumnya,rancangan penelitian terdiri dari 6 bagian besar ,yaitu latar belakang masalah,perumusan masalah,tujuan dan manfaat penelitian,landasan teori atau tinjauan kepustakaan,hipotesis,dan metodologi penelitian.

Latar belakang masalah
Dalam bagian latar belakang masalah,peneliti harus mengemukakan alasan dipilih nya suatu masalah atau topik yang akan di jadikan bahan penelitian,yaitu mengapa masalah itu perlu diteliti dan apa yang melatarbelakanginya.

Perumusan masalah
Penelitian dapat di mulai dengan menjelaskan peran pendidikan bagi masyarakat miskin untuk keluar dari lingkaran kemiskinan,kemudian masuk pada hambatan masyarakat miskin dalam mengakses pendidikan.Terakhir,peneliti dapat menjelaskan bahwa diperlukan sebuah solusi pendidikan berupa pendidikan alternatif yang mampu diakses oleh masyarakat.

Pertanyaan penelitian
Setelah peneliti memaparkan permasalahan penelitian nya,maka dari masalah tersebut peneliti merancang pertanyaan penelitian.Fungsi pertanyaan tersebut untuk menjadi dasar penelitian yang akan dilakukan sebab pertanyaan penelitian adalah hal-hal yang ingin di jawab melalui penelitian ini.

Tujuan dan manfaat penelitian
Tujuan Penelitian ‡ Tujuan penelitian merupakan rumusan masalah dalam bentuk kalimat pertanyaan.Tujuan penelitian juga sangat berkaitan debgan kesimpulan. Manfaat penelitian ‡ Manfaat penelitian merupakan kegunaan nyata hasil yang akan di capai melalui sebuah penelitian.

Landasan teori
andasan teori merupakan telaah masalah penelitian berdasarkan teori-teori atau bacaan-bacaan.Landasan teori merupakan dasar teoristis bagi penulis untuk menjawab masalah penelitian.

Landasan teori
Landasan teori memiliki fungsi,antara lain sebagai berikut: ‡ Memberikan landasan berpikir bagi peneliti untuk menjawab masalah penelitian, ‡ Memperdalam pengetahuan peneliti atas masalah yang akan diteliti, ‡ Mempertajam konsep yang dipakai dalam merumuskan hipotesis.

Hipotesis
Hipotesis merupakan kemungkinan jawaban atas masalah penelitian.Disebut kemungkinan karena belum di buktikan lewat penelitian di lapangan.Hipotesis di nyata kan dalam bentuk pernyataan yang menghubungkan variabelvariabel penelitian.

Hipotesis dapat di bagi sebagai berikut:
‡ Hipotesis kerja atau alternatif (Ha).Hipotesis kerja adalah semua hipotesis yang di bangun oleh si peneliti. ‡ Hipotesis nol (Ho).Hipotesis nol adalah ingkaran atau formulasi terbalik dari hipotesis kerja.

Ciri-ciri hipotesis:
‡ Bisa di terima dengan akal sehat. ‡ Menyata kan hubungan antarvariabel penelitian. ‡ Harus dapat diuji. ‡ Dinyata kan secara singkat dan dalam bentuk kalimat pernyataan. ‡ Konsisten dengan teori dan fakta yang telah dibangun.

Teknik pengumpulan data:
Secara umum metode penelitian di bagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut: 1. Data Primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian,seperti data yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan atau dari wawancara langsung dengan objek penelitian. 2. Data Sekunder adalah data yang diperoleh tidak langsung dari lapangan,misalnya koran,dokumen,dan bacaan lainnya.

Teknik analisis data
Teknik analisis data merupakan cara mengolah data yang telah diperoleh dari lapangan.Hasil analisis data ini merupakan jawaban atas pertanyaan masalah.Berdasarkan hal tersebut,teknik analisis data di bagi atas dua macam teknik,yakni teknik analisis data secara kuantitatif dan teknik analisis data secara kualilatif.

Teknik analisis data
‡ Teknik analisis kuantitatif menggunakan rumus-rumus statistik dalam mengolah data. ‡ Teknik analisis kualilatif tidak menggunakan rumus-rumus statistik dalam mengolah data.

Unit analisis
Unit analisis merupakan satuan penelitian.Sebagai contoh nya sebuah organisasi(sekolah,pemda,DPR,dsb).

Menentukan topik penelitian
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan topik penelitian,yaitu: Topik penelitian harus sesuai dengan minat peneliti. Topik atau judul yang dipilih harus lah topik yang bisa diteliti oleh si peneliti. Data cukup tersedia. Topik memiliki kegunaan praktis,bermanfaat,dan penting untuk diteliti. Menghindari duplikasi penelitian.

D.Merumuskan pertanyaan masalah
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan pertanyaan masalah adalah sebagai berikut: 1. Gunakan bahasa yang mudah di pahami, 2. Pilihlah kata-kata yang mengandung arti yang sama bagi semua orang,dan Gunakan kalimat pendek yang tidak menyulitkan pemahaman.

E.Memilih sampel penelitian
Pengambilan sampel penelitian dilakukan karena sering tidak mungkin melakukan pengamatan terhadap populasi yang sangat besar. Pengambilan sampel bisa di lakukan secara acak dan tidak acak.Sampel yang di ambil secara acak adalah sampel yang di ambil sedemikian rupa sehingga semua individu memiliki kesempatan yang sama untuk di pilih sebagai sampel penelitian.Hasil dari sampel penelitian kemudian digeneralisasi kan atau di buat kesimpulan sebagai sesuatu yang berlaku bagi populasi.

Tujuan Penentuan Sampel
Tujuan penentuan sampel adalah untuk memperoleh keterangan mengenai objek penelitian dengan cara mengamati sebagian dari populasi saja.

Tujuan pengambilan sampel
Tujuan pengambilan sampel sebagai berikut: 1. Mengadakan reduksi (pengurangan) terhadap kuantitas objek yang di teliti. 2. Mengadakan generalisasi terhadap hasil penelitian. 3. Menonjolkan sifat-sifat umum dari populasi.

Cara-cara pengambilan sampel penelitian:
Proses pengambilan sampel terdiri atas 2 jenis,yaitu; 1. Probabilita,dan 2. Non-probabilita.

Berikut macam-macam metode pengambilan sampel penelitian: 
Sampel radom atau sampel acak atau sampel campur (random sample), Sampel berstrata (stratified sample), Sampel wilayah (area probability sample), Sampel proporsi (proportional sample), Sampel bertujuan (purposive sample), Sampel kuota (quotq sample),dan Sampel kelompok (cluster sample).

F.Data
Data adalah bahan keterangan berupa himpunan fakta,angka,huruf,grafik,tabel,lambang,objek,k ondisi,dan situasi. Untuk mencapai suatu tujuan,si peneliti harus memerlukan data yang benar yang dapat diperoleh di lapangan sesuai dengan topik dalam penelitian nya.

Syarat-syarat data :
Data yang di ambil tentu bukan data sembarangan,tetapi data yang memiliki syarat-syarat berikut: 1. Data harus objektif ,artinya data sesuai apa adanya. 2. Data harus dapat mewakili (representif). 3. Data harus mempunyai kesalahan baku yang kecil. 4. Data harus tepat waktu. 5. Data harus ada hubungan nya dengan persoalan yang di pecahkan.

Kegunaan data
Data memiliki kegunaan sebagai berikut: 1. Mengetahui dan memperoleh gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan yang ada di masyarakat. 2. Membuat keputusan atau memecahkan persoalan.

Jenis-jenis data:
Ada 3 jenis jenis data yaitu: 1. Menurut cara perolehannya.Menurut cara perolehan nya data terdiri dari data primer dan data sekunder. 1.Data primer adalah data yang di dapat langsung dari lapangan atau laboratorium,dikumpulkan,diolah oleh organisasi atau perorangan. 2.Data sekunder adalah data yang diperoleh suatu organisasi/perorangan dari pihak lain.

Jenis jenis data:
2.Menurut sifat nya.Menurut sifatnya data terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. ‡ Data kualitatif adalah data yang tidak terbentuk angka-angka. ‡ Data kuantitatif adalah data dalam bentuk angka.

Jenis-jenis data:
3.Menurut sumbernya.Menurut sumber nya data di bagi menjadi data internal dan eksternal. ‡ Data internal adalah data yang menggambarkan keadaan dalam suatu organisasi,seperti perusahaan,departemen,atau negara. ‡ Data eksternal adalah data yang menggambarkan sesuatu diluar organisasi atau negara. *The end*

Penutup
Demikian hasil pekerjaan kelompok kami.Kami sudah berusaha mengumpulkan dan mrangkum data mengenai Penelitian Sosial. Apabila dalam pekerjaan kami ada kalimatkalimat yang kurang berkenan,kami mohon maaf. Terima kasih ^^

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful