Nama : Sintong Parulian Umardani Hasiholan NPM Kelas : 16110566 : 1 KA 34

MANUSIA DAN KEADILAN

PENGERTIAN KEADILAN Keadilan menurut Aristoteles adalah kelyakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah antara kedua ujung ekstrim yang terlalu banyak dan yang terlalu sedikit.

Berbagai macam keadilan 1. Keadilan legal atau keadilan normal. 2. Keadilan distributive. 3. Keadilan komutatif.

KECURANGAN Kecurangan artinya apa yang diinginkan selalu bertentangan dengan hati nurani. Ada banyak faktor yang menyebabkan banyak orang melakukan kecurangan diantaranya: 1. 2. 3. 4. Faktor Ekonomi Faktor Kebudayaan Faktor Peradaban Fator Teknik

KEJUJURAN Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakan oleh seseorang sesuai dengan hati nuraninya dan sesuai dengan kenyataan.Jujur juga berarti hati seseorang bersih dari perbuatan yang dilarang oleh agama. Pada hakekatnya jujur atau kejujuran dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi. Adapun kesadaran moral adalah kesadaran tentang diri sendiri berhadapan dengan hal yang baik dan buruk.

KEADILAN SOSIAL Berbicara tentang keadilan kita akan ingat dasar Negara kita yaitu Pancasila sila ke lima yang berbunyi ³Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia´, hal ini mengandung pengertian tidak ada kemiskinan didalam Indonesia Merdeka.

PEMULIHAN NAMA BAIK Nama baik merupakan tujuan utama orang dalam hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela, maka dari itu setiap orang berusaha untuk menjaga nama baiknya. PEMBALASAN Pembalasan ialah suatu reaksi atau perbuatan orang lain untuk mencari kepuasan diri. Reaksi tersebut dapat berupa perbuatan serupa dan perbuatan seimbang. Pembalasan disebabkan oleh karena adanya pergaulan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful