P. 1
Bencana-dan-Lingkungan

Bencana-dan-Lingkungan

|Views: 373|Likes:
Published by Khalid Mfm

More info:

Published by: Khalid Mfm on Mar 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2011

pdf

text

original

Sections

  • UCAPAN TERIMA KASIH
  • PENDAHULUAN
  • Mempelajari lingkungan
  • Sistim-sistim bumi
  • Interaksi sistim-sistim bumi : degradasi lingkungan
  • Dampak kemanusiaan
  • Satu tanggapan terhadap masalah
  • Konsep pembangunan berkelanjutan
  • STUDI KASUS
  • Sistim – sistim yang berkelanjutan melalui teknologi
  • Manajemen lingkungan
  • Perencanaan dan kebijakan nasional
  • Alat – alat manajemen lingkungan
  • REFERENSI

Edisi ke 2

Bencana dan Lingkungan

Program Pelatihan Manajemen Bencana

1

Bencana dan Lingkungan
Edisi ke 2

Modul disusun oleh: Gustavo Wilches and InterWorks

Program Pelatihan Manajemen Bencana

1995

2

3

Edisi pertama dari modul ini dicetak pada tahun 1993. namun diperlukan penyebutan sumber dari Program Pelatihan Manajemen Bencana (DMTP). Penggunaan dan penggandaan materi dalam modul ini diperbolehkan. 4 .

. Referensi ............................. STUDI KASUS .. Tindakan-tindakan pengurangan kerentanan ...................................................................................... .......................................................................... 49 49 53 55 59 61 61 64 68 5 ........................................................................................................... Degradasi lingkungan ................................................................ Dampak kemanusiaan .................................................... Reorganisasi Perserikatan Bangsa Bangsa dan DMT .......... Sistim-sistim bumi ........ STUDI KASUS ................................................................................................................................................................................................... 45 Isu kemanusiaan global: pengaruh-pengaruh perang pada pembangunan dan lingkungan ......................................................................DAFTAR ISI Ucapan terima kasih ................................................................ Pengaruh bahaya pada lingkungan .... 42 STUDI KASUS ..................................... STUDI KASUS ......................................................... Bagian 1 Cakupan dan tujuan .................................. STUDI KASUS ........................... Perencanaan dan kebijakan nasional .. Peran-peran individual dan organisasi-organisasi .................................................. Bagian 2 Dimensi-dimensi manusia dari perubahan lingkungan ... 48 Bagian 4 Melaksanakan perubahan lingkungan ............... Mempelajari lingkungan .......................................... Bagian 5 Sumber-sumber daya manajemen lingkungan .................................................... Alat-alat manajemen lingkungan ............................................ .. 45 Studi kasus .................. 47 Review bagian 3 .......................................................................... 41 Suatu tanggapan terhadap masalah ............................................................................................ 6 7 9 9 13 14 15 18 21 25 25 28 38 Bagian 3 Mengurangi degradasi lingkungan .................................................................... 43 Sistim-sistim yang berkelanjutan melalui teknologi .......................................................................................................... 47 Manajemen lingkungan .................................... .................................................................................. 41 Konsep pembangunan berkelanjutan .................................................................................. Interaksi sistim-sistim bumi: degradasi lingkungan .................................................... Pendahuluan ........................................................................................

Organisasi dari Negara-Negara Bagian Amerika Serikat. pembuatan format dan komponen-komponen pendidikan dilakukan oleh InterWorks.UCAPAN TERIMA KASIH Modul pelatihan ini didanai oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa bekerja sama dengan Departemen Urusan Kemanusiaan untuk Program Pelatihan Manajemen Bencana ( DMTP ) yang juga bekerja sama dengan Pusat Manajemen Bencana dari Universitas Wisconsin. Patricia Bittner. Organisasi Kesehatan Pan American. Penyuntingan. Naskah ini diperiksa ulang oleh: Alcira Kreimer. termasuk rancangan/desain. Program Kesiapan Emergensi. Desktop publishing dan konsultasi desain dikerjakan oleh Artifax. 6 . Stephen Bender. dan staf dari UNDP dan Departemen Urusan Kemanusiaan (DHA). dari Departemen Pembangunan Regional. dari Departemen Lingkungan Bank Dunia.

secara langsung mengatur usahausaha Departemen untuk memastikan tanggapan internasional yang efektif dan terintegrasi secara cepat terhadap emergensi-emergensi kemanusiaan. pencegahan dan pengurangan. dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Mengikuti diterimanya resolusi Majelis Umum no 46/182. dan politik dari Kesekretariatan PBB untuk memastikan terjadinya koordinasi vertikal. Sebagai badan utama PBB untuk koordinasi kemanusiaan. Semua referensi modul untuk UNDRO ( baca : Kantor Koordinator Pemulihan Bencana Perserikatan Bangsa Bangsa ) sekarang harus dipahami sebagai DHA (baca : Departemen Urusan Kemanusiaan ). politik dan kemanusiaan saling bertemu. sebagai Under Secretary General untuk Urusan Kemanusiaan. demikian juga pada semua kegiatan yang terkait dengan pencegahan dan pengurangan bencana. organisasi-organisasi PBB. Suatu Komite Tetap Antar-Badan (baca: IASC) yang diketuai Under Secretary General untuk Urusan-Urusan Kemanusiaan telah didirikan sesuai dengan resolusi Majelis Umum no. Kantor Jenewa ( DHA Genewa ) memusatkan kegiatan-kegiatannya pada pemberian bantuan operasional selama masa emergensi dan koordinasi internasional terhadap kegiatan-kegiatan pemulihan bencana. Halaman ini dimasukan di sini sebagai pemberitahuan kepada Anda tentang perubahan-perubahan organisasi dan memberikan penjelasan tentang peran yang lebih luas dari Perserikatan Bangsa Bangsa didalam menejemen bencana. dan pelaksanaan tindakan-tindakan terhadap kesiapan bencana. Pimpinan-pimpinan eksekutif dari badan-badan ini mengadakan pertemuan secara reguler untuk membicarakan isu-isu yang berhubungan dengan emergensi-emergensi kemanusiaan.PENGANTAR Reorganisasi Perserikatan Bangsa Bangsa dan Program Pelatihan Manajemen Bencana Semenjak modul ini ditulis sudah terjadi reorganisasi di dalam sistim Perserikatan Bangsa Bangsa. Departemen ini memusatkan diri di New York untuk kebijakan formulasi dan sebagai koordinasi kebijakan. Departemen tersebut mempunyai kantor baik di New York maupun Jenewa dengan tanggung jawab masingmasing yang saling memperkuat. 7 . Koordinator Pemulihan Emergensi. perencanaan kebijakan dan fungsi-fungsi peringatan dini. dan secara khusus usahausaha dari Sistim Perserikatan Bangsa Bangsa. Departemen Urusan Kemanusiaan ( DHA ) agar memperkuat dan lebih mengefektifkan usaha-usaha bersama masyarakat internasional. dan juga dengan Komite Internasional Palang Merah (baca: ICRC) dan Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (baca: IFRC). Sekretaris Jendral PBB yang ditetapkan pada bulan April tahun 1992. 46/182. Satu sekretariat antar-badan untuk IASC juga sudah didirikan di dalam DHA. Komite itu berhubungan dengan organisasi-organisasi non pemerintah. operasional DHA ada dalam zona abu-abu di mana urusan-urusan keamanan. finansial. Hal ini menuntut Departemen tersebut untuk bekerja secara dekat baik dengan organ-organ yang secara langsung terkait dengan PBB maupun dengan departemen-departemen ekonomi.

Badan-Badan PBB. DHA mendorong dan berpartisipasi dalam pendirian sistim-sistim respon emergensi yang cepat yang mencakup jaringan operator dari sumbersumber pemulihan. telah membuat didirikannya DHA di Moskow pada awal tahun 1995. CED terdiri dari Program Emergensi Khusus yang lama untuk Horn of Africa ( SEPHA ). DHA telah mendirikan unit-unit lapangan di Rwanda. ( Baca : UNOCHA). 8 . ( IDNDR ) Program Pelatihan Manajemen Bencana ( DMTP ). organisasi-organisasi internasional dan LSM-LSM untuk mendukung pengerjaan penyiapan dan finalisasi Appeal. Masalah-masalah administrasi yang terkait dengan bidang operasi CED juga sudah ditangani oleh DHA di Jenewa sepanjang tahun 1994. Armenia. Azerbaijan.(proposal himbauan dukungan dana ) penyebaran informasi lain dan pelacakan finansial. dengan struktur dewan di New York dan satu unit bantuan di Jenewa. Program Emergensi Khusus untuk Negara-Negara Merdeka Baru ( baca: SEP-NIS ). yang diluncurkan pada awal tahun 1990 an. Satu Unit Bantuan Emergensi Kompleks dibentuk di Genewa untuk menangani misi-misi pemerintah yang berbasis di Genewa. dikelola secara bersama-sama oleh DHA dan UNDP atas nama suatu Gugus Antar-Badan. Gugus tugas ini memberikan suatu kerangka kerja yang menyuguhkan sarana bagi negara-negara dan institusiinstitusi ( internasional. regional dan nasional ) untuk meningkatkan pembangunan kapasitas mereka dalam manajemen emergensi dalam konteks pembangunan. Georgia dan Tajikistan. Perhatian khusus diberikan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari bencana yang bersifat mendadak dalam konteks Dekade Internasional untuk Pengurangan Bencana Alam. Program-Program Emergensi Khusus (baca:SEP) dikonsolidasikan ke dalam Divisi Emergensi Kompleks (baca: CED). seperti misalnya Kelompok Penasehat SAR Internasional ( baca: INSARAG ). Federasi Rusia. Sejumlah anggota staf telah dipindahkan ke New York dari Jenewa sebagai bagian dari reorganisasi ini. Emergensi Kekeringan di Program Afrika Selatan ( DESA ). Program Kemanusiaan Khusus untuk Irak ( Baca: SEP-IRQ ) dan juga Kantor Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Koordinasi Bantuan Kemanusiaan Afghanistan.Bencana dan Lingkungan Sebagai bagian dari reorganisasi DHA. Kebutuhankebutuhan kemanusiaan yang muncul dari kejadian-kejadian di Chechnya. Selama tahun itu.

kita bisa memfokuskan usaha-usaha pembangunan kita ke arah pengurangan dan pencegahan bencana. bahwa bahayabahaya tersebut akan semakin sering terjadi. penelitian menunjukan bahwa di banyak bagian dunia. polusi udara dan air dan desertifikasi (baca: berubahnya hutan menjadi padang pasir ). letusanletusan gunung berapi atau banjir bandang mungkin kitalah penyebabnya. gempa bumi dan kekeringan. yang memberikan tekanan pada lingkungan dan menimbulkan resiko bahwa suatu bahaya akan bisa menyebabkan suatu bencana. bencana ciptaan manusia akan meningkat Kerentanan + Bahaya = Resiko Bencana Matematika Bencana 9 . seperti ditunjukan oleh bukti belakangan ini ? Modul ini melihat bencana dari sudut pandang lingkungan.PENDAHULUAN Cakupan dan tujuan Apakah kita korban-korban tidak bersalah dari satu bencana ? Atau apakah ketidak seimbangan lingkungan – disebabkan oleh tekanan populasi manusia dan kecenderungan ekonomi – yang meningkatkan kerentanan kita terhadap bencana. Bencana : karena ulah manusia atau alam Bencana muncul ketika bahaya bertemu dengan situasi-situasi yang rentan. Bahaya – bahaya alam. menyebabkan degradasi lingkungan dan dapat membawa bencana. apakah itu gempa bumi yang menghancurkan bangunan-bangunan. ketika kita membangun pemukiman-pemukiman tidak aman yang berdekatan dengan daerah-daerah bahaya. adalah bagian dari siklus alam dari bumi. Bahaya-bahaya manusia. Sebagai contoh. Ketika ekonomi tumbuh dan teknologi berkembang. Bahkan bencana yang diakibatkan oleh bahaya alam yang bersifat tiba-tiba seperti gempa bumi. atau kekeringan yang mematikan hasil bumi. Bahaya-bahaya yang dulu dianggap alami dan tidak bisa dihindari sekarang dianggap sebagai bagian yang mematikan akibat perubahan lingkungan yang disebabkan oleh manusia. masyarakat tersebut bisa saja menghadapi suatu situasi yang sangat parah yang memerlukan bantuan emergensi dan bantuan untuk menyelamatkan kehidupan dan melindungi lingkungan. seperti kecelakaan akibat bahan-bahan kimia dan teknologi. Pada saat bahayabahaya tersebut memberikan dampak pada masyarakat yang rentan. Modul ini juga mengevaluasi bagaimana degradasi lingkungan dari ekosistim bumi bisa meningkatkan kerentanan suatu masyarakat terhadap bencana dan bagaimana bencana bisa mengubah lingkungan. Pertumbuhan penduduk yang cepat meningkatkan kebutuhan sumber daya alam. peningkatan banjir dikaitkan dengan tingkat eskalasi dari penggundulan hutan di bagianbagian dunia tersebut. Pada saat ekonomi bertumbuh dan teknologi berkembang. seperti misalnya kebakaran. Dengan menggunakan kesadaran lingkungan ini. dan lebih dari itu. Perbedaan antara bahaya oleh manusia dan bahaya alam semakin menjadi kabur. bencana buatan manusia akan semakin meningkat. banjir. tsunami.

curah hujan yang rendah dan kelangkaan air di Afrika sering kali disebabkan oleh masalah-masalah lain. dan hak kepemilikan tanah yang tidak jelas. Mengukur kerugian-kerugian di bidang moneter dari serangan bencana yang bersifat mendadak adalah lebih mudah dari pada mengukur kerugian-kerugian sosialnya. penilaiannya sangatlah sulit. kemiskinan di pedesaan. Kerentanan seperti itu sering kali sulit untuk bisa diukur. dalam pengertian itu. Pandangan umum dari modul ini Kita tetap terkait dengan bencana. kita juga dapat bertindak untuk mencegah bencana. dan polusi lingkungan – di mana faktor-faktor lain juga ikut berperan. Terhadap serangan bahaya yang bersifat lambat – seperti kekeringan.Bencana dan Lingkungan Kerentanan suatu masyarakat terhadap bencana adalah tingkatan di mana masyarakat tersebut kemungkinan akan bisa dirusak atau diganggu oleh dampak suatu bahaya. Bagian 5 mereview alat-alat manajemen lingkungan yang dirancang agar bisa digunakan dalam program-program UNDP. binatang dan kehidupan tanaman yang mungkin terjadi juga dibicarakan di bagian ini. Secara umum. Bagian 3 mengidentifikasikan hubungan antara mitigasi bencana. seperti misalnya penggundulan hutan. yang merencanakan dan membatasi dampak-dampak lingkungan yang merusak karena pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi. pengaruh-pengaruh jangka panjang dari bencana pada bidang ekonomi juga sulit untuk bisa diukur. kerentanan terkait erat dengan kemiskinan dan. terutama sekali di negara-negara berkembang. Lewat tindakan-tindakan mitigasi dan pencegahan yang aktif. Bagian 4 memfokuskan pada prioritas-prioritas untuk program-program nasional seperti pembangunan manusia. desertifikasi. Bahaya-bahaya terhadap manusia. Peran-peran organisasiorganisasi PBB dan badan-badan lain dalam melaksanakan program-program lingkungan juga diterangkan di bagian ini. Oleh karena itu. kita bisa mengurangi kerentanan kita terhadap bahaya. Bagian 2 secara detail menerangkan kekuatan-kekuatan besar ulah manusia yang mempengaruhi lingkungan dan juga menunjukan kepada kita bagaimana kekuatan-kekuatan ini bisa meningkatkan kerentanan terhadap 13 bahaya utama ulah manusia dan alam. pembangunan ekonomi dan perlindungan lingkungan dan menganjurkan tindakan-tindakan untuk mengurangi degradasi lingkungan. negara-negara berkembanglah yang sangat rentan. Bagian 1 dari modul ini mengambarkan sistim-sistim bumi dan menjelaskan degradasi yang terjadi di dalam setiap sistim. erosi tanah. Sebagai contoh. walaupun keduanya sama pentingnya. manajemen lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. 10 . praktek-praktek pertanian yang kurang baik.

di sisi halaman. Anda akan diberi kesempatan untuk berhenti dan memeriksa pelajaran Anda sepanjang modul lewat pertanyaan-pertanyaan yang sudah dimasukan ke dalam teks. Sebagai tambahan untuk membuat catatan. naskah ini sangat memadai sebagai alat tutorial karena dapat dicetak. Metode-metode pelatihan lokakarya meliputi : • • • • • • diskusi kelompok simulasi/main peran selebaran tambahan video sesi review latihan-latihan penilaian diri sendiri Yang belajar secara mandiri diminta untuk menggunakan naskah ini sebagai buku tugas. Metode-metode pelatihan berikut direncanakan untuk dapat dipergunakan dalam lokakarya dan disimulasikan sebagai pelengkap “petunjuk pelatihan”. Untuk yang belajar secara mandiri. 11 .PENGANTAR Metode-metode pelatihan Modul ini dimaksudkan untuk dua pembaca: modul untuk belajar secara mandiri dan sebagai peserta dalam satu lokakarya pelatihan. Tulislah jawaban-jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan ini sebelum Anda melanjutkan untuk meyakinkan bahwa Anda sudah memahami poin-poin penting di dalam naskah ini.

12 .

Pendekatan pertama – didasarkan pada fakta bahwa manusia mendiami planet ini bersama-sama dengan makhluk hidup yang lain – memfokuskan pada interaksi antara sistim-sistim kehidupan. sangatlah terbatas. Di dalam kerangka kerja dari modul ini. Suatu sistim ekologi ( ekosistim ) adalah kumpulan organisme dan lingkungan mereka. Cakupan yang luas dari definisi ini menjadikan lingkungan sulit untuk dipelajari. setiap barang yang ada di rumah kita. pendekatan yang lebih luas yang melihat lingkungan secara menyeluruh dan menekankan bahwa semua sumber-sumber daya dari planet bumi ini. atau suatu pemukiman manusia dapat dipelajari sebagai ekosistim yang terpisah. kondisi dari tubuh kita. karena kesejahteraan manusia dan seluruh aktivitasnya yang paling utama mendapatkan perhatian kita. n Mengidentifikasikan bagaimana perubahan-perubahan dalam satu n Menunjukan bagaimana degradasi lingkungan dihubungkan dengan bahaya dan bencana. Ilmu pengetahuan ekologi adalah studi tentang hubungan timbal balik dari organisme dengan lingkungan fisik mereka. dan setiap sedikit makanan dan minuman yang kita konsumsi. akan tetapi metode-metode studi tertentu dapat membantu kita membuat hubungan antara bencana dan lingkungan. suatu perspektif moderen tentang ekologi sangatlah membantu: kesadaran yang semakin tumbuh bahwa kekurangan makanan dan ruangan akan memberikan tekanan kepada masyarakat manusia untuk berubah dan membatasi aktivitas-aktivitasnya. Yang kedua. hal ini merupakan alat yang berguna untuk mengevaluasi bagaimana sistim-sistim alam beroperasi dan untuk menemukan apa yang mempengaruhi sistim-sistim alam tersebut. Mempelajari lingkungan melibatkan dua pendekatan dasar. baik itu yang hidup maupun yang tidak hidup. sebuah danau. Di dalam lingkungan global muncul banyak ekosistim dan lingkungan. Sebagai contoh. Aspek-aspek apa sajakah dari eksistensi manusia yang secara langsung maupun tak langsung tidak terkait dengan lingkungan ? A________________________________________________________ ____________________________________________________________ 13 . sistim bisa mempengaruri sistim-sistim yang lain. bagaimanapun juga.1 TUJUAN PEMBELAJARAN BAGIAN BUMI SEBAGAI SATU SISTIM Bagian dari modul ini dirancang untuk : n Menerangkan hubungan dari sistim-sistim bumi. Dengan menggunakan kedua pendekatan ini. termasuk udara yang kita hirup. Mempelajari lingkungan Apakah lingkungan itu ? Lingkungan dapat diartikan sebagai jumlah total dari semua kondisi yang mempengaruhi eksistensi. Kita Sistim kehidupan lain Sistim kehidupan Kita Sistim nonkehidupan Gambar 1 Dua pendekatan dalam studi lingkungan EKOLOGI Q. spesies manusia merupakan pemain utama. Setiap unsur dari kehidupan kita adalah bagian dari lingkungan. sebatang pohon. pertumbuhan dan kesejahteraan dari satu organisme atau kelompok organisme yang ada di bumi.

di mana radiasi itu meningkatkan temperatur di permukaan bumi. bumi akan menjadi jauh lebih dingin. Samudra ( Hidrosfir ) Samudra dan perairan lain yang besar menahan panas yang diserap dari radiasi sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan daratan. didorong terutama sekali oleh kekuatan grafitasi dan oleh energi dari matahari. Air yang masuk ke tanah akan diserap oleh sistim akar tanaman. adalah sumber utama dari kelembaban untuk sistim hidrologi bumi. danau. Waktu berlalu. binatangbinatang. radiasi. ekosistim-ekosistim berubah. Curah hujan. dari garis lintang yang tinggi ke yang rendah dan menyeberangi garis bujur. Tanpa efek rumah kaca. Hal ini dikenal sebagai efek rumah kaca. Setiap ekosistim terdiri dari tanaman-tanaman. tanah gundul atau pada danau-danau dan sungai-sungai juga menguap. dalam bentuk hujan dan salju. sering kali pada jarak yang jauh dari tempat di mana panas tersebut diserap. Siklus-siklus air ( hidroorologis ) Sumber-sumber air bumi secara terus menerus didaur ulang. Bumi juga mengeluarkan radiasi infra merah. dari permukaan ke perairan-perairan yang lebih dalam. Arus-arus memutar panas ini secara vertikal. dan sebagian yang lain meluncur menuju permukaan bumi.Bencana dan Lingkungan Sistim-sistim bumi Si na r Atmosfir Atmosfir Atmosfir adalah selubung berbagai gas yang mengelilingi bumi. Air mungkin menghabiskan waktu selama beratus-ratus atau beribu-ribu tahun di dalam tanah. Pada skala ribuan tahun. baik tanaman dan kehidupan binatang berevolusi dan dengan kejadian-kejadian seperti misalnya kekeringan dan banjir. Daratan ( Litosfir ) Daratan juga disebut litosfir. sebagian hujan yang turun pada lapisan vegetasi. dan secara horizontal. udara panas. di mana radiasi ini diserap atau dipantulkan kembali ke ruangan oleh permukaan-permukaan reflektif seperti misalnya es. atau samudra. Ketika radiasi matahari memasuki atmosfir. radiasi infra merah untuk lepas. argon. banyak bentuk kehidupan tidak akan bisa bertahan. ekosistimekosistim itu telah berubah dengan siklus glesier bumi. mulai dari daerah-dearah kering sampai ke hutan-hutan tropis. atau kerak bumi. Gas-gas atmosferik tertentu tidak membiarkan gelombang yang panjang ini. salju dan air. Gas-gas yang membentuk atmosfir – termasuk nitrogen. oksigen. radiasi ini memantul kembali ke bumi. dan permukaan bumi berubah lewat gempa bumi dan aktivitas gunung berapi. Hujan yang turun di samudra menguap. yang berhawa panas. Ketika panas ini dilepaskan. meskipun kabut dan salju mungkin penting di beberapa daerah tertentu. yang menopang berbagai ekosistim unik yang luas. interaksinya dengan atmosfir menghasilkan siklus-siklus harian dan siklus-siklus musiman dan temperatur yang mempengaruhi iklim dan kondisi setempat. BUMI BUMI Panas Gambar 2 Pantulan radiasi dari permukaan bumi JAWABAN (dari hal13) Tidak ada 14 . karbon dioksida. tanah-tanah dan nutrisi-nutrisi yang berbeda yang membentuk sistim-sistem yang saling tergantung satu dengan yang lain. atau akan merembes ke bawah melalui tanah untuk muncul kembali dalam rembesan menuju sungai-sungai. metan dan ozon – mengatur dan menyeimbangkan energi yang terkandung dan dilepaskan. membentuk awan yang menghasilkan lebih banyak hujan. sebagian dari radiasi itu dipantulkan kembali ke dalam ruangan oleh awan dan debu.

yang terlepas dari landfill ( tempat yang rendah untuk menanam sampah ). dan mereproduksi akan terpengaruh. Penggundulan hutan. hydrosfir dan litosfir – dimana kehidupan telah berkembang. Sebagai contoh. dan dampak-dampaknya pada kesehatan masyarakat. burung-burung. Untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. perubahan-perubahan iklim. ikan-ikan. Jika perubahan-perubahan di biosfir. Biosfir terdiri dari tanah dan bagian atas dari kerak bumi. Atmosfir Litosffir Biosfir BAGIAN hydrosfir Gambar 3 Biosfir Interaksi sistim-sistim bumi : degradasi lingkungan Komponen-komponen dari sistim bumi – atmosfir. Methan atmosferik.1 BUMI SEBAGAI SATU SISTEM Biosfir Biosfir didifinisikan sebagai ruangan di bumi – di dalam atmosfir. kayu dan minyak – membebaskan karbon untuk menyatu dengan oksigen di atmosfir. lapisan bagian bawah dari atmosfir. perubahan-perubahan di dalam ekosistim. meskipun demikian perubahanperubahan kimia maupun fisik terhadap perubahan mana organismeorganisme tidak dapat beradaptasi kemudian kemampuan dari organisme ini untuk menyerap zat-zat. Semua ekosistem digabung di dalam biosfir. Atau pembakaran tanah-tanah yang ditutupi oleh tanaman tropis dapat meningkatkan jumlah karbon dioksida di dalam atmosfir. 15 . yang mempunyai kemampuan mengatur sendiri. dan hidrosfir. Jika satu bagian bumi berubah. akibatnya bisa termasuk kenaikan air pasang di lautan. samudra. Degradasi atmosfir Pemanasan global – Konsentrasi dari karbon dioksida di dalam atmosfir telah meningkat hampir 25 % semenjak serbuan industrialisasi pada abad ke 18. atau pemanasan global. perusakan hutan dengan membakar atau penebangan kayu secara berlebihan ( lihat Penggundulan hutan di bawah ) . kita menerangkan masalah-masalah utama dari degradasi lingkungan. Pada bagian ini. Penambahan dari gas-gas rumah kaca ini bisa mempertinggi efek rumah kaca alami dan bisa mengakibatkan bertambah panasnya permukaan bumi. ternak dan fermentasi pada sawah-sawah telah meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. untuk tumbuh. tanaman. Biosfir mungkin dianggap sebagai tempat bersama yang dihuni oleh umat manusia. Jika pemanasan terjadi seperti diperkirakan oleh beberapa ilmuwan. bagian lain akan terpengaruh – sering kali dalam cara-cara yang tidak segera dapat diketahui. memindahkan vegetasi dari satu area daratan akan menurunkan daya serap daratan terhadap air tanah. bakteri dan binatang-binatang buas dan jinak. pembakaran fosil-fosil bahan bakar – seperti batu bara. yang mengakibatkan kemungkinan kekurangan air minum bagi penghuninya. juga memberikan kontribusi terhadap penambahan karbon dioksida dengan melepas karbon yang tersimpan di dalam materi tanaman. dan spesiesspesies yang hidup – secara rumit saling berhubungan.

Pada saat senyawa-senyawa asam dan polutan-polutan yang bersifat ganda ini merusak dedaunan dan tanah. embun dan kabut. Radiasi ultraviolet dapat menembus permukaan samudra. di negara-negara berkembang. untuk pembangkit tenaga listrik . hutan-hutan akan berkurang dan akhirnya mati. Polusi yang naik ke udara seperti itu merusak hasil bumi dan vegetasi dengan melukai jaringan tanaman. Audubon. kanker kulit dan penyakit-penyakit mata dan juga sistim kekebalan akan menjadi lebih meningkat. Polusi udara menimbulkan kerusakan lebih jauh terhadap daratan dan sistim-sistim air : kerusakan pada hasil pertanian.Sulfur dioksida (SO2). senyawa-senyawa asam sering kali mulai terbentuk. sungai dan danau. busa dan bahan bakar erosol. Terhadap manusia. Kesehatan manusia juga terganggu ketika polusi merusak sistim pernapasan. Pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil. salju. Lapisan ozon ini. bentuk oksigen yang langka. yang menghancurkan basis rantai makanan ikan dan phytoplankton yang mungkin secara signifikan akan berdampak pada menghancurkan populasi pemakan ikan. Ketika polutan primer berreaksi membentuk polutan sekunder. semakin menjadi tipis oleh pelepasan kloroflorokarbon (CFCs). Polutan-polutan yang lain meliputi nitrus oksida. polutan terbesar. Polusi udara Sebagian besar penghuni-penghuni kota di dunia menghirup udara yang terpolusi paling tidak dari sebagian waktu mereka. yang melindungi kehidupan dari sinar matahari yang merusak. bangunan dan kesehatan manusia. terletak 11 sampai 24 km di atas bumi. Di beberapa negara. karbon monoksida. hutan. adalah sumber utama dari sulfur dioksida. kotoran dan asap menutupi udara. Mei-Juni 1992 16 . pembakaran batu bara dan kayu juga ikut memberikan kontribusi. yang meningkatkan kerentanan terhadap penyakit dan kekeringan.Bencana dan Lingkungan Gambar 4 Lapisan ozon Lapisan ozon BUMI rad ias iU V Penipisan ozon – Ozon. ( lihat Penggundulan hutan di bawah ). Banyak bentuk kehidupan akan terpengaruh pada saat lapisan ozon menipis dan lebih banyak sinar ultraviolet akan mencapai bumi. bahan kimia yang digunakan di alat pendingin. sering kali bergerak jauh sebelum jatuh kembali ke bumi dalam bentuk hujan asam. zat-zat kecil seperti debu. terkonsentrasikan di bagian atas atmosfir atau ozonosfir. mempunyai sifat yang merusak terhadap manusia dan juga lingkungan. karbon dioksida dan timah yang berasal dari knalpot kendaraan. Polutan di udara juga dilarutkan ke dalam tetes-tetes air kecil dan ditahan di awan.

danau dan sungai di mana hujan turun dan sering mengandung racun untuk tanaman dan binatang. kotoran industri. fenomena ini menipiskan oksigen air. Polusi lautan bisa menyebabkan konsekuensi-konsekuensi besar : n Kotoran manusia yang mengandung penyakit-yang n Materi-materi yang tidak bisa diurai melukai dan membunuh n Penyemprotan bahan-bahan kimia yang berbahaya bisa mamalia laut. dan pembuangan zat-zat radioktif. Kita mengubah aliran air dengan bendunganbendungan dan penampungan-penampungan air. Mei-Juni 1992 17 . irigasi dan industri – memungkinkan meningkatnya kekurangan air di masa yang akan datang. Amerika Serikat. adalah sumber utama dari polusi lautan. Australia dan Indonesia bertepatan dengan kejadian El Nino yang paling signifikan yang pernah dicatat. tumpahan minyak. suatu kejadian mendadak dari permukaan perairan yang panas di pantai Peru. Pada saat manusia mengkonsumsi sejumlah besar air – untuk minum. Sebagai contoh. Sampah. Kalifornia. BAGIAN Para relawan lokal membersihkan puing-puing dekat Huntington Beach. Polusi air yang disebabkan oleh sampah. Degradasi siklus air Subsistem yang bervariasi dari siklus hydrology sedemikian saling terkait satu dengan yang lain sehingga interfensi terhadap satu subsistem akan bisa mempengaruhi yang lain. suatu proses yang disebut eutrophication. penggunaan rumah tangga. lautan sering kali digunakan sebagai tempat-tempat pembuangan sampah yang berasal dari masyarakat. membunuh ikan dan kehidupan laut lainnya. menyebabkan bakteri dan virus.1 BUMI SEBAGAI SATU SISTIM Degradasi samudra Polusi air laut – karena volumenya yang begitu besar. setelah terjadi tumpahan minyak pada tahun 1990. kita menjadikan tanah tidak dapat ditembus oleh kelembaban dengan menutupi tanah dengan beton-beton dan bangunan-bangunan. hal ini menyebabkan hanyutnya air secara cepat menuju saluran drainase. yang terdiri dari kotoran manusia dan sampah domestik. Penyebab lain dari degradasi: sampah yang dibuang dari kapal. Kotoran mentah. yang bisa meningkatkan kemunculan atau kekuatan gejala El Nino. Bukti ilmiah menghubungkan kejadian-kejadian El Nino dengan kekeringan dan hujan yang lebat di sejumlah negara. Pergeseran temperatur laut – Kecenderungan-kecenderungan pemanasan dalam atmosfir bumi sekarang ini bisa mempengaruhi temperatur lautan. El Nino yang lebih kecil yang terjadi pada tahun 1986-1987 terkait dengan kekeringan yang terjadi di Ethiopia. Brazilia bagian timur laut. Hujan asam ( lihat di atas ) meningkatkan keasaman tanah. merusak ekosistim laut dan menumpuk dalam makanan laut. hanya menyisakan sedikit untuk bisa digunakan oleh tanaman dan manusia. kotoran ternak dan hanyutan pupuk juga menjadikan perairan mengandung terlalu banyak nutrisi yang bisa dilarutkan. Menghilangkan lapisan vegetasi alami dari tanah mengurangi kemampuan tanah dalam menahan air. India. hubungan-hubungan ini adalah suatu akibat dari pola global sirkulasi atmosfir. Audubon. kekeringan besar pada tahun 1982-1983 yang mempengaruhi Afrika. pestisida dan pupuk meningkatkan penyimpangan-penyimpangan bahwa cadangan air bersih tidak akan mencukupi lagi.

000 dan memproduksi sampah mentah dengan kecepatan 360 liter per menitnya. alfalfa ( tanaman untuk makanan sapi dan kuda ). satu situasi yang terjadi di Lima. Peru. Satu proyek percontohan di lakukan di kota kecil di Peru oleh UNDP dan Bank Dunia untuk mempromosikan metode-metode pendaur-ulangan air limbah di negara-negara sedang berkembang. Tujuan dari Proyek ini adalah untuk secara ekonomis mengolah sampah air sehingga air tersebut bisa digunakan untuk irigasi dan produksi ikan. Untuk negara berkembang. ikan gurame dan ikan tilapia dapat juga dibudidayakan. Irigasi dari air limbah sudah mencakup satu daerah seluas 1. air tersebut mengandung tingkat deterjen yang sangat rendah sekali. Ketika air mengalir lewat kolam-kolam pengendapan ini. ubi dan kemiri. Ikan yang dipanen dari kolam-kolam yang sudah dibersihkan airnya UNDP photo by Julio Moscoso. 18 . virus-virus dan zat organik padat tetap tinggal di dasar kolam. karena proses penghilangan deterjen akan jauh lebih sulit. Kolam dari San Juan itu menghasilkan ikan sampai 5 ton untuk setiap hektarnya pada musim dingin dan 13. banyak kaum miskin kota di Lima menggunakan air limbah yang tidak diobati ini untuk menanam sayur-sayuran yang dikonsumsi manusia. mempunyai penduduk 150. air itu kehilangan sebagian dari kotoran dan kemudian dibersihkan lewat proses photosintesis. Source. Biaya dari tipe stabilisasi sistim kolam ini sangatlah murah dan dapat membiayai sendiri lewat hasil produksi ikan. Gabungan dari dua hal ini adalah kelangkaan akan air bersih secara umum. terdapat banyak permintaan akan ikan. udang. San Juan Miraflores. karena pendekatan ini tidak memerlukan peralatan yang harus diimpor dan biaya perawatannya pun rendah. Sampah tersebut dikumpulkan dalam 21 kolam stabilisasi sampah yang dilokasikan di bagian tempat yang menurun dari kota. Parasit-parasit. yang akhirnya menjadi sangat mahal. Kota sasaran. Ikan sudah dibudidayakan di air yang sudah secara memadai dibersihkan untuk memenuhi standar WHO. Praktek ini telah menyebabkan sering munculnya wabah tipus dan hepatitis dan itulah sebabnya mengapa Peru mempunyai angka paling tinggi untuk terjangkitnya penyakit diare di dunia.500 ha. Konsekuensinya. pisang. Penyumbang-penyumbang lainnya terhadap proyek ini adalah Pusat Rekayasa Sanitari dan Ilmu Pengetahuan Lingkungan yang berbasis di Lima dan GTZ. di mana ditanam pohon-pohon. Jagung. yang dihasilkan oleh tanaman yang tumbuh diatas permukaan air yang memakan zat kotoran. hal ini merupakan pendekatan yang masuk akal.Bencana dan Lingkungan STUDI KASUS Pendaurulangan air limbah di Peru Salah satu masalah yang paling menekan yang dihadapi kota-kota di dunia yang sedang berkembang saat ini adalah pembuangan sampah dari manusia dan industri.5 ton untuk setiap hektarnya pada musim panas. Khususnya di Lima. cabang bantuan teknis dari pemerintah Jerman. Beruntung sekali.

saluran –saluran air dan sarana yang lain harus dikerjakan untuk penampungan aliran air. satu lompatan yang sangat tajam dari hanya 34% pada tahun 1990. menurut Institut Sumber Daya Dunia. melepaskan kelembaban ke udara.1 BUMI SEBAGAI SATU SISTIM Rencana-rencana masa depan termasuk pengalihan dan pengolahan separuh dari air limbah di Lima untuk mengairi 5. di desa-desa ? Langkah-langkah apa sajakah yang sudah dilakukan untuk memperbaiki kualitas air. menangkap nutrisi di dalam sistim akarnya. proyek ini bisa mengurangi sebagian dari masalah di Lima. Hutan hujan merupakan ekosistim yang rumit yang merupakan tempat yang nyaman bagi ber milyar-milyar spesies yang unik. bahkan jika air tersebut dalam jumlah banyak? Apakah masih ada air yang mencukupi untuk generasi yang akan datang ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________ _____________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________ _____________________________________________________________ Degradasi daratan Tempat tinggal manusia. bangunan-bangunan dan jalan-jalan di kota memantulkan cahaya dan menghasilkan panas. makanan dan produk-produk obat-obatan. menstabilkan tanah. dan menyediakan kayu. terutama di daerah kota. Sebagai tambahan. api bisa menimbulkan karbon dioksida di atmosfir. menutupi daratan dengan beton. Karena penutup-penutup daratan seperti itu menghambat daratan dari penyerapan air. Jika berhasil. yang meliputi kesehatan dan nutrisi yang tidak memadai untuk mereka yang tinggal di gubuk-gubuk – kaum miskin sering kali dipaksa untuk membeli air dari truk-truk akan tetapi mereka tidak mampu untuk membeli air yang mencukupi untuk mengairi tanaman mereka. Q A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ BAGIAN Di negara-negara yang sedang berkembang. 19 . ketika hutan-hutan dibuka dengan cara dibakar. Penggundulan hutan – Hutan dunia – pohon-pohon dan vegetasi yang lain sedang dihancurkan untuk menyediakan lahan bagi pertanian dan untuk memenuhi permintaan akan kayu dan bahan bakar. . Pertumbuhan yang sangat cepat di dalam hutan hujan tropis di bumi. menyediakan habitat untuk spesies. yang disebabkan oleh temperatur yang tinggi dan jumlah curah hujan yang tinggi. memberikan kontribusi yang besar terhadap biomas bumi ( materi tanaman dan kotoran binatang yang digunakan sebagai bahan bakar ) meskipun hanya mencakup 7% dari area daratan. pohon-pohon memberikan manfaat yang banyak kepada biosfir– pohon-pohon tersebut mendaur ulang karbon dioksida menjadi oksigen. sampah dan materi-materi racun yang lain. Bagaimana Anda menggambarkan kualitas dan kuantitas air di negara Anda ? Di kota-kota. 57 % populasi dunia akan menempati daerah kota pada tahun 2025. Penggundulan hutan dari hutan hujan tropis sangat serius menyebabkan degradasi. Meskipun demikian.57% penduduknya akan menempati daerahdaerah perkotaan pada tahun 2025. Di negara berkembang. aspal dan materi-materi bangunan yang lain.000 ha.

Bencana dan Lingkungan Kira-kira 9 juta ha tanah di seluruh dunia secara pasti terdegradasi. dan kebakaran. seperti misalnya hutan hujan tropis. Sebagai tambahan. Hilangnya spesies dan kebudayaan – Di seluruh dunia. Sebagai tambahan. Sebagian besar bahan bakar komersial yang digunakan oleh negara-negara berkembang adalah minyak yang diimpor. Lebih dari 50 juta orang Afrika sudah menghadapi kelangkaan bahan bakar kayu yang akut.000 ha tanah di seluruh dunia secara tetap terdegradasi dan tidak bisa diubah lagi. Mungkin masih banyak yang lain yang belum diketemukan. Irigasi yang dikelola secara tidak baik menyebabkan tanah menjadi masam dan alkali. 20 . tanah longsor. Kerugian produk-produk hutan mungkin meliputi tanaman yang dapat mengobati penyakit. Banyak spesies sudah punah atau dalam bahaya kepunahan ketika habitat mereka dihancurkan. Obat-obat seperti kina dan reserpin berasal dari spesies-spesies hutan. kekeringan dan kelaparan. meskipun tidak bisa dinilai dengan uang. seperti kecantikan dan keaneka-ragaman. Hutan hutan tropis ada dalam bahaya besar. Hilangnya spesies dan kebudayaan. menimbulkan suatu kekosongan dalam bidang pengetahuan evolusi biologi. pembangunan perkotaan dan penggundulan hutan secara serius mempengaruhi ekosistim tanaman. Pembakaran kotoran ternak dan sisa hasil bumi mencegah penggunaan materi-materi seperti itu sebagai pupuk pertanian. mereka juga dibunuh untuk dimakan atau diambil manfaatnya. hutan-hutan beriklim sedang dan rawa-rawa bakau. di mana hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan hasil. sudah hilang bagi generasi yang akan datang. Krisis bahan bakar . Degradasi tanah – air dan angin mengikis lapisan tanah bagian atas dari bumi yang sangat bermanfaat. sedang dalam proses kepunahan. Terinjak-injaknya tanah oleh ternak dan mesin-mesin memadatkan dan menjadikan tanah semakin tidak dapat ditembus. hidrosfir dan litosfir sering mengakibatkan degradasi biosfir. arang. Faktorfaktor ini juga mempunyai andil untuk bencana banjir. kepulauan. Penghilangan vegetasi dan degradasi tanah adalah penyebab-penyebab desertifikasi – hilangnya produktivitas daratan ( lihat bagian 2 ). akan tetapi timbul ekosistim-ekosistim yang rapuh lainnya termasuk rawa-rawa. Degradasi biosfir Degradasi atmosfir. hal-hal lain yang tidak kentara. praktek-praktek pertanian yang tidak baik menyedot nutrisi-nutrisi tanah. dan polutan polutan menjadikan tanah menjadi masam dan beracun. binatang dan serangga. kotoran ternak dan sisa-sisa hasil bumi – untuk energi. Kira-kira 9. batu karang. burung. Beberapa estimasi menyatakan hilangnya 100 spesies setiap harinya. kebudayaankebudayaan manusia yang secara tradisional hidup di dalam ekosistimekosistim khusus. Beberapa perhitungan/estimasi menyatakan terjadinya kehilangan 100 spesies per hari.warga pedesaan di negara berkembang tergantung pada bahan bakar biomas tradisional – kayu. yang menggunakan persentase besar anggaran nasional.

Mei 1990 21 . Cairan limbah industri dipompakan ke danau. lepas memasuki tanah dan perairan dan mempengaruhi mata rantai makanan secara keseluruhan.1 BUMI SEBAGAI SATU SISTIM Kontaminasi bahan kimia beracun – Banyaknya bahan kimia berracun di seluruh dunia telah mengakibatkan degradasi ekosistim di mana bahan kimia-bahan kimia tersebut dibuang dan disemprotkan khususnya pestisida. Ahli ekonomi dan petani memberikan alasan berikut terhadap penurunan tersebut : n turunnya harga padi n biaya yang tinggi untuk pupuk dan pestisida n polusi. mempengaruhi siklus pertumbuhan dan reproduksi dari organisme air. mungkin tidak bisa lagi mempertahankan kecepatannya dengan pertumbuhan penduduk. Kebutuhan global padi diperkirakan akan meningkat dari level yang sekarang ( 460 juta ton ) menjadi 560 juta ton pada tahun 2000. banjir. pertumbuhan populasi Asia mencapai angka 67%. Daerah penanaman padi Asia hanya meningkat 17% dalam waktu 25 tahun belakangan ini. Untuk memenuhi kebutuhan itu tidak semudah seperti meningkatkan panen. herbisida dan pupuk. dan hilangnya lapisan atas n lahan yang dulunya hanya diperuntukkan bagi produksi padi sekarang diklaim sebagai lahan pembangunan kota dan lahan-lahan industri Menurut para ilmuan pada Institute Riset Padi Internasional ( IRRI ) di Philipina. Selama periode waktu itu. STUDI KASUS Mengisi lumbung-lumbung padi Asia “Revolusi Hijau” dalam kesulitan. sungai dan lautan. Pertumbuhan fenomenal dalam produksi juga sudah menyebabkan tekanantekanan pada bidang lingkungan dan ekonomi dengan : tanah n n n n meningkatnya penggunaan pupuk dan pestisida. hanya 5 % saja penurunan produksi padi Asia akan menyedot surplus dunia sekarang ini. Kecelakaan-kecelakaan industri. Varietas padi baru yang melambungkan produksi padi pada tahun 1960an dan 1970an dan secara dramatis menaikan panen. mesin dan irigasi memerlukan subsidi pemerintah mendegradasi tanah lewat intensitas pertanian yang tinggi membantu pengembangan jenis tanaman yang tahan terhadap hama BAGIAN Dr. termasuk tumpahan kimia beracun dalam jumlah yang banyak sekali ke dalam lingkungan akan terjadi dengan frekuensi yang lebih sering. Te-Tzu Chang didalam Bank kuman-plasma IRRI. Tingkat pertumbuhan produksi padi Asia pada tahun 1970an turun dari 3% per tahun menjadi 2.2% pada tahun 1980an. Photo UNDP oleh David Kinley Pembangunan Dunia. pengasaman sistim irigasi. sedangkan produksi padi ratarata telah naik 72%.

Mereka yang hidup di daerah-daerah marjinal tidak lagi menggunakan irigasi dan sebagai gantinya tergantung pada musim hujan. permasalahannya adalah bagaimana mengenali 20 atau lebih plasma-plasma yang perlu diubah untuk bisa menghasilkan karakteristik yang tepat.Bencana dan Lingkungan Lebih jauh lagi. adalah tempat “bank plasma nutfah” – satu brankas besar di mana 84.000 varietas padi dikelola secara baik sehingga tidak bisa terpengaruh oleh faktor dari luar. banjir. sebagai akibatnya. Beberapa penemuan yang menjanjikan dari program riset ini mencakup : n panen padi mungkin meningkat menjadi 30 sampai 40 persen dalam n jenis-jenis baru dapat dikembangbiakkan ke dalam tanaman-tanaman kurun waktu 5 sampai 10 tahun padi. seperti misalnya yang tahan terhadap kekeringan. Terdapat kira-kira 100. IRRI sekarang menghadapi tantangan untuk menyatukan ketahanan dari varietas tradisional dengan produktivitas dari jenis moderen dan memberikan informasi ini kepada para petani. IRRI. banjir dan kadar garam. hama dan tekanan-tekanan yang lain n alternatif biologis terhadap pupuk kimia dan pestisida dapat diketemukan 22 . yang terletak di dekat Manila. sektor-sektor utama dari petani padi sudah diabaikan.000 plasma di dalam satu tanaman padi. para petani di daerah-daerah ini menggunakan varietas tradisional dengan hasil rendah yang digunakan secara lokal. Bibit-bibit padi ini dikumpulkan dari lebih 100 negara dan merupakan basis riset tempat bergantung cadangan beras Asia. Sebagian besar varitas padi moderen rentan terhadap kekeringan.

walaupun bisa memenuhi makanan ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________ A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ BAGIAN 23 . juga menjadi faktor yang memberi andil terhadap degradasi lingkungan ? Apa yang dilakukan oleh riset IRRI sehubungan dengan pembangunan yang berkelanjutan dan pencegahan bencana ? Bedakan antara efek rumah kaca dan pemanasan global. Bagaimana kalau revolusi hijau.1 BUMI SEBAGAI SATU SISTIM yang di butuhkan. Sistim sistim manakah yang secara negatif dipengaruhi oleh penggundulan hutan ? Sistim-sistim manakah yang terdegradasi oleh penggunaan bahan kimia beracun? Q .

laut. Pemanasan global adalah satu tren yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitas manusia dan diperkirakan meningkatkan temperatur global sampai pada proporsi yang belum pernah terjadi dalam sejarah.Bencana dan Lingkungan CATATAN ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________ ______________________________________________________________________________ JAWABAN-JAWABAN(dari hal. 4) Semua sistim: atmosfir.23) 1) Meningkatnya pupuk. 2) Memenuhi kebutuhan pangan masa depan untuk menghindari bencana kelaparan. 3) Pengaruh rumah kaca yang umumnya berfungsi untuk menjaga bumi lebih hangat dan membiarkan bentuk-bentuk kehidupan tertentu bertumbuh subur. Pengurangan penggunaan kimia beracun sebagai contoh. daratan. Memenuhi kebutuhan para petani pada lahan-lahan marjinal dan menyumbang pada pelatihan dan penghidupan mereka. dan membantu daya tahan hama. banjir. Pembiakan kualitas yang tahan bencana.pestisida. 24 . air dan biosfir. 5) Semua sistim. meningkatkan kemasaman tanah. mesin dan irigasi dapat secara potensial mendegradasikan lingkungan dengan mendegradasi tanah. kekeringan dan hama.

dan kemudian dengan menggunakan alat-alat yang lebih kompleks ketika tanaman mulai dibudi dayakan. Hampir tidak ada sisa vegetasi yang masih asli yang terdapat di sekitar Laut Mediterania. dari 2. Seluruh dunia. Estimasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa menempatkan populasi dunia pada angka 8.2 BAGIAN 2 DIMENSI-DIMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Bagian dari modul ini : n Mendefinisikan faktor-faktor manusia yang mempengaruhi n Menunjukan bagaimana faktor-faktor ini memberikan andil terhadap n Mendaftar pengaruh-pengaruh yang merugikan dari 13 bahaya lingkungan..5 miliar yang kedua memerlukan waktu kurang dari 40 tahun. yang dulu mencapai satu juta ha kilometer persegi. Vol.5 miliar pertama memerlukan waktu spesies manusia dari permulaannya sampai pada tahun 1950. 42. sekarang hanya tinggal 7% dari ukuran aslinya Gambar 5 Pertumbuhan penduduk 1750-2100 Sumber : Thomas Merick. Kekuatan-kekuatan besar yang mendorong dan mempengaruhi interaksi manusia dengan lingkungan bisa secara kasar dikelompokkan seperti ditunjukkan di bawah ini.5 miliar menjadi 5 miliar. degradasi lingkungan dan kerentanan terhadap bencana.5 miliar pada tahun 2025 dan 10 miliar pada tahun 2100. bukti menunjukkan akan adanya intervensi manusia. yang dulu mencakup satu miliar kilometer persegi. “World Population in Translation” Buletin Penduduk. 90 % dari hutannya sudah lenyap. 2. Pencapaian 2. lingkungan. Miliar Total dunia BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Hutan Atlantis Brasil. pertama lewat penggunaan alat-alat yang sederhana untuk berburu dan berkumpul. Banyak sekali yang tidak diketahui tentang hubungan timbal balik dari kekuatan-kekuatan ini dan bagaimana kekuatankekautan itu menyatu untuk bisa mempengaruhi lingkungan. TUJUAN PEMBELAJARAN Dampak kemanusiaan Manusia mulai mengubah lingkungan bumi beratus-ratus tahun yang lalu. No. Di Inggris. Pertumbuhan populasi Populasi dunia berlipat dua jumlahnya antara tahun 1950 sampai tahun 1987. 2 (1986) Daerah yg sedang berkembang Daerahyangsudahberkembang 25 . Hutan Atlantis Brasilia. sekarang ini hanya 7 % dari ukuran aslinya dulu. et al.

Kaum miskin juga cenderung untuk memiliki anak lebih banyak – untuk meningkatkan kekuatan tenaga kerja keluarga dan memberikan keamanan pada saat mencapai usia tua. Setiap orang di satu negara yang sedang berkembang. untuk pertama kalinya di dalam sejarah umat manusia. Kerentanan Kemiskinan 26 . kepedulian akan kesehatan dan pekerjaan.Bencana dan Lingkungan Setiap orang di dunia memerlukan dari lingkungan : makanan. bagaimanapun juga. hidup di area-area yang rentan terhadap perubahan lingkungan. Secara logis. dan tempat berteduh – diantara kebutuhan-kebutuhan yang lain. seperti misalnya lereng-lereng bukit dan hutan-hutan tropis ( Institut Sumber Daya Alam Dunia/World Resource Institute ). jumlah dan jenis-jenis energi yang dikonsumsi. Saat ini. pakaian. kaum miskin tergantung pada lingkungan dan sering dipaksa mendegradasi lingkungan agar dapat bertahan hidup. Meningkatnya urbanisasi Persentase signifikan dari produk domestik bruto ( GDP ) dari banyak negara biasanya digerakkan di daerah daerah perkotaan. norma-norma dan nilai-nilai sosial. di mana sumber-sumber alam sudah tidak mudah untuk bisa didapatkan. orang-orang dari pedesaan pindah ke kota-kota untuk mendapatkan peluang-peluang pekerjaan dan pelayanan-pelayanan. Seperti halnya penghuni-penghuni dunia lainnya. akan tetapi. perbedaan yang jelas ini sedikit dirubah oleh prediksi bahwa 95 % pertumbuhan penduduk di masa mendatang akan terjadi di negara yang sedang berkembang. semakin banyaknya manusia yang hanya mempunyai sedikit akses atau tidak memiliki akses sama sekali ke tanah yang produktif dan mereka dipaksa ke daerah-daerah marginal. Pertumbuhan ekonomi Pertumbuhan ekonomi secara historis telah mempengaruhi keadaan lingkungan. Pilihan-pilihan ini secara rumit terkait dengan struktur ekonomi dan politik. modernisasi pertanian dan penggunaan tanah yang tidak tepat. seperti punggung bukit dan hutan-hutan tropis. dan siklus kemiskinan semakin meningkat ketika tanah dan sumber-sumber biologi mulai kehilangan produktivitasnya. aktivitas ekonomi manusia begitu besar sehingga lingkungan global mengalami perubahan. Pada saat kondisikondisi ini menjadi semakin kurang menarik untuk produksi pertanian. proporsi ini juga diperkirakan akan semakin meningkat. jelas perlu untuk memperbaiki standar-standar hidup untuk kaum miskin dan memberikan akses pendidikan ke semua orang. cara pengelolaan limbah manusia dan industri. dan ketika populasi bertambah. Diperkirakan sekitar 60 % kaum miskin di dunia yang sedang berkembang ini. seperempat dari penghuni-penghuni kota hidup di bawah garis kemiskinan. bagaimanapun juga. Diperkirakan 60% kaum miskin dunia berkembang hidup di daerah-daerah rentan terhadap perubahan lingkungan. Hasil-hasil lingkungan di masa mendatang tergantung pada cara masyarakat-masyarakat itu memilih untuk menggunakan sumber-sumber alam – seperti misalnya jenis-jenis industri yang dipromosikan. Kemiskinan Jumlah kaum miskin dunia semakin bertambah pada tingkat yang lebih cepat dibandingkan dengan populasi umum dan merekalah yang paling rentan karena bangunan-bangunan dan tempat-tempat yang mereka huni ada di bawah standar. Keputusasaan yang disebabkan oleh kemiskinan ini menghalangi pertimbangan-pertimbangan dari praktek-praktek lingkungan yang berkelanjutan. Karena pertumbuhan penduduk yang cepat. semakin banyak orang akan semakin besar kebutuhannya dari lingkungan. Pertumbuhan ekonomi. Populasi kota di dunia akan tumbuh secara signifikan pada masa yang akan datang. air.

jenis-jenis teknologi yang dipilih akan mempengaruhi jumlah energi yang dikonsumsi dan polusi yang dihasilkan. pelayanan-pelayanan sosial dan hak-hak politik telah memperburuk kemiskinan dan menciptakan rintangan-rintangan pembangunan. seperti halnya dengan struktur ekonomi dan kebijakan-kebijakan pada tingkat nasional. teknologi yang mengontrol emisi secara siknifikan telah memperbaiki udara dan air di daerah-daerah kota. dan ekonomi-ekonomi politik internasional mempengaruhi lingkungan.2 Kota-kota besar juga membebankan tekanan yang begitu hebat pada sumber-sumber lingkungan. Kemacetan lalu lintas di Kairo dan Meksiko City menyebabkan polusi udara yang sangat serius. Kepadatan bangunan dan orang meningkatkan resiko-resiko yang terkait dengan bencana. Di negara-negara berkembang. Karachi dan Bombay mengalami kekurangan air yang sangat kronis. BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Gambar 6 Proyeksi Penduduk untuk beberapa kota besar yang rawan bencana 27 . pemerintah. Perubahan teknologi Jenis-jenis teknologi yang digunakan oleh masyarakat akan sangat menentukan bagaimana lingkungan tersebut bisa terpengaruhi. disamping memakan lahan-lahan pertanian juga menjadi lebih padat dihuni manusia. Proyeksi penduduk untuk semua kota besar tahun 2025 Penduduk pada tahun 1984 Karachi Jakarta Kalkuta Kota Meksiko Dakka Shanghai Sao Paulo Resiko iklim ekstrim 20-30 juta Angin puyuh Siklun/ Gempa Siklun/ banjir Gempa siklun/ banjir Banjir Banjir Penduduk dalam juta Kota-kota besar berkembang secara cepat ke daerah-daerah sekitarnya. perbaikan infra struktur tidak bisa mengimbangi pertumbuhan. pendidikan. Di banyak negara-negara industri. Institusi-institusi ekonomi-politik Pasar. Akses yang tidak merata terhadap daratan dan sumber-sumber daya alam. Ketika negaranegara berkembang tumbuh. suatu situasi yang membatasi produktivitas dan menyebabkan kemiskinan kota. khususnya udara dan air. kredit finansial.

Daftar ini sama sekali bukan merupakan daftar bahaya yang rinci dan grafik-grafik yang sejenis dapat juga diterapkan terhadap yang lain-lain seperti badai salju. buatlah daftar kekuatan pendukung yang menggaris-bawahi setiap “faktor yang berperan terhadap kerentanan”. diskusikan pengaruh-pengaruh positif maupun negatif dari masingmasing kekuatan pendorong ini. Perilaku dan kepercayaan Nilai-nilai dan kepercayaan. harta benda atau aktivitas sampai pada tingkatan yang menyebabkan bencana. faktor-faktor dan pengaruh-pengaruh tertentu yang merugikan yang memberi andil terhadap kerentanan disusun dalam daftar untuk 13 bahaya utama. pelayanan atau daerah-daerah geografisnya. Apa saja yang termasuk kekuatan-kekuatan pendorong utama yang A Latihan Untuk setiap bahaya yang muncul. angin puyuh. insentif dapat diberikan untuk perlindungan lingkungan. Pada grafik yang diberikan di bawah. mempengaruhi interaksi dengan lingkungan? Menyangkut negara Anda sendiri. kebakaran. Hal ini mungkin dianggap sebagai akar penyebab yang menyebabkan kondisi –kondisi yang didaftar ini. Pilihan-pilihan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan perlindungan lingkungan atau degradasi lingkungan. sering kali memiliki pengaruh-pengaruh yang paling besar terhadap generasigenerasi kehidupan manusia. 28 . fenomena penyebab. Apakah bahaya akan menjadi bencana.Bencana dan Lingkungan Sebaliknya. tren urbanisasi dan peningkatan persetase yang diharapkan dari kaum miskin di kota. Perilaku-perilaku dan kepercayaan ini mungkin memiliki pengaruh yang lebih banyak terhadap penggunaan sumber-sumber alam secara individual di beberapa daerah dibandingkan dengan variabelvariabel sosial dan ekonomi. punahnya spesies. ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________ __________________________________________________________ Pengaruh bahaya pada lingkungan dan faktor-faktor yang memberikan andil terhadap kerentanan Satu bahaya adalah kejadian yang ekstrim di dalam lingkungan binaan manusia atau alam yang secara merugikan mempengaruhi kehidupan manusia. kadang merupakan akar penyebab dari degradasi lingkungan. sebagaimana terkait dengan kepemilikan materi. Pilihan-pilihan ekonomi ini mencakup persentase dari anggaran nasional yang dialokasikan terhadap kebutuhan-kebutuhan pembangunan dan kebebasan yang diberikan terhadap usaha-usaha ekonomi untuk memperoleh mata uang asing. dan konflik civil dan peperangan. atau kejadian-kejadian besar yang merusak. struktur. Q . tergantung pada tingkat dari bahaya dan tingkat kerentanan dari masyarakat setempat.Diskusikan hubungan antara pertumbuhan ekonomi.

Bahaya kedua disebabkab karena banjir. urbanisasi. Kebakaran. akan tetapi kerusakan paling besar terhadap struktur dan infrastruktur diakibatkan karena banjir. 29 . Penarikan gelombang dari pantai bisa menghapus sedimen dan bisa meruntuhkan pelabuhan-pelabuhan dan bangunan-bangunan dan kapal-kapal bisa saling bertabrakan. kegagalan bendungan.akibat Bergesernya lempeng bumi di sepanjang daerah retakan atau tekanan bumi dan memantul lagi ke susnan yang baru. Kesehatan umum dan korban – Kematian terjadi karena tenggelam dan luka-luka terjadi karena benturan dengan puing-puing. institusiinstitusi ekonomi-politik.2 _________________________________________________________ Phenomena sebab . _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI-KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Lokasi pemukiman di daerah seismik _________________________ Struktur yg tidak tahan terhadap gerakan tanah _________________________ Kumpulan bangunan yang rapat dengan hunian yg padat _________________________ Kurangnya akses terhadap informasi mengenai resiko-resiko gempa bumi _________________________________________________________________________ Fenomena sebab . dan banjir mungkin bisa terjadi. persediaan air yang terkontaminasi. yang disertai dengan gempa bumi Tanah longsor yang terjadi di bawah air atau di atas laut. BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Gempa Bumi Tsunami JAWABAN ( dari hal 28 ) Pertumbuhan penduduk. kemudian masuk ke dalam air Aktivitas gunung berapi baik di bawah air atau di dekat pantai. Korban – Sering kali banyak. Daratan dapat berubah menjadi tidak subur karena masuknya air garam yang tidak bisa dihindari. atau kerusakan kondisi-kondisi sanitari. alat-alat pertanian dan perahu untuk memancing bisa hilang.akibat Gerakan yang salah di dasar laut. Kesehatan umum – Masalah yang paling banyak menyebar adalah lukaluka karena retak tulang. tanah longsor. persedian makanan. ternak. Hasil bumi dan cadangan makanan – Panen. Cadangan air – Kontaminasi oleh air garam dan puing-puing atau sampah bisa mengakibatkan tidak tersedianya air bersih. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – Kekuatan air dapat meruntuhkan segala sesuatu yang berada di alurnya. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – Kerusakan atau kerugian sarana dan infrasarana. perubahan teknologi. dan perilaku dan kepercayaan. khususnya yang berdekatan dengan episenter atau di daerah-daerah yang berpenduduk padat atau di tempat yang bangunan-bangunannya tidak mempunyai daya tahan. kemiskinann ekonomi. Cadangan air – masalah-masalah hebat yang mungkin timbul disebabkan karena rusaknya sistim-sistim air. polusi dari sumur-sumur yang terbuka dan perubahan-perubahan permukaan air.

kebakaran. banjir. merobohkan struktur/bangunan karena beban dari abu yang basah. penutupan jalan atau sistim komunikasi. Hunian.akibat Magma didorong ke atas melewati lubang volkanis dengan tekanan dan buih-buih dari gas-gas yang terlarutkan. abu dapat mematahkan cabang-cabang pohon. Tanaman dan cadangan makanan – Rusaknya tanaman pada jalur awan panas. _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENGAKIBATKAN KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Pemukiman yang berada pada lereng gunung berapi _________________________ Pemukiman pada jalur lumpur atau jalur aliran lava _________________________ Bangunan dengan pola atap yang tidak tahan terhadap timbunan abu _________________________ Munculnya bahan-bahan yang mudah terbakar _________________________ Kurangnya rencana evakuasi atau sistim peringatan. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kesehatan dan korban – Kematian karena awan panas. infrastruktur dan pertanian – Kerusakan total dari segala sesuatu yang ada di jalur awan panas.Bencana dan Lingkungan _____________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI BERIKUT INI: _________________________ Lokasi pemukiman yang berada di daerah pantai yang rendah _________________________ Kurangnya bangunan yang tahan terhadap tsunami _________________________ Kurangnya sistim peringatan yang tepat dan rencana evakuasi _________________________ Tidak adanya kesadaran umum terhadap kekuatan tsunami yg bisa merusak _________________________________________________________________________ Fenomena sebab . ternak menghirup abu atau gas beracun. lumpur atau aliran lava. Letusan Vulkanik 30 . kesulitan bernafas yang disebabkan karena gas dan abu. tempat penggembalaan bisa terkontaminasi. aliran lumpur dan mungkin juga aliran lava dan gas-gas beracun. Mereka yang luka karena batu yang berjatuhan.

atau manipulasi jalur air dan komposisi lereng oleh manusia. Korban – Kematian terjadi karena longsornya tebing. Reruntuhan dapat menutup jalanjalan. pipa-pipa yang gampang patah _________________________ Kurangnya pengertian akan bahaya tanah longsor _______________________________________________________________________ Fenomena sebab . banjir.akibat Pergerakan ke bawah dari tanah dan bebatuan sebagai akibat dari getarangetaran yang timbul secara alami. Pengaruh-pengaruh tidak langsung termasuk hilangnya produktivitas pertanian atau tanah hutan. penghilangan topangan samping. Kontaminasi dari persediaan air bisa mengakibatkan munculnya virus malaria. Jalur komunikasi atau terusan-terusan air. Depresi menjadi suatu angin puyuh tropis ketika angin mencapai kecepatan angin kencang atau 117 km per jam. atau banjir.akibat Campuran panas dan kelembaban membentuk pusat tekanan yang rendah di atas lautan pada garis lintang tropis di mana temperatur air lebih dari 26 derajat celcius. banjir. _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI BERIKUT : _________________________ Pemukiman yang dibangun pada lereng yang terjal. tumpangan beban. Korban dan kesehatan umum – Bisa disebabkan oleh puing-puing yang berterbangan. perubahan-perubahan kandungan air secara langsung. dan kerusakan iklim. gelombang angin topan dan tanah longsor. DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN BAGIAN Tanah Longsor Angin Puyuh 31 . Arus angin memutar dan mengatur dengan memperdalam tekanan yang rendah di atas percepatan menuju ke pusat dan bergerak sepanjang jalur yang didorong oleh angin puyuh.2 _________________________________________________________________________ Fenomena sebab . _______________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – Segala sesuatu yang berada di atas atau pada jalur tanah longsor akan mengalami kerusakan. mengurangi nilai-nilai properti. Luncuran puingpuing yang hebat atau aliran lumpur telah membunuh beribu-ribu orang. jalur komunikasi di daerah-daerah pegunungan _________________________ Bangunan dengan pondasi yang lemah _________________________ Jalur-jalur pipa yang ditanam. tanah yang lunak. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – Bangunan-bangunan hilang dan rusak oleh kekuatan angin. pada mulut sungai dari lembah-lembah gunung _________________________ Jalan. ujungujung batu karang _________________________ Pemukiman yang dibangun di dasar lereng yang terjal.

banjir pantai dan sungai akibat curah hujan yang tinggi atau banjir yang terkait dengan pola-pola cuaca musiman Manipulasi oleh manusia terhadap batas air.Bencana dan Lingkungan Persediaan air – Air tanah bisa terkontaminasi oleh air banjir. Kemungkinan munculnya wabah malaria. Tanah longsor dari tanah-tanah yang mengandung larutan. diare dan infeksi yang disebabkan karena virus. Korban dan kesehatan umum – Kematian karena tenggelam. Kelompok-kelompok dan cadangan makanan – Panen dan persediaan makanan mungkin hilang karena banjir. Binatang-binatang. antena dan cakram satelit. yang menjadi tergenangi banjir. ___________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG DISEBABKAN OLEH KONDISI-KONDISI BERIKUT INI _________________________ Pemukiman yang terletak pada daerah pantai yang rendah (dampak langsung) _________________________ Pemukiman pada daerah yang berdekatan (banjir. Transportasi bisa terhenti. Cadangan air – Kontaminasi sumur-sumur dan air tanah mungkin terjadi. konstruksi yang sudah tua. dan hujan lebat) _________________________ Komunikasi atau sistim peringatan yang kurang baik _________________________ Bangunan ringan. meruntuhkan. dampak dari puing-puing yang mengambang. Merusak lebih banyak di daerah lembah di banding dengan daerah terbuka. alat-alat pertanian dan benih bisa hilang. Panen dan persediaan makanan – Angin berkecepatan tinggi dan hujan bisa merusak hasil panen yang belum dipetik. kolam-kolam drainase dan daratan yang terbentuk oleh endapan _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – bangunan-bangunan yang rusak karena pengikisan. bangunan dari batu yang berkualitas rendah _________________________ Elemen-elemen infrastruktur. Komunikasi dan logistik – gangguan yang hebat sangat mungkin terjadi ketika angin memutuskan saluran telepon. kapalkapal penangkap ikan dan industriindustri yang berdekatan dengan laut _______________________________________________________________________ Fenomena sebab-akibat Kilat yang terjadi secara alami. tetapi hanya sedikit yang luka serius. perkebunan dan persediaan makanan. Banjir 32 . Mungkin tidak tersedia air bersih.

beton ) _________________________ Bangunan dan pondasi yang tidak kuat _________________________ Elemen infrastruktur yang berresiko tinggi _________________________ Panen yang belum dipetik. turunnya pembelanjaan dari sektor pertanian.akibat Penyebab seketika – Kurangnya curah hujan Kemungkinan penyebab-penyebab yang melandasi – El Nino ( serangan perairan permukaan panas ke perairan yang secara normal lebih dingin dari Pasifik Amerika Selatan ).2 _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENGAKIBATKAN KONDISI-KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Lokasi tempat tinggal di atas tanah endapan Kurangnya kesadaran akan bahaya banjir _________________________ Turunnya kapasitas serapan tanah ( erosi. pertanian subsisten Kurangnya masukan-masukan pertanian untuk memperbaiki hasil _________________________ Kurangnya cadangan bibit _________________________ Daerah-daerah yang tergantung pada sistim cuaca lain untuk memperoleh sumber air _________________________ Daerah-daerah penyimpanan kelembaban tanah yang rendah _________________________ Kurangnya pengenalan tentang alokasi sumber daya alam terhadap bahaya kekeringan BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Kekeringan 33 . naiknya harga makanan pokok. meledaknya komunitas. ternak dan stok makanan yang tidak dilindungi _________________________ Kapal-kapal pencari ikan dan industriindustri yang berada dekat dengan laut _________________________________________________________________________ Fenomena sebab . kematian. migrasi. penyakit. temperatur permukaan lautan yang lebih dingin. pengurangan sumber-sumber air minum. perubahan-perubahan yang diakibatkan oleh manusia pada permukaan bumi dan tanah. memburuknya tingkat nutrisi. meningkatnya karbon dioksida atmosforik dan gas-gas rumah kaca. hilangnya ternak. _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang ikut memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI-KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Lokasi di daerah gersang di mana kondisi kering menjadi meningkat oleh karena kekeringan _________________________ Pertanian di lahan marjinal. kelaparan. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Turunnya pendapatan para petani. tingkat inflasi yang tinggi.

naiknya temperatur. karbon monoksida. merusak kehidupan laut. partikel-partikel kecil. dan timah dari industri dan transport. melukai binatang-binatang laut. Pemanasan global – naiknya pemukaan laut. hutan. perubahan iklim. methan dari ternak. Polusi Lingkungan Polusi laut – Sampah. Meningkatnya hanyutan air karena penggundulan hutan yang menyebabkan sedimentasi. Penipisan ozon – Kloroflurokarbon ( CFCs ) yang dilepas ke dalam atmosfir menipiskan lapisan ozon terhadap sinar ultraviolet. _________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENGAKIBATKAN KONDISI BERIKUT INI: _________________________ Industrialisasi dan konsumsi per kapita yang tinggi _________________________ Kurangnya peraturan mengenai polutan _________________________ Sumber daya alam yang tidak mencukupi untuk menghadapi dampak polusi 34 . Kemungkinan pemanasan global – Akumulasi dari Karbon dioksida dari bahan bakar fosil yang mudah terbakar.Bencana dan Lingkungan ________________________________________________________________________ Fenomena sebab . Polusi Air – Menyebarnya pathogen. cairan-cairan kotoran industri. turunnya fungsi sistim kekebalan. Penipisan ozon – Meningkatnya kanker kulit. kotoran laut. penggundulan hutan. nitrogen oksida. lepasnya nitrogen dari pupuk. sistim air. menyebarnya bahan kimia ke lingkungan mempengaruhi kesehatan manusia. tumpahan minyak tanah dan zat-zat radioaktif yang tercecer. katarak.akibat Polusi udara – polutan-polutan seperti sulfur dioksida . penggunaan irigasi dan pestisida. materi-materi bangunan dan kesehatan manusia. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Polusi udara – Merusak panen pertanian. binatang dan kehidupan laut. cairan limbah industri. Polusi air segar – Pembuangan limbah manusia dan air limbah rumah tangga ke dalam danau dan sungai.

2 _________________________________________________________________________ Fenomena sebab-akibat Menyebarnya pertanian dan tempat penggembalaan Pengumpulan kayu bakar Pemanenan kayu _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Penggundulan hutan menyebabkan hilangnya produk bebas dari hutan seperti buah-buahan dan obat-obatan. Kekeringan – Pengambilan akar dan daun kanopi dapat mengubah tingkat kelembaban yang mengeringkan tanah dan mengurangi curah hujan. mengeringkan mata air pada musim panas dan meningkatkan sedimen yang masuk ke sungai. Penggundulan hutan juga memberi andil terhadap bahaya-bahaya lain. mengurangi aliran sungai. ________________________________________________________________________ Faktor-faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Keterbelakangan _________________________ Ketergantungan akan kayu untuk bahan bakar dan pendapatan _________________________ Pembukaan lahan dan penebangan yang tidak diatur _________________________ Pertumbuhan yang cepat _________________________ Ekspansi daerah industri dan pemukiman yang cepat DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN BAGIAN Penebangan Hutan 35 . dan menurunnya kultur-kultur tradisional. Kelaparan – Mengurangi produksi pertanian yang disebabkan oleh erosi lapisan tanah atas dan meruntuhkan lereng-lereng bukit yang bisa menyebabkan kekurangan banjir. seperti: Banjir – Penggundulan hutan dataran tinggi dapat meningkatkan keganasan banjir. Polusi lingkungan – Meningkatkan kontaminasi tanah dan air dan mengurangi kapasitas penyerapan karbon dioksida. Pembakaran hutan dan pembusukan pepohonan melepas karbon dioksida ke udara.Penggundulan hutan memberi beban pada perekonomian yang mengimpor produk-produk hutan dan tergantung pada produk-produk kayu. dan mungkin memberi andil terhadap pemanasan global. Desertifikasi – Penggundulan hutan dan penghilangan vegetasi menyebabkan kepadatan tanah dan penurunan produktivitas lahan.

pola-pola cuaca yang kondusif. penanggulangan pengaruh-pengaruh pestisida. penggundulan hutan dan praktek –praktek irigasi yang kurang baik. penanggulangan genetika yang tahan terhadap parasit. Praktek – praktek manajemen penggunaan tanah yang buruk khususnya penanaman yang berlebihan. masuknya spesies hama dari luar. _________________________________________________________________________ Faktor –faktor yang ikut memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI BERIKUT INI: _________________________ Curah hujan yang rendah dan temperatur tinggi _________________________ Penggunaan lahan yang terlalu banyak _________________________ Daerah –daerah yang sudah digunduli _________________________ Pengelolaan irigasi yang kurang baik _________________________ Kurangnya tindakan-tindakan konservasi _________________________ Kurangnya teknologi pertanian yang tepat guna _________________________________________________________________________ Fenomena sebab –akibat Bertambahnya jumlah hama yang disebabkan karena satu atau sekelompok faktor-faktor ekologi termasuk panen dari sistim monokultur. _______________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerugian panen dapat menyebabkan kekurangan pangan. kelaparan yang merata. Hal ini termasuk kekeringan dan kelaparan. dan tekanan terhadap sistim-sistim ekonomi. _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Desertifikasi memberi andil terhadap bahaya-bahaya lain dengan mengurangi produktivitas lahan. Produktivitas yang menurun mempunyai dampak sosioekonomi dan dapat menurunkan standar hidup. _______________________________________________________ Faktor – faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENGAKIBATKAN KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Jumlah dan varietas hama yang banyak _________________________ Kurangnya kontrol terhadap produkproduk tanaman impor _________________________ Pembatasan pada sumber daya alam untuk memprediksi dan menanggulangi wabah hama _________________________ Tidak cukupnya hasil panen pada waktu yang normal _________________________ Daerah-daerah yang tidak mempunyai akses terhadap pengawasan hama _________________________ Teknologi pertanian yang belum maju Desertifikasi Wabah Hama 36 .Bencana dan Lingkungan _________________________________________________________________________ Fenomena sebab – akibat Kondisi-kondisi iklim dasar yang kondusif seperti misalnya curah hujan yang tidak menentu atau rendah dan temperatur-temperatur yang lebih tinggi seperti yang terdapat di daerah –daerah kering. migrasi. masuknya tanaman ke lokasi baru. banyaknya tempat penggembalaan ternak.

Kecelakaan transportasi dapat merusak kendaraan dan benda-benda lain sebagai akibatnya. kerugian ekonomi Trauma yang meningkat di pemukiman darurat _________________________________________________________________________ Faktor –faktor memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENYEBABKAN KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Kurangnya kekebalan (atau vaksinasi) terhadap penyakit _________________________ Nutrisi yang jelek. Lingkungan – Kontaminasi pada udara. kemiskinan Perubahan ekologi yang membantu pengembang biakan vektor Orang yang tidak kebal bermigrasi ke daerah endemis penyakit Menurunnya status nutrisi Kontaminasi air atau cadangan makanan _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Penyakit dan kematian Gangguan sosial dan politik. Kebakaran industri bisa mencapai temperatur yang tinggi dan mempengaruhi dearah yang cukup luas. BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Epidemi Kecelakaan industri dan kimia 37 . _________________________________________________________________________ Fenomena sebab akibat Kondisi-kondisi yang tidak bersih. Korban – Banyak orang terbunuh atau terluka dan memerlukan perawatan medis. Daerah – daerah mungkin menjadi tidak bisa dihuni oleh manusia dan binatang.2 _________________________________________________________________________ Definisi : Pemaparan pada racun yang mengakibatkan peningkatan yang menonjol dari kasus-kasus yang bersumber pada infeksi atau parasit. cadangan air. atau tanah longsor Pembakaran yang disengaja atau sabotase _________________________________________________________________________ Akibat-akibat merugikan yang khas Kerusakan fisik – Kerusakan atau destruksi bisa terjadi pada bangunan atau infrastruktur. tempat yang sesak _________________________ Pengiriman bantuan kesehatan yang tidak diatur dengan baik _________________________ Penyakit yang tahan terhadap obat ______________________________________________________________________ Fenomena sebab – akibat Bencana/ ledakan di dalam satu pabrik atau fasilitas – fasilitas penyimpanan yang mengandung zat-zat beracun Kecelakaan yang terjadi pada saat pengiriman bahan-bahan kimia Kontaminasi makanan atau lingkungan karena penggunaan bahan kimia yang salah Pengelolaan limbah kimia beracun yang tidak tepat Kegagalan – kegagalan sistim teknologi Kegagalan – kegagalan komponen atau rancangan keamanan pabrik Bahaya – bahaya alam seperti kebakaran. sanitasi yang jelek. Sistim – sistim ekologi menjadi rusak bahkan dalam skala global. gempa bumi. tempat yang terlalu sesak. kualitas air yang jelek. daratan. dan kehidupan binatang mungkin saja terjadi.

8 dan 9. menunjukkan efek domino dari degradasi lingkungan. buatlah grafik Anda sendiri pada selembar kertas yang terpisah dengan menggunakan kimiskinan sebagai themanya.Bencana dan Lingkungan _________________________________________________________________________ Faktor –faktor yang memberi andil terhadap kerentanan BUATLAH DAFTAR KEKUATAN PENDORONG YANG MENGAKIBATKAN KONDISI BERIKUT INI : _________________________ Populasi yang hidup dalam jarak yang berdekatan dengan tempat – tempat potensi kecelakaan _________________________ Kurangnya fitur-fitur khusus dari sistim keamanan atau kurangnya rencana evakuasi _________________________ Ketidaksadaran tentang potensi bahaya oleh orang-orang yang rentan Degradasi lingkungan – bencana bencana yang lebih besar dan lebih sering terjadi Satu pengamatan terhadap interaksi – interaksi dari sistim – sistim bumi mengungkapkan satu gabungan hubungan timbal balik yang sangat baik – perubahan-perubahan dalam suatu sistim pada akhirnya akan mempengaruhi sistim yang lain. 38 . Grafik tersebut harus meliputi hampir seluruh grafik – grafik yang diperlihatkan di sini. Grafik – grafik aliran berikut ini. walaupun menyederhanakan hubungan-hubungannya. Latihan Setelah mempelajari grafik – grafik yang ditunjukkan pada gambar 7.

2 Praktek-praktek pertanian yang kurang baik Erosi tanah Penipisan nutrisi Pengurangan produktivitas Kekurangan gizi Lebih banyak vegetasi yang dirusak untuk meningkatkan produktivitas BAGIAN DIMENSI-DEMENSI MANUSIA DARI PERUBAHAN LINGKUNGAN Kelaparan Penggundulan hutan Lihat Gambar 8 Gambar 7 Diagram Praktek pertanian yang tidak baik Praktek-praktek pertanian dan pemanenan kayu Penggundulan hutan Hilangnya kultur-kultur tradisional Hilangnya species Erosi tanah Hilangnya hasil-hasil hutan Kurangnya penyerapan CO2 Desertifikasi Hilangnya air tanah karena air diperm ukaan meluncur dengan cepat Tanah longsor Kelangkaan kayu bakar Pemanasan global langkanya air minum Banjir Lihat Gambar 9 Gambar 8 Diagram Penebangan Hutan 39 .

Bencana dan Lingkungan Peningkatan urbanisasi meningkatnya jumlah permukaan tanah yang tidak bisa ditembus oleh air Polusi lingkungan Terlalu padat Polusi udara Meningkatnya peluncuran air yang lebih cepat Polusi air Efek rumah kaca Hujan asam Pemanasan global Rusaknya bentuk-bentuk kehidupan air Terganggunya cadangan air minum Masalahmasalah sanitasi Meningkatnya permukaan air laut Masalahmasalah kesehatan Gambar 9 Diagram meningkatnya urbanisasi Banjir Kelaparan Kekeringan Wabah 40 .

n Mengidentifikasikan tujuan-tujuan manajemen lingkungan. sumber daya alam yang bernilai mungkin saja hilang dan bencana akan terjadi. Satu contoh adalah digunakannya kompor – kompor hemat energi : pengguna kompor – kompor seperti itu bisa mengurangi perusakan hutan juga bisa mengurangi tenaga dan biaya untuk memproduksi bahan bakar. dengan mengenali bahwa hilangnya sumber daya alam. atau memperlambat tingkat perubahan atau kerusakan. Manajemen lingkungan juga mencari cara penggunaan sumber daya alam secara efisien untuk pembangunan dan menghematnya. itu semua tidak bisa dipulihkan kembali. keduanya sama– sama menerapkan mitigasi untuk mencegah degradasi lingkungan. Apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah perubahan dan degradasi lingkungan agar tidak merusak lingkungan kita.3 BAGIAN 3 MITIGASI DEGRADASI LINGKUNGAN MITIGASI DEGRADASI LINGKUNGAN Bagian dari modul ini : n Mendiskusikan konsep pembangunan berkelanjutan. manajemen lingkungan dan pembanguna yang berkelanjutan. membatasi. BAGIAN TUJUAN PEMBELAJARAN Melakukan tindakan mitigasi memang masuk akal: kerepotan yang diperlukan untuk mencegah bencana jauh lebih sedikit dibandingkan dengan konsekuensikonsekuensi yang kita derita seandainya bencana itu benarbenar terjadi S. Di pihak lain. mengatasi banyak penyebab-penyebab mendasar seperti misalnya kemiskinan akan memerlukan usaha –usaha jangka panjang dan sementara itu. Tindakan – tindakan mitigasi biasanya memberikan keuntungan yang sangat baik terhadap investasi pembangunan. kita memusatkan perhatian pada tujuan-tujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan sosial kita dan mencegah masalah-masalah potensial dengan menunjukan penyebab – penyebab yang mendasarinya . Lewat tindakan mitigasi. Dengan demikian kita harus juga memusatkan pada aktivitas-aktivitas untuk mengelola lingkungan sambil mengurangi bencana. Kemudian kita harus melihat isu –isu lingkungan dalam konteks pembangunan. Reed 41 . kita bisa mencegah. dan daratan yang bisa ditanami. Manajemen lingkungan saling berhubungan dengan manajemen bencana dalam bidang pembangunan. kita memusatkan perhatian pada interaksi dari sistim –sistim bumi dan bagaimana degradasi dari sistim – sistim tersebut saling terkait. Pada bagian ini. spesies binatang dan tanaman. perasaan – kerepotan yang diperlukan untuk mencegah bencana jauh lebih sedikit dibandingkan dengan konsekuensi – konsekuensi yang kita derita jika saja bencana tersebut benar – benar terjadi. seperti misalnya kebudayaan – kebudayaan tradisional. Melakukan tindakan – tindakan mitigasi sangatlah masuk akal. n Menyebarkan hubungan timbal balik antara mitigasi bencana. Satu tanggapan terhadap masalah Pada bagian pertama. sementara juga mengakui bahwa sumber-sumber daya lingkungan adalah perlu untuk pembangunan? Intervensi – intervensi yang merespon ataupun mengatasi perubahan lingkungan pada titik manapun bisa disebut sebagai tindakan-tindakan mitigasi. Pada bagian dua. penyebab – penyebab yang mendasar dari degradasi dievaluasi dan peranan penyebab –penyebab tersebut dalam meningkatkan kerentanan terhadap bahaya-bahaya dan bencana-bencana.

Kemajuan terhadap pembangunan yang berkelanjutan hanya akan bisa dicapai lewat kerja sama internasional. Sumber daya hutan umumnya dinilai rendah. rencana tindakan untuk mempromosikan transisi global terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan Deklarasi Rio tentang Pembangunan dan Lingkungan. Meskipun demikian. n realisasi bahwa memenuhi kebutuhan – kebutuhan dibatasi oleh lebih terhadap kebutuhan kaum miskin dunia. kenyataan bahwa udara bersih tidak mempunyai harga bisa mendorong terjadinya polusi. bangsa – bangsa yang sedang berkembang harus meningkatkan aktivitas – aktivitas ekonominya untuk memperbaiki standar kehidupan nasional. Sebagai contoh. Pemberian harga yang realistik yang mengakui nilai dari poduk – produk hutan non kayu. Ada dua konsep utama : n kesadaran akan kebutuhan . satu gerakan lingkungan muncul baik itu di negara industri maupun negara – negara yang sedang berkembang. 42 . khususnya. sejalan dengan praktek – paktek konservasi. yang bisa menyebabkan eksploitasi kayu yang mempunyai keuntungan pembangunan yang sedikit. pemimpin – pemimpin dunia menanda tangani Agenda 21. Sebagai contoh. keuntungan ekonomi sulit untuk bisa dipastikan karena tidak adanya metode– metode untuk mengukur sebagian biaya lingkungan. tidak akan ada tindakan ekonomi yang dapat dianggap menguntungkan jika tindakan itu menipiskan sumber daya alam. yang mengubah perilaku dari hanya sekedar mengurangi kerusakan pada sumber – sumber daya alam menuju pengintegrasian kepentingan – kepentingan lingkungan dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. kemauan politik. WCED telah mendefinisikan pembangunan yang berkelanjutan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa harus membatasi potensi untuk bisa memenuhi kebutuhan dari generasi .000 orang menghadiri forum global tentang pembangunan yang berkelanjutan. Konsep pembangunan yang berkelanjutan menawarkan suatu dasar perencanaan program dan suatu tujuan yang berharga untuk bisa dicapai. Walau bagaimanapun. Masyarakat Eropa saat ini mengusulkan pemungutan pajak terhadap energi berdasarkan kandungan karbon dari bahan bakar untuk mengontrol emisi – emisi dioksida. Kebijakan – kebijakan ekonomi Pencanangan harga sumber daya alam yang tepat – Sumber daya alam yang diberi nilai rendah sering kali di buang percuma. Sumber daya yang kurang dihargai seringkali diboroskan. mekanisme aktual yang diperlukan untuk mencapai keberlanjutan cenderung tidak menentu. Contoh. dan kebijakan – kebijakan yang diperbarui.Bencana dan Lingkungan PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN Konsep pembangunan berkelanjutan Menindak lanjuti Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa mengenai Lingkungan Manusia pada tahun 1972. akan meningkatkan pembangunan yang berkelanjutan. satu perangkat dari 27 prinsip untuk membantu mengatur ekonomi dan perilaku lingkungan. Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang Lingkungan dan Pembangunan diadakan di Brazil pada bulan Juni tahun 1992. Implementasi dari pembangunan yang berkelanjutan telah menjadi satu tantangan penting pada tahun 1990an. Berikut ini adalah tujuan –tujuan kebijakan umum yang bisa di pakai untuk negara – negara dan situasi – situasi khusus. fakta bahwa udara bersih tidak memiliki harga bisa mendorong meningkatnya polusi. Pada tahun 1987. konsep tentang pembangunan berkelanjutan mendapat perhatian internasional lewat ditandatanganinya laporan oleh Komisi Dunia tentang Lingkungan dan Pembangunan ( WCED ). di mana lebih dari 100 pemimpin dunia bertemu pada pertemuan tingkat tinggi dan 17. Pada “ Konferensi Tingkat Tinggi Bumi ini “. memberikan prioritas yang keadaan teknologi dan organisasi – organisasi sosial. Dimensi – dimensi pembangunan yang berkelanjutan dapat digambarkan di bawah ini. dengan hanya mewariskan beban biaya–biaya kepada masyarakat yang akan datang. Masalah yang terkait dengan kekayaan dan kemiskinan acap kali berbeda.generasi yang akan datang. Akan tetapi .

Program – program bantuan mandiri perkotaan telah meningkatkan kondisi – kondisi kota. kekeringan belakangan ini telah mengeringkan banyak penampungan air kecil dan menurunkan permukaan air. 43 . Ketika tanggung jawab untuk perencanaan dan pelaksanaan program –program pembangunan dialihkan dari instansiinstansi pusat ( yang sering kali kurang informasi dan sumber dana untuk mengelola aktivitas berskala kecil ) ke kegiatan yang berbasiskan komunitas. kebijakan reformasi tanah bisa menjadi stimulus penting bagi pembangunan kebijakan lain yang menfasilitasi reformasi tanah mencakup : peningkatan pajak – pajak bumi. penghilangan subsidi kredit. mereka mau berinvestasi dan melestarikan sumber – sumber daya ini. tipus. Kebijakan – kebijakan yang berorientasikan manusia Pembangunan desa dan pertanian – Banyak program pembangunan telah mengabaikan sekmen-sekmen termiskin dari masyarakat. sedangkan program – program kredit usaha kecil telah mengurangi kemiskinan dengan menyediakan benih. Mendahulukan pembangunan kota dibanding pembangunan desa tidaklah praktis ataupun berkelanjutan. ketika orang sudah mengamankan hak-hak mereka akan tanah dan pohon. kemudian talenta lokal menjadi terlibat dan orang yang kurang beruntung memperoleh manfaat. khususnya untuk peternakan. dan keluarga berencana yang berbasis komunitas. dan pelayanan – pelayanan sosial. BAGIAN Wanita-wanita Tunisia di kran air desa Sumber. Maret 1990. yang menyebabkan banyak sumur ditinggalkan. Meskipun secara politik sulit untuk bisa dilakukan. dan jenis – jenis baru diare. Kebijakan – kebijakan bercakupan luas dapat mendukung pembangunan manusia . kesehatan/gizi. Pembangunan manusia – Bukti dari kinerja ekonomi yang bertumbuh secara cepat menunjukkan bahwa investasi dalam pembangunan manusia adalah suatu dari strategi yang paling efektif. khususnya di bagian selatan. Pembangunan pedesaan dan pertanian penting untuk pembangunan ekonomi umum masyarakat. Akan tetapi. Menteri Kesehatan setempat telah menentukan bahwa kakus dan septic tank yang terletak di atas atau pada posisi yang setingkat dengan permukaan air telah memberi andil pada kontaminasi. Banyak sumur yang masih digunakan mengandung kadar garam yang berbahaya dan unsur – unsur penyakit seperti hepatitis yang disebabkan karena virus. STUDI KASUS Bekerja memerangi kekeringan dan penyakit di Tunisia Air sudah lama menjadi komoditas yang langka di Tunisia. kebijakan– kebijakan keberlanjutan yang benar harus mengaggarkan dana – dana publik untuk menyediakan pelayanan . pengendalian inflasi dan investasi dalam teknologi – teknologi dan pengetahuan baru. hal ini bisa mencegah degradasi lebih lanjut dari sumber daya alam seperti kehidupan dan hutan. Hal ini mencakup penyediaan pendidikan yang lebih banyak dan lebih baik.pelayanan dasar untuk setiap orang.3 MITIGASI DEGRADASI LINGKUNGAN Reformasi tanah – Banyak orang miskin di negara – negara yang sedang berkembang bukaqn pemilk lahan tempat mereka bertani. seperti misalnya program anak/orang tua. perhatian kesehatan. kredit dan tanah untuk buruh tani.

Bencana dan Lingkungan Pada tahun 1984. yang menjadikan pertanian merupakan salah satu kegiatan yang memberikan tingkat polusi paling besar. Sebagai contoh. untuk membantu para pengurus pompa – pompa air dan memastikan bahwa pompa – pompa air tersebut tetap diperbaiki. persentase memiliki persediaan air yang aman telah meningkat dari 15% menjadi 50%. beberapa subsidi di negara – negara yang sedang berkembang menyurutkan praktek –praktek pertanian berkelanjutan. Anak – anak.1% dari tingkat sebelumnya yang mencapai 50%. Sebelumnya. Konvensi Tingkat Tinggi Bumi tentang Perubahan Iklim dan prinsip – prinsip Manajemen dari Semua Jenis Hutan memberikan petunjuk untuk mengurangi dan menghentikan penggundulan hutan dan kerja sama teknologi untuk sumber daya yang efisien. Akan tetapi. merebaknya diare dapat di kurangi sampai 80%. Erosi tanah dan degradasi hanya dapat dihentikan jika para petani dan bisnis pertanian berinvestasi dalam konservasi tanah. Panitia air pedesaan didirikan di seluruh negara tersebut. mengalirnya bahan kimia menuju ke sungai baik yang besar maupun yang kecil juga cukup tinggi. perikanan dan kehutanan harus juga memberikan insentif ekonomi dan undangundang untuk melindungi keaneka ragaman hayati ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _________________________________________________________________ _________________________________________________________________ ________________________________________________________________ ____________________________________________________ ___________________________________________________ ____________________________________________________ ___________________________________________________ ____________________________________________________ ___________________________________________________ ____________________________________________________ ___________________________________________________ ____________________________________________________ ___________________________________________________ Kebijakan -kebijakan lingkungan Persetujuan – persetujuan internasional untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dari fosil sebagai sumber daya energi berperan penting untuk menstabilkan iklim global. telah terjadi perbaikan yang sangat luar biasa. seperti Jepang dan Amerika Serikat dan juga Eropa. Dengan bantuan lembaga donor. bahkan di desa . teknologi – teknologi yang berpolusi rendah bagi negara – negara yang sedang berkembang. “Cuci tanganmu sebelum makan”). orang – orang masih menggunakan sumber –sumber daya air yang sudah terpolusi karena mereka tidak mengerti akan bahayanya. banyak sumur – sumur desa telah berhasil direhabilitasi. Di negara –negara maju. subsidi – subsidi untuk pupuk dan pestisida menyebabkan terjadinya penggunaan bahan kimia pada lahan pertanian. subsidi – subsidi untuk bahan-bahan kimia pertanian tertentu mendorong penggunaan monokultur. Tunisia memusatkan usaha – usahanya pada perbaikan kualitas air. Bagaimana proyek sanitasi dan air di Tunisia dapat mengurangi kerentanan terhadap bencana ? Bagaimana hal ini bisa mencegah degradasi lingkungan ? Bagaimana tingkat keberlanjutannya ? Q A Kebijakan-kebijakan nasional dan internasional dalam manajemen satwa liar. Sementara hanya 20% dari populasi pedesaan memiliki fasilitas sanitasi yang memadai. Pemusatan pada pendidikan kesehatan memberikan andil yang sangat besar terhadap perbaikan ini. KEANEKARAGAMAN HAYATI 44 . . Berjangkitnya virus hepatitis berhasil dikurangi sampai 0.desa terpencilpun dapat menghafalkan langkah-langkah untuk memperoleh air bersih dan perbaikan sanitasi (“Tambahkan tiga tetes khlorin ke dalam satu liter air”. menindak lanjuti kenaikan dramatis dari timbulnya penyakit yang disebabkan oleh air. Perbaikan terbesar terjadi terhadap kesehatan masyarakat. yang menipiskan tanah. Sejak saat itu.

sedangkan di Eropa timur. adalah korban dari banyak masalah yang diakibatkan karena pertumbuhan penduduk kota yang cepat. spesies.000 sudah berkembang lebih dari dua kali dalam waktu lima tahun belakangan ini. Di Amerika Serikat. khususnya anak-anak mereka. dan lebih efisien? Jika semua negara membutuhkan teknologi seperti itu. Negara – negara bisa memilih untuk mendeklarasikan kedaulatan atas sumber daya mereka dan mengatur setiap pengumpulan sumber daya seperti itu yang dilakukan oleh orang luar dengan mengikuti petunjuk – petunjuk yang ditetapkan pada Konvensi Tingkat Tinggi Bumi tentang Keanekaragaman Biologi. terjadi setelah tiga hari berturut – turut hujan. 44 ) Mengurangi kerentanan terhadap epidemi. yang menyebabkan kerusakan yang meluas. Keanekaragaman hayati bisa didefinisikan sebagai suatu istilah payung untuk tingkat keanekaragaman alam termasuk keanekaragaman dari materi genetik. bisa membantu mencerminkan biaya – biaya lingkungan yang sebenarnya dalam harga – harga pasar. untuk mengurangi tekanan – tekanan dan menghentikan polusi udara dan air. meningkatkan tersedianya air dan memperbaiki lingkungan perkotaan. bisa membantu mencerminkan biaya-biaya lingkungan yg sebenarnya dalam harga-harga pasar STUDI KASUS Pencegahan bencana banjir di Taiz. Penduduk yang berjumlah 150. dan teknologi yang hemat sumber daya. kurangnya penyingkapan seperti itu di banyak kasus menjadikan tingkat polusi tumbuh ke tingkatan yang berbahaya tanpa adanya perlawanan sama sekali. dengan menggunakan pajak – pajak dan biaya – biaya lingkungan. banjir yang hebat yang tidak seperti biasanya. Pada tahun 1982. permintaan tersebut bisa memberikan rangsangan riset dan membuka kesempatan – kesempatan baru untuk mengadopsi kebijakan – kebijakan yang inovatif ini. sebagai kota terbesar ke dua di Republik Arab Yaman. Keterlibatan masyarakat dan pendidikan adalah penting – bidang bioteknologi menjadikan sumber daya genetik semakin bernilai. Kebutuhan akan perbaikan terhadap ketrampilan – ketrampilan profesional dan institusional sangat mendesak di negara – negara yang sedang berkembang. Ini berkelanjutan karena 1) menyediakan pendidikan kesehatan yang mana orang-orang Tunisia. memerlukan usaha-usaha yang lebih besar untuk bisa melindungi ekosistim dan habitat alam. Kebijakan – kebijakan nasional dan internasional dalam bidang manajemen kehutanan. akan terbiasa mengelola sanitasi dalam keseluruhan kehidupan mereka. perikanan dan margasatwa harus juga memberikan insentif ekonomi dan undang – undang untuk melindungi keanekaragaman hayati. Pencarian berlanjut untuk mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan kunci ini : Kebijakan – kebijakan manakah yang akan mempromosikan penggunaan teknologi – teknologi yang lebih bersih. Mencegah degradasi cadangan-cadangan air. Insentif ekonomi bisa diterapkan yang meningkatkan permintaan akan energi. BAGIAN Prinsip “ para pembuat polusi harus membayar”. undang – undang yang menghendaki penyingkapan penggunaan sampah beracun telah membantu menekan industri – industri untuk mengurangi emisi. 45 . ekosistim dan kebudayaan manusia.3 MITIGASI DEGRADASI LINGKUNGAN Satu tujuan penting dari pembangunan berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya biologi sekaligus melindungi spesies – spesies keanekaragaman hayati. dengan menggunakan ongkos-ongkos dan pajak-pajak lingkungan. JAWABAN ( dari hal. Kira – kira 28% dari rumah – rumah yang ada terkena banjir setiap tahunnya – 32% terkena banjir setiap 10 tahun. Yaman Taiz. Pendapat umum bisa juga mendesakkan tekanan untuk mendapat dukungan terhadap penggunaan teknologi yang aman secara lingkungan. Sistim – sistim yang berkelanjutan melalui teknologi Insentif harus ditetapkan untuk mengurangi polusi dan limbah. 2) Juga mendukung dibentuknya komite-komite air di desadesa. Prinsip “ si pembuat polusi harus membayar “.

untuk melindungi usaha – usaha pembangunan. Suatu proyek dirancang bekerja sama dengan Kementerian Perumahan dan Kota Madya ( MMH ) Yaman untuk memperbaiki infrastruktur fisik Yaman sambil memperkuat institusi – institusi lokal. untuk mengontrol erosi. Sedimen bertumpuk pada perempatan jalur utama. Kerugian langsung setiap tahunnya dari banjir tersebut kira – kira US $ 27 juta. terasering dari lereng – lereng yang tidak stabil dan jalan – jalan kecil di permukaan drainase pada jalan – jalan yang sempit. terutama sekali disebabkan oleh perluasan pemukiman yang tidak terencana. infrastruktur dan pelayanan – pelayanan dikelola dengan sangat jelek dan tidak memadai untuk mengatasi tuntutan yang semakin meningkat. n n n n n n Q. dengan demikian program –programnya sering kali direncanakan dan diimplementasikan secara jelek. Banjir lebih sering mempengaruhi rumah dan pencaharian kaum miskin. Asosiasi Pembangunan Internasional ( IDA ) melakukan suatu studi yang memprioritaskan pengendalian banjir daripada perbaikan– perbaikan yang lain. merusak lalu lintas. Pada tahun 1988. Faktor – faktor berikut ini telah menyebabkan daerah Taiz rentan terhadap banjir maupun bencana – bencana lainnya. Pembelian peralatan untuk mengelola jalan – jalan dan pekerjaan pengontrolan banjir. Proyek tersebut dirancang untuk memberikan : n Bangunan – bangunan pengendali banjir untuk melindungi bagian – bagian yang paling rentan dari kota. degradasi lingkungan telah bergerak secara cepat. seperti terusan – terusan yang terbuka. jalan – jalan mengalami erosi dan sarana-sarana yang terpendam di bawah tanah jadi terlihat pada jalur untuk pejalan kaki. Memperkenalkan kebijakan mobilisasi sumber daya kota madya yang baru untuk memaksimalkan penggunaan dari sumber – sumber daya yang ada. dan jebakan – jebakan batu besar dan sedimen. Kedua.Bencana dan Lingkungan Pengaruh – pengaruh banjir pada lingkungan kota adalah sedang – sedang saja. Bantuan teknis untuk memperkuat MMH dan kantor – kantor cabangnya. akan tetapi hal itu bisa terjadi lima sampai sepuluh kali setiap tahunnya. A_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________ _ _ Persyaratan – persyaratan apa sajakah dari pembangunan berkelanjutan yang dipenuhi oleh proyek ini ? _____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ 46 . kemampuan finansial dan manajerial dari instansi-instansi pembuat peraturan di Yaman sangat lemah. Persiapan dari proyek pembangunan perkotaan di masa mendatang dan pelatihan staf. Bantuan teknis untuk manajemen dari proyek – proyek konstruksi. Perbaikan trotoar jalan. Estimasi ini tidak memasukan pertimbangan kerugian produksi yang disebabkan karena kerusakan infrastruktur. Dan ketiga. Pertama. gorong-gorong.

Penggunaan konsep pembangunan berkelanjutan dapat digalakkan lewat bujukan oleh para konsumen. atau apapun yang akan bisa memaksimalkan kemajuan yang berkelanjutan. peraturan resmi. Manajemen lingkungan Manajemen lingkungan menanggapi isu – isu lingkungan bersama dengan proses pembangunan berkelanjutan. Satu segi penting dari menejemen lingkungan adalah formasi dari perundang – undangan dan kebijakan – kebijakan lingkungan nasional yang berhubungan dengan dan mendukung tujuan – tujuan sosioekonomi nasional. atau konflik bersenjata. Melekat di dalam perspektif menejemen lingkungan adalah konsep “kesempatan lingkungan “. Di bawah ini beberapa contoh dari kesempatan– kesempatan lingkungan : BAGIAN Satu bagian penting dari pembangunan yang berkelanjutan adalah pembalikan dari prioritas-prioritas pembelanjaan dan pengurangan konflik-konflik militer n Pembangunan energi matahari dan bahan bakar biomas. daratan. keuntungan maksimum dari satu sumber daya bisa diperoleh hanya dengan tidak mengusiknya. n Penggunaan sektor – sektor pendidikan formal maupun non formal ekologi dunia. Perang. dengan cara membelokkan dana – dana dari usaha – usaha pembangunan.3 MITIGASI DEGRADASI LINGKUNGAN Isu kemanusiaan global : pengaruh – pengaruh perang pada pembangunan dan lingkungan Perang dan akibatnya merupakan ancaman yang terus menerus terhadap pembangunan berkelanjutan. Perang sering kali mendorong kaum miskin menjadi putus asa dalam mencari makan dan pendapatan untuk menimpakan degradasi lingkungan lebih jauh. bukannya terjadi dengan bertahap. adalah suatu bencana yang menunjukan bahwa kerusakan lingkungan dapat terjadi dengan cepat ataupun disengaja. 47 . sering kali berdasar tekanan untuk meningkatkan produksi dan bisa menyebabkan penggunaan sumber – sumber daya secara tidak bertanggung jawab. seperti yang ditimbulkan oleh bahaya ulah manusia yang lain. Manajemen yang tepat dapat dicapai ketika sumber daya digunakan secara efisien atau dihemat karena peran penting ekologi dalam mempertahankan ekosistim. Namun tujuan nasional. Di beberapa kasus. atau ketika sumber –sumber daya yang membentuk basis ekosistim global maupun lokal tidak dilindungi. untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan menciptakan satu kebudayaan lingkungan. n Melindungi keanekaragaman hayati untuk menjaga keseimbangan n Mengelola hutan hujan tropis. vegetasi. Perang Teluk Persia pada tahun 1991 membawa kerusakan yang luas terhadap manusia dan kehidupan binatang. dan udara daerah tersebut. Manajemen yang tidak tepat terjadi ketika sumber – sumber daya digunakan secara berlebihan atau dihargai secara rendah. Kesempatan – kesempatan ini dapat mencakup baik eksploitasi ataupun konservasi dari suatu sumber daya. air. Bagian penting dari pembangunan berkelanjutan adalah pembalikan dari prioritas– prioritas pengeluaran dan mengurangi konflik – konflik militer. dan insentif ekonomi. Persiapan perang mengkonsumsi sebagian besar budget nasional baik untuk bangsa berkembang maupun bangsa yang sudah maju. Perang menjadikan tindakan – tindakan mitigasi bahaya dan pembangunan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin dan secara signifikan mempengaruhi kinerja ekonomi.

JAWABAN ( dari hal. Q A 48 . (ekonomi: mobilisasi sumber daya. Sebagai contoh. JAWABAN (dari hal. Sebutlah tiga komponen manajemen lingkungan ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ . Berilah satu contoh dari negara Anda di mana sumber – sumber daya yang dinilai rendah telah diboroskan atau tidak dihemat. Mengapa mitigasi bencana dan manajemen lingkungan merupakan komponen penting dari pembangunan berkelanjutan ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ _________________________________________________________________________ _____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ A Q . dukungan dari tujuan-tujuan sosioekonomi nasional. kehadiran dan bantuan institusi institusi lingkungan nasional memungkinkan program – program manajemen lingkungan dapat berhasil. kebijakankebijakan lingkungan: rencana pembangunan perkotaan. 46 ) Hal ini memenuhi beberapa aspek dari masing-masing bidang yang utama. Oleh karena itu. Apakah program – program pembangunan di negara Anda selalu mempunyai komponen pelatihan ? Baik untuk kaum profesional desa maupun kota ? Apakah negara Anda mempunyai rencana perlindungan lingkungan ? Bagaimana rencana tersebut menyinggung masalah perubahan perubahan lingkungan global ? Insentif ekonomi apakah yang ditawarkan oleh pemerintah Anda untuk mencegah degradasi lingkungan ? Apakah insentif – insentif tersebut efektif ? Hal – hal lain apakah yang bisa ditawarkan ? Berapa persenkah dari budget negara Anda yang dialokasikan untuk kepentingan militer ? Berapa persenkah yang dialokasikan untuk perlindungan lingkungan dan pembangunan manusia ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ A JAWABAN (dari hal.48) Bencana dapat memundurkan pembangunan. manajemen lingkungan harus dipraktekkan pada pembangunan agar menjadi berkelanjutan dan untuk mencegah bencanabencana. 48 ) Komponen-komponen manajemen lingkungan mencakup peluang lingkungan. sangatlah penting untuk membangun institusi – institusi seperti ini. tindakantindakan mitigasi dapat memberi andil terhadap pembangunan. Perencanaan dan manajemen harus didesentralisasi pada tingkat komunitas di mana warga mempunyai pengetahuan yang lebih baik tentang lingkungan setempat mereka dan oleh karena itu keinginan – keinginan merekapun dapat dipertimbangkan. kebijakan-kebijakan berorientasi manusia: pelatihan. dan individual serta partisipasi institusi. dan inputinput teknologi ) REVIEW Q .Bencana dan Lingkungan Manajemen lingkungan sangat bergantung pada peran serta komunitas dan institusi di dalam prosesnya.

program–program nasional harus bisa membantu pembangunan manusia dengan menyediakan pelayanan – pelayanan dasar dalam : Pendidikan – Investasi dalam pendidikan dasar memberikan hasil ekonomi dua kali lipat banyaknya dibanding dengan pembiayaan pendidikan yang lebih tinggi. jika terdiri dari klinik – klinik komunitas yang memberikan pendidikan kesehatan dan tindakan pencegahan. dan infrastruktur dan pelayanan – pelayanan dasar. Implementasi dari perubahan lingkungan untuk mengurangi resiko bencana akan ditingkatkan dengan suatu strategi yang komprehensif. 49 . Berinvestasi di dalam pembangunan manusia Karena kemiskinan begitu terkait erat dengan kondisi – kondisi lingkungan yang memburuk dan meningkatnya kerentanan terhadap bencana. Aktivitas – aktivitas dari strategi ini perlu berbasis luas dan multi-sektoral. Pengendalian penduduk – Jika semua wanita yang mengatakan bahwa mereka tidak lagi menginginkan anak mempunyai akses terhadap pelayanan– pelayanan keluarga berencana. bisa sepuluh kali lebih hemat biaya dalam menyelamatkan hidup dibandingkan dengan tindakan pengobatan/kuratif. TUJUAN PEMBELAJARAN n Saran – saran praktis untuk bertindak.4 BAGIAN MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN Bagian dari modul ini memusatan pada : n Kebijakan – kebijakan baik nasional maupun internasional yang diperlukan untuk mendukung atau memperbaiki lingkungan agar bisa mengurangi kerentanan terhadap bencana – bencana. Kesehatan – Pelayanan kesehatan dasar. Pemerintah nasional dapat mengurangi dampak bencana dengan aksi-aksi bersama sebagai bagian dari satu upaya manajemen lingkungan. Kebijakan – kebijakan untuk publik dan untuk sektor – sektor swasta harus diarahkan untuk melindungi sistim–sistim alam produktif. Perencanaan dan kebijakan nasional Pemerintah – pemerintah nasional dapat mengurangi dampak bencana dengan baik lewat tindakan kolektif sebagai bagian dari suatu usaha manajemen lingkungan yang umum. jumlah kelahiran akan bisa dikurangi secara tajam. dan aktivitas– aktivitas tersebut harus menanggapi isu –isu khusus yang sudah diangkat sebelumnya dalam modul ini.

lebih realistis. mungkin berguna untuk mendukung reformasi tanah. Suatu contoh adalah pemberian kredit di mana para peserta telah menanamkan uang mereka sendiri. Hal ini mungkin bisa dicapai dengan mendesentralisasikan program – program pemerintah ke tingkat regional dan lokal dengan memperbaiki iklim investasi lewat insentif – insentif ekonomi dan stabilitas politik. yang ditimbulkan oleh program – program penyesuaian. (1) Penyesuaian struktural diartikan sebagai satu usaha untuk mempengaruhi perubahan besar dalam suatu ekonomi. secara bersama dengan mendukung kebijakan – kebijakan anggaran dan moneter.Bencana dan Lingkungan Menggalakkan pembangunan ekonomi Hutang dari banyak negara yang sedang berkembang pada tahun 1988 lebih besar dari pada pendapatan mereka. yang menaikkan akses setiap orang terhadap sumber daya tersebut. Peran serta lokal – Sebagian proyek yang paling berhasil adalah proyek– proyek yang diawali dan dilaksanakan oleh komunitas – komunitas lokal dan LSM setempat. Organisasi pembangunan harus mengembangkan rencana – rencana dan kegiatan – kegiatan yang secara akurat merefleksikan peran – peran dan kebutuhan – kebutuhan wanita. Kesempatan – kesempatan ekonomi bagi para wanita – Meningkatnya status . Daya kebijakan. dan investasi di publik. dengan memperbaiki neraca pembayarannya pada jangka menengah misalnya. dan juga sebagai kontribusi terhadap manajemen sumber daya alam. Poin – poin berikut ini menyoroti anjuran – anjuran untuk memperbaiki ekonomi – ekonomi nasional yang mengalami kesulitan. pendidikan kesehatan dan prioritas – prioritas pembangunan berkelanjutan. kira – kira 5 tahun. Penyesuaian struktural(1) – Kebijakan – kebijakan penyesuaian struktural harus dirancang untuk mengurangi pengaruh – pengaruh yang merugikan bagi kaum miskin dan untuk mengurangi kemiskinan di masa mendatang. para wanita menghasilkan 80 % produksi pertanian. Tindakan ini bertujuan untuk mengembalikan ekonomi pada keadaan yang sehat. Refomasi status tanah – Di beberapa negara. Instrumen – instrumen kebijakkan utama yang digunakan adalah insentif – insentif untuk meningkatkan produksi. 50 % pemeliharaan ternak. kesehatan. pendidikan dan pendapatan wanita semuanya merupakan faktor – faktor penting dalam memperbaikki nutrisi suatu masyarakat. Lapangan pekerjaaan – Harga – harga hasil pertanian harus bisa mendorong produksi pertanian. banyak petani memiliki sedikit sekali tanah. dan dalam mengurangi jumlah anggota keluarga dalam masyarakat yang bersangkutan. Seperti para wanita di banyak budaya yang secara langsung terlibat dengan lingkungan dengan cara seperti ini. daratan. maka berlakulah pendapat bahwa sebenarnya degradasi lingkungan mempengaruhi mereka lebih langsung dibandingkan yang lain. Swadaya kebijakan besar harus mendorong dan mendukung pembangunan skala kecil setempat 50 . Di sub – Sahara Afrika. dan sektor swasta. sedangkan yang lain memiliki banyak sekali tanah. Tapi kebijakan – kebijakan seperti itu. Penggunaan yang lebih berhati – hati dari sumber daya tersebut berarti penghematan. bahkan udara – dengan menyesuaikan biaya penggunaan sumber daya tersebut pada tingkat yang lebih tinggi . harus ditelaah untuk memastikan bahwa prioritas – prioritas lingkungan tidak dikompromikan. dan 90 % pemrosesan makanan dan 60 % pemasaran. tabungan. Situasi – situasi ini harus ditelaah untuk bisa menentukan agar supaya tanah digunakan secara efisien Memindahkan subsidi – memindahkan subsidi yang diterima para pemakai bisa mendorong penggunaan sumber – sumber daya alam secara lebih berhati – hati – seperti bahan bakar. air.

Membangun teknologi – teknologi lokal untuk bahan bakar dan pertanian – Riset telah menunjukkan bahwa teknologi – teknologi yang sudah dikenal dan diterima memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknik – teknik yang belum dikenal. ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________ ___________________________________________________________ _____________________________________________________________ Perlindungan lingkungan Perencanaan nasional – Menanggapi penyebab – penyebab dasar dari degradasi lingkungan. Apakah negara Anda memiliki program penyesuaian struktural? Apakah pengaruh program tersebut terhadap kaum miskin ? Apakah ada cara – cara sehingga pengaruh negatif dapat dihindari ? Pengaruh – pengaruh apakah yang ditimbulkan oleh pemindahan subsidi pada sumber– sumber daya konservasi ? Berilah satu contoh dari negara Anda sendiri . pendaurulangan organik. n Melibatkan komunitas dalam rancangan proyek dan membantu kesadaran lingkungan. sistim irigasi berskala kecil. yang dihasilkan dari dekomposisi kotoran/sampah rumah tangga dan zat – zat organik dalam pencerna khusus. kemiskinan dan pertumbuhan penduduk akan membantu konservasi sumber daya alam. Teknologi baru harus bertumpu pada metode – metode tradisional. yang kemudian akan melatih petugas-petugas yang berbasis di desa dalam bidang terasering. n Melindungi keaneragaman hayati lewat berbagai strategi seperti n Mengakhiri subsidi bahan bakar dan memprioritaskan sumber daya menjaga daerah – daerah yang dilindungi. manajemen tanah dan tindakan – tindakan lain . dan air. n Melatih petugas-petugas pemerintah dan lokal. dan dengan meningkatkan produksi biomas. Rencana perlindungan lingkungan nasional harus meliputi tindakan– tindakan untuk : Q MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN A n Membatasi atau mengatur penggundulan hutan. energi alternatif.4 . BAGIAN 51 . pembangunan air. dan sistim penggarapan tanah yang diperbaiki ( lihat “ Memperbaiki praktek– praktek pertanian “ di bawah untuk pembahasan lebih jauh ) matahari. harus diarahkan untuk menjaga sebanyak mungkin ekosistim – ekosistim alam. penghutanan kembali. Beberapa strategi yang secara lingkungan menguntungkan bisa mencakup : n Meningkatkan potensi pertanian dengan sistim tumpang sari (menanam dua atau lebih tanaman pelengkap secara bersamaan). agroforestry (menggabungkan pohon – pohon dan tanaman kecil). sebagian besar methan. Tapi usaha – usaha khusus. untuk mengulur waktu demi pengembangan teknologi – teknologi yang dapat diperbaharui lainnya – seperti misalnya biogas (2) n Meningkatkan persediaan energi melalui penggunaan tenaga (2) Biogas diartikan sebagai satu campuran gas – gas. angin.

Informasi/teknologi mengenai bagaimana mencegah bencana ulah manusia. Tindakan – tindakan ini akan memerlukan kerja sama antara tiga kelompok dasar : Badan – badan yang bertanggung jawab terhadap tanggapan dan kesiapan menghadapi bencana. kesiapan emergensi dan tanggapan informasi – harus diadakan untuk staf yang bertanggung jawab atas perencanaan nasional. Kelompok – kelompok ini harus merencanakan jenis – jenis program berikut ini untuk diimplementasikan pada tingkat regional. Pelatihan – Teknisi harus dilatih untuk menyiapkan dan memperbaharui dokumen –dokumen tinjauan negara.. dan masyarakat riset rekayasa dan ilmiah. program –program pendidikan dan insentif dapat membantu memobilisir orang – orang untuk bertindak pada tingkat lokal. seiring dengan beberapa pengarahan ulang terhadap bantuan asing. Mengurangi dampak bencana Usaha – usaha jangka panjang untuk mencegah bencana lewat rencana pembangunan yang berkelanjutan harus merupakan prioritas tinggi bagi kemanusiaan dan badan-badan bantuan pembangunan. dokumen – dokumen teknis dan para profesional inti yang harus dirujuki harus diidentifikasi dalam dokumendokumen tinjauan negara. Penekanan harus ditempatkan pada produksi pangan. Dengan membekukan pembelian untuk keperluan militer mereka pada tingkatan sekarang ini. “ Mengelola Bahaya Alam” Bantuan teknis – Dokumen – dokumen tinjauan negara harus disusun sehingga mencakup semua aspek kerentanan terhadap bencana. negara yang sedang berkembang dapat menghemat US$10 – 15 miliar per tahunnya.51) Memindahkan subsidi: Sumber daya akan digunakan lebih bijaksana dan diamankan. Mereka yang berpendapatan tinggi akan membayar lebih banyak dan dengan demikian membeli lebih sedikit. nasional dan internasional. Usaha – usaha tersebut juga harus memasukkan upaya – upaya mengurangi kerentanan infrastruktur. Dengan demikian akan ada yang tersedia untuk yang lain. Gambar 10 Kerjasama yang diperlukan terhadap pencegahan bencana lewat perencanaan pembangunan yang berkelanjutan Agen-agen pembangunan Masyarakat ilmiah dan rekayasa Pencegahan bencana lewat perencanaan pembangunan yang berkelanjutan Agen respon dan kesiapan bencana Bender. badan-badan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan. Transfer teknologi . penggunaan sumber – sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan kaum miskin akan makanan.Bencana dan Lingkungan Memobilisasi sumber – sumber sumber daya Komitmen oleh pemerintah untuk mengurangi kerentanan harus dibuat dan sumber – sumber daya harus dialokasikan. lokasi – lokasi bangunan yang aman dan bahan bangunan. bahan bakar. Semua badan. untuk mengkaji kerentanan dan pola – pola degradasi lingkungan sebagai bagian dari perencanaan lingkungan. Dana – dana mungkin harus dibelokkan dari budget–budget nasional. manajemen denah aliran sungai. 52 . pengendalian polusi udara.Teknik – teknik mengelola informasi tentang bahaya – yang meliputi pemetaan. Lebih jauh lagi. Para profesional harus dilatih dengan basis inter disipliner. menejemen hutan dan ekspansi pemukiman yang terencana. perdagangan produk – produk yang berbahaya. Hal ini meliputi perencanaan kolam-sungai. JAWABAN (dari hal. produksi yang lebih aman dan lebih bersih harus juga diadakan. pengkajian daerah – daerah tanah longsor dan pengkajian proses desertifikasi.

Menghentikan penipisan ozon – Kerja sama internasional diperlukan untuk membatasi emisi khloroflurokarbon (CFC). n Menuntut setiap sumber polusi udara untuk memenuhi batas – batas emisi tertentu. polisterin dan unit – unit pendingin. seperti halon dan karbon tetrakhlorida. BAGIAN 53 . pembangkit tenaga air. Memperlambat tingkat pemanasan global – Jika teori – teori yang menyangkut pengaruh – pengaruh dari pemanasan global akan terbukti benar. Daftar ini bukan merupakan daftar yang rinci. Negara yang sedang berkembang diberi waktu mengangsur selama 10 tahun. mengurangi produksinya. Dengan insentif – insentif ini. bahkan kalaupun hal ini memerlukan pengembangan teknologi – teknologi baru untuk melakukan itu. dan suatu dana sebesar 240 miliar US$ dicadangkan untuk memberikan kompensasi kepada negara – negara berkembang untuk biaya – biaya tambahan yang mungkin timbul dengan mengikuti rencana penghapusan CFC. Protokol Montreal adalah suatu perjanjian multi-nasional yang menetapkan batas waktu yang sangat ketat untuk secara bertahap menghapus CFC dan zat –zat lain yang menipiskan ozon. harus diambil langkah-langkah untuk menyiapkan terhadap pengaruh–pengaruh itu dan tentu saja untuk mencegah percepatannya. dan menemukan penggantinya. Hal ini semua khususnya bisa berguna di tempat yang tidak ada sumber daya listrik tradisional. industri dan daerah – daerah kota. semua negara harus berperan serta dalam perjanjian ini. Mempromosikan efisiensi energi di daerah – daerah kota dan mendukung sumber – sumber daya energi yang bisa diperbaharui seperti misalnya pembangkit tenaga angin.4 MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN Tindakan – tindakan pengurangan terhadap kerentanan Berikut ini adalah suatu daftar yang menggambarkan mengenai strategi – strategi untuk melindungi lingkungan atau mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Atmosfir Mengurangi polusi udara – Kebanyakan negara mengeluarkan peraturan– peraturan untuk mengendalikan polusi udara secara lokal dengan cara : n Menentukan standar–standar kualitas udara dengan mengukur polutan–polutan pada satu jarak dari sumbernya dan memerlukan kontrol terhadap kadar yang bisa diterima. pembangkit tenaga panas bumi dan matahari. dan melihat pengaruh global yang serius terhadap penipisan ozon. n Meningkatkan efisiensi produksi energi dan penggunaannya. Hal ini akan mencakup tindakan – tindakan untuk : n Mengurangi tingkat penggundulan hutan dengan menanam pepohanan untuk memenuhi kebutuhan komunitas akan kayu ( Lihat “ Membalikkan penggundulan hutan “ di bawah untuk keterangan lebih detail ). Negara yang sedang berkembang dapat mengatur pengiriman dan penggunaan erosol. n Mengembangkan peraturan – peraturan untuk mengekang polusi dari emisi lalu lintas.

Bencana dan Lingkungan

Lautan Pengendalian polusi lautan – Lingkungan pantai sangatlah penting dalam melindungi kehidupan di laut. Tindakan – tindakan ini mungkin bisa membantu pengendalian polusi lautan:

n Pengaruh – pengaruh pantai terhadap aktivitas – aktivitas daratan n n n n
harus dipertimbangkan dalam tahapan – tahapan perencanaan, yang termasuk kegiatan tata guna tanah dan manipulasi siklus air. Pembuangan sampah harus dikontrol. Standar kesehatan publik yang mencakup polusi sampah terhadap pantai dan perairan dangkal harus ditetapkan dan ditegakkan; makanan laut yang dijual untuk konsumsi umum harus dimonitor. Harus ditetapkan peraturan menyangkut pembuangan sampah ke dalam perairan – perairan laut. Mencegah pembangunan di daerah daerah yang tidak stabil.

Siklus air Untuk mengurangi kontaminasi air oleh racun dan memperbaiki ketersediaannya, tindakan – tindakan berikut ini bisa dilakukan :

n Pembudi dayaan dan penanaman pohon untuk membantu penguraian n Pemetaan daerah aliran sungai, manajemen, dan perlindungan. n Sistim goth untuk pembuangan sampah dari manusia dan limbah n Memberlakukan peraturan – peraturan untuk memerangi pembuangan n Kampanye – kampanye untuk mencegah pemborosan air, terutama n Penampungan air hujan dengan menggunakan tanki – tanki
penampungan, cadangan dan kolam tangkapan air. n Pendaur ulangan air limbah untuk digunakan sebagai irigasi. Daratan Membalik penggundulan hutan – Sejumlah besar metode lahir untuk penghutanan kembali. Diantara metode – metode itu adalah : di daerah -daerah perkotaan. kimia beracun dan penggunaan pestisida yang berlebihan. rumah tangga racun dan mengurangi hanyutan air.

n Penanaman dalam jumlah besar tanaman kayu untuk bahan bakar. n Perhutanan sosial atau komunitas ( di mana penduduk setempat n Agroforestry ( menggabungkan pertanian dan hutan pada tempat n Pohon yang ditanam sebagai penahan angin n Silvopastur ( pengintegrasian pohon – pohon dan ternak yang n Penanaman pohon untuk dipanen n Penggunaan lahan secara terpadu ( membudi dayakan pohon, tanaman,
ternak pada satu tempat ) dikembangkan di tempat yang sama ) yang sama ) menanam pohon di luar daerah hutan reguler )

54

4

MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN

Strategi – strategi untuk mencegah atau mengontrol penggundulan hutan meliputi :

n Manajemen tanah hutan alami untuk meningkatkan produksi hasil n Mempromosikan rancangan dan penggunaan tungku berbahan bakar n Menyelenggarakan riset tentang hutan – hutan lokal untuk menentukan
pola – pola penggunaannya dan cara – cara yang paling berkelanjutan untuk mengelolanya. kayu yang sudah diperbaiki hutan sementara memperbaharui sumber dayanya.

Membalikkan degradasi tanah – Degradasi tanah skala sedang bisa di perbaiki dengan praktek – praktek berikut ini :

n Melengkapi kembali nutrisi/gizi n Pembuatan tembok bumi, terasering dan penanaman pohon untuk n Membiarkan tanah tidak ditanami untuk regenerasi. n Menstabilkan bukit pasir dengan tanaman – tanaman lahan kering.
Degradasi tanah yang parah tidak mungkin dikembalikan lagi mengurangi erosi.

STUDI KASUS
Hubungan antara penggundulan hutan dan bencana telah diuraikan dalam modul ini. Studi kasus ini menggambarkan bagaimana tantangan –tantangan yang ditimbulkan oleh suatu ancaman bahaya lingkungan bisa menghasilkan solusi kreatif untuk menyelamatkan lingkungan. Menggunakan sumber – sumber daya untuk menyelamatkan sumber– sumber itu sendiri : Dapatkah Amozon membayar caranya sendiri ? Panen yang lebih menguntungkan – Ilmuwan yang mempelajari produk – produk dari hutan hujan di dekat Amazon telah menghitung bahwa memasarkan panen tahunan dari vegetasi yang ada, dan bukannya membabat habis kayu – kayu, akan memperoleh keuntungan kotor yang lebih banyak dalam jangka panjang dari pada hanya menjual kayu. Pada satu petak kecil milik petani, mungkin hanya ½ hektar, dekat Iquitos, Peru, diketemukan 842 pohon yang memiliki 275 spesies yang berbeda. Lebih dari satu tahun, si pemilik lahan dapat memperoleh hampir $ 700 dari sembilan varietas buah, coklat liar, karet, dan pohon – pohon pilihan. Pembabatan habis kayu akan memberikan penghasilan kotor kira – kira $ 1.000. Akan tetapi, lewat nilai kumulatif dari pemanenan yang berkelanjutan untuk jangka waktu lebih dari 50 tahun, lebih dari $ 6.280 mungkin bisa direalisasikan. Jumlah yang sama dari lahan di dekat perkebunan pohon di hargai $ 3.184, di mana satu daerah yang kira – kira sama di daerah padang rumput hanya berharga $ 2.960. Penggundulan hutan bisa jadi merupakan investasi yang jelek.

BAGIAN

55

Bencana dan Lingkungan

Perusahaan – perusahaan di negara negara maju telah memulai menggunakan produk – produk panen. Rantai kesehatan alami dan toko – toko kecantikan di Inggris menawarkan kacang Brasil penggosok muka. Pabrik es krim di Amerika Serikat menjual es krim rasa “Krisis hutan tadah hujan “. Rencana lain untuk menyelamatkan hutan tadah hujan mencakup pembiakan Iguana sebagai suatu alternatif untuk ternak, yang sekarang menempati 85 % dari lahan yang dibuka di Amazon. Proyek percontohan sedang berjalan; satu iguana mengkonsumsi 5 % dari jumlah makanan yang dimakan oleh ayam atau sapi untuk menghasilkan jumlah daging yang sama, tanpa merusak hutan, iguana dianggap sebagai satu makanan lezat di bagian – bagian Amerika Latin. Supermarket dan farmasi untuk dunia – Kira – kira seperempat dari semua resep obat pertama – tama diambil dari tanaman – tanaman hutan hujan, diketemukan dan digunakan menurut aslinya oleh kebudayaan– kebudayaan tradisional yang hidup disana. Penduduk asli Malaysia menggunakan 2.500 tanaman untuk obat, sedangkan penduduk asli Amazon menggunakan lebih dari 1000. Kina, obat untuk malaria, dipisahkan dari kulit kayu pohon cinchona dari Peru dan sudah menyelamatkan berjuta– juta nyawa. Di Madagaskar, penduduk setempat membantu ilmuwan untuk menemukan tanaman rambat berwarna merah jambu, yang jika dianalisa, bisa menghasilkan enam senyawa untuk memerangi tumor. Daftar dari tanaman obat – obatan yang kita kenal sangatlah tidak terbatas, dan mungkin lebih banyak lagi masih belum diketemukan. Orang diseluruh dunia menikmati makanan – makanan yang diketemukan di daerah hutan hujan dan kemudian menjadi hal yang lazim dalam rumah tangga. Kopi berasal dari hutan hujan Ethiophia , teh dari Asia Tenggara, dan banyak jenis buah dan spesies dari hutan– hutan lain di seluruh dunia. Akan tetapi, selagi tanaman – tanaman domestik yang ditanam di perkebunan menjadi mudah terkena penyakit, varietas yang ada di hutan hujan telah berhasil mempertahankan ketahanannya. Pengembang – pengembang tanaman telah menggunakan plasma dari tanaman hutan hujan yang masih asli ( liar ) untuk menyelamatkan sejumlah hasil panen yang penting dan dengan demikian mencegah bencana untuk populasi yang tergantung pada hasil panen tersebut. Ketika permintaan akan kayu, daging dan produk – produk hutan dari luar negeri meningkat – dan pemerintah setuju untuk merusak hutan – hutan untuk memperoleh uang – potensi untuk menemukan obat – obat baru dan makanan menurun. Komitmen komitmen dari pemerintah ( termasuk penjual dan pembeli ) diperlukan untuk melindungi hutan- hutan. Dalam satu usaha percontohan, Costa Rica telah menjalin kontrak dengan perusahaan farmasi yang besar untuk mengadakan riset bersama dengan kelompok bioteknologi setempat yang didirikan oleh pemerintah. Tahapan pertama adalah mengumpulkan dan mengidentifikasi tanaman – tanaman, serangga dan mikroba, produk – produk itu mungkin bermanfaat bagi kemanusiaan ketika direproduksi secara sintetis. Bagian dari pendanaan ini juga untuk konservasi keanekaragaman biologi di lapangan.

56

termasuk : penebangan yang tidak berkelanjutan. Mendidik publik tentang nilai dari sumber daya genetika nasional Mengontrol akumulasi kimia beracun dan mencegah kecelakaan – Tersedianya bahan kimia beracun meningkatkan penyebarannya di udara. n Tingkat – tingkat polusi air harus dimonitor. Menetapkan kebijakan – kebijakan yang mengangkat konservasi dengan: Q . dan penggunaan pestisida. Mengatur masuknya spesies – spesies yang tidak asli. pupuk dan air yang berlebihan 2. Praktek – praktek berikut ini bisa membantu mengurangi jumlah racun pada lingkungan : n Pabrik – pabrik industri dan fasilitas – fasilitas pendingin harus di inspeksi demi keselamatan dan apakah ada kebutuhan perbaikan yang dilakukan. kebijakan – kebijakan pertanian yang mendorong monokultur. daratan. penyewaan tanah publik jangka pendek. n n n n 3. dan jaringan – jaringan kehidupan. n Prosedur prosedur pembuangan sampah beracun harus diawasi dan pembuangan sampah beracun didokumentasikan pada “ peta bahaya“. air. Memformulasikan praktek – praktek perikanan berkelanjutan Menyisihkan habitat laut ketika merencanakan pembangunan pantai n Menghormati hak – hak masyarakat tradisional setempat. n Evakuasi dan prosedur peringatan harus ditetapkan pada saat terjadi kecelakaan yang bisa melepaskan racun dalam dosis yang banyak ke lingkungan. dengan informasi tentang bahan-bahan kimia yang dibuang.4 MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN daya hutan di negara – negara mereka jika manfaat-manfaatnya adalah untuk seluruh umat manusia ? Bagaimana pemerintah bisa menegosiasikan hal ini ? Dapatkah Anda pikirkan cara – cara lain untuk memperoleh keuntungan dari hutan – hutan tanpa harus merusak hutan – hutan itu sendiri ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ________________________________________________________ _______________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ Biosfir Mencegah hilangnya spesies – spesies dan kultur – kultur tradisional – Perlindungan habitat penting untuk mencegah kepunahan spesies dan hilangnya kultur yang unik dari manusia. Mengendalikan polusi air. Merombak kebijakan – kebijakan yang ada yang mendorong hilangnya keanekaragaman hayati. Haruskah pemerintah menjaga kedaulatannya atas sumber – sumber A BAGIAN DODO n Memaksakan kedaulatan atas sumber-sumber daya genetika dan peraturan terhadap pengkoleksian sumber – sumber daya tersebut. Perlindungan spesies mencakup reformasi kebijakan pada tingkat nasional : 1. 57 .

Memperbaiki praktek – praktek pertanian – Kehidupan dari satu miliar manusia akan bisa diperbaiki dengan gizi yang lebih baik. Pendaur ulangan organik – Penggunaan sisa tanaman dan pupuk kandang untuk pupuk bisa meningkatkan pruduktivitas. Berbagai strategi pengendalian hama mencakup: penggalakkan hama parasit dan predator. melepaskan jantan yang steril. pestisida n Metode – metode produksi yang lebih baik harus dipakai yang menghasilkan lebih sedikit zat – zat beracun.Bencana dan Lingkungan n Penggunaan bahan kimia yang berlebihan rumah tangga. terutama sekali untuk para petani yang tidak mampu membeli pupuk. menanam tanaman pangan yang tahan hama. mengurangi jumlah pembajakan tanah dapat memperbaiki kondisi tanah. hasil panen kombinasinya adalah 25 % lebih tinggi dibandingkan jika ditanam secara terpisah. Hal ini secara signifikan sangat penting. 4. dan menanam tanaman pangan jebakkan untuk memancing hama dari tanaman pangan utama. 6. Milet (sejenis gandum )dan cowpea ( sejenis tumbuhan tropis ) hasilnya 50 % lebih tinggi . Panen bisa lebih meningkat. 2. pestisida. penggunaan rotasi tanaman pangan. dan memberikan tambahan kelembaban terhadap tanah. 5. Hal ini mencakup penggunaan ramalan hama. Manajemen hama yang terintegrasi – Pendekatan manajemn ini berusaha untuk membatasi kerusakan oleh hama sekaligus juga melindungi lingkungan. Agroforestry – Pohon – pohon yang ditanam dengan tanaman pangan dapat menyuburkan tanah dengan jumlah hama lebih rendah. temasuk kombinasi teknik – teknik tradisional dan metode – metode moderen. memaksa air hujan mengumpul di atas bukit dan dengan demikian memberikan cukup waktu bagi air tersebut untuk bisa merembes ke dalam tanah – telah menjadikan panen meningkat sampai 50%. dan pemakaian jumlah bahan kimia yang lebih sedikit tetapi lebih baik penempatannya. kunjungan – kunjungan lapangan yang terus menerus. Irigasi tangkapan hanyutan air hujan dari perkebunan yang luas adalah metode yang lain. Beberapa praktek. Tumpang sari – Menanam dua atau lebih tanaman – dengan kebutuhan komplementer untuk sinar . ketika sorghum dan kacang tanah saling di tumpang sarikan. Sumber – sumber daya alternatif mencakup lumpur got dan sampah organik rumah tangga. Irigasi berskala-kecil – Kontur batu – untuk menahan kembali air hujan. dan pupuk – pupuk harus dihentikan 58 . dengan menggunakan pheromon. 3. tanah. atau air – di bidang yang sama mengurangi resiko kegagalan tanaman tunggal dan dapat menyediakan cadangan makanan secara reguler sepanjang tahun. Pembajakan minimum – Karena pencangkulan yang dalam dapat mempercepat erosi dan degradasi tanah. harus bisa membantu memulihkan tanah dan memperbaiki hasilnya : 1. misalnya . dan irigasi.

Lebih dari itu. MELAKSANAKAN PERUBAHAN LINGKUNGAN REVIEW . Sejak tahun 1986. suatu hama yang menurut dugaan sudah dimusnahkan dengan menggunakan pestisida. 57) Perusahaan-perusahaan swasta akan membayar untuk penggunaan sumber daya yang mereka manfaatkan. Metode – metode ini mencakup metode penanaman yang sudah maju. Penyelidika ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan pestisida pada awalnya bisa membunuh hama – hama tersebut. kenapa demikian ? Apakah rata – rata penduduknya sadar akan pengaruh – pengaruh polusi pada atmosfir? Apakah rata – rata penduduknya menaruh perhatian pada kelangkaan air ? Apakah mereka mengeluh tentang rasa dan bau air di kota – kota besar ? Apakah air di kota – kota besar Anda dianggap aman untuk diminum oleh orang asing? Penyakit apakah yang mungkin diderita oleh orang asing karena air tersebut ? Apakah penduduk lokal mudah terjangkit ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________ _______________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________ Q . Pemerintah dapat mengatur pengumpulan materi biologi sehingga sumber daya akan menjadi sumber pendapatan yang terusmenerus. penggunaan pestisida yang rendah.Apakah polusi udara dan air dianggap sebagai isu yang penting di BAGIAN A JAWABAN (dari hal. Jika tidak. negara telah menghemat lebih dari $ 100 miliar untuk setiap tahunnya terhadap penggunaan pestisida yang diimpor. mulai menyerang tanaman padi yang sudah dikembangkan yang dianggap tahan terhadap hama. para petani yang dilatih dengan manajemen hama terintegrasi mengurangi penggunaan pestisida dari 4.4 STUDI KASUS Manajemen hama terintegrasi di Indonesia Pada pertangahan tahun 1970an di Indonesia. Tujuh puluh persen tanaman padi di Jawa rusak hanya dalam satu tahun. penggunaan varietas padi lokal. Pada tahun 1989. pemerintah menarik bantuan – bantuan pestisida secara menyeluruh.5 kali menjadi 0. 59 .5 kali untuk setiap musim dan panen padi menjadi meningkat. akan tetapi juga membunuh predator alamnya. 1) Masalah – masalah hama apakah yang paling umum di negara Anda ? Bagaimana masalah – masalah tersebut dikelola ? Apakah negara Anda mengimpor pestisida ? Q A_________________________________________________________________________________________________________ ______________________________________________________ _ ____________________________________________________ _ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ negara Anda. Pada tahun 1986 – pemerintah Indonesia mengurangi bantuan pestisida dan mulai mempromosikan manajemen hama terintegrasi ( IPM/Intergrated Pest Management ) untuk mengendalikan hama dengan menggunakan metode – metode biologi yang aman secara lingkungan. belalang wereng pemakan – padi.

pestisida bisa mendorong para petani untuk menanam monokultur. pupuk. Apakah rata – rata penduduk di negara Anda menaruh perhatian A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ JAWABAN (dari hal 59 ) Tersedianya biji-bijian. berubah dari metode – metode pertanian yang tradisional ke metode – metode yang dapat mendegradasikan tanah dan lingkungan? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________ _____________________________________________________________ _____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ Q. Apakah di negara Anda ada program – program penghutanan kembali A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ terhadap spesies – spesies yang mungkin saja hilang dari habitat setempat Anda ? Jika tidak. Juga insentif ekonomi untuk menghasilkan suatu tanaman tertentu bisa berpengaruh. Pertanian negara bisa mempromosikan satu contoh dari monokultur.Faktor –faktor apa sajakah yang mungkin bisa mempengaruhi petani A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ 60 . kenapa demkian ? Apakah Universitas – universitas mempelajari spesies – spesies atau kultur – kultur yang ada di negara Anda ? Apakah negara bisa menarik lebih banyak keuntungan dari studi– studi mengenai lingkungan Anda ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________ ___________________________________________________________ ___________________________________________________________ ___________________________________________________________ Q.Bencana dan Lingkungan ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ ____________________________________________________________ yang berbeda dari program – program penghutannan kembali yang sudah disebutkan di modul ini ? Sebutkan. yang mana dari program – program penghutanan kembali yang ada dalam modul ini akan bermanfaat untuk negara Anda ? ___________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ __________________________________________________________________________ ___________________________________________________________ ___________________________________________________________ ___________________________________________________________ ____________________________________________________________ ___________________________________________________________ ____________________________________________________________ ___________________________________________________________ Q.

Meskipun tidak ada aturan – aturan ataupun resep– resep yang sederhana untuk membuat strategi pembangunan ekonomi yang cocok dengan tujuan – tujuan lingkungan. TUJUAN PEMBELAJARAN BAGIAN 61 . pilihan – pilihan dapat dibuat untuk merefleksikan suatu pemahaman tentang bagaimana fungsi – fungsi lingkungan. Alat – alat manajemen lingkungan Alat – alat berikut ini disajikan dalam Buku Pegangan dan Petunjuk – Petunjuk UNDP untuk Manajemen Lingkungan dan Pembangunan yang Berkelanjutan . organisasi nasional dan internasional dan LSM – LSM yang bergerak dalam bidang manajemen lingkungan. meningkatkan dan mengawetkan lingkungan untuk jangka panjang dan menghubungkan tujuan – tujuan nasional dengan aktivitas– aktivitas manajemen lingkungan.. n Mengidentifikasikan peran – peran badan-badan PBB. Apa yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasikan sarana– sarana untuk melindungi. n Mengidentifikasikan alat – alat untuk membantu dalam manajemen lingkungan. Dengan memusatkan pada manajemen lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dan dengan mendorong partisipasi populer dalam program – program formulasi. Rencana ini mendukung pemerintah dalam integrasi manajemen dan kesadaran lingkungan ke dalam rencana – rencana pembangunan mereka. Suatu dokumen yang bermanfaat untuk bisa membantu mengkaji sumber daya yang diperlukan dan untuk mengembangkan suatu pendekatan guna memenuhi masalah – masalah adalah Rencana Tindakan dan Strategi Lingkungan dari UNDP. Bagian akhir dari modul pelatihan ini akan mendiskusikan sebagian kecil dari banyak sumber daya bergantung pada para manajer lingkungan. menghemat. Hal ini membentuk dasar Strategi Manajemen Lingkungan ( rencana tindakan yang memberikan parameter yang detail dari proyek yang diusulkan). Prinsip – prinsip dari manajemen lingkungan . n Menyebutkan agen – agen perubahan untuk aktivitas – aktivitas mitigasi. pengurangan bencana dan pembangunan yang berkelanjutan harus menjadi bagian dari kegiatan – kegiatan sehari – hari dan memungkinkan para staf untuk mengidentifikasikan peluang – peluang lingkungan juga batasan – batasan ketika mengejar tujuan – tujuan pembangunan sosial dan ekonomi. pada tingkat negara dan proyek. solusi – solusi alternatif yang realistis dapat ditemukan.5 BAGIAN 5 SUMBER-SUMBER DAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN SUMBER – SUMBER DAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN Setelah membaca bagian dari modul ini. Anda akan bisa : n Mendiskusikan isi dari Tinjauan Lingkungan. Persiapan dari TinjauanLingkungan (TL) Tinjauan lingkungan adalah suatu alat kajian yang memberikan informasi dan pengkajian dasar mengenai lingkungan.

iklim. pengendapan. n Kekuatan dan kemampuan dari institusi. pertumbuhan. daerah – daerah yang mengalami erosi tanah dan desertifikasi. kebijakan– kebijakan subsidi seperti untuk pestisida. Lingkungan laut dan pantai – deskrepsi dari bidang pemisah antara darat dan air. LSM – LSM dan asosiasi –asosiasi lainnya. gunung –gunung. Pembangunan ekonomi dan lingkungan – Bagian ini mendiskusikan apakah strategi untuk pembangunan ekonomi yang diadopsi oleh negara mencakup suatu rencana yang kondusif untuk mencapai manajemen lingkungan pembangunan yang berkelanjutan yang meliputi: n Perencanaan pembangunan nasional – tindakan – tindakan perlindungan lingkungan. Ekosistim daratan – dataran. insentif dan peraturan – peraturan . tingkat sensitifitas. organisasi internasional. 2. pola – pola dan ukuran konsumsi. 3. 62 . peran kaum wanita. 4. potensi ikan . eksistensi gangguan seismic. Kemampuan negara untuk mencapai manajemen lingkungan dan pembangunan berkelanjutan yang memadai. Ekosistim air – perairan utama. perairan internasional dan perairan bawah tanah. pelabuhan– pelabuhan dan tourisme. adanya hutan bakau. n Pelaksanaan kebijakan – kebijakan lingkungan. perlindungan dan mekanisme pelaksanaan. n Bantuan internasional untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan. n Kebijakan – kebijakan ekonomi. hukum dan n Aktor – aktor lingkungan utama – institusi pemerintah. kepentingan terhadap ekonomi dan lingkungan. Deskripsi dari isu – isu lingkungan utama. dan distribusi. lembah. n Pendidikan lingkungan dan program – program kesadaran. karakteristik n n n n n musiman.biaya untuk sumber – daya sampai dengan pelayanan hutang luar negeri. temperatur. Keterangan singkat mengenai lingkungan alam dari negara ( atau area proyek ). organisasi– peraturan – peraturan. curah hujan. rencana – rencana untuk memperbaiki basis sumber – sumber daya dan lingkungan.Bencana dan Lingkungan Garis besar untuk tinjauan lingkungan adalah sebagai berikut : 1. Hal ini bisa meliputi : n Data dasar lingkungan – elevasi. ukuran populasi. sampai pada bencana alam. Sumber – sumber daya utama yang tidak bisa diperbaharui – minyak dan endapan – endapan mineral utama. Keanekaragaman hayati dan sumber – sumber daya yang dapat diperbaharui – spesies biologi utama dan peluang untuk penggunaan dan konservasi.

setiap peta berisikan data mengenai lingkungan. seperti teknik masukan/ keluaran yang memperlihatkan aliran barang– barang dan jasa yang mengukur efisiensi penggunaan sumber – sumber daya alam. Model –model lain. Legislasi dan zoning lingkungan– Teknik – teknik ini memungkinkan pemerintah mengatur aktivitas – aktivitas manusia yang mempengaruhi lingkungan. Pengawasan lingkungan dan pembuatan keputusan – Sistim pengawasan lingkungan memberikan informasi untuk membantu membuat keputusan – keputusan yang lebih baik dan mengevaluasi program – program yang ada. Kemungkinan pengaruh lingkungan yang terkait dengan implementasi dari program UNDP di negara itu 6. BAGIAN 63 .5 SUMBER-SUMBER DAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN 5. yang menyediakan data mengenai polutan – polutan air dan udara. Program Pengamatan Cuaca Dunia. variabel – variabel ekonomi dan sosial. Alternatif – alternatif terhadap program UNDP di negara yang diusulkan. seperti analisa dari foto satelit. Unit – unit pengawasan internasional secara terus– menerus memberi tanda – tanda pada fenomena alam dan bahaya – bahaya ulah manusia dan dapat mengeluarkan peringatan – peringatan. dengan menunjukan frekuensi/ kemungkinan dari munculnya bahaya dari berbagai besaran dan durasi. Bagan alur – flow chart ini menggambarkan bagaimana elemen – elemen yang berbeda dari ekosistim saling berhubungan ( flow chart sederhana digunakan dalam modul ini di Bagian Dua ). Model – model matematis – Model telah membantu para insinyur untuk menguji kinerja dari proyek – proyek konstruksi yang diusulkan seperti bendungan dan pengendalian polusi. apa tanggung jawab mereka jika aktivitas– aktivitas itu merusak lingkungan. Hal ini meliputi Sistim Peringatan Tsunami. dan kemudian memilih kombinasi interaksi yang lebih disukai. dan menjelaskan kepada individu dan kalangan bisnis mengenai akivitas – aktivitas apa saja yang diijinkan dan yang dilarang dan pada beberapa kasus. Model grafis dapat memperkuat flow chart untuk menunjukan bagaimana modifikasi – modifikasi dari satu elemen dari suatu sistim mempengaruhi yang lain. dan Sistim Pengawasan Lingkungan Global dari UNEP. Model – model itu juga bisa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bahan kimia beraksi di udara dan menyebabkan kabut bercampur asap. Pengawasan dapat diselesaikan dengan mengirim individu – individu atau kelompok untuk mengumpulkan informasi atau dengan cara lain. Peta – peta dan grafik – grafik yang bisa ditumpuk – Teknik ini terdiri dari penumpukan serangkaian peta yang sering kali dikerjakan oleh computer.

tanggung jawab. Para wanita. solidaritas. Penekanan khusus ditempatkan pada kaum wanita dan anak – anak sebagai agen – agen perubahan.masukan individu. Kebutuhan mereka dan pandangan – pandangan mereka harus disatukan kedalam usaha – usaha lokal untuk melindungi dan merehabilitasi. tergantung dari pengaruh – pengaruh kumulatif dari sejumlah besar tindakan – tindakan individu. apakah itu masukannya sendiri atau penasehat – penasehat mereka. mereka akan mewarisi planet ini. Konsekuensi dari perubahan lingkungan. Sistim – sistim pemasaran – Perubahan lingungan dan penipisan sumber– sumber daya mempengaruhi harga. Anak – anak yang miskin menderita lebih banyak dibanding orang dewasa karena degradasi. sebagai penghasil utama makanan dan pertanian di negara – negara yang sedang berkembang. komunitas dan kebijakan pemerintah dalam menanggapi perubahan lingkungan. Meskipun demikian. bahan bakar kayu dibantukan hanya untuk mereka yang paling miskin diantara kaum miskin untuk mencegah kelaparan mereka.harga dari komoditas – komoditas yang penting dalam pasar lokal maupun internasional. sebagai basis yang memerankan tindakan pengurangan. Anak – anak yang terdidik dan sadar adalah promotor – promotor terbaik untuk suatu perubahan dalam suatu masyarakat. adalah penting karena tiga alasan : 1. Penilaian penilaian individu dilibatkan dalam semua tanggapan – tanggapan di dalam sistim manusia – pembuat keputusan dipengaruhi oleh masukan. 64 . 2. Sistim – sistim kultur sosial – Bentuk – bentuk tertua dari organisasi sosial – keluarga – klan – klan. di Negeria. Individual dapat diorganisasikan untuk mempengaruhi tanggapan – tanggapan sosial dan politik. dapat mengorganisir diri mereka sendiri untuk mencegah degradasi yang lebih jauh. 3. suku – suku dan unit – unit sosial lainnya – disatukan bersama dengan ikatan – ikatan tugas. Kayu bakar dan produk – produk kayu sudah menjadi langka di banyak negara yang sedang berkembang. Sistim – sistim ini sangat penting sehubungan dengan penyelamatan global karena: a) Beberapa dari unit – unit sosial yang sangat kuno mungkin sudah mengembangkan sarana – sarana penyelamatan yang mungkin digunakan oleh yang lain dan b) Ikatan – ikatan sosial informal ini bisa secara signifikan mempengaruhi individu. beberapa keluarga harus menghabiskan sampai seperempat dari pendapatan mereka untuk bahan bakar kayu.Bencana dan Lingkungan Peran – peran individual dan organisasi – organsisasi Agen – agen perubahan Proses pengurangan kerusakan lingkungan harus mentargetkan komponen– komponen masyarakat manusia yang mempengaruhi perubahan. Di India. cinta kasih. Hal ini adalah : Individu – Memusatkan pada individu. apakah itu baik ataupun jelek. semua ikatan – ikatan ini mempengaruhi perilaku secara berbeda dibanding yang dipengaruhi oleh pemerintah atau pasar.

koperasi – koperasi. dan memberikan alternatif – alternatif pembangunan yang tidak merusak lingkungan dan juga kesempatan untuk ambil bagian dalam keputusan yang menyangkut lingkungan. Masalah pemanasan global akan sulit untuk diselesaikan tanpa usaha internasional berskala besar. dan kelompok– kelompok lingkungan. Para mahaiswa dan profesor di universitas dapat memberikan sumbangan yang berharga terhadap pengetahuan dasar yang menyangkut lingkungan lokal.masalah lingkungan mereka. Kerjasama internasional – Satu bagian penting dalam tanggapan manusia terhadap perubahan lingkungan adalah kerjasama internasional yang berkelanjutan. ekonomi dan lingkungan penting dalam menetapkan tanggapan pada tingkat komunitas dan individual. bahkan jika sumber – sumber daya gas – gas rumah kaca yang berbeda yang mulai dari lahan – lahan padi Asia sampai dengan hutan – hutan tropis di Zaire. ketua – ketua atau pemimpin – pemimpin lokal. Kebijakan – kebijakan teknologi. untuk dijadikan bahan pertimbangan ketika merencanakan tindakan – tindakan mitigasi bencana terhadap degradasi lingkungan ? ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ____________________________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________________________ Organisasi – organisasi nasional Setiap negara adalah rumah bagi orang – orang yang dapat diberi motivasi untuk kerja melawan degradasi lingkungan.Sistim – sistim kemanusiaan apakah yang diperlukan oleh seseorang A________________________________________________________________________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _____________________________________________________________________ _ BAGIAN 65 . Kebijakan nasional – Negara mempengaruhi perubahan lingkungan global dan konsekuensinya lewat peran – peran mereka pada persetujuan– persetujuan internasional dan lewat keputusan – keputusan kebijakan nasional mereka sendiri. beberapa negara berkembang mungkin memerlukan bantuan finansial dan teknologi untuk menyelesaikan masalah . Sekolah – sekolah dan universitas dapat menggerakan kelompok – kelompok siswa yang besar untuk berpartisipasi untuk mengembalikan arah degradasi lingkungan sembari meningkatkan pengetahuan mereka tentang proses degradasi. pertanian. Q. kelompok – kelompok agama. Individual – individual dan organisasi – organisasi lokal dapat menjadi alat dalam memobilisir sumber– sumber daya atau memberikan inspirasi kepada yang lain untuk melakukan hal yang sama. Contoh – contohnya adalah : Kelompok – kelompok wanita. Lebih jauh lagi. kelompok – kelompok komunitas.5 SUMBER-SUMBER DAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN Pendidikan dan sistim – sistim informasi – Pendidikan lingkungan harus dibantu pada setiap jenjang dengan menanamkan suatu apresiasi lingkungan.

Unit Lingkungan Gabungan telah mengembangkan jaringan National Focal Points ( Titik Fokus Nasional ) di negara – negara yang terkait sebagai saluran bantuan dan informasi. dan dengan memfasilitasi akses ke sarana – sarana teknologi – seperti penginderaan jarak jauh – untuk menilai degradasi lingkungan. 66 . Pendidikan Perserikatan Bangsa Bangsa ( UNESCO ) . Sebagai tambahan. Badan-badan yang lain – seperti Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa ( UNDP ). Yayasan Internasional untuk Pembangunan Pertanian ( IFAD ). Program Pangan Dunia. Mitra-mitranya termasuk organisasi internasional yang terkait termasuk juga unit – unit khusus di dalam UNEP. dana OPEC. Unit Lingkungan Gabungan telah diberi mandat untuk memperbaiki tanggapan internasional terhadap emergensi –emergensi lingkungan dengan bertindak sebagai broker non – operasional antara negara – negara yang mendonasi dan yang dipengaruhi. “clearing house” informasi dan papan tombol disiapkan untuk pemberitahuan mengenai bencana. Dana Anak Anak Perserikatan Bangsa Bangsa ( UNICEF ) – adalah badan-badan yang bisa membantu dengan persiapan dan implementasi pembangunan nasional dan rencana pengurangan bencana. lembaga-lembaga donor. termasuk sistim tugas 24 jam. Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ). Institusi – institusi finansial seperti Bank Dunia mungkin membantu dengan pembiayaan jangka panjang. Organisasi Pembangunan Industri Perserikatan Bangsa Bangsa ( UNIDO ). UNEP menyediakan pendanaan dan staf untuk Unit Lingkungan Bersama sedangkan DHA menyediakan akses ke keseluruhan sumber daya tanggapan emergensi. Program Lingkungan Perserikatan Bangsa Bangsa.Bencana dan Lingkungan Perserikatan Bangsa – Bangsa dan Badan-Badan internasional lainnya Meskipun tanggung jawab utama untuk mengurangi kerentanan ada pada pemerintah. Organisasi Kebudayaan dan Pengetahuan. Organisasi Peranian dan Pangan (FAO). Pusat Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Pemukiman ( HABITAT ). Komisi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa untuk Pengungsi ( UNHCR ). kebutuhan – kebutuhan dari bangsa – bangsa yang sedang berkembang terlalu cepat untuk dapat ditanggapi dengan hanya menggunakan pembiayaan dan bantuan teknis lokal saja. pembangunan sistim – sistim peringatan dini. Unit Lingkungan Gabungan dari UNEP/ DHA didirikan sebagai satu proyek bersama pada bulan Juli 1994 untuk mengumpulkan bersama ketrampilan emergensi dan lingkungan yang dapat mengisi perbedaan – perbedaan di dalam struktur tanggapan yang ada dan menghindari upaya duplikasi. Departemen untuk Urusan Kemanusiaan (DHA). dan badan-badan internasional untuk pembangunan dan relief dapat membantu dengan kebutuhan – kebutuhan pelatihan. kelompok – kelompok lingkungan internasional.

Informasi yang digunakan bersama di antara LSM intenasional mungkin bisa membantu memberikan ilustrasi masalah-masalah bersama yang dialami oleh komunitas yang terputus. LSM – LSM setempat dapat membagi bersama pemahaman kultural dan bahasa untuk mencari cara – cara guna mengimplementasikan perubahan. mereka dapat meningkatkan keefektifan mereka sendiri dan mempengaruhi pembuatan kebijakan. ekspansi teknologi. Mereka dapat memperpendek jarak antara pengetahuan teknis dan lokal untuk bekerja kearah solusi –solusi jangka panjang yang dapat diterima bagi kelompok yang menjadi sasaran. penilaian. LSM membuat kontribusi yang banyak sekali terhadap pembangunan yang berkelanjutan.5 SUMBER-SUMBER DAYA MANAJEMEN LINGKUNGAN Organisasi Non-Pemerintah Organisasi – organisasi non Pemerintah ( LSM ). karena kemampuan mereka untuk mempengaruhi tindakan individu dan masyarakat. dan kerjasama internasional. dan tindakantindakan: sistim pemasaran. dan organisasi – organisasi akar rumput adalah kekuatan – kekuatan yang sedang tumbuh dalam dunia yang sedang berkembang. 67 . komunitas dan organisasi. Mereka dapat menghubungkan elemen – elemen pertumbuhan berkelanjutan : Ekologi. menurunkan kerentanan mereka terhadap bencana karena pertumbuhan penduduk yang cepat. BAGIAN JAWABAN ( dari hal 65 ) Persepsi individu. n Mereka menggerakan sumber – sumber daya dan energi masyarakat n n n n untuk mendukung proyek – proyek berjangka panjang. Mereka memungkinkan para individu untuk mengatasi perubahan. Organisasi – organisasi ini mempunyai kecenderungan untuk memainkan peran yang lebih besar pada tahun – tahun mendatang. sistim sosioekonomi. Pemimpin – pemimpin nasional akan sangat bijaksana jika mendorong LSM – LSM sebagai sarana untuk menjalankan kebijakan pemerintah pada tingkat lokal. ekonomi. dan kebudayaan. Melalui pembangunan aliansi dengan organisasi – organisasi yang lain. urbanisasi. kebijakan nasional. politik. yang memungkinkan individu memperbaiki kualitas hidup mereka.

1992. United Nations. John R. 1992. Foin . Vol.. Lucent Books. Kinsley. Alcira and Mohan Munasinghe. San Diego.. Rio Declaration and Forest Principles. eds.” in Audubon. Stephen O.. Global environmental change: understanding the human dimensions. Shrinking Forest. Mather. Houghton Mifflin Company. Ecological systems and teh environment. Tesar. Washington D. eds. 1990. “HArnessing Peru’s wastewater potential”. 1987. One Earth. David. in Source. 1991. eds. Washington D. in World Development.Vol. Theodore C. p. Lois. 1992. Paul C. 1991. 1990.3. and Galina V. World Recources Institute. Wold Recources. December. UNDp. Fred. Convention on Clomate Change.66-74. New Work. CA. IBRD/World Bank. Pearce. Jenny. 1989.Bencana dan Lingkungan REFERENSI Archer.3. Blackbirch Grapichs. United Nations Development Programme. “Case Study: Nepal Municipal Development and Earthquake Recontruction Project” and “Case Study: Taiz Flood Disaster Prevention and Municipal Development Project. The Earth Works Groups. New York. Earth Summit: Press Summary of Agenda 21. Kreimer.10-12. Alcira and Martha Preece. UNDP’s HAnd book and Guidelines for Environmental Management and Suistable Development. University of Aryzona Preese. 1991. Cheryl Simon. Jon. 68 . Rainforests.I Snecko. IBRD/World Bank. with UNEP.C. p. UNDP. CA. A. Alan. p. 1991. National Academy of Sciences. Bender. 1976.” in Managing Natural Disasters and the Environment. Washington D.C. “Managing Natural Hazards”. Editors. United Nations Conference on Environment and Development.16-23.182.103-105. Boston. Oxford University Press. Man’s Dependence onthe Earth. Berkeley. Christensen.. Managing Natural Disasters and the Environment. 1989. Global Change: geographical approaches. Stern. Jr. No. Luttig and I. Silver. “Can teh Green Revolution Endure?”. Grainger. in Helping Nature Heal. “Death of an Oasis. Warburton.94. Editors. UNESCO. our changing global environment. October. “Letting the Amazon Pay Its Own Way”.W. 1990. Emma. 1992-93.. A. London. Environmet and Natural Resources Group. and Convention on Biological Diversity. Sdasyuk. Oran Young and Daniel Druckman. Kreimer. UNEP. The World Bank. p. p. National Academy of Sciences. May-June 1992. Robson. The Threatening Desert. 1991. Eartschan Publications Ltd. Managing Natural Hazards and the Environment. Earthworks Press. 1992. Fifty (50) simple things you can do to save the earth.3.C. Alcira Kreimer and Mohan Munasinghe. One Future. No. G.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->