You are on page 1of 4

TOPIK : GETARAN DAN GELOMBANG

KELAS : VIII
WAKTU : 45 menit
METODE : Bertukar pasangan

Indikator :

Siswa dapat membedakan antara periode dan frekuensi pada ayunan bandul.

Alat dan bahan :

Ayunan bandul
Stopwatch
Busur derajat

Motivasi :

Guru menunjukan seruling kapada siswa dan bertanya :

Mengapa dengan menutup sebagian lubangnya seruling bisa menghasilkan nada yang berbeda-beda
dari do – re – mi – fa – sol – la- si – do’ ?

Perumusan Masalah :

Apa perbedaan antara periode dan frekuensi?

Langkah Pembelajaran.

1. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok dengan jumlah anggota masing-masing 4
orang. Anggota tiap kelompok diberi nama a, b,c dan d Kemudian setiap kelompok dibagi alat
berupa ayunan bandul, stopwatch, dan busur derajat.

1a 1c 2a 2c 3a 3c 4a 4c
1b 1d 2b 2d 3b 3d 4b 4d

5a 5c 6a 6c 7a 7c 8a 8c
5b 5d 6b 6d 7b 7d 8b 8d

2. Setiap kelompok mengerjakan tugas yang diberikan guru berdasarkan lembar kerja siswa (LKS)
yang diberikan oleh guru ke masing-masing kelompok. (LKS terlampir)

5. yang bertukar adalah anggota kelompok dengan nama 1a. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. Kelompok baru saling menanyakan dan mengukuhkan hasil diskusi dari kelompok sebelumnya. tiap kelompok bertukar anggota dengan kelompok lain. Setelah selesai berdiskusi dengan kelompoknya sendiri. (Guru tetap mengontrol jalannya diskusi di tiap-tiap kelompok sampai proses diskusi selesai ) 6. Dan demikian dengan kelompok lain yang memiliki indeks a dan b akan bertukar dengan anggota kelompok yang lain 1a 2c 2a 1c 3a 4c 4a 3c 1b 2d 2b 1d 3b 4d 4b 3d 5a 6c 6a 5c 7a 8c 8a 7c 5b 6d 6b 5d 7b 8d 8b 7d 4.2b. Kesimpulan bersama . Setelah berdiskusi dengan kelompok baru maka setiap kelompok kembali ke kelompok semula dan menyampaikan hasil diskusi mereka dengan kelompok lain. 1b bertukar dengan dengan 2a. (selama proses diskusi guru berkeliling kelompok untuk mengontrol jalannya diskusi apakah sudah berjalan dengan benar atau belum) 3. Dan menyimpulkan hasil diskusi mereka.

.Dari presentasi seluruh kelompok guru merangkum jawaban siswa untuk mendapatkan kesimpulan umum Periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 getaran. Dapat dicari dengan persamaan t T n T= periode T= waktu n = jumlah getaran frekuensi adalah jumlah getaran dalam 1 detik n f t f=frekuensi Pemecahan Masalah Ketika lubang seruling ditutup sebagian maka jumlah gelombang (n) dalam pipa akan berubah. Frekuensi mempengaruhi tinggi rendahnya nada. sehingga frekuensinya (f) juga berubah dan menghasilkan nada yang berbeda.

Lepaskan bandul tanpa mendorongnya sambil mulai menyalakan menghitung waktu (stopwatch) Hitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 10 getaran Gunakan hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan (gambar ayunan bandul) Satu getaran adalah gerak bandul dari A – B – C – B . ini disebut periode getaran. detik. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 getaran adalah ….. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz). Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 10 getaran adalah …..A Pertanyaan percobaan. Berdasarkan pertanyaan no. detik. Buat simpangan bandul sebesar 25 menggunakan busur derajat. 1. Lembar Kerja Siswa (LKS) Prosedur percobaan : Susun ayunan bandul seperti pada gambar. .. Maka Jumlah getaran dalam 1 detik adalah …. detik. ini di sebut frekuensi. 2.1 Jika waktu yang di perlukan untuk melakukan 10 getaran adalah ….