wawancara

Apakah Wawancara Itu?
Wawancara (interview) adalah tanya jawab dengan maksud memperoleh data untuk keperluan tertentu, atau dengan tujuan membahas topik atau masalah.

Aspek-aspek Wawancara 
Pewawancara.  Orang yang diwawancarai (narasumber/ imforman/responden).  Tujuan wawancara.  Topik wawancara.

Materi Wawancara
Masalah yang dibicarakan dalam wawancara bersifat :  Aktual Masalah yang dibicarakan merupakakn masalah yang sedang hangat dibicarakan  Faktual Masalah yang dibicarakan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Metode Wawancara
1. Wawancara serta-merta, dilakukan spontan dan dalam situasi yang alamiah. Pertanyaan dan jawaban berjalan sebagaimana layaknya obrolan sehari-hari. 2. Wawancara dengan petunjuk umum, pewawancara membuat kerangka atau pokok-pokok masalah yang akan ditanyaan ketika wawancara.

3. Wawancara dengan menggunakan seperangkat pertanyaan yang telah dibakukan. Urutan, kata-kata, serta cara penyajian pertanyaanya. 4. Wawancara terbuka, wawancara yang jawabannya tidak terbatas, sesuai kehendak narasumber. 5. Wawancara tertutup, wawancara yang jawabannya terbatas. Misal jawabannya itu Ya atau Tidak. 6. Wawancara konferensi, wawancara yang dilakukan dengan satu narasumber dengan benyak pewawancara.

Pelaksanaan Wawancara
Tahapan pelaksanaan wawancara : 
Tahap Pembukaan 
Pewawancara memperkenalkan diri dan mengungkapkan maksud dan tujuan. 

Tahap Inti 
Pewawancara mengajukan pertanyaan dengan jelas dan sistematis. Pewawancara harus memiliki cara komunikasi yang baik, dan harus dapat memahami SIKON. 

Tahap Akhir 
Berilah kesan penutup yang baik dan menyenangkan serta memelihara hubungan baik dengan narasumber.

Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pewawancara 
Kerahasiaan sumber informasi yang diberiakan. 
Kerahasiaan narasumber, apabila beliau tidak ingin namanya disebut. Jika diminta untk tidak disiarkan. 

Kecermatan pencatatan atau perekaman hasil wawancara.  Dampak sosial hasil wawancara jika disebarluaskan.  Kendala waktu dan tempat pelaksanaan wawancara.  Kelanjutan hubungan antara pewawancara dengan narasumber

Hasil Wawancara
Pada umumnya berupa : 
Keterangan mengenai usia, pendidikan, pekerjaan, dan perhatian informan. Keterangan mengenai tanggapan atau pandangan responden. Keterangan mengenai kegiatan yang seharusnya dilakukan. Mungkin tidaknya suatu kegiatan dilakukan. Alasan mengapa responden beranggapan, berperan, berprilaku, atau berkeyakinan teretentu.

Membuat Rangkuman Wawancara

1. Buatlah rangkuman dari cuplikan video tadi ! 2. Wawancarailah seorang temanmu tentang ³ Cara Meningkatkan Prestasi Belajar ³, lakukan di depan teman-teman yang lain dengan metode yang baik!

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful