You are on page 1of 11

Dibedakan berdasarkan tempat hidupnya: Ikan Air Laut Ikan Air Laut Ikan Air tawar Ikan bluefin tuna utara (Thunnus thynnus) Ikan mas .

Û Tubuh ikan laut lebih hipotonis dari air laut sehingga banyak air yang keluar dari tubuh. Urin yang dihasilkan sedikit dan pekat. É Akibatnya ikan laut banyak minum air laut untuk menutupi kehilangan air yang besar. Memperoleh air dan garam mineral dengan Banyak minum air laut Air keluar lewat permukaan tubuh dan lewat insang Kelebihan garam Dibuang lewat insang Ekskresi urin yang pekat dan sedikit Ikan air laut .

Urin yang dihasilkan banyak dan encer Mendapatkan air dan garam dari makanan Air masuk secara osmosis lewat permukaan tubuhnya Mineral diikat oleh insang Ikan air tawar Ekskresi urin banyak dan lebih encer ." Tubuh ikan air tawar lebih hipertonis dari lingkungannya sehingga air banyak yang masuk lewat permukaan tubuhnya. F Akibatnya ikan air tawar sedikit minum air.

Alat ekskresi berupa ginjal mesonefros jantan Badan lemak ginjal Saluran kemih aorta testis Vena efferentis betina Saluran telur kerongkongan Vena postcava ginjal Kandung kemih Indung telur rahim rahim Kelenjar adrenal Saluran kemih kloaka Kandung kemih Saluran kemih oviduk .

kantung kemih terisi urine yang encer . banyak air yang masuk ke tubuh katak secara osmosis Pada saat berada di darat air diserap kembali ke dalam darah menggantikan air yang hilang melalui evaporasi kulit Pada saat ia berada di darat harus melakukan konservasi air dan tidak membuangnya Katak menggunakan kantung kemih untuk konservasi air Pada saat di air. maka pada saat ia berada diair.Kulit katak permeable terhadap air.

Sistem ekskresi pada reptil berupa ginjal.kulit dan kloaka.Reptil yang hidup di darat sisa hasil metabolismenya berupa asam urat yang dikeluarkan dalam bentuk bahan setengah padat berwarna putih. . Kloaka parumerupakan satu-satunya lubang untuk mengeluarkan zat-zat hasil satuzatmetabolisme. paru-paru.

Vesika urinaria menyempit ke bagian posterior. Metanefros berfungsi setelah pronefros dan mesonefros yang merupakan alat ekskresi pada stadium embrional menghilang. .Alat ekskresi pada reptil adalah sepasang ginjal metanefros. Ginjal dihubungkan oleh ureter ke vesika urinaria (kandung kemih). berukuran kecil kemudian langsung bermuara ke kloaka.

.

Alat ekskresi berupa paru-paru. dan saluran pencernaan menyatu bermuara pada kloaka. Urine yang dihasilkan ginjal langsung bercampur dengan sisa pencernaan di kloaka. berwarna cokelat. Saluran kelamin. saluran ekskresi. ginjal dan parukulit. Ginjal berjumlah sepasang. . dan tidak memiliki vesika urinaria sehingga hasil ekskresi dari ginjal disalurkan ke kloaka melalui ureter Burung tidak mempunyai kantong urine. Alat ekskresi burung berupa sepasang ginjal mesonefros.