MENGENAL SELUK BELUK ASIMO

AISYA NUR AULIA Y. X-5/6 SMA NEGERI 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 1

Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahnya buku elektronik ini dapat diselesaikan dengan baik tanpa halangan suatu apapun. Buku elektronik ini dibuat untuk menambah wawasan para pembaca tentang bidang robotika, khususnya robot humanoid ASIMO. Robot humanoid ASIMO merupakan salah satu wujud konkret kecanggihan teknologi yang ada di zaman sekarang. Tidak mudah untuk membuat robot humanoid seperti ini. Diperlukan kemampuan, keahlian dan keinginan serta tekad yang kuat dalam pembuatan robot seperti ini. Penulis berharap setelah membaca buku elektronik ini para pembaca, khususnya rakyat Indonesia memiliki keinginan untuk mengembangkan bahkan menciptakan teknologi yang lebih hebat dari robot humanoid Asimo ini, sehingga Indonesia dapat menjadi sebuah Negara yang dikenal oleh dunia. Apabila para pembaca memiliki keinginan tersebut, bukan mustahil teknologi robotika di Indonesia akan melampaui teknologi robotika di seluruh dunia. Sebelumnya penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan buku elektronik ini. Tentunya buku elektronik masih belum sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak agar nantinya buku elektronik ini menjadi lebih baik di kemudian hari. Semoga buku elektronik ini dapat bermanfaat. Purwokerto, 21 Maret 2011

Penulis

2

..................................................................................................................................................... 10 E1-E2-E3 ................................................................................................................................................... 9 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ASIMO ....................................................... 2 Daftar Isi ........................................................................................................................................ 4 MENGENAL ASIMO ................................... 8 TUJUAN PEMBUATAN ASIMO ............................................................................................................................................................................... 18 ASIMO DAN PERKEMBANGAN ROBOTIKA DI INDONESIA ............................................................................................................................................................. 14 INFORMASI TEKNIK ASIMO ....................................................... 15 GENERASI BARU ASIMO ....................................................................................................... 16 KELEBIHAN DAN MASA DEPAN ASIMO ................................................................................................................................................................................................................................................................................Daftar Isi Kata Pengantar...................................................... 3 SEKILAS TENTANG ROBOT............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... 11 P1-P2-P3 .................................................................................................................. 20 3 ........................................................................... 10 E0 .............. 11 E4-E5-E6 .......... 12 SPESIFIKASI ......................................................................

penjelajahan bawah air dan luar angkasa. seperti penyedot debu. dan alat pembantu rumah tangga. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan. Di antaranya adalah: Robot Mobile ( bergerak ) Robot Manipulator adalah robot yang deprogram untuk suatu fungsi tertentu 4 . Robot memiliki berbagai macam konstruksi. dan pemotong rumput. ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).SEKILAS TENTANG ROBOT Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik. SAR (search and rescue). pertambangan. berbahaya. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat. dan untuk pencarian tambang. pekerjaan yang berulang dan kotor. baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun.

Biasanya berbentuk serangga dan ukurannya kecil. Contoh: ASIMO. Flying Robot adalah robot yang bisa terbang. FemBot. Robot Guru Saya.Robot Humanoid adalah robot yang bentuknya menyerupai manusia. Contoh: Micro Flying Robot 5 .

Contoh: Robot LMNR (LIPI Modular & Networked Robot) 6 . contoh: Runbot dan Robot Laba-Laba Robot jaringan.Robot Berkaki adalah robot yang memiliki kaki.

Robot ini masih menjadi robot fiksi yang hanya ada di film-film. tetapi baru diimplementasikan pada awal abad 18 oleh Frenchman Jacques de Vauncanson yang membuat 3 robot manusia . yaitu ASIMO. tapi bisa jadi robot ini akan tercipta di masa depan seiring dengan kemajuan teknologi. Mimpi tentang robot sebenarnya sudah ada sejak 7000 tahun yang lalu.Robot Animalia adalah robot yang bentuknya menyerupai binatang. 7 .Mungkin Pak Frenchman inilah pelopor robotika yang telah berkembang sampai sekarang. Contoh: Aibo yang berbentuk anjing dan Robot Kalajengking Robot Cybrog adalah sebutan bagi sosok robot yang berbentuk manusia dan memiliki jaringan syaraf dan darah seperti manusia. Hal ini juga menjadi inspirasi bagi Honda untuk membuat robot humanoid lainnya. hanya saja Cyborg menggunakan sistem kepakaran berupa processor sebagai otak kerjanya.

Asimo dapat melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia. membawa nampan. lebar 45 cm dan berat badan 54 kg. sebab Asimo merupakan salah satu ‘project’ yang sangat penting dan sangat berarti bagi Honda. Honda R&D inilah yang sangat berperan penting dalam penciptaan dan pengembangan Asimo. Walaupun sudah sedemikian canggihnya. 8 . Honda juga menginginkan agar robot ini dapat melakukan hal-hal yang sangat sering dilakukan manusia seperti menaiki dan menuruni tangga. Sebelum mengenal Asimo lebih jauh. tetap mengembangkan Asimo dengan harapan agar Asimo bisa membantu kehidupan manusia. kita harus mengenal Honda R&D (Honda Research & Development). Konsep utama dari Honda’s Robot R&D adalah membuat robot yang bisa menolong manusia dan menjalin kehidupan yang seimbang antara robot dan manusia.MENGENAL ASIMO Honda’s Advanced Step in Innovative Mobility. Honda mulai berpikir untuk membuat robot 2 kaki. Ltd. Misalnya bermain instrumen musik. Dengan tinggi 130 cm. mendorong troli. Honda R&D adalah sebuah bagian yang ada dalam Honda Co. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Asimo adalah robot humanoid yang dibuat oleh perusahaan Honda. berlari bahkan merasakan perasaan manusia. Honda Co. Ltd. yang bertugas untuk meneliti dan mengembangkan teknologi agar teknologi ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena alasan itulah. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi manfaat robot bagi kehidupan manusia sehari-hari.

Ternyata perjuangan itu tak sia-sia.TUJUAN PEMBUATAN ASIMO Honda telah menciptakan sebuah inovasi dalam dunia robotika dengan membuat robot humanoid. robot humanoid pertama milik Honda. Namun mewujudkan sebuah mimpi adalah sesuatu yang sangat sulit. Membuat Asimo ternyata tak sesederhana tujuan pembuatannya. diterapkan betul-betul dalam usaha membuat Asimo. The Power of Dreams yang menjadi slogan Honda. Tujuan pembuatan Asimo pun tidak main-main. Kegagalan yang sering dialami kini terbayar lunas oleh keberhasilan membuat sebuah robot humanoid yang sangat canggih dan sangat disukai oleh masyarkat di seluruh dunia. Sebenarnya. tujuan pembuatan Asimo sangat sederhana. Banyak perjuangan yang telah dilakukan untuk menciptakan Asimo. Honda menginginkan agar Asimo di masa depan dapat menolong dan menjadi partner manusia. Honda terus maju dan tidak menyerah. Dan tak jarang pula kegagalan yang didapatkan. Banyak eksperimen yang telah dilakukan. Tujuan dasar pembuatan Asimo adalah membuat robot yang bisa membantu pekerjaan manusia dan robot yang bisa menjadi teman kepercayaan manusia. serta menjadi pelopor atau ‘pembuka pintu’ menuju abad 21. 9 . Biarpun begitu.

E0 adalah sebuah robot 2 kaki yang dapat berjalan. melainkan E0. 10 . Walaupun sudah bisa berjalan. Untuk dapat berjalan. terutama pembuatan Asimo. Mr. E0 melangkahkan salah satu kaki ke depan sebelum kaki lainnya. Sebenarnya.SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ASIMO Berawal dari sebuah mimpi membuat robot menjadi teman manusia. Masato Hirose.” Konsep inilah yang menjadi road map Honda dalam pengembangan robot. Karena kecepatannya yang belum memadai. seorang ilmuwan senior dari Wako Research Institute menciptakan sebuah konsep “menyatukan berbagai fungsi mekanis dengan teknologi maju untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. robot itu tidak langsung dinamakan Asimo. tapi E0 membutuhkan waktu 5 detik setiap kali melangkah. E0 inilah yang menjadi pelopor perkembangan Asimo. Tentu saja Asimo yang pertama kali sangat berbeda dengan Asimo sekarang. Honda membuat perubahan pada robot E0 yang pada akhirnya akan melahirkan robot E1-E2-E3. E0 Asimo pertama kali diciptakan tanggal 31 Oktober 2000 dari hasil program Honda R&D yang didirikan tahun 1986. ketika pertama kali Honda menciptakan sebuah robot.

Honda meng-‘input’ data ke dalam robot. dengan cara mempelajari cara manusia berjalan. Dasar penciptaan ketiga robot ini adalah untuk memperbaiki kecepatan robot E0 sebelumnya. sistem ‘berjalan’ robot sudah direalisasikan. Target ZMP Control (Kontrol Traget ZMP) dan Foot Planting Location Control (Kontrol Tempat Peletakkan Kaki). Honda kembali melahirkan robot E4-E5-E6 yang merupakan pengembangan lanjutan dari robot sebelumnya. yaitu Floor Reaction Control (Kontrol Reaksi Terhadap Lantai). sehingga Honda hanya butuh ‘tubuh’ robot untuk membuat sebuah robot humanoid sempurna. Dasar pengembangan robot ini adalah keseimbangan berjalan dengan 2 kaki layaknya seorang manusia. akhirnya Honda menemukan bahwa dibutuhkan 3 kontrol teknik.2 km/jam. Berdasarkan hasil penelitian ini. Mekanisme berjalan ini mulai diterapkan oleh robot E5. Ketiga robot ini adalah modal dasar Honda untuk membuat robot humanoid. 11 . Jadi. E3 E4-E5-E6 E4 E5 E6 Pada tahun 1991-1993. Dalam pengembangannya.E1-E2-E3 E1 E2 Sejak tahun 1987-1991 Honda telah menciptakan ‘penerus’ robot E0. Penelitian ini membuahkan hasil. Robot E2 berhasil berjalan dengan kecepatan 1. yaitu robot E1-E2-E3.

yaitu dengan berat 210 kg dan tinggi 1. maka robot akan lebih sesuai dengan lingkungan manusia.600 mm dan berat 130 kg.bentuk dan ukuran robot P3 lebih sempurna daripada robot-robot sebelumnya. Mendorong troli. P2 mulai menggunakan teknologi nirkabel (wireless).915 mm dan berat 175 kg P1 dapat membuka knob pintu dan membawa benda-benda. Dengan tinggi 1.  Robot P1 Robot ini sudah bisa mengkoordinasikan antar gerakan lengan dan kaki. Pengembangannya dimulai tahun 19931997. Menurut Honda dengan bentuk yang lebih kecil seperti ini. yakni dengan tinggi 1.  Robot P2 Debutnya dimulai bulan Desember 1996. Namun robot ini jauh lebih berat dari P1. Honda mengubah komponen-komponen yang dirasa ‘tidak perlu’ dalam robot P2 sehingga robot P3 sebagai ‘penerus’ robot P2 menjadi lebih ringan.  Robot P3 P3 adalah robot pertama ciptaan Honda yang ‘lengkap’ dan merupakan robot humanoid berkaki 2. 12 .P1-P2-P3 ‘P’ adalah singkatan dari ‘Prototype’ yang berarti ‘bentuk dasar’. menaiki dan menuruni tangga dapat dilakukan oleh P2 dengan baik. Robot ini disebut sebagai bentuk dasar karena robot ini merupakan bentuk dasar bagi Asimo.820 mm.

13 .

7 km/jam (yang terdahulu 2.4 V / 10 Ah / 7.SPESIFIKASI ASIMO adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Kecepatan lari 6 km/jam (yang terdahulu 3 km/jam. dan Asimo versi ke dua ini dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti menjadi resepsionis. Menurut Honda.8 V / 6 kg 3 jam sampai terisi penuh 40 menit sampai 1 jam (berjalan) Kecepatan Berlari Waktu Airborne Baterai Nickel metal hydride 38. Model Berat Tinggi Lebar Tebal Kecepatan Berjalan 2000 52 kg 120 cm 45 cm 44 cm 1.6 km/jam. dan mengatur tenaga di di kedua lengannya untuk melakukan dorongan dengan sensor yang ada di pergelangan.Kecepatan jalan ambil membawa benda 1. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. enam pada tiap paha) paha. tujuh pada tiap lengan. Isaac Asimov. satu pada tiap tangan) 14 . ASIMO merupakan akronim untuk “Advanced Step in Innovative MObility“(Langkah besar dalam pergerakan inovatif).08 detik Lithium ion 51.7 km/jam 2. lima pada 34 (tiga pada kepala. penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. Selain itu.6 km/jam 2004 54 kg 130 cm 45 cm 37 cm 2005 2. dua pada tiap lengan. berat 54kg. dalam bahasa Jepang. enam pada tiap tiap tangan. Model yang sekarang merupakan versi sebelas. Spesifikasi dari asimo generasi ke dua. tinggi 130 cm.5 km/jam).5 km/jam 1. semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986. pelafalan “ashimo” bisa berarti “kaki juga” (dari bahasa Jepang “脚 も”).6 km/jam (membawa 1 kg) 6 km/jam (lurus) 5 km/jam (memutar) 0. Ia bisa mengatur jarak tubuh dengan kereta dorongnya. spanyol. Asimo generasi ke dua telah di pamerkan pada bulan september tahun 2007 lalu di barcelona.05 detik Waktu beroperasi secara terus menerus 30 menit Banyak sendi 26 (dua pada kepala. Kecepatan jalan normal 2.7 kg 4 jam sampai terisi penuh 3 km/jam 0. Asimo versi ke dua mampu mendorong kereta dorong ( Troli). kecepatan lari memutar 5 km/jam. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram. satu pada tubuh. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata “ASIMO” berasal dari nama penemu Tiga Hukum Robotik.

Asimo juga dapat menjawab pertanyaan. Hal ini memungkinkan untuk. Honda telah menambahkan banyak fitur yang memungkinkan Asimo dapat berinteraksi lebih baik dengan manusia. dan menghindari memukul manusia atau benda bergerak lainnya. mengikuti seseorang. mengenali bahaya potensial seperti tangga. Pengenalan lingkungan Asimo dapat mengenali objek dan situasi dari lingkungannya dan bertindak dengan cara yang aman bagi dia sendiri maupun orang di dekatnya. 4. 2. 3. Pada Asimo model tahun 2000an. 15 . atau menyapa seseorang ketika dia mendekat. Pengenalan atas benda bergerak Menggunakan informasi visual dari kamera yang terpasang di kepalanya. mengenali wajah orang ketika sedang diajak bicara. Sebagai contoh. Asimo dapat mendeteksi gerakan beberapa objek serta menilai jarak dan arah. Hal ini dapat menanggapi panggilan namanya. misalnya. baik dengan mengangguk singkat. Fitur-fitur ini termasuk dalam 5 kategori: 1. serta mengenali postur dan gerakan.INFORMASI TEKNIK ASIMO Asimo yang ada sekarang adalah Asimo generasi kedua (generasi kedua dimulai sejak penciptaan Asimo tahun 2000) . Membedakan suara Asimo berkemampuan untuk mengidentifikasi sumber suara dan dapat membedakan antara suara manusia dan suara lainnya. Pengenalan wajah Asimo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah. bahkan ketika Asimo atau manusia sedang bergerak. tetapi juga dengan berbagai gerakan alami manusia. dan mengenali suara yang tidak biasa seperti suara dari sebuah objek jatuh atau tabrakan. 5. menggelengkan kepala atau menjawab secara lisan. mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau kapan seseorang melambaikan tangan dan Asimo menanggapi dengan tepat. dan memalingkan wajah ke arah itu. Secara individual Asimo dapat mengenali kurang lebih 10 wajah yang berbeda dan mengenali nama pemilik wajah jika sudah terdaftar sebelumnya. Aplikasi umum dari fitur ini meliputi: kemampuan untuk mengikuti gerakan orang dengan kamera. Asimo dapat bereaksi dan diarahkan tidak hanya dengan perintah suara. Ia juga dapat mengenali pergerakan arah seperti menunjuk. Pengenalan postur dan gerak Asimo juga dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan.

daya pandang yang lebih luas. Teknologi Posture Control yang memungkinkan ASIMO berlari selayaknya manusia.Honda memang mempersiapkan ASIMO bisa hidup berdampingan secara harmonis dengan manusia dan menjadi mitra yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia.GENERASI BARU ASIMO Pada generasi baru asimo terdapat beberapa penambahan dengan makin berkembangnya teknologi . teknologi Autonomous Continuous Movement yang membuatnya memiliki daya jelajah hingga mencapai tempat yang dituju. dan teknologi sensor memungkinkan robot itu berinteraksi secara lebih halus dengan manusia. Kenyataan itu semakin dekat ketika Honda Motor Co. Kombinasi antara perangkat keras hasil pengembangan terbaru untuk respon tingkat tinggi dengan teknologi Posture Control memungkinkan ASIMO secara proaktif membungkuk atau memutar perutnya untuk menjaga keseimbangan dan menghindarkan kemungkinan kaki tergelincir atau terpelanting pada saat melakukan gerakan dengan kecepatan tinggi. Pengembangan teknologi tersebut berfokus pada level baru teknologi mobilitas yang meningkatkan fungsi dan kemampuannya dalam berinteraksi dengan manusia melalui proses informasi dan reaksi yang lebih cepat sesuai situasi dunia nyata.. pertengahan Desember 2004 mengumumkan “kelahiran” robot humanoid generasi terbaru. 16 .

Honda telah mengembangkan teori kendali baru yang dapat menstabilkan langkah lari dan menghindarkan resiko tergelincir. Hingga mencapai teknologi terbaru ini. Lebih dari itu. Honda akan meneruskan pengembangan ASIMO sehingga suatu saat dapat berguna bagi umat manusia. ASIMO kini dapat bergerak secara sinkron dengan manusia. reaksi jabat tangan yang bersamaan dengan gerakan seseorang.ASIMO generasi baru dapat bermanuver ketika melakukan perjalanan ke tempat yang dituju tanpa harus berhenti untuk melakukan perbandingan deviasi antara input jalur yang terprogram dengan informasi yang diperoleh tentang area sekitarnya. sebuah robot harus mampu mengulangi gerakan mendorong dirinya dari permukaan. dan menyerap secara langsung dampak goncangan pada saat kaki mendarat. Dengan perangkat kecepatan tingkat tinggi yang baru saja dikembangkan. Yang pertama adalah lompatan yang akurat serta serapan tenaga akibat menginjak permukaan. tentunya dengan sensor permukaan jalan. Untuk berlari. motor penggerak yang sangat responsif dan bertenaga sebagai tambahan untuk struktur kaki yang ringan. dan yang kedua adalah pencegahan agar tidak tergelincir atau terpelanting saat melakukan gerakan dengan kecepatan tinggi. mengayunkan kakinya ke depan serta mendarat dalam durasi siklus yang cukup pendek tanpa jeda waktu. Untuk menangkap pesan “lari”. Dengan mendeteksi gerakan manusia melalui sensor visual di bagian kepala dan sensor tenaga (kinestetik) yang baru ditambahkan di pergelangan tangannya. Mengkombinasikan teori independen yang dikembangkan oleh Honda. 17 . yakni kendali jalan bi-pedal dengan lengkungan badan yang pro-aktif serta putaran area perut. resiko terpelanting atau tergelincir mungkin terjadi sesaat sebelum kaki belakang terangkat dan setelah kaki mencapai permukaan lantai? Menyelesaikan masalah tersebut merupakan tantangan terbesar dalam hal elemen kendali. ASIMO kini dapat secara independen mengubah jalur perjalanannya ketika sensor permukaan jalan dan sensor visual yang terletak di kepalanya mendeteksi adanya rintangan. dan melangkah maju atau mundur sebagai reaksi dari apabila tangannya ditarik atau didorong. sekaligus menerima dan menyerahkan sebuah barang. dua masalah harus telebih dulu diselesaikan. Honda telah menemukan perangkat keras yang sangat akurat dan responsif dengan tingkat performa empat kali lebih cepat dibanding model sebelumnya. Bi-pedal Bagaimana untuk mengurangi tekanan antar telapak kaki dengan permukaan lantai.

Asimo dapat bergerak menuju ke seseorang yang akan menyerahkan nampan dan menerima nampan tersebut dengan sangat akurat. Tak dapat dipungkiri bahwa Asimo dengan segala kecanggihan teknologi dan kelebihannya.KELEBIHAN DAN MASA DEPAN ASIMO Asimo telah menjadi robot humanoid yang sangat diinginkan oleh manusia. Honda semakin terpacu untuk membuat The Next Generation of Asimo. Justru dengan segala kelebihan yang telah dimiliki oleh Asimo. Namun apakah dengan keberhasilan ini Honda akan berhenti melakukan pengembangan terhadap Asimo? Tentu tidak. sensor pergelangan tangan Asimo akan mendeteksi adanya perbedaan berat di tangan dan akan berhenti berjalan secara otomatis sebelum ia menjatuhkan nampannya. Bila nampan tersebut akan tumpah. 18 . Asimo menggunakan seluruh tubuhnya mengontrol nampan tersebut untuk mencegah apabila objek yang ada di atas nampan tumpah. Berjalan dengan membawa nampan Sambil membawa baki. membuat Honda sebagai produsen Asimo patut berbangga diri. Kelebihan Asimo antara lain: Menerima nampan dari orang lain Dengan mendeteksi gerakan seseorang melalui ‘kamera mata’ yang ada di kepalanya dan gaya sensor yang ada pada pergelangan tangannya. Pastinya dengan teknologi yang jauh lebih baik daripada Asimo yang sekarang.

Asimo benar-benar akan dapat menolong manusia di abad 21. Asimo mengatur letak nampan di atas meja dengan menggunakan seluruh tubuhnya. Semua hal itu dilakukan untuk mewujudkan mimpi bagi masa depan kehidupan manusia. Beban maksimal yang dapat diangkut adalah 10 kg. Honda menginginkan agar Asimo bisa membantu meningkatkan taraf hidup manusia.Meletakkan nampan di atas meja Ketika sensor gaya yang ada di pergelangan Asimo mendeteksi adanya pengurangan beban saat nampan menyentuh permukaan meja. Di masa depan. Menangani troli Yang dimaksud menangani troli adalah mendorong dan menarik sebuah troli dengan bebas. Honda bertekad membuat Asimo menjadi partner manusia. Honda R&D akan tetap berkomitmen akan melanjutkan penelitian dan pengembangan Asimo. Ketika gerakan troli tidak stabil. Hal ini dilakukan dengan cara menyesuaikan gaya yang ada pada lengannya untuk mendorong troli menggunakan sensor gaya yang ada di pergelangan tangannya. Asimo dapat melakukan hal ini dengan ketinggian meja yang berbeda-beda. Asimo dapat melakukan tindakan yang fleksibel seperti memperlambat langkah atau mengubah arah. 19 . Asimo dapat mengangkut beban yang berat dengan cara meletakkannya di atas sebuah troli secara fleksibel sambil mempertahankan jarak yang sesuai dari troli.

Antara lain kurangnya minat generasi muda Indonesia terhadap bidang robotika. Dengan kata lain. Di Indonesia sendiri. Kita juga bias membuat robot dari alat-alat yang ada di sekitar kita. seperti menyambut tamu dan berjalan bergadengan tangan dengan manusia. Tidak hanya itu. Jakarta ketika berkunjung ke Indonesia tahun 2008 lalu. di setiap lantai yang ia temui juga terdapat sensor sebagai penunjuk jalan bagi Asimo setiap 1 meter. Sebenarnya Indonesia pun tidak kalah bersaing dengan Jepang. 20 . Juli 2008 lalu.ASIMO DAN PERKEMBANGAN ROBOTIKA DI INDONESIA Asimo memang sudah mejadi ‘superstar’ di seluruh dunia. Bagaimana dengan Indonesia sendiri? Apakah Indonesia sudah mampu membuat robot secanggih Asimo? Untuk saat ini. Asimo bisa mengenali orang-orang yang ada di sekelilingnya. bukan tidak mungkin di masa depan Indonesia mampu menyaingi Jepang dalam bidang robotika seperti ini. Hal ini ia tunjukkan ketika ia berkunjung ke Kandank Jurank Doank. tak terkecuali Indonesia. Hal ini berkat sensor yang telah dipasang sebelumnya. Namun semua asumsi itu salah. Yang terpenting dalam menekuni robotika adalah kemauan untuk terus berinovasi. Asimo pernah membantu seorang dokter membawakan obat bagi pasien di Rumah Sakit Gading Pluit. Kenapa robotika di Indonesia tidak terlalu mengalami perkembangan yang signifikan? Banyak factor yang menjadi penyebabnya. Asimo juga dapat berdansa dan menendang bola. Namun. Sebagian besar pemuda Indonesia menganggap robotika adalah suatu bidang yang sangat sulit untuk dipelajari. Robotika bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Asimo menyusuri lorong rumah sakit yang panjangnya sekitar 25 meter. kreatif dan berusaha serta berani untuk bermimpi. Bukan mustahil jika di masa depan. Selain karena bentuknya yang lucu. banyak sekali kendala yang ditemui dalam mengembangkan bakat yang sangat hebat ini. Sayang. Kelapa Gading. Asimo pun dapat melakukan kelebihannya yang lain. Dalam unjuk kebolehannya itu. setelah membantu seorang dokter. Apalagi butuh modal yang cukup besar untuk membuat sebuah robot. memang belum ada catatan bahwa Indonesia pernah menciptakan robot humanoid sendiri. Indonesia juga memiliki generasi muda yang uggul dalam bidang robotika. robot akan menjadi sahabat karib bagi manusia. Asimo juga dapat membantu pekerjaan manusia. ia pun membantu dokter lainnya yang ia temui. Lagipula tidak semua robot membutuhkan biaya yang besar dalam pembuatannya. Berani untuk melakukan suatu perubahan yang belum pernah dilakukan oleh orang lain. Selain itu.

honda.id http://asimo.org Asimo Technical Information 21 .com http://id.google.DAFTAR PUSTAKA http://www.wikipedia.co.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful