Nama Anggota Kelompok PSSI : 1. 2. 3. 4. Sri Juliyanti Br.

Barus (081101680) Mareta Cristiana (081101673) Supriyanto(081101672) Rosna Rosa (081101679)

Tugas 2-PSSI
ANALISA INDUSTRI PESAWAT TERBANG CONTOH KASUSNYA PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA

SEJARAH PENERBANGAN GARUDA INDONESIA Tepat pada tanggal 26 Januari 1949 – pesawat RI-001 Seulawah diterbangkan dari Calcutta, India menuju Rangon, ibukota Burma sebagai penerbangan niaga. Untuk mengabadikan dan mengenang misi komersial yang dilaksanakan oleh Seulawah tersebut, kemudian peristiwa itu diperingati sebagai hari lahirnya Garuda Indonesia, yang ketika itu bernama Indonesian Airways, maskapai penerbangan komersial pertama yang mengudara membawa bendera Republik Indonesia. Pada tanggal 1 Maret 1950 Garuda Indonesia baru dapat beroperasi dengan sejumlah pesawat yang diterima pemerintah Republik Indonesia dari perusahaan penerbangan KLM.

Armada Garuda Indonesia yang pertama untuk melayani jaringan penerbangan di dalam negeri terdiri dari 20 pesawat DC-3/C-47 dan 8 pesawat jenis PBY – Catalina Amphibi. Untuk melebarkan sayapnya, Garuda kemudian mengadakan pembaruan armadanya untuk melayani penerbangannya. Jaringan penerbangan Garuda Indonesia diperluas meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia kecuali Irian Jaya sedangkan ke luar negeri menjangkau kota – kota seperti Singapura, Bangkok dan Manila. Garuda semakin berkembang dan seluruh pesawatnya kemudian terdiri dari pesawat bermesin jet. Kekuatan armadanya berturut – turut ditambah dengan tipe – tipe pesawat seperti DC-10, MD-11, Boeing 747, 737, Airbus 300 dan Airbus 330.

Kegiatan Garuda lainya adalah mengangkut ribuan jemaah haji setiap tahunnya. Selain itu Garuda Indonesia juga merupakan sarana angkutan bagi kunjungan resmi kepala negara ke berbagai negara. Sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa nasional, Garuda Indonesia berjuang sekuat tenaga dalam menegakkan citra bangsa dan negara melalui pelayanannya. Kini jaringan penerbangan Garuda telah menjangkau seluruh wilayah Republik Indonesia, sedangkan ke luar negeri meliputi kota – kota di benua Asia, Australia dan Eropa.

Garuda merupakan satu-satunya maskapai nasional yang disegani di ASEAN karena memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi udara. . Posisi teratas ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan Center for Asia Pacific Aviation (CAPA) pada 2010. khususnya terkait program peremajaan armada dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). dan nilai selama penerbangan (perbandingan tarif dengan manfaat yang diperoleh penumpang). transformasi Garuda tidak lepas dari keberanian jajaran direksi dalam melakukan terobosan. Saat ini. melainkan juga lebih pada kemampuan melakukan perbaikan. mulai dari operasional. pemerhati dan pakar hukum penerbangan Kemis Martono mengatakan. Keberhasilan Garuda memperoleh pengakuan dari sejumlah organisasi penerbangan dunia bukan sekadar terkait pencitraan. Hasilnya. Dalam bisnis maskapai penerbangan sipil. Garuda dinobatkan sebagai maskapai penerbangan teratas di ASEAN. bisnis. manajemen. Menurut CAPA. Hidangan makanan/minuman di Garuda juga lebih unggul dibanding maskapai lainnya.48) di antara maskapai bintang 4 Skytrax di kawasan Asia Tenggara menyisihkan Thai Airways (8. Hasil kesimpulannya juga mengacu pada hasil survei Skytrax. Garuda juga dinilai unggul dengan jaringan rute domestik dan bisa tetap memberikan pelayanan terbaik di penerbangan berdurasi 50 menit. Cakupan survei CAPA meliputi kenyamanan penumpang. pelayanan di darat. Peremajaan armada yang dilakukan sejak 2005 membuat penerbangan Garuda lebih aman dibanding maskapai lainnya.40) dan Bangkok Airways (7. Terkait hal ini. sedikit kesalahan bisa mendapat sorotan dari banyak pihak. kualitas makanan.Tugas 2-PSSI POSISI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA SAAT INI Secara pasti. Garuda Indonesia menunjukkan capaian pelaksanaan program transformasi di seluruh lini perusahaan. dalam lima tahun ini (2005-2010). selain disenangi karena memiliki armada terbaru. CAPA merupakan lembaga survei independen penerbangan di Asia Pasifik. pelayanan awak kabin. keramahan dan pelayanan awak kabin Garuda mendapat pujian terbanyak dari penumpang. Garuda meraih nilai tertinggi (8.32). hingga pelayanan.

Menghasilkan keuntungan dengan jaringan domestik yang kuat untuk terus meningkatkan pangsa pasar domestik dan internasional bagi usahawan.Tugas 2-PSSI VISI MISI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA Visi Perusahaan : „Perusahaan Penerbangan Pilihan Utama di Indonesia dan Berdaya Saing di Internasional‟ Misi Perusahaan : Melaksanakan usaha jasa angkutan udara yang memberikan kepuasan kepada pengguna jasa yang terpadu dengan industri lainnya melalui pengelolaan secara profesional dan didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi. ANALISIS SWOT GARUDA INDONESIA S=KEKUATAN On time performance Service yang cepat dan memuaskan Dibandingkan dengan perusahaan penerbanan domestik lainnya. Memiliki bisnis unit yang mendukung produk inti untuk meningkatkan keuntungan serta menghasilkan pendapatan tambahan dari usaha unit pendukung tersebut. keamanan penerbangan Garuda paling terjamin Memiliki business unit yang mendukung aktivitas perusahaannya Memiliki SDM yang qualified (kompeten) W=KELEMAHAN Biaya operational yang tinggi menyebabkan harga tiket pesawat cukup tinggi diantara penerbangan domestik lainnya Tingginya tingkat KKN di dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan Garuda mempunyai utang yang sangat banyak . wisatawan dan kargo termasuk penerbangan borongan. perorangan.

Tugas 2-PSSI O=PELUANG Pasar penerbangan internasional yang masih sangat luas Meningkatnya kebutuhan masyarakat atas alat transportasi yang lebih cepat S-O Dengan menambah armada pesawat dan mulai membuka rute ke beberapa negara tetangga lainnya yang sering dikunjungi masyarakat indonesia W-O Berusaha menekan harga serendah mungkin agar dapat terjangkau bagi kalanngan masyarakat serta mengawasi keuangan perusahaan. T=ANCAMAN Kompetitor yang semakin banyak dengan harga tiket yang kompetitif Kondisi sosial politik yang tidak menentu (misal : ancaman bom) Penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS S-T Lebih memantapkan posisinya sebagai perusahaan penerbangan terbesar dan terpercaya di Indonesia melalui service yang berkualitas baik sebelum maupun saat penerbangan W-T Mulai mempertahankan pangsa pasarnya dari banyak nya competitor baru dengan cara melakukan persaingan harga dengan seketatnya serta pemberian layanan yang membedakannya dengan perusahaan penerbangan lainnya .

KLM. Untuk pesaing internasional Malaysian Airlines. dan Mandala. lebih prestisius. yaitu pemain lama seperti Garuda. KLM. Contoh untuk pesaing lokal Merpati Airlines. Korea Airlines. dan merek yang direkomendasi.Tugas 2-PSSI ANALISIS MODEL KOMPETITIF PORTER Pesaing Tradisional Garuda memiliki salah satu atau internasional kompetitor lokal yang mengoperasikan rute yang sama dengan mereka. khususnya Batavia Air. Merpati. China Airlines. Sementara pemain baru terutama dicirikan oleh harganya yang murah. dan Batavia Air. . Pemain baru. Korea Airlines. Hal ini disebabkan karena perusahaan tersebut sudah memiliki standard Internasional dan persepsi masyarakatpun dapat dikatakan positif. Thai Airways. Garuda Indonesia Airlines dalam menghadapi pesaing tidak terlalu takut dengan kebijakan para pesaingnya. Bouraq Airlines. Hal ini didukung berbagai pelayanan yang prima dan fasilitas yang canggih serta ketepatan waktu dan empati sehingga dapat bertahan. maskapai penerbangan terbagi menjadi dua kelompok besar. China Airlines.bersaing dan menguasai pangsa pasar. Pemain Baru Di Pasar Di benak penumpang. Contoh untuk kompetitor lokal Merpati Airlines. Bouraq Airlines. serta pemain baru seperti Lion Air. Adam Air. Thai Airways. Untuk pesaing internasional Malaysia Airlines. PT. Jatayu. Air Asia Indonesia. Air Asia Indonesia. Air Asia Malaysia. juga dipersepsikan banyak beriklan dan berpromosi. Pemain lama memiliki citra dapat dipercaya. Air Asia Malaysia.

tersebar sangat luas. inovasi dan kekuatan pada penerapan solusi yang dikembangkan. Setiap orang bersedia membayar dan memilih Garuda sebagai pembawa mereka. selain karena jarak yang ditempuh cukup dekat dan biaya murah juga menjadi faktor yang menentukan. industri penerbangan menunjukan perjalanan dengan transportasi udara saat ini menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat dunia dibanding dengan masa lalu. Untuk pasar lokal. keterikatan pemasok terhadap penawaran perusahaan selanjutnya ditindaklanjuti dengan proses pengiriman proposal oleh para pemasok. fleksibilitas. Pemasok Pemasok pada PT.5 miliar orang dan sekitar 50 juta ton muatan yang menggunakan trasnportasi udara setiap tahunnya. Mengenai dampak pada lingkungan yang dihasilkan industri penerbangan. Garuda Indonesia diseleksi berdasarkan daya saing. jadi banyak orang terkadang memilih untuk menaiki transportasi laut maupun darat. Mereka belum menyentuh pasar pelajar. meskipun segmen ini merupakan pasar yang sangat potensial bagi mereka karena banyak studi mahasiswa Indonesia di luar negeri. sekarang orang lebih disukai untuk bepergian dalam jangka pendek lebih dari jangka panjang. Pelanggan Pelanggan atau target pasar Garuda Indonesia Indonesia are very wide spread.Tugas 2-PSSI Produk dan jasa pengganti Dunia saat ini tren pasar bergerak sangat. perusahaan mencari bisnis yang mampu dan mempunyai keinginan serta niat baik untuk berbagai tanggung jawab dalam melakukan usaha untuk mengembangkan tingkat kualitas dan layanan dengan biaya terjangkau. . Garuda telah benar-benar tergantung dengan orang-orang pemerintah.. Karena krisis ekonomi. Garuda memiliki segmen tidak. laporan tersebut mengemukakan bahwa industri ini tetap mencari keseimbangan dengan menekankan keuntungan yang disumbangkannya yang didapatnya bagi masyarakat di seluruh dunia. pengusaha dan juga pekerja Indonesia / buruh. Orang pendek berarti jarak yang melakukan perjalanan di daerah di seluruh negeri. Tetapi di pasar internasional. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penumpang yang mencapai lebih dari 2. PROSPEK INDUSTRI PENERBANGAN Berdasarkan sejarah.

yang berarti pula meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan yang akhirnya dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap maskapai penerbangan ini. Mengenai 80 persen kontribusi gas rumah kaca dari industri ini dari penerbangan jarak jauh yang mencapai 1. terdapat direktur yang khusus menangani strategi dan teknologi informasi. Perusahaan ini pun sejak Mei 2006 telah (mulai) menerapkan e-ticketing sesuai dengan ketentuan IATA bahwa semua airlines yang menjadi anggota IATA harus sudah menerapkan sistem e-ticketing secara menyeluruh pada akhir bulan Mei 2008. Saat ini. seperti ERP (Enterprise Resource Planning). pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial. Garuda Indonesia bahkan telah menerapkan aplikasi proses pengadaan secara online (e-Procurement). selain karakteristik industri penerbangan yang padat teknologi juga industri ini penuh dengan tuntutan akan inovasi dalam meraih keunggulan bersaing (competitive advantage). terbukti mampu meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Selain itu Garuda juga melakukan lelang real-time online (e-Auction) yang di akhir tahun 2006 mendapatkan penghargaan “EProcurement & E-Auction Award” kategori „application of B2B‟ dari Kementrian Negara BUMN. belum tentu akan berdampak pada penurunan emisi. dan IT Service Management. Bagi Garuda Indonesia. transformasi melalui pemanfaatan teknologi menjadi sangat berarti. agar pengembangan strategi Garuda Indonesia ke depan dapat didukung oleh teknologi informasi .500 kilometer sampai saat ini masih belum ditemukan alternatif penggantinya. Tak dapat dipungkiri.GARUDA INDONESIA Garuda Indonesia merupakan salah satu contoh perusahaan penerbangan dimana TI dan Internet diterapkan untuk meningkatkan daya saingnya. dua dari direktur / figur Board of Directors yang baru (Direktur Strategi & Teknologi Informasi dan Direktur Keuangan) yang ditetapkan Kantor Kementrian BUMN dan Komisaris.Tugas 2-PSSI Industri penerbangan saat ini menyumbangkan sekitar dua persen emisi CO2 buatan manusia di seluruh dunia yang menurutnya tidak akan melebih tiga persen hingga 2050. Namun menurunnya angka penurunan pertumbuhan industri penerbangan yang berdampak cukup besar pada lapangan pekerjaan. Dalam kaitan ini pula. PERMASALAHAN STRATEGI PT. berbagai aplikasi yang diterapkannya.

Pengguna jasa yang merasa puas akan pelayanan yang diberikan perusahaan dan mendapatkan rasa aman dan kepercayaan berarti perusahaan jasa memperhatikan kepentingan pelanggan. Citra kualitas pelayanan yang positif dari pengguna jasa berarti pelayanan yang ditawarkan perusahaan dapat diterima dan sesuai dengan harapan pengguna jasa atau masyarakat. dengan jalan memberikan jaminan keselamatan penumpang dalam penerbangan sehingga pengguna jasa dapat memberikan citra kualitas pelayanan yang positif pada perusahaan. PERMASALAHAN STRATEGI INDUSTRI PENERBANGAN Kualitas pelayanan keselamatan dalam penerbangan merupakan pelayanan yang sangat penting untuk diwujudkan oleh perusahaan jasa penerbangan. Bagi perusahaan jasa kualitas penampilan pelayanan perlu ditawarkan atau dibuktikan untuk diketahui oleh masyarakat. Pengguna jasa menginginkan tingkat keselamatan yang terjamin dengan pelayanan yang baik dan merasakan kepercayaan dalam perjalanan. yang pada akhirnya diharapkan dapat membantu Garuda Indonesia untuk memiliki keunggulan bersaing melalui inovasi dan pengembangan sistem dan teknologi informasi yang tepat untuk peningkatan strategi bisnis yang kompetitif. perusahaan berusaha memenuhi harapan pengguna jasa dengan memberikan suatu kepercayaan kepada pelanggan. sejalan dengan tuntutan lingkungan industri yang dinamis dan kompetitif dewasa ini. Kiranya ini memberikan manfaat tersendiri bagi Garuda mengingat secara langsung kita dapat berbagi pengalaman dan transfer of knowledge di bidang teknologi informasi dari penerapan di berbagai perusahaan terkemuka. Untuk itu.Tugas 2-PSSI yang lebih sophisticated . Saat ini banyak ditemui iklan. .iklan dari perusahaan angkutan yang menawarkan harga diskon kepada calon penumpang. Karena pelayanan merupakan ujung tombak dalam usaha di bidang jasa. Kualitas tingkat keselamatan merupakan bagian utama dari strategi perusahaan penerbangan dalam rangka meraih keunggulan yang berkesinambungan berkaitan dengan harapan konsumen.

baik darat.Tugas 2-PSSI Tujuan dari pemberian harga diskon ini sudah pasti untuk menarik minat konsumen dalam menggunakan jasa angkutan. Keamanan dan keselamatan pengguna di dalam pesawat. laut. 3. namun implikasi juga berpengaruh pada kualitas pesawat dan keselamatan dalam penerbangan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi ketertarikan penumpang pada transportasi udara. atau liburan sekolah. Harga tiket yang murah/terjangkau dari masyarakat menengah ke atas atau bawah. ataupun udara. dapat juga potongan harga tersebut diberikan pada pelanggan setelah pelanggan mempergunakan angkutan udara dalam jumlah hitungan yang banyak diberi tiket untuk satu kali perjalanan. Banyak diberitakan di media cetak ataupun di media elektronik tentang kecelakaan dalam sarana tranportasi udara. Sebelum para konsumen memilih dan menentukan alternatif pilihan yang berdasarkan harga tiket akan timbul persepsi yang positif ataupun negatif dalam diri konsumen masing . Waktu yang sesuai dengan jadwal penerbangan. tutup tahun. . Berkurangnya konsumen pemakai jasa angkutan pesawat terbang membuat pihak perusahaan pesawat terbang mengambil langkah secara bijak dengan memberikan tiket harga pada masyarakat umum diharihari tertentu seperti hari lebaran. Maka intinya dari masalah strategi jasa penerbangan adalah : 1.masing. 2. Dampak tiket yang murah dalam dunia penerbangan tidak semata-mata memberikan segi keuntungan bagi para penumpang pesawat.

Garuda juga menggunakan teknologi tinggi. Oleh karena itu perusahaan berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan competitornya misalnya dengan memberikan asuransi bagi pengguna maskapai garuda Indonesia. misalnya KKN yang terjadi dalam perusahaan. Karena penerbangan senantiasa menghadapi persaingan yang bertambah keras dari tahun ke tahun.aplikasi pengetahuan yang baru. yang mana dari tahun ke tahun semakin canggih.serta teknologi komunikasi yang baru sangat membantu Garuda dalam memberikan pelayanan yang baik kepada customer nya. Dan kesuksesan Garuda juga tak lepas oleh peran IS/IT didalamnya. Selain itu perusahaan dituntut harus dapat menyelesaikan permasalahan internal maupun eksternal perusahaan. apalagi sekarang banyak bermunculan perusahaan competitor lain dengan promosi dan penawaran harga yang lebih murah. dan masalah eksternal lainnya berupa jaminan keamanan. . Adanya inovasi produk/jasa. dan hal ini mau tak mau juga memperngaruhi perusahaan garuda Indonesia untuk dapat terus berinovasi salah satunya dengan cara membuka rute penerbangan ke beberapa Negara.Tugas 2-PSSI KESIMPULAN Garuda Indonesia sebagai salah satu perusahaan penerbangan yang pertama kali muncul dan terbesar di Indonesia terus melakukan pembenahan terutama dalam hal pelayanan.

Dan berdasarkan Policy/Portfolio Matrix. ********* . IT sudah menjadi suatu kewajiban yang mendukung kegiatan-kegiatan pada Garuda Indonesia. Dan posisi Garuda dibandingkan dengan pesaingnya pada saat ini dapat dikatakan relative hampir sama ( equal ). Garuda Indonesia termasuk dalam kategori CORE yaitu. PT. Sedangkan berdasarkan McFarlan‟s Strategic Matrix. PT.dimana berbagai variasi produk/jasa yang sudah ditawarkan kepada customer.karena dalam kegitan sehari-hari IT sangat diperlukan.Tugas 2-PSSI Berdasarkan gambar Product Lifecyce disamping dapat dikatakan Garuda Idonesia sudah berada pada tahap Mature. Namun Garuda bisa menjadi Stronger terhadap pesaingnya jika Garuda dapat meningkatkan kinerja serta pelayanan yang lebih baik dengan memanfaatkan IT. Garuda Indonesia dapat dikategorikan kedalam STRATEGIC.serta flexsibilitas harga yang mendukung. apalagi kedepannya. serta meningkatkan skill SDM nya. IT akan sangat penting.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful