You are on page 1of 6

UNIVERSITAS SERANG RAYA

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

( LOGO)

Pengembangan CD Pembelajaran Ilmu Tajwid menggunakan
Macromedia Director & Flash MX 2004 pada Madrasah Tingkat Sanawiyah
(MTS)

Nama : Nama Masing-Masing
NPM : 123456789
Fakultas : Ilmu Komputer
Jurusan : Sistem Informasi

Universitas Serang Raya
2008

............ Tujuan program ................... Sasaran proyek .................................................................... 1 Daftar Isi .......................4 VII................ Tinjauan pustaka ......................... 2 I................3 II.................................... Kegunaan program ................................5 IX....................................................................................................6 XII...................................................................................................................................................................... Jadwal kegiatan program ............................. Ruang lingkup pengembangan CD pembelajaran ilmu tajwid........................................4 VIII............................................................................................ Biaya pengembangan ....................................... Daftar Isi Halaman Judul ................................................. Kegiatan pengembangan yang akan dilakukan ..3 III..............6 ............................................ Perumusan masalah ..............................3 IV........................................................ Luaran yang diharapkan .4 V..................................................................................5 X.............4 VI..........................................................5 XI............................. Latar belakang masalah ......... Kendala-kendala pengembangan ...............

III.I. . Dapat memberikan pembelajaran kepada pelajar dengan lebih baik . . kegiatan dan laporan yang berhubungan dengan aktifitas belajar mengajar pada sekolah madrasah tingkat sanawiyah. sasaran yang akan dicapai adalah sebagai berikut: . Membuat program untuk pembuatan CD pembelajaran ilmu tajwid ini. Salah satunya pendidikan formal yaitu Madrasah Tingkat Sanawiyah (MTS). . II. Menganalisis kegiatan dan laporan yang berhubungan dengan aktifitas belajar mengajar pada sekolah madrasah tingkat sanawiyah. Sasaran proyek Sasaran pengembangan dan peningkatan pembelajaran ilmu tajwid yang akan dikembangkan adalah untuk mengatasi permasalahan yang timbul secara rinci. Ruang lingkup pengembangan CD pembelajaran ilmu tajwid Pengembangan Cd ini mempunyai ruang lingkup yang harus dikembangkan sebagai berikut: . Latar belakang masalah Pendidikan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. . Selain dalam dunia pengajaran. Meneliti prosedur-prosedure. “Pembelajaran ILMU TAJWID” termasuk salah satu kurikulum yang diberikan MTS khususnya dalam mata pelajaran AL- Qur’an. komputer digunakan juga untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran yang menunjang pendidikan. Sekarang ini pembelajaran ilmu tajwid di MTS masih menggunakan cara manual yaitu dengan cara tatap muka. Meningkatkan sarana belajar mandiri. Cara ini ternyata kurang efisien karena keterbatasan waktu. Menyediakan CD pembelajaran terbaik kepada pelajar .Hadist. Sekilas tentang E-Learning atau Computer Assisted Instruction ( CAI ) : E- Learning atau Computer Assisted Instruction ( CAI ) atau belajar dengan bantuan komputer telah cukup lama dikenal oleh para ahli komputer maupun ahli pendidikan. . Menerapkan dan mengetes CD sampai dapat digunakan dalam pembelajaran. Mendesain CD yang dapat mendukung pembelajaran. terutama di negara maju.

Menambah pengetahuan tajwid bagi para pelajar . Perumusan masalah Masalah utama dalam pengembangan ini adalah bagaimana membuat pembelajaran ini dapat diminati sebagai sebuah metode pembelajaran tajwid yang menarik dan lebih efisien dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash Mx 2004. VI. Agar dapat menambah serta menguji pengetahuan ilmu tajwid para pelajar. . Memudahkan para pelajar agar lebih faseh dalam membaca Al-qur’an. Hukum – hukum Tanwin atau Nun Mati. Agar dalam mempelajari ilmu tajwid lebih menyenangkan dan lebih efisien. Tujuan program Tujuan dari pengembangan program ini adalah untuk sebagai metode pembelajaran ilmu tajwid yang menarik dan lebih efisien. Kegunaan program . Hukum – hukum Qolqolah. Agar minat para pelajar terhadap pelajaran ilmu tajwid semakin meningkat. Hukum – hukum Mad dan Macam – macamnya. . . . Hukum – hukum Alif Lam. Agar memudahkan pelajar untuk belajar Ilmu Tajwid agar lebih faseh lagi dalam membaca Al-qur’an VII. Membuat belajar terasa lebih menyenangkan dan lebih efisien. . Juga untuk menambah ketertarikan para pelajar terhadap ilmu tajwid. serta Pelafadtannya. Agar materi-materi yang harus disampaikan kepada para pelajar dapat di ingat dengan baik. Menambah minat para pelajar dalam mempelajari ilmu tajwid . . Luaran yang diharapkan . V.IV. Untuk membatasi permasalahan tulisan ini.huruf Hijaiyyah. . Hukum – hukum Tafkhim. pada pembelajaran ilmu tajwid berkategorikan seputar pengenalan huruf . Memudahkan para pelajar dalam mengingat materi-materi pelajaran.

juga materi mengenai pembuatan aplikasi dengan menggunakan Macromedia Flash Mx 2004. Penggunaan/ketersediaan dana Ketersedian dana yang sangat minim untuk pengembangan tidak boleh melebihi Rp. . dan materi dari Macromedia Flash Mx 2004 X. Tinjauan pustaka Pustaka yang dijadikan sebagai landasan adalah observasi. litelatur. Metode Literatur Yaitu mengumpulkan berbagai materi dari internet. 1. Kendala-kendala pengembangan Kendala yang dihadapi selain dari faktor luar tapi juga datang dari dalam pihak sekolah sendiri atau peraturan yang mengikat.VIII. baik dari segi materi ilmu tajwid itu sendiri. . Kendala : .500.- . Menganalisis . serta teknik wawancara kepada para pelajar untuk mengetahui materi tajwid yang dirasa sulit serta luaran dari CD yang diharapkan. .000. Mendesain . Menerapkan IX. Kegiatan pengembangan yang akan dilakukan Sesuai dengan ruang lingkup yang dijabarkan dan telah disetujui bersama maka kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut: . Metode Studi Pustaka Yaitu mengumpulkan data-data dari buku yang berupa berbagai macam materi pelajaran ilmu tajwid. dengan teknik penyebaran kuisioner. dan studi pustaka. Metode Observasi Yaitu dengan melakukan survey.

- 3. . 50. 150. Fotokopi laporan Rp.000.000. 20. CD 1 pak @50 keping Rp.- . Tempat CD 1 pak @50 buah Rp. 100.- .- XII. Akomodasi Rp. 100.- . 530.- 2. Pengumpulan data Rp. Jadwal kegiatan program keterangan Minggu ke- 1 2 3 4 5 6 7 8 Observasi Perancangan halaman Pembuatan program Uji coba program Pembuatan laporan .000.- .000. Tahap desain .000. Biaya pengadaan . Biaya Proyek . Biaya pengembangan 1.000. XI. Peralatan penunjang (CD RW. Label CD 50 lembar Rp. 500. Waktu Semua proyek pengembangan yang direncanakan harus selesai dan siap dioperasikan dengan baik paling lama akhir tahun 2008 dengan waktu pengembanganya paling lama 2 bulan sejak usulan ini telah disetujui. 50. Programer Rp. pembelian software) Rp.000.000.- .